Pelupa = tanda-tanda penyakit Alzheimer ?

30 05 2009

Dear kawan,

veer200602_fancy_Page_26_Image_0001“Apa kabar? Masih ingat saya, nggak, Mbak?”…. begitu seringkali kuterima sapaan melalui Face Book. Hm… kadang ingat, kadang ada yang sudah lupa. Maklum… sudah lama tidak pernah ketemu. Tapi ngomong-omong masalah lupa, ada yang sedang sedikit kukuatirkan akhir-akhir ini….. Rasanya makin hari makin mudah lupa…. kenapa ya? Ketika kuceritakan pada suami, dia mencandai…”berarti memang sudah pantes jadi profesor…

Dalam beberapa hari kemaren, aku sudah banyak melupakan beberapa hal penting, termasuk kuliah. Sampai malu sendiri (sory, my dear students!). Hari Kamis kemarin ada undangan untuk menghadiri pengukuhan Guru Besar Prof. dr. Sunartini, SpA(K), PhD, dari Fakultas Kedokteran. Beliau meminta kami datang mengenakan toga Guru Besar. For your info, kalau ada pengukuhan Guru Besar baru, maka para guru besar diminta hadir mengenakan toga dan duduk di bagian depan bersama anggota Majelis Guru Besar yang lain. Bu Sunartini termasuk kenalan baik karena kami berada dalam satu tim ketika acara benchmarking ke Belanda bulan Maret lalu. Jadi aku memutuskan untuk menghadiri sebagai penghargaan terhadap beliau. Salahnya…… aku lupa kalau hari Kamis pagi itu masih ada kuliah, dan akupun lupa belum menyampaikan kepada partnerku bu Woro mengenai hal ini. Pikiranku bahkan agak terlalu fokus pada rencana menghadiri acara pengukuhan. Maklum, ada rasa agak gimana gitu…. soalnya bakal bergabung dengan banyak profesor-profesor betulan dan senior dari Fakultas Kedokteran…. Rasanya kaya “uji nyali” aja….hehe…. Wah, untung bu Woro bisa dengan sigap mengawal diskusi dalam kuliah… Payah bukan?

Sehari sebelumnya, aku lupa meninggalkan mapku berisi surat-surat di ruang kuliah. Kalau jenis lupa yang seperti ini sih agak sering. Kalau yang ketlingsut adalah HP, masih agak mudah, bisa di-call. Tapi kalau barang lain… Wah, repot. Kamis sorenya, aku lupa lagi kalau masih ada kuliah. Semakin payah bukan? Soalnya rasanya kayak sudah selesai masa perkuliahan karena sudah mulai diminta bikin soal ujian… eh, ternyata masih ada kuliah sekali lagi.  Aku baru saja duduk lagi di ruangan setelah keluar sebentar menjemput anak sekolah dan sedang membuka pecel untuk makan siang ketika tiba-tiba seorang mahasiswa menelponku bahwa sudah ditunggu di ruang kuliah. Waduh, My God…! Wah ada kuliah to? Aku lupa blas ! Sory banget. Aku nggak pernah selupa ini sebelumnya……. Bungkusan pecel yang sudah kubuka dan belum sempat kunikmati lalu kutinggal dan aku berlari menuju ruang kuliah. Sore sepulang kuliah dan sedang dalam perjalanan, sekretarisku menelpon apakah aku tidak kehilangan dompet? Ternyata aku pun lupa meninggalkan dompetku di ruangan kantor. Ughhh…….. Astaghfirullohal’adziim….

Apakah karena sudah mulai overload yah…… ? Harus beralih dari satu urusan ke urusan lain dengan cepat dalam hitungan menit dalam sehari atau seminggu. Sehingga ada yang tercecer. Kayaknya aku memang mulai harus mengurangi beberapa aktivitas. Mudah-mudahan saja bukan gejala awal dari Alzheimer disease…. (amien). Apa itu Alzheimer disease?

Alzheimer disease

Penyakit ini menjadi terkenal setelah mantan Presiden AS Ronald Reagan menderita penyakit ini setelah turun dari kursi kepresidenannya. Dideskripsikan pertama kali oleh dokter Alois Alzheimer pada tahun1907, penyakit ini merupakan suatu suatu sindrom demensia (kepikunan) yang ditandai dengan penurunan ingatan dan kemampuan kognitif pasien secara progresif/cepat. Apa bedanya dengan kepikunan biasa yang biasanya dijumpai pada orang lanjut usia? Bedanya, pada Alzheimer perkembangan penyakitnya sangat cepat. Tapi memang tidak banyak orang memahami hal ini, dan seringkali penyakit ini dianggap sebagai penyakit kepikunan biasa.

Apa yang terjadi pada otak penderita Alzheimer?

Pasien umumnya mengalami penyusutan otak dan terjadi pengurangan (degenerasi) saraf secara signifikan, terutama pada saraf kolinergik. Kerusakan saraf kolinergik terjadi terutama pada daerah limbik otak (yang terlibat dlm emosi) dan korteks (yang terlibat dlm memori dan pusat pikiran/advanced reasoning center). Ini yang menyebabkan penderita mengalami penurunan ingatan dan kemampuan intelektual yang terjadi secara cepat dan mempengaruhi fungsi sosialnya.

Beberapa gejalanya diantaranya adalah:

– penurunan ingatan jangka pendek atau kemampuan belajar atau menyimpan informasi

– penurunan kemampuan berbahasa dan kesulitan menemukan kata atau kesulitan memahami pertanyaan atau petunjuk

– ketidakmampuan menggambar atau mengenal gambar dua-tiga dimensi, dll.

Berdasarkan Global Deterioration Scale, perkembangan penyakit ini dari awal sampai akhir adalah seperti tertera dalam tabel di bawah ini.

Stage Level Deskripsi
Stage 1 Normal Tidak ada perubahan fungsi kognitif
Stage 2 Pelupa Mengeluh kehilangan sesuatu atau lupa nama teman, ttp tdk mempengaruhi pekerjaan dan fungsi sosial. Umumnya mrpk bagian dari proses penuaan yg normal
Stage 3 Early confusion Ada penurunan kognisi yang menyebabkan gangguan fungsi sosial dan kerja. Anomia, kesulitan mengingat kata yang tepat dlm percakapan, dan sulit mengingat. Pasien mulai sering bingung/anxiety
Stage 4 Late confusion(early AD) Pasien tdk bisa lagi mengatur keuangan atau aktivitas rumahtangga, sulit mengingat peristiwa yg baru terjadi, mulai meninggalkan tugas yang sulit, tetapi biasanya masih menyangkal punya masalah memori
Stage 5 Early dementia(moderate AD) Pasien tidak bisa lagi bertahan tanpa bantuan orang lain. Sering terjadi disorientasi (waktu, tempat), sulit memilih pakaian, lupa kejadian masa lalu. Tetapi pasien umumnya masih menyangkal punya masalah , hanya biasanya jadi curigaan atau mudah depresi
Stage 6 Middle dementia(moderately severe AD) Pasien butuh bantuan untuk kegiatan sehari-hari (mandi, berpakaian, toileting), lupa nama keluarga, sulit menghitung mundur dari angka 10. Mulai muncul gejala agitasi, paranoid, dan delusion
Stage 7 Late dementia Pasien tidak bisa bicara jelas (mgkn cuma bergumam atau teriak), tidak bisa jalan, atau makan sendiri. Inkontinensi urin dan feses. Kesadaran bisa berkurang dan akhirnya koma.

Bagaimana terapinya?

Tentu tidak mungkin untuk membuat orang menjadi muda kembali dan mengembalikan sel-sel sarafnya untuk kembali seperti sedia kala, sehingga tujuan terapi adalah memelihara fungsi-fungsi pasien selama mungkin, menunda perkembangan penyakit, dan mengontrol gangguan/kelakuan yang tidak diinginkan. Perlu ada kerjasama yang baik dari keluarga untuk mensupport pasien, karena pada stage tertentu pasien sudah tidak bisa lagi melakukan kegiatan harian secara mandiri.

Kalau dari segi obatnya, ada beberapa obat yang bisa digunakan, yaitu :

1. Terapi pertama adalah untuk mengatasi gejala penurunan kognisi atau menunda progresivitas penyakit, disebut terapi kolinergik. Terapi ini ditujukan untuk meningkatkan kadar asetilkolin di otak dengan cara menghambat pengrusakan asetilkolin oleh enzim. Golongan obatnya disebut kolinesterase inhibitor, contoh obatnya adalah takrin, donepezil, rivastigmin, galantamin

2. Terapi kedua untuk mencegah degenerasi sel syaraf, misalnya dengan Vitamin E sebagai antioksidan kuat, dan obat yang bekerja pada reseptor glutamat, yaitu memantin. Ekstrak ginko biloba pernah disebut-sebut juga memiliki efek proteksi syaraf dan meningkatkan daya ingat. Tetapi informasi terakhir dari uji klinik tentang penggunaan ginko biloba untuk mencegah penyakit Alzheimer menunjukkan bahwa Ginko biloba tidak memberi efek signifikan. Bisa dilihat pada http://www.emaxhealth.com/1002/91/26772/ginkgo-biloba-does-not-prevent-alzheimer-039-s-disease.html. Sedangkan Vitamin E ternyata cukup efektif untuk mencegah kepikunan, seperti yang dilaporkan pada pertemuan ilmiah tahunan American Geriatrics Society (AGS) 2009. Lengkapnya dapat dicek pada http://www.medscape.com/viewarticle/702333.

Hm… mungkin aku perlu mulai minum vitamin E nih dari sekarang……

3. Terapi ketiga adalah terapi simptomatik untuk mengurangi gejala-gejala non-kognitif, seperti depresi, kecemasan, insomnia, halusinasi, dll. Untuk mengatasi gejala ini digunakan obat yang sesuai, misalnya depresi diatasi dengan antidepresan, kecemasan diatasi dengan penenang, dst.

Mengingat Allah

Ketika aku tulis di status Face Book-ku bahwa aku sekarang merasa sudah mulai pelupa, seorang sahabat nyeletuk untuk “banyak-banyak dzikir biar ingat”….. hehe… Tapi benar sekali sih….. Penyakit itu datangnya atas ijin Allah. Maka kita perlu selalu mengingatNya dan memohon untuk selalu diberi hidayah dan petunjukNya, melalui daya ingat dan daya pikir kita…. semoga tetap bekerja sesuai alamnya. Dan semoga dengan daya ingat dan daya pikir yang diberikanNya, kita bisa memanfatkannya sebanyak-banyaknya untuk kemaslahatan orang banyak. Amien.


Aksi

Information

54 responses

10 05 2016
fuji

Slmt mlm,,,
Saya ibu rumah tangga berusia 30th, saat ini saya merasa saya sangat pelupa sekali.
Memang dari dulu saya kurang jago untuk mengingat nama teman sekelas saya, walaupun saya termasuk anak yg pandai dr saat SMP, saya selalu menjadi juara umum d sklh, tetapi untuk mengingat nama2 teman sekelas rasanya sulit, paling saya hanya ingat kurang dr 10org, wlwpun pergaulan saya sangat baik dan dekat dgn semuanya.
Masuk ke sklh farmasi pun demikian, untuk mengingat nama teman dan nama jalan atau tempat rasanya sulit sekali. Sehingga kadang saya dianggap sombong oleh teman yg tdk tau kekurangan saya itu. Stlh sklh SMF kemudian sya bkrja, tetapi penyakit lupa nama dan susah mengingat nama org tempat atau jln msh tetap saja, bahkan sering sekali kata apa yang saya pikir tapi pas keluar dari mulut jadi beda / salah, (misal, saya lihat buku, saya tunjuk sambil bilang “tolong ambilkan itu bajunya”. Org yg sya suruh kebingungan jd nya, dan saya tetep ngotot sambil nunjuk itu buku “iya, itu baju, tolong bawa kesini”, karena yg sya mksd, yg saya pikirkan dan saya lihat memang buku, tapi keluar dr mulut kenapa jd baju 😀 Sering skali kjadian itu trjadi. Setelah bekerja 2th akhirnya saya kuliah psikology, disana saya mulai mengenal yang namanya disleksia. Kadang saya berpikir mungkin saya disleksia kata 😀
Stelah 4th kuliah saya lulus dan bekerja dikantor 2th, kemudian saya berhenti bekerja dan menjadi ibu rumah tangga, saya semakin pelupa, jangankan untuk ingatan jangka panjang, untuk jangka pendekpun saya sangat sering lupa. Dan salah pengucapan kata menjadi semakin parah rasanya. (Yang dilihat pisang, yg dipikiran pisang, tapi yang keluar dari mulut pepaya) “Bhiem makan pepaya ya” sambil megang pisang. Anak saya berusia 3th “tidak mau, tidak mau paya, mau picang aja”. Saya ngotot “ga ada pisang, pepaya aja ya” sambil nunjukin pisang yg saya pegang. Anak saya kebingungan sambil blng “mau picang aja bunda, tidak paya”. “iya ini!!” saya tetep ngotot karena yg saya lihat dan saya pikir memang pisang, tapi keluar dr mulut pepaya terus, dan saya ga sadar itu sampai anak saya bilang “itu picang bunda, butan paya” dgn wajah kebingungan. Baru saya sadar yang saya ucapkan berbeda dgn yg saya pikirkan. Kejadian sprti ini sangat sering terjadi, kepada suami anak atau teman. Bahkan suami saya bilang kalo saya itu pikun 😀 Selain itu jg saya sering kesulitan mengais kata yg harus diucapkan (misal saya ingin mengatakan “hal itu wajar”, tapi untuk mengais kata wajar perlu wkt lama dgn susah saya memikirkannya).
Pelupa, susah mengingat nama orang tempat atau jalan, sering susah menemukan kata yang ingin diucapkan, sering salah ucap kata yang dipikirkan dan dilihat dengan yang keluar dr mulut. Apakah termasuk dalam gejala alzaimer??? Brngkali ibu tau dan berkenan untuk menjawab dan memberi informasi. Trmksh

Jawab:
Dear bu Fuji, kayanya gangguan ada sedikit beda dengan Alzheimer ya.. tetapi memang ada gangguan pada memori dan sinkronisasi antara penglihatan dan pengucapan. Saran saya diperiksakan saja ke dokter ahli syaraf, Bu, mungkin ada solusi yang bisa diberikan.

12 04 2016
Ugi

Semua yang dibahas diatas sedang saya alami bu, saya baru berumur 19 tahun tapi sudah mengalami gejala diatas ;-(

19 01 2016
Rusnia ika putri rahayu

Apa mungkin karena ada pengaruh dari kecanggihan teknologi yg bikin manusia cepet lupa??? Termasuk facebook dan media sosial lain…

30 08 2015
Junika Halawa

Thank ya bu buat artikel ya….
Sempat saya panik dengan kondisi ini karena hampir smua gejalanya saya alami tapi saya baru merasa agag lega saat ibu katakan bahwa penyakit Alzeimer ini belum menyerang usia 20 tahun
Jadi umur berapa yang mengidap penyakit ini bu?
Mohon balasannya…

Jawab;
Biasanya pada usia lanjut di atas 40 thn.

26 05 2015
dini

ayah saya juga seperti itu ,aku sedih saat ayah berkurang ingatannya,ayah ku berubah 180 derajat prilakunya,sekarang diam aja

15 04 2015
kpopezine

Terima kasih atas artikelnya yg sangat bermanfaat bu.

Saya perempuan 22 tahun, bekerja sebagai penulis. Dalam tulisan, saya akui saya tidak pernah kesulitan menemukan kata-kata apa yg tepat. Tulisan berhalaman-halaman pun lancar jaya tanpa kendala berarti.
Tapi, ketika bicara langsung dengan orang lain, saya jadi kesulitan menemukan kata yg pas. Misalnya mau ngomong “film yg disensor” saja saya harus mikir 1 menit untuk mengais-ngais kata “sensor” di otak saya. Gejala ini baru sekitar 3 bulan terakhir ini saya alami. Apa menurut ibu ini termasuk tanda-tanda alzheimer?
Terima kasih, salam sejahtera untuk kita semua.

Jawab:
Saya kira tidak secepat itu seseorang didiagnosa Alzheimer, apalagi masih berumur 22 tahun. Alzheimer umumnya dijumpai pada usia lanjut. Mungkin sekedar ada sedikit gangguan pada memori Anda. Jika nanti terasa sangat mengganggu, ada baiknya diperiksakan ke dokter.

28 01 2015
Danang Panji

nama saya danang umur saya 20 tahun,saya muda lupa akan mengingat sesuatu,misalkan:mengingat kata,pelajaran,bahkan jika saya kehilangan barang,saya mudah curiga kepada orang disekitar ku,nggk tau marah” sendiri dan terlebih lagi jika saya berfikir,pikiranku hanya fokus pada satu hal itu saja,apakah kejadian yang saya alami semacam penyakit alzheimer,apa tidak ada pengobatan yang cepat buat mengatasi penyakit semacam ini.misalkan mengonsumsi buah” an atau semacam nya.

Jawab:
Menurut saya, dengan melihat usia anda yg masih muda, ini bukanlah Alzheimer, apalagi ditambah mudah curiga atau marah-marah sendiri. Tapi mungkin memang ada gangguan memori. Saya tidak yakin apakah bisa diatasi dengan semacam buah-buahan saja. Coba anda mencoba mengatasi sifat lupa anda dengan membuat catatan utk membantu mengingat dan coba mengontrol emosi anda. Jika dirasa mengganggu, sebaiknya diperiksakan ke dokter.

30 12 2014
sharma

as mualaikum wr wb
bu pengen ucapin terimakasih atas artikel yg ibu tulis ilmu pengetahuan saya jdi bertambah

25 10 2014
budi

Sering lupa bisa berpengaruh terhadap kegiatan harian anda
atasi dengan meningkatkan kemampuan gelombang otak anda dengan bergabung di :
http://www.bakatsuper.com

27 08 2014
Adi Wicaksono

curhat…
saya masih 19 tahun dan susah mengingat nama teman2 yang baru saya kenali… dan papa saya juga mengalami hal yang sama. padahal saya bukan perokok pemabuk atau konsum obat2 terlarang. dan juga sering kehilangan barang2 berharga setelah saya mengingatnya beberapa menit kemudian… setelh dicari2 tentu barang itu hilang… apakah saya masuk pada penyakit Alzheimer? tapi sewaktu papa saya memberikan saya pil minyak ikan paus… saya menjadi juara umum terus sewaktu SMA.. jadi saya harus bagai mana.. karena ortu dan teman2 saya hanya mengangap ini hanya pelupa biasa.. mungkin karena saya pintar dalam pelajaran tadi.., mohon bantuannya

20 08 2014
Rodlyan Ahsani

kenapa saat ini saya jadi gampang lupa ya?
apa mungkin ini karena suatu penyakit yang sedang saya alami saat ini yaitu penyakit epilepsi….?
dan sejak saya terjangkit penyakit itu saya selalu memiliki perasaan yang buruk seperti saya mudah iri,dengki dan terkadang juga mudah lupa,terus kalau bicara saya selalu mengulanginya berkali-kali,sering salah sangka. dan di sisi lain saya biasanya mendengarkan brainwave entertainment, lalu biasanya apa yang hati saya katakan dengan yang saya fikirkan dan lakukan itu tidak sama………………….mohon bantuannya………..
wassalamualaikum.wr.wb.

Jawab:
dear Rodlyan, mungkin memang ada semacam gangguan mood atau perasaan. Sebaiknya diperiksakan ke psikiatrik juga, karena memang penyakit syaraf sering kali saling terkait.

4 08 2014
Alinee

Saya jadi takut…
Sering kali sayang melupakan sesuatu… Seperti lupa akan melakukan sesuatu atau lupa akan mengatakan sesuatu… Setelah beberapa saat akhirnya saya ingat…
Baru saja saya meletakan suatu benda tapi beberapa saat kemudian saya lupa menaruhnya…
Dalam belajar pun biasanya kalau saya sedikit saja lengah pada saat sedang menghafal kata2 semuanya bisa lupa…
Saya lupa sebagian masa kecil saya, ..
Dan setiap kali saya terlalu mengingat sesuatu, kepala saya selalu menjadi sakit…
Bahkan kalau saya terlalu memaksanya kepala saya makin terasa sakit…
Kenapa ya???

Jawab:
Mungkin kamu memang mengalami semacam gangguan memori.. Kalau penasaran kenapa, sebaiknya diperiksakan ke dokter ahli neurologi saja

11 07 2014
Ezther Sumolang

Sya mrasa Bebarapa ciri2 alzheimer trjadi pd sya, sya sering lupa bahkan hampir selalu lupa, saya sulit fokus bahkan susah menghafal mata pelajaran. Ohh susahnya hidup saya jika begini

4 07 2014
ALWI

Mau tanya bu
10 blan yg lalu kpla blkang bgian atas sy tebentur tembok, trus penciuman hilang smpai skrg
yg jd masalah pikiran g mau normal dan epekx perut saya kembung trus smpai skrg
udah periksa MRI DAN ST.can hasilx normal
tp knp pikiran g mau normal dan perut jd kmbung terus
mhon kompirmasix bu,penyakit apa sy ini
trimakash jawabanx bu

Jawab:
Maaf, Alwi, saya bukan dokter, jadi tidak bisa mengkonfirmasi penyakit Anda, Coba konsultasikan saja pada dokter ahli neurologi, bisa jadi memang itu akibat trauma kepala saat terbentur tembok

13 05 2014
risya

pagi bu, saya ingin bertanya mohon di jawab

saya berusia 21 satu tahun
awalnya saya sering kali pelupa ..
seperti menaruh hp, menaruh kunci..
semakin lama sy lupa hal” yg beberapa saat saya lakukan..
bahkan sy lupa hal yg beberapa saat sy ucapkan..jd sy terkesan sering mengulang” pembicaraan..
saya sering tdk sadar dg brg yg sy pegang..
pernah saat itu sy pegang uang tp uang itu jatuh dn sy tdk tau..
terkadang klo memgang brg sering kali jatuh atau tdk tepat sasaran…
sy jg sering lupa nama tmn sekelas sy..
sy lupa wajah tmn sma sy..
bahkan akhir” ini sy sering terbalik saat berbicara
“saya mau makan” jd “saya makan mau”
dan bru sj kmrn mlm sy menuruh ade sy tidur “dee uda tidur,cepat malam” pdhl sy berniat brbicara “dee cepat tidur ud malam” dn banyk lg..
indrq pendengaran dn penciuman sy jg tdk setajam dlu… daya tabgkap berbicara dg org lain jg sudah berkurang..bahkan trkadang hrs bertanya lg..

mohon d jawb y buu.. apa ini trmasuk dllm.cri” alzaimer?

jawab:
Anda masih 21 tahun, sudah menderita gangguan memori. Biasanya alzheimer dijumpai pada orang tua, walaupun bisa juga trejadi pada orang yg lebih muda. Sebaiknya diperiksakan ke dokter spesialis neurologi saja, mungkin ada semacam mild cognitive impairment, semoga masih bisa dikoreksi dengan terapi yang tepat.

25 04 2014
lisandria

bu saya mau tanya….setelah membaca komen2 diatas saya semakin takut.

saya 22 tahun. saya sering lupa sama hal2 kecil dan lupa sma hal yg baru beberapa saat saya lakukan. sya juga pernah lupa angka 6 itu ada dimana di keyboard sya, lupa nama tmn2 SMA sya dan wajah2 mereka sya tdk ingat. ada yg ingat tp hanya skitar 15 org. lupa wajah dan nama tmn2 SMP saya. saya sering kebalik jika ngomong sesuatu. misal meja makan jadi makan meja. saya kmn2 bwa catatan ap yg mau dilakukan bsok, klo ga dicatat sya lupa. sya jg lupa keluarga sya yg jauh yg dlu prnh ngrawat sya wkt kecil. saat sya sedang sedih ato lagi bnyak msalah, pikun sya akan makin parah. sya lupa klo pipis kamar mandinya dimana. banyak hal yg sering saya ga bisa ingat dengan jelas.

sudah berusaha mengingat tapi tidak ingat juga. apakah ini tanda2 alzhaimer? mohon penjelasannya. trima kasih…

Jawab:
Saya tidak bisa memastikan apakah Anda mengalami Alzheimer atau tidak. Pada umumnya sih terjadi pada orang tua, tapi memang pada kasus yg jarang bisa menyerang orang yg muda. Yg keliatan memang Anda mengalami gangguan memori. Jika ingin memastikan, cobalah diperiksakan pada dokter spesialis syaraf..

25 04 2014
Rastralita Yayana

Maaf bu, sy bru berusia 16 tahun ini
tpi kok sy lupanya bisa sampai mengalahkan ibu saya misalnya saja kadang2 saat menaruh sesuatu pasti sy akan melupakannya kurang dri 1 menit. Kemudian juga sy suka berbicara beda sperti yg sy pkirkan, kdang2 juga saat sy mengetik sms, kata2 yg sring sy gunakan tidak sambung. Tpi sy masih lmayan bisa ingat sesuatu. Ap ini trmsuk pnyakit alzheimer?

Jawab:
Belum tentu karena Alzheimer, Mbak.. tapi memang kayaknya ada gangguan memori ya.. Coba diperiksakan ke dokter spesialis syaraf

19 03 2014
Aisyiah Sholihatun Nisa

maaf, saya mau tanya, saya sudah berada di stage 6, tetapi penjelasan anda menyebutkan penyakil alzaimer hanya di derita oleh yg sudah lanjut usia, lalu bagai mana dgn saya?
dan saya juga merasakan sulit dalam suatu pengejaan kata, ketika menulis atau mengetik banyak beberapa huruf yang tertinggal atau salah, terkadang saya bingung huruf apa yg harus saya gunakan, trimakasih

Jawab:
memang sekarang mulai dikenal adanya Alzheimer pada usia lebih muda, Mbak. Yang mendiagnosa anda Alzheimer stage 6 siapa? tentunya harus oleh dokter ahli ya… coba diperiksakan saja.

17 03 2014
Aditia prayoga

Assalammualaikum bu saya mengalami jegala kelupaan padahal saya bru 16 tahun
gejala yg sering sekali sya alami adalah ketika sya d suruh orang misalnya d suruh buat ngambillin barang tapi pas saya sedikit lengah saya lupa bu padahal bru 2,3 menitan bu. Apakah itu gejala penyakit tsb..
Trus bu saya mau tau gmana cara nanganinnya
d tunggu bu jawabannya
sebelumnya terimakasih..

jawab:
Menurut saya anda belum termasuk ALzheimer karena masih sangat muda… tapi mungkin ada sedikit gangguan memori. Mungkin bisa dibantu dengan membuat catatan agar tidak lupa..

11 03 2014
samasul

sepertinya generasi muda kita punya masalah2 pelik dalam diri mereka ya bu setelah melihat komen2 di atas, bagaimana tanggapan ibu sendiri ??
apakah karena berubahnya jaman atau kurangnya perhatian dari generasi2 sebelum mereka…..

3 01 2014
rista

bu saya berusia 20 tahun
saya termasuk orang pelupa
saya sering lupa menaruh barang sperti kunci
bahkan sering kli hp saya ketinggalan di tmpat umum
saya sering tidak sadar dengan apa yg saya lalukan, saya sering memegang barang tetapi tdk sadar ketila brg trlepas atau jatuh, suka tidak sadar ketika mengndarai motor
saya juga merasa kesulitan dan menjadi merasa tidak mampu mengerjakan tgas kuliah, padahal biasanya sesulit apapun sya pasti mampu
saya lupa dg sebagian besar nama dan wajah tmn” sma smp saya
saya sulit menemukan kata yg pas saat berbicara, bahkan terkadang lupa kata”
apakah itu trmasuk ciri alzhaimer bu? mohon bakasannya trimkasih

Jawab:
Alzheimer biasanya dijumpai pada usia lanjut, sementara Anda masih 20 th. Saya duga itu bukan Alzheimer, tetapi memang ada gangguan pada fungsi memori Anda. Saya bukan dokter dan tidak berkompeten. Saran saya, jika memang sudah cukup mengganggu, diperiksakan saja ke dokter spesialis saraf. Mungkin perlu ada pemeriksaan lebih lanjut.

6 12 2013
irfan

bu, saya bekerje di kapal pesiar sebagai night steward, dan saya sering bersihkan kama tamu, suatu hari ketika saya mau melipat handuk tiba tiba saya lupa gmna caranya melipat handuk, apa itu bisa dibilang ada sedikit gangguan dengan sarap saya bu??

Jawab:
Dear Irfan, kalau baru sekali dua kali lupa saya kira belum bisa dibilang ada gangguan saraf. Mungkin saat itu kamu sedang kurang konsentrasi, sehingga memori sedikit kacau.

27 10 2013
Dewi

Bu..saya wanita berusia 21 th…saya orang yang sangat pelupa…lupa meletakkan barang2 yg padahal baru sekitar 5 menit ditaruh…saya sering tidak sadar sudah melepaskan barang yang sedang saya pegang…terus saya sering salah saat meraih sesuatu…saat saya mencoba meraih gagang tas misalnya, ternyata saya tidak pas saat meraihnya sehingga saya tidak meraih apapun…saat saya berjalan tiba2 saya jatuh sendiri padahal tidak tersandung apapun…akhir2 ini saya sering berbicara terbalik tanpa disadari…sebagai contoh jika saya ingin bicara “tolong matikan lampunya” tanpa disadari saya bicara “Tolong lampukan matinya” dan itu sering sekali terjadi…apakah ini menjadi salah satu gejala tersebut?mohon jawabannya…

Jawab:
Saya kira memang sudah ada sedikit gangguan pada sistem memori di otak Anda, Mbak.. Coba periksakan saja ke dokter spesialis syaraf.. tentu akan diperiksa lebih teliti mengenai gangguan yg Anda alami.

25 09 2013
DENI

Q ya sering lupa mba. Kya pke jam. Q tuh lupa kalo jam itu dah q lepas, trus ta masukin tas. Eh malah q pusing nyari2 ampe orng dirumh q suru nyari dikamr.. Trnya ada q bwa ditas, tpi q sama sekli ga sadar klo dah ngelepas jam trus masukin tas. Trus hp kdang q tuh suka lupa. Hp itu dipegang tmn. Tau2 q dah pusing aja hp taroh dimna. Apa ketnggalan disuatu tmpat. Pkokx sy tuh melakukan pekerjaan, Suka lupa dah dilakuin ga yah, pdahl itu udah.. Menurt mba itu gmna ?? Moga aja bukan tnda alzaimer. Amin

Jawab:
Memang Anda pelupa ya… tapi smeoga bukan Alzheimer. Kalau Alzheimer itu sifatnya progresif atau meningkat gejaanya, karena memang ada kerusakan sel saraf yang terus berkembang. Kalau gejalanya stagnan, tdk bertambah buruk, kemungkinan bukan Alzheimer, tapi ya mungkn ada yg kurang optimal dalam fungsi memori otak anda.

10 09 2013
muhammad ridho

Terima kasih atas infonya bu.
mungkin ini agak melenceng dari topik yang dibicarakan tapi saya merasa ada gangguan pada sistem koordinasi saya khususnya sistem komunikasi saya. Dari kecil saya menjadi anak yang pendiam dan penyendiri. itu sebenarnya bukan keinginan sebenarnya dari saya karena pada dasarnya saya ingin memiliki teman tempat berbagi cerita. Tapi saya merasa pola komunikasi saya terlihat berbeda dengan lingkungan yang saya geluti dimanapun saya berada. saya tidak memberikan harmonisasi dalam berkomunikasi dengan orang lain, baik itu dengan orang terdekat saya. Kadang setelah saya melakukan komunikasi saya merasa selalu ada yang salah dengan apa yang telah keluar dari mulut saya. tapi saya tidak mengetahui hal itu. sekarang saya sudah 18 tahun, saya merasa gangguan saya ini menghambat proses pengembangan diri saya dan menimbulkan rasa pesimis didalam diri yang menjatuhkan mental. untuk itu, mungkin ibu punya solusi buat saya. terima kasih..

jawab:
dear Ridho, kayaknya masalah kamu ini lebih pada masalah psikologis ketimbang medis, dan saya tidak punya kompetensi dalam hal itu. Sebaiknya kamu konsultasi ke psikolog saja.

28 07 2013
elkusa

kenapa ya saya tidak bisa mengingat pelajaran, tetapi justru saya bisa mengingat semua tentang masa lalu seperti kejadian2 yang tidak menyenangkan, nama teman, nama orang tua teman, bahkan kejadian masa kecil saya umur 5 tahun saya masih ingat dg jelas, tp begitu.saya mengingat pelajaran tadi pagi saya sudah lupa? apa ini juga penyakit

Jawab:
wah, agak sulit utk memastikan apakah ini penyakit atau bukan… tapi memang kurang normal ya..
coba dulu latih memori anda dengan mencatat dan mengingat pelajaran…. Kadang kita mudah lupa jika kurang memperhatikan. Sesuatu yang berkesan dan kita perhatikan biasanya lebih awet dalam ingatan

8 01 2013
Popo

Keknya ku d stage 2 tp ku ga ngerti. Udh periksa k ahli syaraf dan otak, d bilang ga masalah. Hanya saja jk ku memaksa unk mengingat maka kepala ku langsung pusing berat.
Ku pernah 3x kecelakaan yg buat kepala ku terbentur. Dan kadang benda yg ku pegang tanpa sadar terlepas sendiri.
Apa ku mengalami penyakit ini? Tolong kasih tau. Makasih

Jawaban:
Bisa jadi ini adalah akibat cedera kepala yang Anda alami akibat kecelakaan. Mungkin bukan alzheimer, tetapi ada gangguan memori akibat cedera tersebut. Coba diperiksakan saja ke dokter, mungkin ada obat-obat untuk syaraf yg bisa digunakan

14 12 2012
GitaEdaFitria (@gitaEF)

saya merasa ada di stage 2 dan saya dianjurkan mamah saya ke dokter tpi sya tidak prcya dgn penyakit ini, minta saran untuk saya ke dokter sebaiknya kedokter syaraf atau kedokter apa yah ?

Jawab:
ya, sebaiknya ke dokter syaraf/ahli neurologi

14 11 2012
Setyo Budhiarti

Bu
Tulisan Ibu sangat berguna untuk saya, setelah saya baca artikel ibu mengenai Alzheimer, ternyata Bapak saya saat ini sudah masuk Stage 7, luar biasa kesabaran yang kami butuhkan untuk merawat Bapak, Alhamdulillah yang diingat bapak saat hanya Dzikir dan Sholat

30 07 2012
Toto Soegiarto

Usia saya 29 thn, semenjak kecil saya kesulitan mengingat angka, nilai matematika saya gak pernah lebih dari 5, bahkan hingga kini pun saya gak hafal bulan, tgl lahir anak saya, tgl perkawinan saya, pelat no kendaraan saya (capek deh). kira kira, apa obat untuk penyakit saya ini?

6 06 2012
mawar

asslamualaikum,,,,

prknalkan nma sya mawar…..umur sya 17 thun.sya rsa dy ingat sya mnurun dr be2rpa blan yg lalu.shingga tu mengganggu prstasu sya.kpla sya sring sakt jka dsruh mngingat sesiatu.dan bahkan minggu2 ni smkin prah.sy srimg mrasa tba2 tkut sendri.bahkan seakan sya tdak bsa mngendlikan fkiran sya.apa kemungkinan terbruk dr pyakit ni?

21 05 2012
fransis

Bu saya mo tanya saya umur 27 tahun saya ini sering lupa,kunci motor aja baru ku lepas,1 jam kemudian saya mo pake motor kunci motor saya lupa,trus klo nma teman2 sering lupa,

14 04 2012
lina

asalamualaikum,,,
klau saya suka lupa nama temen2 saya dgn seketika,, padahal mereka termasuk teman2 dekat saya,, blm lama dari situ saya melupakan jadwal2 kuliah bahkan jadwal MID semester,,,, apakah saya terkena penyakit alzaimer jga bu??? umur saya masih 17 thn…..
trimkasih sblm nya,,,,

jawab:
Kalau usia Anda masih muda, saya kira bukan Alzheimer ya…. Jangan panik dulu deh…coba Anda lebih tenang dan bantu dengan catatan untuk mengingat-ingat sesuatu…. Mungkin pikiran Anda terlalu penuh sehingga kurang tertata, sehingga gampang lupa….

30 01 2012
puji arianto

aku puji arianto , umur 17th .minggu2 ini q jd pelupa. Mengingat ssuatu kalimat yg baru saya katakan saja tdk bisa, bahkan nama tmn jg lupa

14 09 2011
Monicha Ismail

Trimakasih bu untuk infonya…
Semoga apabila kita mengidap penyakit ini sekalipun,kita tidak pernah lupa Allah SWT…Aaammmiiinnn…:)

20 07 2011
defi

Asslmlkm…
ibu, mau nanya. latihan otak itu seperti apa?

Jawab:
ya dengan banyak dipakai, misalnya untuk mengisi Teka teki silang, dll.

13 07 2011
meiichaeyoonameii

slama ini memang sy tidak pernah untuk mencoba meminum obat-obatan atau terapi,
karena tidak tahu menahu ttg penyakit ini….
tapi berkat trit ini…..sy sudah agak tahu ciri” pnyakit alzeimer…
trims ya~

13 07 2011
meiichaeyoonameii

sista….sy skg umur 20th
tapi suda pelupa semenjak SD..
smpe2 diberi panggilan “nenek” T.T
kadang hal yg baru aja trjadi aj sk lupa…
sring jg semisal ak bermimpi…entah indah ato buruk…
saat baru bangun rasa senang atau takut masih ada,
tapi mimpi mengenai apa langsung lupa sama sekali…
sring jg waktu masak air, panci ampe kering ampe dapur penuh asap(masi wajar g sih??)
susah bgt buat mengingat hal” yg ak tidak suka *sprti plajaran*
beberapa menit yg lalu ingat, tapi kemudian hilang lagi..
trus kadang susah untuk mengingat suatu kata yg ingin diucapkan..
jangan” sudah parah ya? T___T

27 05 2011
ananditya

saya berusia 23 tahun,,beberapa bulan baru-baru ini, saya mengalami stress yang terus menerus,,dan beberapa perubahan terjadi pada diri saya, saya seringkali lupa dengan segala sesuatu yang sudah saya kerjakan, saya seringkali kesulitan mengingat nama teman, hal-hal yang telah saya lakukan, hingga cara mengarsir gambarpun saya lupa dan saya tidak
menyadari kalo saya telah salah mengarsir, baru beberapa jam berikutnya saya baru ingat kalo cara mengarsir saya salah (padahal saya selalu menggambar), saya jadi selalu menyalahkan diri saya sendiri, karena banyak hal kecil yang seharusnya saya ingat, tapi saya bisa melupakannya dengan mudah tanpa sebab yang jelas dan tanpa ada rencana untuk melupakannya
sebelumnya. Saya masih seringkali mengalami pusing yang hebat,.apa ada kemungkinan saya memiliki penyakit Alzheimer ini bu?terimakasih sebelumnya.. ^^

Jawab:
Umumnya Alzheimer terjadi pada orang lanjut usia, dan dapat dibilang tanpa sebab khusus, akibat generasi syaraf kolinergik yang progresif. Tapi pada kasus Anda ini, usia masih sangat muda, dan mungkin disebabkan oleh stress terus menerus. Sebaiknya diperiksakan saja ke dokter, mungkin ke psikiater, untuk memastikan gangguan lupa Anda ini. Mungkin lebih disebabkan karena kondisi psikologis, ketimbang organik.

24 02 2011
fauziah eka pratiwi

nama sy eka n umur sy 23 tahun.sejak lulus dr sma sy sering lupa sesuatu…..
sy biasa slalu lupa klo mengerjakan pekerjaan yg baru sy kerjakan ,
krn itu sy harus berulang kali memeriksa pekerjaan itu.biasax jg sy lupa nama orng yg baru sy kenal atau pun orang yg uda lama sy kenal,misalnya nama-nama tmn sma ato smp sy, trmasuk sahabat sy.
sy pun nda terlalu bisa mengingat pelajaran.krn itu sy kurang bisa menghafal pdahal baru beberapa menit sy menghafal suatu kata atau kalimat pasti sy lupa lg.
sy jg susah bicara krn sering lupa kata-kata yg mau sy ucapkan.sampe-sampe tmn sy biasax kesal krn harus lama menunggu sy berfikir.
apa itu termasuk penyakit alzeimer?
terima kasih

Jawab:
Biasanya Alzheimer itu terjadi pada orang lanjut usia. Saya tidak tau apa namanya yg terjadi dengan Anda, nampaknya memang ada gangguan mengingat. Sebaiknya diperiksakan ke dokter saja.

18 02 2011
connie aprilinda

bu,usia sya bru 24 tahun,.saya sering mengalami lupa dlm kegiatan saya sehari2 misalnya kesulitan mengingat kata dlm percakapan,sulit mengingat kejadian yang baru terjadi dan kadang sya sering binggung dengan apa yg akan saya lakukan.
kadang kalau saya mo sahlat saya lupa rakaatnya,kepala saya sering sakit..apalagi saya sekarang msi kuliah yg membutuhakan daya ingat yg baik.
apakah Ini tanda2 dari penyakit alzhemir y mbk??tolong batuannya…terimakasih….

Jawab:
Penyakit ini biasanya terjadi pada usia lanjut. Kalau usia 24 sdh mengalami gangguan memori, mungkin saja ada penyebab lainnya. Mungkin perlu latihan-latihan otak utk mengingat. Sebaiknya diperiksakan ke dokter saja jika sudah sangat mengganggu.

27 07 2010
wulan

bu,tanks ya soal tulisanya,sy seorang wanita karier d bidang keuangan saya suka bingung sendiri akhir2 ini saya sering lupa ga hanya kunci yang selalu lupa q cabut,tapi kini q sering lupa dlm kerjaanqq,bnyak sekali pekerjaan yg kacau gara2 q lupa,pdhl blm lama q ingin mengerjakan tugasq,tp ga lama kmudian q lupa,dan kini gara2 fktor lupaq,q sering kali membuat pkerjaanq jd berantakan,saya mau nanya apa itu kmungkinan mendekati sakit alzheimer,kbetulan q punya masa lalu yg bgtu berat n menyiksaq,apakah itu bs mmpengaruhi,jg daya konsentrasiq kini sungguh berkurang,bgtu jg percakapanq,q kini sering lp dngan apa yg kan q bicarakan,mohon informasinya….oh ya kl periksa sebaiknya dmn?

Jawab:
mungkin saja masa lalu yg berat mempengaruhi kinerja sekarang, trmasuk menjadi pelupa. Coba periksakan saja ke psikiater, mbak, untuk memastikannya. Ngga usah malu kalau harus ke psikiater, lebih baik tau lebih awal daripada terlambat, shg lebih cepat diatasi atau dicegah.

22 06 2010
duy

kang saya teh sering lupa. otaknya susah buat masuk. udah latihan juga tetep ingetnya pas latihan udah latihan lupa. bahkan saking parahnya kl udah maen lupa pulang ke rumah. gejala asteris bukan?
terima kasih,
m 17 bdg

14 06 2010
Rendi

Bu…
apakah saya menderita penyakit pelupa yang ibu katakan…berikut keluhan saya:
Kadang2 lupa mau ngapain,lalu misalnya saya berbelanja pagi hari kadang saya lupa belanja apa tadi pagi(ingin mengingatnya pada mlam harinya),misalnya saya berbicara sesuatu siang hari lalu malam harinya lupa…
jarang sih kejadian begitu…tapi saya hanya ingin info lebih lanjut saja…

Jawab:
saya kira itu bukan termasuk Alzheimer. Ada baiknya latihan otak untuk menajamkan ingatan, dan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung nutrisi otak….

27 04 2010
rahmah

Mau Share Ya. Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit, termasuk Alzheimer, yang bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai obat dan pencegahan penyakit (seperti yang telah dinyatakan dalam Q.S. An Nahl Ayat 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com
semoga bermanfaat
Rahmah

27 03 2010
Bio Insan Akbar

lalu, bagaimana cara pencegahannya?

22 03 2010
Bio Insan Akbar

akhir2 ni, saya seringkali lupa akan sesuatu. yang lebih parahnya, terkadang saya lupa dnegan kejadian atau aktivitas yang baru saja saya lakukan. saya sering lupa menaruh kunci yang baru saja saya letakkan, terkadang saya salah mengoleskan handbody ke rambut saya dan mengusapkan minyak rambut ke tangan saya. semakin lama, saya jadi sering lupa. bahkan, akhir2 ini saya jadi sulit untuk mengingat nama, angka, dan yang lainnya. beberapa hoby yang saya dulu tekuni juga kini jadi berubah. terlebih lagi, saya terkadang sulit bergerak. misalnya ketika berwudu. saya sadar kalau saya harus membasuh hidung, tapi, tangan saya malah bergerak membasuh kepala. kalau sedang lelah, saya tidak bisa merasakan beberapa organ saya, terutama tangan dan kaki. serasa tidak sedang berjalan walaupun saya sedang berjalan. saat itu pula, saya tidak bisa merasakan sakit.
apa ibu tahu dengan ini? ataukah ini juga masuk kedalam ciri-ciri alzheimer?
umur saya baru 19 tahun. saya mahasiswa jurusan kimia PTN negeri di bandung.
mohon bantuannya…

jawab:
Tanda2nya mirip Alzheimer, mbak…. coba diperiksakan saja ke dokter neurologi

26 12 2009
rizka rahmatika

terimakasih bu, saya wanita karir usia 23 tahun.sangat pelupa, terutama kunci kendaraan sampai-sampai teman saya selalu mengingatkan dimana saya harus menyimpan. selain itu ada sesuatu yang aneh pada diri saya,saya bingung arah utara timur barat selatan, tidak dapat mengingat lokasi yang pernah saya datangi,kadang saya terbalik antara kanan dan kiri,,tapi kalau saya fokus,,saya bisa(arah/kanan kiri)…setelah itu lupa(lokasi) .. apakah saya mengidap penyakit al zheimer?

Jawab:
Sebaiknya diperiksakan ke dokter saja, Mbak..karena untuk mendiagnosa suatu penyakit tentu memerlukan serangkaian pemeriksaan. Saya tidak bisa memastikan apakah itu Alzheimer atau bukan.

14 11 2009
aspirasiputih

Aduh..mw nanya ap td yah.. Lupa saya

26 10 2009
Mimy_ariyadi

Aq snang bnget bc artikelnya soalx penyakit pelupaku skrg makin parah

4 10 2009
ine

Usia saya masih 16 tahun .. Ingatan saya mulai terganggu slama 2 tahun lebih karena kpala saya sering mengalami sakit. Awal nya saya hanya biasa saja . Tapi lama klamaan saya menjadi sperti orang linglung kalau ingin mengingat sesuatu . Misal nya saya harus mengecek pintu rmah saya sdah terkunci apa blum , pokok nya saya merasa ketakutan akan hal seperti itu kadang kala saya menaruh barang dan akhirnya saya menyalahkan orang lain . Saya juga merasa sesak di dada kadang2 saya sampai tdk bs bernafas .
Apa itu penyakit alzheimer ?

Jawab:
Mungkin bukan Alzheimer, mbak…. tapi saya rasa Anda perlu pemeriksaan lebih detail oleh dokter mengenai gangguan ini.

13 09 2009
farida_hayati

Pada salah satu acara pengajian, disampaikan kalau kebiasaan membaca Al-Quran sejak dini bisa menghindarkan kita dari kepikunan. Terlebih lagi kalau membacanya sambil terbalik…seperti guru TPA, ustadz di pesantren yang lagi nyimak anak didiknya…makanya di pesantren banyak ustadz dengan usia sangat lanjut yang hafalannya masih sgt kuat…
Mudah2an bermanfaat…

12 08 2009
tris

terkait hal yang terakhir,saya tiba2 ingat sebuah note puisi di facebook which i am tagged by a friend,bu…judulnya ajari aku mencintaiMu.

“Ya Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Ketika waktunya malaikat izrail datang menjemputku telah tiba
Ketika nantinya otakku rusak dan tak dapat bekerja
Aku ingin dapat menyebutkan nama-Mu, sebagai satu satunya yang paling KUINGAT dan kucintai”

31 05 2009
Amelia Indriana

Bu, makasih banyak ya buat tulisan2 ibu ini. sering saya simpan untuk bahan2 menambah ilmu pengetahuan dan sangat bermanfaat bagi saya.
oya, kalo boleh bu..bagaimana kalau diulas juga penyakit2 kulit juga conjunctivitis? sekarang lagi musim penyakit itu bu..hehe berdasarkan pengamatan selama pkl di apotek satu bulan ini.
Sekali lagi trims ya bu..

Jawab:
sama-sama, Amelia… Ya, mudah-mudahan nanti sempat menulis tentang hal itu ya….

Tinggalkan komentar