Menguak misteri pembuat gatal…

21 10 2012

Dear kawan,

Judul tulisanku kali ini agak lebay, ya….. Biarin deh… Tapi itu memang betul kok….. Sebelum misterinya terkuak, rasanya penasaran banget…..  Gini ceritanya…. Hampir sebulan terakhir ini seisi rumahku terkena serangan gatal-gatal yang misterius. Pertama, bapaknya anak-anak mengeluh kakinya sering gatal-gatal seperti ada gigitan serangga. Kadang juga tidak nampak ada bekas apa-apa, tapi rasanya gatal. Sering digaruknya sampai merah. Berikutnya anakku yang kedua, Hannisa. Dia yang paling parah… hampir di sekujur dua kakinya (dari lutut ke bawah) bentol-bentol merah, dan bahkan luka-luka bekas garukan karena tidak tahan dengan gatalnya. Asisten rumah tanggaku tak ketinggalan, lalu Dhika dan Afan, dua anak laki-lakiku. Kulit Hanna si bungsu juga banyak bintik-bintik merah gatal. Dan yang terakhir aku sendiri.

gigitan kutuSemula kami pikir karena alergi sesuatu. Bapaknya anak-anak pernah sampai memeriksakan diri ke dokter, tapi hanya diberi resep salep kortikosteroid. Tapi masak sih alergi terjadi beramai-ramai sak rumah. Jadi aku yakin ini pasti ada faktor eksternal. Tapi apaa? Bahkan ketika aku belum terserang, aku sempat bercanda pada anak-anak… “Mungkin serangganya takut sama yang cantik, jadi ibu tidak diserang.” Tapi ketika akhirnya aku ikut kena gatal-gatal, rasanya sudah tidak bisa bercanda lagi, dan berubah kesal dan pusing. Gerangan apakah ini? Apa penyebab gatal-gatal misterius ini? Aku tidak yakin kalau itu adalah nyamuk, karena di rumah kami tidak terlalu banyak nyamuk. Dan bekas gigitannya sedikit berbeda.

Anakku Hannisa yg pertama kali menyatakan pendapatnya bahwa kayaknya yang suka menggigit itu mahluk kecil sekali, dan suka melompat-lompat, karena dia pernah melihat mahluk itu di kakinya dan setelah itu kakinya jadi gatal. Semula aku masih belum percaya, karena belum melihat sendiri. Barulah ketika mahluk itu mulai muncul di kamarku dan menyebabkan gatal, aku berusaha menangkapnya. Aku minta suamiku untuk membawanya ke Fakultasnya dan minta tolong temannya yang ahli hama utk melihatnya di mikroskop.

Akhirnya,….. terkuaklah misteri mahluk pembuat gatal itu. Ia sejenis kutu, yang ukurannya kecil. Ketika kulihat hasil fotonya di mikroskop, agak seram juga. Ia punya kaki panjang berbulu, yang membuatnya pintar melompat. Tubuhnya terlihat diselimuti kulit yang keras. Terbukti agak sulit untuk di-pithes begitu saja. Dan yang bikin gatal adalah adanya semacam tanduk di kepalanya, yang kalau menancap di kulit nampaknya menyebar semacam toksin yang bikin guataal sekali.

Dari mana kira-kira dia berasal? Ketika melihatnya melalui mikroskop, teman suamiku menanyakan apakah di sekitar rumah ada hewan ternak. Ini katanya adalah kutu hewan ternak, dan karena lingkungannya kurang pas, mungkin dia menyebar ke tempat lain. Wah,… kalau memang benar begitu, nampaknya misteri ini mendekati terkuak. Kami tidak memiliki binatang piaraan. Tapi di belakang rumah kami, tepatnya dua rumah di belakang, memang adalah penjual hewan ternak.  Mereka memiliki kandang di sebelah rumah. Dan pada saat menjelang Idul Adha begini, mereka barusan kulakan kambing untuk dijual. Kambingnya kuperkirakan ada sekitar 25-an ekor.  Apa mungkin dari sana ya? Barangkali saja kambing mereka berkutu, dan kutunya terbang ke rumah kami. Apalagi suasana masih musim kemarau dan kering, sehingga mungkin banyak kutu terbang bersama angin.

Namun mungkin juga itu adalah kutu kucing. Aku baru ingat bahwa di atap rumah kami ada kucing liar yang beranak di sana. Menyebalkan sekali karena juga membuat berisik. Ketika aku search di google, bekas gatal kutu kucing mirip yang kami alami, demikian juga gambar kutunya, mirip juga.

Yah, … tapi apa yang bisa kami lakukan? Nampaknya obat semprot serangga yang biasanya untuk nyamuk dan kecoa tidak mempan. Kawan suamiku yang ahli hama itu menyarankan penggunaan minyak sereh untuk mengusir kutu tadi. Jadilah kami  berjuang dengan minyak sereh untuk mengusir atau menghindarkan dari gigitan kutu tersebut.  Untuk mengatasi gatalnya, paling aku coba oleskan Caladine untuk mengurangi garukan.

Alhamdulillah, setelah si kucing dan keluarganya pindah entah kemana (keluar sendiri dari atap rumahku) serangan kutu reda dengan sendirinya. Bekas-bekasnya gatalnya  memang masih lumayan membekas di kulit. Tidak banyak yang bisa kulakukan kecuali membiarkannya menghilang sendiri bersama waktu yang berjalan…

 

 


Aksi

Information

107 responses

26 11 2016
Yunita Adimihardja

Kalau sudah terlanjur rumah diserang kutu loncat, kita bisa pakai obat pembasmi serangga jerk V*pe. Saya baru saja mengalaminya setelah 2 minggu frustasi tak bisa mengusir kutu loncat dr rumah.

8 11 2016
Sofyan

Alhamdulillah nemu ini artikel terima kasih banyak,,, udah dua kali di serang ni kutu,dan dari 6 anggota keluarga cuma saya dan istri yang di serang yang pertama di semprot pake obat hama sawah merk regent alhamdulillah hilang, meski pun gak tau binatang apa penyebab gatal tersebut, dan setelah kira kira dua tahun ni kutu muncul lagi,saya baru tahu penyebab gatal tersebut adalah makhluk kecil tersebut baru baru ini,ada pikiran untuk menyemprot ulang, tapi saya ingin tahu dulu si pembuat gatal tersebut, setelah membaca artikel ini, pas bener dengan Jenis kutu yang menyerang saya dan memang kebetulan dua minggu kebelakang ada kucing oraang lain melahirkan di atas pelapon kamar saya.terima kasih atas sharing semua nya…Besok langsung saya guyur tu makhluk pake obat hama sawah tersebut.

6 11 2016
Edwin

Terima kasih sharing nya. Sangat bermanfaat, mengalami hal yang serupa…

2 09 2016
Lisa Wiramas

terimakasih sharingnya, sangat bermanfaat.

7 07 2016
hotma

Infonya sangat bermanfaat bu.. thx

25 06 2016
Dirga

Saya sudah membuang kasur yang saya pakai, trus menjemur kasur yang lainnya. Tapi kok rasanya tetep kaya kasih ada yg bergerak di kulit… Kutu nya mungkin sudah pake perisai kali yah… Hahaha

20 02 2016
Ferensia

Huhuhu… kejadiannya pd krn ada kucing lsh rubah lah ternak lah…. lahhh saya tinggal di apartment lantai 29 uda 3 hari ini jg abis kaki bentol2 smua..penyebabnya jg si kutu loncat ini.. kaga ngerti munculnya drmn.. untung suami sama anak yg tidur seranjanh ga kena.. kesian kalo anak 2thn kena.. gatelnya kurang ajar banget soalnya

17 02 2016
Laura

Cara membuat minyak serehnya gimana ya, to long info… soalnya drmh sya lgi ad serangan kutu kucing… semuangnya kena dampak.

15 02 2016
rosa

Terimakasih sharingnya..
Awalnya yg gatal” suami dan anak”.
Sempat sedih krn anak diminta dokter dari sekolah utk tidak masuk dulu sampai sembuh krn dianggap bisa menular.
Beruntung menemukan blog ini krn jd memiliki pembanding info tentang kutu dan pembelaan ttg diagnosa dokter yg mnurut sy kurang tepat:).
Ternyata berbeda antara kutu busuk (yg biasa hidup di kasur,sofa) dengan kutu loncat.
Ciri” kutu yg sy temukan dirumah adl kutu loncat, persis spt cerita di blog ini. Kecil,hitam,kl dipegang loncat dan susah di “phites”.
Penyebabnya jg sama: sebulan yg lalu suami ga sengaja menemukan kucing melahirkan di atap rumah dan ga tau drmana kucing tsb masuk huhu…

9 02 2016
Avano Berlino

Kalo ada dana, gunakan alat yg mengeluarkan gelombang ultrasonik yg dipake buat ngusir nyamuk. Fungsi alat itu buat ngeluarin suara yg ditakutin nyamuk, kecoa termasuk serangga, termasuk kutu jg. Pernah saya menginap dirumah eyang pas lebaran, dirumah itu ada kucing yg mbrojol 3 anakan kucing. Wuidihhh…kutunya sampe bikin sekeluarga stres krn saking gatelnya. Iseng2 papa saya nyalain alat sonar tsb yg niatnya sebenarnya buat ngusir nyamuk. Tp ada yg menarik perhatian saya n papa saya ketika alat itu dinyalakan, semua kutu2nya pada menjauh dr alat itu seperti ketakutan, pd lompat2 menjauhi alat itu. Krn memang alat itu berfungsi membuat nyamuk n serangga merasa stress krn suara yg dihasilkan alat itu. Suaranya sih kagak kedengaran sm manusia, tp dr internet yg saya baca suara alat itu bikin serangga n nyamuk merasa sangat terganggu. Alat itu sm papa saya dinyalakan dikamar masing2 (papa saya ada 3 alat) pas mau tidur malem, eh gak taunya besok paginya kutu2nya pd ngumpul di pojokan lantai sambil lompat2 kayak mau nyari jalan keluar tp terjebak dipojokan lantai, mungkin kutu2 itu ketakutan kali sm suara dr alat itu. Oya, jangan salah beli alatnya yah, jangan yg buat ngusir tikus (soalnya jg ada yg buat ngusir tikus), tp buat yg ngusir nyamuk n serangga. Harganya berkisar 150-550 rb (tergantung merk), semakin mahal jangkauannya semakin besar kayaknya.
Oya lagi, kalo ada yg punya HP or tablet berbasis Android atau iOS, unduh aja aplikasi penghasil suara pengusir nyamuk n serangga, kebanyakan aplikasinya bs didownload gratis. Cm saya gak download n gak nyoba krn saya sdh ada alatnya sendiri.

6 01 2016
Song

Diatap kamar kost dihari sebelum2nya ada kucing melahirkan, mungkin itu penyebab dari kesengsaraan gatal saya selama dua hari ini. Terimakasih tdk sengaja baca blog ini, sangat bermanfaat dan membantu, komen ttg cara membasminya juga patut saya terapkan. Ternyata bukan hanya saya saja yg bernasib kegatelan kutu. Baru dua hari tp gigitannya udah byk. Cukup kaget juga subuh2 sadar bentol2 dikaki banyak banget.
Sebelumnya saya sudah menyemprotkan one push vape yg seharusnya disemprot sekali tp saya semprot berkali2 membabi buta ke seluruh kamar kos terutama tempat tidur, tp sikutu masih hidup. Mungkin saran2 dr komen sbelum2nya perlu saya terapkan, terimakasih infonya.

30 12 2015
Rudyana

Kawan kawan juga pada ngalamin,ternyata bnyak juga yg jadi korban sikutu,,,,dari 6 org keluargaku hanya aku saja yang digigit…nasib nasib…apakah darahku terlalu manis gituh..emang bener juga pernah ada kucing liar yang beranak diatap rumahku..tapi sekarang kucingnya udah pindah sendiri entah kemana?..tapi sikutu masih adaa ajah….setelah browsing kesana kesini ttng masalah kenapa hanya aku saja yang digigit…itu karena katanya kulitku termasuk kedalam jenis kulit ATopik,,,yg memiliki daya tahan yg kurang…hal ini salah 1 nya disebabkan karena terlalu sering mandi air hangat…dan aku mengakuinya…setiap hari sebelum berangkat kerja aku mandi air hangat…dan sekarang aku udah jarang pake air anget plus sering dikasih pelembab..lumayan udah gak didoyanin lagi sama sikutu….

18 12 2015
soraya

thnx ada blog ini.. 2 mggu berperang melawan kutu kucing dengan mengepel lantai 2x sehari menggunakan campuran minyak tanah+wipol+pel lantai anti bakteri yang bau lemon.. akhirnya kutu pergi juga…sempat divakum sekali saja,ga tau ngefek ga,oh ya kamar tidur disemprot glade aroma lemon.. untuk mengatasi rasa gatal boleh disiram air dingin plus detol, dan salep zambuk..buat bentol coba kasi salep bersol beli di apotik, tp bekas masih ada sih..

14 10 2015
NK

iya nih saya juga lagi kena saya kira awalnya kutu ayam ga taunya kutu loncat. tapi kok anehnya dari 4 orang di rumah cuma saya yang diserang? gimana dong cara basmi kutunya di rumah? kalo ga cepet dibahsmi bisa tambah terus bentol2nya

16 09 2015
hanicha

oya, yang lebih nyebelin lagi, perasaan kok kutunya udah ga ada yg di badan, tapi gatelnya ngga ilang2. saya juga sempat rendem kaki yg gatal pake air panas, daripada saya garuk terus malah tambah gatal+bisa luka.minyak tawon dll uda ga mempan. pas direndem air panas kaki rasanya maknyos,habis itu lumayan ilang gatalnya. tapi besoknya bisa gatal lagi..*sigh*. ini cuma solusi sementara biar kulit ga luka digaruk terus.

16 09 2015
hanicha

Halo sis. saya juga lagi mengalami masalah yang sama. Diduga kemungkinan penyebabnya adalah: 1. di rumah, adek saya pelihara kucing, tapi selalu di dalam kandang yang ada di teras dan tdk pernah keluar kandang. selama ini blm ada masalah kutu. 2. bbrp minggu yg lalu ada kucing liar beranak di dalam rumah dan sepertinya sdh cukup lama. setelah ketahuan dan kabur, beberapa hari/seminggu kemudian adik saya terserang gatal, setelah adik saya sembuh, giliran saya dan ibu yang gatal2, tapi saya yg lebih parah. setelah saya perhatikan lagi, ternyata ada serangga hitam kecil yg nemplok di kaki. okelah saya buang dan gatalnya saya olesi minyak tawon,kayu putih, bedak caladin, sampe salep herbal. semuanya ga mempan,cuma sementara ilang, besoknya gatal lagi. krn sangat mengganggu,akhirnya saya ke mau ke dokter aja dan membawa sampel kutu yg berhasil saya tangkap. mudah2an bisa hilang gatalnya dgn resep dari dokter…

1 09 2015
astiya

Hai sis… saya mengalami hal yang sama. Huhuhu sedih karna kan saya dapet hadiah hamster dari temen nah saya taruh di dalem kos. E… ternyata dia ada kutunya.. alhasil saya kena juga jan jadi risih karna jadi banyak kutu, dan kaki saya jadi bentol” panas.. ai hamster sih udah saya kasih antikutu. Tapi gmana ngilangin sikutu yang udh berkeliaran di kamar kos saya ya? Minyak sereh tu gmana buatnya? Please kasih saya solusi ya… trimakasih.

7 08 2015
Khalim Al-Farizi

Wah, makasih telah sharing. Saya juga sedang mengalami hal yang sama. Sudah beberapa hari ini, saya mendapat serangan dari kutu kucing tersebut. Sebenarnya saya pernah mengalami ini ketika di desa. Saat itu di rumah, ada kucing yang beranak. Namun sekarang, saya merasakannya kembali. Padahal di sini kucing ada hanya lewat saja. Saja jadi bingung dimana sumbernya.

Ketika rasa gatal datang dan ada yang serasa bergerak di kulit saya, saya membuka baju dan menemukan kutu kucing tersebut. Kutu ini memang sulit sekali untuk dimatikan karena ukurannya yang kecil dan bisa loncat dan terbang. Sampai jengkel sekali dengan yang satu ini. Saya sudah berusaha mencuci baju, membersihkan kamar, dsb. tetap saja kutu tersebut datang kembali. Aduhhh…😦

27 06 2015
nadia

Alhamdulillah terjumpa artikel ini. Saya mngalami masalah yg sama setiap kali ke kawasan dapur. Kaki gatal betul. habis kaki berkesan dgn bekas cakaran akibat amat gatal. Nyamuk tiada. Hampir setiap hari sembur spray nyamuk. Rupa2 nya psl kutu ni. Hurm apa agaknya ya cara utk menghilangkn kutu ya. Terasa takut pula fikirkn fizikal kutu dgn kaki berbulu dan mengigit manusia…

9 06 2015
RaTama

Dirumah saya juga ada kutu seperti itu..
membuat badan saya jadi gatal2 dan ada bentol2 merah walaupun saya kasih balsem tapi gatalnya sampai sekitar sebulan. Ketika saya garuk ternyata tambah parah.
Awalnya saya kira kutu tersebut berasal dari kasur saya yang lama tak terpakai ternyata setelah membaca pernyataan diatas, memang benar..Sekitar beberapa minggu yang lalu ada kucing pasar yang baru melahirkan..waktu itu saya pernah liat ada kutu dikucing itu. Saya kira itu kutu biasa ternyata itulah yang membuat saya gatal2..saya yakin pasti karena kucing itu soalnya setiap ada kucing itu, tak lama kemudian ada kutu itu menyebar

8 06 2015
Dian Permadi (@Dianpermadi86)

Saya dan anak saya juga diserang nih kutu, kutunya berwarna hitam, pas mau dipites susah banget n ada nya dkasur saya dan anak saya tidur. Awalnya dikira nyamuk/atau kutu busuk (bhs daerah kami Pempijit), tiap hr kamar udah disemprot anti nyamuk, pas bangun pagi taunya tetap aja ada bentol2 baru. Bikin esmosi tingkat dewa deh tuh kutu sialan. Tapi yg bikin heran kok istri saya gak ada merasa/mengalami gatal2 n bentol2 ky kami ya…hebat juga istri saya…hehehe… Saya kasian liat anak saya yg baru berumur 9 bulan, tubuhnya penuh bentol2 merah dan hitam. Yg jadi pertanyaan saya apakah ada penghilang bekas bentol2 gigitan kutu kucing ini?

2 05 2015
wiwin

Alhamdulillah ketemu juga nih yang sharing problem seperti ini. sekarang saya dan suami kena gatal2 gara2 kutu kucing ini. Kayaknya yang paling efektif adalah fogging yah? dimana ya bisa minta fogging?

Jawab:
wah, kok kayanya belum eprnah dengar fogging untuk kutu yah… biasanya fogging untuk nyamuk demam berdarah

8 04 2015
Jhon Hilman

Wah senangnya membaca blog ini, istri dan anak saya kena juga digigitin kutu ini. Karena ada kucing liar beranak di atas plafon rumah. Segala cara sudah saya coba mulai dari semprot air rebusan lemon, lalu me-vacum kasur, menjemur kasur, membuang semua barang yang ngga pernah dipakai namun tuh kutu tetap tidak bisa hilang. Penderitaan yang dialami istri dan anak saya sampai 3 minggu lamanya hingga suatu hari abang sepupu saya yang punya pekerjaan sampingan suka foging menyarankan untuk rumahnya di foging.
Akhirnya kita coba untuk foging dan ternyata berhasil setelah di foging di lantai banyak saya temukan bangkai kutu dimana awalnya kita kira itu pasir, ternyata setelah dilihat pakai kaca pembesar ternyata itu kutu.
Lega sekarang kutu sudah hilang cuma yang jadi permasalahan bekas gigitan kutu nya belum dapat cara untuk menghilangkannya walaupun sudah pakai salep yang dari apotik..
Kalau ada rekan pembaca yang pengalaman bisa hilangkan bekas gigitan mau dong sharing jenis obatnya

17 03 2015
eric

Terima kasih buat infonya, sy jg baru mengalami kemarin gatal daerah mata kaki kebawah, dan td barusan sy melihat binatang kecil hitam tersebut, pertama susah skali di bunuh tp pakai koin logam bs di dimatikan. Memang gatalnya ga karuan tp sy coba tahan dgn balsem agak mendingan.

7 03 2015
chita

Akhirnya dapet kejadian yg serupa, hohoho. Bru browsing akhirnya nemu kutu apa ituu,, soalnya kalau kasur, saya g pernah gatal di kasur. Awalnya saya kira kutu kasur, terima kasih infonya yg detail sekali. Suka lompat, saya tiap jemur baju selalu waspada sama kaki saya,, haha,, tiap ngeliat si kutubkecil itu lgsg suka ambil n bunuh hohoho..tp ttp aja kdg ad yg suka kelewat, bekasnya itu meski g digaruk sk berbekas bintik hitam, n kdg bekas gigitannya suka gatal lagi besoknya meski g gatel ky awalnya. Makasih

5 03 2015
Kristiana

Terima kasih infonya saya, suami dan anak yg msh bayi jg terkena hewan itu, dan ternyata diplapon rumah ada kucing beranak… gimana ya cara ngilangin bekas gigitannya ?

23 02 2015
Ajeng

terimakasih infonya yg sangat membantu, suami dan anak saya juga terserang binatang ini bikin susah tidur saat malam. Kasusnya sama dengan teman-teman semua kucing tetangga yg melahirkan diatap rumah (bikin kesel tuh kucinggg…) tp selama ini saya obati dengan salep dan klo mau tidur saya oleskan minyak tawon disekujur kaki dan tangan lumayan mengurangi

17 02 2015
pandjilukman

Kurang ajar emang itu kutu kucing, saat ini saya sedang dilanda oleh penyakit gatal yang disebabkan oleh kutu kucing tersebut
Karena dirumah banyak kucing, dan selalu beberapa bulan sekali dilanda virus seperti ini karena kucing ku sering sekali melahirkan (hobi atau nafsu) haha
Masih bingung cara mengatasi gatal yang pas bagimana😦

Bisa engga yah pake hairdrayer atau vacuum cleaner dibersihkan nya kan takut panas katanya itu kutu .

7 02 2015
dewi

Coba pake mangir ato lulur tradisional yg ada kandungan temu giring. Kami sekeluarga jg terkena wabah ini, sdh coba mengurangi gatal2 dg berbagai macem salep….ternyata yg paling manjur dg mangir atau lulur bubuk. Bubuk lulur dicampur dg sedikit air kemudian dioleskan pada daerah yg digigit kutu, didiamkan sampai kering, setelah kering baru kemudian dibersihkan dan dibasuh dg sabun antiseptik (bebas merk apa saja). Saya pakai pagi dan sore sebelum mandi. Stl rutin pemakaian 4 hari, bengkak2 dan gatal2 berkurang. Sekarang tinggal bekas2 hitam saja.

25 01 2015
Baju Bayi Wiedy - Tips Baju Bayi

[…] Menguak misteri pembuat gatal… | Zullies Ikawati’s Weblog – Dear kawan, Judul tulisanku kali ini agak lebay, ya….. Biarin deh… Tapi itu memang betul kok….. Sebelum misterinya terkuak, rasanya penasaran banget….. Gini ceritanya……. […]

10 01 2015
Freddy Gunawan

Kira-kira sudah 60 bekas gigitan di kaki, tangan, dan badanku….Stress banget dah hiks hiks hiks….

28 12 2014
henny afrelia

ternyata ada juga yg ngrasain sama kya aku..sekarang rumahku sedang diserang sama kutu loncat itu. tidak banyak yg bisa kami lakukan selain memakai pakaian rapat2 dan kaos kaki juga, karna ga tahan sama gigitan kutu itu. ak bru tau penyebabnya mgkin sma krna kmaren diatap rumahku jg ada kucing beranak. dan sangat menggangGu sekali krna sampe ada 8 kucing. thx sekali buat sharing nya.

5 12 2014
Wuri susilo

Ternyata banyak teman senasib ya, tx banyak buat sharingnya, udah seminggu ini saya dibuat pusing dengan kutu ini, pertama sy kira ini kutu busuk tapi disemprot obat anti nyamuk koq ya gk mempan…kasur udh dijemur, dipan udh dibersihkan tapi ya itu ttp gk mau hilang, mulai curiga dngn kutu kucing krn ada kucing liar yg beranak di blkng rmh, begitu baca blog ini kamar langsung sy semprot dengan wd40, besok pagi mau beli jeruk nipis….pokoknya semua saran sy coba, sekali lg tx buat sharingnya

25 11 2014
Mulyo

Lega akhirnya saya bisa membaca informasi berharga ini….
selama ini saya tidak pernah alergi atau bermasalah jika digigit serangga baik nyamuk semut dll. akan tetapi dalam 2 minggu ini kaki saya (betis kebawah) penuh dengan bentol-bentol gatanya luar biasa … tidak terasa gigitannya tiba-tiba saja bentol dan gatal sengsara rasanya…..
senang rasanya banyak teman senasib dan sepenangungan …. hahahahahhaa

21 11 2014
raihanoke

Sama nich……aku sekarang lagi ngalamin, bisa ngasi solusi nggak,cara memberantas kutunya dan mengobati gatal\2nya?/??????????????

12 11 2014
Bagus

Wah sama banget mbak,, makasi infonya,, sya kira alergi jg..tp sya liat bnyk kutu di kamar,Diiloteng ada kucing beranak jg, trnyta dr sna asal kutu2 ini ya..

30 10 2014
anju

waah..aq jg lg ngalamin saat ini.kasihan anakku yg masih kecil harus nahan gatel2 tiap hari. ternyata benar itu kutu kucing.bikin orang jd sewot aja. tp kemarin aq coba semprot obat nyamuk ke seluruh ruangan tetep aja gak mau ilang.soalnya kucing2 nya masih pada tinggal di skitar rumah.trus klo mau di usir takut ma mertua, krn itu kucing2 kesayangan mertuaku.trus gimana donk….????

29 10 2014
efron

sekarang lagi alami ini nih, sebel banget itu kucing beranak diatap rumah, sudah tutup pintu pinter aja masuknya sampe berhasil beranak, kutu nya ampun bikin gatal kaki, biasa nya untuk kurangi gatal pakai nasi anget pakai plastik ditempel ditempat gatal, setiap saat sebelum masuk kamar selalu cek kaki, kalau ada tinggal tekan, comot, digerus, terus di pites pakai kuku dengan kuku (kuku dengan kulit ga mempan), kalau kebanyakan kutu nya, terpaksa pakai parfum (parfum murah) wangi lemon biar ga cape2 ngepel, karena itu kutu ga kelihatan

6 10 2014
nengtety

itu minyak serehnya di usap ke badan atau bagaimana

jawab:
iya, diusapkan ke bagian2 yg terbuka utk mencegah gigitannya

7 06 2014
Rool media

Itu kutu loncat namanya , biasa nyerang kucing yg lagi punya bayi
yg bahaya itu ya bekas gigitannya… hitam dan sulit hilang

cara ngilanginnya , buang dulu bayi2 kucing jauh dari rumah, krn bayi kucing belum bisa membersihkan badannya sendiri, belum bisa jilat2 badannya sendiri, makanya bayi kucing gak bisa mengatasi kutu2 mereka sendiri

beda sama kucing dewasa, mereka bisa membersihkan badannya secara natural dari kutu dgn menjilat2 badan dll…

kalo udah gak ada kucingnya lagi, beli baygon kaleng…keluarin dulu seluruh anggota keluarga untuk 1 jam.. terus semprot baygon ke setiap penjuru rumah yg dikira sudah menjadi tempat menyebar kutu2 tersebut. gak perlu hemat2 baygon, semprot aja semaksimal mungkin.. kalo perlu ke dalam lemari, bawah tempat tidur

tunggu 1 jam, dijamin rumah bukan cuma bersih dari kutu, kecoa2 juga ikut mati…

cari ini udah di coba beberapa kali, rumah saya dan rumah teman saya yg juga pernah kena,,, dua2 berhasil

20 05 2014
Wahyu widodo

Saya tanya. Kulit satu cm bawah mata kaki gatal digaruk2 kemudian malah gatal bertambah. Malah kulit jadi spt kulit tanduk dapat dikelupas tapi tapi tebal lagi. Mohon solusinya.

17 05 2014
achmad 805

dear mba..saya sekeluarga mengalami hal yg sama..gara gara kucing beranak di atas loteng..kutu loncat mewabah di rumah kami,,cara membasminya memang tidak ampuh dengan obat serangga bermerk dari B**on H*T dll…karena saya seorang mekanik mesin saya teringat WD-40 biasanya saya gunakan untuk pekerjaan bongkar pasang mesin yg macet..tapi saya coba semprotkan ke sekeliling rumah..sampai kecoa.tikus ikut mati..sampai si kucing ikut sekarat…
harga hampir sama dengan obat semprot serangga,,

1 05 2014
cincin kawin

Tulisan sederhana Begitu menginspirasi dan penuh makna. Sangat mengena dengan pengalaman n lingkungan kerja saya yg berinteraksi dgn banyak orang. Cincin Kawin

25 04 2014
Aprilia Rizky Lestari

aku juga baru hilang gatalnya beberapa hari yang lalu. ini bener2 deh gatel yang misterius! awalnya di paha kecil ada sekitar 6 gigitan di paha, dikirain nyamuk atau semut item. usut punya usut taunya binatang kasur dan kayaknya si kutu itu. di lengan jg ada, sisa gatelnya jadi mirip tompel. huhu sedih bgt😦

19 04 2014
siti

bener bikin sebel kucing anggora tetangga pada dilepas semua, salah satu kucing itu keliatannya kena kutu.suka duduk diplataran rumahku, sambul garuk2.ih, geli…mau pelihara kucing ga modal kesehatannya ga dijaga. kasian yang lain kena imbasnya.

18 04 2014
zeinury

Berawal dari jaket pemberian teman saya,,Sejak setahun ini semua baju pakaian di lemari saya terkena sejenis kutu hitam kecil sekali,loncat2,kadang merayap,mungkin anaknya berbentuk putih pipih,menggigitnya sakit sekali (ngejeuleutit/sunda) berbekas bentol kecil,gatal sekali..kadang kutunya tidak kelihatan,begitu pakaian dipakai,terasa merayap dan mulai menggigit,,sudah berbagai cara ditempuh mulai merebus mendidih pakaian memakai garam,obat kutu burung,obat isektisida,dijemur terik matahari tetap saja ada ,tidak mati/hilang..bagaimana cara membasmi sampai tuntas/mati sampai ke telur nya ?? Terima kasih

17 04 2014
liem

hati-ati penaykit kulit yg nama nya scabies …obati dgn scabiacid ,,beli di apotik harga nya rp.30.000

7 04 2014
Akbar

wahh, aku juga terkena penyakit semacam ini, namun bekas gigitannya jadi bentol2 dan gatal, tp ini terjadi pada saat saya Hiking, dan hiwan ini terlihat sanagt kecil sampai bahkan tidak jelas namun gigitannya cukup menyakitkan dan meninggalkan bekas yang cukup lama bahkan berbulan2… yang mau saya tanyakan itu binatang apa, apakah sejenis denagan gambar kutu yang diatas?

Jawab
Ya mungkin saja sejenis kutu hewan..

4 04 2014
Annoyy kecce

Saya jga korban nih, bdan pada abis smua ama serangga kecil

28 03 2014
Arief Detecktive

waduh senasib nih… aku juga jadi korban

27 03 2014
Cindy ZezEllya Indy

Gatal nya udah hillang mba,, beli obat dari apotek,, kucing nya juga udah di kasih obat kutu,, yg obat tetes itu,, satu biji 100rb,, saya pelihara kucing nya baru soal nya,,1bulan’an mba,, saya beli dari orang,, klo saya mandi’in nya 1mgg sekali,, kata nya klo mandi’in nya tiap hari juga gak bagus buat kucing nya….

22 03 2014
woyo

Senasib juga ,trus itu cara menghilangkan bekas luka nya gimana ya?apa obatnya?

17 03 2014
Cindy ZezEllya Indy

Waaahhhh saya juga semenjak melihara kucing jadi gatel2 percis kaya yg di foto itu mba,, untuk obat nya apa ya? Sedangkan kucing nya masih saya pelihara,, soal nya gak mungkin di kasih ke orang,, sayang mba, tapi gimana yah kita nya malah gatel2 gini,, tollong saran dan solusi nya yah mba….:s

Jawab:
utk obatnya ya obat gatel yg berisi steroid… bisa macem-macem merknya… Tapi dulu gatelnya ilang sendiri setelah kutunya ilang. Kalau masih pengen piara kucing ya kucingnya harus dijaga benar supaya tdk kutuan… mungkin hrs sering dimandiin ya…

10 03 2014
nona wiedy

iyaaaa sama senasiibbbbbbb banget gara2 kena binatang satu ini >>>>gatalnya luar biassaaaa

26 02 2014
dew22

bu aq juga kena nih
aq searcing2 obat pengusirnya itu
rebusan jeruk lemon.. iris jeruk lemon/ nipis klo ga ada 6 atau lebih, semakin bnyk semakin bagus. rebus sampai mendidih, biarkan 3-4 jam biar cairannya lbh pekar. trz pejek pejek kemudian d saring..trz di taruh di penyemprot.. semprotan apa aja yg penting bisa bwt semprotan
semprot kesemua ruangan yg kira2 ada kutunya… klo aq sendiri si, semua rumah aq semprot.. sampai kasur2, pojokan2an . ganti semua sarung spre bantai guling.. gorden klo ada.. rendem pakai air hangat..
alhamdulilah udh mendingan ktunya tgl sedikit..
nih aq lagu ngulang nyemprot air lemon lg..
soalnya dr yg aq baca.. kut kucing ga suka sama bau lemon..
bila perlu pakaian d semprot semua pakai bau lemon

13 02 2014
budhany

hadeh, anakku juga penuh gigitan si kutu. mula-mula juga dikarain alergi, tapi ketemu deh dengan kutu. trm kasih info-infonya. masih berjuang dengan gatal2 dan menghilangkan kutu

13 02 2014
Zia Saniel

eh.. katanya kalo kita simpen air di baskom yang ditengahnya disimpen lilin ato lampu yang nyala, trus lampu ruangan dimatiin bisa ilang itu kutu loncat,, bener ampuh ga ya? harus d coba nih malam ini… kosan aq dserang kutu itu.. seluruh penghuninya pada gatel2. temen aq yang nemuin itu makhluk. sekarang harus kerja rodi berperang dengan itu para kutu..

11 02 2014
eka

Halo, mbak..

Saya juga bulan Januari kemarin kena, tapi sekarang udah nggak:/ (alhamdulillah)

Udah nggak ada rasa gal lagi. Cuma yaitu… ya Allah.. sekujur badan penuh bekas-beas hitam T_T

Di kaki, di tangan, di punggung ada beberapa. Dikaki yang paling banyak, (banyakk bangettt) sampai malas sendiri liatnya. Karena saya (agak) terang kulitnya, keliatan banget hitam-hitamnya. Kalau di betis, masih mending ketutupan celana. Di punggung kaki? Kalau pakai sepatu atau sandal, keliatan:/ (jadi terpaksa pakai kaos kaki)

Harus pakai baju lengan panjang juga karena di lengan ada bekasnya beberapa.

Bagaimana cara ngilanginnya ya mbak? Udah pakai salep, nggak ada perubahan.

Kalau mbak, hilang bekas hitamnya berapa lama? (Terhitung sejak gatalnya hilang) Dan diapain bekasnya supaya hilang? ^^;

1 02 2014
Ciput

Ternyata banyak juga mengalami kejadian seperti yang saya alami. Dari beberapa sharing yang saya dapat diatas, kemungkinan disebabkan kutu dari kucing, bermula dari kucing malang yang biasa main proyek tempat bekerja, semula di kasih makan, lama-lama beranak pinak, dan rupanya serangan kutunya merajalela, memang kucing, walaupun malu tetap saja malu-malu kucing.

1 02 2014
Laras Astri Dinanti

mba ada pin bb? aku dan anak ku terserang dengan kutu ini dengan segala salep minyak tawon obat dalam jg tidak mempan
dokter jg bilang ini alergi cuaca
tolong dibalas ya mba.
terimakasih

Jawab:
Pin BB 2A494782

10 01 2014
hery

kasih minyak tawon dibekas gigitannya. dijamin beres gatal dan sakitnya. aku uda cb mnyk lain tp gak efektif.

9 01 2014
Ucan

dan yah saya memang menemukan, ada 4 kali, binatang keciilll banget sekecil semut apa kutu, hitam warnanya. pertama kali lihat ada di tangan dua ekor. ketiga kalinya kemarin lusa di kaki. barusan ada satu nempel di punggung tangan, kutepokin aja pakak buku gara-gara sebal -_-

binatang apa sih itu? hitam legam kecill . kalau tungau kayaknya gak begitu deh bentuk dan warnanya (warna hitamnya beda) :s

9 01 2014
Ucan

assalamualaikum mbak..

mau tanya, saya juga lagi kena nih (walau belum sebanyak di foto mbak itu) tapi gemes banget sama gatal dan bekas2nya :’/
kalau boleh tau, bagaimana cara mbak mengatasi rasa gatalnya (supaya gak garuk2) dan menghilangkan bekas-bekas hitamnya itu?
trims sebelumnya bila mbak bersedia menjawab🙂

Jawab:
Pake salep steroid saja. Bekasnya memang agak sulit hilang, bisa tapi lama..

7 01 2014
Aji Santika

sya jga prnah tuh,waktu sya main ke rmah tmen ada bnyak kucing yg sedng di ckur di situlah sya mandapat Pnyakit Skaibis

5 01 2014
Riky

Wah aku merasa iba dengan kalian yang terkena gatall, aku juga pernah terjangkit penyakit kulit karena tungau dan rasanya luar biasa gatal.
Saran aku :
1. gunakan sabun sulfur warna hijau biasanya diapotik banyak harga 2.000 perak
2. tidak ada salahnya coba SCAMBIMATE CREAM balurkan sekujur tubuh 8 jam tanpa kena air.
3. mandi dipemandian air panas yg menandung belerang
4. mandi dengan rebusan air sirih
5. untuk mengurangi rasa gatal bisa beli gel pengurang rasa gatal atau tablet obat CTM
6. coba bagus kapur ajaib untuk membasmi tungau, kutu dan berbagai macam jenis serangga untuk pencegahan.
7. mungkin anda sudah lupa dari siapa ini semua, berDo’alah niscaya penyakit anda akan sembuhh…

Good Luck..

27 12 2013
Toko Furniture Online

dikasih autan bisa gak ya???

8 12 2013
Asep Algani

selama kami pindah rumah sudah 1 tahun lamanya kami diserang dng gatal2 yg tdk kunjung sembuh,kami sdh berusaha sampai2 air kami kasih media filter tapi tdk membantu sama sekali,setahun yg lalu anak kami baru saja keluar dari pesantren yg kakinya terkena gatal2,terus tetangga kamipun pelihara burung sangat banyak,pertanyaan kami darimanakah asalnya gatal2 itu..kami sangat stress sekali. trims

Jawab:
Halo, Pak Asep.. tentu saja saya tidak tahu dari mana asalnya gatal-gatal pada keluarga Bapak… Tapi seperti pengalamn saya, kemungkinan itu berasal dari kutu, entah kutu binatang atau burung. Apakah Bapak pernah menjumpai semacam benda kecil atau binatang “aneh” yang nempel di kulit misalnya? Cobalah ditangkap dan diperiksakan. Mungkinkah itu dari burung peliharaan tetangga bapak yg terbang2 ke rumah Bapak?

16 11 2013
Rapang

wah, sy jg kena nasib yg sm nih..
sekujur tubuh penuh bentol merah yang amat teramat gatal
kirain dulu di gigit tomcat atau serangga sejenis tp akhir2 ini sy temukan penyebabnya yaitu kutu berwarna hitam yg loncat-loncat. ngga tau kebetulan atau apa, tp di atap rumah sy pernah ada kucing yg melahirkan..

6 11 2013
astrid dhorotea

sy pernah kena sakit yg sama kayak gitu mbak, lalu ke dokter di RSPI, karena itu menyebarnya cukup cepat. dokter blg itu kutu. berasal dari tempat yang lembab, kayu basah/karpet/kasur.
saya dikasih salep diprogenta dan gatal itu hilang tanpa bekas.

3 11 2013
ugi

sy pakai garam/ balsem dr anak bayi sampai sekarang usia anak 12 tahun. klu lg kehabisan zambk pakai garam dapur buat ngilangin gatelnya dulu, klu balsem zambuk hilang gatel n kempes bentolnya aman an nyamanMonggo dipun cobi sederek2

3 11 2013
ugi

untuk menghilangkan gatal krn digigit serangga, kena ulet bulu gosok aja pakai garam dapur pelan2 agak ditekan atau pakai balsem “ZAMBUK” cocok buat Bayi smpai Tua, krna tidak terasa panas dikulit.Tersedia ditoko Obat Cina, apotik n tk obat biasa tdk ada, balsemnya ada yg produk Thailand n produk indonesia, yg lokal lebih murah kasiatnya sama aja, bedanya di kemasan aja , yg Thailand tutupnya pakai ulir klu yg lokal seperti kemasan pagoda pastiles .

27 10 2013
dwisha

Tante aku jg sama kayak tante.😥
aku udh pke salep, sabun gatal dan obat anti serangga tp masih aja digigitin😥

10 10 2013
INDRA

ITU NAMA YA SCABIES ,BISA DIOBATI DENGAN SALEP SCABICID,DIOLESI SELAMA 24 JAM GAK BOLEH DI CUCI LALU MANDINYA DENGA SABUN YG MENGANDUNG SULFUR/BELERANG<ATAU BISA JUGA BERENDAM DI AIR PANAS YG BELERANG 2~3 HARI LANGSUNG SEMBUH<KUMAN LANSUNG MATI

23 09 2013
cahaya mawar

Jadi sekarang sudah aman? Apakah penyelesaian nya kerna saya mengalami situasi yang sama

Jawab:
sudah aman ketika ngga ada lagi kucing beranak di atap rumah…

14 09 2013
kanaya

kami juga mnglami ini, sayangnya pada bayi ku yg ms 1 tahun kasihan sekali rewel trus. penyebabnya tetangga pelihara kucing liar buanyaaak, dr kucing tetangga yg memang super duper buanyak banget kutunya. kesal luar biasa kenapa? karena rumah kami yg diserang, sedangkan pemilik kucing tsb anteng ayem aja. sudah selalu membrshkan rumah,jemur kasur, ganti sprey, pake obat pemabsmi, tp tetap aja ntar datang lagi dtg lagi. pusssiiiing….! kucing dtg jatuhkan kutu,kutu lapar,gigit anakku. klo dirumah tetangga itu asik aja,karena kutu ya nyerang kucing-kucingnya aja,tp di rumah kami karena ga ada kucing ya anak kami jadi korban. huuuuh… gmn ne

19 08 2013
fadli

waktu kecil aku jg pernah digigit kutu gituan.. waktu ke rumah nenek, didaprnya banyak tikus… aduh. gatalnya minta ampun.. semakin digaruk makin gatal… obatnya dikasih balsem aja.. jangan pernah digaruk.. jika gatal lgsg dibalsem, ntar kering sendiri deh..

25 07 2013
Rini Astuti

kalo yang saya tau itu kutu badan TUNGAU namanya mba.. dia menular, apalagi kalo kita bersentuhan sama orang yg terinfeksi gatal2 itu, kutunya langsung bisa dateng ke kita, dy emang cuma bisa diliat dr mikroskop, di dalam kulit dia bikin trowongan, dalam dua hari binatang itu bisa bertelur 6-7 telur, dan menetas setelah 3 hari, dan pertumbuhan tungau awl ke tungau dewasa jg sangat cepat kira2 2 mingguan kalo ga salah, itu yang menyebabkan gampang banget gatel nya merambat ke sluruh anggota tubuh,
waktu aku ke RSU aku di kasih obat luar, cream schambimite, sama salep, dan dapat saran langsung dari dokternya supaya rajin jemur kasur dan mencuci semua pakaiana dgn air hangat, karna kutu itu cuma bisa dibasmi dengan itu, jemur kasur, cuci smua pakaian yg dilemari dgn air hangat dan di setrika, dan untuk salep dan krimnya berfungsi untuk memperlambat pertumbuhannya didalam kuit dan kalo rajin dipakai bisa memusnahkan,
itu yang saya dapat dari RSU..

1 07 2013
Dio

saya juga terserang penyakit ini bu, bingung ini gatal-gatalnya sangat mengganggu, perna suatu malam seperti ditusuk jarum sakitnya minta ampun, namun kelng berapa lama hilang….hiiks hisk

jawab:
syukurlah kalau sudah ilang gatalnya..

11 06 2013
lusjeorange

keluhan yg sama… td pagi bru aj jemur kasur lantai & disemprot pke hit anti kecoa, ternyata disela2 jahitan kasur, ada sejenis binatang kecil kyk kecoa kcl, hitam & telur2nya berwarna putih mirip wijen… kurang ajar! !!!!!

5 06 2013
adez

parah banget gatel nya.aneh nya tuh binatang kecil bgt ya knp gigitan nya dasyat bikin gatel nya.tapi disekitar rmh saya tidak ada bintang apalagi hewan ternak jadi saya bingung dari mana asal nya yahhhh

22 05 2013
Feri

jadi sampai sekarang apa belum ketemu obatnya?

jawab
Sudah sembuh sendiri

13 04 2013
Hendro Rivai

coba beli betason-n salep bagusnya ada antibiotiknya seklian.., di apotik or centuri ada.., pikang whuang keluaran 2011/2012 dah ditarik efek tidak kyk dulu., , n kl mandi pake cairan antiseptik dentol n sabunnya yg dentol jg kl bs / liefboy yg pentik ada antibakteri., ., salepnya biasa sy tambahan olesan salep zaitun biar lebih halus n ngilangin bercak.., dikit2 sie., “egyptian magic”..pingin kedokter biar disuntik antibiotik dr dalam cm lum sempat.., kl bisa setiap hari sambil dibarengin minum darsi/kembang bulan / marut kunyit sendiri, atau mahalan dikit neurishskin..kasur sy siram habis pake air + detol antiseptik terus jemur matahari.., tp lg musim hujan jd ngringin ribet ampe pake kipas anngin vakum n hairdryer n koran.met coba.., sabarrrrrrr…….
1 lg kl buat bayi or anak kecil carian air mandi bs pake lactacid botol biru kusus anak2.., sy make jg buat sampoan, n sabunnya., karna lebih aman kebadan n kulit.

23 03 2013
angga

saya pernah merasakan hal yg sama..awalnya saya kira itu hanya alergi..tp lama kelamaan kaki saya bentol2 yg amat sangat hingga mirip dengan cacar karna sering d garuk..dan akhirnya saya melihat sesosok seranggga yg amat kecil, dan saat d tangkap dy loncat2 dan menghilang..awalnya saya bingung dari mana datangnya binatang itu..setelah saya cari tau, ternyata d internit rumah saya menjadi sarang RUBAH/ LUAK maklum rumah d perkampungan.. setelah saya baca artikel ini dan melihat foto serangga di atas ternyata cerita yg anda alami persis dengan yg saya alami juga..

23 02 2013
wulan

. alhamdulillah ..
. kirain penyakit kronis buk ..
. pacar sya skluarga knak gtal2 gtu ..
. sya ksian mlihatnya ..

15 01 2013
elah

wah sama tuh, dirumah cuma aku sendiri yang kena tapi suami dan anak2ku tidak, biasanya serangan ini datang kalo ada hewan seperti kucing liar mampir ke rumah, ada tetangga yang “miara” ayam atau burung, duh gatalnya minta ampun….karena gak kuat aku ke apotek dan apotekernya ngasih salep “scabimite” dipake pas malem selama 8 jam gak boleh kena air, alhamdulillah gatalnya berkurang tinggal bekas noda hitamnya aja ……mudah2n bisa membantu

14 01 2013
elita

saya pernah baca ttg kutu itu bu. kalo tidak salah namanya kutu pinjal.. semoga sekeluarga lekas sembuh ya bu..

11 01 2013
riskas

Terimakasih untuk infonya..
Saya pembaca baru, salam kenal.

9 01 2013
Rahmat Budhiaji

samaaa senasib… karena cuaca hujan mulu akhirnya saya setrika kasur dan segala macam yang bisa saya setrika biar pada mati kutunya

31 12 2012
rio prima sukmawati

bu, saya jg baru saja kena gigitan kutu itu. dari ujung kaki, punggung, tangan penuh mirip bekas org sakit cacar. sudah saya kasih minyak tawon , bedak salisyl untuk mgurangi gatal dan salep hidrokortison. yang mau saya tanyakan obat apa yg bisa membantu mnyamarkan bekas gigitan tsb, karena secara estetika sgt mengganggu sekali. terima kasih

17 12 2012
ballava

wahh, terima kasih infonya,
saya juga lagi gatal2 banget, sepertinya digigit kutu kasur.
mau jemur tempat tidur tapi tempat tidur saya besar, gimana cara jemurnya?😦

9 12 2012
Lastari Firman

coba aja pakai minyak tawon, secara untuk basmi serangga n semua macam kutu. insyaallah pasti sembuh deh dalam 3 hari.

9 12 2012
tari

coba aja kasi minyak tawon, insyaallah pasti sembuh gatal2nya

6 12 2012
anggi

Kami sekeluarga juga spt itu mb. Kata spkk nya bersihkan semua kamar. Ush d lakukan tapi blom sembuh2 juga. Apa ada saran obat buat hilangin gatal2 nya mb?

Jawab:
untuk obat gatal2nya bisa pakai salep steroid… ada berbagai jenis, bisa ditanyakan di apotek

3 12 2012
anggi

Mbak apakah skrg gatal2nya sudah sembuh,,, sepertinyakeluarga saya juga mengalaminya

jawab:
alhamdulillah sudah, Mbak… kutunya sudah pergi sendiri.. mungkin terbawa hujan

2 12 2012
ifa

Kok sama banget Ɣä udah 1minggu ini satu keluarga kena gatal2 seprti digambar..dan tadi sore saya temukan binatang kecil hitam susah dipites,loncat2 ..aduuh sampe bingung kok bisa Ɣä..di masuk ke rumah…kasian anaku yg 2th suka gak tahan gatelnya.. Oowh itu beneran dari kucing liar..bagaimana cara basminya..sampe sofa saya keluarkan dari rumah..sangking bingungnya..

Jawab:
ALhmadulillah, kutu kucing di rumah saya udah mulai ilang sendiri, mungkin sudah musim hujan dan kutunya terbawa hujan. Kucingnya juga dah pergi krn tempatnya basah juga klo kena hujan. Memang sulit basminya, tdk mempan pake obat serangga biasa. Tempat-tempat yang diperkirakan jadi sumber kutunya diguyur aja, Mbak..dibersihkan. Mudah-mudahan bisa hilang kutunya.

29 11 2012
dony

iya neh saya juga kena, ini semua gara2 adanya kucing liar yang numpang ngelahirin di tempat saya, udah pake berbagai salep kyk elocon (steroid) garamicyn dll ttp aja gatal dan bekasnya itu susah ilang,

26 11 2012
neneng

mbak, kl pakai racun hama ngak mempan, mungkin bukan itu penyebabnya .. mungkin dari air mbak

18 11 2012
Fadil Bobanksjdoubleyou Stress

pas sekali penyebab dari kutu hitam itu dari kardus tempat melahirkan kucing harus di bersihkan tempatnya lalu pengobatannya minyak gosok atau minyak tanah

18 11 2012
bobank

saya juga sampai2 saya stress di bikin ini binatang…..semua lobang dikamar sdh sy tutup kecuali bawah pintu ternyata dia masuk lewat bawah pintu akhirnya saya mencoba cari tau di mana asalnya binatang itu datang eee ternya e ternta dari kardus tempat kucing yang setelah melahirkan akhirnya saya legah setelah membuang kardus tersebut lalu membersihkannya………

15 11 2012
Andre

Steroid = salep ya ?

Iya hitam kecil, saya juga banyaknya di kaki..
Gatelnya ampuuuun..
Oh ya, kata teman, coba pakai daun putri malu, dicuci, ud gitu digesekkan pada bagian yg gatal, tar smbuh..

Jawab:
steroid itu nama golongan obat anti alergi/anti gatal. Bisa dalam bentuk salep atau bentuk lainnya. Gunakan bentuk salep aja. Tanyakan di apotek. Jenis dan merk-nya macem-macem.

14 11 2012
Andre

saya juga gatal2 nih..

makhluk yang saya lihat hitam, tidak seperti yang di foto karena cuma terlihat hitam kecil sekali.. bisa lompat gak tau terbang saya lupa, saya lihat menempel di kaki saya, kebesokannya langsung bentol merah.. saya gak tau dari mana datangnya bingung juga.. pertamanya hanya merah, sudah itu menjadi bentol agak besar, gatelnya banget2, pas kering jadi seperti yang di foto.. pake apa ya nyembuhinnya, kacau banget ke penampilan haha

Jawab:
mahluknya baru keliatan seperti itu klo dilihat pake mikroskop. kalau cuma pake mata biasa ya cuma kayak bintik kecil aja, tapi kalau didekatin pake tangan melompat. kalau untuk gatalnya bisa dicoba pake salep steroid. Tapi untuk bekasnya memamng susah.. semantara saya biarin aja dulu sampe ilang sendiri. emang bikin ngga cantik banget, untungnya banyak di kaki, bisa ketutupan baju/celana panjang..

12 11 2012
Iva

Wah.. akhirnya aku bisa ketemu juga sama teman senasip nih Bu heheh…., saya juga lagi pusing sama makhluk bandel ini, habis broshing belum ketemu juga asal monster kecil ini darimana… setelah digigit bekasnya jadi hitam-hitam, bener gak buk,… pernah nangkep ketika lagi menggigit, wujudnya persis deh yang difoto… susah sekali di pithes… padahal bolak-balik kamar, kasur, dibersihkan, dijemur tetap aja nongol…. dan ternyata mahluk itu dari udara Bu… aku ke kantor aja masih diikutin, hadeh…. mungkin Ibu punya obat pembunuh yang ampuh…?

jawab:
Wah, iya.. mahluk paling menyebalkan sedunia… tapi kayaknya sejak mulai ada hujan, kutu-kutu di rumah mulai agak berkurang… entah ya, apa mungkin terbawa hujan… Sampai sekarang saya belum punya obat pembunuh yg ampuh, cuma berdoa saja.. semoga si kutu ngga betah lagi di rumah saya..

11 11 2012
zero

wah saya juga ngalamin hal serupa sama mb lila, bikin jengkel bener itu kutu.. ada yang bilang dikasih garam, tak cobain gak mempan… ada yang bilang kasih minyak sereh, tuh kutu gak pergi juga.. udah browsing tp lom nemu cara yang meyakinkan.. sementara buat menyalurkan rasa jengkal gua tembak mati aja tuh kucing2 pembawa kutu..

28 10 2012
Dwi Rahmat Noari

Dulu kucingku (jangan sewot dulu, Bu. Hehe.) kena kutuan. Trus aku kasih minyak telon dan langsung mati (kutunya). Info itu dulu aku dapet dari browsing, yang katanya dari dokter hewan. Asalan pakai minyak telon selain bisa bunuh kutu, juga aman kalo dijilat2 kucing. Kalo Ibu suka jilat2… (Boleh dicoba). :p

24 10 2012
lila

hi.. Itu pengalamanku banget.. Cuman asal si kutu bukan dari hewan ternak,melainkan kucing liar yg beranak di atas rumah.disemprot smcm baygon dll gak mempan.justru mempanx disiram m air.lgsg mati deh smw..jadi dinding,lantai smw siram air.dijamin ilang deh..

23 10 2012
Hery Juga Fardani

bu, beberapa minggu lalu juga kami terkena penyakit gatal2 sekeluarga. ke dokter 2 kali, sampai saya pun dicurigai dokter dan diperiksa sesuatuku tapi ternyata bukan. akhirnya setelah banyak pertanyaan dari dokter, dokterpun mempunyai kesimpulan apakah ada anak dari pesantren? mungkin pernah kedatangan tamu dari pesantren (mungkin maksudnya yg tinggal di asrama), tapi saya jawab asalnya dari teman anak saya yang mempunyai penyakit gatal dan menularkannya (kakaknya pernah di pesantren), akhirnya dokter memberi salep untuk diolesi kesemua bagian tubuh dan tidak boleh terkena air lagi (berarti sebelum tidur) bagi seluruh anggota keluarga dan dokterpun menyuruh kami untuk menjemur semua kasur bantal kursi serta benda2 terbuat dari kain (gorden) kami cuci dan jemur. kursi sama kasur cm dijemur. wassalam

23 10 2012
tini

Ibu bisa dicoba ganti sabun mandi yang herbal dari “Sabun Sereh”, mungkin bisa sedikit membantu gatal-gatalnya.

Jawab:
wah, makasih sarannya, Mbak… nanti aku cobanya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: