Power of sharing and connection: Di Balik Layar ICPAPS 2013

20 01 2013

Dear kawan,

Masih bulan Januari, semoga belum terlambat untuk mengucapkan selamat Tahun Baru 2013 yaa… Semoga tahun 2013 ini membawa kerbakahan dan kebaikan buat kita semua ya…   Amien. Tahun ini buatku diwarnai  dengan kerja keras dan optimisme untuk masa depan yang lebih baik. Emang harus gitu kaan?…  Nah, salah satunya adalah mendapat tugas mengorganisir kegiatan yang lumayan besar tahun ini yaitu  International Conference on Pharmacy and Advanced Pharmaceutical Sciences (ICPAPS) 2013, yang akan diselenggarakan Insya Allah pada tanggal 18-19 Juni 2013 di Hotel Sheraton Yogyakarta.

Apa itu ICPAPS?

kop surat

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya Fakultas Farmasi UGM untuk lebih menginternasional, dengan memfasilitasi suatu pertemuan ilmiah yang menghadirkan  ahli dari berbagai negara dalam berbagai bidang kefarmasian.  Konferensi tahun ini adalah yang ketiga kalinya, di mana konferensi pertama diselenggarakan pada tahun 2009, yang aku juga sempat mendokumentasikannya pada blogku. Bisa dilihat di : https://zulliesikawati.wordpress.com/2009/10/09/dibalik-layar-international-conference-in-pharmacy-and-advanced-pharmaceutical-sciences/  Konferensi kedua diselenggarakan pada tahun 2011 dipaskan untuk menyambut acara Reuni dan Lustrum Fakultas Farmasi UGM saat itu. Waktu itu aku duduk pada steering committee, dengan kondisi perut gendut  karena hamil anakku yang ke 4, jadi tidak sempat mendokumentasikannya di blog ini (lagi males saja menulis).

Untuk tahun ini, kebetulan aku yang menjadi ketua Panitianya, giliran dengan teman-teman lain.  Masih menggunakan venue yang sama dengan thn 2009 yaitu Hotel Sheraton , kami mengundang pembicara-pembicara yang berbeda dari berbagai belahan dunia dengan topik yang berbeda pula. Selain pembicara yang akan memberikan ilmunya, konferensi ini juga mengundang semua sejawat untuk bisa mempresentasikan hasil penelitiannya, baik melalui  oral atau poster presentation.  Tapi yang hanya ingin menyerap ilmu saja sambil duduk manis mendengarkan juga dipersilakan.

Power of connection

Cerita di balik layar selalu mengundang rasa ingin tahu. Aku mau cerita sedikit saja di balik persiapan ICPAPS 2013 ini. Ketika akan menyusun pembicara/expert dari luar negeri yang akan diundang, pada conference tahun 2009 dulu kami mengandalkan koneksi  para panitia, terutama para profesor/superviornya dulu waktu belajar di lua rnegeri. Aku dulu juga mengundang sensei-ku Prof. Maeyama dari Jepang. Teman-teman lain mengundang supervisor atau kenalannya. Utk konferensi kedua th 2011, demikian juga. Untuk kali ini kenalan sudah mulai habis, semua supervisor teman-teman kami sudah pernah diundang semua… jadilah kami berpikir keras untuk mengundang dan membuka networking baru untuk bekerjasama dalam konferensi ini, baik sebagai mitra atau sebagai pembicara. Tahun ini sungguh jadi tahun yang menarik buatku karena harus menginisiasi atau membuka networking dengan mitra intenasional untuk penyelenggaraan konferensi ini. Alhamdulillah, cukup berhasil dan aku juga jadi belajar untuk menjalin kerjasama, syukur nantinya bisa dikembangkan untuk kemajuan Fakultas di bidang akademik maupun riset di kemudian hari. Rasanya asyik aja…  Dan aku semakin merasakan perlunya kita memiliki jaringan yang luas karena dari situ kita bisa mengembangkan apa saja ,dengan prinsip berbagi yang saling menguntungkan. Tentunya aku juga tetap harus hati-hati untuk tidak salah langkah yang akan merugikan sendiri, sehingga dalam kerjasama itu dapat dihasilkan mutual benefit yang seimbang.

Power of sharing

Aku sebenarnya harus berterimakasih kepada blog-ku yang telah menghubungkan aku dengan banyak sekali orang. Maaf ya, Blog…kadang dirimu tidak terawat karena kesibukan dan kemalasanku. Yang ingin aku tekankan di sini adalah, betapa besarnya kekuatan berbagi,  power of sharing. Dalam hal ini aku mencoba sharing ilmu yang aku kupunya melalui blog ini (walau baru sedikit) dengan niat tulus, dan ternyata….hasilnya menakjubkan. Walau kita bagikan, kita tidak pernah kehabisan.. bahkan akan menjadi jalan rezeki kita yang lain. Beberapa wawancara di Majalah atau koran, undangan menjadi pembicara seminar di berbagai kota, atau sampai menjadi narasumber di TV, bisa terjadi akibat adanya blog ini.

Nah,.. yang terkait dengan konferensi ini adalah secara kebetulan, seorang selebriti dunia hiburan dan event organizer besar di Indonesia “keblusuk” pula di blog-ku ketika beliau mencari informasi tentang sakit putranya. Jadilah kami berkenalan dan berkomunikasi, yang akhirnya beliau bahkan berkenan mendukung sebagian kegiatan konferensi ini. Ngga usahlah aku sebutkan dulu karena proses persiapan masih berjalan, tapi lepas dari itu semua…aku yakin ini adalah suatu skenario yang sudah diaturNya..  Buatku ini adalah juga berkat “power of sharing”… Ketika kita memudahkan orang lain dengan cara berbagi apapun kebisaan kita, insya Allah Dia juga akan memudahkan jalan kita.. Amien.

Mohon restu dan partisipasinya

Nah, kawan…. mohon doanya ya semoga konferensi ini berjalan lancar dan sukses. Beberapa mimpi masih sedang diupayakan menjadi nyata, antara lain bisa menghadirkan Pemenang Nobel Bidang Kesehatan th 2012, Prof Shinya Yamanaka dari Kyoto University dan mengemas suatu bentuk konferensi yang sarat ilmu tetapi tidak meninggalkan sisi hiburan dan kesenian dengan menghadirkan pula penyanyi top Indonesia dalam acara Gala Dinnernya. Biar seimbang otak kiri dan kanannya hehe…..

Ditunggu partisipasinya juga, ya untuk hadir sebagai peserta aktif maupun pasif. Silakan tengok-tengok website kami : http://farmasi.ugm.ac.id/icpaps2013/   Insya Allah ngga akan nyesel deh….


Aksi

Information

6 responses

1 05 2014
cincin kawin

iya kutu-kutu kucing saya udah pada hilang Cincin Kawin

1 05 2014
cincin kawin

iya kutu-kutu kucing saya udah pada hilang

29 01 2013
Nurjannah

iya ya bu aq pingin ikut mdh2an ada rejeki amien

24 01 2013
fiqih nurkholis

Wah pengen ikut bu.
semoga dapet rejeki biar bisa daftar dan pas ga praktek klinik.

22 01 2013
pink

subhanallah mba zulis …bener kakaknya ny kan
saya viena mba ,temen ny sma 1
aku nemu blog ini mencari artikel ttg alzymier mba
alhamdulillah ketemu blog ini yg ternyata milik mba zulis
bapak ku mba yg tervonis alzymier …

jawab:
Iya, aku kakaknya Heny.. Oh, ini dik Viena.. semoga Bapak dapat perawatan yang tepat ya..

20 01 2013
anna

Halo bu zullies….

Saya mau menanggapi ttg posting ibu sebelumnya soal misteri pembuat gatal. Saya sdg uring2an dirumah krn kutu yg ibu maksud sedang menyerangrumah saya, terutama paling sering nggigit bayi saya yg berumur 4 bln.
Saya penasaran, nama latin kutu itu apa ya bu? Bisakah ibu tanyakan pada teman suami ibu, mengingat ibu ada di lingkungan akademik yang memungkinkan ibu mendapat informasi lebih detail.
Saya memerlukan nama latin kutu ini untuk mencari informasi penanganannya, soalnya jika saya browsing selalu yg muncul adalah informasi ttg tungau, kepinding, kutu kucing dll. Satu2nya informasi yg sama dg yg saya cari adalah dari posting bu zullies…
Siapa tau dengan adanya nama latin kutu tersebut, pencarian saya tentang cara penanggulangannya jadi lebih mudah….

Trimakasih sebelumnya

Anna – Batam

Jawab:
Dear Mbak Ana,
kutu yang menyerang rumah kami kayaknya kutu kucing. Alhamdulillah sekarang sudah hilang setelah kucing yg beranak di atap rumah pergi dan musim hujan juga jadi mungkin terbawa air. Nama latin kutu kucing adalah Ctenocephalides felis, bahasa Inggrisnya cat flea. Tapi kalau kutunya dari spesies lain mungkin namanya sedikit beda, walaupun menggunakan istilah ctenocephalides. Semoga cepat hilang ya..

Tinggalkan Balasan

