Catatan perjalanan : Perjalanan hati ke Tanah Suci..

11 05 2014

Dear kawan,

Kupenuhi panggilanMu, ya Allah..

Sudah beberapa perjalanan keluar kota terlewatkan untuk aku tulis karena tak sempat menuliskannya, tapi untuk perjalanan kali ini aku ingin mendokumentasikannya untuk pribadi.. karena ini sebuah perjalanan yang tidak sekedar jalan-jalan melihat suasana, tetapi sebuah perjalanan religi yang penuh makna.. Yah, perjalanan ke Tanah Suci dalam ibadah umroh tentu membawa suasana hati tersendiri.. Sebuah perjalanan spiritual recharging setelah hampir 10 tahun berlalu sejak kami berhaji awal tahun 2005 yang lalu.

Keinginan untuk ibadah umroh sudah ada sejak pertengahan tahun 2013, tapi baru pada akhir bulan Januari 2014, kesempatan itu datang ketika sebuah informasi menghampiri bahwa kawan kantor suamiku akan berangkat umroh bulan April ini. Segera kami meminta informasi detail agar bisa bergabung, dan singkat cerita kebetulan masih ada space untuk dua orang dan jadilah kami bergabung bersama Koperasi Anggrek Mekar di Minomartani sebagai koordinator jamaah dari Jogja. Kami menggunakan pelayanan dari agen haji dan umroh Tisa Tour Jakarta. Setelah sempat ada pengunduran jadwal dari jadwal semula, jadilah kami berangkat pada tanggal 28 April s/d 7 Mei 2014.

Persiapan pemberangkatan

Minggu terakhir sebelum berangkat aku mulai sibuk dengan aneka persiapan, terutama terkait dengan pekerjaan. Kebetulan tanggal 28 Mei adalah tanggal deadline pengumpulan aneka proposal penelitian dan pengabdian masyarakat yang didanai oleh Dikti. Jadi lumayan berkejaran dengan waktu untuk menyiapkan aneka macam sebelum pergi. Selain urusan pekerjaan, tentu urusan perlengkapan pribadi juga disiapkan. Tidak lupa vaksinasi meningitis yang memang diwajibkan. Saat menjelang berangkat, berita mengenai wabah virus MERS (middle east respiratory syndrome) mulai merebak. Beberapa kawan mengingatkan untuk berhati-hati menjaga kesehatan terkait dengan virus MERS, dengan menyiapkan masker, vitamin C, dan obat imunostimulator. Jadilah aku juga menyiapkan masker secukupnya dan obat mengandung Echinacea. Kami sudah tidak sempat lagi vaksinasi influenza karena sudah terlalu mepet waktunya. Salah seorang sejawat senior bahkan menyarankan mengkonsumsi isoprinosine, suatu imunomodulator yang sekaligus berefek antiviral untuk berjaga-jaga. Sayangnya saran beliau baru aku terima ketika sudah transit di Jakarta, dan ketika bela-belain mencari di dua apotek terdekat dengan hotel transit, tak ada apotek yang punya obat tersebut… Ya udah, bismillah…. semoga sehat-sehat saja… Aku sempat terpikir untuk mencari lagi setelah sampai di Madinah saja (tapi ternyata ketika sampai sana juga tidak tersedia).

Long way to Madina: Pak Mintardi

Bersama Pak Mintardi di bandara Soetta

Akhirnya setelah menunggu cukup lama sejak jam 3 pagi di bandara Soetta sambil mengurus bagasi, pembagian paspor dan boarding pass, dll, pesawat Saudia Airlines siap membawa kami menuju Madinah dengan penerbangan langsung Jakarta – Madinah. Di Bandara Soetta kami bertemu dengan jamaah umroh Tisa Tour dari kota-kota yang lain, yang semuanya berjumlah 240 jamaah. Salah satu jamaah dari Minomartani cukup menarik perhatianku.. Beliau kurus kecil dengan penampilan sederhana. Usut punya usut, beliau ternyata adalah tukang rongsok yang mengumpulkan rupiah demi rupiah untuk bisa ikut umroh… Subhanallah…! sungguh pelajaran kecil yang indah tentang niat kuat seseorang yang berpadu dengan ijinNya… Pak Mintardi, begitu namanya, berupaya dengan cara menggunakan uang hasil rongsokannya untuk menyewa lahan dan ditanami buah dan sayuran.. Dari situlah ia mengumpulkan dan menabung untuk bisa ibadah umroh… Malulah kita yang diberi kelebihan materi jika kalah dengan niat kuat pak Min untuk beribadah umroh…

Perjalanan Jakarta-Madinah ditempuh dalam waktu 9 jam. Yang menarik, karena perjalanan pada siang hari dan menuju ke barat, maka waktunya menjadi siang terus dalam perjalanan. Kami berangkat pukul 8:50 WIB dan mendarat di Bandara Madinah pada pukul 14.00 waktu setempat. Yang agak kurang nyaman di pesawat Saudia Airlines adalah pengaturan tempat duduk yang kayaknya urut abjad atau entah bagaimana, sehingga antar keluarga atau pasangan suami istri bisa duduk terpisah jauh. Walau dimungkinkan untuk bertukar tempat duduk setelah di pesawat, tapi tentu itu tidak mudah jika tidak ada yang mau bertukar. Mbak dan mas pramugarinya juga kayanya agak kesal kalau penumpangnya pada seliweran di dalam pesawat mencari keluarga atau rombongannya… Tapi untunglah, ternyata penumpang di sebelahku pindah karena mau mendekati keluarganya dan ada tempat duduk yang kosong, sehingga aku bisa minta suami untuk duduk di sebelahku selama dalam perjalanan ke Madinah.. Alhamdulillah…

Madinah al munawarah : Raudhah

Suhu udara sekitar 34 derajat celcius menyambut kami di Madinah. Cuaca kering dan panas segera terasa walau sudah kami duga sebelumnya. Setelah melalui antrean panjang di imigrasi, akhirnya kami dibawa menuju hotel menggunakan bus. Oya,.. masalah antrean adalah salah satu yang harus disiapkan secara mental hehe… mau makan antre, ke toilet antre, masuk dan keluar masjid antre.. Hotel kami yaitu Al Eiman Taibah cukup nyaman dengan jarak sekitar 250 m dari masjid Nabawi.

Di masjid Nabawi menjelang dhuhur, payung terbuka menaungi

Akhirnya untuk pertamakalinya di Madinah aku menginjakkan kaki di masjid Nabawi lagi untuk sholat maghrib.. (dulu pernah ke sini pada saat berhaji tahun 2005). Ada rasa haru menyeruak dan matapun membasah.. Begitu besar rasa syukurku masih diijinkanNya kembali menginjakkan kaki pada Masjid indah dan megah peninggalan Rasulullah SAW.. Masjidnya besar dan indah, dengan banyak pilar-pilar di luarnya yang pada siang hari akan terbuka menjadi payung yang menaungi dari teriknya matahari Arab. Air zam-zam melimpah di dalam gentong-gentong plastik di dalam masjid dan bisa diminum kapanpun dan berapapun.. Keutamaan masjid Nabawi adalah nilai pahalanya yang 1000 kali jika beribadah di tempat ini dibandingkan dengan di tempat lain (kecuali Masjidil Haram yang 100.000 kali). Berada bersama ribuan orang dari berbagai penjuru dunia membuat diri merasa sangat kecil tak berdaya.. Masjidnya besaar.., jika sudah masuk ke dalam harus nambah doa supaya tidak batal wudhu atau pengen pipis hehe… karena kalau batal harus keluar lumayan jauh di toilet-toilet yang ada di halaman masjid…

Di antara semua tempat di Masjid Nabawi, ada satu tempat favorit di Masjid Nabawi yang menjadi rebutan banyak orang untuk dikunjungi, yaitu Raudhah. Apa sih istimewanya? Raudhah dalam bahasa Indonesia adalah taman, yang maksudnya adalah taman Syurga atau taman Nabi. Dulunya, Raudhah merupakan ruang di antara mimbar dan kamar rasulullah SAW di dalam Masjid Nabawi. Raudhah merupakan tempat dengan luasan berukuran 22 x 15 m, bersebelahan dengan makam Nabi SAW, yang diimani sebagai tempat yang mustajab untuk berdoa. Rasulullah bersabda: “Antara mimbarku dan rumahku merupakan taman dari taman-taman syurga” (HR. Al Bukhari & Muslim). Saat ini Raudhah ditandai dengan karpet berwarna hijau, yang membedakannya dengan area masjid Nabawi yang lain yang berkarpet merah. Di sana kita bisa sholat sunnah atau berdoa.

Tidak mudah untuk mendapat giliran masuk Raudah terutama bagi wanita, karena dibatasi oleh waktu-waktu tertentu, yaitu pada pagi hari jam 8 – 10 pagi, siang sehabis dhuhur sampai jam 15, dan malam selepas isya sampai tengah malam. Itu pun harus bergiliran dengan ratusan atau bahkan ribuan jamaah yang lain, sampai-sampai petugas di Masjid Nabawi menerapkan giliran berdasarkan negara asal untuk masuk ke sana. Alhamdulillah, aku mendapatkan dua kali kesempatan masuk, sekali di waktu dhuha, sekali lagi di tengah malam. Bisa sholat dan berdoa di Raudhah, wuih..jangan tanya apa yang kurasakan…. nangis bombay deh… memohon segala macam sama Allah… Bicara tentang doa, menurutku tempat yang mustajab adalah salah satu faktor saja dari terkabulnya doa kita. Yang utama adalah iman, keyakinan, kesungguhan dan amal sholeh kita. Insya Allah, Ia akan tetap mengabulkan doa kita dari mana saja selama kita bersungguh-sungguh memohon dan meyakini kekuasaanNya.

Setelah tiga hari merasakan nikmatnya beribadah di Masjid Nabawi, akhirnya kami harus meninggalkannya untuk beralih ke Mekkah. Kami sempat juga mengunjungi beberapa tempat bersejarah di sekitar Madinah, seperti Masjid Quba dan Jabal Uhud, serta beberapa tempat menarik seperti Jabal magnet dan Kebun Kurma. Oiya, makanan di hotel enak-enak dan berselera Indonesia. Aku terpaksa gagal ber-diet karena harus jaga kesehatan …( alasan hehe…)

Mekkah Al Mukaromah : MERS

Perjalanan ke Mekkah kami mulai pada hari keempat pada siang hari selepas dhuhur. Bapak-bapak sudah diminta mengenakan kain ihrom karena kami akan langsung menuju Bir Ali untuk mengambil miqot (batas mulainya) untuk umroh. Perjalanan Mekkah – Madinah cukup melelahkan menggunakan bus selama 6 jam. Jalannya lurus dan datar, dengan pemandangan bukit-bukit batu yang tandus dipadu dengan hamparan tanah pasir. Kalau sudah begitu jadi teringat tanah air yang ijo royo-royo… alangkah bersyukurnya hidup di Indonesia yang subur makmur…

Yang menarik, sepanjang perjalanan dan termasuk di sekitar Mekkah nantinya, aku tidak menemui seekor onta-pun. Padahal mahluk yang satu ini adalah bisa dibilang simbol kota-kota di Arab. Kalau belum ketemu onta rasanya belum sampai ke Arab hehe… Yah, hal ini terkait dengan mewabahnya MERS yang disebut-sebut cukup ganas dan mematikan. Apakah MERS itu?

MERS adalah singkatan dari Middle East Respiratory Syndrome (MERS), yang merupakan penyakit berupa sekumpulan gejala gangguan pernafasan akibat infeksi virus. Adanya penyakit ini pertama kali dilaporkan di Arab Saudi pada tahun 2012. Penyakit ini disebabkan oleh sejenis virus korona yang dinamakan MERS-CoV. Pasien yang mengalami infeksi virus ini mengalami gangguan pernafasan yang berat/parah. Gejalanya adalah demam tinggi, batuk-batuk, dan sesak nafas. Lebih dari 30% pasien yang dipastikan terinfeksi virus ini meninggal karenanya. Karena diduga penyebarannya adalah melalui onta, maka selama di Arab kami dijauhkan dari onta. Jadi ngga bisa narsis sama onta deh….hehe… Tulisan tentang MERS telah aku sajikan tersendiri dalam satu tulisan khusus.

Masjidil Haram

Dari masjid Bir Ali untuk mengambil miqot (batas awal dimulainya ibadah umroh/haji) kami teruskan perjalanan dengan bus, dan sampai di Mekkah pada pukul 21:00 malam. Hotel Mira Ajyan menjadi tempat penginapan selama di Mekkah, yang jaraknya sekitar 300 m dari Masjidil Haram. Setelah makan malam dan beres-beres koper, pukul 23:00an kami berangkat ke Masjidil Haram untuk menjalankan ibadah umroh (thawaf, syai, dan tahallul). Kembali rasa haru tak terbendung saat memandang Masjidil Haram yang megah dengan Kabah di dalamnya.. Bersyukur sekali bisa menginjakkan kaki lagi di Baitullah.. Ibadah lengkap selesai sekitar pukul 03:00 dini hari, dilanjutkan i’tikaf sambil menunggu waktu sholat shubuh.. Hadehh… lumayan tepar juga.. entah berapa kilometer kami berjalan untuk thawaf dan sa’i, dll… tapi nikmatnya luar biasa… tenang, adem, penuh syukur dan kepasrahan… Paginya kami terkapar lelah dan ngantuk sampai saatnya dhuhur. Kembali ke Masjid lagi pada saatnya sholat. Alhamdulillah, selama di Mekkah bisa selalu sholat berjamaah di masjidil Haram. Alhamdulillah juga, bahwa selama di Mekkah kami bisa melakukan 3 kali ibadah umroh dari miqot yang berbeda-beda, yaitu Tan’im, Bir Ali, dan Hudaibiyah.

Masjidil Haram saat ini masih dalam renovasi untuk perluasan masjid. Renovasi dilakukan secara bertahap agar tidak mengganggu jalannya ibadah umroh maupun haji, dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2050. Kelak direncanakan bentuk Masjidil Haram akan seperti piringan dengan kabah sebagai pusatnya. Apakah nanti masih bisa menyaksikannya… wallahu a’lam… Yang jelas jamaah harus semakin hati-hati untuk tidak nyasar hehe.. karena dengan design sekarang pun sangat mungkin jamaah nyasar dan tidak tau jalan pulang karena masjidnya sangat besar dengan pintu-pintu keluar yang mirip satu sama lain..

Di Jabal Rahmah...

Di Jabal Rahmah…

Di sekitar Mekkah kami mengunjungi museum Kabah, padang Arafah dengan Jabal Rahmah-nya, Musdalifah, dan Mina. Di Jabal Rahmah turun sebentar untuk sekedar berfoto dan berdoa. Jabal Rahmah adalah bukit di bagian timur padang Arafah dan diyakini sebagai pertemuan antara Nabi Adam dan Siti Hawa setelah mereka dipisahkan dan diturunkan dari syurga oleh Allah selama bertahun-tahun setelah melakukan kesalahan dengan memakan buah khuldi yang terlarang. Banyak orang meyakini bahwa tempat ini sebagai tempat suci untuk menungkapkan keinginan dan hajat mereka terkait dengan keluarga. Misalnya ingin mendapat pasangan, dikarunia anak yang sholeh dan sholehah, atau berdoa agar keluarga yang dibangun Sakinah Mawaddah Warahmah. Namun sebenarnya tidak ada tuntunan khusus dari Rasulullah mengenai hal ini.

Kembali ke tanah air

Setelah empat hari di Mekkah, sampailah waktunya kembali ke tanah air. Di hari terakhir di Mekkah aku masih menyelesaikan satu kali umroh (thawaf, sa’i dan tahallul) dan sholat ashar berjamaah. Rasanya lega dan bersyukur sekali bisa menjalani ibadah dengan lancar sejak dari Madinah sampai Mekkah. Kondisi kesehatan juga tetap terjaga selama di sana. Sempat kuatir juga bahwa akan kedatangan “tamu bulanan” karena sudah hampir waktunya. Tanda-tandanya sudah terasa di Madinah. Akhirnya hanya bisa berdoa saja semoga diijinkan menyelesaikan semua rangkaian ibadah utama di Mekkah tanpa halangan. Alhamdulillah, sang bulan datang pas banget di malam terakhir di Mekkah. Agak gelo sedikit karena tidak sempat maghrib, isya, dan thawaf wada (perpisahan) di Masjidil Haram, tapi sudah bersyukur sekali semua ibadah utama telah terselesaikan. Semoga diterima oleh Allah SWT. amiien…

Pukul 6 pagi esoknya kami meninggalkan Mekkah menuju Jeddah untuk kembali ke tanah air. Rasa haru untuk berpisah dengan Kabah bercampur dengan rasa rindu dengan anak-anak di rumah.. Semoga bisa kembali lain kali bersama keluarga. Sebuah pengalaman tak tergantikan. Dan aku merasakan sekali bahwa ibadah umroh dan haji ini banyak melibatkan kegiatan fisik, terutama berjalan. Karena itu kesehatan yang prima sangat penting. Buat kawan-kawan muslim yang masih muda dan kuat, apalagi jika mampu, sebaiknya segerakan untuk menjalankan ibadah haji atau umroh. Jangan terlalu berhitung dengan biayanya, Insya Allah Dia akan menggantikan dengan yang lebih baik. Amiien…

Demikian sekadar dokumentasi perjalananku ke Tanah Suci. Semoga kelak bisa kembali lagi bersama keluarga. Amiien..

Aksi

Information

4 responses

25 08 2014
indobusa

Sangat menarik dan tiada habisnya mengupas perjalanan ibadah haji. Kami juga membuat tulisan terkait perjalanan ke tanah suci.
Jika berkenan silahkan baca artikel kami di http://www.indobusa.com/perjalanan-ke-tanah-suci-perjalanan-5-cm.

dan silahkan memberikan komentar terkait pengalaman dan sharing di sana, semoga kita selalu diberikan kesempatan untuk selalu menginjakkan kaki di tanah yang diberkahi. Amiin

31 07 2014
Aulia Rahmawati

Asslamualaikum bu, terima kasih banyak sharing pengalamannya, sungguh sangat bermanfaat..
Pangapunten, kl boleh tau alamat lengkap atau ancer-ancer Koperasi Anggrek Mekar dimana nggih Bu?
Sy berniat untuk mendaftarkan ibunda sy umroh..
Sebelumnya terima kasih banyak atas informasinya..

Jawab:
Di perumahan Minomartani, Mbak.. Nanti bisa nanya-nanya lagi kalau udah sampai sana🙂
Atau coba kontak ibu Kiptiyah di 0822 2002 7514

3 06 2014
Cahy (@ulerhongkong)

Assalamualaikum wrwb.
Lama terasa tidak menyambangi blog anda prof.
just say hello to you ..
sukses selalu dan salam untuk keluarga
wassalam

21 05 2014
Wahyu widodo

Sbg kisah perjalanan tulisan terasa agak panjang. Tetapi untuk spt saya xg blm pernah ketempat istimewa itu. ingin merarakan spiritvalnya alangkah baiknya pengalaman spiritual yg dishare. Tulisan spt itu jarang. Pasti banyak yg menunggu. Tentu termasuk kulo. Salam

Jawab:
terimakasih komentarnya… Ini memang catatan perjalanan lengkap dengan teknisnya, untuk informasi buat yang baru akan kesana. Pengalaman spiritual pastinya ada… tapi itu sangat pribadi hehe… jadi maaf, tidak banyak yang bisa saya share..