Waspadai obat penggemuk badan: mau gemuk malah remuk… !

27 10 2013

Dear kawan,

loving-our-bodiesSemua orang tentu ingin punya bentuk tubuh yang ideal. Di samping lebih sehat, tentu akan lebih percaya diri. Yang merasa terlalu gemuk kepengin kurus, dan yang merasa terlalu kurus ingin gemuk… Aku sendiri pengen turun berat badan barang 5 kg lagi deh…tapi susahnyaaa setengah mati…. Akhirnya pasrah lah, yang penting sehat..hehe… Kadang orang mau melakukan apa saja demi mencapai impiannya mendapatkan tubuh ideal, termasuk menggunakan obat-obatan. Eit, tapi tunggu dulu… jangan gegabah mengkonsumsi sembarang obat. Alih-alih mencapai bentuk tubuh ideal, yang terjadi malah badan jadi amburadul karena efek samping obat.

Beberapa waktu lalu aku mendapatkan pertanyaan mengenai obat gemuk yang baik. Apa saja sebenarnya obat yang bisa untuk membuat gemuk? Seberapa aman obat pembuat gemuk? Tulisan ini akan mengulas tentang obat-obat penggemuk badan.

  1. Pil penggemuk badan

Di internet banyak ditawarkan pil penggemuk badan dari China yang katanya berisi aneka herbal alami. Sebuah pil penggemuk badan misalnya, diiklankan berisi herbal seperti : Ginseng, Semen Cusculae, Fructus Crataegus, Fructus Hordel Germinatus, Fructus Quisqualis,  Radix Astragali, dan Rhizoma Atractylodis Mak. Jika ditelusuri, herbal-herbal ini umumnya berefek pada saluran pencernaan, misalnya memperbaiki fungsi pencernaan sehingga makanan lebih banyak yang terserap, meningkatkan nafsu makan, melancarkan peredaran darah, mengatur metabolisme lemak, dll. Jika memang hanya berisi herbal, sebenarnya baik-baik dan aman-aman saja. Pada umumnya efek obat herbal tidak terjadi secara cepat namun bertahap dan  perlahan-lahan. Tapi jika kemudian obat tersebut mengklaim efeknya sangat manjur, seperti yang disebutkan dalam salah satu iklan obat gemuk, bahwa “Dalam waktu 1 minggu berat badan Anda akan bertambah 5-7 Kg”, maka kita perlu waspada. Jangan-jangan pada obat herbal tersebut ada campuran obat sintetik yang efeknya membuat gemuk dengan cepat, tapi efek sampingnya berbahaya. Obat yang sering  dicampurkan dalam obat penggemuk badan adalah golongan kortikosteroid. Sebuah peringatan dari FDA menegaskan hal ini. Bisa diklik di sini: http://www.fda.gov/Drugs/DrugSafety/ucm421211.htm

  1. Obat kortikosteroid

Obat golongan kortikosteroid termasuk golongan obat yang penting dalam dunia pengobatan, karena memiliki aksi farmakologi yang luas, sehingga sering digunakan dalam berbagai penyakit, sampai-sampai ada yang menyebutnya “obat dewa”, obat segala penyakit. Tapi di sisi lain, karena tempat aksinya luas, efek sampingnya pun luas dan tidak kurang berbahayanya. Penasaran kan tentang kortikosteroid ? Apakah itu?

Obat ini tergolong sebagai obat anti radang yang poten, dan sering digunakan untuk gangguan radang seperti alergi, asma, eksim, dan juga penyakit-penyakit autoimun seperti Lupus, rheumatoid arthritis, dll, karena efeknya yang bisa menekan kerja sistem imun yang berlebihan. Contoh obatnya adalah: deksametason, betametason, hidrokortison, triamcinolon, dll.

Obat ini memberikan efek “kelihatan” gemuk karena memiliki efek menahan air dalam tubuh, sehingga berat badan bertambah. Kemudian ia juga mempengaruhi metabolisme lemak tubuh dan distribusinya, sehingga menyebabkan pertambahan lemak di bagian-bagian tertentu tubuh, yaitu di wajah (jadi membulat), bahu, dan perut. Wajah bulat akibat penggunaan steroid sering disebut “moon face”. Pada orang yang sering menggunakan steroid, wajahnya akan tampak membulat. Orang yang kepengin gemuk mungkin akan merasa senang dengan efek ini. Tetapi gemuk yang dihasilkan bukanlah gemuk yan sehat. Selain itu, masih banyak pula efek samping yang bisa timbul dari pemakaian kortikosteroid. Apa saja?

a. Penekanan sistem pertahanan tubuh

Karena obat ini bisa menekan sistem imunitas/pertahanan tubuh, maka jika terluka akan lebih lama sembuhnya. Selain itu juga lebih mudah tertular infeksi. Termasuk juga banyak tumbuh jerawat dan gangguan kulit akibat infeksi jamur.

b. Meningkatkan risiko diabetes

Golongan obat ini meningkatkan proses glukoneogenesis, yaitu pembentukan glukosa dari protein,  sehingga beresiko meningkatkan kadar gula darah. Karena itu, orang dengan riwayat diabetes dapat mengalami kenaikan kadar gula darah yang nyata jika mengkonsumsi obat ini.

c. Meningkatkan risiko hipertensi

Karena obat ini bersifat menahan cairan tubuh, maka akan meningkatkan volume darah, dan bisa berpotensi menaikkan tekanan darah

d. Meningkatkan risiko osteoporosis/keropos tulang

Obat ini memiliki efek katabolik, yaitu mengurai protein sehingga mengurangi pembentukan protein, termasuk protein yang diperlukan untuk pembentukan tulang. Akibatnya terjadi osteoporosis atau keropos tulang, karena matriks protein tulang menyusut. Efek ini juga menyebabkan gangguan pertumbuhan jika digunakan pada anak-anak dalam jangka waktu lama.

e. Cushing syndrome

Gejala-gejala Cushing Syndrom akibat akumulasi steroid dalam tubuh

Gejala-gejala Cushing Syndrom akibat akumulasi steroid dalam tubuh

Obat golongan steroid yang digunakan dalam waktu lama akan menyebabkan gangguan yang disebut Cushing syndrome, yaitu efek-efek yang terjadi akibat akumulasi/penumpukan kortikosteroid di dalam tubuh, dengan tanda-tanda: terjadi garis-garis kemerahan di kulit terutama perut dan paha (disebut striae), jerawat, kumpulan lemak seperti punuk sapi/kerbau di bahu (buffalo hump), perdarahan bawah kulit/lebam, moon face, hipertensi, perdarahan lambung, keropos tulang, dll.

Jadi nampaknya potensi untuk menjadi gemuk dengan obat golongan steroid tidaklah sepadan dengan bahaya efek samping yang ditimbulkannya. Perlu berhati-hati jika Anda menggunakan obat yang katanya herbal alami, tetapi kemudian timbul efek-efek seperti di atas, maka kemungkinan besar pada herbal tersebut ditambah dengan obat golongan steroid. Jika Anda menyadari adanya steroid dalam jamu/herbal penggemuk badan yang anda gunakan, hentikanlah perlahan-lahan. Penggunaan obat golongan kortikosteroid tidak boleh dihentikan secara mendadak karena akan mengganggu adaptasi tubuh. Penghentian harus perlahan-lahan dengan dosis yang makin lama makin berkurang. Mengapa demikian ? Karena selama penggunaan kortikosteroid dari luar, produksi hormon ini secara alami dari tubuh akan terhenti, maka jika penggunaan dari luar tiba-tiba dihentikan, tubuh akan kekurangan hormon ini secara normal dan akan terjadi reaksi-reaksi yang tidak diinginkan, seperti: kadar gula darah turun, tekanan darah turun drastis dari posisi duduk ke berdiri (hipotensi ortostatik), dehidrasi (kekurangan cairan), lemah, lesu, dll.

3. Antihistamin (Siproheptadin dan ketotifen)

Obat golongan antihistamin sebenarnya ditujukan untuk mengatasi gangguan alergi, baik alergi kulit, saluran nafas, atau bagian tubuh lain. Namun efek samping obat ini adalah meningkatkan nafsu makan, sehingga juga sering “disalahgunakan” untuk meningkatkan nafsu makan pada anak-anak yang sulit makan, termasuk juga dicampurkan pada jamu penggemuk badan. Penggunaan siproheptadin atau ketotifen sebagai peningkat nafsu makan pada anak-anak dapat digolongkan sebagai penggunaan obat “off-label”, di mana obat digunakan dengan tujuan/indikasi di luar indikasi yang resmi dan disetujui oleh badan otoritas di bidang pengawasan obat, seperti FDA di Amerika atau Badan POM di Indonesia.

Bagaimana untuk menggemukkan badan?

Lalu, bagaimana cara yang tepat dan sehat untuk menggemukkan badan?  Yang pertama tentunya mengatur pola makan. Makanlah dengan porsi yang lebih besar dengan komponen lemak dan protein yang lebih tinggi. Makanlah yang disukai, sehingga bisa habis banyak. Gemuk yang bagus adalah dengan massa otot yang banyak, bukan sekedar lemak, apalagi air. Karena itu, perlu juga diimbangi dengan olah raga yang dapat meningkatkan massa otot.

Jika akan menggunakan obat, lebih aman menggunakan obat herbal, tetapi waspadai adanya kemungkinan obat herbal yang dicampuri bahan kimia obat yang berbahaya. Informasi seperti itu seringkali tidak tercantum dalam iklan dan promosi produknya. Apalagi jika menggunakan produk China yang tidak melalui pendaftaran di Badan POM dan dijual bebas melalui media online, maka perlu ada kehati-hatian. Sebuah temuan oleh Badan otoritas pengawasan obat dan makanan di Arab Saudi menunjukkan bahwa pil Kianpi yang berasal dari China dan beredar luas di banyak negara termasuk Indonesia, mengandung betametason dan siproheptadin, (cek di sini)  yang bisa menimbulkan efek samping berbahaya jika digunakan dalam jangka waktu lama. Efek obat herbal biasanya tidak sangat drastis, tetapi lebih bertahan. Karena itu, jangan berharap efek yang terlalu cepat, namun lebih baik diikuti dengan asupan makanan yang bergizi dan sehat.


Aksi

Information

98 responses

12 11 2016
Dien Fahmi

Permisi bu, kalau obat seperti Binasyifa Gemuk Badan, Gemuk Sehat, Tiens Zinc Capsule apakah aman ? Karena disitu sudah ada izin dari BPOM

Jawaban:
Jika sudah ada izin BPOM Insya Allah aman, asal bukan yang palsu ya.

8 09 2016
Fast

Pagi bu mau tanya:
1. Berapa lama biasanya obat steroid itu bisa hilang dari tubuh?
2. Untuk mengobati lemas akibat kianpi ini. Selain olahraga dan minum multivitamin. Apalagi yang bisa mempercepat agar tubuh menjadi normal kembali bu. Apakah ibu ada saran multivitamin apa yang bagus? Terimakasih

Jawab:
1. Sulit untuk dipastikan berapa lama hilangnya efek steroid, karena masing-masing orang bisa bereaksi berbeda, juga tergantung berapa lama pemakaiannya. Jika pemakaiannya lama dan sudah menimbulkan efek yang relatif permanen bagi tubuh, mungkin tidak bisa cepat kembali normal, walaupun obatnya sudah hilang dari tubuh.
2. Tidak ada saran multivitamin khusus, yang penting lengkap isinya. Makanan bergizi jangan dilupakan.

28 08 2016
Tabitha Cabiya

インソールを靴から出して足にあててサイズを見ており、なるほど☆と感心しました。 ノースフェイス ボストンバッグ

20 08 2016
Yusef hardiana

Siang buuu..
Saya sudah mengkonsumsi kapsul top jaya sakti selama 2 minggu dg dosis 2x1hr 2 kapsul dan sudah merasakan perubahan, berat badan sy bertambah kurang lebih 5kg. Sekarang sy ingin berhenti konsumsi karena baru tau bahwa kapsul yang sy minum ini katanya berbahaya, sebaiknya gimana bu? Apa jika berhenti langsung akan baik2 saja? Atau harus mengurangi dosis? Jika mengurangi dosis apakah akan baik2 saja? Jujur saya khawatir dengan apa yg akan terjadi di suatu hari nanti.. Mohon pencerahan.. Terima kasih

Jawab:
Sebaiknya dosis diturunkan pelan-pelan, dan kemudian berhenti. Jika produknya mengandung steroid, jika dihentikan tiba-tiba dikuatirkan menimbulkan efek kekurangan steroid tubuh karena produksi tubuh belum kembali normal

22 07 2016
Raf

Saya sudah 30hari berhenti minum kianpipil. Efeknya gatal2. Mual muntah tiap hari. Berat badan susut. Lemes.
Apa saya harus konsumsi lagi bu? Menginggat saya berhenti tiba2. Atau saya biarkan saja? Mohon saran bu.

Jawab:
Mungkin anda mengalami gejala putus steroid yg diduga terdapat pada Kianpi Pil. Jika anda tahan, biarkan saja, dan tunggu tubuh Anda beradaptasi dan mampu memproduksi steroid alami lagi. Tapi jika tidak, Anda bisa coba konsumsi lagi, tapi nanti hentikan pelan-pelan. Jika gejalanya sangat berat, sebaiknya dibawa ke dokter utk mendapatkan diagnosa dan terapi yang lebih tepat.

20 07 2016
Rio

Pagi ibu..
Saya Rio. Sudah sebulan ini saya STOP konsumsi kianpi setelah pemaikan 4tahun. Dosis awal 2kapsul seminggu. Terakhir ini 1kapsul seminggu.
Efek yg dirasa setelah tdk mengkonsusmsi. Mual muntah. berat badan jadi susut. Letih lemah lesu. Tidak ada nafsu makan. Dan gatal di sekujur badan.
Mohon saran ibu.

Jawab:
mungkin hal ini disebabkan karena gejala putus obat steroid yang diduga terkandung dalam Kianpi pil yg anda minum. Saya sarankan anda periksa ke dokter, dan sampaikan bahwa Anda baru berhenti menggunakan obat ini dan mulai merasakan gejala tersebut. Saya bukan dokter dan tdk punya kompetensi mendiagnosa. Karena bisa juga memang ada gangguan penyakit di luar karena penghentian obat tersebut. Biasanya memang perlu menggunakan lagi dalam dosis yang sdh ditentukan utk memenuhi kebutuhan steroid, karena steroid alami biasanya berhenti produksinya selama anda mengkonsumsi steroid dari luar. Butuh waktu utk mengembalikan fungsi korteks adrenal utk memproduksi steroid lagi.

15 07 2016
Gunawan dastan

Kalau sudah terlanjur berhenti pemakaian obatnya secara mendadak gimana ya dok? Soalnya efek sampingnya baru saya rasakan sekarang

Jawab:
saya bukan dokter, tapi apoteker. Gejala putus obat apa yang dirasakan?

13 07 2016
Raf

Test

7 07 2016
iis

Teman teman semua saya punya solusinya untuk yg terkena efek samping dari obat obat.an penggemuk ini, yg punya jerawat di wajah, punggung atau di badan, yg jadi punya garis2 merah di perut atau di paha..
Untuk info lebih jelas chat aja ya
Pin d038f29d

5 07 2016
sila anggryawan

Terus gimana cara mengobatinya kalo sudah terjadi efek samping itu, saya sudah mengalami badan merah” tumbul bintik” gitu

Jawab:
Jika sudah tidak pernah mengkonsumsi lagi, nanti akan sembuh sendiri.

28 06 2016
Orient hia (@orientasi355)

Selamat Pagi Ibu Zulies,

saya umur 21 tahun, tinggi 172 BB 50 pas, saya merasa tidak PD dengan badan saya yang terlihat kurus, saya pengen gemuk tpi obat apa yang bisa cepat proses biar gemuk badan saya bu??

22 06 2016
iwan

SAM YUN WAN OBAT PENGGEMUK BADAN BERBAHAYA BUKAN NYA BIKIN BAHAGIA MALAH MEMBUAT SENSARA HIDUP….!!
Cerita nyata tentang diriku saat konsumsi obat SAM YUN WAN jangan di anggap remeh klw tidak di baca akan berbahaya buat yang belum tau dapak nya bagai mana tentang OBAT ini.. mulai cerita aja awal nya sayah pengen badan tuh agak gemuk sedikit ..denger dari teman kata nya pake Obat SAM YUN WAN cepet gemuk loh.. Nah dari situh sayah mulai penasaran sayah buka Goggel dan baca imeng imeng nya sayah mulai sangat tertarik dengan obat itu..awal beli sayah dari bandung sampai beralih ke toko pedia..sayah mulai pake dari TANGGAL 15-JUNi-2015. ..awal nya pas sayah minum obat itu tidak ada reaksi karna mungkin minum nya tidak teratus . Di karna kan 2 botol. Sudah konsumsi sayah tidak minum lagih ..atau tidak di lanjut…ada 2 bulan berhenti minum atau pemakaian. Nah lanjut cerita….sayah order lagih dalam jumlah yang cukup banyak setiap pesen 5/6 botol SAM YUN WAN …hasil nya sayah acung kan jempol memang memuas kan dalam beberapah minggu sayah naik 3kg napsu makan pun tidak bisa di kontrol..karna rasa lapar sering mucul…apa lagih di saat kerja pengen nya makan terus …yang porsi setengah jadi 2 porsi makan sayah . Setelah minum obat Sam yun wan, dan sayah pun merasa senang. Dan genbira karna ada perubahan dalam diri sayah, di awal taun baru 2-Janwari-2016…#TAPI….di bulan pebwari sayah mersa sedih…karna di pipi sayah timbul banyak Jerawat batu, yang sakit nya minta ampun sayah di situh tidak tau efek nya dari obat, SAM YUN WAN… Sampai sudah berobat ke mana mana tapi blm ada hasil nya…gara gara timbul nya jerawat sayah tidak pernah ke luar rumah. Awal nya karna malu.. Dan tidak PD , sampai keluar uang ratusan buat obat muka, karna obat muka lebih mahal dari obat SAM YUN WAN …bukan nya untung malah Buntung…sayah sekarang merasa kecewa, dan sedih. Sebelum nya waktu kurus. Sayah belum pernah dapat ocehan atau hinaan , tapi di saat gemuk, muka jadi bulat..bukan nya cabi malah jadi seperti bola…ocehan dari teman muka loh kenapah di tonjokin orang, ternyata gemuk tidak sehat itu jadi dampak yang sangat menyeram kan…awal Gejala Minum obat SAM YuN WAN…
~Pipi atau kepala menjadi seperti Bulan
~Gampai cape dan berkeringan berlebih
~badan pegal pegal susah di gerakan kaya abis ngelahirin mau berdiri tuh mersa takut..
~Timbul garis garis merah di paha, di lutut sama di ketiak ketek…
~Rambut rontok
~Timbul jerawat Batu
Dan sampai sekarang belum sembuh 20-Juni-2016…sayah pengen kurus aja …tidak ada ejekan atau cela’an dari orang orang…dan sayah kapok ingin Gemuk dengan cara tidak sehat…IBARAT kan seperti …Kita pengen kaya tapi kita menyembah persugihan…dengan hasil yang tidak halal…begituh juga obat sam yun wan cepet gemuk…tapi tidak sehat….#AKu menyesel tidak mengsukuri apa yang telah allloh berikan….dan sekarang gx pernah selfi…karna malu banyak jerawat nya…buat teman teman kalian jangan mencoba. Iming iming obat gemuk yang akan meregut ke percaya’an diri anda 100% menyesal..
~Yang ingin sayah tanyakan apa kah jerawat sayah bisa sembuh gara gara obat Ini ?? Apa kah ada info biar jerawat nya cepet hilang ?? Makasih sebelum nya

Jsg

20 06 2016
Shodjah

selamat malam, saya mohon bantuannya. saya membeli obat penggemuk badan disalah satu olshop namanya SAMYUN WAN. disitu banyak testi baik sehingga saya membeli. Setelah 2 hari saya konsumsi, saya malah susah buang air besar. Itu masih wajar apa tidak yah, atau efek sampingnya seperti itu. Saya bingung harus dilanjutkan atau berhenti.

jawab:
Dear Shodjah, susah buang air besar merupakan gejala yang tdk khas, jadi bisa iya dan bisa tidak. Coba perbanyak dulu minum air dan makanan berserat (buah pepaya, sayuran), semoga membaik.

19 06 2016
novia andini

ass dok, saya sudah beberapa tahun mengkonsumsi samyunwan dan kianpi pil namun tidak ada efek samping kepada tubuh saya, saya hanya mengkonsumsi 1 pil/hari jika badan saya kurus kembali, jika sudah gemuk saya stop konsumsi.
setelah saya membaca analisis diatas mungkinkah akan berdampak beberapa tahun kedepan setelah saya berhenti memakai Obat tsb??

Jawab:
Saya tidak bisa memastikan apakah akan terjadi efek samping yang demikian atau tidak di masa depan, karena respon seseorang terhadap obat bisa bervariasi. Selain itu, jika Kianpi atau Samyuwan yang dikonsumsi benar-benar alami tdk ada campuran steroid, bisa jadi memang tdk akan berefek samping spt di atas.

14 06 2016
ardi

Test

13 06 2016
Lina

ass. Bu dokter mohon sekali pencerahannya, umur saya 17 tahun tinggi badan saya sekitar 145cm dan BB saya hanya 30 kg dan jujur saya memiliki pundak yg tinggi sebelah, apakah ini merupakan kelainan dari kecil? apakah dgn postur tubuh saya yg seperti itu bisa menaikkan BB saya dan tinggi badan saya

Jawab:
Dear Lina, pundak tinggi sebelah mungkin emmang kelainan sejak kecil, tetapi menurut saya tidak mempengaruhi kemampuan tubuh utk meningkatkan berat badan. Sedangkan utk tinggi badan, biasanya ada batas usia di mana tinggi badan tidak bisa meningkat lagi, jadi pada usia 17 th penambahannya mungkin tidak akan banyak. Tapi saran saya, jangan berkecil hati dengan apapun keadaan kita. Insya Allah ada kelebihan lain yang Dia anugerahkan kepada kita. Oya, saya bukan dokter lho… saya apoteker.

13 05 2016
Christabelle

Bagaimana amannya berhenti minum samyunwan. Sy sudah konsumsi tahunan. Efeknya mulai terasa. Katanya harus bertahap krn mengandung steroid..

Jawab:
Ya, harus bertahap… jika semula setiap hari, bisa dibuat dua hari sekali selama seminggu, lalu 3 hari sekali, dan seterusnya, sampai berhenti

26 04 2016
Melly

Obat palsu

17 04 2016
sadut

Herbal abal2 ! Bikin jerwatan samyuan kanpil waspadai.. !

28 03 2016
Revinda Eka

Dok apakah orang penderita penyakit asma sulit mengemukan badan?

Pada tanggal 11/03/16, Zullies Ikawatis Weblog

15 02 2016
venhy

maaf bu mau nanya,sya ksn pernah operasi usus buntu akut tahun 2012,trus stelah operasi berat badan sya turun,dari 48 turun 40kg apa lgi TB sya 160 mnurut sya itu krus skali,sampai saat ini susah skali sya menaikan berat badan,pernah konsumsi kianpi pil tdk ada efek.x berat badan sya tdak naik(tahun 2013),tahun lalu(2015) sya mengkonsumsi sanyum wan hanya beberapa hari nafsu makan sya memang bertambah tapi bberapa hari kmudian sya langsung drop dan harus di rawat di RS,karna muntah” dan sakit kepala(kpala sya terasa berat dan tdak bisa buka mata sya) ..
skrang berencana mau naikan berat badan lgi tapi sya masih was was harus bgamna,mw minum lgi obat cina tapi takut,mau tanya gimana solusinya dok untuk menambahkan berat badan sya? apa lgi sya kurang skali nafsu makannya.. makasi dok itu saja (dede 22tahun)

jawab:
Dear Dede, coba dikonsulkan ke dokter aja untuk mendapatkan obat utk meningkatkan nafsu makan yang aman.. Sebaiknya jangan pakai obat cina yang tdk tau persis apa isinya. Ada obat-obat antihistamin yang bisa dipakai untuk meningkatkan nafsu makan, seperti siproheptadin. Efeknya mungkin bervariasi antar orang, tapi bisa dicoba. Paling tidak kita tahu isinya, jika ada efek yang kurang diinginkan bisa dihentikan.

12 02 2016
beritaresmi.com

mantap infonya makasih

22 12 2015
dani

siang bu saya sudah 2 minggu mengkonsumsi kianpi pil 2x sehari memang menambah bb dan wajah agak membulat namun blakangan ini tubuh bagian bahu dada leher dan lengan atas muncul seperti jerawat kecil2 dan banyak apakah ini efek obat kianpi pil dan skarang saya perlahan menghentikan pemakaian 1x sehari dan boleh kah di iringi menggunakan obat alergi cietirizene pada malam hari untuk gejala seperti jerawat yg saya alami

Jawab:
saya kira itu memang efek dari Kianpi Pilnya.. jika memang gejalanya adalah alergi mungkin bisa membaik dengan cetirizin, tapi jika tdk mungkin tidak ada gunanya. Mungkin nanti jika kianpi-nya sudah tereliminasi dari tubuh lama-lama akan hilang sendiri jerawatnya

19 12 2015
rizwan

terus dok biar gemuk tanpa efek samping harus gimana ?

14 12 2015
alfian

ass.bu sy mau tanya soalnya sy minum obat cina yaitu yanpi dalam 1 minggu berat badan sy bertamhah dan gemuk apakah tdk berbahaya bagi kesehatan sy terima kasih

Jawab:
Saya tidak tahu persis isinya yanpi, jadi saya tidak bisa mengatakan bahaya atau tdk. Tapi jika ada tanda-tanda seperti yang saya sampaikan dalam artikel saya, perlu diwaspadai adanya steroid. jadi perlu hati-hati.

4 12 2015
anonim

assalamualaikum dok, saya sudah mengonsumsi obat penggemuk cina merk sanyum wan. efek bb nambah tapi wajah agak moonface. apakah saya harus berhenti perlahan lahan dengan mengurangi dosis minumnya atau langsung stop berhenti mengkonsumsi obat tersebut dok? saya dengar soalnya
obat tsb mengandung steroid
Terima kasih dok

Jawab:
sebaiknya dihentikan pelan-pelan, dengan mengurangi dosisnya

1 12 2015
Cynthia Ningsih

Assalamuallaikum bu, salam kenal sebelumnya saya cynthia umur 19 . saya mau menanyakan bagaimana cara menghilangkan garis merah yang ada di paha , sebelumnya saya sudah komsumsi kianpi pil krg lbih 3 bulan. tapi setelah tau ada garis merah dan timbul bintk merah diwajah saya mulai sedikit demi sedikit menghentikannya efeknya badan saya terasa sakit saat seminngu tidak meminumnya lagi . Awalnya saya hanya mencoba dan diberi tahu teman.
Bagaimana cara menghilangkan garis merah dan bintik seperti jerawat diwajah bu ? sebelmnya saya tidak pernah jerawatan . apa akan ada efek yg lain atau adaefek bahaya bagi setiap oarang yg konsumsinya ?

Jawab:
Efek samping itu nanti akan menghilang sendiri jika sudah tdk mengkonsumsi lagi. Tapi mungkin butuh waktu untuk memulihkannya.
Terimakasih sebelumnya🙂

24 09 2015
masali5785

Nama saya Ali dari malaysia…Saya telah menggunakan kianpi pil selama 8 bulan…setiap hari saya minum 3 pil…
Dan sejak 4 bulan lalu yg saya sudah berhentikan minum pil itu…
Tapi sejak berhenti minum kianpi pil…badan saya mengalami kelainan..dari fisik maupun dalaman….dan mengalami stress berat…rasa kwatir..cemas..dan lain lain…dan sampai sekarang tubuh saya terasa tak nyaman…
Apakah ini pengaruh dari pil itu ya dok….walaupun sudah 4 bulan berhenti…?

Jawab:
Ya, bisa jadi gejala yang dialami adalah adrenal insufisiensi di mana kelenjar adrenal belum normal lagi menghasilkan hormon steroid akibat penekanan berbulan-bulan. Sebaiknya diperiksakan saja ke dokter untuk mendapatkan terapi yang memadai.

20 08 2015
Dian

Wahh ..gra” obatan kyk gt jd saya kna tumor kista ..kapok deh ..

2 08 2015
ade mahardika

permisi buu mau tanya . .
saya sempat menkonsumsi obat herbal penggemuk badan “samyun wan” . .
setiap hari saya minum dengan dosis 1 x sehari 2 kapsul menjelang tidur malam. .
memang ada perubahan,terutama di wajah dan perut,tp setelah membaca artikel ibu,tentang obat herbal yg dicampur BKO saya jadi ragu-ragu,apakah msh hrs dilanjutkan atau berhenti saja,bisa minta tolong penjelasan nya untuk saya . . trima ksh

12 05 2015
Aris

Wah iri rasanya melihat teman2 yang kurus ingin gemuk, saya tanpa kianpi pil pun pipi sudah montok dan perut buncit ha ha. Saya sempat beli pil ini online untuk gift ke kawan saya, tapi melihat posting Ibu rasanya lebih baik saya buang saja deh kianpi ini. Lebih banyak mudharat daripada manfaatnya. Terima kasih untuk sharingnya. Salam.

7 05 2015
Ahmad Yani

buk mau tanya apakah obat gemuk badan binasyifa itu efek sampingnya sama dengan obat sejenis kianpi pill

Wah saya tidak tahu karena tidak punya informasi tentang kandungan binasyifa…

6 05 2015
Eka

Malam bu,
Saya sudah mengkonsumsi makanan dengan banyak, tetapi saya tidak gemuk” juga, umur saya 16 tahun tapi Bb saya hanya 38 kg. Mengapa bisa begitu ya bu?, apa karna penyakit asma sya yang menjadi penyebab??

15 04 2015
MudPearl

Haha…
Sy gak pake obat udah gampang gemuuk…
Pingiinnya perut rata…

Andhikaokoj.wordpress.com

28 02 2015
Cream Pemutih Racikan Farmasi | Tips Perawatan Badan

[…] Waspadai obat penggemuk badan: mau gemuk malah … – Waspadai obat penggemuk badan: mau gemuk malah … – Obat golongan steroid yang digunakan dalam waktu lama akan menyebabkan gangguan yang disebut Cushing …… […]

27 02 2015
Efek Samping Memakai Bedak Boneka - Cari Kosmetik Murah

[…] Waspadai obat penggemuk badan: mau gemuk malah … – Dear kawan, Semua orang tentu ingin punya bentuk tubuh yang ideal. Di samping lebih sehat, tentu akan lebih percaya diri. Yang merasa terlalu gemuk kepengin kurus …… […]

15 02 2015
Efek Samping Penggunaan Catok Rambut - Cari Kosmetik Murah

[…] Waspadai obat penggemuk badan: mau gemuk malah … – Obat golongan steroid yang digunakan dalam waktu lama akan menyebabkan gangguan yang disebut Cushing syndrome, yaitu efek-efek yang terjadi akibat akumulasi …… […]

11 02 2015
Obat Jerawat Di Belakang Badan | Tips Perawatan Badan

[…] Waspadai obat penggemuk badan: mau gemuk malah … – Dear kawan, Semua orang tentu ingin punya bentuk tubuh yang ideal. Di samping lebih sehat, tentu akan lebih percaya diri. Yang merasa terlalu gemuk kepengin kurus …… […]

5 02 2015
Cara Memakai Baju Badan Gemuk - Tips Fashion Terkini

[…] Waspadai obat penggemuk badan: mau gemuk malah remuk … – Dear kawan, Semua orang tentu ingin punya bentuk tubuh yang ideal. Di samping lebih sehat, tentu akan lebih percaya diri. Yang merasa terlalu gemuk kepengin kurus …… […]

3 02 2015
Tips Baju Badan Gemuk - Tips Fashion Terkini

[…] Waspadai obat penggemuk badan: mau gemuk malah … – Dear kawan, Semua orang tentu ingin punya bentuk tubuh yang ideal. Di samping lebih sehat, tentu akan lebih percaya diri. Yang merasa terlalu gemuk kepengin kurus …… […]

1 02 2015
Sendal Yang Cocok Untuk Wanita Gemuk | Sendal Wanita

[…] Waspadai obat penggemuk badan: mau gemuk malah remuk … – Dear kawan, Semua orang tentu ingin punya bentuk tubuh yang ideal. Di samping lebih sehat, tentu akan lebih percaya diri. Yang merasa terlalu gemuk kepengin kurus …… […]

28 01 2015
akhmad rozak

Slmt pagi..
sya mau share sama teman2 sekalian mau pendapat dari bu zuly..

Sy jg mengalami kurang BB, tinggi sy 160cm BB 45kg umur 24th. Sya dari 6bln lalu konsumsi vitamin B complex dri prusahaan vitamin yg trdftar resmi di bpom stiap abis makan 2x shari. Dtambah mnum susu pnmbah brat badan universal.. tu mmg nafsu mkn sy brtmbh dan bdan mulai ada pnmbahn tp lambat dibulan ke3 nmbah 2kg.. dbulan ke3 aq gnti susuny pake full cream krn susu sblmny mahal.. hingga skrg nmbah lg tp 1kg,skrg BB q 48kg..

mnurut bu zuly itu yg sy alami bagus apa jelek ya bu? Trs konsumsi vitamin diatas baik apa ngga? Tp mmg ga trjadi moonface.. mohon masukanya bu.. klo mmg tdk baik biar sy stop.. trmkasih.

jawab:
Menurut saya yang kamu lakukan sudah tepat, yakni dengan penambahan vitamin dan susu. Tentu ngga terjadi moon face karena memang tdk mengkonsumsi obat yg bisa menyebabkan moon face. Teruskan saja, dan tambahin porsi makannya..🙂

18 01 2015
anton

sya mau tnya bu !obat ato vitamin apa yang bikin gemuk tapi sehat>>>>??????

13 01 2015
andrew

maaf prof, saya msih berumur 16 tetapi saya sangatlah kurus dan ingin memiliki tubuh ideal, apakah obat ini tdk berbahaya dan bagus? apakah tdk akan menimbulkan kelebihan berat badan maupun tinggi? omong” apakah umur saya diperbolehkan untuk mengkonsumsi obat ini?

Jawab:
saya tidak merekomendasikan obat ini, Mas Andrew.. lebih baik makan yang banyak

11 01 2015
deni astuti

maaf mau tanyya kalo mengkonsumsi pil kianpi selama 2 tahun apakah dapat mengalami kemandula????????

jawab:
saya tidak pernah mendapat info seperti itu..

6 01 2015
esti pratiwi

bu mau tanya kalau obat sam yun wan itu bagaimana buk

jawab:
maaf saya tidak bisa menjawab dengan pasti, Mbak.. karena tidak tau persis isinya apa..
Selama benar hanya berisi herbal saja, tidak ada steroid, relatif aman.. masalahnya kita tidak bisa melihat hanya dari fisiknya saja..

2 01 2015
mika

Malem.. saya konsumsi pil kianpi 1 stgh bln pd bln juni. Smenjak konsumsi pil itu bdan sya penuh dgn bntik* mrah seperti jrwat tpi tdk trasa skit sprti jrwat di wjah. Tmbuh d pnggung, bahu, leher, dan lenga atas . Dn smpai skrbg msi berbekas. Dn kdang msi ad bintik bru yg mncul. Apkh ini efek smping dr kianpi pil?

Jawab:
Bisa jadi. Jika ketika minum obat efeknya muncul dan hilang ketika obat dihentikan, maka boleh jadi itu adalah efek samping obatnya. Tapi jika sudah lama berhenti masih muncul gejala yang dicurigai efek samping, maka mungkin itu bukan efek samping, tetapi suatu penyakit lain yang kebtulan muncul hampir berbarengan dengan minum obatnya.

2 01 2015
Febri Yanti

Selamat pagi Prof,
Saya Febri, mengenai Kianpi Pil, kebetulan saya sempat konsumsi pil tersebut selama hampir 1,5 bulan. Efeknya moonface, perut agak buncit, tulang-tulang kaki rasa mudah linu jadi tidak kuat berjalan lama. Pantas saja alergi saya jadi hilang semenjak menkonsumsi pil tersebut, ternyata memang mengandung “sesuatu”. Bisa cek di : http://www.fda.gov/Drugs/DrugSafety/ucm421211.htm

yang saya ingin tanyakan adalah bagaimana pendapat prof mengenai hal tersebut? Dengan pertimbangan bahwa sisi positifnya adalah alergi saya terhenti (bukan hilang) selama menkonsumsi kianpi. Setelah 2 hari berhenti konsumsi kianpi, urtikaria saya kembali menapakkan kuasanya. Karena alergi kulit saya termasuk tinggi dan sangat mengganggu, yang pencetusnya bukan cuma makanan tapi juga udara bahkan keringat sendiri.
Apakah prof ada saran obat anti alergi yang aman untuk konsumsi jangka panjang? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

Jawab:
Dear Mbak Febri,
terimakasih atas pertanyaannya.. dari fenomena yang mbak Febri alami, berarti saya tidak salah ya.. menduga bahwa Pil Kianpi memang mengandung steroid.Di sisi lain, steroid memang bisa membantu mengatasi alergi Mbak Febri, tetapi risiko efek sampingnya juga cukup besar jika digunakan terlalu lama. Apakah mbak febri sudah mencoba konsultasikan ke dokter kulit? obat golongan kortikosteroid ada beberapa jenis yang memiliki kekuatan berbeda dalam meberikan efek terapi dan efek samping. Bagaimanapun memang kortikosteroid masih obat pilihan utk alergi yang berat. Tapi mungkin bisa dipilih yg paling ringan dulu. Misalnya, dexametason termasuk yg paling kuat menimbulkan efek samping moon face. Bisa juga diatur dari cara penggunaannya, Mbak.. bisa dinaikkan dan diturunkan sesuai kebutuhan. Menurut saya, mungkin tetap bisa pakai golongan steroid, tetapi hrs dalam pengawasan dokter. Jangan gunakan steroid dalam bentuk Kinapi Pil karena kita tidak pernah tau persis berapa kadarnya di sana, sehingga sulit untuk mengaturnya.

30 12 2014
dewi

Hello bu zullies☺maaf saya muncul lagi.. saya sudah trlanjur mnum kianpi minggu lalu bu smpai 1minggu..tapi kurang lebih 5hari ini ndak mengkonsumsi lagi..mnurut bu zullies masih ada efek berbahayanya ndak untuk saya n anak saya yank msih menyusu pada sya😔

Jawab:
Halo mbak Dewi, tidak usah kuatir.. jika sudah berhenti, mudah-mudahan tidak ada efek lagi, dan zat-zatnya dalam jamu/obat tersebut lama-lama akan tereliminasi dari tubuh..

23 12 2014
nova rizki

Mlm bu Zulies kemaren sya smpet konsum kianpi pil soalnya tmn sya smpt konsum kianpi dn BB nya nambah, badannya jd bagus. Sya jg pngn nambah BB makan udh banyak bgt tp BB g prnah nambah, ttp kurus aja trs ak cba beli kianpi baru d minum 1x mlm tadi tp stelah sya baca postingan in sya jd takut. Kira2 obat /jamu yg aman bwt nggemukn badan apa ya bu ? Selain obat apa jamu, tips triknya biar bsa gndut dong bu, makasih🙂

Jawab:
Dear Nova, orang memang selalu sawang sinawang…🙂 Yang gendut pengin kurus, yang kurus pengen gemuk. Saya termasuk yang lagi berusaha keras untuk menurunkan berat badan, dan itu tdk gampang. Dan akhirnya saya menubah mindset saya, bahwa yang penting sehat. Asal tidak obese banget, agak montok sedikit ga apa lah… Apalagi bentuk badan juga bersifat herediter atau menurun, jadi tidak usah memaksakan diri, Mungkin bisa disiasati dari model bajunya spy memberikan kesan gemuk.

22 12 2014
dewi

Ass bu zullies…maaf sya mau tanya,sminggu ini sya sdah mngkonsumsi kianpi pil..sya juga dlm k adaan msih mnyusui .yang mau sya tanyakan d sni..produk kianpi pil yang asli n tidak asli itu yang bgaimna y bu?juga berbahaya apa tdak jika sya mngkonsumsinya dkm k adaan msih mnyusui
Iyu sja ..trimakasih n wassalam

Jawab:
Dear Dewi, kayaknya sih tidak mudah untuk membedakan produk Kianpi pil yg asli dan tidak. Saya sih sarankan untuk tidak menggunakannya semasa menyusui. Saya tidak tahu apa isinya dan apakah bisa masuk ke ASI atau tidak, tetapi saya cenderung menyarankan Anda untuk tidak mengkonsumsi dulu jamu/herbal ini.

18 12 2014
billy

Bu stelah aaya berhenti mengkonsumsi kianpi pil. Knapa akir2 ini badan saya terasa gatal smua? Apakah itu efek dr kortikosteroid yg terkandung dlm kianpi?

Jawab:
Mungkin itu justru efek penghentian Kianpi yg mengandung steroid. Steroid sendiri memang bisa berefek sebagai obat anti alergi.

14 12 2014
Rama

maaf bu Zullies, mau nanya nih.
saya cari cari info ternyata Obat Kianpi Pil banyak macam” merek,
Apakah semuanya juga bahaya..?
saya cari” info ada obat Kianpi Pil Ginseng bermerk Kapsuma.
dengan komposisi (katanya) :
Fructus Hordei Germinatus 20%
Fructus Lycii 15%
Rhizoma Dioscoreae 20%
Radix Ginseng 10%
Fructus setariae Germinatus 20%
Fructus Amomi 15%
– katanya tidak menimbulkan efek samping bahaya seperti obat lain.
– Apakah hal tersebut aman…?
(maap) untuk lebih jelasnya, berikut situs terkait
http://forum.detik.com/kapsuma-kianpi-pil-ginseng-obat-penggemuk-badan-bpom-ri-t891734.html

terimakasih, mohon penjelasannya.

Jawab:
Dear Rama, semua produk jamu/obat pasti akan menyatakan dirinya aman, dan jikalau ada tambahan BKO (bahan kimia obat)nya pun tentu tidak pernah tertulis dalam komposisinya. Saya tidak bisa memastikan apakah obat merk yang Anda maksud aman atau tidak. Jika mau pasti tentu harus dianalisiskan apakah mengandung bahan obat (steroid) atau tidak. Tapi jika mau mencoba, silakan saja. Jika ada tanda-tanda muka bulat, maka kemungkinan mengandung steroid, dan sebaiknya pelan-pelan dihentikan.

12 12 2014
deni setiyadi

siang bu,umur sy 20thn TB 176/BB 56.jdi sy tergolng kurus.stelah sy browsing dn cri tau obat2 penggemuk bdan ternyata banyak skali efek2 buruknya.diisini sy ingin minta rekomendasinya bu kira2 apa obat penggemuk bdan yg baik untk sy dn kawan2 smuanya yg ingin gemuk sehat.trimakasih

11 12 2014
dessy okydoky

Slamat sore bu ,,
Saya ingin sekali menambah berat badan dg cara minum KIANPI pil , tapi saya takut sama efek sampingnya ,lebih baik mengkonsumsi apa enggak bu sebelum terlanjur mengkonsumsi obat tersebut !!!!
Minta solusinya Bu , Trimakasih

Jawab:
saya sarankan sih ngga usah, sebaiknya perbanyak makan saja.. dan ubah mind-set.. lebih baik kurus tapi sehat, daripada montok berisi tapi penyakitan..🙂

11 12 2014
dessy

Bu, maaf says mau tanya. Tinggi badan saya 157 dan bb saya cuma 39kg. Saya susah sekali gemuk, pernah sampai 45kg tapi karna sakit jd turun drastis dan skrg susah naik lagi. Apa ibu punya rekomendasi multivitamin penambah berat badan yg aman?,terima kasih

Jawab:
coba minum susu yang diindikasikan untuk menambah berat badan. Tidak ada multivitamin khusus sih, yg penting makan banyak yang bergizi, tinggi kalori.

10 12 2014
wati

Ass.bu mau tanya.saya minum obat kianpi sudah 3 bulan.memang benar gemuk,tapi sekarang sudah di hentikan minum obat itu.karena ada garis2 hitam kemerah2n di paha dan bokong.itu bisa hilang tidak?berapa bulan ya bisa hilang’y?

Jawab:
garis merah hitam di paha dan bokong itu namanya striae dan termasuk efek samping steroid yang mungkin terkandung dalam kianpi pil. Nanti akan hilang sendiri jika sudah tidak minum lagi. Berapa lamanya tidak bisa dipastikan, tergantung sudah seberapa lama minum dan seberapa dalam efek obatnya. Tapi ga papa… ditunggu saja, mungkin dalam hitungan bulan..

4 12 2014
Ayu Ari Ningsih

selamat mlm bu

4 12 2014
Ayu Ari Ningsih

slmt mlm bu…. sy ariningsih umur 19 tahun, sy mau bertanya bu, sy pernah minum obat penggemuk badan namanya obat kianpi pill,, sy minum itu cuman 2 minggu lebih , ya kira2 sy minum udh 30 biji bu… , ya memng sih ada perubahan bu bdan sy gemuk,pipi sy yg awalnya emg tembem jadi tambah membulat trus melebar gt ky kodok bu ;(, sy jadi gg pede gara2 minum itu bu, wajah sy tambah membulat,lengan n paha sy tambh besar,perut sy tmbh buncit bu . semua tmn2 sy awalnya tidak mengenali sy, mgkx jadinya sy malu bu,. tolong dng kasi saran bu apakah badan dan bentuk wajah saya bisa kembali normal atau gimana. ? sy tunggu jwabnnya bu. trims

Jawab:
bisa normal lagi kok, Mbak, kalau sudah dihentikan pemakaiannya dan obatnya tereliminasi dari tubuh… memang butuh waktu, tapi bisa. Tenang aja…

30 11 2014
Dila

hoooo bahayanya

22 11 2014
willy

Saya sudah berhenti dari obat kianpi yg mengandung kortikosteroid selama 2 bulan secara tiba2 (tidak perlahan2) tp kadang badan saya msh lemah letih dan jrawat msh bermunculan. Apakah ini msh rfek dr kianpi? Padahal kan saya sudah berhenti tidak minum sudah 2bln..mohon solusinya.. trimakasi

Jawab:
Bisa jadi merupakan efek penghentian steroid yang tiba-tiba sehingga tubuh belum beradaptasi lagi dengan sempurna. Untuk solusinya disesuaikan dengan kondisi. Jerawatnya bisa diatasi dengan obat jerawat dan rajin membersihkan wajah. Untuk lemah letih tidak ada solusi khusus, makan yang teratur dan sehat, jika perlu tambahkan multivitamin.

18 11 2014
Tips Langsing

Setelah melihat efek sampingnya. Serem juga y. Pada intinya semua obat herbal itu aman di gunakan asalkan tidak mengandung obat sintetis

8 11 2014
April Mail

akibat moonface ,. muka pun penuh jerawat,. apa boleh jerawat ini di obati oleh masker / pengobatan jerawat lain… selama masa penyembuhan bu ? karena wajah’selain bulat ,. wajah pun penuh jerawat,. jadi rasa prcaya diri hilang .😦

jawab:
Boleh aja, Mbak.. kalau hanya digunakan secara topikal (dari luar) silakan dicoba.

6 11 2014
April Mail

ass. maaf bu saya mau tanya lagi bu zulies.. karna saya panik,. kira kira berapa lama efek moonface dan kimia dalam tubuh saya menghilang nantinya,. saya berhenti konsumsi JAMU itu dari awal November ini.. skli lagi Tks. ibu tlah membalas pesan saya kmrin saya mrasa lega..
wlksm.

Jawab:
Saya tidak bisa memastikan, Mbak, karena seperti itu sangat individual efeknya… mungkin butuh hitungan bulan. Seorang kawan saya yang moon face setelah bertemu 1 -2 bulan kemudian sudah kembali normal.

5 11 2014
April Mail

ass bu zuliez,. salam kenal bu ,. saya mau tanya saya berumur 19th saya konsumsi jamu penambah nafsu makan Cap PUTRI SAKTI penggemuk badan selama kurang lebih 1bulan lebih gk sampai 2 bln, trus berat badan saya emang nambah,. tapi epeknya muka jadi bulan (moonface) perut buncit, punggung besar, yg mau saya tanyakan berapa lama bisa kembali normal.. dan bagaimana untuk pola makan saya selama penyembuhan,. saya sudah tidak konsumsi jamu itu lagi .. dan bagaimana untuk jangka panjang apa baik baik saja nantinya kembali normal.. saya butuh jawaban dari ,.ibu tolong saya bu,. Tks.

jawab:
Jika belum terlalu lama menggunakan, akan lebih mudah untuk kembali normal. Pola makan harus diusahakan teratur dengan menu yang bergizi dan banyak protein. Asal tdak mengkonsumsi lagi, Insya Allah tidak ada efek jangka panjangnya.

27 10 2014
gunk wah

pil kianpi cocok buat suplement pria yg suka gym, efek dari kianpi memang bagus untuk orang yg berbadan kurus,dan latihan di gym membuat penebalan otot anda menjadi max, tapi ingat mnum obat ini hanya 1 pil per hari pada saat tdr malam, efeknya akan muncul pagi hari perut terasa lapar, dan nafsu mkan bertambah… dari efek inilah pria harus berolahraga di gym, akat beban yg bner” strong… jika sudah memakai pil ini anda harus stop menggunakan amino atau pil fitnes, yg diperbolehkan hanya minum susu muscle juice yg berprotein tinggi.. seperti muscle juice revolution..
jika menggunakan pil kianpi 2x sehari bisa membuat anda moon face, pipi yg kembung…atur pola mkan, pil ini akan membuat kita akan sangat lapar, max anda boleh makan 6x sehari jika lebih, jika tidak moon face yg akan anda dapatkan….tiap orang akan mendapatkan hasil yg berbedatidak smua orang akan berhasil mendapatkan hasil yg bagus,jika anda mnum ini dan pipi anda tidak besar atau moon face, yg besar hanya perut lengan bahu, paha, maka itu berhasil,jika sampai ke wajah anda itu tidak berhasil berarti anda tidak cocok memakai pil ini, kalau anda msh tetap memakainya kurangi dosis pil yg anda mnum….

25 10 2014
Ve

Assalamualaikum, Bu Zullies..

Kalau untuk yg sedang dalam pengobatan TB Paru, boleh tidak berdiet? Atau apakah dlm obat yg saya konsumsi mengandung zat yg meningkatkan berat badan? Saya minum INH, Rifamtibi, dan Ethambutol. 5 bln terakhir ini berat badan saya terus naik dan saya jadi sangat gemuk (BB 67kg TB 150cm). Mohon balasannya, Bu..

Jawab:
Salah satu efek samping regimen obat TB memang ada yg meningkatkan berat badan. Anda sebaiknya lebih mengontrol pola makan anda.

23 10 2014
heru chaerudin

mengenai obat gemuk…..emang bener efek samping yg timbul.
awal aku minum obat gemuk sejak SMA 2004 yaitu obat cina shim pho than,awal minum obat ini,nafsu makan tdk bisa di kontrol,maunya makan terus,seminggu meminum obat ini awal perubahan pada muka yg temben dan perut yg buncit,di ikuti oleh lengan dan Paha…4 tahun minum shim pho than aq beralih ke kianpi kapsul,krn obat sebelumnya susah sy dapatkan lgi….berat badan sy yg sebelumnya 45 menjadi 65 kg.
perlu di ketahui bahwa saat menghentikan meminum obat ini anda akan mengalami meriang,panas dingin,dan 3 L.Obat Ini saya Hentikan minum sejak Agustus 2014 tahun ini….Dan Badan saya kembali ke asal (kurus)dan nafsu makan hilang.
sejak meminum obat ini selama kurang lebih 10 Tahun Masalah yg saya dapat macam-macam,mulai dari pembengkakan di bawa lidah,leher serta garis merah pada perut dan paha,daging di bawa kulit terlihat memuai.semua itu tak membuat aku berhenti……krn badan saya yg gemuk membuat aku percaya diri,namun penyakit bersarang di tubuhku….

yg membuat aku untuk berhenti meminum obat ini adalah krn Rambut Rontok dan membuat kulit kepala kelihatan…

21 10 2014
Artho

Assalamu’alaikum.Gimana Kalau Sudah Ketergantungan Bertahun Tahun Dan Sekarang Berhenti Tapi Badan dan Tulang2 Lemah Badan Kurus Kering.Kira Kira Gimana Solusinya Untk Menormalkan Lagi Tubuh.Mksiiih.By Artho.

jawab:
tidak ada solusi khusus, makan saja makanan yang sehat dan bergizi, jika perlu ditambah multivitamin yang mengandung kalsium untuk tulangnya.

21 10 2014
nadya

Bagaimana menyembuhkan ny dari efek sampingny yang sudah menahun minum obat pengemuk badan tsb?

jawab:
Asal sudah berhenti menkonsumsi, pelan-pelan nanti efek sampingnya akan menghilang sendiri.

18 10 2014
alfa

assalamualaikum bu sya sring mengk0nsumsi pil lexahist dan kaviplex dn sy srig mgantuk tp nfsu mkan sy brtambh dn bdan jd lmas.apkah kedua obat trsebut aman jika dik0nsumsi dalam jangka panjang

jawab:
Obat Lexahist adalah suatu anti alergi/anti histamin yang berefek memicu nafsu makan dan mengantuk. Jadi kalau anda mengantuk, maka itu adalah efek sampingnya. Caviplex merupakan multivitamin. Untuk vitamin relatif aman jika dikonsumsi, sedangkan Lexahist jika dikonsumsi jangka panjang menyebabkan efek mengantuk tadi.

17 10 2014
ola

saya punya pacar dia minum obat penggemuk merk cina gtu,, memang sihh dia gemuk muka.a bulat trus perut.a buncit,, dia konsumsi obat gemuk itu selama 1 bulan lalu dia berhrnti,,, tapi meskipun dia berhrnti dia tetep gemuk mkan.a kuat muka.a pulan dan perutnya itu tetap buncit apakah tidak berbahaya meskipun sudah berhenti mengkonsumsi obat itu ya buu….
terima kasih…

jawab:
Jika sudah lama berhenti, lama-lama bisa akan kembali normal. Insya Allah tidak berbahaya.

13 10 2014
Harmy

Maaf mba bgni saya baru 1kali minum kianpi pil trus saya tidak meminumnya lg krna takut sebab sy melht postingan bnyk yg menyesal mengonsumsinya. Apakah tidak berbahaya baru 1kali konsumsi tiba2 berhenti? Trimakasih

jawab:
Kalau baru sekali terus berhenti, Insya Allah ngga papa…

13 10 2014
12 10 2014
erick pradana

assaamualaikum bu zulies, mau nanya dong dikit , kalau heptasan itu kan bikin nafsu makan bertambah ya, kira kira aman gak ya kalau di konsumsi ?
terimakasih
eric, surabaya 12 oktober 2014

jawab:
Relatif aman, tetapi jika berlebihan juga tidak baik.

20 09 2014
dona

Slamat siang..
Sy br mengkonsumsi pil kianpi,untuk menambah BB sy,,br 5x mnum pil ini,emng ada perubahan..
Yg mau sy tnya kn apakah pil kianpi aman dkonaumsi??atw saya hrs stop mengkonaumsinya??
Sy tipe org yg bnyak mkn tp susah gemuk..
Mohon infonya yah..trimakasih sebelum nya..

Jawab:
Jika pil Kianpi-nya asli, tanpa tambahan steroid, kemungkinan masih aman. Tapi beberapa laporan menyampaikan bhw ada yg dicampur dengan steroid, dan ini yang berbahaya.

14 09 2014
rusli

Asslkm buu🙂 kbtulan nih keluhan sy, BB sy tdk prnah naik pdhal pola mkn sy tratur dan sy mncri info tntg cra menggemukan bdan. Dan slah stunya mnum susu fullcream, kmudian sy coba tiap hbis mkn. Tpi hsilnya kok tdk ada. Kirakira apa pnyebabnya ? Trimaksih🙂

Jawab:
Tukeran aja yuk… hehe… saya malah pingin kurus ga bisa-bisa…
Yah, kadang masalah berat badan juga terkait dengan faktor genetik… ada yang turunan gemuk, ada yg turunan kurus.. Metabolisme tubuh orang yang satu dengan yg lain berveda-beda. Sekarang yang penting sehat saja lah..
.

9 09 2014
dewi

hi bu …
saya minum obat penggemuk merk “mahkota dewa”.memang berefek banget BB saya naik 8kg tapi saya mengalami moon face dan perut buncit saya pengen hentikan minum tapi takut kurus lagi dan selalu jadi bulan2an teman2 di kantor karena badan saya terlalu kurus.setelah badan saya berisi teman2 saya malah memuji badan saya. yang saya ga suka itu moon face nya terlihat bulat bgt muka sya dan buncit. menurut ibu apa yg harus saya lakukan? dan bagaimana biar wajah saya tidak kelihatan bulat? mohon sarannya bu

terima kasih
regards,
dewi

Jawab:
Ya itulah efek samping steroid, Mbak Dewi… Saya sebenarnya kuatir jika efeknya tidak hanya buncit dan moon face saja, tapi nantinya mempengaruhi organ lain seperti osteoporosis, hipertensi, dll. Mungkin ada baiknya anda turunkan dosisnya pelan-pelan…

29 08 2014
reva sri wahyuni

Assalammualaikm bu zulies.. saya masih berumur 18 tahun. berat badan saya 47kg dan tidak pernah naik2 kiloannya. sebagai wanita saya ingin sekali memilki tubuh yang ideal, untuk itu saya mencari tau segala jenis obat penggemuk yang ada. namun setelah saya menjelajah. hasilnya sangat mengecewakan.😦
memang kita di janjikan gemuk, tapi gemuk yang di maksud bukanlah gemuk yang sehat. melainkan gemuk air. banyak sekali obat2an yang di jual secara terbuka saat ini. namun efek dan dampak buruknya sangat berbahaya bagi kehidupan kita. meminum obat2an itu, sama saja seperti kita meminum racun. banyak yang sudah menjadi korban. dan saya? saya tidak jadi untuk meminum obat2an ini, yang harus saya lakukan sekarang adalah, menjaga dan memaksimalkan nafsu makan saya. karna sehat yang telah di berikan sang pencipta lebih berharga dari apapun. syukuri saja apa yang telah di berikan. karna sudah pasti itu yang terbaik dan ada hikmahnya.

soo, buat yang pengen gemuk coba saja makan2an yang begizi🙂
terima kasih, dan salam kenal🙂

15 08 2014
dindaelita

Reblogged this on dinda’s blog.

12 08 2014
Vie Marthapriatna

asalam..
umur saya masih 22 thn bu, tinggi badan 169cm tp berat badan saya dari dlu 40 kg pernah naik 2-4 kg tp kmbali lagi ke 40kg, saya engga sulit makan, normalnya saya teratur makan 3 kali sehari,, tapi kenapa berat badan saya ga nambah-nambah yah bu? mau coba minum suplement tpi masih takut efeknya, kalo susu penambah berat badan seperti Appet*n we*ght dan susu herbal lainnya ada efek buruknya ga bu?
lebih baik mana susu sama suplement?
trimakasih

Jawab:
Dear martha, susu itu pun termasuk suplemen makanan. Saya tidak tahu dengan suplemen yang kamu maksud dalam pertanyaan kamu. Tidak ada salahnya dicoba susu penambah berat badan.

4 08 2014
nia

asalamualaikum bu,mau tanya,jika mengonsumsi obat samyunwan BB naik,
dan jika berhenti apa badan akan kurus seperti sebelumnya?

Jawab:
kemungkinan besar iya, Mbak.. karena nafsu makan kembali berkurang. Kecuali kallau terus makan yg banyak🙂

24 07 2014
habibah

Selamat siang. Saya mau tanya. Bnyk komentar,Tubuh saya ini terlalu. Ada yg bilang mungkin cacingan,tp saya rutin minum combantrin 6 bln 1x.tetap tidak ada perubahan.
ada yg bilang mungkin usus besar, nah saya pernah cari obat penggemuk badan herbal di internet. Tetapi ada obat pembersih ususnya juga. Jika saya hanya membeli obat pembersih usus lalu minum obat penggemuk dg merk S**y**w**. Apakah aman?. . . .

Jawab:
mohon maaf, saya tidak terlalu paham dengan komposisi obat penggemuk merk yg anda sebutkan, jadi tidak bisa memastikan keamanannya.

19 07 2014
Mansur Ali

assalamualaikum … orang bilang setelah makan terus langsung tidur itu bisa menggemukkan badan .. benarkah menurut kesehatan ? kemudian kalo makan waktu tengah malam itu juga bisa membuat badan gemuk … apakah benar ..
terima kasih

Jawab:
makan itu menambah asupan kalori, apalagi jika banyak karbohidrat dan lemak. Jika kalori tidak digunakan, dia bisa menumpuk, lama-lama bisa bikin gemuk. Jika habis makan langsung tidur, kalori tdk digunakan. demikian juga makan di waktu malam, jika terus tidur ya bisa gemuk karena kalori menumpuk. Masalahnya bukan malamnya, tetapi tdk digunakannya kalori sebagai energi. Kalau makan di tengah malam tapi terus olah raga utk membakar kalori ya ngga akan gemuk🙂

13 07 2014
bryan JT

Selamat pagi ibu,
Aku mau nanya,, setahun lalu aku sempaat konsumsi kianpi pill truss berat nambah 10kg (efeknya hanya moonface dan berat badan bertambah).. Trus 3 bulan lalu aku konsumsi lagi, tp seeteelah 1 bulan aku konsumsi tiba” aku dapat sakit ttipus,, setelah itu badan saya mudah merah dan kena radang tenggorokan (tapi tdk sakit saat menelan makanan) sampai sekarang.. Juga bagian belakang kepala bengkak di sebelah kanan.. Apakah sakit yang saya alami berhubungan dengan kianpi pill yang saya konsumsi ?

jawab:
Saya tidak bisa memastikan apakah itu karena efek kianpi pil yg anda konsumsi. Tapi jika melihat efek moonface-nya, kemungkinan pil kianpi anda mengandung obat kortikosteroid. Jika iya, gejala yg anda alami bisa jadi ada hubungannya. Saran saya, hentikan pelan-pelan dan lihat kembali gejala yg anda alami. Jika gejala menghilang setelah obat dihentikan, maka mungkin ada hubungannya.

7 07 2014
janeeta

Assalamualaikum buu..
Mau tanya,saya sudah mengkonsumsi obat S*****W*n kurang lebih 3 bln..BB saya naik 7kg..awalnya saya ga terlalu memikirkan BB saya,tp stelah banyak org kmentar ttg badan saya yg terlalu kurus bahkan ayah mertua saya kadang mulut.a pedas kl komentar ttg tbuh saya yg kurus,walaupun bercanda tapi sakitnya lama..hhe..
Saya mulai merasa terkena mag,mungkin karena sudah bberpa hari saya stop minum obt itu,stelah saya konsultasi dgn penjual obt itu via bbm,dia blg kurangi.a dikit demi sedikit..
Yg mau saya tanyakan..kira” gimana cara mengurangi.a? Apakah sehari mnum 1,lalu dlanjut 2 hari sekali dst..kbetulan saya masi ada stock 1 botol..

Jwb:
Iya, Mbak… turunkan pelan-pelan pemakaiannya… sehari minum satu, lalu dua hari sekali, dst…

23 06 2014
nabilla balqies

Assalamualaikum ibu..
Hampir setahun yang lalu saya pernah mengkonsumsi obat penggemuk badan samyun**n (kurang lebih hampir 2 tahun), memang badan saya naik drastis sampai dgn 10 kg hnya dlm wktu yg cukup singkat, ketika berhenti mengkonsumsi obat tsb nafsu makan saya hilang, daya tahan tubuh saya melemah, mual, punggung saya terasa berat, berat badan saya berkurang drastis bahkan lebih ringan dari sebelum saya mengkonsumsi obt tsb. Saya berhenti karena ada yg memberitahu obt tsb akan menimbulkan efek yg tidak bagus untuk tubuh. Yg ingin saya tanyakan, bagaimana cara menghilangkan efek buruk dari kortikosteroid tsb? Dan bagaimana cara menanganinya apabila masih ada sisa kandungan obat (steroid) yg ada di dalam tubuh penderita? Trimakasih bu

Jawab:
Jika sudah berhenti memakai, sisa kandungan obat steroid lama-lama akan tereliminasi dari tubuh, sehingga tidak lagi berefek buruk. Yg anda alami justru adalah akibat penghentian steroid secara tiba-tiba. Jika terasa sangat mengganggu, sebaiknya konsultasikan kepada dokter. Upayakan makanan2 yg sehat untuk memperbaiki daya tahan tubuh.

17 06 2014
wandi abbas

asssalamu alaikum wr. wb

apakah jamu tradisional untuk gemuk (sudah terdaftar BPOM RI) itu baik dikonsumsi untuk menambah berat badan? sebab klu sy minum jamu itu menambah porsi makan sy tapi ngantuk melulu. apakah itu wajar-wajar saja? ataukah ada saran yg bisa dibagi agar mempermudah gemuk? terimakasih

Jawab:
Jika sudah terdaftar di BPOM, mestinya cukup aman dikonsumsi. Jika makan dan kemudian mengantuk itu hal yang masih wajar. Menurut saya menjadi gemuk itu lebh mudah daripada menjadi kurus… :)… Makan aja yg banyak mengandung lemak dan protein tinggi..

17 06 2014
yanah

selamat siang bu,
saya ingin bertanya perihal penyakit kakak saya kira-kira sudah hampir 1 minggu tidak kunjung sembuh padahal sudah pergi berobat kebeberapa dokter & beli obat warung juga,tetapi sampai saat ini masih belum ada tanda-tanda kondisi kakak saya menjadi lebih baik, adapun sakit yang diderita oleh kakak saya adalah batuk,sesak nafas,tidak nafsu makan,tidak enak tidur,jantung berdebar-debar,meriang hampir setiap sore hari, pernah waktu itu saya beli obat kianpi pil di apotik,tetapi karena sebelumnya sudah lihat diinternet dimana ada yang mengatakan kalau efek sampingnya lumayan banyak,jadi kakak saya pun tidak jadi mengonsumsinya,mohon sarannya kira-kira obat apa yang baik dikonsumsi untuk menyembuhkan sakit kakak saya tsb. karena sekarang mungkin agak sulit mencari obat yang benar-benar herbal 100%.
thanks,

jawab:
dear Yanah, saya tidak bisa menduga apa penyakit kakak Anda, jadi tidak bisa memberikan saran apa-apa. Sebaiknya diperiksakan ke dokter (mungkin coba dokter lain), dan ditanyakan tentang penyakit apa yg diderita kakak Anda dengan gejala2 spt di atas. Saya bukan dokter dan tidak punya kemampuan mendiagnosa penyakit.

12 06 2014
Shara

assalamualaikum bu.
salam kenal,
waktu itu saya pernah mencoba kapsul kianpi tapi kok stiap saya meminumnya gemuk jg tidak malah badan sy berasa sangat lemas lalu mengantuk yg brlebihan hingga sy cuma bisa tidur sharian sprti meminum obat tidur.
yg saya mau tanyakan :
~apakah normal efeksampingnya sprti itu ?
~dan apakah sy hrs melanjutkan atau brhenti ?

Jawab:
dear Shara, adanya efek samping yang sampai mengganggu tentu menjadi semacam warning bahwa tubuhmu tidak bisa menerima dengan baik obat ini. Saya tidak tau persis kapsul Kianpi yang kamu minum itu isinya apa, karena terus terang kadang ada produk2 yang mungkin palsu dan berisi campuran obat sintetik. Kalau saya sarankan berhenti saja. Untuk menjadi gemuk makanlah yang banyak.

10 06 2014
Rizkhina

Assalamu’alaikum Bu, saya sangat tertarik dengan postingan di blog ini karena sifatnya mencerdaskan dan memberi pencerahan.

Bu Zullies, saya adalah seorang perempuan berusia 23, 5 tahun yang sekarang BBnya 77-an kg dan sudah hampir setahun ini lulus dari kuliah.

Saya menggemuk setelah hampir setiap hari saya berbulan-bulan mengkonsumsi obat asma dari mantri (yang saya ketahui itu dexamethashone/carbidu dan salbutamol). Sebelumnya saya hanya minum obat oral tersebut setiap 2-3 minggu sekali saat asma benar-benar kambuh.

Saya juga minum obat antidepresan seperti trihexiphenedil, stelazine, CPZ, risperidone, dan depakote karena saya didiagnosis psikiater mengalami bipolar. Tetapi, pengobatan sudah dihentikan karena saya sudah membaik.

Saya punya kembaran (perempuan juga) dia lebih dahulu didiagnosis skizofrenia, dia juga menggemuk seperti saya. Bahkan, sempat sampai angka 88 kg. Tapi, setelah berhenti minum obat, ia berhasil turun 20 kg.

Sedangkan, saya masih menggemuk meski sudah berhenti minum obat antidepresan. Yang saya bingungkan bagaimana agar bisa turun berat badan dengan efektif dan aman karena riwayat dari kecil sampai awal kuliah saya tidak pernah segemuk ini.

Apakah itu dikarenakan karena saya mengkonsumsi obat-obatan anti anflamasi? jika iya, bagaimana saya mengatasinya? karena saya termasuk penderita kronis asma yang cukup parah ( 2-4x kambuhnya dalam sehari).

Hari-hari saya lebih banyak dihabiskan beristirahat di dalam kamar atau rumah. Saya merasa kualitas hidup saya menurun karena saya tidak mampu melakukan aktivitas normal pada umumnya. Bahkan, untuk sholat pun saya kesulitan, saya merasa dada terasa sesak dan nafas saya terengah-engah sehingga saya harus duduk ketika akan sholat.

Kepercayaan diri saya turun karena badan yang menggemuk. Jika saya berkaca di depan cermin, tubuh saya persis seperti gambar di atas. Saya sedih. Saya tidak PD melamar pekerjaan karena kondisi saya obesitas dan selalu gagal dalam tes kesehatan.

Mohon saran dan pencerahannya, Bu Zullies. Mohon maaf jika komentar saya cukup panjang.

Jawab:
Dear Rizkhina,
jgn terlalu memasalahkan berat badanmu dulu… tetapi menurut saya sebaiknya kita fokus pada asmanya dulu. Banyak wanita berbadan besar yang tetap tampil menarik. Penggunaan dexametason berbulan-bulan memang dpt memberikan efek menggemukkan, muka jadi bulat, dll. Saya sarankan kamu menggunakan terapi inhalasi untuk mengontrol asmanya. Terapi inhalasi bersifat lokal ke saluran nafas, sehingga efek sampingnya relatif lebih kecil. Dengan demikian kualitas hidupmu bisa lebih baik. Cobalah periksakan ke dokter (maaf, jangan cuma mantri.. karena nanti tdk bisa meresepkan obat inhaler). Kalau obat kortikostroidnya sudah dihentikan, Insya Allah bisa mulai berkurang gemuknya…

9 06 2014
D Ginanjar

ass.salam kenal saya punya kakak,sudah hampir 8 tahun mengkonsumsi kianpi,kakak maunya berhenti tetapi 2 hari mencoba tidak minum kianpi badan terasa sakit,tulang sendi mau copat kepala sakit flu dsb.bagaimana solusinya bu.tolong minta penjelasan terimakasih.

Jawab:
dengan sebegitu lamanya sudah menggunakan kianpi, sebaiknya tdk dihentikan tiba-tiba, tetapi secara bertahap. Misalnya dibuat selang sehari dulu, lalu selang dua hari, dan seterusnya.

11 04 2014
iik m

ass… ibu.
maaf ibu. lalu obat apa atau cara apa yg aman untuk menambah berat badan?
terimakasih!

Jwab:
Banyak makan dg kandungan protein dan lemak yang tinggi

11 04 2014
teta

maaf mau tanya apakah obat samyun wan berbahaya atau mengndung bahan berbahaya?? terima kasih..

Jawab:
Dalam promo-nya sih dikatakan herbal alami 100%, tapi saya tidak bisa memastikan. Jika digunakan beberapa lama terjadi efek wajah bulat (moon face), kemungkinan mengandung steroid yg memang sering ditambahkan ada obat2 penggemuk badan.

10 04 2014
Skub [skhoo:b]

Betul, Bu. Sekarang banyak obat yang suka klaim ini-itu, ujung2nya sama sama saja: njebluk!😀

24 03 2014
vaqih

Ass mba.
topiknya pas banget,saya pengen banget gemuk,paling tidak nambah berat badan menjadi ideal karna tinggi saya 180 dg berat badan 58
kira’kira punya refrens ga obat apa yang aman buat gemukin badan
terima kasih

10 03 2014
Abd asis

Maaf bu mau tanya, apa anda tau tentang obat penggemuk KIAN PILLS KAPSUL? apakah obat ini ada efek sampingya jika dikonsumsi?ini terbuat dari gingseng kata org yang jualnya.

Jawab:
Ya, pernah dengar. Beberapa laporan menyebutkan bhw Kianpi Pil ini berisi steroid, jadi ada efek-efek samping yang cukup berbahaya jika digunakan dalam jangka panjang. Saya blm pernah mengecek sendiri apakah benar mengandung steroid, tetapi bisa jadi ada yang dipalsukan. Perlu berhati-hati.

27 10 2013
dian farida

Assalammualaikm bu zulies,salam kenal saya dulu mahasiswa ibu di s1farmasi Uii dan apoteker ugm. Topikny pas banget nih,tentang penggemuk badan.hmm,bukan rahasia umum,beberapa DSA meresepkan racikan enzim Q10+heptasan.walaupun konsentrasiny kecil untuk heptasan tapi pasti juga ada efek sampingny.Apakah sudah ada evidence based nya untuk penggunaan tersebut bagi anak2 khususnya balita?kemarin lalu anak saya pernah diresepkan obat tsb.Terimakasih infonya bu..

Jawab:
Itu merupakan salah satu bentuk penggunaan obat off-label, Mbak..yakni penggunaan obat dengan indikasi di luar indikasi yang sudah disetujui. Jika dalam dosis kecil mungkin efek sampingnya masih dapat ditoleransi, tapi lebih baik yang alami saja. Memang evidence-nya sudah ada bahwa dia dapat meningkatkan nafsu makan, tapi sejauh ini belum dijadikan indikasi resmi obat ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: