Penyalahgunaan Trihex : Tindakan kreatif atau bodoh?

14 10 2013

Dear kawan,

Jidatku agak berkerut sedikit ketika asisten rumahtanggaku bertanya,” Ibu, Trihex itu obat apa sih?” Rupanya di TV sedang ditayangkan berita tentang penyalah-gunaan Trihex yang mulai marak belakangan. Aku jadi agak heran, setahuku Trihex atau nama lengkapnya Triheksifenidil (trihexyphenidyl) atau sering disingkat lagi dengan nama THP, adalah obat untuk mengatasi gejala Parkinson, dan juga digunakan untuk mengurangi efek samping obat antipsikotik pada pasien gangguan jiwa/skizoprenia. Wah, kok kreatif banget to…. sampai-sampai obat untuk or-gil juga disalahgunakan…

Untuk lebih paham obat ini, ayo kita kenali tentang obat ini dan penggunaannya yang benar.. Kita bahas dulu penyakit2 di mana obat ini dipakai…

Penyakit Parkinson’s

Penyakit Parkinson’s adalah penyakit degenerasi syaraf atau penurunan fungsi syaraf yang bersifat progresif (berkembang terus) yang umumnya terjadi pada usia lanjut, di atas 50 tahun. Gangguannya terjadi pada sistem saraf dopaminergik, yang berperan dalam fungsi gerakan, jadi penyakit ini ditandai dengan gangguan gerakan, misalnya tremor/gemetar, gerakan melambat dan kaku, dan seringkali terjadi ketidakstabilan postur. Pasien mengalami kekurangan neurotransmiter dopamin dalam sistem syarafnya.  Gejala Parkinson akan muncul ketika sudah terjadi kematian  50-80% saraf dopaminergik.

Ketidakseimbangan aksi dopamin dan asetilkolin menyebabkan gejala penyakit Parkinson's

Ketidakseimbangan aksi dopamin dan asetilkolin menyebabkan gejala penyakit Parkinson’s

Kekurangan dopamin ini menyebabkan ketidakseimbangan aksi neurotransmiter lain yaitu asetilkolin, yang menjadi berlebihan. Kelebihan aksi asetilkolin ini menyebabkan efek-efek yang disebut aksi kolinergik, seperti keluarnya air liur berlebihan (salivasi), otot-otot menjadi kaku sehingga wajah penderita Parkinson itu seperti memakai topeng.

Penyakit ini tidak bisa disembuhkan, tetapi bisa diperlambat perkembangannya dengan obat-obatan. Obat-obat yang dipakai adalah obat yang bisa meningkatkan ketersediaan dopamin, seperti levodopa, dan obat yang bisa mengaktifkan reseptor dopamin seperti apomorfin dan bromokriptin. Di sisi lain, untuk mencegah aksi kolinergiknya, digunakanlah obat  seperti triheksifenidil, seperti yang disebut di judul posting ini. Triheksifenidil adalah tergolong obat antikolinergik atau antimuskarinik, yang bekerja menghambat reseptor asetilkolin muskarinik.

Skizoprenia

Penyakit ini merupakan gangguan jiwa kronis yang ditandai dengan adanya gejala halusinasi, delusi (waham), disorganisasi pikiran, dan juga kadang disertai paranoid, menarik diri dari lingkungan, dll. Secara patofisiologi, penyakit ini disebabkan karena ketidak-seimbangan neurotransmiter dopamin di otak, di mana terjadi kelebihan aksi dopamin pada bagian mesolimbik, dan kekurangan dopamin pada bagian mesokortis. Karena itu, salah satu pengobatan skizoprenia adalah menggunakan obat-obat yang bisa menekan reseptor dopamin, yang disebut golongan obat antipsikotik. Contohnya adalah haloperidol, klorpromazin, dll. Nah, karena kerja obat-obat ini menekan aksi dopamin, maka efek samping obat ini mirip seperti kondisi kekurangan dopamin dan kelebihan aksi asetilkolin  pada pasien Parkinson, yang diistilahkan sebagai pseudoparkinson atau Parkinson semu. Gejala-gejalanya antara lain kekakuan otot yang nyeri, tremor, dan gerakan-gerakan tubuh yg tidak terkendali, yang disebut juga  efek samping ekstrapiramidal. Gejala-gejala ini sering membuat pasien tidak patuh pada pengobatan, padahal mereka harus menggunakan obat-obat tersebut dalam jangka panjang. Karena itu, untuk mecegah dan mengatasi efek samping tersebut, pasien sering diberi obat seperti triheksifenidil/THP ini. Jadi, obat THP digunakan bersama-sama dengan obat antipiskotik tipikal untuk mencegah efek samping ekstra piramidal.

Triheksifenidil

Salah satu merk obat triheksifenidil yg dikenal sbg pil kuning

Salah satu merk obat triheksifenidil

Seperti apa sih triheksifenidil? Seperti yang disebutkan di atas, obat ini tergolong obat antikolinergik atau antimuskarinik. Obat ini bekerja memblok aksi asetilkolin pada reseptornya, sehingga menghasilkan efek mengurangi kekakuan otot, pengeluaran air liur yang berlebihan, tremor, dan meningkatkan kemampuan mengatur gerakan yang biasanya terjadi pada pasien Parkinson atau pada pasien skizoprenia yang menggunakan obat antipsikotik. Ia juga turut mengatur pelepasan dopamin.

Obat ini tersedia dalam bentuk tablet  dosis 2 dan 5 mg, dan sediaan sirup/elixir yang mengandung 2 mg/5 ml. Untuk mengatasi gejala-gejala di atas, THP digunakan mulai pada dosis 1-2 mg per oral 2-3 kali sehari, atau sesuai kebutuhan, dengan dosis maksimum 15 mg sehari.

Mengapa obat ini bisa disalahgunakan?

Seperti yg telah disampaikan, obat ini bekerja menghambat reseptor asetilkolin. Diduga, sistem kolinergik terlibat dalam pengaturan mood seseorang, yang menyebabkan peningkatan perasaan.  Ada beberapa laporan yang mengatakan bahwa obat golongan antikolinergik yang beraksi sentral (di otak) memiliki efek meningkatkan mood (euforia), walaupun efek ini tidak selalu terjadi dan seringkali tidak terkontrol. Sebenarnya efek halusinogenik yang mungkin ditimbulkan oleh obat ini termasuk jarang, yaitu 2-4% pasien saja yg akan mengalami, dan pada lansia kejadiannya bisa mencapai 19%. Sedangkan efek euforia baru akan tercapai pada dosis tinggi.

Tindakan bodoh…

Dengan fenomena penyalahgunaan yang makin kreatif ini, memang perlu dilakukan pengawasan yang lebih ketat terhadap peredaran obat-obatan. Sebenernya penyalah-guna obat adalah orang yang BODOH, karena tidak memperhitungkan efek-efek lain yang bakal ditimbulkan dengan penggunaan obat yang diharapkan memberikan efek euforia. Padahal efek-efek lain dari THP cukup banyak, antara lain mulut kering, konstipasi, gangguan penglihatan, kebingungan, gangguan urinasi, mual muntah, palpitasi, amnesia, insomnia, dll., yang itu bisa melebihi efek euforia yang diharapkan.  Ketika efek euforia tercapai, efek-efek lain yang berbahaya mungkin sudah duluan menghinggapi, dan bahkan bisa berakibat fatal ketika sudah mencapai dosis toksiknya. Dan orang sehat yang mau memakai obat untuk “orang gila” pastinya gila juga…..

Demikian, sekilas info, semoga bermanfaat…

Iklan

Aksi

Information

22 responses

16 04 2017
bogel

Di kotaku trihex masih banyak hahaha

9 10 2016
Ty

Saya pernah tu minum trihex,, ga ada enak2 nya yg ada malah ga jelas, saya minum obat itu karna saya kecanduan alprazolam,dan saya pikir itu obat bisa buat ngalihin agar tidak konsumsi alprazolam, ternyata hasil nya zooonk, yg ada malah ga jelas rasanya ky orang bego,pelo. Saya bingung obat bikin mata blur,mulut kering, badan seperti ga punya tulang,dan masi banyak lagi efek2 yg ga jelas termasuk jadi bego pelo gitu ko banyak yang suka ya

10 06 2016
balo

ya berhenti aja mas,malah curhat

24 05 2016
wawan

Saya sudah trlalu bnyak mngkonsumsi trihex, skrg otak saya semakin melemah jika diginakan brpkir, bgaimna cra sya untuk menyegarkan kmbali otak saya

27 03 2016
Santie aurella imot's

Anak2 Indonesia sudah pada gila

29 02 2016
Rey moraga

Di apotek mna ya trihexy phenidyl ini yg harganya murah , soalnya mau konsumsi .

23 12 2015
Point Penting Triheksilfenidil | Moko Apt

[…] Penyalahgunaan Trihex : Tindakan kreatif atau bodoh? [Link] […]

27 09 2015
cahyoapriadii

Sangat bermanfaat dok

29 06 2015
Zuel d'sisok band

Jujur sy memang sering makai ni obat…karna di akibatkan percerai’an ortu sy… Sy strez Jdi’nya sy sring mnum obat ini…?
THP membuat sy agak kmbali enak menghadapi masalah

27 05 2015
cincin kawin

apakah obat thp itu yg sering memakainya akan kecanduan obat, yg bersifat hilang kesadaran, seperti yg saya rasakan waktu dulu.???

5 04 2015
iwan

apa obat ini bisa berdampak gatal2 dok?

17 01 2015
Novianoorhuda

Dok. Teman saya meminum obat haloperidol 3 biji, trus besoknya teman saya jadi aneh, badannya saki-sakitan, matanya sering menghadap ke atas disertai dengan tremor, pikiran jadi sedikit kacau. Naaa gimana dok cara mengatasi gejala seperti itu??

Jawab:
Saya bukan dokter, tetapi apoteker. Teman anda minum haloperidol untuk apa? Haloperidol adalah obat untuk mengatasi gejala kejiwaan. Harus digunakan sesuai kondisi dengan dosis yang tertentu. Yang dialami teman anda adalah efek samping haloperidol. Biasanya penderita gangguan jiwa menggunakan haloperidol diikuti dengan triheksifenidil untuk mengatasi efek samping haloperidol. Dan obat ini pun harus dengan resep dokter. Jika teman Anda menggunakan tanpa indikasi penyakit tertentu, ya tunggu saja efek samping itu hilang jika obatnya telah tereliminasi dari tubuh.

14 12 2014
hendra

Kalo obat thp itu kira – kira beli nya dimana apa di apotik di perjual belikan ? Jawab tanks

1 12 2014
JeTaL

dok. saya sudah kecanduan trihex stiap hari saya hampir mengkonsumsi 20 mg apakah saya msh bisa hentikan pemakaian jwb?

Jawab:
Bisa, jika ada niat yang kuat. Pada awalnya mungkin akan terasa berat karena ada gejala putus obat, tapi jika bisa ditahan dan dijalani, bisa kembali normal.

1 11 2014
anjas_viking12@yahoo.com

dok apa yang di maksud obat yang ber cap mf kuning atau eximer ,dan apa efek nya ,juga bagai mana cara menghilangkan efek nya ..?

16 09 2014
javier hernandez

gimana caranya untuk menghentikan obat itu ?

4 07 2014
Rizkhina

Bu, saya didiagnosis oleh psikiater bahwa saya menderita bipolar. Ketika saya kontrol, obat yang saya minum adalah stelazine dan trihexiphenedyl. Kemudian obat itu diganti dengan depakote, respiredon, dan trihexiphenedyl. Seiring berjalannya waktu karena alasan financial, saya tidak bisa hentikan pengobatannya dan tidak pernah kontrol lagi.
Nah, yang ingin saya tanyakan kepada Bu Zullies, Bagaimana respon tubuh setelah menghentikan pengobatan tersebut? Terima kasih

Jawab:
Dear Rizkhina, bipolar adalah gangguan mood yang bersifat fluktuatif dan kambuhan. Jika anda menghentikan pengobatan, tentu anda sendiri yang bisa merasakan, apakah penyakitnya datang lagi atau tidak. Jika tidak kambuh lagi berarti malah bersyukur, karena anda bisa lepas obat. Tapi jika masih kambuh, artinya anda masih membutuhkan obatnya.

27 05 2014
Ikadek dwi putra

Teman sy pake thp…5 biji…truss dia nanya berapa lama efeknya hilang

1 05 2014
cincin kawin

lebih baik mencegah dari pada mengobati, bukan begitu ibu??

21 02 2014
Eka Saputra

teman saya ada yg kecanduan obat thp dan dia brsikap kayak orng bodoh ..
apa itu efek dri thp ? dan gmna cra untuk hilangin efek obat itu ?

Jawab:
Bisa jadi demikian. yang penting hentikan obatnya. Jika obat sudah tereliminasi dari tubuh, efek sampingnya akan berangsur hilang.

15 02 2014
irma

sy jd takut,, adik sy (lk2 23 thn) srg merasa tersiksa ketika mendengar suara2 yg bising spt: suara mesin, alat pengebor sumur, suara org yg lg merenovasi bangunan, dll.. trs, sm psikiater dikasih clozapine, trihexifenidyl, & ikalep.. gmna ya ni?? blh ga ya, dok?? tks

jawab:
Dugaan saya, adik anda terdiagnosa gejala skizoprenia yang ditandai dengan halusinasi (mendengar suara2). Obat2 yang diberikan adalah obat antipsikotik utk mengurangi gangguan kejiwaan tersebut. Trihexyfenidyl memang sering dipakai untuk megurangi efek samping dari obat2 antipsikotiknya. Selama digunakan sesuai aturan, saya kira tidak perlu kuatir efek yang berlebihan.

12 12 2013
marsha d'tsal

saya terkena chepalgia kronis dengan belpasi di area kiri wajah dan disfungsi syaraf… dokter memberikan trihex dan haloperidol secara bersamaan.. untuk org sakit seperti saya itu adalah obat yg sebenarnya enggan untuk saya minum karena pernah mendengar berita miring tentang trihex.. hanya saja dokter mengatakan selama dlm jangkauan dokter itu tdk akan masalah.. yg masalah jika diminum tanpa penyebab.. jadi saya setuju dg artikel ini stop penggunaan trihex kalau anda benar benar waras dan tdk “sarap”..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: