Melawan mabuk jalan saat mudik Lebaran…

31 07 2013

Dear kawan,

motion sickness 2Makin dekat Lebaran, pasti banyak yang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.  Untuk sebagian orang, perjalanan mudik lebaran tentu hal yang menyenangkan. Tapi buat sebagian lain yang sering mengalami mabuk jalan, perjalanan jauh bisa menjadi penderitaan. Dibandingkan orang dewasa, anak-anak lebih sering mengalami mabuk perjalanan. Yuk, kita kenali tentang mabuk perjalanan dan bagaimana mengatasinya. Sebuah tulisan recycle dari artikel lamaku, tapi ngga ada salahnya dibaca lagi…

Apa itu mabuk jalan alias “motion sickness”?

Jika  mengacu dari istilahnya dalam bahasa Inggris yaitu “motion sickness”,  di mana motion  artinya gerakan, maka mabuk jalan ini adalah suatu sickness (penyakit, gangguan) yang disebabkan oleh adanya gerakan. Gangguan ini ditandai dengan rasa mual, pusing, atau bahkan muntah ketika berada dalam perjalanan. Penyakit ini merupakan gangguan yang tejadi pada telinga bagian dalam (labirin)  yang mengatur keseimbangan, dan disebabkan karena adanya gerakan yang berulang, seperti gerak ombak di laut, pergerakan mobil, perubahan turbulensi udara di pesawat, dll. Beberapa orang bisa mengalami mabuk perjalanan jika menumpang mobil, bus, kapal, atau pesawat udara. Atau jangan-jangan ada yang mabuk jalan saat naik becak? hehe…. ngga keren banget.. Gangguan ini umumnya akan berhenti sendiri jika gerakan juga berhenti.

Mengapa gerakan bisa menyebabkan mabuk perjalanan?

Adanya gerakan akan dirasakan oleh otak melalui 3 jalur pada sistem saraf, yang akan mengirim signal dari telinga bagian dalam (berupa perasaan terhadap gerakan, percepatan, gravitasi), dari mata (penglihatan), dan jaringan lebih dalam pada permukaan tubuh manusia (yang disebut proprioceptors). Ketika tubuh digerakkan dengan sengaja, misalnya kita jalan, input dari ketiga jalur tadi akan dikoordinasikan oleh otak. Pada beberapa orang tertentu, ketika terjadi gerakan tidak sengaja seperti ketika mengendarai mobil, kadang otak tidak bisa mengkordinasikan ketiga input tadi dengan baik. Adanya konflik dalam koordinasi 3 input tadi diduga menyebabkan orang merasa mabuk jalan atau motion sickness. Konflik input dalam otak ini diduga melibatkan beberapa senyawa penghantar saraf  yaitu histamin, asetilkolin, dan norepinefrin. Karena itu, obat yang bekerja melawan motion sickness adalah obat yang mempengaruhi atau menormalkan lagi kadar senyawa pengantar syaraf ini di otak atau dengan memblok reseptornya.

Bagaimana pengatasan mabuk perjalanan?

Jika Anda termasuk yang gampang mabuk perjalanan, ada beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan untuk mencegah mabuk jalan:

1. Naiklah kendaraan di bagian di mana mata Anda akan melihat gerakan yang sama dengan yang dirasakan oleh tubuh (jadi jangan duduk menghadap ke belakang misalnya, atau di samping, yang tidak searah dengan gerakan mobil). Kalau di mobil atau bus, duduklah di depan dan lihat ke depan. Sebagian orang akan mengalami mabuk perjalanan jika menumpang mobil, tapi tidak mabuk ketika menyopir. Mengapa? Karena pada saat menyopir pandangannya bisa fokus ke satu arah. Kalau di kapal, pergilah ke dek dan melihat gerakan horizon. Kalau di pesawat, duduklah dekat jendela dan melihat keluar. Juga duduklah di bagian dekat sayap, di mana gerakan terasa paling minimal. Jika di kereta api, pilihlah tempat di bagian depan dan dekat jendela.

2. Jangan membaca di kendaraan yang sedang berjalan, ini bisa memicu mabuk jalan. Termasuk juga main game menggunakan tablet atau iPad. Lebih baik mendengarkan lagu dengan mata tertutup.

3. Jangan melihat atau bicara dengan orang lain yang juga gampang mabuk jalan. Kadang mabuk jalan ini bisa “menular”

4. Hindari bau-bauan yang kuat yang bisa memicu mual

5.  Hindarkan makan makanan berat, berbumbu tajam dan berlemak, terutama sebelum dan selama perjalanan.

6. Gunakan obat anti mabuk. Obat yang paling sering dipakai untuk mengatasi mabuk jalan adalah golongan antihistamin. Obat ini bekerja memblok reseptor histamin di otak yang berada di chemoreceptor trigger zone (CTX) yang mengkoordinasikan input2 tadi. Obat ini bisa mencegah mual, muntah, dan pusing akibat mabuk jalan. Antihistamin yang sering dipakai adalah dimenhidrinat (ada berbagai nama paten) atau meklizin. Obat sebaiknya diminum sebelum perjalanan dimulai. Ada studi melaporkan bahwa jahe bisa mengurangi mabuk jalan, jadi bisa juga dicoba minum wedang jahe atau mengulum permen jahe, walaupun mungkin hasilnya akan bervariasi antar orang.

Demikian cara-cara menghindarkan dan mengatasi mabuk perjalanan. Namun tetap jangan lupa membawa plastik untuk tempat muntah jika semua cara di atas kurang berhasil. Jika menggunakan mobil pribadi/keluarga, mintalah hentikan mobil sementara sampai mabuk reda. Selamat mudik lebaran…


Aksi

Information

3 responses

1 05 2014
cincin kawin

begitu indah perjalanan nya
Cincin Kawin

1 05 2014
cincin kawin

terima kasih ibu

27 12 2013
Geofani Tenaru

Terimakasih atas solusinya utk menyembuhkan motion sicknes saya jadi lega dan tdk takut lagi kalau mabuk perjalanan😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: