Dokumentasi manggung selebriti kampung..

12 03 2013

Dear kawan,

Apa kabar? Sudah lama sekali rasanya aku tidak punya “me time” untuk menulisi blog ini… Kali ini mumpung liburan, aku coba untuk menulis lagi. Aku sudah lama tidak menuliskan catatan perjalananku di sini. (catatan lama bisa dilihat di halaman Catatan Perjalanan). Yah… sejak hamil anakku yang terakhir awal tahun 2011, aku memang membatasi diri untuk “jalan-jalan” lagi, apalagi ke luar negeri. Jadi memang sudah lama sekali tidak ada catatan perjalanan, yang biasanya suka kutulis sebagai dokumentasi sendiri.

Nah, ketika si bungsu sudah lahir, aku baru mulai menerima undangan-undangan “manggung” lagi… Dan aku pengen merangkumkan di sini berbagai perjalanan dan aktivitasku sejak th 2012 hingga sekarang untuk dokumentasi pribadi. Aku terinspirasi juga oleh seorang kawan FB yang berkomentar di akun FB-ku supaya aku menulis lagi catatan perjalananku.  Sayangnya beberapa peristiwa sudah terlalu lama sehingga aku lupa detailnya. Tapi sebagian yang berkesan masih teringat.

Januari 2012

Acara manggung pertama di tahun 2012 dilaksanakan di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, tanggal 15 Januari 2012. Si bungsuku masih berusia 3 bulan waktu itu. Tapi karena acaranya di dalam kota, aku angkatin saja. Acaranya adalah Seminar yang diselenggarakan Jaringan Mahasiswa Kesehatan Indonesia (JMKI) UAD dengan topik Terapi Sistemik untuk Kanker Payudara. Cukup menarik acaranya, karena ada paparan juga dari seorang survivor kanker payudara yang sekarang beliau menjadi aktivis Yayasan Kanker Indonesia. Pesertanya kebanyakan mahasiswa. Yang aku suka adalah adanya suatu organisasi yang mencoba mengintegrasikan mahasiswa dari berbagai profesi kesehatan sehingga diharapkan mereka bisa lebih akur sebagai tim tenaga kesehatan pada saat bekerja nantinya.

Februari 2012

Bulan ini untuk pertamakalinya aku pergi keluar kota. Lumayan jauh yaitu ke Purwokerto. Naik kendaraan sendiri dengan sopir, perjalanan aku tempuh 4 jam. Kali ini memenuhi undangan untuk berbagi dengan adik-adik SMA di almamaterku SMA Negeri 1 Purwokerto, dalam rangka Reuni Akbar SMA Negeri 1 Purwokerto, tg 10 Februari 2012. Ceritanya adalah tentang Kiat-kiat menjadi pembelajar yang sukses. Acara cukup meriah dan yang menyenangkan adalah ketemu lagi dengan teman-teman seangkatan yang juga hadir dan menjadi Panitia kegiatan tersebut. Siangnya bernostalgia sambil makan siang di sebuah restoran di kota kelahiranku. Beberapa kawan masih nampak langsing seperti dulu, beberapa yang lain sudah melebar seperti aku… maklum deh, usia sudah kepala empat dengan anak empat pula…

Bulan ini juga diisi dengan memberi materi pada Workshop Penulisan Jurnal Internasional yang diselenggarakan oleh LPPM UGM, pada tg 13 Februari 2012. Kalo yang ini super ilmiah, boo…. pesertanya adalah dosen-dosen dan peneliti dari perguruan tinggi. Aku memberikan materi tentang Tip dan Trik menulis di Jurnal Internasional. Sekedar berbagi pengalaman kecil.

Mei 2012

Setelah kosong sejenak pada bulan Maret dan April, bulan Mei manggung lagi, kali ini di Makasar dan Bandung. Waktu itu kami ke Makasar dalam rangka promosi program pendidikan S2 Ilmu Farmasi UGM ke beberapa perguruan tinggi farmasi di Makasar. Aku memberi materi pengenalan tentang Farmasi Klinik di Universitas Muslim Indonesia, serta memberikan materi juga di depan kawan-kawan IAI Makasar mengenai farmakoterapi penyakit artritis. Makasar bukan kota yang asing untukku, dan aku selalu senang kalau pergi ke sana. Ketemu banyak kawan, dan perjalanannya mudah dengan direct flight dari Yogya. Dan yang penting lagi adalah wisata kulinernya…. hmm..nyam-nyam.. coto makasar, konro, aneka sea food, pisang epek, dll….

Berikutnya adalah memenuhi undangan kawan-kawan Hisfarsi Jawa Barat di Bandung. Persisnya tanggal 29 Mei 2012. Perjalanan Yogya-Bandung pp aku tempuh dengan kereta malam… Yah, perjalanan Yogya-Bandung relatif kurang asyik, karena pilihan untuk naik pesawat terbatas. Jadwalnya relatif sedikit dan hanya pada jam2 tertentu saja. Yah, kereta api sebenernya lumayan nyaman juga sih… tapi lumayan capek juga dan bikin pantat tipis.  Oya, topik yang dibawakan saat itu adalah tentang Farmakoterapi pada penyakit radang usus. Pesertanya lumayan banyak… sempat demam panggung juga karena baru pertama manggung di depan kawan-kawan Jawa barat, tapi lama-lama lancar aja sih…  Oleh-oleh khas dari Bandung adalah peuyeum dan aneka dodol.

Juni 2012

Bulan ini ada dua acara manggung, yang satu acara sendiri di Fakultas, yaitu memberikan materi pada Pelatihan Dasar Farmasi Klinik tg 16 Juni, sedang yang satunya cukup bergengsi yaitu menjadi invited speaker pada The International Conference on Drug Development from Natural Resources, yang diselenggarakan teman-teman dari Univ Ahmad Dahlan, pada tg 30 Juni 2012. Wah, yang kedua ini lumayan bikin stress juga untuk menyiapkan materinya. Waktu itu aku disandingkan dengan pembicara dari GuangXi University China, dan beberapa pembicara lainnya. Topik yang aku sampaikan adalah “Development of anti allergy from natural product”. Sayangnya aku tidak punya dokumentasi fotonya (dah lama ngga terlalu semangat foto2 sendiri..hehe.. dan kebetulan juga ngga sempat minta ke panitianya). Acaranya cukup meriah dan lancar… alhamdulillah. Masalahnya hanyalah harus bicara bahasa Inggris dan lidahku sampai kelipet-lipet…..

Juli 2012

Bulan ini diisi oleh acara manggung di seminar IAI Kabupaten Magelang, tepatnya tanggal 14 Juli 2012. Magelang cukup dekat, jadi aku diantar dan jemput oleh Panitia. Topik yang aku sampaikan adalah tentang farmakoterapi pada dyspepsia. Partnerku sebagai pembicara saat itu adalah mas Sukir Satriajati dari Apotek UII. Pesertanya juga banyak sekitar 150an orang.

September 2012

Setelah off lagi selama bulan puasa dan lebaran, bulan September aku diminta mengisi acara Syawalan sekaligus continuing professional education (CPD) kawan-kawan IAI PD DIY. Karena abis syawalan, topik yang relevan adalah tentang terapi diare. Kegiatannya di Fakultas Farmasi saja, tapi pesertanya cukup melimpah. Mungkin karena sekalian untuk acara Syawalan, jadi banyak kawan datang untuk sekaligus bersilaturahmi.

November 2012

Setelah kosong lagi di bulan Oktober, pada bulan November acara manggung agak padat dan lumayan menantang. Diawali pada tanggal 13 November dengan menjadi invited speaker pada International Pharmacy Conference in Research and Practice, yang diselenggarakan oleh kawan-kawan dari Universitas Islam Indonesia (UII). Topik yang disampaikan waktu itu adalah tentang Pharmacogenomics and Pharmacy Practice: Impact on Drug Response and Their Applications for Disease Management. Acara diselenggarakan di Hotel Sheraton, Yogya. Sempat demam panggung juga mengisi acara lumayan besar… tapi alhamdulillah, lancar lah walaupun bahasa Inggrisnya kesana-kemari… Maksudnya mau ngomong apa, keluarnya apa haha….

Acara manggung kedua adalah memenuhi undangan kawan-kawan dari Dinas Kesehatan Balikpapan, pada acara Pendampingan Pelayanan Informasi Obat, pada tanggal 23 November 2012. Ini adalah pengalaman menarik karena untuk pertama kalinya aku menyambangi pulau Kalimantan. Perjalanan Yogya-Balikpapan sangat convenient, bisa dicapai dengan penerbangan langsung selama 1 jam 30 menit. Pokoknya asyik dan menyenangkan. Sesampai di Balikpapan dijemput kawan di sana dan diantar ke hotel. Malamnya hm…disambut oleh hidangan kepiting di RM Kenari yang cukup terkenal di Balikpapan. Puass….!! Ngga ingat sama kolesterol lah…. kolesterol kan adanya di lab klinik hehe… Acaranya sendiri cukup menyenangkan, aku sebagai narasumber tunggal dan kami berdiskusi berbagai hal, khususnya tentang Konseling pada pasien DM dan hipertensi. Menginap semalam saja di Balikpapan, dan petangnya aku balik ke Yogyakarta.

Sesampai di Yogya lagi, esoknya aku memenuhi undangan mahasiwa untuk mengisi Pelatihan tentang Writing Skills utk mahasiswa. Aku menyampaikan bagaimana kiat-kiat menulis, baik untuk menulis secara ilmiah untuk jurnal atau laporan penelitian, maupun untuk membuat tulisan ilmiah populer. Senang juga bisa berbagi dengan mahasiswa untuk kiat-kiat menulis.

Desember 2012

Bulan ini kawan-kawan dari Balai POM Semarang mengundangku untuk memberi materi tentang Farmakologi Obat-obat terpilih, pada tanggal 19 Desember 2012. Kalau yang ini agak bau-bau nepotisme hehe… karena yang mengundang adalah kawanku satu angkatan yang bekerja di BPOM Semarang, Mbak Asih Liza. Tapi okay saja sih, aku tetap profesional hehe… Perjalanan Jogja-Semarang termasuk yang tidak begitu menyenangkan tapi tak ada pilihan lain… Adanya hanya jalan darat yang harus ditempuh dengan bus atau travel sekitar 3-4 jam. Perjalanan Jogja-Semarang juga makin rame dan macet, jadi harus bersabar-sabar. Jadi kalau ada undangan bicara sekitar 2 jam di Semarang, paling tidak habis waktu seharian. Berangkat jam 6 pagi, sampai Jogja lagi sudah jam 6 sore, bahkan lebih. Tapi bagaimanapun tetap menyenangkan karena oleh-olehnya lumayan banyak hehe…. tidak ketinggalan lumpia khas Semarangnya dari Bu Cecilia.

Januari 2013

Di Koran KR 2013Bulan Januari diisi dengan satu acara manggung saja, tapi cukup berkesan karena sempat dimuat pada koran Kedaulatan Rakyat. Numpang lewat sejenak hehe….. Acaranya adalah Seminar Nasional HUT Poltekkes Bhakti Setya Indonesia  ke 9, Yogyakarta , 12 Januari 2013. Topik yang disampaikan kali itu adalah Swamedikasi pada Penyakit Pernafasan. Acaranya cukup meriah, diikuti oleh 300an peserta dari berbagai kota. Aku berbagi materi dengan sejawat Prof Agung Endro dalam seminar ini. Yang menarik, sehabis acara aku dapat souvenir berupa beberapa alat kosmetik dari sponsor..

Februari 2013

Februari ini yang paling padat acara, dan kayaknya makin banyak saja undangan yang datang. Ada 4 acara off-air yang harus aku kunjungi. Yang pertama, aku ke Semarang pada tanggal 3 Februari untuk mengisi Seminar Kefarmasian yang mengangkat tema tentang penyakit Rematoid artritis, yang diselenggarakan oleh kawan-kawan IAI PC Semarang. Yah, lagi-lagi Semarang. Tapi ngga papa sih, tetap senang bisa jalan-jalan dan jumpa kawan-kawan. Kali ini bawa Bandeng khas Semarang.

Acara kedua, meluncur ke Solo pada tanggal 9 Februari untuk mengisi Kuliah Perdana bagi Program Profesi Universitas Setia Budi Surakarta, topik yang diminta adalah tentang Konseling pada pasien hiperurisemia. Aku selalu senang saja berinteraksi dengan berbagai kalangan audiens. Acara cukup meriah juga, aku menjadi narasumber tunggal untuk acara tersebut. Pulangnya sempat dijemput bu Wahyu (bimbinganku ketika beliau mengambil thesis untuk Magister Farmasi Klinik), dan menikmati makanan khas juga yaitu Mie ketoprak. Kali ini aku pulang ke Jogja naik kereta Pramex. Asyik juga, walaupun harus hati-hati …karena kereta semacam itu rawan copet…

Acara ketiga di Yogya saja, kali ini mengisi Seminar Kefarmasian Joglosepur yang diselenggarakan mahasiswa Universitas Muhamadiyah Yogyakarta, dalam rangka miladnya yang ke tiga, pada tanggal 16 februari 2012. Topik yang aku sampaikan adalah Peranan Institusi Akademik dalam Mendorong Pelayanan Farmasi Klinik. Bertemu dengan mahasiswa yang selalu penuh semangat juga membuat kita jadi semangat. Aku pesankan, “ Jangan berharap reward dulu jika kita tidak perform apa-apa…. Bagaimana masyarakat akan mengenal apoteker kalau dia tidak pernah menunjukkan kinerja apa-apa…. So, mulai dari sekarang!”

Acara keempat adalah memenuhi undangan kawan-kawan Hisfarsi Jawa Barat di bandung, dalam acara Pendidikan bagi Apoteker RS dan Apotek dengan thema “ New dimension of Pharmacy Practice on Autoimmune and HIV/AIDS disease therapy”, tanggal 19 Februari 2013. Ini adalah kali kedua aku diundang kawan-kawan HISFARSI Jawa barat. Alhamdulillah, katanya kawan-kawan di Bandung merasa cocok dengan cara aku menyampaikan materi, jadi mereka mengundang aku lagi. Aku membawakan topik tentang Aspek Farmakologi obat penyakit autoimun dan HIV/AIDS. Pesertanya juga cukup banyak dari berbagai penjuru tanah air. Banyak juga yang selama ini baru ketemu lewat blog atau FB, sekarang bisa copy darat hehe….. Dari Jogja berangkat dengan pesawat pagi, dan pulang malamnya dengan kereta malam. Lumayan, tidak terlalu capek. Oleh-oleh dari Bandung kali ini adalah Batagor dan Siomay khas Bandung…

Maret 2013

Bulan ini tercatat ada dua undangan menjadi narasumber. Yang pertama sudah kupenuhi, yaitu acara Seminar SKPA IAI PD Kalimantan Timur di Balikpapan, tanggal 9 Maret kemarin.  Alhamdulillah lancar dan menyenangkan. Ketemu lagi dengan banyak kawan di Balikpapan, ada kawan udara maupun kawan darat. Ketemu lagi sama kepiting, dan bahkan dioleh-olehi kepiting. Hm…. mak nyuss! Undangan kedua adalah dari IIK Bhakti Wiyata Kediri besok pada tanggal 24 Maret. Saat ini masih dalam persiapan. Setelah itu masih ada undangan untuk ke Jepara, pada tgl 7 April.

Demikianlah dokumentasi manggung-ku sejak awal 2012. Aku menuliskan ini biar tidak lupa, karena bagaimanapun setiap peristiwa membawa kesan sendiri. Aku senang bisa berbagi. Harapanku hanyalah semoga tetap diberi kesehatan, sehingga bisa memenuhi semua undangan. Demikian juga kesehatan semua anggota keluarga, sehingga tidak kemrungsung jika sewaktu-waktu harus ditinggal sebentar ke luar kota. Tahu apa yang akan bertambah jika dibagikan?… Yaa, itulah ilmu… yang akan makin bertambah jika dibagi. Semoga ilmu kita bisa bermanfaat bagi sesama. Amien. Honor? Hahaha….aku belum pasang tarif…. biar dikira-kira sendiri sajalah kira-kira sewajarnya berapa…


Aksi

Information

6 responses

1 05 2014
cincin kawin

asiik Cincin Kawin

1 05 2014
cincin kawin

mantap Cincin Kawin

4 04 2013
Nuniek Aulia

saya tertarik dengan acara yang diadakan dinas kesehatan kabupaten Balikpapan, tentang pendampingan PIO. kefikiran aja bu ngadakan acara yang sama untuk teman2 di sini. mohon info nya bu brp kira2 honor nya spy biasa diusulkan dalam rencana kegiatan tahun depan

Jawab:
Anda berdomisili di mana, Mbak? Untuk honor saya tidak bisa sampaikan terbuka di sini hehe…. Untuk detailnya coba bisa mengontak ibu Hasnah Haerani dari Balikpapan pada no HP 0813 5041 3401

16 03 2013
daan mba

asyik jg baca tulisan ibu, gaya bahasa n kosa kata cukup mudah dicerna. sukses selalu ibu. makasih atas ilmunya.

12 03 2013
oelfa

Perjalanan yang cukup melelahkan dan mengesankan, Smg ilmu yang diberikan bermanfaat n jd amal Jariyah,,,aamiin….
Catatan kren di Makassar dengan wisata kulinernya,,,,kebtulan org Makassar jd tau klo makanannya ewnak2,..,hehheeee…
sayang gak sempat ktmu ma Prof waktu ke Univ.Setia Budi kbtulan numpang kuliah dsn,,,,padahal pingin bnaget ktmu langsung ma prof,,,

12 03 2013
Jono

Menyenangkan ya bu, bisa menikmati pekerjaan….:).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: