Angular cheilitis: radang di sudut mulut yang bikin meringis….

1 02 2013

Dear kawan,

Sudah berhari-hari ini aku diganggu oleh rasa tidak nyaman di sudut mulut… kulit di sekitar bibir terutama di sudut mulut terasa kering dan mengelupas. Kadang bahkan sampai terluka yg lumayan menyiksa kalau harus buka mulut lebar-lebar…  Penasaran juga penyakit apa ini… Tadinya aku berharap gangguan ini segera hilang sendiri, tapi ternyata hilang sebentar dan timbul lagi. Begitu berhari-hari.. Beberapa kali aku tanya mbah Google, belum nemu-nemu jawaban yang pas.. katanya cuma kurang banyak minum, minum air putih yg banyak.. begitu saja nasihatnya. Selama ini hanya aku kasih krim pelembab saja, tapi hanya bertahan sebentar dan terasa kering dan kulit mengelupas lagi. Dan aku ngga berani mencoba banyak krim karena kulit bibir dan sekitarnya kan lebih tipis dan sensitif… beraninya pake produk-produk untuk baby yang umumnya lebih ringan dan hypoalergenik..

Sampai akhirnya tadi pagi aku menemukan dengan informasi tentang angular cheilitis yang kayaknya pas banget dengan gangguan yang aku alami. Lega juga karena jadi tau kira-kira harus bagaimana. Jadi, apa itu angular cheilitis (namanya bagus juga ya… kalau nama orang itu pasti panggilannya “Angie”…)

Angular chelitis

angular cheilitis-kuAngular cheilitis adalah kondisi peradangan umum yang terjadi pada sudut-sudut mulut. Tergantung pada penyebabnya, peradangan ini mungkin berlangsung selama beberapa hari atau bisa lebih lama lagi. Gangguan ini dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti : bekas jilatan air liur karena membasahi bibir atau sudut bibir, bibir kering dan pecah-pecah, atau mungkin karena infeksi bakteri, atau jamur, atau virus. Yang sering dijumpai adalah karena infeksi oleh jamur Candida, yang sebenarnya merupakan flora normal di mulut. Hanya saja saat tubuh kurang sehat dan sistem imun menurun, flora normal ini mengambil kesempatan untuk beraksi…

Siapa yang rentan terhadap angular cheilitis?

Cheilitis angular cukup banyak terjadi dan dapat dialami oleh anak-anak maupun  orang dewasa, terutama ketika mereka berada dalam kesehatan yang buruk. Faktor-faktor yang menyebabkan seseorang lebih rentan terhadap gangguan ini adalah:
■ menderita sariawan, bayi atau usia tua, menderita diabetes, menggunakan kortikosteroid atau antibiotik sistemik
■ menggunakan gigi palsu,
■ gizi buruk, seperti penyakit celiac, kekurangan zat besi, defisiensi riboflavin
■ menderita penyakit sistemik, terutama penyakit inflamasi usus (ulcerative colitis dan penyakit Crohn)
■ Kulit sensitif, khususnya dermatitis atopik
■ adanya predisposisi genetik, misalnya dalam sindrom Down
■ menggunakan obat retinoid oral: isotretinoin untuk jerawat, acitretin untuk psoriasis
Hal ini bisa diperparah dengan menjilati bibir. Kalau untuk kasusku, aku tidak tau persis penyebabnya.. mungkin saja sistem imun sedang turun dan ada infeksi jamur atau virus yang lewat.  Udah gitu, karena terasa kering, aku suka menjilat bibir… dan ternyata justru bisa memperparah…

Bagaimana sih gambaran klinis penyakit ini?
Angular cheilitis dapat menyebabkan gejala-gejala dan tanda-tanda berikut di sudut mulut:
■ Nyeri akibat adanya retak / celah
■ Melepuh / erosi / cairan / krusta
■ Kemerahan
■ Pendarahan
Ini bisa berkembang menjadi impetigo yang lebih luas atau infeksi kandida kulit pada kulit yang berdekatan dan di tempat lain. Untuk kasusku, yang terasa adalah kulit sekitar sudut mulut mengelupas, bibir dan kulit sekitar bibir terasa kering, dan sudut mulut ada retak-retak kecil yang cukup nyeri kalau dipakai untuk buka mulut lebar-lebar…

Bagaimana pengobatannya?
Dalam banyak kasus, tidak ada perawatan yang diperlukan dan angular cheilitis dapat sembuh dengan sendirinya. Tergantung pada penyebab yang spesifik, perawatan berikut mungkin berguna: Lip balm atau salep emolien tebal, antiseptik topikal, antibiotik topikal atau oral antistaphylococcal, krim antijamur topikal, obat antijamur oral, salep steroid topikal, dan nutrisi suplemen.

Nah, kembali ke kasusku sendiri, si Angie ini masih aku coba obati dengan krim antijamur, karena siapa tau itu karena jamur. Ketika tulisan ini ditulis, proses pengobatan masih dilakukan. Karena baru setengah hari ini pengobatannya, jadi belum begitu signifikan perbaikannya. Doakan saja ya semoga cepet membaik lagi, dan bisa tersenyum lebar untuk kawan-kawan semua, dan tidak meringis lagi karena angular cheilitis….
Semoga bermanfaat buat yang mengalami hal yang sama, ya…

Aksi

Information

53 responses

31 08 2017
dita

halo mba… saya juga ngalamin banget si angie ini tiap mau dateng bulan. belum pernah periksa sih tapi curiga memang dari jamur candida. aku juga olesin vaseline petroleum jelly itu.. sedikit mengurangi sih.. cuma yang bikin ganggu itu setiap mau dateng bulan selalu begitu dan baru sembuh setelah beberapa hari selesai haid.. :(((

Jawab:
Mungkin angie-nya terkait dengan faktor hormonal, mbak.. ya udah diterima saja.. toh bisa sembuh sendiri. tetap dikasih petroleum jelly aja jika memang bisa membantu

23 07 2017
Tina

Hai ibu. Salam kenal.
Saya baru tau penyakit yg saya alami namanya si angie itu..
Saya srg mengalaminya. Muncul entah karena apa trus nnt hilang.
Infonya dong bu setelah dikaish krim antijamur. Gimana hasilnya?

Jawab:
sepertinya klo bukan karena jamur ya tidak ngefek. Saya sekarang pake Vaseline 100% petroleum jelly original (maaf menyebut merk) ternyata cocok dan ngga pernah kena si angie lagi.. Oya, saya juga ganti pasta gigi yang tidak mengandung detergen.

16 07 2017
farah zanuba

Saya juga ngalamin, tapi setelah keraknya hilang,itu menimbulkan bekas di luar garis bibir, bekasnya itu berwarna coklat dan susah hilang. Saya harus bagaimana?

22 02 2017
Anggi

Saya juga kena anguilis cheitilis ini…parahnya…suami dan anak2 saya juga kena….kenapa ya? Awalnya anak saya yg no 1.kemudian saya,lalu suami, lanjut anak saya yg ke 2.kira-kira ini disebabkan apa ya?obat yang cocok apa? Sejauh ini masih pake kenalog orabase…tapi hilang timbul.bagaimana ya?terimakasih

Jawab:
Coba pake pelembab aja dulu, Mbak.. saya pake Vaseline yg 100% pure petroleum jelly, skrng dah jarang kambuh. Kalau terlalu kering biasanya langsung pecah-pecah sampe sudut bibir.

15 02 2017
541

ohh jadi ini beneran jamur ya aku juga kena yang begini sudah mau 1 blnn malah pernah hilang 1mnggu tapi timbul lagi awalnya cuek aza tapi koq lama2 malah menjalar ke arah bibir ya jadi mesti di kasih obat apa ini takut salah2 selama ini aq cuma pakai air aja smpe kira2 hilang tapi gak sampe 5 mnt sdh timbul lagi bikin hilang pede klo lagi jalan 😦

Jawab:
Coba dikasih pelembab saja tiap malam, misalnya pake vaseline yg 100% pure petroleum jelly. Saya cocok pake itu, karena klo kering trus pecah-pecah sampe sudut bibir.

10 02 2017
jute

hi begini bibir sya tba tba merah kaya radang. trus mulai perih dan sakit . dan lainkali terasa berdenyut denyut. itu di sebabkan karena apa ? dan apa pegobatanyya.

24 01 2017
Dian

Saat ini mgk sy jg mngalami si “angie” ini. Sdh hampir 1 bln-an gitu. Tp di bibir tdk sampai ke ujung mulut (semoga…). Namun gini aja pun sdh trsiksa dg kulit bibir yg pecah2, perih & trkelupas terus sampai bibir menghitam gak tak kenapa bs hitam ya… ?
Analisaq ini sebab q sebulanan ini dermatitis atopik-q kambuh sehingga rutin konsumsi antibiotik & steroid oral…
Tp gimana lg… kl di hentikan bisa gatel2 semua DA-q ini
Kl gak di hentikan bs tambah parah ni bibir…
Btw, syukurlah bs jumpa dg blog yg beri pencerahan ini. Stidaknya q jadi tau sebab bibir tak nyaman ini (setelah skian lama coba tanya2 mbah gugel jg)…makasih byk ya…
Dgn tau penyebab si angie ini maka aku kan coba hindari alergen yg bs memperparah DA spy q bs lepas dr antibiotik & steroid yg trnyata efek sampingnya bs bikin bibir kurang sedap di pandang jg sangat tak nyaman di rasakan..
Mohon doanya ya…

14 01 2017
Reiny

Saya mengalaminya, kulit kering Dan mengelupas hanya di sudut2 bibir. Kalau dipaksa membuka mulut lebar pasti robek berdarah.
Biasa saya oles dengan salep steroid dan menolong. Tapi jika saya berhenti menggunakannya maka selang beberapa waktu, kulit sudut bibir kembali mongering Dan mengelupas.
Apakah ada Cara agar tidak usah menggunakan salep steroid Terus menerus?
Terima Kasih untuk jawabannya

Jawab:
ada kemungkinan anda alergi terhadap sesuatu yg menyebabkan radang di sudut bibir. Sebaiknya diperiksakan utk dipastikan alergennya, misalnya lipstik, pasta gigi, dll. Coba amati dulu, dan hentikan yg dicurigai apakah tetap ada peradangan. Jika sudah ketahuan, maka hindarkan, maka mungkin anda tidak perlu lagi menggunakan steroid terus menerus.

30 12 2016
randi c

Saya juga menderita penyakit ini, sudah 4 kali saya terjangkit penyakit bibir kering dan di sudut bibir pecah2. Untuk saudara yg menderita penyakit yg sama saya sarankan agar menggosok2kan jahe si bagian yg terkena virus, saya mencoba sendiri alhamdulilah dalam 2-3 hari sembuh.

26 10 2016
Ceria

Cari2 tentang apa yg sedang saya alami, ternyata nemu blog ibu Prof Zullies 🙂
Ilmunya sangat berguna bu prof, terima kasih.. sebagai seorang farmasis, saya ingin mencoba mengobati diri sendiri.. 🙂
Sudah beberapa bulan kulit di sudut bibir sebelah kiri terkelupas, kulit kaku dan kemudian menyebar di bagian bibir bawah. Setelah cari info di internet katanya kurang air minum putih. Tapi sampai sekarang tidak membantu, malah sekarang terasa perih dan gatal, kalau buka mulut lebar2, kulit di sudut bibir perih dan sekarang mulai terlihat lebih gelap dan keriput.
Boleh minta rekomendasi ibu mengenai antijamur apa yang sebaiknya digunakan? Dan bagaimana menghilangkan/menyamarkan kulit sekitar bibir yang sudah mulai menghitam? Terima kasih sebelumnya bu

19 04 2016
Shiva Zahrana

Sy umur 14 tahun, dari Januari 2015 kemarin saya mengalami penyakit bibir ini. Sebelumnya bibir sy kering, jd bibir sering saya basahi dengan dijilat, begitu setiap hari dan saya pikir itu tdk apa2. tapi lama kelamaan langsung muncul kulit bersisik di bibir saya, pertama cuma satu, terus menyebar di seluruh bibir saya. Karena sangat gatal, saya mengupas sendiri kulit bibir saya karena benar2 mengganggu, dan bibir saya terlihat penyakitan. Sy sangat sedih, mungkin karena bibir sering sy jilati. Sampai sekarang masih begitu, tidak pernah pulih. Sedih banget rasanya, plis kak apa obat yg cocok untuk saya? Saya ingin bibir sy kembali normal seperti semula, mhn jawabannya ya. Thx, Shiva-Makassar

jawab:
Coba olesin dengan vaselin yg asli, tdk ada campuran apa-apa

9 03 2016
sonnya octavia

kalo saya, kering semua nya,, tapi bibir tuh seperti di lapisi kulit kering gtu, karena ngeganggu jdi suka saya kupas ,kadang perih dan berdarah,, kadang klo udh bersih (karena di kupas) bibir ky ngeluarin cairan gtu, lama2 makin banyak. cairan itu kalo d biarin di bibir akan kering sperti awal, mengeras trus nutupin bibir. bibir jadi kaku. begitu trus menerus sudah 3bulan lebih.. saya mohon dong saran nya. tolong di balas ya.. saya sangat butuh sarannya.

4 12 2015
Rizqiyyah08

Reblogged this on Selalu Merindukan Ibu and commented:
Angular Cheilitis

13 10 2015
totoryan

terima kasih Bu infonya. saya sudah bbrp bulan mengalami juga hanya saya pikir karena kurang cocok sama lipbalm yg saya pakai, padahal lipbalm itu sudah dr dulu saya pakai dan dulu tidak apa-apa. ternyata ada kemungkinan bibir saya kena kasus ini juga ya. saya mau coba dengan beberapa opsi pengobatan yang mudah dulu, semoga bisa sembuh.

2 10 2015
berlian

SAya juga mengalami hal yang sma mbak…bibir saya tu kering dan menebal..saya susah tertawa apalagi mau buka mulut itu susah dan perih..kadang bibir luka dan berdarah..setiap kalau mau menyikat gigi…bibir saya kalau terkenah pasta gigi itu gatal sekali …sakit sya ini sudah berbulan bulan..
Setelah itu ad yang sarankan pada saya untuk membeli NaCl 9% dan madu ..sya pake nacl untuk kompres pada bibir yang kering trus di oles madu sambil di tekan bibirx supaya bibir yg menebal kulutnya terkelupas…dilap lagi pake nacl yang dituangkan di tisue…itu di ulang sampai 3 kali…setelah itu oles madu akhirnya dan di biarkn mengering sendiri pada bibir…sekarang bibir syaa sudah sembuh….saya sangat senang karna penyakit ini sudah berbulan2 sudah sembuh

6 07 2015
bowo

Maaf saya juga sedang tidakj nyaman di bibir. Bibir saya yang atas sekarang warnanya agak gelap, keriput, di bagian luarnya merah tipis, terasa kering, panas, dan kalau buka mulut lebar-lebar terasa kaku dan agak perih. Tetapi bibir yang bawah baik-baik saja cuma kadang kering biasa. Sebelumnya terima kasih

8 06 2015
Asha

Saya jg ngalamin hal yg sama udah 3 bulan. Udah nyoba madu, lip balm, petroloum jel, obt kenalog orabase spt yg disebut, kamilosant jg.. tapi smuaa nya mash ga ngefek.. padhal rajin.makan sayur n buah. Minum jg banyak 2ltr/hari. Ampe skrg blm ke.dokter siy.. cm bingung ajaa knp baru kali ne bibir kaya gini. Padhal.dlu2 ga pernah. Apa pengaruh lg diet ya.. please help bagi yg sembuh, dan tau sebutin merk obat lgsg donk spya ga salah beli obat. Thank u

23 05 2015
n sekaringtyas

bibir sy kena cheilitis (jd bkn cuma di sudut tp seluruh bibir) krg lbh 3 bln, sy coba segala macem gamanjur, malah makin parah, udah desperate bgt. sampek kapan hari sy beli nystatin (merekny bisa mcem2 asal kandunganny nystatin) sy beli yg tablet sm suspensi. cuma hbs 47 rb. tablet sy minum sehari 2x, suspensi jg sm sembari sy oles2 di bibir. alhamdulillah 2hari bintik2ny kering dn ilang, bibir balik mulus, tingga sisal yg robek aja karena kelewat kering, sy rajin2 oles make minyak zaitun, semoga membantu.

19 05 2015
yuyu

Thanks . helping banget . sudah setahun kne si angie ni . nggak tau cara apa lg mao ngobati .

7 05 2015
SYAMMY ROCHMAN (@syammysuede)

ko saya pake kamillosan juga bibir masih tetap gatel dan perih apalagi kalu buka mulut agak lebar untuk menghilangkan rasa gatalnya saya coba dengan bawang dibelah dua kemudian digosokan ke bibir untuk sementara bisa hilang gatalnya…….sampai sekarang belum sembuh (sudah hampir 3-4 bulan)….apa ada rekomen lain yang bisa bikin sembuh….ya

20 03 2015
cenli

kenapa di sebelah mulut saya merah, kering tapi hanya sebelah dan bibir atas saya luka kecil tapi perih jadi saya cuci terus karena kering…

17 03 2015
sheyla sagita

kalau pake lip gloss bagusnya merek apa ya? selain wardah

13 03 2015
dexa

Jadi sembuhnya gmana dulu mbak?soalnya sy kena jg jd bingung gmna nyembuhinya

3 03 2015
wj

Ahaha.,.atitt atit gmn gt dah.mantab

11 02 2015
Ciri2 Krim Pemutih Berbahaya | Tips Perawatan Badan

[…] Angular cheilitis: radang di sudut mulut yang bikin … – aSS.. Obat salep steroid topika seperti OVISKIN CREAM 10GR ya?” saya mengalami penyakit ini, apakh tidak berbahaya bagi bibir jika diberi salep itu ?… […]

7 02 2015
Dian Purnama

slamat malam kak.. kak sya juga mengalami hal seperti yg kakak alami.. bibir saya terasa tebal, kadangkala gatal, trus timbul garisgaris yg mengakibatkan bibir keluar darah. Saking risihnya saya dengan hal trsbut jdnya sya nglupasin tmbh berdarah bibirnya. trus tmbul warna kehitaman sdikit… kira2 bagaimana cara mengatasinya ya kak? dn apa nama obat yg cocok dengan ciri2 trsbut kak.. mohon jawabannya. Sebelumnya trimakasih ya kak…

Jawab:
ada kemungkinan kamu alergi, misalnya alergi pada komponen pasta gigi. Coba ganti pasta giginya, misalnya yg tanpa detergent seperti Enzyme. Bisa juga alergi lipstik. Coba dikurang penggunaannya jika pakai. Untuk sementara coba pakai krim anti alergi spt Kenalog orobase.

16 12 2014
Eva

makasih mbak..
blog nya bermanfaat banget

14 12 2014
arif

Saya jga lgi mengalami, klo d kasi obat jamur fungiderm tu berbahaya apa ga ya

jawab:
bahaya sih mungkin nggak ya, tetapi jika bukan karena jamur ya tidak ada gunanya

13 12 2014
Ida Fitriyani

sis yang pakai madu kok lama banget ya, satu setengah bulan?

27 10 2014
siti

diolesin madu mbak, lebih tepatnya dilapisi..soalnya tu bibir maunya dikasih obat yg bersih,lembab,dan ga bkin alergi,.saya 2x mengalami,3x ke dokter didiagnosa dari karena vrus, bakteri, jamur,sampai reaksi kimia..karena kasus saya berawal dari kaya bruntusan herpes,saya kasih acyclovir,dan prahara terjadi..bibir saya jadi bengkak,merah gatal dan panas..kalo kering pecah2 berdarah,suruh pake lipglos,bikin gatel ,perih dan tidak melembabkan,lalu saya coba pakai madu kurang lebih 1,5 bulan sembuh total tak berbekas,.bikin kulit adem,ga gatel sampek sore pun masih nempel kalo ga di hapus,cuman kalo makan jadi nempel2,dihapus terus dikasi lagi..insyaallah bermanfaat(maap,panjang bener komennya..hhe)

8 10 2014
anita sisca

di olesi dg minyak tawon apa bisa,sist?

Jawab:
kalau krn alergi ya kayanya ngga ngefek pake minyak tawon

5 10 2014
Aryanti

iy saya juga ngalamin, tap saya terjadi ny di ujung atas bibir, kering ,kaku dan warna ny agak hitam. Itu knpa ya?

14 09 2014
Ichan

Makash bnget infonya. Kbtulan sy juga sdng di serang nih sama si angi hehehe perih bnget rasanya.. Gak kuat.

12 09 2014
Safna

Slam kenal. Maaf sblum.y menganggu. Aqhu jga mengalami.y bibir sya thu di atas pecah2 dan perih gtu. Klo blh tau obat.y apa?

Jawab:
apa mungkin ada alergi thd pasta gigi atau lipstik? coba dulu dengan krim steroid, misalnya Kenalog orobase..

29 08 2014
rini

Lg ngalamin masalah yg sama nich…
Penyebabnya kl gw sich emang kondisi tubuh menurun dan krg vitamin. Abis…bbrp hr ni kecapean, krg istirahat, males maem dan…stresss…
Hihihiii…
Btw…ni jg lg dicoba diolesin salep.
Moga ja cpt sembuh….

15 08 2014
dwi

terimakasih
info nya
sangat bermanfaat buat saya yang sedang mengalami nya sekarang
terimkasih sangat

20 06 2014
cantika putri romadhon

trims

21 05 2014
cherru

jadi obat apa yang cocok dok untuk penyakit tersebut?

4 05 2014
indri

sangat bermanfaat… trimkasih sdh brbagi.. 🙂

1 05 2014
cincin kawin

informasi yang sangat bermanfaat Cincin Kawin

22 04 2014
Isna Ashliha

mbak, saya maslahnya ada pigmentasi warna di kedua sudut bibir. tidak sakit sama sekali, cuma warna gelap ini benar2 mengganggu. apa ada saran harus memakai apa supaya wrna gelap ini memudar ? trma ksih

26 02 2014
mama iyaaz

Trims infonya sngt bermanfaat

15 01 2014
The Red

Thanks a lot ya mba, saya sdg binggung sebetulnya ttg mslh ini. Coba2 cari di blog kesehatan, jg tdk membantu. Tp penjelasan dr mba benar2 berguna loh. Makasih sekali lagi ya tuk waktu dan mba hati yg mau berbagi. Saran saya, LANJUTKAN semoga rejeki mba bertambah lagi

5 01 2014
koko hendrapto

aSS..
Obat salep steroid topika seperti OVISKIN CREAM 10GR ya?”
saya mengalami penyakit ini, apakh tidak berbahaya bagi bibir jika diberi salep itu ?
apakah akan sembuh

Jawab:
salep steroid lebih cocoknya untuk kondisi radang, gatal atau alergi. Kalau penyebabnya karena jamur, tentu baiknya pakai anti jamur. Kalau dipakai sedikit saja sih tdk berbahaya. Sebaiknya jangan sampai tertelan.

4 10 2013
ulfa

trims

27 09 2013
desi

mba pke yang krim antibakteri topikal?

Jawab:
iya, pakai topikal

15 08 2013
farhan

terimakasih infonya… anak saya sedang mengalaminya ..

21 06 2013
vivi

Salam kenal Sis.. saya sdr spt na juga mengalami yang di alami sis.. bibir saya di bagian atas garis bibir dan di bagian bawah garis bibir kering .. kadang sampai terkelupas dan terasa pedih.. sdgkan anak sulung saya yang baru berumur 3taon juga mengalami hal yang sama dgn saya bbrp bulan trakhir ini.. kalo bole di bantu share obat merk apa yg cocok utk pemakaian ke saya dan anak saya yaa.. tq,

Jawab:
Coba pakai Sebamed, Mbak.. saya pakai pelembab Sebamed utk bibir dan juga cream sebamed utk kulit.

7 04 2013
Herwina Waty

Salam kenal bu Zullie, senang bisa ketemu blog anda, sangat bermanfaat…
Saya juga mengalami ketika saya pakai obat untuk memperhalus kulit wajah dari dokter kulit, ketika saya konsul beliau menyarankan menggunakan garamycin krim, tapi ternyata nggak sembuh, tetep merekah, perih, bahkan berdarah. Akhirnya saya coba oleskan kamillosan oint (obat bebas, bisa dibeli di apotek), alhamdulillah beberapa kali oles rekahannya menutup dan sembuh….

25 02 2013
sita

terimakasih informasinya.
anak saya sepertinya menderita penyakit ini.
salam

20 02 2013
anhasfarmapt

Thx tuk infox sangat2 bermanfaat

12 02 2013
hellomedic

sya juga runsing pikirkan msalah ni.
tq for the info. mmg brmanfaat..

2 02 2013
tati rahmawati

manfaat sekali infony
teman saya ad yg sering mengalaminy..
sekarang dpt ilmunya…
trmksh prof

Tinggalkan Balasan

