New life begins at 42 ………

8 03 2011

Dear kawan,

Apa kabar? Kali ini tulisanku sangat personal. Aku butuh waktu lama untuk memutuskan apakah akan menulis tentang ini dan kapan tulisan ini released… karena aku yakin itu akan menjadi suatu berita kejutan, dan aku sendiri belum siap dengan kejutan itu. Tapi sekarang setelah semuanya makin stabil, aku rasa tidak ada salahnya aku ceritakan, sekalian aku mohon doanya. Oya,… sekali lagi blog ini adalah blog pribadi, jadi suka-suka aku saja mau menulis apa… (Walau tentu ada rasa tanggung-jawab moril untuk tidak menuliskan hal-hal yang tidak bermanfaat atau menjadi contoh yang buruk…). Kadang aku perlu mempertimbangkan apakah cerita seputar kehidupan pribadiku perlu aku tuliskan di sini.. karena manusia tidak ada yang sempurna bukan? Tapi selama itu bisa diambil pelajarannya, apa salahnya… Kadang kita perlu ‘benchmarking’ pada kehidupan orang lain, untuk bisa tetap bersyukur dan introspeksi diri..  Itu juga mengapa acara infotainment di TV selalu banyak pemirsanya…. karena orang suka melihat dan mengamati kehidupan orang lain, apalagi selebriti hehe…..

Penasaran ya, aku mo crita apa…..?

Cerita ini berawal di akhir bulan Januari…. Kumenanti si rembulan, tak kunjung datang. Hati mulai resah gelisah (lebaay…). Sampai akhirnya aku mencoba test sendiri dengan sebuah test kehamilan, dan ternyata….. Allah memang menitipkan kehidupan baru di dalam diriku !! Sebuah tanda-tanda kebesaran dan kekuasaanNya, di mana manusia bisa berencana, namun Dia juga penentunya. Allah pasti punya rencana lebih baik dari yang dipikirkan umatNya. Dan semuanya itu pasti sudah tercatat dalam Lauhul Mahfudz…bahwa akan terlahir seseorang lagi dari rahim seorang ibu, yang itu adalah aku. Dan semua itu pasti karena Ia menginginkan umatNya menjadi lebih baik lagi. Ya kawan,….. sebuah calon manusia baru kini bersemayam hangat dalam perutku. Sejujurnya, awal mengetahuinya rasanya syok dan tak percaya, karena tidak berencana dan tidak terpikirkan sama sekali. Usiaku sudah 42 tahun, sudah bukan usia idel lagi untuk memiliki baby. Simpanan baju hamil dan baju bayi sudah aku hibahkan ke orang-orang yang memerlukan. Aku butuh waktu cukup lama untuk mencoba memahami maksud Allah menetapkan ini. Sesuatu yang terjadi pada manusia tentu merupakan suatu rentetan sebab akibat dari peristiwa-peristiwa sebelumnya, baik yang bersifat fisik maupun batin. Aku memahaminya sebagai kesempatan Allah bagiku untuk menambah kum amal ibadah yang pasti masih sangat kurang catatannya, dan untuk mengimbangi catatan kesalahan yang pernah kubuat selama hidup di dunia. Terimakasih ya, Allah…. Kau beri hamba ‘crash program” untuk menambah tabungan pahala dalam waktu yang lebih cepat dari yang aku bisa tanpa ketetapanMu ini. Bukankah hamil, melahirkan, dan merawat si kecil adalah salah satu jihadnya wanita? Jika dijalani dengan ikhlas dan selalu berserah diri, Insya Allah akan menjadi ladang amal sholeh yang akan membuahkan pahala. Amien. Selain itu, aku pun yakin Allah punya tujuan tertentu untukku…. supaya aku lebih santai, tidak lagi terlalu sibuk beraktivitas di luar rumah, yang disadari atau tidak, pasti ada yang (merasa) terabaikan. Waktu sehari hanya 24 jam. Sepandai-pandai membagi waktu, pasti tidak mudah untuk melakukan sekian banyak aktivitas yang semuanya harus terselesaikan dengan baik. Nampaknya aku harus break dulu sebentar… kembali pada fitrahku sebagai ibu dan istri yang sempat keteteran dengan makin banyaknya aktivitasku di luar rumah. Aku bukanlah superwoman yang bisa melakukan segala hal dengan hasil sama baiknya. Begitulah pemahamanku terhadap rencana Allah ini. Paling tidak itu membuat perasaanku lebih baik. Dan kata suamiku sambil bercanda,”….kali ini dianugerahi anak profesor…hehe..”

Begitulah kawan,….

aku sempat membuka lagi isi blog ini…. aku pernah menulis tentang morning sickness (bisa diklik di sini), yang lucunya sekarang sudah mulai kualami sendiri. Permen jahe sekarang jadi kudapanku, katanya bisa mengurangi rasa mual, walau tidak sangat membantu. Tapi my sickness is not in the morning..… malah lebih intens rasanya pada sore dan malam hari. Ada baiknya sih, jadi pagi aku masih bisa bekerja dengan baik tanpa terlalu terganggu. Mudah-mudahan discomfort pada trimester pertama ini segera berlalu, dan aku akan menyongsong hari-hari dengan lebih nyaman dan kuat. Amien.

Activity re-arrangement….

Sebenarnya tahun ini adalah tahun penuh rencana pribadi dan kesibukan untukku. Rencana pribadiku antara lain menerbitkan buku baru (Insya Allah bulan Maret ini akan terbit) dan menulis satu buku lagi yang ditargetkan selesai bulan Oktober. Apply beberapa proposal penelitian untuk kontinuitas aktivitas penelitianku. Di sisi lain, aktivitas rutin memberi kuliah, jaga praktikum, sebagai Koordinator Program Magister Farmasi Klinik, tentu harus tetap berjalan. Dan khususnya untuk tahun ini, aku terlibat dalam Tim Kurikulum baik untuk program S1 maupun S2, yang dua-duanya sedang dalam aktivitas merevisi kurikulum. Kebetulan juga, Fak Farmasi UGM akan menyelenggarakan Kegiatan Lustrum dan Reuni (info ttg Lustrum dan Reuni Fak Farmasi UGM dapat diklik di sini), di mana aku duduk dalam kepanitiaan sebagai Ketua I yang membawahi kegiatan-kegiatan ilmiah. Hmm…mungkin tidak akan berubah banyak, karena aku biasa tetap beraktivitas walaupun hamil, tetapi dalam beberapa hal aku harus menata ulang beberapa rencana. Salah satunya aku telah membatalkan kesediaan sebagai pembicara di sebuah kegiatan IAI di Kalimantan pada bulan Maret 2011 (maaf, kawan… padahal aku belum pernah dan pengen ke Kalimantan loh..). Mungkin nanti aku juga harus istirahat dulu dari kegiatan HPEQ tahun ini yang menuntut harus banyak bepergian ke luar kota. Untuk kegiatan sampai bulan Juli, seperti yang banyak direncanakan dalam rangka Lustrum ini, Insya Allah aku masih bisa terlibat banyak. Tapi justru pada acara puncak nanti sekitar akhir September dan awal Oktober,..nampaknya aku justru tidak bisa ikut, karena itu sudah mendekati saat-saat melahirkan. Hmm….unik bukan? Begitulah Dia mengaturnya…

Bagaimana sih caranya menentukan hari perkiraan lahir (HPL) ?

Salah satu cara memperkirakan hari lahir bayi adalah menggunakan rumus Naegle. Rumus ini berlaku terutama untuk wanita yang memiliki sikuls haid teratur yaitu 28 hari, sehingga ovulasi terjadi pada hari ke 14. Rumus Naegle memperhitungkan umur kehamilan berlangsung selama 288 hari. Perhitungan kasarnya dapat dipakai dengan menentukan hari pertama haid dan ditambah 288 hari, sehingga perkiraan kelahiran dapat ditetapkan sbb: hari haid pertama ditambah 7 (tujuh) dan bulannya dikurang 3 (tiga) dan Tahun ditambah 1 (satu). Seingatku, hari pertama haid terakhirku adalah 26 Desember 2010. Dengan perhitungan ini, maka HPL nanti adalah sekitar 2 Oktober 2011. Pas di acara pidato Lustrum Fakultas hehe….. !! Hmm, ditunggu saja ya….. mudah-mudahan diberi kesehatan dan kelancaran selama kehamilan ini, dan semua berjalan baik di bawah lindunganNya hingga melahirkan nanti dan merawatnya. Amien…

Mohon doanya, kawan..

Insya Allah ini adalah putra/putri kami yang ke-empat. Pelanggaran habis-habisan terhadap Program Keluarga Berencana versi Pemerintah. Yah…. tapi yang jelas, ini adalah Program Keluarga Berencana versi Allah untuk ummatNya, kita semua tinggal menjalani. Dari tiga anak sebelumnya, pengalamannya berbeda-beda. Alhamdulillah, semuanya relatif normal tak kurang suatu apa. Adanya gangguan-gangguan kecil, masih dalam batas normal. Mohon doanya saja, kawan, semoga kali inipun semuanya lancar, mudah, diberi kesehatan dan kekuatan, hingga saatnya nanti. Dan anak kami juga lahir dengan sehat, jasmani dan rohani, menjadi penyenang hati dan cahaya mata kami, dan menjadi anak yang sholeh/sholehah. Amien. Harus diakui aku jadi agak malas bekerja belakangan ini. Termasuk sempat tidak peduli pada blog ini.  Tapi aku masih cukup terharu karena menurut statistik blog ini, pengunjungnya tidak banyak berkurang walau aku sudah lama tidak punya tulisan baru. Terimakasih, kawan.

Demikianlah tulisanku kali ini, sekedar berbagi cerita saja.


Aksi

Information

7 responses

1 05 2014
cincin kawin

sehat Cincin Kawin

14 04 2011
widya christie

sukses dan selamat bu…biar terlambat tp hebat……saya saja dengan tiga anak sudah repot banget dan sudah mengambil keputusan untuk stop hamil lagi….karena usia dan catatan medis saya selama 3x berturut2 caesar….walaupun dokter masih mengiyakan sampai ke-4…..tp saya pikir sudah cukup 3 (walau yg terakhir sebenarnya tidak kami program…) tp kebobolan dan merupakan “rejeki” yang sangat indah…..sehingga saya berani memutuskan untuk steril…..dan dengan perdebatan yg alot dengan suami….tp akhirnya disetujui keputusan saya……sekali lg selamat…sehat selalu

13 04 2011
ibunda mbak pupt

Selamat atas kehamilannya ya bu, smg ibu dan bayi sehat serta dimudahkan sglny oleh Allah swt sama dgn ibu edy waktu hamil mas edgar kok bu, jadi enjoy aja bu, yg pasti mas Affan tambah adik pasti tambah sholih ya bu,…

14 03 2011
naima nuraini

Subhanallah…Barakallah bu. Semoga ibu dan calon bayi sehat.

10 03 2011
rusdi

Betul prof.kadang qt merencanakan sesuatu dengan matan tapi Allah mempunyai rencana. Sungguh kesabaran, keridhaan dan kesyukuran atas rencana yang dibuat Allah, kebaikannya akan kembali kepada diri qt sendiri. selamat prof. itu adalah rezki dari Allah

9 03 2011
Ridho

selamat bu yaa ^^

8 03 2011
Maulidina

Alhamdulillaahirabbil’aalamiin..
rencana Allah memang tak terduga ya prof..🙂
ikut berbahagiaa😀
semoga selalu dianugrahi nikmat kesehatan oleh Allah untuk bu zullies, keluarga, dan si calon anggota keluarga baru😀

Tinggalkan Balasan

