My notes in sweet December

13 12 2010

Dear kawan,

Tak terasa waktu berlalu bagai berlari… tau-tau sudah sampai di penghujung tahun lagi. Yaa,..sudah sampai bulan Desember lagi di tahun ini. Ya, Desember, kawan….. bulan yang manis. Desember menjadi istimewa karena itu adalah bulan kelahiranku, dan alhamdulillah…. bulan ini ada beberapa peristiwa istimewa pula (buatku). Kalau aku menulisnya di sini, itu sekedar untuk dokumentasi pribadi… barangkali bisa menjadi inspirasi. Sekali lagi, kawan…. blog ini bisa berisi apa saja, untuk refreshing,…jadi jangan berharap terlalu banyak mendapatkan hal-hal serius di sini…hehe..

Menyambut dua visitasi

Awal Desember ini diisi dengan “penyambutan” dua visitasi. Yang pertama adalah visitasi asesor BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) untuk Program Pasca Sarjana Ilmu Farmasi UGM dalam rangka akreditasi Program Pasca. Sebagai salah satu pengelola, aku tentu turut terlibat dalam banyak kegiatan di situ, bahkan termasuk menjemput asesor di Bandara, menyiapkan aneka dokumen pendamping borang akreditasi, dan tentu turut serta dalam diskusi-diskusi ketika acara visitasi. Wah….hari-hari yang cukup menegangkan….. bahkan pada hari kedua visitasi (4 Desember) acara berakhir sampai pukul 22.30 malam.. Hasilnya? Hmm… masih kita tunggu dengan harap-harap cemas. Just for info, lima tahun yang lalu Program Studi Pasca Sarjana Ilmu Farmasi UGM terakreditasi A…

Visitasi yang kedua adalah visitasi reviewer penelitian Insentif Riset dari Dewan Riset Nasional. Ceritanya tahun ini aku masih menjalani penelitianku yang dibiayai dari Kementrian Riset dan Teknologi untuk tahun kedua. Nah,…bertepatan dengan visitasi asesor BAN siangnya, Jumat paginya (3 Desember) ternyata kegiatan penelitianku “ketiban sampur” untuk ditengok (site visit) oleh reviewer dari Kementrian Ristek mewakili penelitian di bidang kesehatan. Wah, lumayan repot deh…. menyiapkan segala sesuatunya juga. Tapi alhamdulillah, semua berjalan baik dan tidak mengecewakan… Penelitian ini sendiri sekarang masih berjalan seperti yang aku tulis pada posting sebelum ini mengenai pengembangan obat herbal untuk anti alergi….. Doakan lancar yaah….

My birthday dan hadiahnya

Peristiwa istimewa lainnya di bulan ini adalah ulangtahunku. Hm, ya kawan…. tanggal 6 Desember lalu usiaku bertambah satu. Ada rasa syukur bahwa masih diberi usia sampai saat ini. Terimakasih ya, Allah… tapi juga rasa miris mengingat belum banyak yang aku perbuat dalam usiaku ini sebagai bekal menghadapNya kelak. Astaghfirullah….. mudah-mudahan masih sempat memperbaiki diri dan menjadi lebih baik lagi dari hari ke hari. Yang membuat haru adalah ucapan selamat ultah dan doa-doa kawan-kawan yang kukenal secara khusus maupun yang tidak, melalui wall akun Face Book-ku. Terimakasih, kawan-kawan…. Seharian itu Black Berry-ku hampir setiap beberapa menit sekali berbunyi menandai adanya pesan masuk … Aku tidak sempat menghitungnya, tapi Face Book membantuku menandai jumlahnya… sekitar 500 lebih pesan ucapan selamat ulang-tahun diiringi doa. Alhamdulillah,…sungguh itu sebuah hadiah yang tak ternilai…. kaya akan teman yang mendoakan kebaikan….!! Terimakasih semuanya…. Oya, trimakasih juga buat kawan-kawan Mahasiswa S2 Ilmu Farmasi minat Sains Teknologi yang menyempatkan menyanyikan lagu Selamat Ulang tahun untukku di akhir kuliah………hehe…

Dari rumah, ucapan dan kecupan dari suami dan anak-anak, dan suasana riang esoknya ketika kami sekadar makan bersama sambil menemani anak-anak berenang di sebuah rumah makan yang dilengkapi kolam renang, merupakan hadiah ultah berikutnya.

Ada hadiah lain yang tak kalah indahnya, alhamdulillah… Di hari ultahku itu aku mendapat surat pemberitahuan dari Majelis Guru Besar UGM, bahwa draft buku yang aku tulis dan ajukan dinyatakan berhak mendapatkan insentif pada Program Insentif Penerbitan Buku Ilmiah Majelis Guru Besar UGM 2010. Jumlahnya? Lumayan banget laah….ngga perlu aku tuliskan di sini. Kalau buat nraktir makan di Kantin Fakultas Farmasi UGM dengan status “kenyang” ya bisa untuk nraktir 1000-1500 orang deh hahaha….. !!  Tapi yang bikin aku sangat excited sebenernya bukan cuma sekedar uangnya (walaupun itu juga), tapi ini merupakan monumen pencapaian/prestasi, semangat, dan kebersamaan…… Alhamdulillah, so sweet moment….!! Saat ini bukuku masih dalam proses lay out oleh sebuah penerbit, dan mudah-mudahan bukuku yang merupakan bukuku yang ke-enam ini bisa segera terbit dalam waktu dekat…. Oya, judulnya adalah Farmakoterapi Penyakit Sistem Syaraf….. Penting loh untuk dimiliki oleh para mahasiswa Farmasi dan ilmu kesehatan lainnya, serta sejawat apoteker …..(promosi duluan niih.. mau indent juga boleh hehehe….).

Makassar yang selalu ramah

Menjelang pertengahan Desember, ada peristiwa istimewa lainnya, yang kali ini kutemui di Makassar. Yah, kawan… tanggal 11-12 Desember ini aku mengikuti Kongres Ilmiah XVIII Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) di Makassar. Makassar bukanlah kota asing lagi buatku. Kemarin adalah kali ke-lima aku pergi ke Makassar. Kepergian pertama dan keduaku adalah untuk memenuhi undangan sebagai pembicara dalam Seminar di Universitas Hasanuddin. Kepergian ketiga dan keempat terkait dengan pelaksanaan penelitianku tentang epidemiologi genetik yang mengambil subyek penelitian orang Makassar.

Kawan,…. buatku Makassar selalu ramah. Selalu ada sambutan dan kebaikan teman-teman di Makasar selama aku di sana. Terimakasih, yaa…  Dan kali ini…. Makassar yang ramah tak mau kalah memberiku hadiah indah……. Apa itu? Di bawah ini catatan kecilku mengenai kepergianku ke Makasar.

Sabtu pagi 11 Desember, burung besi yang membawaku dari Jogja mendarat di Bandara Hasanuddin disambut dengan hujan deras. Baru sekali loh, datang ke Makassar disaambut hujan deras…. Teman dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) sudah menungguku di Bandara, karena memang aku pagi itu dijadwalkan untuk memberi kuliah tamu di Fakultas Farmasi UMI (terimakasih, Hendra dkk). Untung deh, hari itu gak ada demo-demo mahasiswa yang katanya cukup ramai pada hari-hari sebelumnya….. Ngomong-ngomong tentang demo, mahasiswa Makassar memang terkenal suka demo… Apa ada mata kuliah Demo 4 SKS ya?….hehe… 2 SKS kuliah dan 2 SKS praktikum… (Tapi mahasiswa Farmasi biasanya udah ngga sempat demo, karena udah kebanyakan praktikum dan tugas……).

Bersama Dr. Bambang Prayogo dan Wakil Dekan Fak Farmasi UMI seusai memberi kuliah tamu

Acara di UMI cukup meriah dan lancar walau ditingkahi suara hujan. Mahasiswanya cukup antusias mendengarkan dan mengikuti kuliah yang kusampaikan. Terimakasih yaa….. Jauh-jauh dari Jogja tidak kecewa gitu loh.. ! Kali ini aku menyampaikan tentang Farmakologi dikaitkan dengan pengembangan bahan alam sebagai obat. Selesai memberikan kuliah tamu, jamuan makan siang khas Makassar dengan berbagai jenis ikan menanti di sebuah restoran. Hm… nyam-nyam, deh, …perutku yang sejak pagi belum terisi nasi seperti menemukan “surganya” hehe…. Otak-otak, udang bakar, aneka ikan dengan berbagai rasa, terung bakar, dll….. semuanya dicoba. Setelah itu aku diantar ke Hotel Sahid, tempat dilaksanakannya Rakernas dan Kongres Ilmiah IAI. Tanpa menunggu lama, setelah check in, aku segera masuk ke ruangan presentasi yang sudah diatur oleh Panitia. Acara agak mundur, tapi over all…semua lancar saja. Kali ini aku mempresentasikan hasil penelitianku yang merupakan kerjasama penelitian dengan Maeyama Sensei dari Ehime University Jepang (mantan supervisorku ketika aku studi S3 di labnya), mengenai senyawa aktif dari buah Maja yang bernama marmin, efeknya terhadap sintesis dan pelepasan histamin dari sel mast. Penelitian ini aku kerjakan bersama Prof Sugeng Riyanto dan Dr Agung Endro, yang dibiayai dari LPPM UGM dalam skema Riset Kolaborasi Internasional. Beberapa makalah dipresentasikan juga pada ruang yang sama, dan aku juga sempat ditugaskan menjadi moderator di sesi terakhir. Yah… pokoknya tugas sudah tertunaikan, lega deh….

Yang seru, di Makassar kemarin banyak bertemu teman-teman lama satu angkatan, termasuk juga beberapa alumnus Magister Farmasi Klinik. Juga teman-teman baru yang minta foto bersama…. katanya nge-fans hehe… Hm… sempet juga sih ketemu mantan someone special hehehe…… (ge-er deh beliaunya entar kalau baca blog ini…). Yah, begitulah dinamikanya…. Oya, muncul di salah satu halaman Majalah Medisina terbitan IAI juga jadi kesan yang seru buatku…. Seorang kawan berkomentar, “Sekarang jadi selebriti nii…”…

Pisang epek... digoreng, dikeprek, diselimuti susu coklat dan ditaburi keju... hmmm

Malam hari di Makassar diisi dengan hunting oleh-oleh diantar Mbak Tatik, alumnus Magister Farmasi Klinik dan seorang kawan lagi. Sempat juga menikmati pisang epek khas Makassar…. Hmm, apa ya bedanya pisang goreng ditaburi keju di Jogja dengan di Makassar? …. kayaknya sih bentuknya sama, tapi tetap saja beda taste-nya…. mungkin karena dimakan di daerah pinggir pantai yaa…. (ngga ada hubungannya kaleee…!!). Tidak lupa membeli juga otak-otak kesukaanku di toko khusus penjual otak-otak…  Makanan khas Makassar juga jadi cendera mata : ada kacang disco, kue bagean aneka rasa, bangke kelapa keju, dll, dll. Oya, minyak tawon juga khas dari Makassar. Tapi kali ini aku tidak beli, karena masih punya dua botol di rumah…

 

Kejutan manis itu… 

Sop Konro khas Makassar.... siap-siap makan obat anti kholesterol hehe..

Nah,…. ni dia kejutan manisnya….  bukan tentang sop Konro loh…. !! Acara pagi di Kongres Ilmiah diisi oleh diskusi yang menampilkan Pembicara Tamu dari Jepang, Fak Kedokteran Unhas, dan dari PT Kalbe Farma. Sayangnya acara agak mundur sehingga acara penutupan Kongres juga agak mundur. Dengan jadwal pesawat jam 14, tentu kami harus siap-siap untuk pulang mulai pukul 12.30an. Alhasil, aku (dan mungkin banyak teman lain dari UGM) tidak bisa mengikuti acara penutupannya. Masih lumayan sih, aku masih sempat menikmati Konro Bakar khas Makassar dan mencicipi sopnya sebelum berangkat ke Bandara. Sesampai di bandara, segera chek in, alhamdulillah masih nututi (sempat takut kalau telat juga), dan malah dapat seat di kelas bisnis hehe….. (rezeki nii, padahal harga tiketnya harga klas ekonomi….). Nah, sewaktu di Bandara itu ada good news datang melalui telepon… katanya aku terpilih sebagai Pemakalah terbaik untuk bidang Farmakologi dan Toksikologi.  Alhamdulillah…. cukup surprised juga, mengingat bahwa persiapanku untuk kongres ini cukup mepet… Terimakasih, Dewan Juri…. terimakasih, Makassar, kau memberiku hadiah indah….

Perjalanan pulang cukup lancar, walaupun sebagian teman ada yang mesti “sport jantung” dulu akibat sang Merpati ingkar janji….. (Lagunya Paramitha Rusady “Merpati tak Pernah Ingkar Janji” nggak berlaku deeh…). Bayangin, sesampai di Bandara, baru tahu kalau penerbangan Merpati ke Jogja yang dijadwalkan jam 14.50 dibatalkan. Beberapa teman lumayan kalang kabut mencari tiket baru ke Jogja, dan untungnya semua bisa terangkut dengan Express Air, walau terpaksa harus membayar lebih tinggi dari refund yang diperoleh dari Merpati… hedeh..hedeh….

Well, alhamdulillah, inilah catatanku di separuh Desember…. Mudah-mudahan akan tetap manis sampai penutup tahun nanti. Saatnya kembali pada aktivitas lain, termasuk menyiapkan rencana liburan akhir tahun bersama keluarga…. Sampai ketemu di next posting.


Aksi

Information

8 responses

25 04 2014
Toko Bunga

Wah menarik sekali sop konronya.. saya jadi lapar.

13 05 2013
mifta

lain wktu k mkssr lgi bu’ .. bawain seminar famakologi di FARMASI UMI YA🙂

13 05 2013
mifta

smga sy bisa sprti ibu’ PROF …. bsa membngakn kedua org tua sy🙂

17 12 2010
hermy

waaah…selamat ya bu zullies atas segala pencapaiannya, sukses selalu untuk ibu ^^
jadi kangen kuliah

14 12 2010
TheSalt Asin

Pisang Geprek , ditaburi KEJU==waaaw==lah , yang enak itu Kejunya, pisang yang kemarin saya cicipi masih kesat, matang karena dipanggang padahal masih cukup keras…wassalam.

13 12 2010
sarmoko

Senin besok ayo bu kita kuliah lagi, presentasi Farmol. He..he..

jawab:
Ayoo, ntar kelompokmu yang presentasi yaa… Minggu depan pas giliran saya deh..

13 12 2010
alfariezysalman

Assalamualaikum..saya suka dengan tulisan bu prof…moga jadi inspirasi saya dalam belajar ngeblog..

13 12 2010
budayajepang

banyak jalan banyak makan. ati-ati ndut, bu prof. hehehehe.

jawab:
Iya niii…… harus diet lagi hehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: