My trip journal (2): scientific day…(cape deeh…)

3 07 2010

Dear kawan,

Hari ini acara hanya diisi dengan kegiatan saintifk, alias mengikuti kongress sejak pagi hingga malam. Hari kedua ini diawali dengan bangun “kesiangan”, padahal jam baru menunjukkan pukul 3.45 waktu setempat. Kok kesiangan? Ya.. bagaimana tidak, jam 3.45 hari sudah agak terang…. mungkin waktu sholat shubuh udah lewat deh… Tapi ya kami tetap aja langsung sholat shubuh. Ngga kebayang kalau musim dingin seperti apa ya?… pasti suasananya berbeda 180 derajat. Malam yang panjang dan dingin menusuk tulang….

Setelah sarapan pagi  a la Russia dengan semangkuk cereal dan susu, telor ceplok, roti plus butter, ditutup dengan yoghurt, kami bersiap-siap menuju tempat Congress dilaksanakan, yaitu di St Petersburg State University, tepatnya di Mendeleev centre. Kami jalan kaki saja ke sana, karena tidak terlalu jauh dari hotel, mungkin sekitar 20 menit. Yang repot adalah mencari ruang seminarnya, yang ternyata agak “nyelempit” di antara gedung-gedung tua. Untunglah kami bertemu dengan seorang peserta dari Yordan di Ac. Sakharov Square, kalau ngga….wah bakalan muter-muter berjam-jam mencari tempat seminarnya. Jangan dibayangkan seperti di Yogya, kalau ada seminar internasional pasti ada spanduk atau informasi yang cukup meriah. Di sini informasi petunjuk ke arah Mendeleev centre hanya menggunakan kertas ukuran folio saja dengan arah panah. Udah gitu, jarang sekali tulisan berbahasa Inggris, termasuk papan-papan nama gedung. Semua tertulis dalam bahasa dan huruf Russia.

di ruang Mendeleev... serba coklat

Ruang Mendeleev merupakan ruang utama tempat pembukaan Congress dan beberapa plenary lectures. Hm… memasuki ruangan itu seperti terlempar ke abad 19, karena ruangan tersebut memang dibangun sekitar awal tahun 1900-an. Bentuknya berundak-undak dengan meja-meja kayu coklat tua yang kokoh, dan di bagian depan ada meja untuk pembicara dan papan tulis. Kesan tuanya terasa sekali. Di dinding bagian depan atas terpampang tabel Mendeleev. Ada yang belum tahu Mendeleev? Siapa sih dia itu?

Mendeleev atau lengkapnya Dmitriy Ivanovich Mendeleyev) (1834-1907) ialah seorang ahli kimia dari Kekaisaran Rusia yang menciptakan tabel periodik berdasarkan peningkatan bilangan atom. Bilangan ini menunjukkan jumlah proton yang terdapat dalam inti atom. Jumlah proton sama dengan jumlah elektron yang mengelilingi atom bebas. Ia menemukannya sewaktu menyiapkan sebuah buku pelajaran untuk mahasiswanya. Ia menemukan bahwa jika ia menata unsur-unsur menurut kenaikan massa atom, unsur dengan sifat yang mirip akan muncul dengan selang yang berskala. Ia berhasil menyajikan hasil kerjanya pada Himpunan Kimia Rusia di awal 1869, yang kemudian terkenal dengan nama Tabel periodik unsur Mendeleev. Keren banget ya? Di negara tertutup ini banyak dilahirkan ilmuwan-ilmuwan besar yang sampai sekarang masih kita pakai warisan ilmunya.

Suasana Congress

Kongres diikuti oleh para saintis di bidang medinal plants dari banyak negara (kecuali kami, ini mah pelancong…. hehe..), antara lain Jerman, Italia, Finlandia, Austria, Belanda, Turki, Iran, Yordan, India, Indonesia, dan Russia sendiri. Banyak presentasi yang bagus-bagus, tetapi ada juga yang relatif sederhana dan kurasa hampir sama dengan yang dilakukan di Indonesia, terutama skrining berbagai efek farmakologi dari berbagai tanaman obat yang dipakai secara empiris oleh masyarakat. Selain itu, penelitian tentang perlakuan pasca panen tanaman obat juga dipaparkan dengan sangat detail oleh seorang peserta dari Jerman.

Satu yang menarik adalah plenary lecture dari Prof. Alexander Shikov dari Russia (termasuk orang penting dalam kongres ini) mengenai “Agar capsules – alternative to soft gelatin capsules”. Disampaikan bahwa agar-agar yang berasal dari rumput laut merupakan alternatif yang baik untuk membuat cangkang kapsul lunak, sebagai alternatif cangkang kapsul yang umumnya berasal dari gelatin, baik sapi atau babi. Dia menekankan konsern-nya terhadap mereka yang mungkin punya masalah dengan cangkang kapsul yang berasal dari hewan, misalnya pada orang vegetarian atau petimbangan kehalalan bagi orang Muslim atau Yahudi Kosher. Menarik, karena yang menyampaikan adalah orang Russia, yang kebanyakan adalah tidak mengenal agama.

Jadwal presentasiku sendiri adalah pada jam 17.45 di Small Hall, dan suamiku presentasi lebih awal di ruang yang sama. Aku memaparkan tentang hasil studi toksisitas pada kombinasi ekstrak yang sedang aku kembangkan menjadi obat anti alergi (Insya Allah) bekerja sama dengan sebuah industri farmasi di Indonesia. Suamiku mempresentasikan pengaruh unsur hara terhadap senyawa aktif salah satu tanaman obat yang aku pakai dalam kombinasi tersebut. Yah…. pokoknya sudah selesai deh tugas kami. Satu pertanyaan datang dari peserta dari India, dan aku jawab dengan baik. Alhamdulillah.

Suasana kuliner

The main course untuk lunch.... ikan salmon dengan saus dan kentang kukus halus..

Ini adalah bagian yang kusukai jika aku jalan-jalan ke tempat-tempat baru…. menikmati kuliner khas daerah setempat hehe…. Selama kongres, ada dua kali cofee break dan satu kali lunch. Kudapan pada saat cofee break pagi cukup menarik, yaitu sepotong roti dengan ikan salmon mentah di atasnya. Jadi ingat sushi-nya orang Jepang, hanya saja mereka pakai nasi. Wah, selama di sini belum sempat ketemu nasi deh…. Lunch-nya lebih unik lagi. Untuk peserta, lunch disediakan di sebuah restoran yang masih ada dalam lingkungan universitas tetapi terdapat di gedung lain. Makan siang diawali dengan appetizer berupa salad sayuran dengan potongan roti. Lumayan enak. Diikuti dengan sop krim jamur a la Russia. Enak juga. Nah, main course-nya adalah ikan salmon dengan saus khusus berwarna kuning dengan kentang kukus yang dihaluskan. Hm… enak dan aku suka.

Malamnya atau tepatnya sorenya (karena jam 19.00 di sini suasananya masih seperti jam 3 sore), setelah penutupan acara kongres, diselenggarakan acara farewell dinner berupa banquet dinner. Menunya ternyata tidak begitu jauh beda dengan lunch tadi, tetapi appetizernya lebih beraneka rupa. Aneka salad sayuran dan buah, buah-buah segar (anggur, plum, cherry, apel, dll), dan aneka minuman beralkohol. Selain itu ada performance berupa tarian khas St Petersburg. Ah, tapi terus terang aku tidak begitu menikmati suasana banquet ini….. terasa asing, dan makanannya juga asing. Di sekitar kami orang-orang bercakap dengan bahasa Russia. Selain itu juga sudah capek, seharian berada di situ, sejak jam 9 pagi hingga 21 malam. Akhirnya kami pulang dengan tubuh letih, walaupun lega karena tugas telah tertunaikan..

Time to leave….

Hari ini hari terakhir aku di sini. Singkat sekali, ya…. ngga “cucuk” dengan perjalanannya yang memakan waktu sehari semalam. Yah, namanya juga perjalanan dinas, bukan melancong….. Pagi ini kami berencana sight seeing di seputar St Petersburg sambil lihat-lihat barangkali ada yang menarik untuk dibawa pulang hehe….. Tapi jangan berharap terlalu banyak loh….. kalau ngga nyasar saja udah bagus, mudah-mudahan nanti semuanya lancar. Sore ini kami akan meninggalkan StPetersburg dengan membawa sejuta kenangan dan pengalaman. Insya Allah ketemu lagi pada next posting dari Jogja.


Aksi

Information

4 responses

3 06 2011
buddy

makan siangnya hanya itu saja? apakah kenyang?

27 08 2010
orifspeed

semoga bermanfaat ya…sukses

17 07 2010
nurrahman18

wh keren acaranya🙂

3 07 2010
Meilin

Waaah, salut deh mbak ma masnya bisa ke Rusia gratis. Kalo besok2 ada rencana ke Russia lagi, ajak dunk…biar aku yang jadi guidenya yaaahhhhhh:):). Sedikit saran mabk, sebaiknya maren tu bawa kamus, biar ngarti dikit:)))) okay. Tapi emang lo, bahasa Russia itu lebih susah dari Bahasa Inggris. Selamat ya, udah bisa ke Russia, aku masih bermimpi bagaimana caranya bisa ke Russia:(((.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: