Melawan mabuk perjalanan…

1 01 2010

Dear kawan,

Selamat tahun baru yaa…… Wish the best for you all…

Tulisan ini menjadi tulisan pertamaku di tahun 2010. Dan aku yakin pasti banyak yang lagi liburan dan mengisinya dengan perjalanan ke tempat wisata atau ke rumah saudara yaa… . Aku sendiri hari ini akan melakukan perjalanan ke Purwokerto nih, my home town, menjemput anak-anak yang lagi liburan di rumah eyangnya.  Sebelum berangkat aku sempatkan menulis ini sebentar.

Ngomong-ngomong tentang perjalanan, ada tuuh..yang  jadi musuh. Iya, … mabuk kendaraan atau mabuk perjalanan. Aduh, sebel banget kan kalo punya kebiasaan mabuk kendaraan alias motion sickness.

 Apa itu mabuk jalan alias motion sickness?

Kalau mengacu dari istilahnya dalam bahasa Inggris, motion = gerakan, maka mabuk jalan ini adalah suatu sickness (penyakit, gangguan) yang disebabkan oleh adanya gerakan. Penyakit ini merupakan gangguan yang terjadi pada telinga bagian dalam (labirin) yang mengatur keseimbangan, dan disebabkan karena gerakan yang berulang, seperti gerak ombak di laut, pergerakan mobil, perubahan turbulensi udara di pesawat, dll.

Mengapa gerakan bisa menyebabkan motion sickness?

Gerakan dirasakan oleh otak melalui 3 jalur pada sistem saraf, yang akan mengirim signal dari telinga bagian dalam (perasaan terhadap gerakan, percepatan, gravitasi), dari mata (penglihatan), dan jaringan lebih dalam pada permukaan tubuh manusia (yang disebut proprioceptors). Ketika tubuh digerakkan dengan sengaja, misalnya kita jalan, input dari ketiga jalur tadi akan dikoordinasikan oleh otak. Ketika terjadi gerakan yang tidak disengaja, seperti ketika mengendarai mobil, kadang otak tidak bisa mengkordinasikan ketiga input tadi dengan baik. Adanya konflik dalam koordinasi 3 input tadi diduga menyebabkan orang merasa mabuk jalan atau motion sickness, dengan gejala mual, pusing, sampai muntah. Konflik input dalam otak ini diduga melibatkan level neurotransmiter yaitu histamin, asetilkolin, dam norepinefrin. Karena itu, obat yang bekerja melawan motion sickness adalah obat yang mempengaruhi atau menormalkan lagi level neurotransmiter ini di otak.

Bagaimana pengatasan motion sickness?

Walaupun ada 3 neurotransmiter yang terlibat, tetapi saat ini obat yang paling sering dipakai untuk mengatasi mabuk jalan adalah antihistamin. Obat ini bekerja memblok reseptor histamin di otak yang berada di chemoreceptor trigger zone (CTX) yang mengkoordinasikan input2 tadi. Obat ini bisa mencegah mual, muntah, dan pusing akibat mabuk jalan. Antihistamin yang sering dipakai adalah dimenhidrinat (ada berbagai nama paten), namun demikian bisa juga digunakan obat antihistamin lainnya. Obat sebaiknya diminum sebelum perjalanan dimulai. Bisa juga sih menggunakan antimuskarinik seperti beladonna atau scopolamin, tapi ini adalah obat lama yang sudah jarang dipakai.

Bagaimana caranya mencegah atau meminimalkan motion sickness?

Jika Anda termasuk yang gampang mabuk perjalanan, ada beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan untuk mencegah mabuk jalan:

1. Naiklah kendaraan di bagian di mana mata Anda akan melihat gerakan yang sama dengan yang dirasakan oleh tubuh (jadi jangan duduk menghadap ke belakang misalnya, atau di samping, yang tidak searah dengan gerakan mobil). Kalau di mobil atau bus, duduklah di depan dan lihat pemandangan. Kalau di kapal, pergilah ke dek dan melihat gerakan horizon. Kalau di pesawat, duduklah dekat jendela dan melihat keluar. Juga duduklah di bagian dekat sayap, di mana gerakan terasa paling minimal.

2. Jangan membaca di perjalanan

3. Jangan melihat atau bicara dengan orang lain yang juga gampang mabuk jalan

4. Hindari bau-bauan yang kuat, makanan yang berbumbu tajam, terutama sebelum dan selama perjalanan.

5. Gunakan obat anti mabuk. Ada studi melaporkan bahwa jahe bisa mengurangi mabuk jalan, jadi bisa juga dicoba minum wedang jahe atau mengulum permen jahe, walaupun mungkin hasilnya akan bervariasi antar orang.

Demikian, selamat berjalan-jalan….

Jangan lupa oleh-olehnya yaa….


Aksi

Information

11 responses

16 08 2012
cikinong

tips yang sangat membantu bu.terimakasih banyak

2 09 2011
abufarannisa

Assalaamu’alaykum,
kunjungan pertama, artikel yang bermanfaat.
dalam blog saya pun menulis sama dengan tema mabuk perjalanan.
salam kenal.

19 05 2011
imung, samarinda loa bakung

menarik sekali…tidak sedikit orang yg mempunyai penyakit mabok perjalanan

3 05 2011
ngkung

mohon izin untuk dipajang ditwmpatku

jawab:
silakan, thanks

11 11 2010
Ulfa

Kalo saya tambah metoclopramid&vit neurotropik bs bu?apa ada efek samping yg berbahaya?krn px tdk membaik hanya dgn dimen.jazakumullah khairan katsira

Jawab:
ya kalau memang pasien tidak “mempan” dengan hanya dimenhidrinat, boleh aja ditambah metoklopramid. Kalau cuma sekali-sekali saja, insya Allah tidak ada efek samping yg berbahaya, kecuali pasiennya hipersensitif.

5 04 2010
Rauff Risharasakti

Klo aku biasa di bus makan permen jahe biar tidak mual-mual, ternyata benar juga jahe bisa buat orang tidak motion sickness.🙂

5 03 2010
Suryadih

Terimakasih 3x Ya bu…
Tulisan ibu saaangat bermanfaat bwt saya.

Soalnya saya kadang” stres sendiri kalo ad temen yg ngajak jalan” pk mobil..Maunya menikmati perjalanan,eh malah keringat dingin nahan mual&muntah…

8 02 2010
afif

blognya sangat menarik bu… saya Apoteker dipalembang, dulu anak didik ibu di UII jogja. sukses trs ya bu..

11 01 2010
hendrahermadin

wah sgt menarik. makasih bu,
oh iya perkenalkan sy FA ang.2008.. tapi dari itb.
meski begitu pas lagi blog walking ketemu blog ibu dan isinya sangat menarik. numpang di blog roll ya bu.. trimakasih.

Jawab:
sama-sama, salam kenal ya..
silakan aja klo mau di blog roll

1 01 2010
Bu Haryanto

Sugeng warso enggal Masehi….mugi tambah sukses. Maturnuwun awit tulisan2nipun sanget manfaat kagem kulo lan rencang2 wonten kantor Universitas Janabadra Yogyakarta( saya promosi….u membuka alamat di dunia maya nya bu zullies lo…ternyata mrk jg bilang banyak faedah yang bisa diambil ).

1 01 2010
ayu meriani

Salam kenal ibu, saya alumnus FA angk 96. Tipsnya b’manfaat bgt deh. Soalnya saya jago tuh mabuk perjalanan. Apalagi kalo jlnnya banyak tikungan. Katrok bgt yach.. Btw met taun baru ya Bu, smg semuanya mjd lbh baik..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: