Parasetamol, seberapa amankah?

18 12 2009

Dear kawan,

Sudah dua minggu sejak posting terakhir aku belum sempat nulis lagi. Banyak deadline yang harus dikejar, sampai pusing dan keriting deeh…. ! Nah, sekarang aku sempatkan menulis sedikit. Kalau belum lama ini aku membahas tentang aspirin, maka sekarang aku coba ngerasani parasetamol alias asetaminofen. Obat yang cukup aman, tapi bagaimanapun obat adalah racun. Jadi kalau dipakai dalam dosis besar bisa jadi berbahaya juga.

Siapa yang belum kenal parasetamol? Mereka yang pernah sakit kepala atau demam, atau nyeri yang lain, pasti pernah menggunakan obat ini. Ya, obat ini tergolong obat analgetik anti piretika, yaitu penghilang rasa sakit dan penurun panas. Obat ini termasuk aman untuk berbagai keadaan, termasuk untuk anak-anak dan ibu hamil/menyusui, sepanjang dipakai dalam dosis terapinya. Dan katanya tablet parasetamol bisa untuk obat KB lho…! Masa iya?

Ada cerita lucu tentang parasetamol sebagai obat KB. Waktu itu di sebuah restoran hotel di Amsterdam, kami lagi menyantap breakfast sambil berbincang. Bersamaku ada dua profesor dari Fak Kedokteran UGM, dan satu profesor dari Fak Farmasi…. Kami berbincang berbagai hal. Aku sendiri termasuk tidak pandai ngobrol, jadi aku cuma menimpali sesekali… Kulontarkan bahwa “Sekarang parasetamol bisa sebagai obat KB, lho..”… “O,ya.. bagaimana mekanismenya?” kata salah seorang dengan antusias. “Dikempit di paha…” kataku. Dan meledaklah tawa semua… haha….. Bisa aja!! Yah, sebenarnya sih ini joke kuno di Fak Farmasi UGM, …. sudah sering dilontarkan, tapi ternyata masih saja mengundang tawa… Nah, kembali ke parasetamol… Hm, yang benar parasetamol nggak bisa jadi obat KB, tapi malah jadi “alat” bunuh diri. Nah, kalau yang ini beneran loo….. Lho, kok bisa? Katanya parasetamol termasuk obat yang aman?

Yah, meskipun aman, semua obat adalah racun jika digunakan dalam dosis besar. Karena relatif mudah diperoleh, parasetamol merupakan salah satu obat yang sering dipakai untuk bunuh diri. Pada tahun 2001, 64 pusat keracunan di AS menerima 112,809 telepon mengenai paparan parasetamol, baik secara tunggal atau dalam bentuk kombinasi. Telepon yang berhasil ditindaklanjuti melaporkan bahwa 59.087 kasus dapat ditangani di fasilitas pelayanan kesehatan, dan 238 kasus menimbulkan kematian. Sebagian dari kasus kematian (43%) disebabkan karena usaha bunuh diri atau penyalahgunaan, sisanya disebabkan karena ketidaksengajaan dan biasanya karena digunakan bersama obat lain.

Apa yang terjadi jika parasetamol dikonsumsi dalam dosis besar, baik secara sengaja maupun tidak? Seberapa besar dosis parasetamol dinyatakan sebagai dosis toksik? Bagaimana mekanisme toksisitas parasetamol?

Overdosis parasetamol dan mekanisme toksisitasnya

Overdosis parasetamol dapat terjadi pada penggunaan akut maupun penggunaan berulang. Overdosis parasetamol akut dapat terjadi jika seseorang mengkonsumsi parasetamol dalam dosis besar dalam waktu 8 jam atau kurang. Kejadian toksik pada hati (hepatotoksisitas) akan terjadi pada penggunaan 7,5-10 gram dalam waktu 8 jam atau kurang. Kematian bisa terjadi (mencapai 3-4% kasus) jika parasetamol digunakan sampai 15 gram.

Pada dosis terapi (500-2 gram), 5-15% obat ini umunya dikonversi oleh enzim sitokrom P450 di hati menjadi metabolit reaktifnya, yang disebut N-acetyl-p-benzoquinoneimine (NAPQI). Proses ini disebut aktivasi metabolik, dan NAPQI berperan sebagai radikal bebas yang memiliki lama hidup yang sangat singkat. Meskipun metabolisme parasetamol melalui ginjal tidak begitu berperan, jalur aktivasi metabolik ini terdapat pada ginjal dan penting secara toksikologi. Dalam keadaan normal, NAPQI akan didetoksikasi secara cepat oleh enzim glutation dari hati. Glutation mengandung gugus sulfhidril yang akan mengikat secara kovalen radikal bebas NAPQI, menghasilkan konjugat sistein. Sebagiannya lagi akan diasetilasi menjadi konjugat asam merkapturat, yang kemudian keduanya dapat diekskresikan melalui urin.

Pada paparan parasetamol overdosis, jumlah dan kecepatan pembentukan NAPQI melebih kapasitas hati dan ginjal untuk mengisi ulang cadangan glutation yang diperlukan. NAPQI kemudian menyebabkan kerusakan intraseluler diikuti nekrosis (kematian sel) hati, dan bisa juga menyebabkan kegagalan ginjal (walaupun lebih jarang kejadiannya). Suatu studi populasi terhadap metabolisme parasetamol menunjukkan bahwa proporsi populasi yang mengalami aktivasi metabolik bervariasi dari 2-20% pada subyek ras kaukasian (orang kulit putih). Orang-orang yang mengalami kanker hati dan hepatitis kronis B nampaknya memiliki kapasitas aktivasi metabolik parasetamol yang relatif tinggi (abnormal tinggi). Orang-orang yang demikian diduga memiliki ambang toksisitas parasetamol yang lebih rendah dan mungkin juga lebih rentan terhadap karsinogen dari lingkungan.

Bagaimana pengatasannya?

Saat ini, pengatasan overdosis parasetamol yang cukup terbukti ampuh adalah dengan penggunaan N-acetylcystein, baik oral atau secara intravena. Antidot (antiracun) ini mencegah kerusakan hepar akibat keracunan parasetamol dengan cara menggantikan glutation dan dengan ketersediaannya sebagai prekursor. Rekomendasi regimen dosis untuk N-asetilcysteine secara per-oral adalah dengan loading dose sebesar 140 mg/kg, diikuti dengan 70 mg/kg BB setiap 4 jam untuk 17 kali dosis, dengan total durasi terapi adalah 72 jam. 

Demikian dulu sekilas info… Semoga bermanfaat. Bagaimanapun obat adalah racun. Lebih baik mencegah penyakit daripada mengobati.


Aksi

Information

48 responses

26 06 2016
reni

Siang bu, sy mau ikut tanya. Sebelumnya sy salut sm ibu karena setiap pertanyaan selalu ibu jawab, itu sangat menyenangkan & melegakan.
Begini bu, ibu sy sedang dalam pengobatan krn patah tulang. Sekarang sudah hari ke-20 pasca operasi. Masih minum obat jalan, berupa paracetamol, vitamin & dumocalcin.
Semalam ibu sy agak demam krn flu. Siang ini tadi sy belikan mixagrip. Tapi tyt diminum semua. Apakah aman penggunaan double paracetamol beserta obat2 tersebut bu?
Terima kasih sebelumnya. Maaf panjang…

Jawab:
Dear Reni, pemakaian parasetamol sehari maksimal 4 gram. Coba kamu hitung jumlah parasetamol total yang diminum ibunda dalam sehari.. jika belum mencapai 4 gram, insya Allah masih aman.

22 05 2016
sofi

bu saya mau nanya. apakah benar jika amoxicillin dicampurkan dengan paracetamol menjadi puyer?

jawab:
Dear Sofi, puyer adalah bentuk sediaan obat, yaitu obat dalam bentuk serbuk. Obat apapun jika digerus maka bisa jadi puyer. Puyer bisa berisi satu macam obat atau berbagai macam obat. Jadi kalau amoksisilin dan parasetamol digerus dan dicampur, jadilah puyer yang berisi amoksisilin dan parasetamol. Tapi obat ini bisa juga diminum dalam bentuk tablet atau sirup, dan tidak harus dicampur. demikian ya..

21 12 2015
Syahril Ahmad

Sya mau tanya, sya mengalami bengkak dan sakit digusi bagian belakang… Pas periksa kepuskesmas dokternya bilang ada gigi susu yang tumbuh tidak sempurna… dan dokter memberi resep yaitu Amoxicillin, Paracetamol dan Dexamethasone… Apakah obat itu aman jika dikomsumsi bersamaan? Dan bagaimana Aturan pakai dari masing2 obat itu… karena pas ngambil obat tidak dijelaskan aturan pakainya…

Mohon Jawabannya… Terimakasih.. ^_^

Jawab:
Dear Syahril, amoxicillin adalah obat antibiotik. Jika tidak ada infeksi sebaiknya tdk perlu pakai antibiotik. Jika memang ada infeksi, gunakan amoksisilin sampai habis. Dexametason adalah untuk anti radang/bengkak, bisa digunakan sesuai aturan (dosis berkisar 0,5-10 mg sehari, tergantung kondisi penyakitnya). Sayangnya anda tdk menyebut ukuran kekuatan obatnya brp mg. Parasetamol adalah penghilang sakit, digunakan jika perlu saja. Tidak apa-apa jika digunakan bersamaan.

6 12 2015
sri julianty

met malm bu,,, salm kenal…..saya anty d ambon mau bertanya…saya ibu hamil 9 buln,, uda beberapa hari ini gigi saya sakit sampai uda gag tahan lagi. saya memang uda niat untuk tidk mau minum obt yg bukn anjuran dokter,, tp karena sudh tidak tahan,, kebetuln d kotak obt ada ibuprofen dan amoxilin saya minum….selng dua harinya kmbali sakit lg,, dan saya pun meminum ibuprofen kmbali. jd udah dua kali saya mengkonsumsi ibuprofen. saya merasa khawatir bu,, apakh bayi saya baik2 saja? karena yg sudh sya baca klo ibuprofen tdk di anjurkan untuk ibu hamil… mohon d blz ya bu….:-)

Jawab:
Jika dipakai sekali dua saja saya kira tidak apa, Bu.. tidak perlu kuatir. Insya Allah tidak ada pengaruh ke janinnya.

12 05 2015
miftahul jannah

Dok bisakah antibiotik cefixime diminum bersamaan dengan asam menefamat?

Jawab:
Maaf. saya bukan dokter.. saya apoteker.. sejauh saya tahu cefixim boleh diminum bersama asam mefenamat

11 05 2015
Leona

bu saya hamil 7 bulan, tiap hari tu perut nyeri dan kram karna gerakan janin. trs sama bidan suruh minum asam mefenamat 4 kali sehari. sebelumnya pas usia kandungan 6 bln saya pernah spotting hebat tapi janinya gpp. Itu gimana bu, bagus gak kalo saya minum asam mfenamat buat atasi nyeri kontraksi. saya baru minum 3 hari

Jawab:
Asam mefenamat memang bisa mengatasi nyeri. Bisa juga mungkin sedikit mengurangi kontraksi, jika kontraksinya disebabkan karena prostaglandin. Tapi baiknya menggunakan obat-obat untuk mengurangi kontraksi seperti golongan beta agonis atau obat lain yg sesuai. Saya sarankan ke dokter saja untuk mendapatkan terapi pereda kontraksinya.

15 04 2015
nuii

maaf bu mau tanya..saya mengalami demam tinggi semenjak hari minggu. saya sudah minum biogesic selama 1 hari (diminum 3x sehari) namun demamnya hilang muncul hilang muncul. saya pergi ke dokter dan mnurutnya, biogesicnya blh dilanjutkan. sekarang sudah memasuki hari keempat dan badan saya masih hangat (tp tidak panas) dan saya tidak pusing. pertanyaan saya: 1) haruskah saya lanjut minum biogesic? karena pada kemasan biogesic, maksimal pemakaian utk demam adlh 2 hari dan 5 hari utk pusing. sementara saya sudah 4 hari dan perut mulai tidak enak setelah minum obatnya. saya khawatir overdosis. 2) jika badan terasa hangat, apakah tandanya saya masih demam? mohon penjelasannya..terima kasih banyak bu

Jawab:
Dear Nurul, menurut saya kamu bisa menghentikan biogesic-nya. Sebenarnya parameter terbaik untuk memastikan masih demam atau tidak adalah diukur suhunya dengan termometer, karena itu sifatnya obyektif, bukan dari perasaan. Saya sendiripun kadang kalau berjabat tangan dengan orang sering dibilang kok badannya hangat, walaupun sebenarnya masih normal. Kalaupun sekedar hangat saja, saya kira tidak perlu pakai parasetamol. Tapi sebenarnya, demam berkepanjangan itu bisa jadi merupakan gejala adanya gangguan penyakit, jadi kalau ngga sembuh2, perlu diperiksakan dengan lebih teliti. Semoga lekas sembuh ya…

15 03 2015
Amankah Bedak Bayi Untuk Wajah - Fashion dan Belanja Jadi Satu

[…] Parasetamol, seberapa amankah? | Zullies Ikawati’s Weblog – Parasetamol, seberapa amankah? | Zullies Ikawati’s Weblog – Parasetamol, seberapa amankah? | Zullies Ikawati’s Weblog – 18/12/2009 · Dear kawan, Sudah dua …… […]

12 03 2015
enny

Pagi bu…
Saat ini saya udah telat datang bulan sekitar kurleb 7hr, dan tanda2 yg ditunjukkan sepertinya saya sedang hamil. Tp kmrn secara tdk sengaja saya minum asam menefamat utk meredakan nyeri di mulut (kebetulan lidah terluka sampai berdarah), lalu sorenya saya mengalami pendarahan agak banyak. Stlh saya search di google, trnyata asam mefenamat tdk boleh diminum oleh ibu yg sedang hamil. Dan kmrn saya sudah minum sampai 2butir. Smlaman saya merasa perut agak kaku. Ada pendarahan, warna hitam tp tdk banyak. Sampai pagi harinya pun saya merasa tdk enak diperut. Terus saya harus gmn ya bu kl udh terlanjur minum obat itu?
Terima kasih atas jawabannya.

Jawab:
Kalau sudah terlanjur ya ngga papa, tidak ada yg bisa dilakukan. Semoga tdk berefek untuk janin ya, mbak..

11 03 2015
liesye

Jadi lebih tau….

5 02 2015
Krim Pemutih Dokter Amankah | Tips Perawatan Badan

[…] Parasetamol, seberapa amankah? | Zullies Ikawati’s Weblog – Parasetamol, seberapa amankah? | Zullies Ikawati’s Weblog – 18/12/2009 · Dear kawan, Sudah dua minggu sejak posting terakhir aku belum sempat nulis lagi…. […]

2 02 2015
Download Prosiding Kedokteran Gigi | Terbaru 2015

[…] PDF File Name: Parasetamol, seberapa amankah? | zullies ikawati’s weblog Source: zulliesikawati.wordpress.com » DOWNLOAD « […]

17 01 2015
alisia

Assalamualaikum ibu,

saya ingin menanyakan apakah obat decolgen aman untuk ibu hamil di trisemeter pertama.saat itu tidak tau sudah hamil dan sempat meminumnya 2 kali (malam dan pagi hari). apakah ada dampak buruk ke janin?
terima kasih.

Jawab:
tidak usah kuatir, cukup aman untuk kehamilan.

10 01 2015
Pembalut Dari Kain Amankah - Sepatu Adalah Bagian Dari Fashion

[…] Parasetamol, seberapa amankah? | Zullies Ikawati’s Weblog – 18/12/2009 · Dear kawan, Sudah dua minggu sejak posting terakhir aku belum sempat nulis lagi. Banyak deadline yang harus dikejar, sampai pusing dan keriting deeh…. !… […]

28 12 2014
Ibnu aqi

maaf bu mau nanya, obat untuk ngilangin bengkak pada gusi itu apa ya bu ? soalnya gigi saya mengalami bengkak. mohon jawabannnya bu. makasih

jawab:
bisa coba obat anti radang seperti asam mefenamat atau ibuprofen. Ada berbagai merk, ditanyakan aja ke apotek.

4 12 2014
charerul

Pagi bu….saya mw tanya2 …kmren kan saya skit gigi+gusi saya juga bengkak…temen nyaranin kata,a sruh beli obat fondex forte sma amoxilin…stelah 3-4 hari saya minum skit gigi saya sembuh serta gusi yang bengkak gak tersa sakit lgi…tpi ko aneh,a itu gusi saya gk kempes2 walaupun udh gk tersa sakit lagi….inti,a tuh gusi,a gk kembali sperti sediakala,a sbelum skit gusi bengkak..y walaupun bengkak,a gk terlalu bengkak bgt sih…makasih bu

jawab:
Halo Chaerul. moga-moga gusinya sudah sembuh ya sekarang..🙂.

13 11 2014
nita rosianti

bolehkah antibiotik diminum secara bersamaan dengan parasetamol bu..?

Jawab:
Boleh saja, tidak ada interaksi signifikan

10 11 2014
tia

Assalamualaikum buk. Saya mau nanya buk, gigi saya berlubang dan lebih kurang sudah 2 minggu sakitnya. Dan sakkitnya hilang timbul. Jadi saya belum sempat ke dokter, trus sebelum saya ke dokter gigi apakah misalnya saya minum parasetamol 500mg bisa meredakan nyeri gigi saya? Soalnya saya ke puskesmas dikasih itu, Karna kalau mau nambal gigi ke dokter kata org puskesmas harus minum pereda nyeri dulu. Trus selain parasetamol ada obat lain ga buat ngilangin nyeri gigi berlubang?
Terima kasih buk sebelumnya🙂..

Jawab :
Dear Tia,
parasetamol bisa digunakan untuk meredakan nyeri sakit gigi. Apakah bisa sembuh, tergantung dari respon tubuh masing-masing. Jika belum cukup hilang nyerinya, masih bisa ditambah dosisnya menjadi 2 x 500 mg. Obat lain yang bisa digunakan untuk nyeri gigi berlubang antara lain adalah asam mefenamat (ada banyak merk), ibuprofen, antalgin, dan semua pereda nyeri lainnya.

20 10 2014
shirly

Selamat pagi Bu,
Kemarin (sekitar pukul 11 malam) saya minum 4 tablet paramex + 1 tablet bodrex migra. tidak sampai 1 jam setelahnya, nafas jadi sedikit sesak, mulut terasa pahit, badan lemas, gemetar, dan sangat mengantuk. kondisi itu masih berlangsung sampai sekarang, ditambah mual tapi tidak sampai muntah. Dengan dosis sebesar itu apa sudah sangat berbahaya? dan efek samping apa lg yg akan menyusul hingga separah apa? Saya usahakan minum lbh banyak air putih untuk penanganan pertama..apa juga harus ke dokter?
Saya tunggu jawaban dr Ibu, terimakasih sebelumnya🙂

jawab:
Dear Shirly, maaf baru menjawab. Empat tablet paramex plus 1 tablet bodrex migra sebenarnya belum sangat berbahaya, karena dosis maksimum parasetamol sehari adalah 4 gram setara dengan 8 tablet parasetamol. Tetapi respon setiap orang bisa berbeda, jadi Anda sudah mengalami semacam efek toksik dari obat tersebut. Saya tdk bisa memperkirakan akan seperti apa karena sulit diprediksikan. Semoga Anda baik-baik saja, minum air yang banyak saja untuk meningkatkan eliminasi obatnya.

17 10 2014
sari

mau tanya bu, kalo pnya aslam bolehkah minum acyclovir???

Jawab:
acyclovir tidak menyebabkan gangguan lambung, jadi tidak masalah

29 09 2014
Wiwik Wijayanti

Bu Zulli saya mau tanya, anak saya (10m) batuk dan demam sampe 39.3°C.. akhirnya saya bawa ke dokter anak dan diberi obat paracetamol (dg dosis 4 jam sekali), obat batuk, obat flu serta amoxan antibiotik.. setelah sampe rumah saya minumkan obatnya kecuali antibiotiknya.. dokter bilang kl 2 hari ga turun saya harus balik lg.. akhirnya setelah demam tinggi selama 48 jam ga reda jg saya balik lg ke dokter.. saya bilang ke dokter kl antibiotik ga saya minumkan karena menurut saya demam dan batuknya karena virus bkn bakteri.. kemudian dokter menjelaskan kl karena virus 1 hari biasanya sudah reda demamnya.. dokter bilang agar antibiotiknya diminumkan karena sudah demam sekitar 48 jam.. saya pun mengikuti anjuran dokter.. malam minum antibiotik demamnya langsung reda.. setelah reda muncul bercak2 merah dikulit, saya browsing2 ternyata gejalanya mirip roseola infantum.. antibiotiknya apakah harus dihabiskan bu kl udah terlanjur diminumin?

Jawab:
Jika Anda yakin bukan infeksi bakteri, antibiotiknya tidak perlu diminum lagi, Mbak, karena kan tidak ada yg disasar oleh obatnya.

28 07 2014
emy

salam kenal bu,,
sya mau tnya,sya sudah 1 minggu sakit gigi,selain gigi berlubang,gusi bengkak,gigi sya juga goyang,,apa kah parasetamol tamanopan,amoxicillin dan dexamethasone cocok untuk menyembuhkan sakit gigi saya,,tlong di balas ya bu,,

Jawab:
Semoga sakit giginya sudah sembuh sekarang yaa.. sebaiknya dipastikan penyebab sakit giginya dan diatasi penyebabnya. Parasetamol hanya menghilangkan rasa sakit, tetapi jika gigi sudah berlubang, mungkin jika efek parasetamolnya habis, gigi bisa sakit lagi. Jika memang perlu ditambal, sebaiknya ditambal. konsultasikan ke dokter gigi, karena gangguan di gigi bisa juga menjadi penyebab adanya penyakit lain. Amoksisilin adalah antibiotik, jadi jika tidak ada infeksi bakteri maka tidak ada gunanya. Deksametason adalah antiradang, tetapi sekali lagi lebih baik mengbati penyebabnya, daripada hanya gejalanya saja.

10 07 2014
neny agustin

terima kasih atas infonya,jd brmanfaat…

13 06 2014
Mami Qeela

Dear Bu Zullies,,
Terimakasih atas jawabannya. Qeela putri kesayangan kami, maka itu kami merasa cemas sekali jika terjadi apa2 dgn dia. Membaca jawaban ibu kami merasa lebih tenang, kami tunggu 2 hari ini dgn tidak memberikan dia obat apapun selama tdk panas. Dan ternyata bintik2 merah berangsur berkurang, nafsu maka sudah membaik wlpn belum optimal, dan tentunya sudah mulai aktif kembali. Namun ada lg pertanyaan kami, apakah penggunaan yusimox amoxiline/antibiotik tepat untuk anak panas atau sakit seperti di alami Qeela ? Mohon penjelasannya kembali Bu,, terimakasih skali lg yaa Bu..

jawab:
Dear Mami Qeela,.. ikut senang bahwa putri Ibu sudah membaik. Antibiotik memang bukan pilihan yang tepat untuk campak atau rosela, karena penyebabnya bukanlah bakteri tetapi virus. Penyakit karena virus yang relatif ringan (bukan seperti virus HIV yg mematikan) umumnya bisa sembuh sendiri dengan daya tahan tubuh yang dikuatkan. Jika diberikan antibiotik tanpa indikasi yang tepat dikuatirkan dapat menyebabkan resistensi bakteri nantinya.

11 06 2014
Mami Qeela

Salam…
Ibu Zullie,,mohon di bantu jawab kecemasan saya. 3 hari lalu anak saya Qeela 7 bln, tiba2 panas tinggi pd malam hari disertai flu dgn lendirnya bening, saya tunggu sampe pagi lalu saya beri paracetamol. Turun siih tp siangnya panas lg. Lalu saya bawa ke bidan dan diberi puyer sama obat bubuk dlm botol yg hrs disadur air namanya Yusimox Amoxicilline. 3 hari kemudian panasnya turun tapi setelah itu timbul bintik2 merah pada wajah dan dadanya. Sebetulnya itu gejala skt apa yaa bu, kata bidan dia flu dan demam tp kok timbul bintik2 merah pasca panas. Setelah saya browsing gejala anak saya mirip dgn gejala virus herpes tipe 6&7/Roseola Infantum, apakah benar?? Disitu dijelaskan tdk boleh diberi antibiotik karna bs fatal. Apakah Yusimox itu benar tergolong antibiotik? Lalu langkah apa slajutnya yg hrs saya lakukan. Sampe saat ini bintik2 merah msh ada. Mohon dibantu yaa buu,, trimakasih.

Jawab:
Dear Mami Qeela, Yusimox adalah benar merupakan antibiotik amioxicillin. Apa mungkin putra anda kena campak ya… Maaf, saya bukan dokter dan tidak melihat langsung kondisi putra Anda, jadi tidak bisa memastikan apa penyakit putra anda. Jika campak atau roseola, maka itu akan sembuh sendiri… yang penting asupan makanan bergizi agar daya tahan tumbuh meningkat. jaga utk tidak menular pada yang lain.

1 06 2014
aya

Maaf bu saya mau tanya..salahkah bila saya minum panadol biru sebanyak 1 tablet pada jam 3/4 sore dan 1 1/2 tablet pada jam setengah 8 malam?sekedar tambahan..gigi graham kiri bawah saya baru saja ditambal permanen 2 minggu yang lalu setelah menjalani proses perawatan saluran akar akibat infeksi selama 2 bulan..dan tak lama setelah itu gigi saya sakit lagi dan dusarankan untuk minum panadol biru ditambah catalflam 50mg untuk menghilangkan nyerinya sampai saya bisa memeriksakan gigi saya lagi dengan catatan tidak boleh sering2 karena efeknya sangat buruk bagi liver saya bila terlalu sering minum panadol atau obat2an lainnya..dokter saya juga memperkirakan bahwa nyerinya disebabkan oleh keempat gigi graham akhir saya yang semuanya tumbuh miring dan graham akhir kiri bawah saya menabrak pinggang graham saya sehingga nyerinya terasa di gigi yang pernah infeksi itu..tapi karena saya tidaj punya catalflam maka saya hanya minum panadol 1 tablet untuk menghilangkan nyerinya..dan baru saja minum 1 1/2 tablet karena tidak kuat dengan nyerinya dan berpikir dosis kecil sudah tidak mempan dan menambah 1/2 tablet lagi untuk menambah dosisnya..memang nyerinya berangsur hilang..tapi salahkah tindakan saya itu?apa saja efeknya bagi saya bila saya menambah dosisnya untuk menghilangkan nyeri gigi saya?

jawab:
Penggunaan parasetamol maksimal adalah 8 tablet @500 mg sehari. Jadi anda masih bisa menambah dosis jika masih terasa sakit. Memang sebaiknya tidak boleh terlalu lama pemakaiannya, krn efek sampingnya adalah merusak hati.

24 05 2014
niar

Slm knl bu zulli.Anak sya mmliki riwayat alergi.bru2 ini sya tau ap2 ja yg gk bs dikonsumsi.yg bs cma daging sapi.ikan sungai yg tdk dkt dngan tambak trlebih laut..2 hri yg llu suhu bdannya naik dan dy pun beringus.umrnya 30 bln.sya mmberikan parasetamol sirup setengah takar sendok obat 3×1.keesokan hari sya berikan setengah sendok takar ge.sekitar 2 jam kmdian bdannya bentol2 merah dan gatal.mkn lma mkin bnyak.apakah dy alergi jg trhadap parasetamol.klo iy sya ksh apa sbgai peganti parasetamol.mohon bantuannya.terimakasih

Jawab:
Ada kemungkinan putra ibu alergi juga dengan parasetamol. Coba dengan ibuprofen, Bu, berikan setelah makan sesuai dosis yg tertera dalam kemasannya. Ibuprofen sirup ada dalam merk tertentu, bisa ditanyakan di apotek.

4 02 2014
anie

Bu,anak ku demam tinggi akibat flu.
Sudah aq beri proris tidak sembuh2,tp panas turun kmdian naik lg.
Kemudian saya ganti dengan amoxicilin dan ibu profen.
Apakah tindakan saya sudah benar…?

Jawab:
Bu Anie, sdh berapa lama putranda demam? Jika sudah 3 hari tidak ada perbaikan (masih demam), sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk dipastikan diagnosa penyakitnya. Sebaiknya tdk mudah memberikan antibiotik pada anak jika tdk ada infeksi. Jika memang karena flu, umumnya itu adalah karena virus sehingga tidak perlu antibiotik. Amoxicilin adalah antibiotik. Proris itu isinya adalah ibuprofen, jadi sama. Jika mau mengganti obat turun panasnya, coba diganti dengan parasetamol atau merk lain yang berisi parasetamol.

9 12 2013
aini

Salam kenal ibu zullie
Suami saya sakit gigi dan ada pembengkakan di gigi atas paling akhir. Jm 9 mlm saya sudah kasi obat dr dokter gigi dexa dan metronidazol tp tidak hilang-hilang sakitx malah tambah sakit sampai ke kepalanya ikut sakit jam 1 dini hari saya kasi ctm dan amoxicillin apakah tidak apa?

jawab:
Maaf, bu, jawabannya tentu sudah terlambat dan suami ibu sudah sembuh. Sebenarnya obat dexa dan metronidazol sudah benar, mungkin tinggal ditambah penghilang sakit saja, seperti golongan NSAID. CTM tidak berefek pada kondisi sakit suami ibu, mungkin hanya bisa membantu tidur saja. Amoksisilin gunanya sama dengan antibiotik metronidazol, jadi sebenarnya tidak perlu diberikan.

14 07 2013
iwan joni

Salam kenal ibu Zullie,

Saya saat ini mengalami radang pada gusi gigi graham sebelah kanan bawah. Kejadiannya baru dimulai kemarin sore menjelang malam(13-07-2013) dan tiba2, karena siangnya masih baik2 saja. Akibatnya saya susah makan karena saat graham atas bersentuhan dg graham bawah terasa sakit. Setelah googling kesana kemarin akhurnya saya sampai di blog Anda ini dan informasinya cukup lengkap. Setelah saya baca2 tulisan Anda, saya ciba menyimpulkan kombinasi obat yg sesuai utk radang gusi saya adalah : amoxicilin + asam mefenamat + dexamethasone.

Mohon saran ibu apakah pilihan tersebut sudah sesuai utk fungsinya mengobati radang pada gusi gigi graham kanan bawah saya ? Kondisi fisik saya saat ini cukup baik, tidak ada keluhan lain. Nafsu makan juga sangat baik, hanya saja terganggu oleh gusi yg radang ini. Oh iya, info tambahan kalau gigi graham pada gusi yg radang tsb tidak ada bagian yg berlubang, hanya saja spt gigi pada umumnya ada plak atau karang gigi tapi tidak begitu parah.
Akhit kata saya sampaikan terima kasih atas artikelnya karena sangat bermanfaat.

Salam,
Iwan Joni

Jawab:
Halo Pak Iwan, langsung saja ya.. menurut saya, Anda cukup pakai asam mefenamat saja dulu. Itu sudah memiliki efek pereda nyeri dan anti radang. Amoksisilin adalah antibiotik yang dipakai jika ada infeksi saja. Kita belum bisa menyimpulkan penyebab radang gusi Anda, apakah ada infeksi atau tidak. Kalaupun anda menggunakan, biasanya ada durasi pemakaian yang harus ditempuh, misalnya 3-5 hari, di mana obat harus dihabiskan walau penyakitnya dirasa sdh sembuh. Penggunaan antibiotika yang tidak tepat dapat menyebabkan resistensi bakteri.Deksametason juga belum perlu, biasanya ia diberikan pada kondisi radang yg relatif berat.

12 06 2013
ariel

hallo bu..in sya mo tnya….ggi sya kn mnglmi rdang gusi.jd sya sdh k puskesmas.di ksih obt amoxicillin 500mg,paracetamol 500mg dan nova.aturan mnum 3×1/hr.dan efek samping nya ap ya slma mmkai obt itu.

Jawab:
Kalau anda tdk ada leergi trhadap obat2 tsb, umumnya tidak ada efek samping yang berarti untuk obat-obat ini, apalagi makenya kan cuma sebentar.

14 04 2013
rian

Mau tanya…apakah ada efek brbahaya klo parasetamol dkombinasi dgn dexamethasone??
Terima kasih

jawab:
Sejauh yang saya tau tidak ada efek berbahayanya..

7 11 2012
Riki

salam kenal..
bu.. ada teman saya yang stress karena masalah hidupnya. trus dia mau coba bunuh diri dengan meminum 5 butir sanmol, 1 butir decolgen, dan 1 butir paramex.. kami sebagai teman gagal menghentikan perbuatannya itu.. sampai sekarang sudah 3 hari berlalu, teman saya itu masih bisa beraktivitas seperti biasa walaupun dia mengeluh badannya agak lemas dan semenjak percobaan bunuh dirinya, dia belum buang air besar.
kami takut terjadi apa2 padanya, karena itu dia skrg dalam pengawasan kami. kira2 apa efek yang bisa terjadi pada kenalan saya itu??? adakah efek jangka panjang??

jawab:
syukurlah jika teman Anda dapat diselamatkan.. saya kira dosis parasetamol yg digunakan masih dalam batas aman (sekitar 3500 mg), walaupun berisiko… Jika nanti sudah obatnya sudah tereliminasi melalui urin, saya kira dia akan normal lagi… tidak sampai terjadi efek jangka panjang, karena efeknya relatif reversibel jika kerusakan hatinya belum terlalu parah. Saran saya untuk memantau tersu kondisi kawan Anda supaya tidak mengulangi lagi perbuatan bodohnya itu.

7 10 2012
suci handayani

salam kenal Bu. Saya mau tanya. Saya sedang hamil tiga minggu. Dan saya sedang mengalami gusi bengkk dan sulit makan. Saya berobat ke doktet umum dan dikasih obat yusimox amoxicillin 500 mg. Fasidol paracetamol 500 mg. Faridexon forte dexamethasone 0,75 mg. Saya sudah mengkonsumsi masing masing satu. Tp saya tidak konsumsi lg. Walau gusi saya masih bengkak. Saya was was tkut ad dampak unutuk janin saya. Tolong dbls ya bu . Terimakasih banyak

Jawab:
Amoksisilin dan parasetamol cukup aman utk ibu hamil, Mbak, tidak usah terlalu kuatir. Jika memang masih sakit dan bengkak, diminum saja. Bahkan sebaiknya amoksisilin harus diminum sampai habis satu paket (sekitar 5 hari).

11 09 2012
alif Nugroho

Salam kenal bu,,
Saat ini saya sedang hamil 4 minggu, masih dlm trimester pertama,,
Beberapa hari ini (hampir seminggu) tiap menjelang sore sampai pagi hari badan saya selalu demam, akirnya sy konsltasi ke dspog dan beliau memberikan obat yaitu Progesic Tablet dan Cefat 500, yg saya tanyakan, apakah obat tsb aman dikonsumsi unt ibu hamil terutama yg masih dlm trimester pertama, meskipun dokter sudah bilang aman tetapi saya masih was2 dg pemakain antibiotik tsb, terima kasih untuk tanggapanya

Jawab:
Obat Cefat atau sefotaksim cukup aman utk kehamilan, jadi tidak perlu telalu kuatir. Apalagi penggunaannya kan biasanya hanya kurun waktu tertentu (5-7 hari) saja. Tapi sebetulnya menurut saya, lebih penting memastikan penyebab demamnya, apa memang karena infeksi. Apa ada tanda-tanda infeksi selain demam?.. Tapi jika dokter sudah mendiagnosa kemungkinan infeksi dan meresepkan Cefat, saya kira tidak perlu kuatir utk menggunakannya.

5 03 2012
Amir P

Salam kenal Prof,
Ketika gusi nyeri, saya diberi amoxilin, dexamethason dan asam mefenamat, Tak lama kemudian mata bengkak. Ini kira-kira efek dari obat yang mana ya prof? Kalau dari asam mefenamat, apa alternatif penggantinya? kalau dari dexamethason apa ya penggantinya?
Makasih,

Jawab:
salam kenal kembali. Agak sulit memastikan efek obat yg mana yg bikin mata bengkak, karena alergi atau efek samping bisa bersifat individual. Apakah Anda punya riwayat alergi sebelumnya dg obat-obat di atas? anyway, utk pengganti asam mefenamat bisa dipakai ibuprofen sebagai antiradang/anti nyeri. Tapi saya sih sarankan untuk memastikan penyebab gusi nyerinya apa, dan diatasi sampai penyebabnya hilang. Kalau memang ada infeksi dan sudah diberi antibiotik, saya kira klo bakterinya udah terbasmi, penyakitnya akan sembuh dan Anda tidak perlu lagi menggunakan antiradangnya.

21 02 2012
laili

bu, saya kemarin dapat obat sakit gigi isinya pondex, antalgin, ctm, primadex tapi akibat keteledoran saya, saya munum jg paracetamol dg bersamaan…
saya sadar kalu salah sudah tadi pagy…padahal saya sdah meminumnya slama 2x, setelah itu dada saya merasa sesak, perut mual dan kembung….bagaimana cara menanggukanginya ya bu…terimkasih…sejauh ini tubuh saya tidak membaik…😦

jawab:
saya tidak bisa memastikan apakah itu efek samping/toksik obat, tapi memang Anda minum 3 macam analgesik sekaligus, yaitu asam mefenamat (Pondex), antalgin, dan parasetamol. Jika Anda punya riwayat gastritis, mungkin bisa bermasalah, menyebabkan gangguan lambung. Ya klo sudah terlanjur ya sudah, biarkan saja nanti tereliminasi sendiri. Hentikan obatnya, dan minum air aja banyak-banyak untuk membantu pengeluarannya dari tubuh.

24 09 2010
syaifuddin

terimah kasih atas informasinya………..nah buat teman sejawat pharmasis ini sebagai tanggung jawab kita bersama untuk memberikan info yang jelas kepada masyarakat yang belum tahu……….

24 09 2010
ayu subekti

sangat bermanfaat infonya
menambah ilmu saya sebagai anak farmasi,,,,

syukron..

24 09 2010
Irma Muytia Sari

Terima kasih Bu. Sudah lama sekali saya tidak mengulang ilmu Farmasi. Semoga menjadi amal jaryah. Amin…

24 09 2010
Zainul A S.si.,Apt.,MM

Sudah lama saya tidak mempelajari keilmuan saya dibidang farmasi karena sibuk dibidang Bisnis, terima kasih banyak informasinya bu,saya jadi tergerak membuka buka dan jaurnal farmasi kembali.

20 05 2010
Ramona

Aslm bu.. infonya sgt bagus..
Saya sering mengkonsumsi paracetamol..demam,sakit karena M,,terakhir 2hari yang lalu karena flu..
Terima kasih infonya..oh y bu,sebaiknya saya ganti paracetamol dg apa ya?

makasih sebelumnya..🙂

Jawab:
sejauh ini parasetamol masih aman, jik adipakai sesuai dosisnya. Jadi ngga perlu diganti, kecuali Anda punya gangguan liver/hati.
^_^

19 01 2010
maria

emm… bermanfaat bgt buat sy…

28 12 2009
Maya

ass.. bu Zullies..
saya mahasiswa fakultas kesehatan di salah satu PTS yg sedang menyelesaikan skripsi. skripsi sy ttg hepatotoksisitas yg diinduksi parasetamol. kalo bole tau, ini sumbernya darimana Bu?
informasinya sangat membantu sy, trima ksh..

Jawab:
wah, sumbernya banyak, mbak… tinggal googling saja dengan keyword ” toxicity, acetaminophen” pasti banyak yang diperoleh

24 12 2009
Maryana

Assalamu’alaikum Bu Zullies

Ijazah saya sih farmacist lulusan tahun 1998 Ugm, tetapi saat ini agak gamang dengan ilmu farmasi saya terutama farmakologi dan farmakoterapinya karena jarang atau hampir tidak pernah digunakan.

Mohon informasinya untuk parasetamol untuk Ibu hamil dosis amannya berapa ya bu? dan obat apa saja yang wajib dihindari termasuk krim atau salep.
Kebetulan istri saya sedang hamil dan jadi takut minum obat.

Terima kasih banyak.
Wassalam.
Maryana

Jawab:
dosis parasetamol utk ibu hamil masih sama dengan dosis biasa, yaitu 500 mg-1000 mg, jika perlu. Krim atau salep sih pada umumnya aman-aman saja utk ibu hamil. Gak usah terlalu takut sih, tapi yang penting hati-hati. Penggunaan Obat pada kehamilan pernah saya tulis kok di blog ini.

20 12 2009
Fithry Elfikry

sangat bermanfaat banget buat banyak orang, prof…
akan saya share buat teman2 se profesi dan sejawat pun buat adik2 mahasiswa di sini…
best share, keep sharing, prof!

18 12 2009
A.J.I

paracetamol memang obat paling gampang didapatkan diapotek atau supermarket kecil bahkan warung contoh panadol dengan isi 10 butir dan per butir 500 mg jika langsung diminum 5000 mg atau 5 gr langsung masuk ke dalam tubuh, info yang sangat bermanfaat bu..salam farmacist

18 12 2009
kulilampu

wuih..beneran ya bu Dosen???
Gila…gila..ckckckckckcccc….kkk….
Untung ane dah lama mengurangi obat obatan….
Nice share…keep blogging!

Tinggalkan Balasan

