Rekrutmen partisipan untuk penelitian farmakogenetik

29 10 2009

Dear kawan,

snp_1

Bagaimana gen mempengaruhi efek obat

Saat ini aku sedang melakukan penelitian bersama tim untuk memetakan polimorfisme genetik pada orang Indonesia. Pemikiran yang melatarbelakangi adalah bahwa hingga saat ini belum ada publikasi mengenai peta polimorfisme genetik pada orang asli Indonesia terkait dengan berbagai gen yang mungkin terlibat dalam respon obat. Untuk itu sangat perlu kiranya dilakukan pemetaan polimorfisme genetik pada penduduk asli Indonesia, apalagi Indonesia sangat kaya dengan suku bangsa, yang sangat memungkinkan terdapatnya variasi genetik yang luas.

Pada penelitian kali ini akan dilakukan pemetaan genetik khususnya pada suku Jawa sebagai suku dengan populasi terbesar di Indonesia. Pada kesempatan penelitian berikutnya dimungkinkan untuk memetakan pola polimorfisme genetik pada berbagai suku lainnya di Indonesia. Gen yang dipilih untuk diamati kali ini adalah gen yang mengkode enzim sitokrom P450 subtipe CYP2D6, CYP2C9, dan CYP2C19, karena mereka merupakan enzim yang paling banyak dilaporkan mengalami polimorfisme dan bertanggungjawab terhadap banyak kejadian adverse drug reaction dan kegagalan terapi beberapa obat yang lazim digunakan (Nelson, et al, 1996).

Penelitian ini merupakan penelitian kerjasama yang dilakukan oleh tim Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada dengan Institute for Research in Molecular Medicine (INFORMM) Universiti Sains Malaysia.

Untuk itu dibutuhkan relawan-relawan sebagai subyek penelitian ini, dengan kriteria :

pria/wanita, usia 18-40 tahun, sehat jasmani (berdasarkan pemeriksaan kesehatan yang akan dilakukan), suku Jawa asli (bapak dan ibunya orang Jawa, kakek dan nenek dari kedua pihak juga suku Jawa), diutamakan yang tinggal di Yogya dan sekitarnya untuk kemudahan teknisnya.

Subyek/relawan akan diminta hadir pada saat dan tempat yang akan diinformasikan kemudian, lalu diambil darahnya dan diperiksa kesehatannya secara umum, untuk memastikan kondisi kesehatannya, apakah memenuhi kriteria inklusi apa tidak. Direncanakan diperlukan sekitar 200 orang subyek yang memenuhi kriteria inklusi. Buat teman-teman yang tertarik, silakan mendaftarkan diri pada saya melalui e-mail atau message via FB, atau langsung mencatatkan diri di Magister Farmasi Klinik Fakultas Farmasi UGM Gdg Unit 3 lt 3 (contact person: Mbak Desi), atau kepada Pak Arief Rahman Hakim di bagian Farmakologi dan Farmasi Klinik Fak Farmasi UGM, bisa melalui e-mail atau message via FB beliau, atau langsung mencatatkan diri di Bagian Farmakologi.

Relawan dapat apa?

Relawan yang mendaftarkan diri akan mendapatkan pemeriksaan ksehatan lengkap secara gratis, baik nanti masuk dalam kriteria kesehatan subyek atau tidak. Selain itu, ada sekedar bingkisan pelepas lelah.

Demikian, mohon bantuan dan doa restunya yaa…..

Terimakasih banyak sebelumnya..


Aksi

Information

11 responses

26 12 2011
Zulkifli Halid

Mantap….

Ini yg sy cari….. Sy hendak meneliti tentang polimorfisme ini, shga sy menghrap banyak dari hasil dari penelitian ini dan tentunya akan sangat membantu penelitian saya…

Penelitian sy mengenai salah satu obat yg diinduksi oleh CYP2D6 pada pasien schizoprenia, dan setelah sy browsing sy blm dpt data tentang pola polimorfisme diIndonesia, sy cuma dpt data bahwa orang ASIA terdiri dari 60% IMs (Intermediate Metabolizers)dan 1-2% PMs (Poor Metabolizers)…

Oleh karena itu, besar harapan sy mendapatkan kerjasama dan bantuan dari Anda….

Terima kasih sebelumnya…..

29 10 2011
pebrioka java

penelitian nya udah selesai belum?

btw, ciri2 orang jawa itu gimana? apa kulit kuning, alis tebal dan bibir segitiga?


Via MebApp.com

7 12 2009
tutix

wah sepertinya agak ketinggaln berita ini….kira2 masih perlu tambahan personel ndak buk? saya tertarik..orang jowo tulen

Jawab:
sayangnya udah cukup tuh, orangnya. makasih ya..

10 11 2009
fajar BL

wahh,,,sepertinya penelitiannya menarik…
masih perlu tambahan orangkah???
saya bersedia bu…
kebetulan saya orang jawa tulen😀

Jawab:
masih perlu, silakan krm message ke saya (FB atau e-mail), sebutkan nama lengkap, umur, no HP yang bisa dihubungi. Thnks

6 11 2009
anggun sugoro

asslm.bu? Insya Allah saya mohon didaftar u relawan penelitian ibu…Nama : Anggun sugoro umur 32 Tahun Alamat Pogung kidul atau mahasiswa MST UGM..Bapak jawa ibu jawa..matur nuwun. Wasslm..no Hp 081548865880

5 11 2009
Muchtar

Aslkm. Berhubung sy tdk tahu e-mail/fb nya,sy mendaftar sbg relawan lewat blog ini. E-mail/fb sy musya_syahroni@yahoo.com, telp. 081210661052, usia 24 domisili jogja. Trims

Jawab:
Oke, saya catat ya. Nanti kami informasikan selanjutnya mengenai pelaksanaannya.

5 11 2009
hoedha

mbak,imelnya mbak apa?aku jawa asli kebetulan kul di fakultas kedokteran tetangga farmasi..hehe..boleh nih ikut penelitiannya..

tolong dikirim ke imel saya ya mbak prosedur pendaftaranya…terima kasih.

Jawab:
alamat e-mail saya: ikawati@yahoo.com. Cukup sebutkan nama, umur, no HP or e-mail yang bisa dihubungi. Nanti akan ada info lebih lanjut. Trims ya.

5 11 2009
noor

apakah masih kurang bu? jawanya itu umum kan bu? (sunda = jawa?)

Jawab:
masih, sudah ada 100an orang, kami butuh 100 lagi. Jawa ya jawa, bukan sunda.

3 11 2009
hgozie

assalamu’alaikum.

sepertinya menarik bu…
hozi daftar…

2 11 2009
superkecil

Bu, masih dibuka tidak pendaftarannya??
nanti diminta minum obat ga ya Bu??
hehe….

Jawab:
masih, ngga disuruh minum obat apa-apa… cuma diambil darah aja.

29 10 2009
Dian setyaningsih

Assalamu’alaykum.
Wah pgn skali jd relawan. Tp sdh trlanjur pulang ke jayapura.
Kpn2 pnlitian farmakogenetik suku papua ya bu..insya Alloh.
Mga lncr,dmudahkan pnlitiannya,dan brmanfaat.

Jawab:
Halo, Dian… ya moga-moga lain kali ya bisa berpartisipasi
Trims doanya, mudah-mudahan lancar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: