Dibalik layar : International Conference in Pharmacy and Advanced Pharmaceutical Sciences

9 10 2009
Dear kawan,

Rasanya aku perlu menyebut kegiatan International Conference ini dalam blog-ku sebagai kegiatan penting yang perlu didokumentasikan. Alhamdulillah, kerja keras tim selama beberapa bulan sebelumnya terbayar sudah dengan sukses dan lancarnya acara, serta kesan manis yang sudah dirasakan oleh sebagian besar tamu. Sempat diawali sedikit ketegangan internal terkait dengan tempat penyelenggaraan, prediksi jumlah peserta yang sedikit meleset, melesetnya beberapa sasaran sponsor, semuanya menjadi pelajaran berharga untuk penyelenggaraan sebuah acara besar. Salutlah buat Mbak Hilda sebagai Chairman of the Committee yang sudah mengorganisir semuanya!! Aku sendiri posisinya sebagai Steering Committee….. hirarkinya lebih tinggi sedikit haha…., lebih banyak memberi masukan-masukan, menjadi pendorong, dan tentu tetap berada bersama panitia untuk berbagai persiapan. Kegiatan Conference-nya sendiri diselenggarakan di Hotel Sheraton Mustika Yogyakarta, hotel bintang lima gitu loh…. !!

Menyambut tetamu

Kami mengundang beberapa narasumber dari luar negeri, 5 orang dari Jepang, 2 orang Malaysia, 1 orang Italia, 1 dari Australia, dan 1 orang dari Belanda. Cukup heboh lah…! Lucunya, para narasumber itu kebanyakan adalah kenalan dari beberapa dari kami anggota Panitia. Aku sendiri misalnya, mengundang Prof. Kazutaka Maeyama dari Ehime University, supervisorku ketika aku studi S3 dulu di sana. Mbak Hilda mengundang kenalannya dari Australia, Gregory Duncan dari Monash University, Ronny si sekretaris Panitia mengundang supervisornya dulu Prof .Paolo Caliceti dari Italia. Selain itu masih ada Prof. Timmerman, Prof. Syed Azhar, Prof. Izham, dll. Jadilah semacam ada pembagian tugas untuk mengurusi tamu masing-masing, walaupun itu sebenarnya ya tamu bersama. Ya untuk kepraktisan saja.

bersama invited speakers, berdiri: Hilda, Ronny, Zullies

bersama invited speakers, berdiri: Hilda, Ronny, Zullies

Hari Sabtu aku menemani Mbak Hilda menjemput Mr Duncan di Bandara. Walaupun ada penjemputan dari hotel, kayaknya lebih menghargai jika kita menjemputnya sendiri. Wah, Mr Duncan itu tinggi banget…. aku cuma separonya haha….. jadilah kalo mau ngomong sama beliau aku harus mendongak ke atas…!!

Hari Minggunya aku jemput Maeyama Sensei dan istrinya (di Jepang, profesor diundang dengan sebutan Sensei) di bandara bersama Rizal dan Agung, yang sama-sama pernah bekerja di Lab Sensei di Ehime. Aku ajak makan siang bentar dan aku putarkan lewat UGM biar Sensei bisa melihat UGM dari dekat, lalu aku antar ke hotel. Dua malam sebelum hari H acaranya Welcome Dinner terus … hehe… mengacaukan program pelangsingan tubuh nih.

Jalannya Conference

Acara pembukaan berjalan lancar, diikuti paparan oleh plenary speakers, dan invited speakers. Isinya macam-macam lah, terlalu banyak kalo mo diceritakan di sini. Topik kefarmasian oleh invited speakers dibagi dalam dua tema besar, yaitu Advanced Pharmaceutical Sciences dan Clinical/Social Pharmacy, sehingga audiens bisa memilih mau ikut yang mana. Aku sendiri bertugas sebagai moderator dalam salah satu sesi presentasi invited speakers. Siangnya sehabis lunch, acara dilanjutkan dengan presentasi oral para peserta conference. Demikian pula pada hari kedua.

Me, Maeyama Sensei, and colleagues

Me, Maeyama Sensei, and colleagues

Yang sedikit bikin surprise buatku adalah bahwa yang dipresentasikan oleh Prof Maeyama sebagian adalah hasil penelitianku selama studi di bawah bimbingannya dulu. Dah gitu, di bagian belakang pada ucapan terimakasih (acknowledgment), dipasanglah fotoku ketika masih di sana, ditayangkan pula… Waduh, jadi agak terharu deh hehe…. (arigatou, Sensei…). Ngomong-ngomong tentang senseiku ini, aku harus bersyukur alhamdulillah memiliki beliau sebagai pembimbing dulu,… karena beliau orangnya sangat humanis, ramah, perhatian, ngga serem seperti gambaran sebagian besar profesor Jepang yang serius dan jarang senyum. Dah gitu, orangnya nyeni lagi… karena beliau hobby melukis. Malah waktu diajak ke Candi Prambanan, beliau sempat melukis sebentar di sana… wow ..kereen!!

Susunan acara conference sendiri bisa ditengok di http://farmasi.ugm.ac.id/isapps . Tapi aku ngga akan cerita tentang acaranya secara detail, garing nanti hehe….. Aku coba memotret aja sudut-sudut kecil di kegiatan ini dari perspektifku sendiri. Satu inovasi yang dikreasi dalam konferensi ini adalah sistem barcode pada pendaftaran peserta yang terkoneksi dengan web. Sistem ini dikembangkan oleh mas Parno, ahli komputer kami. Salutlah atas kerja kerasnya. Kalau dari segi substansi, materi presentasi dari peserta sungguh sangat bervariasi, dari yang agak sederhana sampai yang canggih. Satu yang menarik perhatianku, karena kebetulan aku jadi moderator pada sesi itu, adalah presentasi dari salah satu peserta dari Malaysia, yang melaporkan hasil penelitiannya bahwa coklat bisa mengurangi kecemasan. Penelitian itu dilakukan terhadap mahasiswa progam studi keperawatan di sebuah universitas di sana, judulnya : An Interventional Pilot Study: Effect Of Dark Chocolate Consumption On Anxiety Level Among Female Nursing Students. Pemberian dark chocolate ternyata bisa mengurangi tingkat kecemasan pada subyek uji, namun uji ini baru dilakukan secara terbatas pada mahasiswa wanita. Wah, boleh juga nih….. sering-sering makan coklat, biar bisa mengurangi kecemasan hehe…. tapi katanya sih masih perlu uji lebih lanjut dengan lama pemberian yang berbeda, dan macam coklat yang berbeda.

Gala Dinner dan Penutupan

bersama Maeyama Sensei dan istri

bersama Maeyama Sensei dan istri

Hari pertama ditutup dengan acara Gala Dinner yang lumayan meriah di pinggir swimming pool Hotel. Suasananya romantis hehe… dengan lampu remang-remang. Undangan yang terdiri dari semua pembicara dan sebagian peserta dan panitia memenuhi tempat acara dilangsungkan. Acara diisi dengan Batik Fashion Show dari Danar Hadi, tarian, dan penampilan dari group musik mahasiswa Farmasi. Acara fashion show sendiri adalah usulanku, terinspirasi dari acara serupa  ketika aku mengikuti Regional Conference on Moleculer Medicine di Malaysia bulan Mei 2009. Dan pentas batik ini pas benar timing-nya dengan baru saja diakuinya batik sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO. Jadi klop-lah! Wah…. peragawatinya tinggi-tinggi, langsing, dan cantik!! Jalannya mendongak ke atas…. kayaknya waktu latihan mereka menggendong ransel di punggung. Aku terkesan juga atas penampilan para mahasiswa, baik yang jadi MC atau pun menyanyi dan memainkan musik. Hebat dan berbakat!! Nanti kalo latihan nyanyi aku diundang dong….. haha!

Acara penutupan kami buat sedikit berbeda. Sebelum acara pembacaan pemenang presentasi terbaik dan penutupan resmi oleh Dekan, kami membuat sebuah performance khusus. Kami ingin menunjukkan bahwa orang farmasi itu juga ngga selalu melulu berpenampilan serius karena kebanyakan mikir rumus hehe…. Aku sendiri suka menyanyi, dan mbak Hilda piawai main organ. Jadilah dengan cuek dan sok pede tanpa mempertimbangkan gangguan pendengaran yang bakal dialami audiens, aku (dengan mengajak Ronny) melantunkan lagu “Love of my life” dengan iringan organ Mbak Hilda….!  Prof Timerman dari Belanda juga kami daulat untuk menyanyi, dan tak ketinggalan Prof Caliceti dari Italia. Heboh!!

"Love of my life" by Zullies and Ronny.. sorry for annoying..

"Love of my life" by Zullies and Ronny.. sorry for annoying your ear.....

 

Alhamdulillah, semua berjalan relatif lancar…  Tentu tak ada yang sempurna, mohon maaf jika ada hal-hal yang masih kurang berkenan. Sebuah pelajaran penting untuk penyelenggaraan acara besar kami peroleh. Semoga bermanfaat.

Demikian catatan kecilku mengenai conference kami.


Aksi

Information

3 responses

15 10 2009
Wulan

Wah saya jadi kangen sama fakultas Farmasi UGM tercinta..
Saya mhs Farmasi UGM angkatan 99 Bu.. bisa mampir ke sini gara2 lagi browsing susu formula🙂 n so surprised knowing that one of my ex-lecturer is a great blogger!! Well done, Bu!! Saya jadi bangga.. saya pikir dosen2 itu kuno loh.. ternyata pada fesbukan dan blogging juga ya…
Salam.

13 10 2009
moko

wah spertinya acaranya menarik sekali tuh bu. jd pengen ikut lgsung

Jawab:
Lha kemaren kok gak ikut aja?🙂

11 10 2009
Bu Haryanto

Selamat ya Bu Prof atas selesai dan sukses acara ICP,Pharmacy UGM th 2009,semoga banyak hikmah yang dapat dipetik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: