Hati seperti spektrofotometri

23 08 2009

Dear kawan,

ramadan kareemSudah hari ke 3 puasa Ramadhan… mudah-mudahan belum terlambat jika aku ucapkan “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa bulan Ramadhan” kepada semua pembaca blog ini…. Semoga amal ibadah kita diterima dan Allah mengampuni segala dosa-dosa kita. Amien. Mohon maaf lahir batin ya….

Sudah banyak tulisan-tulisan menyambut Ramadhan di berbagai media…. tulisan kali ini sekedar nasihat kepada diriku sendiri sebagai pengingat…., semoga bisa menyambut bulan suci ini dengan sebaik-baiknya…

Kawan,

Menjelang Ramadhan ini rasanya banyak kualami ujian hati. Tapi begitulah manusia… selalu ada ujian dan cobaan. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Ingatlah dalam tubuh manusia itu ada segumpal “daging”. Bila ia baik, akan baiklah seluruh tubuh itu, tetapi hila ia rusak, maka akan rusak pula tubuh itu seluruhnya, segumpal “daging” itu adalah hati (kalbu),” (H.R, Bukhari Muslim]

Di bulan Ramadhan ini, semestinyalah kita siapkan hati untuk menerima banyak-banyak cahaya dan petunjuk Allah menuju kebaikan dan kebenaran, karena di bulan Ramadhan ini pasti banyak tausiah-tausiah berguna yang bisa kita peroleh dari bebagai sumber. Jika hati kita keruh, tentu akan sulit ditembus cahaya. Untuk ini, aku terpikir akan analogi spektrofotometri UV-vis. Kawan-kawan yang berlatar belakang farmasi atau kimia analisis tentu tidak asing dengan alat ukur yang satu ini, untuk menganalisis kadar suatu zat dalam sebuah larutan.

Pada prinsipnya, suatu sampel larutan yang mengandung zat tertentu dengan kadar tertentu, dapat diukur kadarnya dengan melewatkannya pada sinar UV atau sinar tampak pada panjang gelombang tertentu. Jika larutan pekat, maka sinar akan terabsorpsi oleh zat dalam larutan. Detektor hanya akan menangkap sedikit cahaya. Jika larutan jernih, maka cahaya tidak akan terhalangi, dan detektor akan menangkap lebih banyak cahaya. Banyaknya cahaya yang diserap (absorbansi) atau banyaknya cahaya yang diteruskan ke detektor (tansmittan) akan menentukan kadar zat yang terlarut.

Maka kawan,

Aku mengajak diriku sendiri untuk membersihkan hati… sehingga Cahaya Ilahi akan lebih banyak yang diterima oleh detektor kalbu… yang akan menuntun kita ke jalan yang lurus dan menjadi hambaNya yang lebih sujud. Sungguh tidak mudah…. karena hatiku sungguh masih sangat lemah. Beri hamba kekuatan ya, Allah, …Amien.

Selamat menunaikan ibadah Shaum Ramadhan…

Iklan

Aksi

Information

2 responses

24 08 2009
Fajar Ramadhitya P

Assalamualaikum. Salam kenal.
Analogi yang menarik, tapi yang dimaksud spektroskopi UV atau IR ya? :).

Jawab:
hehe… salam kenal kembali. Spektro UV-Vis kali yaa…. ntar tak tambahi deh…

24 08 2009
danang

assalaamu ‘alaikum…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: