I’m still alive….

21 07 2009

Halo kawan,

 I’m still alive!!

Yah, paling tidak begitulah… aku perlu menyapa kawan-kawan pembaca blog-ku, bahwa setidaknya aku masih hidup hehe…. . Apa kabar kawan? Pasti banyak aneka peristiwa telah terjadi pada masa seminggu ke belakang ya…. Termasuk peristiwa bom Jakarta yang benar-benar membuat kita geram dan prihatin. Peristiwa itu menjadi penting karena kebetulan minggu lalu kami sedang memiliki tamu dari Belanda yang menjadi instruktur dalam Workshop on Molecular Toxicology yang diselenggarakan di fakultas. Tadinya aku sengaja tidak menceritakan dulu kabar tersebut (waktu itu beliau sudah memulai lecture-nya), eh… ternyata malah putranya di Belanda menelponnya langsung menanyakan tentang hal tersebut…. Walah….! Tapi untunglah beliau tidak terpengaruh, karena setelah ini beliau memang masih akan lama jalan-jalan di Indonesia.

 Selain itu, sebenarnya telah ada pula beberapa ide tulisan yang ingin kutuangkan… suerr,… tapi seperti biasanya… tanganku hanya dua, dan waktuku hanya 24 jam, itu pun harus kubagi dengan baik-baik. Aku ingin berbagi bagaimana pengalamanku menyusun proposal penelitian sehingga bisa mendapat beberapa grants, bagaimana pengalaman mengembangkan metoda pembelajaran, juga sedikit cuplikan dari hasil workshop.. Aku usahakan, ya,…walau nggak bisa janji cepat-cepat…..

Tapi tahukah kalian, ……. bahwa di balik hingar-bingar kesibukanku yang nampaknya tak pernah henti susul-menyusul, ada kegundahan hati yang sesekali menyusup. Yang hanya bisa diatasi dengan berserah diri dan memohon pada yang Empunya hidup. Beberapa hari lalu aku sempat merasa sedih dan rapuh… aku merasa kehilangan waktuku untuk anak-anak, terutama si bungsu yang masih perlu perhatian banyak. Yah…. beberapa hari yang lalu ada yang sedikit berbeda dari Dhika, anak kami ketiga (3,5 tahun). Mulai hari Rabu sore lalu, kuamati  mood-nya sedang tidak bagus. Entah kenapa, sejak sore kelihatan sedih banget, cuma mau tiduran di tempat tidur sambil sesekali menangis. Padahal biasanya dia ceria, sedang mulai cerewet walaupun kadang kata-katanya belum ada maknanya. Aku coba hibur dengan mainan kesukaannya, atau game di komputer yang dia suka, hanya bertahan sebentar, tersenyum sedikit, lalu lesu lagi. Kelihatan lesu dan kehilangan semangat bermainnya. Aku mencoba introspeksi… mungkinkah ia sedang minta perhatian ibunya? Astaghfirullohal’aziim..

Sekitar tiga harian ia berperilaku tak seperti biasanya. Tidak semangat, tidak berespon. Aku agak kuatir juga, karena Dhika adalah anak istimewa kami. Aku sudah pernah cerita dulu (pernah kutulis di blog ini juga), bahwa Dhika adalah cahaya mata dan cermin hidup kami. Dhika anak kami memang berkembang sedikit beda dengan kakak-kakaknya. Secara fisik ia paling ganteng, putih dan bongsor. Tapi perkembangan wicaranya masih jauh dari teman-teman seusianya. Itulah yang aku sedihkan ketika ia menjadi diam dan lesu, karena ia belum bisa menceritakan perasaannya… belum bisa menyampaikan keinginannya. Kalian bisa rasakan kan perasaanku sebagai ibunya melihat demikian? Antara sedih dan bingung karena tidak tau apa maunya.

Itu yang kadang membersitkan kegundahan di hati kami, walaupun kami menyadari, bahwa semua adalah kehendak Allah, sebagai peringatan bagi kami untuk memperbaiki diri sehingga semakin sujud kepadaNya. Yah, kupikir memang di dunia ini tidak ada yang sempurna. Mungkin memang sebaiknya tidak perlu terlalu sempurna, sehingga orang akan tergerak untuk merunduk padaNya. Dan memang benar, bahwa orang lebih mudah lalai ketika dihadapkan pada semua yang serba baik, menyenangkan, sempurna…  lupa pada Sang Pemberi dan merasa bahwa itu sudah semestinya. Astaghfiruulohal’adziim..

Dhika main di lingkaran

Dhika main di lingkaran

Tapi alhamdulillah,…. sejak hari Minggu kemarin Dhika sudah mulai pulih lagi. Sudah ceria dan mau main-main lagi, tertawa-tawa. Beberapa hari belakangan aku memang benar-benar tak mau kehilangan waktu untuk bermain-main dengannya. Sepulang kantor sore hari, aku berusaha untuk tidak membuka laptop atau apapun yang terkait dengan pekerjaan. Untung pula ada libur sedikit panjang….  walau masih harus menyelesaikan beberapa hal, aku berusaha untuk menemani Dhika sebanyak mungkin. Main kejar-kejaran, panjat-panjat di lingkaran, lempar dan tangkap bola, menemani nonton Dora dan Elmo…

Ah… tidak mudah memang menjadi ibu yang baik, yang selalu ada di saat dibutuhkan. Aku sedang berpikir untuk mengurangi beberapa aktivitasku ke depan… Hm… mudah-mudahan bisa dan dapat dimaklumi.      

Well, selamat datang minggu yang baru…. semoga semua berjalan lancar dan menyenangkan.  Siap presentasi hasil riset utk “research week” UGM hari Rabu besok, siap presentasi hasil riset dan proposal penelitian Ristek di Puspiptek Serpong hari Kamisnya, dan routine work lainnya, termasuk main-main dengan Dhika. Amien….

 Have a nice week!!


Aksi

Information

One response

21 07 2009
Lutfi Chabib

Salam Super bu Zullies… he3x…
kapan2 dek dhika diajak makan kentang telentang bu…
oh iya, just info saja bu, bila memang bisa membantu, beberapa waktu yang lalu saya baca bu “The Miracle Of Giving” dari Uzt Zusuf Mansur, salah satu petikan ceritanya tentang bagaimana menyembuhkan anak yang agak kurang pertumbuhannya (Maaf ya bu…) dengan jalan Langit ( Bantuan Allah swt ),
Alhamdulillah cerita2 tersebut kini dibukukan, dimana saya sudah mempraktekkan cara2 petunjuk uztadz Yusuf sejak saya awal kuliah sampai sekarang sebelum dibukukan, notabene saya orang kampung cuma putra tukang kelontong dan tukang ojek buta huruf,putranya bisa kuliah bu… sampai detik ini saya belum percaya dengan garis hidup saya…
nextime akan saya cerita bagaimana cara2 cantik langit itu; mulai dari bisa bayar kuliah dll, dan insyallah tahun ini saya akan menggunakan cara yang sama untuk menguliahkan adek2 saya, dan cita2 menaikkan haji emak bapak dikampung bu…
mohon doa restunya…
Insyallah sepulang dari singapure minggu depan, saya kirimkan buku yang sy maksud buat bu zullies ke Magister FarKlin…
Salam Sukses Bu Zullies… Keep Spirit and Istiqomah…

Jawab:
Terimakasih perhatiannya, Mas Lutfi… jadi terharu deh.. hehe…. sukses selalu!

Tinggalkan Balasan

