My note (3): Legaa…

3 05 2009

Dear kawan,
Judul posting kali ini cukup satu kata saja….. Legaa. Ini terkait dengan telah ditunaikannya tugasku untuk presentasi di conference tadi… Alhamdulillah.
Well,.. hari ini aku tidak punya banyak cerita menarik, lebih banyak tentang suasana conference, karena sebagian besar waktuku memang habis di sana seharian ini. Belum sempat pusing-pusing kemanapun. Dan lupa deh urusan mencari jejak Manohara….

Acara pagi diisi dengan mengikuti simposium dengan pembicara-pembicara ternama. Excellent talks ! Topiknya lumayan berat-berat, sampai sulit aku menceritakan di sini. Wong aku saja ngga begitu dhong hehe…….! Yaitu tentang Proteomics dan RNAomics. Aku juga menyempatkan diri melihat-lihat poster yang disajikan peserta. Cukup banyak, ada 90an poster. Well, untuk tahu saja….. presentasi poster dan oral sebenarnya sama beratnya. Pada sesi poster, pemakalah poster harus berdiri di samping posternya untuk menerima pertanyaan-pertanyaan terkait dengan hasil penelitiannya yang tersaji dalam poster tersebut. Apalagi kebetulan untuk poster juga dilombakan. Cuma sayangnya….. untuk bantuan dana presentasi ke luar negeri oleh universitas dan fakultas, yang berhak memperoleh bantuan hanyalah yang presentasi oral. Untungnya aku dapat diterima untuk presentasi oral…. jadi lumayanlah, ada bantuan kepergian keluar negeri.

Melihat penelitian-penelitian yang disajikan oleh para peserta, terbersit rasa iri….. aduh, kapan ya bisa melakukan penelitian serupa. Well, tapi mudah-mudahan itu bisa menjadi inspirasi dan penambah semangat…… bersama kita bissaa!! Orang Indonesia itu lebih kreatif kok…..Lab nggak ada alatnya saja bisa menghasilkan penelitian hebat….(meringis). Termasuk riset belum diberi biaya pun bisa berjalan,… yaitu pake hutang…. ! hehe…. Untuk hal ini, aku nggak tau tuh, harus berkeluh kesah kemana…… Proposal penelitianku yang diajukan ke Kementrian Ristek utk tahun anggaran 2009 sudah diterima, bahkan sudah tanda tangan kontrak bulan April lalu….. tapi dananya belum turun-turun. Padahal mestinya penelitian sudah berjalan sejak bulan Februari, dan harus selesai bulan November. Akhirnya ya memang penelitian harus jalan, tapi harus dimodali sendiri dulu…. Untungnya aku punya rekening khusus untuk dana-dana penelitian dari proyek-proyek sebelumnya. Kalau masih ada sisa, disimpan untuk modal penelitian selanjutnya…… Kalau nggak gitu, impossible boo….. !!

Presentasi
Jadwal presentasiku hari ini jatuh pada pukul 14.30an… Lumayan nervous hehe….. kualat kali ya sama mahasiswa yang suka aku candain kalau nervous mau ujian skripsi. Maklum, aku gak sempat persiapan sama sekali. Powerpoint baru aku selesaikan semalam. Aku kadang terlalu percaya diri, bahwa kalau sudah on stage, pasti aku bisa dan akan mengalir dengan sendirinya….. belagu banget ya! Yang ini jangan ditiru…. Tapi alhamdulillah, pokoke udah run well lah…. ada 3 pertanyaan yang bisa aku jawab dengan baik. Jangan membayangkan yang hebat-hebat dulu hehe…. presentasi di seminar internasional biasanya waktunya sangat terbatas. Bicara 8 menit, dan tanya-jawab 2 menit. Lebih hebat presentasi skripsi mahasiswa yang sampai 20 menit dan tanya jawab hampir satu jam lebih ….. ! Hidup mahasiswa!

Barbeque party
Malam hari acaranya adalah pesta barbeque yang diselenggarakan di kampus Universiti Sains Malaysia. Kami diangkut dari hotel menggunakan bis kampus membelah kota baru dalam perjalanan sekitar 20 menit. Kota Bharu di malam hari tidak begitu ramai. Baru kali ini aku agak seksama memandangi jalan-jalan Kota Bharu. Tidak banyak beda dengan kota-kota di Indonesia pada umumnya, kecuali bahasa yang tertulis di toko-toko atau kantor….. kadang bikin senyum-senyum sendiri karena terdengar lucu dan beda dengan bahasa Indonesia…

Acara barbeque-nya sendiri agak sedikit boring. Mungkin karena aku sendirian saja dari Indonesia, jadi tidak punya kawan dekat. Memang sih ikut ngumpul dengan para peserta lain, basa-basi kiri kanan…. but still feel lonely. Makanannya sendiri biasa-biasa saja…. modelnya prasmanan. Memang banyak bebakarannya (sate ayam, sapi, daging kambing, ikan bakar), tapi juga ada menu lain seperti bihun goreng, nasi goreng, salad, buah, dll. Acara di panggung juga biasa… lebih santai daripada dinner kemaren yang relatif formal. Ada nyanyi-nyanyi dari para tamu dan profesor di sana. Tarian hawai dan tarian poco-poco juga ada. Wah, poco-poco itu kan tarian kita ….. nggak tau deh, mereka juga merasa punya. Ada dua mahasiswa USM yang menurutku terlalu confident untuk menyanyi hehe…. mereka duet, tapi yang satu suaranya jalan ke Jakarta, yang satu ke Surabaya… nggak akur blas….

Well, hari ini tidak banyak cerita bagus…. aku mau tidur dulu…


Aksi

Information

2 responses

29 05 2009
maura

pasti bagusan budhe yang nyanyi ya…….

4 05 2009
Ayah Nissa

Coba ibu bergabung dengan penyanyi itu, lumayan bisa menambah satu suara ke Yogyakarta, he he he. Sukses ya bu semoga ilmu yang diperoleh bisa berguna.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: