Catatan perjalanan (2): ke UMCG

24 03 2009

Dear kawan,

Hari pertama setelah menginap semalam di hotel diawali dengan breakfast a la Belanda banget. Roti yang keras dengan butter, sereal dan susu, scrambled egg, serta ikan dan salad. Yah, lumayan lah…… tapi tetap saja rasanya kaya belum makan karena tidak makan nasi. Dasar perut jawa…..hehe….

 

Kami dijemput di hotel pukul 9.45 menuju University Medical Center Groningen (UMCG). UMCG adalah suatu institusi di bawah universitas Groningen yang merupakan merger antara Fakultas Kedokteran dengan Groningen Hospital. Di seluruh Belanda, ada sedikitnya 8 buah University Medical Center, serupa yang di Groningen ini. Perjalanan pagi itu diiringi hujan rintik-rintik dan cuaca dingin menggigit. Sesampai di UMCG, kami dibawa ke ruang pertemuan. UMCG sendiri sangat luas (untuk ukuranku, karena kami harus jalan agak jauh menuju ruang pertemuan). Yang unik adalah, antara hospital dengan fakultas Kedokteran, ada semacam bangunan yang menjadi jembatan antar kedua institusi yang sekarang merger tersebut. Pada jembatan (de Brug) tersebut, para staf memiliki ruang kerjanya masing-masing. Yang unik lagi, di sebuah bagian tertentu di UMCG, ada patung anjing dan kucing besar-besar berjejeran. Katanya itu adalah simbol masing-masing institusi….. dan simbol bahwa anjing dan kucing pun bisa akur hehe….. menarik sekali!

 

Di dalam ruangan kami bertemu dengan delegasi dari Fak Kedokteran yang sudah berangkat duluan. Singkat cerita kami diberi paparan tentang aneka hal, dan juga tour keliling RS. Wah, yang ini agak sulit untuk tidak iri…… fasilitasnya lengkap! Sayangnya hari pertama ini aku belum sempat berkunjung ke bagian farmasinya.

 

Capek boo..! begitulah yang dirasakan hari pertama. Oya…. kami makan siang di kantin UMCG. Kantinnya besar dan penuh orang bule… Ya iyya laah…. namanya juga di Belanda hehe…. Agak susah cari makanan yang enak dan halal. Tapi ada sih beberapa menu vegetarian dan sayuran lainnya. Aduh… pokoknya kalau urusan makan, agak repot mencari yang pas dengan selera tapi halal.

 

di-antara-gedung-tuaDi antara gedung tua


Jam 16.30an waktu setempat, kami sudah masuk lagi ke hotel. Oya, hotel kami ini agak di pinggir kota, di tepi ladang luas. Toko-toko di Belanda buka jam 9 pagi sampai jam 6 sore. Wah, kalau dah masuk hotel, repot kalau mau keluar-keluar lagi… dan sebentar lagi toko tutup. Ya sudah, kami istirahat saja di hotel. Badanku masih badan dengan waktu indonesia nih hehe….. jam 6 sore (yang berarti jam 12 malam WIB) aku dah ngantuk, dan bobok manis. Terbangun jam 00.30 waktu setempat, yang berarti jam 06.30 pagi WIB, dan menulis posting ini serta sedikit laporan.

 

Well, kita tunggu apa yang terjadi besok pagi…..


Aksi

Information

4 responses

9 02 2015
widodo

Assalamu alaikum Mbak Zullies

Menarik membaca sharing mbak ttg PDD NHS, anak sy kedua Rasjid juga mengalami PDD NOS. Anak kami ini baru 2.5 tahun dan alhamdulillah sdh terapi selama 4 bulan.

Saat ini anak saya terapi okupasi dan wicara, Dokter anak jg memberi rasjid obat, Ktnya vitamin dan untuk membuat otaknya lbh aktif, ini yg membuat saya khawatir, mohon saran nya bagaimana sebaiknya penanganan anak PDDNOS, kalo boleh saya minta no yg bisa dihub untuk discuss lebih lanjut mbak

Wassalam
Widodo

Jawab:
no kontak saya di 081 5685 4012, silakan

23 04 2009
ivon

Hebat ya bu…aku pengen seperti ibu

Jawab:
ah masa…. mudah-mudahan tercapai yang dicita-citakan, ya

1 04 2009
hidayat ahmad

bener2 seru jalannya ya bu !!!! tapi ga sekedar jalan2 aja, banyak yang bisa di dapat dari pengalaman ibu. saya aja yang ngebaca, saking terkagum2 sampe2 menghayal kapan bisa kesana. insya allah saya bisa menyamai ibu ya !!!! mohon doanya bu !

Jawab:
Insya Allah, Amien.

24 03 2009
lutfi

Wah seru sekali live reportnya…
aduh… kapan ya bisa sampai eropa…
paling jauh masih muter2 di sumatra, sulawesi…
Kami tunggu cerita serunya bu…
Semoga ilmu dan pengalamannya bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: