Menguak khasiat cokelat…

8 03 2009

Dear penggemar coklat,

dark_chocolate430x300Berita ini mungkin bisa jadi kabar gembira…. karena cokelat yang kita sukai ternyata punya manfaat bagi kesehatan. Sebuah laporan di JAMA 2007;298:49-60, menyatakan bahwa konsumsi coklat secara rutin dapat menurunkan tekanan darah buat mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Tapi jangan salah…. Coklat yang dimaksud adalah dark chocolate, bukan milk chocolate atau white chocolate.

Dalam penelitian ini, Taubert dan timnya menggunakan subyek penelitian 6 pria dan 7 wanita dengan kisaran usia 55-64 tahun. Semuanya didiagnosa dengan hipertensi ringan, dengan tekanan darah sistolik rata-rata 153, dan diastolik 84.

Setiap hari selama 2 minggu, mereka makan 100 gram coklat, dan diminta menyeimbangkan kalori mencapai 480 kalori dengan tidak memakan makanan lain yang mengandung nutiren atau kalori yang sama. Separuh pasien menggunakan white chocolate, dan separuhnya lagi mengkonsumsi dark chocolate.

Hasilnya ? Mereka yang mengkonsumsi dark chocolate mengalami penurunan tekanan darah sampai 5mmHg sistolik dan 2 mmHg diastolik. Sedangkan mereka yang makan white chocolate tidak mengalami penurunan tekanan darah.

Ada apa di dalam dark chocolate?

Dark chocolate — bukan white atau milk chocolate , atau dark chocolate dimakan bersama susu —– merupakan antioksidan yang poten. Demikian dilaporkan oleh Mauro Serafini di Jurnal Nature 424, 1013 (28 August 2003). Antioksidan adalah senyawa yang akan menangkap radikal bebas, suatu molekul perusak yang banyak terlibat dalam berbagai gangguan tubuh. Di dalam dark chocolate terdapat beberapa flavonoids, terutama adalah epicathecin, yang memiliki efek antioksidan dan antitrombotik (anti penggumpalan darah). Dalam penelitiannya, Serafini dan timnya menggunakan subyek penelitian 7 wanita sehat dan 5 pria sehat dengan kisaran usia 25-35. Pada hari-hari yang berbeda yang sudah ditentukan, mereka diminta mengkonsumsi 100 gram dark chocolate, 100 gram dark chocolate dengan segelas susu, dan 200 gram milk chocolate. Satu jam kemudian dari masing-masing konsumsi cokelat, sampel darah mereka dan diukur kadar epicathecin di dalam darahnya.

Apa yang diperoleh ? Ternyata konsumsi dark chocolate menghasilkan kadar antioksidan tertinggi dalam darah, diikuti dengan dark chocolate + susu, dan yang terendah adalah milk chocolate. Yang menarik, ternyata nampaknya susu mengganggu penyerapan antioksidan dalam tubuh. Dan adanya susu juga akan mengurangi potensi manfaat cokelat bagi kesehatan, dalam hal ini khususnya untuk gangguan kardiovaskuler.

Seorang temanku menanyakan, dark coklat merk apa yang masih banyak flavanolsnya, krn dalam komposisi yang tertera dalam kemasan tidak ada yang menyebutkan banyaknya kandungan flavanols. Wah, kalau ini agak sulit…. karena memang produk-produk coklat yang beredar tidak ada yang menuliskan kandungan flavonoidnya. Beberapa merk yang memiliki varian dark coklat yang aku tahu adalah Toblerone, Cadbury, Silver Queen, dan Monggo (ini merk lokal Jogja). Untuk produsen coklat, ada baiknya memang untuk bisa mencantumkan kandungan flavonoidnya pada kemasan coklat, mungkin itu lebih menarik sebagian orang yang peduli kesehatan.

Dan buat teman-teman, gini aja deh…. jika mau beli coklat, pilih yang dark… dan sebaiknya tidak diminum bersama susu. Memang rasa dark coklat itu agak lebih pahit-pahit gimana gitu….  tapi tetap lezat dimakan. Demi menyempurnakan tulisan ini, tadi aku beli dan cicipi satu merk dark coklat… hehe. .  Aku tidak tahu apakah dark coklat ini sama dengan yang digunakan dalam penelitian apa tidak. Enak juga kok… masih manis, dengan sedikit rasa pahit khas coklat. Mungkin untuk penderita diabetes sebaiknya tidak mengkonsumsinya karena ada kandungan gulanya.

Hmm, pilihannya terserah Anda…….

secangkir coklat hangat mengepul…..

atau mengudap sebatang dark coklat…

sama lezatnya…….

Iklan

Aksi

Information

9 responses

24 01 2015
chiropractic surabaya | My Blog

[…] Menguak khasiat cokelat… | zullies ikawati’s weblog […]

8 01 2015
praktek chiropractic di surabaya | My Blog

[…] Menguak khasiat cokelat… | zullies ikawati’s weblog […]

3 01 2015
alamat chiropractic surabaya | My Blog

[…] Menguak khasiat cokelat… | zullies ikawati’s weblog […]

4 04 2013
petra

ada dark 90%di surabaya.. memang rasanya tidak semanis coklat pada umumnya dan lebih serasa makan pare,
prof, coba teliti lagi kandungan coklat yg bisa berpengaruh d bid psikologis mns, yg saya sempat buka (tapi lupa) yg bilangnya coklat tu bisa produksi ketenangan *dark choco..
saya sedang cari artikel tsb..

semakin minim kandungan gula, susu, lemak kokoa dll maka makin baik pula kandungan coklat bagi tubuh..
setau saya white choklat terbuat dari sedikit dark, meduim gula, dan lebih banyak unsur dari lemak cocoa..
maaf bu kalo saya nerkesan sok tahu..

10 12 2012
nayla

ow,, ada beberapa macam coklat toh?
kirain cuman putih ama coklat aja, ternyata ada dark juga. berkhasiat pula,
wah, kapan-kapan harus diburu nih 🙂

3 02 2012
mr.madura

klo mnurut gue….bgus bnget! 🙂

19 07 2010
nopal

aku selalu komsumsi dark chocolate batang yg mengangung 70& cocoa, dapat dibeli di hypermart merk nya lindt exellence produk swiss 100 gr Rp. 50.000

28 06 2010
Lina Nurfadhila

Assalamu’alaikum…
wah prof, padahal saya lebih suka coklat white lho prof, hehe…
ternyata malah paling ga bagus yah?!?!?!
hiks… prof, boleh request untuk bahas tentang dark coklat lebih mendalam??
he… makasih banyak ya prof ilmunya
^_^

jawab:
sama-sama, ya…met makan coklat

27 03 2009
happy

halo Bu Zullies … saya happy, saya anak didik Ibu di Farmasi UGM angkatan 2002. Saya sdg browsing gak sengaja nemuin blognya Ibu … wah2 …Ibu makin muda aza yah …. sukses selalu ya Bu !!! ^_^

Jawab;
sama-sama,.. semoga sukses dan happy selalu ya..:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: