Demam Face Book

5 03 2009

156x117_facebookDear kawan,

Aku belum sempat lagi mempostingkan hal serius….. minggu depan aku diminta menjadi salah satu pembicara dalam Rakerda ISFI Jawa Tengah di Salatiga, dengan topik : Tinjauan Farmakoterapi terhadap Penyalahgunaan Obat-obatan. Waduh…. aku sekarang masih berpikir keras menyusun tulisan tentang itu. Nanti Insya Allah aku postingkan kalau sudah jadi, jika pihak Panitia mengijinkan.

Sekarang cerita ringan saja…..

Belakangan ini demam face book makin meningkat…. suhu di atas 40oC haha…. Setiap hari pasti ada saja invitation untuk added menjadi friend…. Aku yang semula cuek-cuek saja lama-lama jadi terseret juga…. Memang ada gunanya. Yang asyik itu kalau bisa ketemu teman-teman lama….. atau teman yang jauh di luar negara. Ketemu teman yang di Jepang, Yunani, Swiss, Kuwait, dll. Yang agak repot kalau diinvite orang-orang yang nggak kita kenal banget….. Apalagi dosen, punya banyak mahasiswa, wah….. setiap hari selalu saja ada mahasiswa yang invite….   Diterima nggak ya, diterima nggak ya….. , ya udah lah, diterima saja, Insya Allah tujuannya baik, mudah-mudahan dilindungi Allah.

Lho kok ?

Yah, belum lama di milis kami (dosen Farmasi UGM) sempat ramai disampaikan laporan bahwa beberapa keluarga alumni Farmasi UGM menjadi sasaran penipuan, dengan modus operandi meminjam uang karena mobilnya mogok. Dan mereka mengaku sebagai teman dari alumni Farmasi UGM tersebut, bahkan bisa menceritakan siapa-siapa saja temannya. Sebagian keluarga alumni tersebut percaya dan memberikan pinjaman, yang ternyata adalah penipuan. Diduga, penipu ini menggunakan data-data yang ada di Database Alumni yang diupload di internet. Sehingga muncul wacana untuk memberikan limited access bagi database alumni tersebut.

But who knows ? Benarkah? kta belum tahu pasti. Orang kalau mau jahat itu ya bisa pake cara apa saja. Bisa saja dari sumber lain, misalnya buku wisuda, kartu nama, atau data-data lain.

Nah, padahal Face book ini kan sifatnya open, walaupun tergantung penggunanya. Artinya, informasi dalam face book pun mungkin bisa menjadi bahan kejahatan, jika ada orang yang mau memanfaatkan.  Belum lama aku mendengar “bahaya”nya Face book, yang mana data-datanya katanya bisa diubah oleh orang lain. Aku tidak tahu persis caranya, atau bisa enggaknya, cuma baca berita saja bahwa ada suami istri yang bercerai gara-gara status “married” pada face book diubah oleh orang usil jadi “single”….. lalu mereka jadi bertengkar dan bercerai. Wah, kalau ini sih mungkin kebangeten ya … haha…. face-book-nya mungkin cuma sebagai alasan, dan mungkin mereka memang sudah tidak rukun dari awalnya.

Yah, ….. coba kita lihat sajalah… sampai kapan demam face-book ini akan terjadi….

Lepas dari itu semua, moga-moga dengan niatan baik, aktivitas kita dengan “face book” membawa hasil yang baik juga…. menambah teman, koneksi, informasi, bukannya jadi sasaran usil orang yang tak bertanggung-jawab. Amien.


Aksi

Information

2 responses

5 03 2009
Portal Apoteker

Terlepas dari manfaat positifnya, sebaiknya kita ekstra hati-hati terhadap fesbuk. Apalagi bagi yang gemar menuliskan atau mempublikasikan aktifitas atau isi hatinya. Karena kadang-kadang kita bisa juga ‘ngintip dinding’ seseorang yang belum jadi teman. Mungkin jauh lebih baik kita ikut fesbuk tapi hanya untuk sekedar menjaga silaturahmi biar tetap apdet. Jadi, benar kata pepatah pikir dulu pendapatan sesal kemudian tak berguna.

Jawab:
betul, mas, memang perlu dipikir masak-masak…. mungkin perlu untuk sekedar tau aja biar gak ketinggalan berita…

5 03 2009
bidarani

iya ni Bu.. sekarang justru dilema kalo mau buka facebook..krn “katanya” dengan membuka facebook kita memberikan donasi bagi Israel untuk membiayai perang..

jadi pembicara di mana Bu?
saya asli Salatiga lho Bu, hehe

Jawab:
Wah, saya malah baru tahu itu… benar atau tidak, entahlah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: