Lagi, terapi untuk mengatasi keloid

16 02 2009

 

Dear All,

Postingku tentang keloid beberapa waktu lalu ternyata cukup mengundang beberapa pertanyaan. Ada yang langsung bertanya di blog ini, ada yang melalui Yahoo Messenger, atau e-mail. Rupanya masalah keloid banyak pula yang mengalami ya. Pertanyaannya, jika injeksi steroid tidak memberi hasil, apakah ada cara lain ?

Oke, posting kemaren memang hanya fokus pada injeksi steroid (triamsinolon asetonid) untuk mengatasi keloid. Sebenarnya ada beberapa metode terapi yang lain. Di bawah ini, secara singkat akan dipaparkan metode pengobatan lainnya. Mungkin satu orang dengan yang lain akan berbeda kecocokan dan keberhasilannya dalam terapi. Aku ambilkan sumber informasinya dari http://emedicine.medscape.com/article/1298013-overview

Tidak ada satu jenis terapi pun yang dipastikan paling efektif untuk mengatasi keloid. Cara yang paling bijaksana adalah pencegahannya. Sifat mudah membentuk keloid ini dapat diwariskan dari keluarga, sehingga pasien dengan riwayat keloid keluarga perlu hati-hati jika akan menjalani pembedahan. (Lagi-lagi warisan kok keloid ya…… mbok mobil apa rumah gitu……hehe..) . Namun jika sudah terjadi, bagaimana mengatasinya? Di bawah ini dipaparkan beberapa metode pengatasan keloid.

1. Occlusive dressings

Cara ini adalah dengan menempeli keloid dengan suatu sediaan seperti plester yang berisi silikon gel. Plester ini bisa dikenakan selama 24 jam sehari sampai selama 1 tahun. Perlu dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari dermatitis kontak atau kerusakan kulit. Penelitian menunjukkan bahwa gel silikon dapat meningkatkan suhu keloid yang dapat meningkatkan aktivitas kolagenase (enzim yang menguraikan kolagen), sehingga akan menipiskan keloid. Selain itu, adanya hidrasi pada stratum korneum dan tekanan langsung juga merupakan aksi dari gel silikon ini dalam menekan pertunbuhan keloid.

2. Compression

Kompresi atau penekanan secara mekanik diketahui merupakan bentuk terapi yang efektif juga terhadap keloid, terutama keloid yang ada di daun telinga, yang biasanya terjadi karena proses tindik telinga. Ada beberapa alat yang didisain untuk memberikan tekanan terhadap keloid agar tidak berkembang. Bentuknya bisa seperti perban yang harus diikatkan kuat-kuat sebelum keloid mungkin akan muncul, misalnya setelah pembedahan. Untuk keloid yang ada di daun telinga, bentuk alatnya lebih khusus. Tekanan yang direkomendasikan adalah 25 mmHg, namun dengan tekanan 5-15 mmHg, hasilnya pun cukup baik.

Mekanismenya tidak begitu jelas, namun adanya penurunan tekanan oksigen di bekas luka akan menurunkan metabolisme jaringan, proliferasi fibroblast, dan pembentukan kolagen. Dengan demikian, keloid tidak akan berkembang.

3. Corticosteroids

Sudah dipostingkan sebelumnya, bahwa injeksi steroid meupakan salah satu terapi pilihan  untuk mengatasi keloid. Injeksi stroid bisa merupakan terapi tunggal atau dikombinasi dengan cara lain. Pemberian injeksi steroid saja menunjukkan tingkat kesembuhan 50-100% selama 5 tahun, dan terjadi kekambuhan pada 9-50% pasien. Sedangkan jika dikombinasi dengan pembedahan (pembuangan keloid dengan operasi), tingkat kesembuhannya meningkat jadi 85-100%. Jadi setelah operasi pengambilan keloid, diteruskan dengan injeksi steroid secara berulang dengan interval 6 minggu selama 6 bulan, dan hal ini menunjukkan hasil yang baik.

4. Excisional surgery

Yaitu pembedahan kecil untuk membuang keloid. Pembedahan saja tanpa terapi lain masih memungkinkan kekambuhan berkisar 45-100%. Karena itu, operasi ini sebaiknya dikombinasi dengan terapi lain, seperti radiasi, injeksi steroid, terapi tekanan, dll.

5. Radiation

Radiasi dapat digunakan secara tunggal (monoterapi) atau dalam kombinasi dengan pembedahan untuku mencegah kekambuhan. Sebagai monoterapi, kekambuhannya bisa mencapai 100%. Jika digunakan dalam dosis besar, kesuksesannya bertambah, tetapi mungkin dapat memicu kejadian kanker 15-30 tahun kemudian.

Waktu yang paling efektif untuk memberikan terapi radiasi adalah 2 minggu setelah pembedahan, ketika fibroblast mulai berkembang biak (proliferasi). Anak-anak sebaiknya tidak diterapi dengan radiasi.

6. Cryotherapy

Cryotherapy adalah suatu metode terapi menggunakan nitrogen cair (sangat dingin) untuk merusak sel-sel keloid dan mempengaruhi pembuluh darah mikro di sekitarnya, sehingga menyebabkan sel-sel kolagen mati. Caranya adalah dengan memaparkan nitrogen cair tadi sebanyak 1-3 siklus beku masing-masing selama 10-30 detik. Terapi diulang setiap 20-30 hari. Tingkat ketidakkambuhan dengan menipisnya keloid berkisar 51-74%. Cryotherapy dikombinasi dengan injeksi steroid memberikan tingkat kesembuhan yang lebih besar, mencapai 84% pasien.

7. Laser therapy

Keuntungan dari terapi laser adalah lebih tepat, trauma jaringan minimal, sehingga bisa mengurangi reaksi radang yang berlebihan. Ada bebeapa jenis terapi laser, antara lain : flash lamp pulse-dyed laser, carbon dioxide laser, argon laser, dan Nd:YAG laser. Carbon dioxide laser dan argon laser bekerja dengan mekanisme yang mirip, yaitu dengan memicu penyusutan kolagen melalui energi panas laser). Pulse-dyed laser memicu microvascular thrombosis, sedangkan Nd:YAG laser bekerja menghambat secara selektif metabolisme dan produksi kolagen.

8. Interferon therapy

Cara terapi yang terbaru adalah dengan injeksi intralesional (ke dalam keloid) senyawa interferon (INF) yaitu INF-alpha, INF-beta, dan INF-gamma. Penelitian melaporkan bahwa interferon dapat mengurangi sintesis fibroblast (penyusun kolagen), dan meningkatkan aktivitas kolagenase. Terpai ini dilakukan segera setelah pembedahan, dengan menginjeksikan 1 juta Unit obat pada kulit sekitar tempat pembedahan. Injeksi berikutnya dapat dilakukan 1-2 minggu kemudian.

Manakah metode yang paling tepat untuk Anda? Tentu perlu dikonsultasikan dengan dokter Anda untuk memilih yang terbaik.

Semoga bermanfaat


Aksi

Information

32 responses

22 11 2016
yudi

Hallo Bu Zullie, sy mau tanya …. jjika mlakukan operasi laser pada keloid apa bisatumbuh kembali keloidnya???

28 04 2016
ni komang untari

mba teresa saya mau tanya klo metode cryotherapy itu apa cukup sekali sudah bisa langsung hilang keloidnya?

24 04 2016
fi

@kk teresha.. cryotherapi di Pekanbaru itu di Rumah Sakit mana?.. tq

21 03 2016
teresha

Mbak…saya juga punya keloid dan cukup besar juga…klo biaya cryotherapy di pekanbaru sekitar 1.5 juta tahun 2015 klo sekarang kurang tau….semoga yg keloid cepet pada sembuh ya…amin….

12 08 2015
Fitri

Dear teman2 penderita keloid….
Saya juga punya penyakit keloid krna keturunan dr nenek.
Saya ada keloid di pergelangan tangan yg atas.udh oprasi tp tumbuh lagi….
yg 1 nya di dada.saya coba konsultasi di RS spesial poli kulit.
Di sarankan di injeksi dgn suntikan sebanyak 5kali.
Saya baru 1 kali nyoba di suntik….rasanya sakiiitttt,periiihhh bgt…..
Semoga saya dan tmn2 yg pnya penyakit keloid cpt sembuh (keloid nya kempes).

6 08 2015
Aprilia Sofiyani

Welfi : saya posisi di Semarang mbak, berobat di dokter Lewie, spkk. Waktu itu udah suntik sampai 10x dan mengecil, sama kombinasi silicone gel Cica Care. Ada sisa keloid sedikit sekitar 0.5cm, tp sama dokter disuruh berhenti dan meneruskan pengobatan dg Cica Care saja plus salep dermatix. Nah, krn saya pikir udah baekan toh sisa dikit jd saya agak males pake Cica Care, palingan salep doang. Krn sering tergesek2 celana jeans (posisi dilutut) kira2 selama setahun sisa keloid itu tumbuh lagi, besar lagi, tidak sebesar dulu, tapi bekas keloid yg sudah mati tidak ikut jd keloid, warnanya sm dg warna kulit cuma emang kondisi kulitnya jd keriput. Saya kembali lg ke dokter kali ini disuruh operasi. Biaya kurang lebih 1juta.perawatan pasca operasi dg Cica Care dan salep kelocote. Sebenarnya udah bagus rata tapi sayang pd proses penyembuhan kaki saya terantuk pinggiran bangku kayu di warung yg menyebabkan keloid membesar lagi meski sesikit. Sekarang masih ada keloid sedikit banget diluka bekas operasinya. Saya kombinasikan dg suntik juga. Tapi pasca operasi saya diperbolehkan suntik hanya bila keloid terlihat menonjol. Memang lama, dr thn 2012 sampai sekarang masih rutin saya rawat. Saran dokter, pada keloid usahakan tidak kena gesekan /tekanan krn bs menimbulkan keloid lagi. Bulan ini juga saya jadwalkan utk suntik lagi, kalo gak salah inget sekitar 200an sekali suntik. Pokoknya kalo kulit udah rata dan berwarna sama dg kulit sekitarnya itu artinya udah sembuh dan gak bakal tumbuh lagi, dr pengalaman saya begitu. Semoga bisa jd pencerahan buat teman-teman biar semangat berobat.

23 05 2015
Willy

Cyotheraphy di jakarta dimana saja dan brp biayanya?

13 12 2014
De Minnie

Maaf numpang info :Operasi menghilangkan scar & keloid, silicon gel & sheet untuk mengatasi masalah keloid dan bekas luka : http://deminnie.com/?cat=60 . trims

6 01 2013
restu

waduh saya juga ada ni ke telinga kanan saya, karna tindikkan,,awalnya saya fikir tumor, terus karna saya gak ada uang jadi saya ke pengobatan tradisional di operasi kecil ud 2x kesana dan 2x operasi dg selang waktu 2th..tapi tetap aja tumbuh, dan sabtu ini saya udah janjian sama dokter kulit and kelamin mau di operasi kecil dan selama 6bln berturut2 di inject untuk memastikan keloid benar2 hilang,,,kata dokternya sih biayanya 1,5 jt untuk operasi kecil tapi pake bius lokal “hanya di bius di telinga” gak seluruh badan ya…kalo seluruh badan bisa 3jt…tapi saya juga belum tau biaya inject tiap bulannya berapa??? doakan saya ya, karna jujur saya malu dg keloid ini..

6 11 2012
rani

sy minta tlng bgt klu ada yg sdh prnh menggalami ky sy dan tau obtnya krim aj ke email sandiratuvenesia@yahoo.com mksi bnyk ya

6 11 2012
rani

saya pnya pembengkakan di daun teligga akibat bks tindik..sy binggung hrs pk obt apa spya bngkaknya ilang sy udh cob pk obat dermatik tp gk smbh jg

10 07 2012
Sulis

Saya, ada bakat keloid….karena sd 2x injeksi keloid di daerah punggung. Injeksi 1 Alhamdulillah berhasil walaupun dilakukan sampai kurang lebih 2 tahunan. Injeksi 2 Alhamdulillah berhasil lagi tapi kali ini lebih cepat cuma butuh 2 bulanan (mungkin krn masih kecil). Keduanya karena jerawat dipunggung yg ga sengaja digaruk – luka – muncul keloid. Tahun 2011 saya operasi caesar karena situasi saat itu lagi ga karuan (maklum belum waktunya persalinan) jadi lupa informasikan ke dokter kalau ada bibit keloid. Sekarang pertumbuhan keloid sd cukup besar dan rasanya sakit sekali. Mau injeksi lagi, dokter sarankan langsung ke dokter kulit / kecantikan. Karena perut banyak sekali saraf2x apa gitu takutnya salah, beda dengan punggung. Apa benar demikian? Oh ya injeksi yg pernah saya lakukan ke 1 & 2 dilakukan oleh dokter umum.

6 07 2012
Welfi

To: aprilia sofiyani
(mbak zullie, maap sy cuap2 mulu di sini😄 minta izin ya mbak🙂 )
Dr yg sy pelajari dr kemarin, penyembuhan tiap org berbeda2. Ada yg sembuh, ada yg ga sembuh. Ada lg yg ‘ketergantungan’ alias kl suntik berhenti, kembali lg ke bentuk semula. Akhirnya putus asa berobat. Sy jg bingung, takut dah trlanjur hbs uang bnyk tp ga brhasil. Soalnya suntik mahal, laser jg mahal bgt. Tp ada jg laser yg murah kyk mbak Cima (tambah bingung lg).
Mbak aprilia kl blh tau berobat di dokter mana dan biaya suntik brp?

6 07 2012
aprilia sofiyani

Dear Zullie,saya mau nanya nih,saya kan juga ada keloid di lutut,kira2 sepanjang 2 ruas telunjuk..sekarang sedang di terapi injeksi,cuma saya tidak tahu disuntik dgn apa,selain itu diberi obat anti inflamasi dan salep dermatix,tapi untuk salepnya saya malah iritasi gatal2..oya,saya sudah 4x disuntik dgn interval suntik 10hari..biasanya berapa kali suntik kah supaya bisa kempis rata seperti semula?suntiknya memang sakit,tapi demi kesembuhan saya bisa menahan sih hehehe..oya sepupu saya juga ada yang keloid di lutut juga,dan disuntik juga dan sekarang sudah sembuh sih setelah 5x suntik..tapi kok saya sudah 4x masih yah?tp ya memang mengecil sih..terima kasih sebelumnya bu zullie..

6 07 2012
Welfi

To Cima:
Yg aku tau laser keloid itu bs berulang2…sampai ilang benar keloidnya. Ada jg laser warna, spy ga merah/item. Bahkan ada yg sudah dilaser jg msh ada keloidnya. Ada yg combine laser plus suntik. Ada jg yang lngsung ilang. Beda2 tiap kasus. Cima share dunk gimana perkembangan keloidnya😀 dah sembuh apa blm🙂

5 06 2012
Cima

Say..aku baru aja selsai melaser keloid ku..
Pertama deg2 an juga kr kupikir lase itu brati dibakar trus mnimbulkan sakit..ga tau nya sebentar banget dan ga ada rasa..
Sekitar 480k (include biaya dokter dan obat) aku habiskan..tapi keloid aku kecil sih dg lbar 1,5cm dan ga tll tbal..
Tapi yg aku heran dan mau tanyakan..laser therapy itu brati berulang2 ya..ga bisa skali laser hilang..??

28 01 2012
kartika

maaf bu.. saya mau tanya lagi kalau cryotherapy itu, bisa dilakukan sendiri membeli nitrogen cairnya atau bisa dilakukan didokter/rumah sakit yaa..??
makasih infonya berguna bgt

Jawab:
wah, harus dilakukan ahlinya, mbak… baiknya oleh dokter yang ahli… itu bukan prosedur gampang

17 01 2012
Rinny

Hallo bu Zullie

Sangat berguna info yang ibu tulis ini. Saya juga ada keloid di daerah dada dan sangat menggangu, awalnya saya menggunakan terapi injeksi selama 2x karena tidak tahan dan lumayan mengecil, selanjutnya saya tidak meneruskan dan akhirnya skr keloid tumbuh 2 di daerah dada, setahun belakangan saya menggunalan dermatix dan kenacort A cream, tp tdk ada perubahan, dan skr dokter menganjurkan utk laser, apakah setelah laser tidak akan menambah area keloid trsbt?

Jawab:
wah, saya tidak bisa memastikan apakah laser tidak menambah area keloid. Tapi jika dokter menganjurkan hal tersebut, saya kira sudah dengan pertmbangan yang tepat. Dan setahu saya, laser tidak melukai, sehingga mungkin tidak akan memperluas area keloidnya. Kecuali jika Anda terluka lagi di tempat lain, mungkin bisa tumbuh keloid.Thanks

17 01 2012
kartika

saya punya keloid ditangan lumayan besar dan tinggi..
udah suntik berkali kali tapi masih saja besar dan kliatan makin membengkak..
terkadang terasa gatel2 dan panas.. tadi sya liat di google ada terapy yg bisa menghilankan keloid namanya cryotherapy gmna ya caranya???

Jawab:
Cryotherapy adalah terapi menghilangkan keloid dengan cara membekukan keloid tersebut lebih dulu dengan nitrogen cair.

11 01 2012
dadang

saya pernah di suntik pake kenacord tp sakitnya minta ampun sy cuma kuat 5x , keloid sudah melunak tp ga tahan disuntiknya akhirnya skrng tambah besar mendingnya di bagian dada jd tdk nampak dr luar….kalo pake gel kira2 mahal gak ya??

Jawab:
wah, kalau tentang harganya saya tidak tau…. ditanyakan saja ke apotek

14 10 2011
dika

Infonya lengkap , terima kasih .
Saya sudah 2 kali di injeksi , luka keloid saya menipis tapi lama kelamaan timbul kembali , luka saya ditangan meskipun kecil jadi ngga enak d pandang . Mudah2an ilmu kedokteran semakin maju supaya luka2 ini bisa sembuh 100%.

2 10 2011
risca

brp byk biaya yg harus di bayar utk suntik penipisan keloid Bu?

Jawab:
wah, maaf, saya tidak tau… sebaiknya ditanyakan langsung saja ke klinik atau dokter yang merawat..

10 08 2011
dody

makasih infonya…. saya mau tanya, saya punya keloid bisa dibilang banyak.. di dada dipunggung.. nah kalau saya mengonsumsi telor apa daging merah keliod saya serasa membengkak dan ada benjolan yang berisi nanah cara mengatasinya gimana ya… soalnya skit bangt

jawab:
Dear Dody, mungkin Anda sensitif terhadap telor atau daging merah, sehingga terjadi reaksi peradangan, semacam alergi. Ya sebaiknya hindari makanan2 yg menyebabkan reaksi demikian.

4 04 2011
isma

apakah keloid benar benar bisa menghilang 100%?

Jawab:
ya tidak selalu, tergantung ketebalan dan kondisinya

21 03 2011
Ian

saya mempunyai kiloid yang membesar di tengah tengah dada. ia akan sakit dan nyilu bilang hari dingin~ dan ia akan gatal gatal di kelilingnya bila saya memakan daging(jenis darah merah(lembu)).. saya pernah pergi ke doktor, cuma injeksi yang di beri.. ia amat sakit dan saya tidak sanggup lagi untuk mengambil injeksi.. boleh kah ia dibuang melalui pembedahan? apakah ia akan tumbuh semula? kiloid yang ada di dada saya ini amat mengganggu dan tidak selesa~ di perhatikan, ia membesar sari mula mula ia menempel dahulu.. please bantu saya..

Jawab:
bisa saja dibuang dengan pembedahan, tetapi jika kulit anda punya kecenderungan membentuk keloid, mungkin ia akan tumbuh lagi dari bekas pembedahan itu. Coba konsultasikan ke doktor ahli saja.

8 12 2010
Frida

bu, apabila saya berminat untuk melakukan pengobatan secara laser therapy di kota mana bisa saya coba ?
Terima kasih.

jawab:
di Yogya ada, Mbak… ada di tempat perawatan kulit sperti natasha skin care

8 10 2010
suryo

saya punya keloid dikedua telinga saya bekas tindik, setiap hari terasa gatal dan semakin membesar, saya jadi takut, kira2 untuk mengatasinya yang efektif gimana ya…? apa harus dengan oprasi? tetapi meskipun dengan operasi masih bisa tumbuh lagi, giman ya???? nuwun

Jawab:
coba bawa ke dokter dulu, mungkin nanti bisa diatasi dengan obat suntik (umumnya steroid) untuk menipiskan keloid dan mencegah perkembangannya. Kalau memang bakat keloid, adanya bekas luka operasi akan mungkin menumbuhkan keloid lagi.

1 06 2010
kris

makasih infonya… iya saya juga ada sedikit keloid di wajah karena kecelakaan… kalau ga pake terapi2 di atas ada ga ya Bu? seperti penggunaan obat2 atau apa gitu?? obat yang dioleskan mungkin???
terimakasih…

jawab:
pake salep kortikosteroid, biasanya triamcinolon asetonid. Selain itu juga bisa disuntikkan triamcinolon di keloidnya.

23 05 2010
Bejo

Wow… Itu membuat saya mengetahui banyak info mengenai pengobatan keloid.. Tapi apa ada cara lain yang lebih mudah>?

19 04 2010
roni

Makasih infonya,
untuk pemakaian plester, yang dimaksud
“Plester ini bisa dikenakan selama 24 jam sehari sampai selama 1 tahun”
diganti-ganti atau ga diganti-ganti, kalo di ganti2, waktu berkalanya sperti apa?

trims

-roni-

jawab:
saya kira diganti-ganti, sehari sekali

19 12 2009
Erwin saputra

Hallo Bu Zuliie

Makasih infonya,saya tidak jadi penasaran maslahnya saya punya keloid di dada saya,yang sya takutkan kenapa kalau saya lelah bekerjsa atau beraktifitas terasa sakit,dan saya rasakan suka gatal di sisi keolid, apa keloid ini bisa melebar atau membesar, pengaruh tidak dengan organ tubuh yang di bawah keloid….mohon info nya bu Zullies…..!

Jawab:
Setahu saya, keloid memang bisa melebar atau membesar jika tidak ditangani dengan baik. Sebaiknya memang diobati secara tepat, Anda bisa datang ke dokter spesialis kulit. Tapi organ tubuh di bawah keloid sih nampaknya tidak banyak terpengaruh, karena keloid tumbuhnya ke atas, bukan ke dalam.

19 05 2009
yohan wenas

Makasih banyak infonya. Kebetulan saya punya pasien yang habis bypass tapi keloidnya tebel banget. Tadi sih kucoba kasih kenacort tablet karena pasien menolak injeksi. Tapi kok kayanya masih ada luka yang belum kering ya? ada saran?
Oya boleh kucopy ke blog?

Jawab:
Salam kenal, mas Yohan.. silakan copy jika berguna… Lukanya di bagian mana? Saya rasa Anda yang lebih tau deh….

Tinggalkan Balasan

