Kapan waktu optimal minum aspirin untuk mencegah stroke?

3 02 2009

Sorry, my dear friends…

sudah beberapa hari tidak nulis nih….. Terlalu banyak yang harus dilakukan dalam satu waktu beberapa hari ini, traffic di otak malah jadi jam… hehe macet. Ketika membuka laptop, bingung… mana dulu yang mau dikerjakan…  Bahkan untuk refreshing ngeblog pun tidak ada daya dan idea…….

Kadang ada “guilty feeling” juga kalo lama gak ngeblog….  jangan-jangan sudah ditunggu-tunggu nih oleh para pembaca setia.. hehe… ge-er banget. Selain itu aku sering hutang jawaban atas beberapa pertanyaan yang masuk, baik via e-mail atau comment pada blog ini. Soriii …. banget deh….

Ada satu pertanyaan dari Mela, yang menanyakan : Apakah ada evidence-based yang menyatakan bahwa aspirin sebagai antiplatelet lebih efektif jika digunakan pada sore hari?

Okey, sebelum aku jawab lebih jauh, mungkin perlu aku jelaskan sedikit tentang aspirin dan antiplatelet…

Pasti kenal kan dengan Aspirin ? Aspirin telah sejak lama dikenal luas sebagai obat penghilang sakit atau analgetik. Namun berbeda dengan analgesic lain seperti parasetamol atau asam mefenamat, aspirin punya keistimewaan nih…. Yaitu pada dosis kecil bisa berfungsi mengencerkan darah. Ia bersifat sebagai anti platelet. Platelet adalah komponen dalam darah yang bertanggungjawab terhadap penggumpalan darah. Misalnya kita luka tergores pisau, maka darah yang mengucur lama-lama akan berhenti karena terjadi pembekuan atau penggumpalan darah. Bayangkan jika platelet tidak bekerja, darah akan mengucur terus tanpa henti… hii….

Nah, tapi platelet ini juga bisa bikin masalah jika ia menyebabkan penggumpalan darah di dalam pembuluh darah. Aliran darah bisa terhambat, bahkan terhenti, dan jadilah penyakit, seperti stroke atau jantung iskemik, dll. Karena itu pada pasien stroke, setelah mendapatkan perawatan, mereka pada umumnya harus mengkonsumsi aspirin sebagai anti penggunmpalan darah untuk mencegah kejadian stroke berikutnya.

Nah, pertanyaannya tadi…. Kapan sebaiknya aspirin sebagai anti platelet digunakan? Pagi atau sore hari? Adakah dukungan uji kliniknya?

Tulisan Zhu et al pada Int J Clin Pract 62 (10):1560-1571, 2008 (http://www.medscape.com/viewprogram/17815_pnt), mengenai pendekatan kronoterapi yang menentukan kapan waktu optimal untuk minum obat, termasuk aspirin, cukup menarik. Aku ambil sedikit informasi dari sana. Intinya, aspirin sebaiknya diminum pada sore hari atau menjelang tidur. DIkatakan bahwa penggunaan aspirin pada menjelang tidur memberikan profil tekanan darah yang lebih baik dan lebih efektif dalam memproteksi tubuh terhadap gangguan kardiovaskuler. Universitas Vigo di Spanyol saat ini sedang menjalankan uji klinik untuk membandingkan efek terapi aspirin jika digunakan pada saat menjelang tidur versus pada saat bangun ( http://clinicaltrials.gov/ct2/show/NCT00725127 ). Kita tungga aja hasilnya nanti.

 

Jadi, minum obat juga ada waktu optimalnya…… mungkin ada baiknya apoteker mempelajari lebih dalam mengenai hal ini, sehingga bisa memberikan saran lebih detail mengenai waktu minum obat kepada pasien, supaya mendapatkan hasil terapi yang optimal.


Aksi

Information

2 responses

16 05 2009
fajar rahmatulloh

assalamu’alaikum

bu zullies,, saya fajar, mahasiswa farmasi ugm..
mw tanya… sebenarnya platelet tu apa to?? mekanismenya dalam pembekuan darah gimana?? soale mw bwt ngajuin PIMFI nih Bu…

Jawab:
Dear Fajar…. platelet itu adalah salah satu komponen pada sel darah. Bagaimana mekanisme koagulasi darah, ceritanya cukup panjang. Coba cek dulu di sini: http://en.wikipedia.org/wiki/Coagulation. Nanti kalau ada yang kurang paham, bisa diskusi dengan saya, mungkin saya bisa bantu…..

4 02 2009
Hartati Nurwijaya

Assalammu’alaikum wrwb,

Saya peminum aspirin yang dikenal dengan nama dagangnya di Yunani salospir.
Ketika saya kena PFO (ada dua stroke di kepala akibat PFO). Lubang di jantung saya ditutup dng device amplatzar. Setelah itu hingga kini masih minum salospir 100mg tiap hari. InsyaAllah bulan Juni stop minum salospir sebab hanya setahun saja setelah operasi.
Saya minumnya sehabis maghrib atau setelah makan malam.

Jawab:
Halo bu Tati, saya rasa penggunaan aspirin habis maghrib sudah benar. Semoga lekas sembuh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: