Ginseng mabur…. berr !!

23 01 2009

Belum sampai datang kiamat tahun 2012 (kalau jadi hehe….), 14 orang telah menemui hari kiamatnya sendiri secara sia-sia di Semarang (belakangan bertambah 2 lagi) karena minum miras oplosan yang dinamakan “Ginseng mabur”. Menurut berita, komposisinya adalah : alkohol murni 90%, minuman energi, garam, bumbu penyedap, dan pewangi rasa buah-buahan. Duh, prihatin sekali mendengarnya……. begitulah penggunaan minuman beralkohol di negara kita. Nggak “berkelas” gitu loh….. hehe (lihat postingku tentang “mabuk yang berkelas”). Yang lebih mengenaskan adalah penggunanya justru orang-orang dengan kondisi ekonomi pas-pasan. Mungkin itu adalah satu cara melarikan diri dari masalah-masalah hidup…. astaghfirullohal’adziim. Wah…. ya mabur tenan, menghadap sang Pencipta…

Apa sih minuman ber- alkohol itu?

Alkohol yang sering diminum, atau tepatnya etanol, adalah jenis zat kimia yang mudah terbakar dan merupakan pelarut berbagai senyawa. Di dunia farmasi ia sering dipakai sebagai pelarut obat atau sebagai obat antiseptik/desinfektan. Kalau dari efeknya, alkohol sering digolongkan sebagai “depresan sistem saraf”. Jenis minuman beralkohol ada bermacam-macam, termasuk bir, anggur (wine), dan liquor lainnya.

Mengapa orang suka minum alkohol?

Pada dosis kecil, alkohol nampaknya memang memiliki efek yang “menguntungkan”… Menghangatkan badan dan membuat orang jadi lebih berani merupakan sedikit alasan mengapa alkohol banyak digunakan dalam berbagai situasi sosial. Beberapa negara bahkan memiliki budaya minum alkohol untuk berbagai event sosial. Mungkin agak sedikit kontroversial, tetapi ada penelitian yang memaparkan adanya “kurva J” dalam hal jumlah alkohol yang dikonsumsi versus tingkat kematian. Bisa bayangin kan huruf J ? Maksudnya, peningkatan konsumsi alkohol pada level tertentu ternyata bisa mengurangi risiko kematian, tetapi sampai pada titik tertentu, peningkatan konsumsi alkohol akan meningkatkan risiko kematian.

 Jadi, katanya sih….. kalo minum alkohol dosis kecil secara rutin, bisa mengurangi risiko kematian. Mungkin itu bisa dilihat di Jepang, di mana mereka punya budaya minum sake dan nyatanya umur mereka panjang-panjang. Di Perancis misalnya, mereka juga punya budaya minum wine, dan mereka hidup sehat (katanya), yang dikenal dengan istilah “French Paradox”..  Tapi semua ini masih kontroversial…

       Tapi kalau menurut saya sih….. siapa bisa menjamin bahwa orang bisa menjaga diri untuk hanya minum sedikit alkohol saja? Yang sering terjadi adalah…minum sedikit-sedikit, tapi lama-lama pasti menjadi banyak dan akhirnya jadi kecanduan, yang justru akan merusak tubuh. Lihat saja pada kasus “Ginseng mabur”….. mungkin pada awalnya mereka hanya sekedar coba-coba, pingin “mabur” dari masalah…… tapi lama-lama pasti akan mencoba dan mencoba lagi, mungkin dengan dosis yang makin meningkat… Selain itu, perbedaan konsumsi alkohol di negara kita dengan Jepang misalnya, adalah dari alasan atau tujuannya. Di Jepang misalnya, menjamu minum sake adalah bagian dari budaya dan sopan santun dalam pergaulan. Tapi di sini minum alkhohol umumnya untuk pelarian, gagah-gagahan, dan untuk tujuan-tujuan kriminal.

Itu mungkin salah satu hikmahnya Islam melarang minum khamr atau alkohol. Toh banyak cara lain yang kurang berisiko untuk mencapai derajat kesehatan yang tinggi, daripada minum sedikit alkohol. Insya Allah kesehatan lahir dan batin. Belum lagi ekses yang ditimbulkan terhadap orang lain ketika seseorang mabuk …. bisa nabrak orang (kalau nyetir), bisa menganiaya bahkan menusuk orang…. Hii.!! Serem.

 Nah, apa sih efeknya alkohol pada jangka pendek ?

Ketika seseorang minum minuman beralkohol, alkohol akan diserap melalui lambung dan masuk ke saluran darah dan tersebar ke seluruh jaringan tubuh. Efek alkohol tergantung pada berbagai faktor, antara lain ukuran tubuh, berat badan, usia, jenis kelamin, juga jumlah alkohol yang dikonsumsi. Efek penggunaan alkohol dalam dosis kecil-sedang meliputi : pusing dan meracau (talkative), mungkin sampai mual dan muntah. Alkohol secara signifikan dapat menganggu kemampuan koordinasi dan pengambilan keputusan (judgment) yang diperlukan ketika seseorang menyetir mobil dan menjalankan peralatan mesin. Selain itu juga meningkatkan berbagai aksi agresivitas, termasuk penganiayaan dan pembunuhan.

Apa efek alkohol pada jangka panjang?

Penggunaan alkohol berat dapat menyebabkan kecanduan (adiksi). Penghentian alkohol secara tiba-tiba dapat menyebabkan gejala putus-alkohol, seperti kecemasan berat, gemetar, halusinasi, kejang-kejang, dll. Penggunaan alkohol dosis bersar dalam jangka panjang juga akan merusak banyak organ tubuh, terutama hati dan otak. Seorang wanita yang hamil dan suka minum alkohol, akan meningkatkan risiko melahirkan bayi dengan “fetal alcohol syndrome” di mana bayinya mungkin akan mengalami retardasi mental dan abnormalitas fisik lain yang tidak bisa dikoreksi.

Kayaknya lebih banyak mudhorotnya deh, daripada manfaatnya. Buat yang belum terlanjur, sebaiknya jangan coba-coba memulai. Setuju??

Tabel di bawah ini adalah efek-efek yang bisa muncul dari penggunaan alkohol ketika kadar dalam darah mencapai level tertentu.

alcohol blood level (%) 

          

Effects

0,02 – 0,03

Slight euphoria, loss of shyness. No loss of coordination

0,04 – 0,06

Feeling of well-being, relaxation, lower inhibitions, sensation of warmth, euphoria. Some minor impairment of reasoning and memory, lowering of caution

0,07 – 0,09

Slight impairment of balance, speech, vision, reaction time, and hearing. Euphoria. Judgment and self control are reduced; caution, reason, and memory are impaired. It is illegal to operate a motor vehicle in some states at this level.

0,10 – 0,125

Significant impairment of motor coordination and loss of good judgment. Speech may be slurred; balance, vision, reaction time, an d hearing will be impaired. Euphoria. It is illegal to operate a motor vehicle in some states at this level.

0,13 – 0,15

Gross motor impairment and lack of physical control. Blurred vision and major loss of balance. Euphoria is reduced and dysphoria is beginning to appear.

0,16 – 0,20

Dysphoria predominates, nausea may appear. The drinker has the appearance of “sloppy drunk”

0,25

Need assistance in waking, total mental confusion. Dysphoria with nausea and some vomiting.

0,30

Loss of consciousness

³ 0,40

Onset of coma, possible death due to respiratory arrest

 

Selamat merenungkan !

Iklan

Aksi

Information

4 responses

5 05 2015
Minuman Berenergi

Kalo pake minuman yang tidak beralkohol aman

27 12 2013
windalazuardi

Salam kenal, terimakasih infonya bermanfaat sekali, maaf jika yg ingin saya tanyakan tidak berkaitan, belakangan ini saya menggunakan alkohol 70% untuk menghilangkan bau ompol di kasur, saya gunakan spray dgn jarak kurang lebih 15 cm, apakah alkohol yg telah disemprotkan ke kasur akan berdampak pada pernafasan? Terimakasih…

Jawab:
Saya kira kok ngga, ya.. alkohol kan mudah menguap.. sebaiknya tunggu dulu sampai bau alkoholnya hilang (dan bau ompolnya 🙂 ), baru kasurnya dipakai.

2 07 2011
notwelldefined

saya ‘nyasar’ ke blog ini karena kurva-j. tapi ingin sedikit komentar tentang minuman beralkohol. Sayang sekali aturan mengenai minuman ini tidak tersosialisasikan dengan baik. Satu sisi dia legal (kebanyakan impor) satu sisi aturan mengenai miras ini terkacaukan dengan aturan agama yang mengharamkannya. Jadilah penanganan miras ini tercampur antara hukum positif dan hukum agama. Hasilnya tidak ada miras yang berkualitas yang mampu diproduksi oleh bangsa sendiri. — Kadang saya berkhayal bahwa ciu, cap tikus dan arak mampu bersaing di tingkat internasional dengan bir, wine ataupun sake.
Sementara konsumen tetap ada, produksi secara tradisional juga tetap berjalan yang sayangnya tak diakui sebagai budaya sendiri.

4 06 2010
olivia

salam kenal Ibu, saya Olivia dari UI. saya mahasiswi fiskal Bu, kebetulan sedang menyusun skripsi pajak yang ada kaitannya dengan minuamn beralkoholagi heboh2nya coz pajak penjualan barang mewah (PPnBm) atas minuamn beralkohol udah gak ada lagi ibu..tulisan Ibu amat membantu saya.. apa kalo tentang alkohol saya bisa tanya-tanya ke Ibu? kalo bisa tanyannya ke blog ato Ibu ada email pribadi? makasih Ibu..

jawab:
salam kenal kembali, silakan lewat e-mail pribadi saja, di ikawati@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: