Tahun baru : You can quit smoking…

25 12 2008

stopsmoking2Dear teman,

Tulisan ini kutujukan untuk para perokok yang ingin membuat hal istimewa dalam hidupnya, yaitu berhenti merokok….

Sebentar lagi tahun berganti, baik tahun Masehi, tahun Hijriah, juga tahun Imlek…. yang diawali dengan tanggal 1 Januari 2009 atau tanggal 1 Muharram 1430 (29 Desember 2008) atau Tahun baru Imlek 2560 (26 Januari 2009). Hari itu akan sama saja dengan hari-hari sebelumnya, kecuali jika kita mau membuatnya menjadi istimewa……

Tahun baru seringkali dijadikan suatu tonggak perubahan menuju hal yang baru, yang tentunya lebih baik dari sebelumnya…..

Salah satunya adalah : Quit smoking…..

Apaa ?!! Berhenti merokok ? Apa bisa ya? Apa untungnya?

Berhenti merokok memang tidak mudah, karena nikotin yang ada dalam rokok memang menyebabkan kecanduan, sama kecanduannya seperti terhadap heroin atau kokain… Tapi mungkin teman-teman bisa mulai menimbang-nimbang risikonya merokok dan keuntungannya kalau bisa berhenti merokok.

Departemen Kesehatan AS mengeluarkan sebuah panduan untuk bisa berhenti merokok, yang barangkali bisa kalian ikuti ….

Beberapa alasan yang bisa mendorong kalian bisa berhenti merokok antara lain adalah :

  1. Kalian bisa hidup lebih lama dan sehat
  2. Berhenti merokok akan mengurangi risiko terkena serangan jantung, kanker, stroke, dan penyakit paru obstruksi kronis
  3. Jika kalian wanita dan sedang hamil, berhenti merokok akan meningkatkan kesempatan mendapatkan bayi yang sehat
  4. Orang-orang yang hidup di sekitarmu, termasuk keluarga yang kamuc intai, akan hidup lebih sehat
  5. Kalian bisa menghemat uang dan membeli hal-hal lain yang lebih berharga daripada rokok

Kalian bisa menambah lagi alasan lain, misalnya:

  1. Lebih mudah dapat pacar
  2. Lebih disayang istri karena mulut tidak bau rokok
  3. dll, dll.

Nah, menurut panduan tadi, ada 5 kunci utama untuk berhenti merokok.., yaitu :

1. Siap dan niat untuk berhenti merokok

2. Dapatkan dukungan

3. Pelajari ketrampilan baru atau kebiasaan baru

4. Gunakan obat jika perlu, dan gunakan dengan benar

5. Persiapkan diri jika kambuh atau situasi sulit

Get ready

Saran pertama adalah tetapkan kapan akan berhenti merokok. Momentum tahun baru mungkin bisa jadi salah satu pilihan..” mulai 1 Januari tahun 2009 ini aku mau berhenti merokok”.. misalnya.

Berikutnya, ubahlah lingkunganmu. Jauhkan asbak di rumah, mobil, atau di tempat kerja. Jangan ijinkan orang merokok di rumahmu. Pelajari hal-hal yang membuat gagal atau berhasil berhenti merokok sebelumnya. Sekali meniatkan berhenti, jangan lagi merokok, bahkan hanya satu hisappun!

Get support and encouragement

Sampaikan pada keluarga, teman, dan orang-orang yang sering berhubungan dengan kalian bahwa kalian ingin berhenti merokok dan membutuhkan dukungan mereka. Mintalah mereka untuk tidak merokok di dekatmu.

Jika sudah ada layanan berhenti merokok melalui kegiatan konseling, dll, cobalah bergabung. Di negara maju sudah banyak program-program berhenti merokok yang diselenggarakan di rumah sakit atau di tempat pelayanan kesehatan lain. Di Malaysia, ada Quit Clinic yang ditangani oleh apoteker.

Learn New Skills and Behaviors

Usahakan untuk melawan keinginan merokok. Misalnya dengan ngobrol dengan orang lain, jalan-jalan, atau menyibukkan diri dengan tugas-tugas. Atau sibuk dengan membuat dan mengutak-atik blog hehe…

Ubah kebiasaan, misalnya menggunakan rute yang lain ketika berangkat kuliah/ke kantor. Jika semula suka minum kopi, gantilah dengan teh. Kalau perlu, sarapan pagi di tempat yang berbeda, menu yang berbeda…. Kemaren nasi kucing, sekarang spageti misalnya hehe…

Lakukan sesuatu untuk mengurangi stress. Misalnya mandi air hangat, baca buku, main games, atau yang lain..

Rencanakanlah sesuatu yang menyenangkan tiap harinya.

Minumlah banyak air putih atau minuman segar lainnya.

Get medication and use it correctly

Jika usaha-usaha tadi belum berhasil, mungkin kalian memang perlu menggunakan obat. Ada beberapa obat yang ditujukan untuk membantu berhenti merokok. Sebenarnya yang berbahaya dari merokok terutama adalah asap, tar, dan hasil pembakaran lainnya. Nikotin sendiri efeknya sebenarnya relatif “netral”, artinya ada efek buruk dan baiknya secara hampir seimbang. Namun, perlu diketahui bahwa nikotin yang ada di dalam rokok dapat menyebabkan ketagihan, apalagi jika dikonsumsi dalam waktu yang lama. Jika dilakukan penghentian secara mendadak, mungkin akan timbul gejala putus nikotin (withdrawal syndrome) yang mungkin juga membuat pasien menderita. Gejala putus nikotin antara lain jadi cemas, pusing, nggak bisa konsentrasi, insomnia, tekanan darah turun, dll. Gejala ini mungkin tidak selalu dialami oleh semua orang yang berhenti merokok. Buat mereka yang merasa tidak tahan dengan gejala ini, barulah obat mungkin diperlukan. Apa saja obatnya?

  1. Yang pertama adalah bupropion. Obat ini tergolong suatu obat antidepresan (untuk mengatasi depresi) Obat ini bekerja dengan menghambat ambilan kembali beberapa senyawa neurotransmitter (serotonin, nor-epinefrin, dan dopamine), sehingga akan mengurangi gejala-gejala putus nikotin. Obat ini harus digunakan berdasarkan resep dokter, dan nampaknya belum banyak di pakai di Indonesia.
  2. Yang kedua adalah nikotin itu sendiri, dengan berbagai bentuknya, kecuali rokok. Di Amerika misalnya, nikotin tersedia dalam beberapa bentuk sediaan, misalnya permen karet, inhaler, semprotan hidung, dan plester. Ada yang bisa dibeli bebas dan ada yang harus dengan resep dokter. Di Indonesia ada beberapa permen untuk perokok, mungkin bisa dicoba. Tujuannya adalah untuk mencegah putus nikotin. Obat atau permen nikotin ini tentunya sedikit demi sedikit perlu dikurangi penggunaannya, sehingga nanti akhirnya bisa lepas obat sama sekali.
  3. Obat ketiga adalah vareniklin. Obat ini adalah obat relatif baru yang dirilis pada tahun 2006 dari Pfizer untuk membantu mengatasi putus nikotin. Obat ini bekerja pada reseptor yang sama dengan nikotin yaitu di reseptor asetilkolin nikotinik, sehingga bisa menggantikan nikotin untuk sementara. Obat ini harus diperoleh dengan resep dokter dan nampaknya belum banyak dipakai di Indonesia.

Be prepared for relapse or difficult situation

Sebagian besar kekambuhan untukmerokok terjadi pada 3 bulan pertama setelah berhenti merokok. Jangan sedih jika kalian mulai merokok lagi. Memang beberapa orang butuh usaha berkali-kali sebelum akhirnya berhasil stop merokok. Ada beberapa kendala yang bisa bikin gagal berhenti merokok, antara lain:

  • alcohol. Hindari mengkonsumsi alcohol. Minum hanya kaan mengurangi kesempatan untuk berhasil
  • Perokok lain. Dekat-dekat dengan orang yang merokok bisa menggoda iman. Sebaiknya menjauhlah dari orang yang nerokok.
  • Tambah berat badan. Beberapa perokok menjadi bertamnah berat badannya setelah berhenti merokok. Kalau seperti ini, makanlah makanan yang sehat dan pelihara aktivitas fisik. Jangan sampai penambahan berat badan menjadi alasan untuk merokok lagi.
  • Bad mood atau depresi. Kalau seperti ini, carilah aktivitas yang akan memperbaiki perasaan, tapi jangan kembali pada rokok.

Nah, demikian kira-kira beberapa kiat berhenti merokok.

Ada yang akan memulai ?

Selamat libur panjang….

(sumber dari http://www.cdc.gov/tobacco ditambah literature sendiri)

Iklan

Aksi

Information

3 responses

18 03 2015
Rokok Herba Sin

Rokok Herba Sin (TSI)
Solusi terbaik beralih dari Rokok Kimia
http://rokokherba.com

24 04 2013
dwi mahendra

bagaimana pada penderita hiperaktif seperti saya

16 08 2012
aris darmawan

Bener bgt waktu kita berenti ngeroko gejala putus nikotin berat bgt tapi kita rus tetep bertahan,cemas,gelisah,susah tidur,seperti orang aneh harus kita lawan,dengan keyakinan teguh perlahan lahan semua pasti berlalu….optimis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: