Be yourself ….. (evaluasi tentang blog)

24 11 2008

Suatu kali aku pernah agak malas menulis di blog. Dan pertanyaan yang pernah kutanyakan pada diriku sendiri muncul lagi : untuk apa punya blog?

Aku mencoba mengingat-ingat niatku punya blog dan bahkan mengorganisir pelatihan pembuatan blog buat teman-teman sekantor. Yah, tujuannya memang memperkenalkan diri kepada dunia… katanya: tak kenal maka tak sayang. Blog merupakan media komunikasi yang efektif untuk menyampaikan berbagai idea atau pikiran, pengalaman, renungan, syukur ada yang tertarik ngajak kerjasama atau gimana, atau mau ngirim uang hehe….

Tapi aku kok jadi “riya” ya…. Aku jadi “tidak tulus” lagi menulis…. aku jadi berharap pujian, juga jadi suka melihat statistik blog-ku, banyak ngga ya yang nge-hit…

Lho, kok gitu sih?

Yang kedua, dengan latar belakang di bidang farmasi, maka kebisaanku menulis terutama adalah tentang obat-obat dan masalah kesehatan. Tapi ketika aku lihat begitu banyak blog atau website lain tentang informasi obat dan kesehatan, aku juga jadi berpikir lagi…. untuk apa ya aku nulis…. sudah banyak kok informasi seperti itu.

Aku mencoba mengevaluasi lagi niatku…

Dan yah, kutau yang kumau…

Aku tetap akan menulis sebisaku. Bagus atau tidak, dapat pujian atau tidak, bukan masalah. Dan prinsipku adalah… be yourself. Jadilah dirimu sendiri. Tulislah dengan gayamu sendiri, jangan sekali-sekali melakukan plagiarisme, atau mengambil tulisan orang lain dan mengakukan sebagai tulisan sendiri. Nggak usah memaksakan diri kalau sedang nggak mood. Dan alhamdulillah, selama ini yang kutulis adalah buah pikiran atau bacaanku sendiri dari berbagai sumber yang kutulis dengan versiku. Ada yang fresh, ada yang pernah kusampaikan dalam sebuah forum.

Dan kedua,… luruskan niat. Niatku adalah berbagi ilmu… mudah-mudahan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi orang lain. Mudah-mudahan Allah ridho dan syukur-syukur bisa menjadi catatan amal baik buatku. Amien. Kalau ada “efek samping” misalnya ada yang memintaku jadi pembicara atau konsultan tentang kefarmasian di suatu forum, aku juga ngga nolak kok…….


Aksi

Information

4 responses

5 01 2011
Wijayahadiw

Blog ini bagus banget buat orang yang nggak mendalami ilmu kesehatan (ilmu farmasi, salah satunya), untuk belajar dan memahami aspek kesehatan dengan lebih mudah. Saya sering mem-forward copy paste dari alamat blog ini ke teman-teman kantor saya, agar kami semua, sekali lagi dapat belajar dan memahami aspek kesehatan dengan lebih mudah. Saya senang jika ada update terbaru dari tulisan ibu, dan selalu dapat pemberitahuan “news feed” dari account Kagama di facebook. Salam sukses

Jawab:
Salam sukses juga. terimakasih apresiasinya yaa…

25 01 2009
agung hendro

kepada yth bu zullies
mungkin ibu udah lupa pd saya
karena udah lam baget tdk ketemu, saya adalah mahasiswa ibu dulu saat mengajar di setia budi.
bu, kalau tidak keberatan saya minyta bantuan ibu bagaimana mebuat blog
kalau ibu punya catatan atau materi tentang membuat blog
mohon dikirim ke email saya
makasih ibu
sukses apoteker indonesia

16 01 2009
Yus

Prinsipnya sih memang kembali ke diri kita. Sepanjang yang kita lakukan tidak bertentangan dengan norma norma yang berlaku ya kita jalankan saja. Apalagi dengan menulis kita memperoleh kepuasan batin, wah asyk dong. Bisa jadi obat stres paling manjur dan gratis tis. Jadi selamat ber-globber-ria, jangan seperti saya, sudah bikin blog setahun yang lalu tapi tidak pernah diperbarui. Hanya saja biasanya saya mengeluarkan uneg uneg dalam tulisan di milis aja. Tapi bagi saya itu sudah cukup buat obat stres sementara. (soalnya stresnya banyak he he he).

16 12 2008
Muthi

Sekali lagi, SEMANGAT, Bu!!!
Terimakasih sudah menginisiasi sekaligus mengompori untuk semangat ber-blogger-ria
“sesungguhnya manusia yang paling baik adalah yang bermanfaat sebesar-besarnya’ Amiin

Jawab:
Amiien…. mudah-mudahan blog saya bermanfaat

Tinggalkan Balasan

