Mozaik hidup di Jepang (4): nyaman berlalu lintas..

23 11 2008

bicycle-district-spoke-cardSalah satu kenyamanan hidup di Jepang adalah keteraturan berlalu lintas di jalan. Kendaraan yang lebih besar akan menghormati kendaraan yang lebih kecil dengan memberinya kesempatan jalan lebih dulu. Aku merasakan banget karena aku di sana kemana-mana bersepeda, atau naik kendaraan umum. Pengendara sepeda mendapat perlakuan istimewa karena hampir di setiap jalan ada jalur tersendiri untuk jalan sepeda. Jika jalan agak sempit dan kami harus berpapasan dengan mobil atau bus, maka mereka akan mendahulukan sepeda untuk jalan duluan. Rasanya terhormat banget gitu loh hehe…..  Jika berhenti di perempatan karena lampu merah, mobil-mobil akan berhenti dengan jarak sedikitnya 1 meter. Jarang sekali yang melanggar lampu merah. Bus umum hanya akan berhenti di tempat-tempat yang disediakan, dan orang akan menyeberang jalan di tempat ada tempat penyeberangan jalan. Hm, hidup teratur itu nyaman….

Aku pernah sempat terpikir juga untuk melanjutkan bersepeda ke kampus setelah sampai di Indonesia. Tapi wah….. pengendara sepeda di negara kita kayaknya belum mendapat fasilitas dan perlakuan yang layak. Jangan-jangan kami malah ketabrak motor yang merajai jalan-jalan Jogja, atau disenggol bus kota yang tidak kalah ugal-ugalannya.

Pernah juga di awal berkendara di Jogja, aku mencoba mengambil jarak dengan mobil di depanku ketika berhenti di sebuah perempatan. Eh, niat baikku tadi malah dimanfaatkan oleh banyak motor-motor yang kemudian menyelip di antara mobilku dan mobil di depanku. Ughh…. hilang sudah keinginanku untuk sopan berkendara di jalan raya …

Kapan ya kita bisa nyaman berkendara di negeri sendiri?

Iklan

Aksi

Information

One response

27 11 2009
ajikinai

haha..atau memang kita harus urban ke jepang ya…(setuju mode on)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: