Obat bisa bikin keropos tulang ?

6 11 2008

rematikBeberapa waktu lalu cukup gencar diberitakan adanya produsen jamu yang mencampur jamunya dengan obat-obat sintetik, salah satunya dengan deksametason. Obat ini ditemukan banyak dicampurkan pada jamu anti rematik. Jelas saja jamunya jadi manjur, karena deksametason adalah obat golongan kortikosteroid yang berefek sebagai obat anti radang. Tapi pernahkah Anda mendengar tentang efek samping obat-obat golongan kortikosteroid jika digunakan dalam jangka waktu lama seperti pada umumnya orang minum jamu? Keropos tulang atau osteoporosis adalah salah satu saja dari efek sampingnya yang banyak..

Obat golongan kortikosteroid termasuk golongan obat yang penting dalam dunia pengobatan, karena memiliki aksi farmakologi yang luas, sehingga sering digunakan dalam berbagai penyakit, sampai-sampai ada yang menyebutnya obat dewa, obat segala penyakit. Tapi di sisi lain, karena tempat aksinya luas, efek sampingnya pun luas dan tidak kurang berbahayanya. Penasaran kan tentang kortikosteroid ? Apaan tuh ? Apa saja yang termasuk obat kortikostroid ?

Kortikosteroid adalah suatu hormon yang dibuat oleh bagian korteks (luar) dari kelenjar adrenal. Hormon ini memiliki dua efek utama yang disebut efek glukokortikoid dan efek mineralokortikoid. Efek glukokortikoid antara lain :

  1. meningkatkan glukoneogenesis, yaitu pembentukan glukosa dari protein,  sehingga beresiko meningkatkan kadar gula darah. Karena itu, orang dengan resiko diabetes dapat mengalami kenaikan kadar gula darah yang nyata.
  2. efek katabolik, yaitu mengurai protein sehingga mengurangi pembentukan protein, termasuk protein yang diperlukan untuk pembentukan tulang. Akibatnya terjadi osteoporosis atau keropos tulang, karena matriks protein tulang menyusut. Efek ini juga menyebabkan gangguan pertumbuhan jika digunakan pada anak-anak dalam jangka waktu lama.
  3. mempengaruhi metabolisme lemak tubuh dan distribusinya, sehingga menyebabkan pertambahan lemak di bagian-bagian tertentu tubuh, yaitu di wajah (jadi membulat), bahu, dan perut.
  4. mengurangi menghambat proses radang, sehingga merupakan obat pilihan berbagai penyakit peradangan,
  5. menurunkan fungsi jaringan limfa sehingga menyebabkan berkurangnya dan mengecilnya sel limfosit. Efek ini menyebabkan menurunnya kekebalan tubuh atau imunosupresan.Sedangkan efek mineralokortikoid utamanya adalah mengatur keseimbangan garam mineral dan air dalam tubuh.

Obat-obat kortikosteroid adalah senyawa-senyawa hasil sintesis yang struktur kimianya menyerupai hormon steroid alami. Dengan modifikasi pada struktur kimianya, potensinya dapat ditingkatkan sampai beberapa kali lipat dari senyawa alaminya. Yang termasuk obat kortikosteroid antara lain : hidrokortison, deksametason, betametason, beklometason, dll. Mekanisme aksinya mirip satu sama lain, tetapi mereka berbeda dalam potensi dan lama aksinya.

Apa saja penggunaan obat kortikosteroid ? Obat golongan kortikosteroid utamanya digunakan untuk mengatasi radang, apapun penyebab radangnya dan di manapun lokasinya. Beberapa penyakit peradangan yang kerap diobati dengan kortikosteroid adalah asma, radang rematik, radang usus, radang ginjal, radang mata, dll. Selain itu, obat ini juga digunakan pada penyakit gangguan sistem kekebalan tubuh, seperti berbagai jenis alergi, dan lupus. Dengan sifatnya yang menurunkan sistem kekebalan, kortikosteroid juga dapat digunakan untuk pasien yang baru menjalani transplantasi organ untuk mencegah reaksi penolakan tubuh terhadap organ yang dicangkokkan.   Obat ini bahkan digunakan juga pada pasien kanker, yaitu untuk mencegah mual dan muntah akibat kemoterapi, juga pada terapi kanker itu sendiri sebagai terapi pendukung kemoterapi. Kortikosteroid juga digunakan untuk ibu hamil yang memiliki resiko melahirkan prematur, yaitu untuk mematangkan paru-paru janin, sehingga jika harus lahir prematur paru-paru bayi sudah cukup kuat dan bekerja dengan baik.

Begitu banyaknya penggunaan kortikosteroid. Dalam beberapa kasus, kortikosteroid merupakan satu-satunya pilihan obat terbaik, sehingga mau tidak mau harus digunakan. Di sisi lain, efek sampingnya cukup luas, antara lain : meningkatkan resiko diabetes, osteoporosis, menghambat pertumbuhan anak-anak, menyebabkan gemuk pada bagian tubuh tertentu (wajah, bahu, perut), menurunkan daya tahan tubuh sehingga mudah terkena infeksi, meningkatkan resiko hipertensi karena menahan garam di dalam tubuh, menyebabkan gangguan lambung (perdarahan lambung), dll. Namun efek samping ini umumnya baru muncul pada penggunaan yang cukup lama (lebih dari sebulan secara rutin). Untuk itu, yang perlu diperhatikan adalah cara penggunaan yang tepat. Artikel ini tidak bermaksud menakut-nakuti pembaca untuk menggunakan obat kortikosteroid, tetapi mengajak untuk mengenal dan dapat menggunakannya dengan benar. Beberapa cara untuk mensiasati efek samping yang mungkin timbul antara lain :

  1. bagi pasien dengan resiko diabetes, kurangi asupan gula/karbohidrat
  2. untuk mengurangi resiko osteoporosis, tambahlah suplemen Calcium dan Vitamin D
  3. untuk mengurangi resiko hipertensi, kurangi asupan garam dalam makanan
  4. untuk mengurangi kegemukan, bisa dilakukan diet yang sesuai
  5. untuk menghindari terjadinya infeksi, hindarkan diri dari lingkungan hidup yang kotor dan polusi. Tambahkan suplemen makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  6. untuk menghindari gangguan lambung, minumlah obat ini setelah makan atau bersama snack, jangan pada saat perut kosong.

Obat kortikosteroid menurut aturannya hanya dapat diperoleh dengan resep dokter, kecuali yang berbentuk salep. Jika Anda mendapat resep dokter yang berisi kortikosteroid, pastikan Anda mengetahui informasi-informasi yang diperlukan tentang obat ini dan gunakan sesuai dengan petunjuk dokter. Pada penggunaan jangka panjang pada penyakit kronis yang diterapi dengan kortikosteroid, penggunaan obat tidak boleh dihentikan secara mendadak karena akan mengganggu adaptasi tubuh. Penghentian harus perlahan-lahan dengan dosis yang makin lama makin berkurang. Mengapa demikian ? Karena selama penggunaan kortikosteroid dari luar, produksi hormon ini secara alami dari tubuh akan terhenti, maka jika penggunaan dari luar tiba-tiba dihentikan, tubuh akan kekurangan hormon ini secara normal dan akan terjadi reaksi-reaksi yang tidak diinginkan.


Aksi

Information

40 responses

18 07 2016
eka notia

Assalamualaikum bu, saya mau tanya, bapa saya menderita lepra sudah hampir setahun dan semenjak kira kira 3 bulan yang lalu mulqi diberikan obat kortikosteroid yaitu mp dosisnya dikurangi dari 32mg bertahap jadi 4mg setelah itu saya berhentikan total untuk mengurangi efek ketergantungan dan efek samping obat tersebut.
Selama 1 bulan bapa saya tidak konsumsi mp tapi selama 1 bulan juga reaksi dr lepra itu terus ada sampe bapa saya keadaan umumnya tidak.
Setelah itu saya berikan lagi dengan dosis 8mg/hari dan ini sudah hampir 2 bulan bapa saya mengonsumsi mp.
Kirakira kalau bapa saya tetap mengonsumsi mp sampe terapi lepranya selesai yaitu kuranglebih 3 bulan lagi gimana ya bu ? Kqrna setiap saya turunin dosisnya pasti demam dan reaksi lagi. Saya udah coba konsul sama dokter di puskesmas yg nanganin bapa saya tapi tidak ada itikat baik sama sekali. Liat mukanya aja udah males. Padahal dia tau betul bagaimana kondisi orang yang sudah menderita lepra malah responnya dia ga baik. Judesnya nauzubilah.
Ehh maaf bu jadi curhat hehe. Terimakasih atas ketersediaan ibu mau sedia bales komen saya yang panjang kali lebar

Jawab:
Dear Eka, apakah bapa Anda benar-benar terdiagnosa lepra atau penyakit lain ya? setahu saya lepra atau kusta disebabkan karena bakteri dan awalnya akan memerlukan antibiotik yang sesuai dengan kondisinya. Saya malah agak heran karena bapa Anda menggunakan mp, bahkan sudah dalam jangka waktu lama. Selain mp, beliau mendapat terapi apa lagi?

9 05 2016
wirdah

4 tahun saya pernah mengkonsumsi obat gemuk selama 1 bulan, efeknya memang berat badan saya bertambah tetapi pipi saya tembem (moonface) dan perut saya buncit dan keras. sehingga saya pun menghentikan obat gemuk untuk dikonsumsi kembali. setelah itu pipi saya kembali seperti semula begitupun dengan berat badan saya. tetapi perut saya sampai saat ini masih buncit dan keras. saya khawatir dengan ini, apakah saya terkena penyakit? jujur saya amat takut untuk memeriksakannya ke dokter karena takut mendengar hasilnya. mohon dijawab ya buuu terimakasih

Jawab:
Dear Wirdah, kemungkinan memang buncitnya masih merupakan efek samping dari obat gemuknya. Semoga lama-lama bisa normal kembali.

22 09 2015
tya

Ass,, saya diberi obat cina dr orang tua,, bentuknya butir2 putih kecil,, katanya bs untuk menggemukkan badan,, kebetulan tubuh saya memang kurus,, ketika saya minum kurang lebih 1 minggu, mulai terasa aneh di badan, jantung terasa berdebar, detak jantung terdengar ditelinga, pusing, mudah lelah dan sesak,, lalu saya langsung berhenti minum obat tersebut tanpa tappering off karena saya tidak tw kalau obat ini steroid atau bukan,, kejadian skitar 3 tahun yg lalu,, gejala masih terasa sampai skrng,, saat ini ketika medikal cek up, saya bru tahu kalau tensi saya tinggi 160/90 dan gula darah saya naik sampai 250 an,, padahal umur saya masih 20 an,, apakah ini gejala putus obat steroid,, kalau benar bagaimana penanganannya,, apakah bs disembuhkan,, terima kasih,,

Jawab:
wah, kalau sudah dihentikan 3 tahun yang lalu mungkin bukan lagi karena putus steroid ya.. dipastikan dulu saja diagnosanya dengan pemeriksaan dokter sehingga bisa disarankan pengatasannya

2 08 2015
andri

bu saya mau tanya saya minum obat alergi dexsametason selama 1 bulan . dan dosis nya 2x sehari.
saya jadi moonface sedikit ga terlalu membulat besar. dan saya mau tanya kapan moonface saya normal kembali. setelah 1 bulan saya tidak meminum nya lagi.

Jawab:
saya kira kalau nanti sudah berhenti minum akan kembali normal lagi

29 07 2015
ardi

Permisi Bu,mau tanya cara tappering off yang lebih efektif (karena saya sudah mengonsumsi dexa selama 3 tahunan,sehari 1 tablet)..apakah lebih baik yang tadinya satu jadi setengah tablet,dst(tapi masih setiap hari minumnya),atau yang tadinya setiap hari,jadi 2 hari sekali,dst(tetapi tetap 1 tablet)..lebih baik pakai metode yang mana ya bu?terimakasih..

Jawab:
Saya kira hasilnya akan hampir sama. Tinggal mana yang lebih nyaman buat anda.

21 06 2015
irfan affandi

Ass. bu.
sebelumnya terimakasih atas infonya.
Bu saya menderita penyakit kulit scabies/gudik +- sudah 4 bulan, saya mengkonsumsi obat dari dokter dan obat tersebut mengandung kortikosteroid,saya mengkonsumsi obat tersebut sudah +- 4 bulan dan efek nya baru kelihatan sekarang yaitu pipi saya jadi tembem / moonface dan nafsu makan saya tiba-tiba meningkat, dan saya berniat untuk tidak mengkonsumsi obat itu lagi, gimana bu cara menghilangkan moonface ini dan gimana tentang penyakit kulit saya ini.
mohon bantuaannya ! terimakasih.

Jawab:
Kalau anda sudah menghentikan obat steroidnya, Insya Allah lama-lama moonfacenya bisa berkurang.
Untuk scabies, saya kira kok tdk harus selama itu ya pengobatannya.. Bukannya scabies itu suatu infeksi kulit yang dsebabkan oleh tengu/kutu? Jika kutunya sudah ilang tentunya pengobatan sudah bisa dihentikan. Coba periksakan ke dokter kulit yang ahli dan pastikan penyebabnya apakah benar scabies/gudig atau eksim. Kalau eksim memang sejenis alergi dan memerlukan terapi relatif lama dan seringkali pakai steroid. Coba minta penggunaan secara topikal/lokal saja.

1 04 2015
Elisabeth Intan Budi

Halllooo ibu….. bagus sekali blog nya….
saya dokter puskesmas… di wilayah kerja saya, banyak sekali masyarakat yg mengkonsumsi dexa / pred secara bebas karena obat obat tersebut dijual secara bebas juga di warung2…. sekarang tindakan yg saya lakukan adalah mendata setiap warung2 yang menjual obat tersebut sekaligus memberikan penyuluhan singkat ke pemilik warung. Tersirat ide untuk mengadakan klinik kortikosteroid dependent di puskesmas untuk membantu masyarakat melakukan taperingg off bagi mereka yg kortikosteroid dependent. Kira2 menurut ibu tindakan apa lagi yg bisa saya kerjakan??

Jawab:
Haloo, Bu Dokter… bagus sekali juga inisiatif dan idenya untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai penggunaan obat kortikosteroid. Saya kira seharusnya obat ini tidak boleh dijual bebas di warung karena merupakan obat keras. Mungkin baiknya memang ada penyuluhan dan aksi untuk membatasi penjualan obat steroid di warung. Tentu perlu penyuluhan pada masyarakat sendiri agar mengetahui bahayanya penggunaan steroid tidak pada tempatnya/berlebihan. Dan kira-kira apa alternatif penggantinya… Keep doing, Bu Dokter.. !! semangat yaa…

18 02 2015
bunda

Saya menderita hipokalemia,mengalami penurunan berat badan karena penyakit tersebut sampai 14 kg. Dokter memberi obat radang dan ternyata benar berat badan dan nafsu makan saya mengalami peningkatan drastis. Dokter bilang sementara,dan anehnya penggemukan ini tampak tak wajar karena wajah saya tampak bengkak. Tidak seperti bentuk wajah saya saat gemuk alami seperti dulu. Memang benar obat ini harus setelah makan,perut saya sering bermasalah bila tak disertai makan

16 12 2014
Alexander

jawab:
Dear Alexander, saya tidak yakin bahwa kaki anda mengecil akibat obat Lasix dan metilprednisolon. Sayangnya saya tidak tau untuk apa anda minum lasix dan metilprednisolon. Apakah sebelum minum obat tersebut kaki dan badan anda berukuran normal?

iya, sebelumnya bentuk kaki sya normal mengikuti badan saya sebelumnya (gemuk). tapi semenjak minum obat ini, bag kaki saya seperti kehilangan lemak.
oh ya, saya bisa menduga seperti ini karena ada bacaan di internet kalo obat kortikosteroid ini efeknya dapat menghilangkan bagian ektsremitas. apakah benar ada hubungannya? dan jika benar ada hubungannya apakah efeknya bisa hilang? terima kasih.
saat ini berat badan saya masih tertahan di 48kg.

9 12 2014
Yanti

Assalamu alaikum prof. saya mau bertanya sya dapat kasus seorang pasien umur 57 tahun, menderita diabetes hiperglikemia. Dengan gula darah 420 mg/dL. dan TD 170/110 mmHg
Riwayat pengobatan:
Glukodeks
Dictiazem
Captpril
Aspirin
nah, yg ingin saya tanya, kenapa gula darah dari si pasien ini tetap tinggi, padahal dari riwayat pengobatannya telah diberikan obat hipoglikemia? sbelumnya terima kasih Prof.

Jawab:
Dear Yanti, respon seseorang terhadap obat bisa bervariasi dan banyak faktor penentunya, misalnya dosis, cara pakai, kepatuhan, genetik, dll. Info yang kamu berikan sangat minim… berapa dosis yang dipakai, berapa kali sehari, bagaimana cara pakainya. Bisa jadi dosisnya kurang, cara pakai tdk tepat, atau mungkin ada interaksi dengan obat lain yang diberikan. Belum lagi diet pasien seperti apa, olahraganya, pola hodupnya, tentu sangat mempengaruhi juga hasil terapi. Jadi tidak perlu heran mengapa walau sudah diberi obat hipoglikemik ternyata gulanya masih tinggi. Mungkin juga bisa disarankan penggunaan insulin, atau dikombinasi dengan insulin.

21 11 2014
Alexander

saya ingin bertanya. setelah saya minum lasix dgn dosis 2tb shari (dalam 4hari) kaki saya jadi mengecil dan tidak bengkak lagi. namun ditambah obat metilprednisolone ini, sya merasa kaki saya tambah mengecil tidak sesuai dgn badan. memang sih, badan saya emang kurus. tapi saya ngerasa kaki saya lebih kecil lagi. membuat saya tidak pede dalam berpakaian. oh iya berat badan saya saat ini 47-48 terus dalam setahun (selama minum metilprednisolon smpai saat ini)
yg ingin saya tanyakan adalah apakah betul kaki saya kecil gr gr antara 2 obat tsb? padahal saya udh makan banyak, tetep aja belum ada perubahan di kaki saya dan berat badan saya. jika ya, apakah jika dosis diturunkan akan kembali normal? saat ini saya sudah minum 4mg metilprednisolone dan belum ada perubahan trims.

jawab:
Dear Alexander, saya tidak yakin bahwa kaki anda mengecil akibat obat Lasix dan metilprednisolon. Sayangnya saya tidak tau untuk apa anda minum lasix dan metilprednisolon. Apakah sebelum minum obat tersebut kaki dan badan anda berukuran normal?

29 10 2014
azmisilma

Salam kenal dan ikut brgbung, dg blog yg bagus. Saya mau tanya juga bu trkait pnyakit yg saya derita . Sdh 4 bln saya mngalami sakit shingga tdk baraktifitas selama itu.awalnya saya kena dbd, tp br smbuh slama 15 hri, sampai trmbosit saya turun ke 2000, saya smpat ditrnfusi trombosit 2 kali 6 btol plastik. Namun stelah dinyatakn smbuh justru saya nngalami pusing yg berlebihan dan tdk bisa berdiri lama seukuran sholat brjamaah 4 rokaat. Klo trlalu lama brdiri tiba tiba dr lutut ke kaki khusunya betis kann dn kiri terasa berat dan berakibat dada dan uluhati jd sakit dan tdk bertnaga, suara jd pelan klo bicara keras trasa sakit panas di uluhati.persendian dikaki trasa ngilu ditambah kpala pusing dan brkringat dingin berlbhan shingga saya tdk bisa lg berdiri apalagi jaln. Kndisi smpe skarng msih diraskn. Sdh bnyak dkter dg diagnosa yg berbeda dn tdk ada prubahan saya pake obat herbal alhmdllah ada prubhan saya mulai bisa jln meski blum kuat jarak jauh, namun kluhan kluhan dada sakit klo bicara, kaki masih trasa tdk nyaman saat jalan trasa berat dan ngilu di perglngan kaki, perut begah, nafas sesak dan keluar dahak, akhirnya saya coba ke dokter spesialis darah, setelah dilihat hasil lab katanya saya sKit pengentalan dan pmbekuan darah dan abnormal antibody, saya juga mnglmi rambut rontok selama sakit 4 bln ini dan sariawan dibibir dkter kasih saya obat antasida doen dan lameson 16 mg untuk 10 hr. Dg dosis lameson 2×3 sehari. Saya sdh minum hari kedua saat ini. Namun saya sdh merasakan tenggorokan saya terasa kering terus mski sdh banyak minum. nah…setelah saya mmbaca artikel ini tntang efek samping yg lumayan mnngerikan saya jd takut, bagaimana mnurut ibu sbaiknya apa saya lanjut minum obatnya atw saya hntikan mmpung blum trlnjur. Trima kasih banyak sebelumnya.

Jawab:
Mbak, nampaknya Anda mengalami penyakit autoimun, di mana sistem imnun bereaksi berlebihan, sehingga menyebabkan masalah. Karena itulah dokter memberikan Lameson, yang bersifat sebagai penekan sistem imun. Dalam beberapa hal, obat ini diperlukan, jadi sebaiknya tetap dipakai, sambil dipantau mengenai kemungkinan munculnya efek samping. Penggunaan yang hanya 10 hari saya kira tidak akan meninbulkan efek samping yang signifikan.

17 07 2014
Nunik Darmadi

salam kenal..anak saya 12 th didiagnosa terkena juvenil rematoid artritis sdh 3 thn ini menjlani prosedur pengobatan..tp sampai saat ini belum bisa lepas dr konsumsi methylprednisolon.skr dosisnya 2mg 3x sehari..efeknya sangt terasa pd pertumbuhan yg terhambat dan rasa mual..berat badan turun..bagaimana caranya utk memininmalkan efek tersebut..dan apkh perlu konsumsi vitamin atau suply makanan tertentu?terimakasih

jawab:
dear ibu Nunik,
turut prihatin dengan penyakit putra ibu, semoga selalu dikuatkan ya… Yang ibu sebutkan memang merupakan efek samping metilprednisolon. Untuk mengatasinya bisa tambahkan suplemen vitamin, makanan yg kaya protein untuk membantu pertumbuhan.

16 05 2014
yusnarti hutagalung

Salam kenal bu, blognya bagus
Saya di diagnosa lupus nefritis dan sudah 2 bulan konsumsi lameson 16 mg sebanyak 3,5 tablet di pagi hari. Karna membaca efek samping yg d timbulkan seperti moon face, rambut rontok, tukak lambung, lemah otot dll dan itu sudah terjadi pada saya, saya berhenti mengkonsumsi lameson tsb tanpa konsultasi ke dokter saya. Skrang saya sering mual dan kepala saya pening. Apa yg seharusnya saya lakukan? Trimakasih

Jawab:
penghentian steroid tidak boleh secara tiba-tiba, dan harus dilakukan secara bertahap karena tubuh bisa mengalami adrenal insufisiensi, yaitu kekurangan steroid. Pada penggunaan steroid yg lama, kelenjar adrenal akan berhenti memproduksi steroid sendiri. Nah ketika steroid dari luar dihentikan, maka kelenjar adrenal belum sempat memproduksi lagi dan menyebabkan tubuh kekurangan steroid. Gejala yang anda rasakan sekarang bisa jadi akibat penghentian steroid secara mendadak. Sebaiknya dikonsultasikan ke dokter saja, Mbak.. Kondisi lupus nefritisnya kan juga harus diatasi. Sampaikan dokter mengenai efek samping yg anda alami. dan minta alternatif terapinya.

14 05 2014
eko sardola

ass… buk.. saya sudah 10 tahun menderita penyakit syndroma nefrotik. setiap kali penyakit saya kambuh,sya di beri terapi methylprednisolone selama 6 bulan..
partanyaan saya..??
bagaimana cara mengatasi kegemukan di pipi akibat mengkosumsi obat tersebut..???
mohon penjelasanya

4 01 2014
fila noviantina

bu saya minum obat metilprednison selama 6 bulan dan muka saya menjadi tembem dan sampe sekarang udah mau 2 th tetep saja moon face apakah bisa kembali wajah saya bu?

Jawab:
Apakah sudah dihentikan pemakaian steroidnya? Setelah dihentikan, yah, memang kadang ada yang bisa balik dan dan ada yang menetap gejala moon face-nya, tergantung lamanya pemakaian dan respon orang secara individu. Semoga saja bisa kembali, Mbak.. seorang kawan saya bisa hilang moon face-nya, tapi dia memang baru pakai sebentar.

20 12 2013
irwan

Saya terkena tumor spinal. Untuk mengatasi inflamasi dokter neuro memberikan kombinasi medixon 4g dan obat anagesik jikia ada keluhan. pemakain paling lama 3 hari dengan dosis 2x sehari. dalam satu bulan paling banyak komsumsi medixon 4g sebanyak 6 tablet. Dengan dosis ini, tekanan darah, gula dll normal. tidak ada moon face. terapi ini sdh berlangsung 9 bulan…

27 11 2013
taslanaja

Waw banyak kali dampaknya

7 11 2013
ika

Ibu, saya melakukan terapi methylprednisolon sejak 12 Okt karena adanya peradangan. Tetapi dosis yg diberikan medixon 16mg 2 x sehari selama 2 minggu. untuk sampai tapering perlu berapa lama untuk terapinya ? minggu ke 3 saya terapi memakai lameson 16mg 1x pagi dan 1/2 pada sore nya selama 2 minggu. mohon penjelasan efek medixon dan lameson itu bedanya apa. terima kasih

jawab:
dear Ika,
Lameson dan Medixon itu isinya sama-sama metilprednisolon, hanya beda merk karena beda pabrik pembuatnya, jadi efeknya kira-kira juga sama. Untuk tapering bisa sampai 1 bulan, yaitu untuk mengurangi sedikit-sedikit dosis obatnya.

15 10 2013
Andikayanti

menderita penyakit gatal-gatal akibat mengkomsumsi obat kianpi pil yang mengandung kortiserteroid selama 1 bulan saya meminumnya 2 pil pagi dan 2 pil malam. Tetapi setelah berhenti memakannya saya terkena deh penyakit gatal-gatal diseluruh tubuh. Mohon diberi tahu obat yang dapat menyembuhkannya?

jawab:
Saya kira anda harus menghentikan Kianpi Pil ini karena obat steroid sangat banyak efek sampingnya. Untuk penyakit gatalnya, cobalah pakai obat luar dulu semacam Caladine lotion, atau menggunakan obat anti histamin. Jangan gunakan lagi kortikosteroidnya. Sebaiknya sih diperiksakan ke dokter kulit untuk memastikan penyebab gatalnya. Steroid bisa menekan sistem imun, jangan-jangan anda jadi rentan terhadap pertumbuhan jamur yg bisa membuat gatal juga.

12 07 2013
hendra

pak saya minum obat dexamethasone kurang lebih stgah tahun dan dosisnya 3x sehari
setelah saya takut ada efek samping yang tdk saya inginkan sya menghentikan pemakaian scr mendadak tanpa tapering off….skrng sya mulai gk sehat,tulang krpos,perut sring sakit,ggngguan pada mata
apaka ini efek smpingnya pak. . . dan apalagi efek smping yg akan sya dpatkan pak . . . .

Jawab:
Maaf, saya bukan bapak-bapak, tapi ibu. Anda menggunakan dexametason untuk pengobatan sakit apa? Saya tidak bisa memastikan apakah gejala yg Anda alami adalah akibat efek samping dexametason, karena saya tidak tau kondisi kesehatan anda secara umum. Tapi memang efek samping penggunaan steroid jangka panjang lumayan banyak, walaupun kejadiannya bervariasi antar orang. Efek samping lain dari steroid antara lain adalah moon-face, hipertensi, menurunnya daya tahan tubuh, dll. Saran saya, periksakan kesehatan Anda ke dokter dan pastikan apakah Anda memang harus menggunakan dexametason jangka lama atau tidak.

10 06 2013
hendra

pak saya menderita penyakit gudig. . . .
sekitar stgah tahun saya minum obat dexamethasone. . . .
setelah saya tdk minum obat dexamethason kenapa penyakit gudig saya semakin parah sampai seluruh tubuh. . . .

Jawab:
saya kira Anda tidak sekedar menderita gudig, tetapi semacam penyakit kulit lain yg memerlukan pengobatan jangka panjang. Saya sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit utk memastikan diagnosa penyakit anda sehingga dapat diobati dengan tepat.

8 03 2013
Febri Yana

bagaimana cara mengecilkan wajah pundak dan perut yang disebabkan karena efek obat tadi? saya sudah terlanjur meminum obat tadi dalam waktu kurang lebih 4 tahun… terimakasih🙂

Jawab:
Wah, maaf, saya tidak tau apakah bisa kembali ke kondisi semula apa tidak, karena sudah menggunakan dalam jangka panjang.
Yang penting sehat saja lah… mengatur pola makan sehat.

2 01 2013
Iaia

Kalau mengkonsumsi’a bertahun2 apa efeknya ilangnya bertahun2 jg ?

Jwab:
Tergantung seberapa berat efek yang sudah ditimbulkan

17 11 2012
vega

ibu,sudah lama saya bgung dengan potensi ato kekuatan obt2 kortekosteroid..sepepti yg ibu bilang,prednison 4x dr hidrokotison,dexametason 30x hdrokortison.
mhon penjelasan potensial obt2 kortikoseroid yg lain.,bu
trimakasih

Jawab:
memang benar ada perbedaan potensi obat2 kortikosteroid, ada daftarnya. Anda bisa searching juga di google tentang comparison of steroids drug,,

22 09 2012
Risky syahputra

Nah saya gak tau saya alergi apa,padahal saya udah bertahun2 pantang makanan ayam.telur,ikan laut dll yg menyebabkan alergi tp tetap saja kambuh dan anehnya smua obat antihistamin gak ada yg respon sama penyakit saya,saya jg ragu ini alergi soalnya bernanah smua dan cma steroid aja yg bsa meredain,ke dokter mana aja udh d coba tp d kasihnya jg steroid trus.kira2 mba bsa analisa atau obat yg cocok buat penyakit saya?

jawab:
Kekambuhan alergi anda bentuknya apa? gangguan kulit, apa pernafasan, atau yang lain? Dalam kasus-kasus yang berat memang mungkin antihistamin saja tidak cukup, dan perlu diberi steroid. Sebaiknya diagnosa alerginya dipastikan dulu oleh dokter ahlinya, supaya bisa diberikan obat yang paling tepat.

18 09 2012
Risky syahputra

Baru 20harian,berapa lama kira2 bsa normal kembali,dlu ada guratan ungu d paha tp udh hilang wkt dosisnya saya kurangi tp cma wajah saya yang blm kembali,tp selama itu saya trus pake salep,yg saya takutkan wajah saya gak akan kembali klo saya trus pake salep.ia saya jg liat d kertas salepnya.tp saya mau normalin wajah saya dlu soalnya gak pede kmn-mn🙂.apa gara2 obat itu jg alergi saya gak sembuh2 ?

Jawab:
wah, saya tdk bisa memastikan sampai berapa lama bisa normal kembali, karena juga tergantung berapa lama pemakaiannya, dan respon pasien terhadap obat. Anda alergi apa? kalau pakai salep, kemungkinan untuk utk moon face sebenernya kecil. Gara-gara obat yang mana alergi anda tidak sembuh? tentunya bukan ya..

18 09 2012
Risky syahputra

Maaf sebelumnya,saya mau tanya apakah steroid berbentuk topikal seperti betametason bsa menyebabkan moon face jg ?soalnya saya pernah konsumsi obat yg isinya dexametason tiap hari karena alergi saya selalu kambuh kLo tidak minum obat itu,kemudian wajah saya agak bengkak mungkin moon face karena saya tidak tau,maka dari itu saya berhenti minum obat dan berganti pada salep tp streoid,pertanyaan saya,apa kah wajah saya bsa normal kembali walau saya pakai steroid topikal yg mengandung betametason?soalnya klo tidak dsalepin alergi saya kambuh.makasih dok mohon dijawab

Jawab:
Steroid bentuk topikal tidak memiliki efek samping seberat steroid oral. Sudah berapa lama Anda berhenti minum steroid? saya kira wajah Anda bisa normal kembali jika efek steroid sistemiknya sudah mulai hilang. Tapi perlu diketahui juga bahwa steroid topikal juga tidak bebas efek samping, ia bisa menyebabkan penipisan kulit jika dipakai terus menerus. (oya, saya bukan dokter.. saya apoteker)

12 09 2012
Adhitya Purwantoro

Blognya bagus..
Bagaimana caranya untuk mengembalikan ukuran badan agar menjadi langsing kembali jika efek dari obat asma yg setelah dikonsumsi bertahun-tahun tersebut efeknya sudah terlihat yaitu badan menjadi gemuk, moon face, perut & badan membengkak..krn walau pun saya sudah mengurangi porsi makan & menghindari makanan yg berlemak tapi saya merasa kesulitan untuk merampingkan/ mengembalikan ukuran badan saya kembali seperti sebelum mengkonsumsi obat”an asma tsb..adakah kiat” yg mudah unt saya terapkan agar bisa ramping kembali? Mohon jawaban & saran yg terbaik🙂
Terima kasih..

Jawab:
Karena efeknya adalah karena obat, tentu cara mengatasinya adalah dengan menghentikan obatnya atau mengurangi dosisnya. Tapi ini mungkin akan berisiko thd kekambuhan asmanya. Saya tidak tau apakah yang digunakan bentuk obat minum atau inhalasi. Setahu saya, sediaan inhalasi relatif lebih sedikit efek sampingnya. Jika bpk masih menggunakan steroid oral utk asma, saya sarankan pengalihan ke bentuk hirup/inhalasi. Silakan bpk konsultasikan ke dokter utk pengalihan bentuk sediaan ini.

31 07 2012
rhere

blog na bagus bgt buat yg awam ky sya jd lbh ngerti.sya mw tanya sya punya penyakit lupus dr taon 2010 dan sma dokter sya dksh obat methylprednisolone sampai sekarang sya msh mengkonsumsi obt tsb.awalnya tidak adae fek ke kulit tapi sekarang di bagian paha & payudara sya ada bercak merah sepedti dicakar” gitu..yg sya mau tanyakan apakah itu efek samping obat steroid juga?dan bagaan cranya menghilangkan bercak merah tsb??
trmksh infonya,mohon jwbnnya yg terbaik

jawab:
Dear Rhere, saya kira itu memang salah satu efek samping dari obat golongan steroid, yang disebut “striae”, berupa garis-garis merah seperti bekas cakaran. Coba kamu googling mencari gambar dengan key word “striae”, apakah mirip seperti itu. Saya tadi hanya menduga saja, karena tidak lihat langsung kondisinya. Maaf, agak sulit untuk menghilangkannya selama obatnya masih dikonsumsi. Coba konsultasikan ke dokter apakah obatnya bisa diturunkan dosisnya tapi yang tetap memberikan efek terapi, sehingga efek sampingnya bisa berkurang.

14 07 2012
dipsi

Saya menderita eksim selama 6 bln lebih. Selama itu saya minum obat dan salep dari dokter,tapi saya kurang tau kandungangannya karena kapsul dan salep racikan. Tapi orang2 disekitar saya bilang sekarang perut,muka dan badan saya ko jd membengkak. Gmn yah … saya jg tidak mau ketergantungan nobat,tapi gmn dgn eksim saya? terima kasih banyak buat infonya

jawab:
saya kuatir itu efek samping obat. Umumnya utk eksim diberi obat golongan steroid yg efek sampingnya antara lain adalah muka jadi bulat (moon face), ada tambahan seperti punuk di bahu atas, dll. Sebaiknya tdk digunakan dalam jgk waktu lama. Jika masih bisa dengan salep saja, itu lebih baik.

1 03 2012
muthia

assalamu’alaikum prof..
wah wah.. blognya inspiratif dan sangat membantu bagi mahasiswa sprt sy yg awam akan farmakologi. bahasanya mudah d pahami. makasih bnyak bu atas informasinya.
sy baca d bionya ibu menulis beberapa buku. ada gak yg recomended untk dibaca bagi pemula yg ingin belajar farmakodinamik dan farmakokinetik obat?
skali lg arigatoo untk informasinya and keep writing

salam
muthia
mahasiswa unhas

Jawab:
farmakologi molekuler kalii ya… tapi hanya farmakodinamik saja… tidak ada farmakokinetiknya

8 01 2012
tanti

bu sya bli obt inc untk menggemukn bdn,,ada efek smpingny g y?

Jawab:
Wah, saya sarankan sebaiknya tidak menggemukkan badan dengan obat kortikosteroid… gemuknya bukan gemuk yang sehat, lebih baik banyak makan saja. Lebih banyak efek sampingnya jika hanya sekedar utk menggemukkan badan.

2 12 2011
ninik andriani

Bu bagaimana efeknya jika diminum oleh ibu hamil walau tidak untuk jangka panjang?terimakasih

Jawab:
Efeknya tidak berbahaya jika digunakan dlm jangka pendek. Bahkan pada kondisi tertentu seperti serangan asma akut atau untuk mempercepat kematangan paru pada janin yang dikuatirkan lahir prematur, ibu hamil perlu mendapatkan kortikosteroid sistemik.

19 11 2011
jacklar7

thx utk infox prof…

4 04 2010
disease

Kayaknya perlu hati-hati dalam meminum obat atau jamu jangan2 mengandung zat kortikosteroid yang dapat memberikan efek negatif pada kesehatan tubuh.. Informasinya menarik.

26 03 2010
Ph!duT

saya dulu minum prednison selama hampir 2 bulan krn mengalami radang mata, dan efek sampingnya sudah mulai tampak pd wajah saya yg mengalami perubahan bentuk yaitu pipi tembem (moon face). Yg sy mau tanyakan bisa ga wajah sy kembali normal ??? krn saat ini sy sudah berhenti minum obat tstb. thanks

jawab:
mudah-mudahan bisa, mbak…. ditunggu saja

2 01 2010
Fithry Elfikry

prednison apakah juga termasuk kortikosteroid bu? bedanya dengan dexamethasone di mana? mks, prof..

Jawab:
Ya iyalah, termasuk kortikosteroid. Bedanya terletak pada kekuatan/potensinya, dan sifat mineralo/glukokortikoidnya. Misalnya, prednison kekuatannya 4 kali hidrokortison, sedangkan deksametason 30 kali hidrokortison. Prednison memiliki efek mineralokortikoid 0,3 dari hidrokortison, sedangkan deksametason relatif tidak memiliki. Ini berimplikasi pada efek sampingnya juga.

21 08 2009
zasli

thanks banget infonya…
sy khan sedang mengalami radang tenggorokan dan gejala tifus, salah satu obat yang diberikan adalah deksametason..
yang mau saya tanyakan, konsumsi dalam jangka waktu yang lama itu maksudnya berapa hari atau berapa minggu?soalnya saya baru 23 tahun tinggi 158 cm n berat 45 kg..
tolong penjelasannya..takutnya ntar kena osteoporosis lagi

Jawab;
Jangan kuatir, Zasli… jangka lama yang dimaksudkan itu sebulan atau berbulan-bulan. Terutama sering dipakai pada penyakit-penyakit radang kronis. kalau cuma seminggu-dua minggu sih nggak papa.

10 12 2008
saptyawan

trims banget atas infonya, saya kira deksametason obat untuk asam urat ternyata obat anti radang yang efek sampingnya lumayan juga. Salut buat blog nya saya harap semakin banyak informasi obat yang lainnya juga terus ditambahkan karena info obat dalam bahasa indonesia sangat sulit ditemukan.

Tinggalkan Balasan

