Parasetamol, analgetika pilihan

15 10 2008

Dalam sebuah talk show di Jogja TV (TV lokal di Jogja) yang menampilkan Fakultas Farmasi UGM di mana kebetulan aku jadi salah satu narasumbernya, ada seorang ibu bertanya melalui telepon tentang parasetamol. Beliau bertanya mengapa anaknya kalau habis minum parasetamol merk tertentu jadi biduran/gatal-gatal, tapi kalau merk yang lain tidak? Apakah itu berarti alergi parasetamol? kalau iya, penggantinya apa?

Sebelum menjawab pertanyaan ini, mungkin ada baiknya kita kenali dulu ttg parasetamol. Parasetamol itu sebenernya masih temannya aspirin (postingan yang lalu), yaitu tergolong obat penghilang nyeri (analgetik) dan penurun panas/demam (antipiretik). Mekanisme kerjanya mirip dengan aspirin, yaitu menghambat sintesis prostaglandin, suatu mediator nyeri/radang. Bedanya, parasetamol tidak memiliki efek anti penggumpalan darah. Parasetamol juga relatif aman untuk lambung karena tidak memiliki efek samping di lambung seperti halnya aspirin. Parasetamol bahkan aman untuk bayi, anak-anak dan ibu hamil, selama digunakan sesuai dengan dosisnya.

Nah, kembali ke pertanyaan ibu tadi, nampaknya anak si ibu tadi bukan alergi parasetamol, tetapi alergi terhadap bahan tambahan yang digunakan untuk membuat tablet parasetamol. Kita tahu bahwa tablet parasetamol tentu isinya bukan cuma parasetamol thok, tapi ada bahan pengisi dan tambahan lainnya utk bisa dibikin jadi sediaan tablet. Setiap produsen obat memiliki resep rahasia sendiri mengenai bahan-bahan yang ditambahkan ketika mereka membuat tablet. Anak tadi tidak alergi parasetamol, karena terbukti ketika menggunakan merk tertentu yang mengandung parasetamol dia baik-baik saja. Jadi sebaiknya ia tidak perlu ganti obat lain selain parasetamol, tapi sebaiknya menggunakan merk tertentu yang sudah dipastikan tidak memicu reaksi alerginya. Bagaimanapun, parasetamol masih merupakan analgetik pilihan untuk nyeri-nyeri ringan sampai sedang serta demam.

Tapi perlu diingat, parasetamol dosis tinggi bisa menyebabkan kerusakan liver/hati. Jadi buat mereka yang sudah punya gangguan liver sebelumnya, sebaiknya menghindari parasetamol.

Begitu saja sedikit pencerahan…. semoga bermanfaat


Aksi

Information

4 responses

13 04 2016
jayavo

Sangat bermanfaat, terima kasih

15 11 2015
liinda

Kak gimana kalo minum parasetamol 600 mg 4 tablet sekali gus. Apa efek ny

Jawab:
mungkin masih aman… tapi sudah berisiko menyebabkan toksik pada hati… yang ditandai dengan peningkatan SGPT/SGOT..

4 09 2014
andara arie

bu, kl boleh tau apa merk obat yg disebutkan ibu2 saat telpon acara tv yokya bikin gatal2 ?
anak sy usia 3thn, tiap habis demam (sy kasih tempra), 3hari kmudian timbul gatal2 seperti gigitan nyamuk di seluruh tubuh. gatalnya timbul hilang dibeberapa tempat selama 2-3 hari. apa alergi paracetamol ya? belum pernah sy coba obat merk lain, karena katanya tempra paling aman buat anak, jd sy takut coba merk lain. untungnya anak sy sangat jarang sakit, hanya bingung kl suatu saat demam mesti pakai apa ya?
terima kasih…

Jawab:
Ibu Andara, saya kira tidak tepat jika dikatakan bahwa Tempra adalah yang paling aman buat anak. Banyak merk obat-obat lain yang berisi parasetamol yang juga aman. Saya kira selama isinya parasetamol, cukup aman, kecuali jika memang ada alergi. Sebelum ibu mencoba merk lain, agak sulit memastikan apakah putra ibu alergi parasetamol atau komponen penyusun lain pada Tempra. Saya kira ibu tidak perlu terlalu kuatir untuk mencoba merk lain. Jika dengan merk lain yg ada parasetamolnya ternyata masih ada reaksi alergi, maka mungkin memang alergi parasetamol. Ibu bisa coba yang berisi ibuprofen sebagai alternatif obat turun panasnya.

18 10 2008
muraigondrong

Bu …, tolong dong buat tulisan tentang obat2 yg aman untuk hewan …, terutama untuk hewan peliharaan (pets)
hehehe kebetulans saya penghobi burung kicau ….
misalnya obat untuk mengatasi serak-nya burung kicauan kita.
Trims … saya tunggu …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: