Mengenal Aspirin…

10 10 2008

Halo pembaca,

Ada yang belum pernah sakit kepala atau nyeri haid seumur hidup? Kayaknya semua orang pasti pernah merasakan nyeri. Salah satu obat anti nyeri adalah Aspirin. Mungkin banyak yang sudah pernah dengar kata Aspirin, tapi mungkin belum semuanya tau tentang obat tsb. Aspirin adalah nama dagang dari Bayer untuk obat yang berisi acetosal atau acetylsalicylic acid. Khasiatnya adalah untuk analgesic/antipyretic (penghilang rasa sakit dan obat turun panas). Pada dosis sekitar 250-500 mg, asetosal berfungsi sebagai analgetik/antipiretik, tetapi pada dosis kecil sekitar 60-110 mg), asetosal juga berkhasiat untuk anti agregasi platelet, atau gampangnya untuk mencegah penggumpalan darah, sehingga banyak digunakan oleh pasien stroke untuk melancarkan peredaran darah. Asetosal dosis kecil terkenal dengan nama dagang Aspilet.

Perlu diingat bahwa asetosal bersifat asam (namanya juga asam asetil salisilat), jadi cukup berefek pada lambung. Buat yang punya gangguan lambung, seperti maag, sebaiknya menghindari menggunakan aspirin. Tapi sekarang mungkin sudah banyak tersedia dalam bentuk “enteric coated”, yang artinya tersalut dengan suatu senyawa yang baru akan larut setelah sampai di usus, jadi nggak bahaya di lambung. Aspirin tidak baik dikonsumsi oleh anak-anak (di bawah umur 18 tahun), terutama jika mereka sedang mendapat influensa atau chikenpox, karena Aspirin bisa menyebabkan komplikasi yang berbahaya, yaitu Reye’s Syndrom. Sebagai gantinya, gunakan parasetamol yang lebih aman.

Tentang Parasetamol? tunggu posting selanjutnya……


Aksi

Information

6 responses

6 06 2014
Suryati

sy mau tanya. kalau acetosal 500mg, tetapi untuk salut selaput. apakah aman untuk pesien penderita penyakit mag ibu? mahon penjelasannya. makasih

Jawab:
risikonya memang berkurang dalam bentuk salut selaput… tetapi saya tidak bisa menjamin aman

11 12 2010
nana

ibu Zulies….
aq mow tanya nie….
biasanya orang minum aspirin dengan minuman bersoda…
apa bnr itu mempengaruhi kerja obat?? berefek apa dalam tubuh??? kenapa itu bs terjadi???
makacihhh…..

Jawab:
Saya kok ngga melihat kebiasaan seperti itu ya…. dan tidak menyarankan minum aspirin dengan minuman bersoda. Yang jelas, minuman bersoda itu sifatnya basa lemah (mengandung Na bicarbonat), dan aspirin adalah asam lemah. Aspirin lebih larut dalam minuman bersoda daripada dalam air biasa. Jika lebih mudah larut, maka ketersediaan obat untuk diserap lebih besar. Tapi perlu diingat juga, bahwa banyak orang yg tidak tahan dengan sifat asam aspirin pada lambung. Bahkan aspirin banyak dibuat dalam sediaan salut selaput atau salut enterik supaya baru akan terurai di usus, bukan lambung. Dengan meminumnya dengan minuman bersoda, akan meningkatkan kelarutannya, mungkin juga akan meningkatkan efeknya mengiritasi lambung buat mereka yang tidak tahan.

4 12 2010
nurul

ibu Zulies yg cantik…..cara penetapan kadar asetosal dalam darah itu gmn ya??? ato mungkin ibu tahu referensi/bukunya…….??? hadohhhhhhh ni pusing cr dimana2 g ktmu.. tolong ya ibu…

jawab:
Wah, maaf deh, aku ngga banyak berkecimpung dalam dunia analisis obat…. coba searching via google saja

20 11 2010
adith

ibu Zullies..
mau tanya dikit..
apa aspirin juga bisa menyebabkan asma?????
Jawab:
saya jawab sedikit ya🙂
jawabnya iya, tepatnya dapat memicu asma…. walau tidak berarti selalu menyebabkan asma. beberapa penderita asma sensitif terhadap aspirin…

25 08 2009
diah uta

Ibu Zulies…saya mau tanya…aspilet kan mpunyai efek samping perdarahan (terutama perdarahan lambung), dan juga kerusakn hati….mekanismeny seperti apa?
dan kapan efek samping tersebut muncul?
apakah setelah kita mengkonsumsi aspilet serta merta langsung merasakan efek sampig tersebut?
trimakasih…

JAwab:
Dear mbak Diah,
Aspilet memiliki efek samping perdarahan karena menghambat sintesis prostaglandin di lambung yang butuhkan untuk perlindungan lambung, dan juga memiliki efek pencegahan pembekuan darah, sehingga meningkatkan risiko perdarahan. Sedangkan efek samping di hati sebenarnya minimal saja, yang lebih sering dilaporkan berefek di hati jika dipakai dalam dosis besar adalah parasetamol.
Efek samping itu bisa dialami secara cepat atau lambat, bisa bervariasi antar individu..
demikian, semoga bermanfaat
Salam

10 10 2008
Muraigondrong

Hi …. it’s very nice blog from the experties.
By this your blog, can u give me some information about
“Meningo Enchaphalis” … as people knows “Miningitis”
thanks for any of your information ..
be happy … be usefull…. be yourself…
see you

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: