Skoliosis ….: saat tulang punggung tak lurus persis..

27 04 2011
Dear kawan,

Apa kabar? Lebih dari sebulan aku tidak menulisi lagi blog tercinta ini….. maap deh. Dengan kondisi kehamilanku yang memasuki bulan kelima, staminaku tidak sekuat biasanya. (ceritanya bisa dibaca  di sini).  Cepat lelah dan mengantuk…. (hehe..alasan untuk tidak produktif lagi…). Rutinitas harian harus tetap berjalan, meski ritmenya tidak sekencang dulu. Jika biasanya aku bisa menggunakan waktu malam hari setelah anak-anak tidur untuk bekerja, atau sekedar menulis buku atau mengisi blog, atau sekedar mengupdate bahan kuliah, sekarang enakan tidur aja hehe…… bawaannya malesss pool!

Sebenarnya banyak request tulisan, dan seperti biasanya aku “menjanjikan” untuk menulis kalau sempat…. tapi kesempatan itu ternyata tak gampang datangnya…hehe.. Kemarin seorang mahasiswa datang menanyakan pendapatku tentang obat yang disarankan dokter untuknya yang menderita skoliosis. Ia sering merasa sedikit nyeri akibat skoliosisnya, dan dokter menyatakan bahwa mungkin ada syaraf yang “kejepit”. Dokter menyarankan penggunaan obat-obat neurotropik atau semacam vitamin untuk syaraf. Kali ini aku akan coba mengangkat tulisan tentang skoliosis, mungkin untuk sebagian kawan istilah ini masih terasa asing…. Ya, memang gangguan ini tidak banyak dijumpai…tapi ada baiknya kita mengenalnya, untuk lebih mengapresiasi penderita skoliasis dan dapat memberikan dukungan pada mereka.  Tulisan ini aku dedikasikan untuknya (keep strong, Rina…!), dan penderita skoliosis lainnya…

Apa itu skoliosis?

Skoliosis (SKO-lee-O-sis) merupakan kelainan di mana tulang punggung/tulang belakang yang mestinya lurus membentuk belokan seperti kurva. Kurvanya bisa berbentuk S atau C. Pada sebagian besar penderita, penyebabnya seringkali tidak diketahui, atau dikenal dengan istilah skoliosis idiopatik. Penderita dengan bentuk kurva yang ringan mungkin hanya perlu mengunjungi dokter mereka untuk secara berkala untuk pemeriksaan, namun yang cukup berat mungkin memerlukan tindakan-tindakan medis tertentu.

 Siapa saja yang bisa mengalami skoliosis?

Skoliosis dapat terjadi pada segala usia. Jenis yang paling umum adalah skoliosis idiopatik yang terjadi pada anak usia 10 sampai 12 dan awal remaja mereka. Ini merupakan waktu ketika anak-anak tumbuh dengan cepat. Anak perempuan lebih mungkin menderita skoliosis daripada anak laki-laki. Scoliosis juga dapat dipengaruhi oleh faktor herediter/keturunan. Seorang anak yang memiliki orangtua, saudara, atau kakak dengan scoliosis idiopatik perlu melakukan pemeriksaan berkala oleh dokter.

Bagaimana Skoliosis didiagnosis?

Dokter akan menggunakan riwayat medis pasien dan keluarga, pemeriksaan fisik, dan tes ketika memeriksa seseorang untuk skoliosis. Pemeriksaan dengan sinar X pada tulang belakang dapat membantu dokter memutuskan apakah seseorang memiliki skoliosis. Sinar x memungkinkan dokter mengukur kurva dalam ukuran derajat (seperti 25 derajat), dan melihat lokasi, bentuk, dan polanya.

Bagaimana pengatasan skoliosis?

Pengobatan untuk scoliosis didasarkan pada:

 – usia penderita

- berapa banyak lagi dia masih akan tumbuh

- tingkat dan pola kurva

- jenis skoliosis.

Dokter dapat merekomendasikan observasi, penguatan (bracing), atau pembedahan. Pada pengamatan/observasi, dokter akan memeriksa setiap 4 sampai 6 bulan untuk melihat apakah kurva/pembelokan tulang punggung semakin baik atau buruk. Observasi digunakan bagi mereka yang memiliki kurva kurang dari 25 derajat dan masih terus berkembang. Pada tindakan bracing/penguatan, dokter mungkin menyarankan untuk memakai semacam alat penjepit untuk menghentikan pembelokan kurva agar tidak semakin parah. Bracing mungkin direkomendasikan pada mereka yang : – masih dalam masa pertumbuhan dan memiliki kurva lebih dari 25 sampai 30 °.  masih dalam masa pertumbuhan dan memiliki kurva antara 20 dan 29 derajat yang semakin buruk,  memiliki minimal 2 tahun masa pertumbuhan yang tersisa dan memiliki kurva yang ada di antara 20 dan 29 derajat. Jika seorang gadis, dia yang belum mengalami masa menstruasi. Dokter akan menyarankan pembedahan untuk memperbaiki kurva atau menghentikannya dari pembelokan yang semakin buruk ketika orang itu masih tumbuh, kurva lebih dari 45 derajat, dan pembelokan tulang punggung semakin parah. Tindakan bedah sering melibatkan penyatuan bersama-sama dua atau lebih tulang di tulang belakang. Dokter juga dapat memasukkan suatu batang logam/pen atau perangkat lain ke dalam tulang belakang, untuk membantu menjaga tulang belakang agar tetap lurus setelah operasi.

Apakah olah-raga/exercise dapat membantu?

Program olah raga belum menunjukkan keberhasilannya untuk mencegah perburukan skoliosis. Namun demikian, penting bagi semua orang, termasuk mereka yang skoliosis, untuk latihan dan tetap sehat secara fisik. Olah raga seperti berjalan kaki, berlari, sepakbola, dan senam, dapat membantu menjaga tulang menjadi kuat.

Apakah ada obatnya?

Hm…bisa dikatakan skoliosis itu tidak ada obatnya. Beberapa pasien skoliasis mungkin merasa nyeri atau pegal pada posisi atau keadaan tertentu. Jika nyerinya tidak tertahan, umumnya dokter hanya menyarankan penggunaan analgesic/penghilang sakit. Tapi tentu obat ini tidak boleh digunakan terus-menerus, hanya jika perlu saja. Penggunaan vitamin syaraf seperti keluarga vitamin B (B1, B6, B12) dapat dicoba untuk meningkatkan fungsi syaraf dan dilaporkan dapat memberikan efek analgesic walaupun tidak sekuat obat analgesic konvensional, dan juga dapat memperkuat efek analgesic jika dipakai bersama obat analgesic lain.

Demikian kawan, sebagai tambahan wawasan hari ini. Buat mereka yang mengalami skoliosis, jangan berkecil hati dan patah semangat. Tulang belakang boleh bengkok, tapi hati dan jiwa harus tetap lurus, memohon yang terbaik dari sang Maha Kuat. Semoga bermanfaat.

Sumber utama : http://www.niams.nih.gov/Health_Info/Scoliosis/scoliosis_ff.asp

Aksi

Information

53 responses

20 07 2014
rinella

Mas topan,saya jg skoliosis ringan. Skrg saya terapi di chiropractic dharmawangsa. Saya tau chiropractic dr teman saya yg juga skoliosis,dan dia baru beberapa kali pertemuan sudah berkurang 5 derajat. Untuk biaya menurut saya sih mahal,tapi yang saya rasakan saat ini semua sakit (dari migrain akibat kekakuan leher,sampai sakit pinggang dan punggung atas akibat skoliosis) berangsur angsur menghilang. Tarif yang relatif mahal ini dikarenakan dokter chiropractic (dc) ini lulusan luar negeri semua karena di indonesia belum ada kuliahnya.. untuk penjelasan chiropractic bisa anada cari sendiri hehe. Semoga membantu:)

1 05 2014
cincin kawin

moga bermanfaat untuk penderita skoliosis lainnya. Cincin Kawin

17 02 2014
fyan

setahu saya untuk penggunaan brace tidak dapat mengembalikan tulang ke posisi awal betul ga ya??

10 02 2014
Topant Estilo

salam scolioser
saya topant dari semarang ,sekarang umur saya 21
saya kurang tau soal penyakit scolios, karna suda 2th ini saya merasakan nyeri dbagian tulang blakang,
saya ga ngerty apakah scoliosis ini akibat kecelakaan motor dulu atau karna faktor kerjaan saya,karna kerja saya sebagai kuli jadi angkat-angkat barang berat . setelah saya rongsenkan dilab ternyata ada tulang tengah saya melengkung cuma kata dokter dibilang ini scoliosis ringan,terapi suda saya lakukan seperti penarikan badan serta pemanasan pada punggung,cuma suda 2 bulan ini saya tdak dapat hasil apa-apa. suda pernah mlakukan terapi akupuntur ternyata enak agak membaik cuma saya anggap itu hanya penghilang rasa nyeri aja .
sekarang saya bingung mau berobat dengan cara apa, minta bantuannya info terpi atau pengobatan disemarang fb ( topant estilo)
.. terimakasih

4 02 2014
ika

Sekadar berbagi info. Sy baru didiagnosa skoliosis. dan dokter mengatakan untuk olahraga, hindari olahraga high impact, seperti lari, lompat, badminton, dll. Olahraga yang sebaiknya dilakukan adalah jalan dan berenang yang tidak membebani tulang punggung.

16 10 2013
chan

saya penderita skoliosis 38 derajat.. setiap minum kopi saya merasa sesak dan berat untuk napas.. ada hubungannya tidak?

jwab
Saya kira tdk ada hubungannya dengan skoliosis. Mungkin anda sensitif terhadap kopi.

14 07 2013
dinda

Dear dhyan,

Sharing aja, ciri2 skoliosis yg mdh dideteksi contohnya : pundak, pinggul yg tdk sama antara kiri dan kanan, salah satu tulang belikat yg lbh menonjol. Dll.

3 07 2013
Dhyan

Bagaimana mendeteksi secara dini terdiagnosany skoliosis tanpa periksa ?

Trs apakah skoliosis mempengaruhi daerah panggul juga ?

Thank you

3 06 2013
travel

hai sekedar sharing, kalau yang mengalami kelainan tulang belakang dan syaraf terjepit dan berdomisili di bandung bisa coba terapi tulang di chironesia (chiropractic indoneia) atau bisa lihat di chironesia_bandung.blogspot.com ……semoga bisa membantu…..

21 05 2013
Tegar selalu

salam kenal bu, teman saya ada juga yang terkena skoliosis, saya mau tanya tentang alat New Inversion Eletrik yang dijual di Innovation Store (iklannya sering keluar di TV) dengan sistem tarik… apakah alat tersebut bisa untuk meluruskan tulang?????? mohon balasannya bu..

17 05 2013
dinda

To mb Febby,

Setau ak sih, bisa nambah loh, dan katanya bnyk hal2 kecil yg bisa bikin itu nambah spt bawa tas selempang seringnya cuma di salah satu pundak aja..ato main bulu tangkis keseringan jg ktnya bs pengaruh loh..

Saran ak sih, coba diperiksa, skrg kn uda bnyk alternatif2 buat skoliosis, jd klo bs tanya ke bbrp tmpt yg menawarkan metode berbeda2, bandingin dulu, jgn lgsg percaya, mana yg paling make sense dan searching2 di internet mana yg uda terbukti berhasil..

Karena setau ak ya, skoliosis itu makin gede derajatnya makin mahal dan lama biayanya..dan klo bisa sih ya dicegah..

Thanks!

16 05 2013
ima

adik saya juga di vonis skoliosis, rasanya kasihan , masih umur 15th T.T

16 05 2013
ima

gimana ya cara bilangin adek yg terkena skoliosis supaya sekolah yg deket rumah aja biar bsai dipantau keluarga, duuh susah bener tetep minta sekolah berasrama –.!

15 05 2013
febby

saya menderita skoliosis belakangan ini dan kemiringan derajatnya krg lebih 35 derajat,skrg umur saya 18thn apakah mgn setiap thnnya derajat kemiringan tulang saya bisa bertambah?
tks

13 05 2013
ime

thanks mbk ratna tipsnya

9 04 2013
dinda

Ass.

Teman sy juga memiliki skoliosis, cukup besar malahan, 44 derajat. Sudah coba pakai macam2 (termasuk brace) tp belum ada hasilnya. Alhamdulillah saat searching ke internet menemukan chiropractic, dia terapi (tidak pakai brace) disana kira2 4 bulanan, setelah itu dicoba rontgen ulang ternyata hasilnya berkurang 11 derajat. Memang terapinya perlahan-lahan tapi paling tidak kami sangat bersyukur dengan hasilnya. Karena awalnya sempat hopeless, bnyk yg bilang skoliosis ini tidak bisa disembuhkan. Ta (sama seperti yang lain ini bukan promosi, tp hanya sharing :D)

15 03 2013
martha winda

trimakasih atas ada nya blog ini,,,
karna sangat membantu ttg info2 ttg scoliosis tsb
aku martha 24 thun jg penderita scoliosis,,
^_^

20 02 2013
wahida almuchsen

saya trmasuk pndrita skoliosis,,skrg msh menjalani pngobtan dgn cra pijat,,berbhayakah??

20 02 2013
wahida almuchsen

trima ksh atas saran.a..sya jg pndrita skoliosis,,saya minder,patah semangat,,tp stlah bka situs ini trnyta bnyk yg sama dgn pnykitku:-) smangat!!

11 02 2013
Mike

Salam

Para penderita scoliosis, untuk mengkoreksi keadaan scoliosis bisa dilakukan tanpa operasi, yaitu dengan quantum touch (vibrasi hati) ,Saya Mike adalah seorang trainer Quantum Words dn sy seorang healer dr http://www.praktisiquantumindigo.co.nr .Saya certified quantum touch I dn II, certified bone healing, certified spatial emotion, certified hypnoterapist, certified train the trainer NLP, certified NNLP, certified supercharging vibration, saya sudah beberapa kali menangani pasien scoliosis. Yg saat ini terakhir sy tangani adalah seorang pasien scoliosis thoracral kombinasi dg derajat 30. Subhanallah 3x terapi @30 mnt sdh improve luar biasa. Dokumentasi improvement pasien sy keep pribadi. Jk anda ingin melihat buktinya bs add di pin bb sy 2A0069F3

Regards

Mike

3 02 2013
novi

q pnya pnyakt ini
tpy aku gtw ini skoliosis ap
tpi ktae dokter skoliosis aku akn menyebab kn kematian

16 01 2013
Anindia Safitri

wah makasi ya, semua! dulu saya down banget waktu tau menderita skoliosis. atau lebih tepatnya gak terima. tapi, alhamdulillah lama-kelamaan bisa nerima juga, meski beberapa aktivitas harus saya tinggalkan ^^
keep fighting bagi skolioser yang lain yaah!! jangan patah semangat. fisik boleh beda, tapi pikiran harus maju ke depaan!!

11 09 2012
kurnia adhe lyani

saya nia penderita skoliosis sejak SMP dan skrg sya kuliah smt 3 .
semakin harinya saya mrasakan bhwa tulang sya smkin mring , pundak sya jg tinggi sblah ,
mungkin kalau dr jenis nya saya termasuk scholiosis thoracic

2 09 2012
x0x0

assalamualaikum smuanya.. saya penderita scoliosis sejak kecil, akibat jatuh. saat ini saya berusia 24 tahun. berbagai macam metode penyembuhan telah saya jalani, tapi masing hanya mengurangi sedikit demi sedikit, sedangkan biaya yg dikeluarkan sudah sangat banyak, sampai akhirnya saya lelah & memutuskan untuk berenti saat usia 17 tahun.

Namun, ajaibnya, Alhamdulillah, dengan kehendak Allah, saat ini justru scoliosis saya berangsur berkurang, tulang punggung saya hampir lurus dengan sendiri nya.. padahal tadinya cukup menonjol.. tentu ini dengan seizin Allah..

ini ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu:
1. bila scoliosis anda jenis Lumbar, maka pada saat tidur usahakan menghadap ke kiri dengan posisi tangan kiri menarin keatas, kaki kebelah kiri lurus dan kaki kanan ditekuk dengan posisi tubuh bagian kiri lebih condong ke depan.
Bila scoliosis anda jenis thoracic, lakukan sebaliknya.

2. senam: Scoliosis jenis lumbar: duduk dengan kedua kaki berselonjor ke depan, lalu angkat tangan sebelah kiri, tarik sekuat2nya dengan posisi tangan kanan di bawah. lalu bungkukan tubuh serendah mungkin ke arah kanan 45 derajat atau lebih, tarik tangan kiri & dorong badan ke bawah sekuat mungkin. lakukan selama n sesering mungkin.
dan sebaliknya untuk scoliosis thoracic

saya harap tips sederhana ini bisa bermanfaat. yang terpenting adalah, berdoa, yakin & terus menerus berusaha. saya percaya tidak ada yg mustahil selama Tuhan berkehendak dan pada dasarnya manusia memikili sistem kekebalan yang mampu memperbaiki diri sendiri, insyaAllah..

wass…

7 07 2012
bebel

saya penderita skoliosis dgn derajat 55. skrg saya berlatih yoga di iyengar yoga. sudah 3 bulan saya melakukan yoga dan semenjak itu badan saya menjadi lebih enakan, disana pun ada banyak penderita skoliosis dan ada yg sudah sembuh namun memang butuh wktu yg lama. (saya hanya sekedar shring :) bukan promosi )

13 06 2012
lindia halim

ibu saya dulunya tidak ada masalah dengan tulang punggung. namun bbrp thn belakangan dironsen, tulang punggungnya tdk lurus melainkan membengkok, apa ini termasuk skoliosis? dan jg mnrt dokter tulang panggul jg bergeser, sehingga ibu saya merasakan sakit mulai dr pangkal paha setiap hendak berjalan.
mohon saran dan advisnya utk kondisi ibu sy.
sbelum dan sesudahnya sy ucapkan terima kasih.

25 05 2012
rumahijaubelokiri

Imam masih 13 tahun kah? untuk penggunaan brace berbeda-beda bagi setiap orang. Karena pasti berbeda kasusnya. Ada beberapa teman yg juga masih berusia belasan dan memakai brace juga. Yang terpenting tentukan usaha terbaik supaya tidak depresi ya.

Ini beberapa tulisan saya ttg sharing pengalaman dgn skoliosis dan brace, semoga bisa bermanfaat. Salam.
-> http://rumahijaubelokiri.wordpress.com/tag/skoliosis/

22 05 2012
imam"s

saya penderita skoliosis,,,,
dan saya depresi,stress dan frustasi!!!

kalau umur 13 tahun klo pake brace,berapa lama brace itu di pakai 3 tahun????

12 05 2012
Ema Wirda

Saya juga penderita skoli, saya sudah menikah dan mempunyai 1 putra berusia 1 tahun. Saya menderita skoli sejak masih kecil, mungkin orangtua saya tidak tahu kalau saya penderita skoli karna minimnya informasi dan orang tua saya termasuk kolot. Ibu saya bilang saya begini karna waktu hamilin saya,bapak saya matahin tulang ayam sampe bengkok makanya saya jadi begini. Saya tidak tahu berapa derajat kemiringannya karna saya takut akan vonis dari dokter dan saya mengira pasti biaya untuk chek up mahal.Dulu saya mengira bahwa tidak ada yang mau menikah dengan saya karna penyakit ini, tapi alhamdulillah suami saya menerima akan kekurangan yang saya miliki ini. Benar kata neng diah, semoga penyakit ini membawa brkah,,karna jika harus memilih,,saya ga pernah mau untuk sakit seperti ini,,tapi apa dikata,,tuhan telah menunjuk kita untuk menaggung dan menjalaninya,,semoga kita semua kuat menghadapinya…amin

22 02 2012
maria

hai semua,,, saya maria, 1 bulan terakhir ini saya selalu menangis melihat kondisi pacar saya usia 26 th yang merasa sakit di daerah selangkangan sebelah kiri, tadinya g kepikiran skoliosis, tetapi setelah di MRI barulah tau kalau pacar saya penderita skoliosis, saya benar2 bingung harus bagaimana, karena secara biaya memang tidak mampu, sekarang kakinya sebelah kanan sudah lebih pendek diakibatkan tulangnya yang sudah naik, saya sangat terpukul dan sering menangis, Saya mohon saran2 apa yang harus dilakukan, Terimakasih sebelumnya

Salam hangat
Maria

14 02 2012
untung

Hi, semua salam kenal ya… skolioser tetap semangat :)

3 02 2012
Theresia

mb ummu uwais,dimn saya bisa menghubungi mb,untuk tanya masalh skoliosis ini,terepi atau akupuntur yg mb tau,dan terima kasih banyak untuk yang menulis bloq ini.Karena anak saya juga penderita,mungkin adanya bloq ini banyak yg terbantu untuk mengurangi rasa sakit yg mereka rasakn,saya yakin dgn senam, yoga atau akupuntur yg tepat pasti akan mebuah kn hasil yg baik jd mohon kepada yg tau info ini bisa mebuat cd gambar atau bloq yg dapat dilakukan semua yg menderita dan yg idak punya biaya mungkin klu senam gx pake biaya kan?tp senam juga harus yg benar untuk penerita,sekali lagi mohan info yg jelas,kasihan mereka yg menderita mungkin bila ada info yg jelas banyak penderita yg tertolong,sekali lg saya ucapkan terimakasih yg sebesar2nya,untuk bloq ini

31 01 2012
retno

semakin membuatku bersemangat, ternyata aku gak sendiri…terimakasih semuanya…

10 01 2012
nuaruto

saya dari malaysia,adik isteri saya juga scoliosis….sudah mncoba pelbagai rawatan..skrang tugas saya dan kluarga hnya tumpukan untuk membina keyakinan dirinya…doakan kami bahagia seperti kamu semua yang sangat istimewa…..Amin.

20 12 2011
siput

untuk paara skolioser dan pemerhati, boleh gabung di Facebook : Masyarakat Skoliosis Indonesia . :)
bisa share share tentang apapun :D
salam skolioser :)

26 11 2011
donna

boleh ikutan kan

26 11 2011
donna

boleh ikutan nimbrung ga

21 10 2011
rumahijaubelokiri

@widyaseptiyani hayo SEMANGAT! Saya tau itu tak mudah tp harus tetap dicoba utk semangat yah :)
utk meyakinkan org tua mungkin bs dgn menunjukkan artikel bu ika ini,bahwa ada beberapa tahapan & lbh baik dikonsultasikan lbh lanjut spy kamu bisa merasa lebih baik :)

20 10 2011
rumahijaubelokiri

@Neng Diah: “tochh dengan terapi pun belum tentu sembuh”, -> tapi sudah dicoba terapinya? :).
Akan lebih baik kalau dikonsultasikan lebih lanjut tentang masalah terapi itu.

Saya sudah lama sekali mendiamkan skoliosis ini dengan tdk periksa ke dokter, jadi pengobatannya sudah bukan pakai terapi lagi, tapi harus pakai brace. Kalo mbak masih bisa dengan terapi bukannya masih bagus dan gak harus operasi ya? [Corret Me If I'm Wrong]. Waktu awal juga sempat ingin kabur dari pakai brace hehe, tapi yang penting adl. usaha dengan sebaik-baiknya :)

Salam SEMANGAT.

19 10 2011
neng diah

share juga yaaa…

saat terlalu lama berdiri dan berjalan,,tiba2 suka nyeri…ngilu dan pegal2 di bagian tulang belakang…saya pun penderita skoli dengan derajat kelengkungan 45 derajat,,,
dulu sihh kata dokter saat di rontgen itu jenis skoli say idopatik atau turunan,,padahal ortu saya ga ada yang skoli,, tapi wallohualam,,

dokter menganjurkan untuk terapi,,tapi sampe saat ini saya belum juga ikut terapi..paling setiap pagi hanya peregangan senam biasa sajah,,tochh dengan terapi pun belum tentu sebuh,,jadi berobat sendiri ajaa,,dengan minum susu tulang dan senam biasa,,

tapi,,jika ada senam skoli untuk daerah bandung,,saya sangatt berterima kasih sekali atau ada alternatif lain selain ke dokter dan operasi untuk mngurangi derajat kelengungan skoli ini,,,plissss,,share juga ya ke saya di diahnyaryan@yahoo.com,,,

salam skoliilovers,,,

semoga penyakit ini membawa brkah,,karna jika harus memilih,,ga pernah mau untuk sakit seperti ini,,tapi apa dikata,,tuhan telah menunjuk kita untuk menaggung dan menjalaninya,,semoga kita semua kuat menghadapinya…amin

17 10 2011
rumahijaubelokiri

Komentar saya sebelumnya masuk gak ya? hehe udah panjang2 :p
Ada juga yang namanya MSI (Masyarakat Skoliosis Indonesia), tapi saya juga belum gabung sih hehe

Semoga bermanfaat :)

Jawab:
Aduuh, terimakasih banget udah dibantu jawab…. memang lagi repot dan belum sempat kutak-katik blog ini… Semoga teman-teman yg mengalami skoliosis menjadi lebih terbantu dengan sharing Anda, dan tetap semangat….

17 10 2011
rumahijaubelokiri

Ibu Ika yang punya rumah sepertinya sedang sibuk dengan kehamilannya. Semoga lancar dan sehat ya bu :). Dan semoga dengan saya ikutan sharing di sini tidak mendahului hehe.

@Dadang: Berdasarkan komunikasi dengan 2 dokter tulang secara langsung dan tidak langsung, pengobatan ataupun terapi atau operasi tidak bisa membuat tulang belakang lurus atau normal kembali (jika itu “normal” yang anda maksudkan). Tetapi mencegah kurva kelengkungan bertambah. Sehingga tujuan utamanya adalah meningkatkan kualitas hidup skolioser. [bisa juga baca di sini -> http://rahyussalim.multiply.com/journal/item/56/Empat_tujuan_operasi_Skoliosis_terungkap_dalam_Spinal_Surgery_Update_2009_di_Malang

Saya menggunakan brace baru sekitar 7-8 bulan ini, dan umur saya sudah 24 hehe.

@Regi Mirdinawati: Ya benar, kita semua istimewa :)

@luckygirl: Memang tidak mudah, dan saya tdk mau sok tahu dgn apa yang anda rasakan. Saya juga terkadang merasa runtuh. Tapi itu harus dilawan. Jangan biarkan diri terus terpuruk dan dikelilingi rasa tak percaya diri. Lakukan hal2 yg bisa membuat anda merasa senang, meski awalnya sulit, tapi pelan2 pasti bisa. :)
Atau bisa juga ketika merasa down, ingatlah orang2 yang jauh lebih sulit , seperti mereka2 yang tidak punya tangan tapi bisa melukis, tak punya kaki tapi bisa mengendarai mobil, bahkan mendaki gunung, dan sebagainya.

Hayo SEMANGAT! :)

15 10 2011
luckygirl

sy jg pndrita skoliosis..
sungguh m’buat mental sy terpuruk sekali, dtmbh lg sy m’gunakan brace sdh 3.5tahun. Rasany sungguh tdk nyaman dn tdk bs byk brgerak.
aq pgen operasi tp tdk ad biaya.
trkdng sulit u/ m’syukuri keadaan.q ini.
-need motivation-

12 10 2011
Regi Mirdinawati

karena aku istimewa :)
begitu juga dengan kalian teman-teman :)

22 09 2011
dadang

apakah bisa kembali . .dengan trapi tradisional. .sedangkan umur sudah 22. .

15 09 2011
rumahijaubelokiri

Wah nyasar ke sini hehe. Halo ibu dosen, gak kenal tapi terima kasih sdh turut menjelaskan ttg skoliosis. :)
Saya juga skoliosis dan pakai brace selama kurang lebih tujuh bln.

Hayo tetap SEMANGAT buat yang skoliosis juga :)

5 08 2011
widya septyani

saya widya tinggal di daerah ciputat umur saya 16 tahun saya mulai mrasa ada kelainan pda tulang punggung saya saats aya berusia 12 thun ..
sempat mlakukan therapy ke bbrpa ahli tulang tpi tak mmbuahkan hasil,
skrg aku mrasa sangat minder dgn tman2 aku yg bertubuh smpurna,
sbnarnya org tua ku mampu untuk mmberikan pngibatan hnya saja mreka mngira aku baik2 saja ,
pdhal sakiy yg ku rasa tidak lah sdikit ,
kalou aku bilang tulang punggung ku sakit mreka hnya berkata”kya nenek2 sakit pnggang mulu”

aku mnjadi milih2 saat mmbeli pakaian untuk mnutupi ini

kasih saran yak/

23 07 2011
nurul

saya umur 16 thn dan terkena skoliosis jga, sempat minder sama teman” yg memiliki strukutur tulang yg bagus. tapi saya harus ttp smngat

18 07 2011
help

Terimakasih atas infonya
Baru2 ini saya sering mendapat gangguan asam lambung tinggi dan sudah ke beberapa dokter internist dan specialist tidak membaik. Tambah lagi ada rasa sakit di punggung. Belum lama ini saya foto thorax ternyata saya Scoliosis ringan. Apakah scoliosis ringan tersebut menyebabkan asam lambung saya tinggi. Kalau penyebabnya scoliosis ringan bagaimana cara pengobatannya. Mohon bantuannya karena saya sudah mengalami hal tersebut selama 5 bulan. Terimakasih

Jawab:
Saya kira tidak ada hubungan langsung antara scoliosis dengan gangguan asam lambung. Untuk scoliosis sendiri tdk ada obatnya, spt yg ditulis pada artikel saya. Gangguan lambung bisa disebabkan juga oleh kecemasan atau stress, apakah anda mengalami demikian? sebaiknya untuk gangguan lambungnya diperiksakan lagi lebih detail, karena bisa juga ada bakteri khusus yg bisa menyebabkan gangguan lambung dan itu memerlukan antibiotik.

13 06 2011
Ade Fr

Tak ada penyakit yang tak ada obatnya. Demikian juga dengan penyakit skoliosis. Suatu saat nanti pasti ada obatnya. Bagi yang belum terkena penyakit ini harap selalu berusaha untuk mencegahnya dengan duduk dalam posisi yang benar.

25 05 2011
Rina Wahyuningsih

Makasih banyak Bu sudah menyempatkan waktu untuk nulis request dr saya, hehee.. terharu jadinya :’)
Tulang belakang boleh saja bengkok, tapi itu tidak akan membengkokkan tujuan saya untuk meraih cita-cita. Lewat skoliosis, saya kenal dengan orang-orang hebat yang belum pernah saya temui sebelumnya. Lewat skoliosis, saya mendapat banyak inspirasi dari orang-orang di sekitar saya. Lewat skoliosis, saya punya mimpi baru yang lebih tinggi lagi, dan berharap tetap mampu menjaga semangat dalam usaha dan doa saya ^_^

Skoliosis mungkin bukan sesuatu yang sangat membahayakan. Tapi skoliosis berkembang dengan progresivitas yang berbeda pada tiap individu. Meski progresivitasnya bisa dihambat, tapi tidak bisa dipungkiri juga bahwa sampai saat ini belum ada cara penyembuhan yang tepat bagi kelainan ini. Pembedahan pun dilakukan hanya untuk meningkatkan kualitas hidup penderita, menghentikan progresivitas kurva, mengembalikan keseimbangan, serta melakukan koreksi yang aman. Pada beberapa kondisi skoliosis disebabkan oleh berbagai penyakit yang mendasari sehingga menimbulkan komplikasi yang menyulitkan proses penanganan.

Tidak sulit menemukan seorang penderita skoliosis di sekitar kita, Bu. Yang kita sebut jarang mungkin karena penderita tertutup dengan kondisi yang ada. Tapi saya yakin penderitanya cukup banyak. Meski tidak terlalu membahayakan, saya tidak ingin ada banyak orang yang menderita kelainan ini. Meski juga bukan hal yang mudah untuk mencegah timbulnya kelainan ini, tapi setidaknya ada usaha yang dapat dilakukan untuk menahan progresivitas kurvanya. Semoga cabang MSI (Masyarakat Skoliosis Indonesia) yang dibentuk di wilayah Jogja dapat bermanfaat bagi penderita skoliosis lainnya. Amin :) *oke, kalo yang terakhir ini saya numpang promosi ya Bu, hehee..

30 04 2011
samponoenda

trim’s atas tulisannya
semoga kehamilannya baik dan lancar
salam

28 04 2011
ummu uwais

ada banyak penderita skoliosis dilingkungan saya ibu. salah satu metode yang digunakan untuk menanggulangi semakin parahnya derajat kemiringan bisa melakukan exercise yang dilakukan bersama dengan fisioterapis khusus. untuk djogja sendiri bisa dirujuk ke Rs Dr.sardjito bagian rehabilitasi medik, bisa juga dengan yoga untuk tulang belakang yang ada di hotel puri artha, bisa juga dengan terapi berenang, untuk penggunaan metode akupunktur masih dalam tahap observasi saya. karena banyak juga pasien dengan pengapuran tulang leher maupun kasus skoliosis pada anak dan remaja yang telah sembuh dengan akupunktur. (maaf saya tidak hendak ber promosi, saya hanya ingin sharing saja).
terima kasih, smoga bermanfaat untuk penderita skoliosis lainnya. tetap semangat kawan banyak yang telah sembuh dari sakit ini jangan berkecil hati.

Jawab:
terimakasih sharingnya, Mbak..

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 418 pengikut lainnya.

