Mengenal Kojic Acid: Sang Pencerah (kulit)…

1 03 2011

Dear kawan,

Kojic acid

Di sebuah tempat perawatan kecantikan kulit, aku pernah menanyakan bahan aktif apa yang digunakan dalam whitening cream produknya…. Aku mendapat informasi bahwa bahan aktifnya adalah kojic acid. Kebetulan beberapa waktu yang lalu, seorang kawan me-request tulisan tentang kojic acid. Keliatan seperti mahluk asing yaa……. mungkin bahkan ada yang baru pernah dengar namanya, padahal jangan-jangan telah menggunakannya melalui produk-produk krim pemutih wajah. Baiklah, aku mencoba menuliskannya sekarang…

 Apakah kojic acid itu dan kegunaannya?

Kojic acid, atau asam kojat, memiliki nama kimia 5-hydroxy-2-hydroxymethyl-4-pyrone. Asam kojic banyak digunakan sebagai bahan pemutih pada produk-produk kosmetik dengan konsentrasi penggunaan maksimum 1%. Asam ini adalah  metabolit jamur yang biasa diproduksi oleh banyak spesies Aspergillus, Acetobacter, dan Penicillium. Awalnya ditemukan di Jepang pada tahun 1990-an pada proses fermentasi beras, misalnya pada pembuatan sake. Asam ini memiliki banyak kegunaan, tidak hanya sebagai bahan dalam produk kecantikan, tetapi juga digunakan dalam masakan Jepang.

 Bagaimana ia bisa menjadi agen pemutih kulit?

Asam kojic ternyata memiliki efek sebagai inhibitor kompetitif dan reversible pada oksidase polifenol baik pada tanaman maupun hewan, yaitu menghambat tirosinase, yang mengkatalisis perubahan tirosin menjadi melanin. Asam kojic menghambat melanosis dengan cara mengganggu  pengambilan oksigen yang diperlukan untuk proses “pencoklatan’ (browning) secara enzimatik. Metode spektrofotometri dan kromatografi menunjukkan bahwa asam kojic  mampu mengurangi o-kuinon menjadi diphenols untuk mencegah terbentuknya hasil akhir yaitu pigmen melanin.  Karena itulah ia banyak digunakan sebagai agen pencerah kulit dalam preparat kosmetik dan dermatologis lainnya.  

Kegunaan lain?

Asam kojic juga memiliki sifat insektisida karena efek penghambatan pada tirosinase  serta kemampuannya untuk berinteraksi dengan o-kuinon dari katekolamin, sehingga mencegah proses sclerotization. Karena sifat penghambatannya pada berbagai oksidase, asam kojic juga telah digunakan secara komersial selama bertahun-tahun di Jepang sebagai bahan tambahan makanan, misalnya sayuran segar, kepiting, dan udang, untuk mempertahankan kesegaran mereka (antioksidan) dan menghambat perubahan warna. Selain itu, asam kojic juga digunakan sebagai  pengawet, sebagai antioksidan untuk lemak dan minyak, dan agen pengatur pertumbuhan tanaman untuk meningkatkan produksi, mempercepat pematangan, dan meningkatkan rasa manis. Asam kojic juga memiliki sifat antimikroba lemah dan aktif terhadap beberapa strain bakteri umum pada pengenceran dari 1:1.000 sampai1:2.000.

Apakah aman?

Sebagai agen pemutih kulit, asam kojic tidak bersifat karsinogenik. Namun demikian beberapa orang yang kulitnya sensitif dilaporkan mengalami semacam dermatitis kontak, sejenis alergi kulit  yang ditandai dengan  gatal  kemerahan, iritasi. Untuk itu, kadang dalam krim yang mengandung asam kojic, dapat juga ditambahkan bahan lain sebagai anti alergi yaitu kortikosteroid topikal. Asam kojic ini menjadi semakin popular dan meningkat penggunaannya karena memiliki keamanan lebih baik dari pendahulunya yaitu hidroquinon. Bagi mereka yang sensitif terhadap asam kojic tentu perlu mempertimbangkan penggunaannya.

Bagaimana penggunaannya?

Produk asam kojic paling sering digunakan untuk penggunaan topical (kulit), dalam bentuk lotion, krim, atau serum.  Dosis yang dianjurkan relatif kecil, dengan konsentrasi maksimum sebesar 1%. Namun untuk mengurangi kemungkinan efek samping, produk kosmetik pencerah kulit dapat menggunakan konsentrasi sekitar  0,2%. Selain krim, kojic acid juga dapat dijumpai dalam bentuk sabun, bahkan sediaan injeksi.  Tentu saja, kita juga harus mempertimbangkan bagaimana senyawa ini akan bereaksi dengan tubuh. Mereka yang mengalami kepekaan mungkin perlu untuk menggunakannya lebih jarang dan mengevaluasi kembali penggunaannya.

Demikian sekilas info. Semoga bermanfaat.

About these ads

Aksi

Information

31 responses

1 05 2014
cincin kawin

hidup sehat Cincin Kawin

6 04 2014
tanpa nama

kak apakah ini aman utk usia 18th? terima kasih

Jawab;
Aman

18 02 2014
ishii ayu

Sy mail lgs ke pabrik kyowa hakko kirin co.ltd yg tertulis di kemasan kojic acid 2000 japan ,&kyowa hakko kirin co.ltd menegaskan bahwa perusahaan itu sama sekali tdk memproduksi product yg bernama kojic acid 2000 japan

4 11 2013
alia

kalau mw beli sabun dan lotion kojic didaerah surabaya itu dijalan apa dan harganx sekitar berapa…

19 10 2013
rheinaya

aku injeksi kojic acid baik2 aja, banyakin aja air putih 2 liter sehari, kulit makin cerah.

7 10 2013
fitri

Malam bu Zullies, salam kenal nama saya fitri. Saya sedang ragu untuk menentukan pilihan untuk mencerahkan warna kulit seluruh tubuh saya. Menurut ibu lebih baik injek whitening atau injek kojik? Alasannya apa? Tolong jawabannya, sebelumnya terima kasih banyak.

Jawab:
whiteningnya apa? Kojic acid juga whitening

22 09 2013
ernhy

kalo aku sekarang pake sabun kojic,, aman kokk… kulit trasa lembut….

4 09 2013
RORISA

AMAN GA KALAU DIGUNAKAN UNTUK ANAK UMUR 11 TAHUN

jawab:
sebaiknya tdk untuk anak-anak

12 06 2013
lia

apakah menggunakan lotion atau sabun kojic menyebabkan ktergantungan?

Jawab:
Setahu saya enggaklah…

1 04 2013
Farah

Q khan dah pake, trus kulitku ngelupas. Mending kalo rata ngelupas e, ini gak rata gmana cra supya kulit e warnae blik lg. Mhon solusi:-(

1 04 2013
Farah

Q dah coba, niatnya hlangkan dakh malah alergi di sertai gatal plus panas.pokoknya kapok:-S

18 12 2012
Ramadania Santie

waahh ibu Prof. ZuLLies menarik sekali smua artikel yg di tuliskan… ibu cucok bgt deeh jd bintang ikLan MeLanox Es…hehehe mana pinter mana cantik… proud of U mom… seneng bgt bisa ngerasain kuliah di bimbing ibu waktu mata kuliah farmakoterapi di Profesi apoteker UII…

19 10 2012
aquajah

serem kalo ngedenger cara pemakaiannya di suntik???
apa banar2 aman???

13 08 2012
Chinta

Ada pd produk2 kosmetik sprti apa yg memiliki kandungan koji yg aman buat kulit?

21 06 2012
vira

buat yg mau tahu produk kojic…bs kirim e-mail ke sanikavira@gmail.com

thanks

25 05 2012
rezki

bunda,, mohon info di mana mendapatkan kojjic soalnya takut palsu…,, trus pemakaian ini apa menjadi ketergantungan?? kalo tdk pakai apa kulit bisa menghitam kembali??
dan bagaimana cara pemakainaya??
makasih bunda….

4 01 2012
willy

Mbak thanks ya info ttg kojic acid nya bermamfaat banget

27 12 2011
firmansyah

apa ada jaminan untuk kesehatan/ garansi keselamatan bagi kesehatan……? siapa yg bertanggung jawab………..?

27 12 2011
firmansyah

aqw scie pngin beli tpie ghag tau cra pemakaian nya………….!

25 10 2011
gerhanacoklat

salam kenal ibu terima kasih atas sharing infonya sangat bermanfaat :)

14 10 2011
imma hizriyani

bagaimana membedakan yg asli dan yg palsu?

Jawab:
waduh, kalau orang awam mungkin agak sulit ya… perlu dilakukan analisis kimiawi utk memastikannya

21 09 2011
nurhabibahmuchtar

thanks infonya,,,sangat bermanfaat sekali. sy senang skali bisa baca isi blog ibu. jazakallahu khairan katsiiron. smoga menjadi ladang amal buat bekal di yaumul akhir nanti. amiin

12 09 2011
Echi

Bisa minta penjelasan product apa aja kojic nya??

8 08 2011
ristanti

bwt bumil bener2 aman kn ?api jwbn nya jgn pake insya allah dunkkkk,,,
he.e….e.

Jawab:
Saya ngga bisa memberi kepastian, mbak…makanya pake Insya Allah. tapi kalau dipakai secara lokal, logikanya aman saja, karena tidak beredar ke seluruh tubuh, apalagi mempengaruhi janin..

31 05 2011
Dessy Anggraini

bisa juga ngak pemutih ketiak Mbak? dosisnya brapa utk ketiak ?
terima kasih, kutunggu jawabnya.

Jawab:
Mungkin juga bisa,… coba dulu dosis yang sama dengan bagian lainnya.

21 05 2011
Via

aku denger sekarang ada pemutih kulit dengan cara injeksi di vena namanya kojjic…aman ga yah,trus kandungannya gimana yah ?

jawab:
kandungannya ya asam kojic itu. Tentang keamanannya, tergantung kondisi orangnya juga. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum menapatkan injeksi tersebut.

28 03 2011
sheren

aman kah buat bumil?

Jawab:
kalau dipakai di kulit saja, Insya Allah aman saja..

4 03 2011
Wisanggeni

Kulit kcoklatan kan bgus…exsotik ^_^

1 03 2011
menone

waaahhhh klo menone kulit apa adanya wes hehehehehehehehe…………..

1 03 2011
julianusginting

mmhh..bagus jg neh…

1 03 2011
bareetz

Brarti biar lebih aman lg, mending apa adanya aja.. Dr pd kna alergi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 427 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: