Rhinitis alergi

2 12 2010

Dear kawan,

Paparan alergen dapat memicu rhinitis alergi

Pernah ngga kalian bersin-bersin dengan hidung meler ketika menghirup sesuatu misalnya debu, serbuk sari, atau bulu binatang? Kemudian mungkin hidung dan mata terasa gatal? Hidung buntet? Mata berair? Kalau iya, mungkin Anda menderita rhinitis alergi. Apa itu rhinitis alergi? Tulisan di bawah ini membahas tentang rhinitis alergi.

Apa itu rhinitis alergi?

Rhinitis berasal dari kata “rhino” yang artinya hidung, dan “itis” yang artinya peradangan. Jadi rhinitis adalah gangguan peradangan pada selaput mukosa/lendir hidung. Sedangkan alergi adalah penyebabnya. Jadi rhinitis alergi adalah peradangan selaput lendir hidung karena alergi. Istilah lainnya dalam bahasa Inggris adalah “hay fever”. Apa ada rhinitis yang bukan karena alergi? Ya, ada. Rhinitis bisa juga disebabkan karena hipersensitivitas saraf-saraf di sekitar hidung, misalnya terhadap perubahan cuaca, perubahan kelembaban udara, dll. Rhinitis jenis ini disebut rhinitis vasomotor. Rhinitis jenis ini tidak mempan diobati dengan obat anti alergi.

Apa yang terjadi pada rhinitis alergi?

Rhinitis alergi diawali dengan proses alergi, di mana ketika seseorang secara tidak sengaja menghirup suatu alergen (misalnya serbuk sari bunga, debu, jamur, bulu, dll), maka tubuh akan berespon menghasilkan senyawa kimia yang disebut histamin dari sel mast. Histamin akan beraksi pada reseptornya yang berada di saluran nafas (hidung) dan sekitarnya, menyebabkan gejala-gejala seperti tersebut di atas.

Apakah rhinitis alergi bersifat menurun? Hm…. sifat alergi sendiri bersifat menurun. Tetapi jenis alergi yang diturunkan bisa bervariasi. Seorang dengan rhinitis alergi mungkin akan memiliki anak dengan alergi kulit (eksim), atau asma, atau alergi yang lain.

Bagaimana mengetahui apakah kita alergi atau tidak?

Seorang dengan riwayat alergi mungkin bisa mengidentifikasi kapan atau pada kondisi apa ia mengalami reaksi alergi. Umumnya ketika diperiksakan ke dokter, dokter akan menanyakan apakah ada riwayat alergi keluarga, macam alergi yang dialami, dan macam alergen yang diketahui. Selain itu, untuk memastikan apakah seseorang benar menderita alergi, akan disarankan pemeriksaan dengan skin test. Skin test adalah suatu uji dengan menyuntikkan di bawah kulit atau menggoreskan beberapa jenis alergen pada kulit. Biasanya dilakukan pada kulit lengan bawah atau punggung (untuk anak-anak). Kemudian diperiksa apakah pasien memberikan respon positif terhadap alergen tertentu. Dari test itu, sekaligus bisa dipastikan macam alergen yang sensitif bagi pasien. Jika dokter menentukan bahwa Anda tidak dapat menjalani tes kulit, tes darah tertentu juga dapat membantu diagnosis. Tes ini mengukur tingkat zat tertentu yang terkait dengan alergi, yang disebut imunoglobulin E (IgE). Hitung darah lengkap (Complete Blood Count), khususnya jumlah eosinofil, juga dapat membantu mengungkapkan ada-tidaknya alergi.

Apa pengobatannya?

Pengobatan terbaik adalah untuk menghindari alergen. Mungkin tidak bisa untuk sepenuhnya menghindari semua alergen yang memicu, tapi setidaknya kita dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi paparan alergen. Selain menghindari alergen, ada berbagai obat tersedia untuk mengobati rhinitis alergi. Obat mana yang diresepkan dokter tergantung pada jenis dan beratnya gejala, usia, dan apakah ada kondisi medis lain (seperti asma). Obat-obat untuk rhinitis alergi antara lain adalah:

Antihistamin

Antihistamin bekerja dengan baik untuk mengobati gejala alergi, terutama bila gejala tidak sering terjadi atau tidak berlangsung lama. Antihistamin terdapat dalam berbagai jenis dan merk, dan dapat digolongkan menjadi antihistamin generasi pertama dan kedua. Antihistamin generasi pertama contohnya CTM, prometazin, difenhidramin, mepiramin, yang bersifat sedatif (menyebabkan kantuk). Obat-obat ini bisa dibeli tanpa resep, dan dapat digunakan untuk gejala ringan sampai sedang. Pemberian obat golongan ini perlu dipertimbangkan jika pasien harus berada dalam keadaan waspada/terjaga, misalnya anak-anak yang harus belajar di sekolah, atau orang yang bekerja sebagai sopir atau menjalankan mesin, karena obat-obat ini bisa mengganggu pekerjaannya dengan sifatnya yang membuat kantuk. Antihistamin yang lebih baru, yang digolongkan generasi kedua, relatif tidak menyebabkan kantuk, atau sedikit menyebabkan kantuk. Beberapa ada yang bisa dibeli bebas, sebagian ada yang harus dibeli dengan resep dokter. Contoh obat-obat golongan ini antara lain fexofenadine, terfenadin, setirizin, loratadin, desloratadin, dll, dengan berbagai nama paten. Ada pula antihistamin dalam bentuk semprot hidung, yang berisi azelastin.

Kortikosteroid

Untuk rhinitis alergi yang berat, kadang diperlukan lebih dari antihistamin, yaitu obat golongan kortikosteroid. Kortikosteroid dalam bentuk semprotan hidung merupakan pengobatan yang paling efektif untuk rhinitis alergi. Obat ini digunakan dalam jangka panjang untuk mencegah kekambuhan, tetapi juga dapat digunakan untuk jangka waktu yang lebih singkat. Banyak merek yang tersedia, dan cukup aman untuk anak-anak dan orang dewasa.

Dekongestan

Dekongestan adalah golongan obat untuk mengatasi gejala-gejala seperti hidung tersumbat. Obat ini terdapat dalam bentuk semprotan hidung, misalnya adalah nafazolin, tetrahidrozolin, oksimetazolin, dll, tetapi sebaiknya tidak digunakan lebih dari 3 hari. Hati-hati dengan semprotan hidung yang mengandung pengawet benzalkonium klorida, karena dapat memperburuk gejala. Dekongestan oral yang bersifat sistemik juga bisa digunakan, seperti fenilefrin, pseudoefedrin, atau fenilpropanolamin.

Imunoterapi

Jika obat-obat tadi sifatnya hanya mengurangi gejala (tidak bisa menghilangkan sama sekali sifat alerginya), maka imunoterapi adalah pengobatan yang bersifat menghilangkan sifat sensitivitas tubuh terhadap alergen. Caranya, tubuh disuntik dengan larutan alergen secara teratur dengan dosis yang makin meningkat, sampai tubuh bisa beradaptasi terhadap alergen dan tidak lagi memberikan respon alergi. Namun terapi semacam ini membutuhkan komitmen yang tinggi, karena memerlukan waktu yang panjang, ketekunan menjalani terapi, dan biaya yang cukup besar.

Gitu dulu ya, kawan…. sekedar pencerahan tentang rhinitis alergi.

About these ads

Aksi

Information

77 responses

17 08 2014
otohod

Indonesia terutama Jakarta sudah terlalu kotor polusi udaranya makanya kian hari semakin banyak manusia yg bersin2 akibat alergi debunya, riskan saja. ini akibat ulah kita sendiri.

24 07 2014
ati

Ass. Bu, anak sy umur 7 bln, dr kmrn dia biduran + pilek n ” ngrok2″. Sblmny, mmg sy ksh minum susu formula dan br sekaliny itu. Sy bermaksud memberikn susu + an krn sprtiny asi sy sdh mulai berkurang. Ap dia alergi susu ya? Disalah 1 apotik sy disarankan utk mengolesi biduranny dg caladine lotion, mungkin itu fungsiny hny mengurangi gatal ya, krn biduranny msh sj timbul. Kira2 obat ap ya bu, yg tepat utk sy berikan ke anak sy? Klo misalny hrs kedokter, sy hrs ke spe. Alergi/ kulit/ cukup ke dokter anak sj? Dl, setelah melahirkan dia, sy jg sempat biduran, bersin terkadang hidung mampet. Begitu sy minum dextamin, biduranny hilang, tp utk bersin dan hdg tersumbatny, msh sy alami smp skrg. Trm ksh.

Jawab:
Dear Bu Ati, alergi itu bersifat menurun. Jadi ada kemungkinan putra ibu menuruni sifat alergi ibunya. Bisa jadi dia alergi terhadap susu formula atau komponen dari susu formulanya. Coba ibu periksakan ke dokter anak, syukur spesialis alergi. Di Yogya ada dokter anak yang ahli alergi. Bisa coba diberikan celestamin, dengan dosis anak-anak sesuai aturan.

27 06 2014
ditta

ASslmlkm bu,
Saya mnderita gejala2 rhinitis alergi,mggu lalu sya melakukan skin tes,lalu sy diberi obat semprot.yg ingin saya tanyakan:
1.Seakurat apa hsil pembacaan skin test?krena dkter yg melakukn skin test pada sya kurang ramah,hal2 yg sya tnyakan dsuruh googling/baca buku,pdhl sy dtang untk konsultasi.ketika skin test pada titik2 yg dsuntik bengkak,diukur diameterny,tp saya merasa pembacaannya brsifat subyektif,krena ada bengkak yg lebih besar tidak diberi tanda+tdk diukur.
2.Sy dberi obat semprot avamys nassal spray,dengan dosis 2semprot msing2 lubang hidung stiap pagi.stelah mmbaca tulisan dkter,hindari obat berbahan Benzalkonium chloride,bgmana pendpat dokter?amankah sya mnggunakan obat trsebut?apa bahaya ny sy menggunkan obat trsebut?apkah sy hrs mghentikannya?
Terimakasih

Jawab:
Dear Ditta,
skin test sendiri cukup akurat jika yang melakukannya teliti. Nampaknya masalah Anda pada pelaksana skin test-nya (dokternya) yg kurang ramah, kurang akurat, dan tidak memberi penjelasan secukupnya. Bagamana hasilnya? apakah anda juga alergi/sensitif terhadap Benzalkonium chlorida? Anda baca tulisan dokternya di mana? Maaf, saya kurang paham dengan pertanyaan Anda yg kedua. Benzalkonium Chlorida adalah sejenis pengawet yg sering digunakan dalam sediaan obat. Jika anda alergi thd bahan tersebut, sampaikan pada dokter untuk meresepkan obat lain yg tdk mengandung bahan tersebut (jika ada). Tapi pada prinsipnya, obat yg Anda gunakan (steroid) memang ditujukan sebagai anti alergi/anti radang yang diharapkan dapat mengurangi reaksi alerginya.

31 03 2014
nick lee

Selamat sore ibu.Mohon infonya apakah penelitian obat herbal ini hanya untuk rhinitis saja?
Saya menderita rhinosinusitis dan diberikan Nasacort nasal spray.
Namun nasal spray tersebut memicu palpitasi sehingga saya jarang sekali memakainya.
Apakah gejala sinusitis spt kepala berat, kaku tengkung dll hanya terjadi pada saat terserang pilek atau tetap terjadi meskipun tidak sedang pilek? Kalau gejala sinusitis itu tetap terjadi ketika tidak terserang pilek apakah ada kemungkinan gejala penyakit lain? Untuk informasinya saya ucapkan terima kasih

Jawab:
sinusitis bisa terjadi karena infeksi virus atau bakteri. Semestinya jika penyebabnya sudah hilang, sinusitis akan sembuh. Tapi jika disebabkan oleh alergi atau masalah anatomi struktur hidung, memang sifatnya kambuhan. Biasanya gejala akan muncul jika terjadi kekambuhan/pilek. Jika sedang tidak kambuh ada gejala tersebut, mungkin ada penyakit lain. Tapi sebaiknya dipastikan saja dengan pemeriksaan dokter ahlinya.

22 03 2014
Shiella Maresya P

Selamat Malam Bu. Saya Shiella. Mau tanya, saya sering sekali mengalami flu. Dalam sebulan bisa 4x terkena flu. Itu terjadi sudah 3 bulan ini. Kira kira saya terkena rhinitis alergi atau apa ya bu ? Apakah ini berbahaya ? Mohon jawabannya Bu.
Terima kasih.

jawab:
Ya, bisa jadi kamu mengalami rhinitis. Apakah terjadi pada kondisi tertentu saja? misalnya cuaca dingin atau menghirup debu? Coba kamu amati dulu kira-kira apa penyebabnya. Apakah kamu punya riwayat alergi? rhinitis tidak berbahaya, tapi memang cukup mengganggu. Coba kamu menggunakan obat yang mengandung antihistamin dan dekongestan. Jika membaik, mungkin memang ada rhinitis alergi. Tapi lebih bijak jika diperiksakan ke dokter saja.

22 02 2014
kanaya

selamat pagi bu, saya mau tanya.. kemrin saya periksa ke dokter tht dan didiagnosa rhinitis alergi kronis, lalu saya diberi resep obat antibiotik claneksi (amoxicilin 500mg+clavulanic acid) diminum 3×1 hanya diberi 10 kaplet untuk 3hari, apakah itu benar bu? krna setahu saya antibiotik biasanya diberikan plg tidak selama 5hari. selain itu saya juga diberi obat lapifed dan kapsul (ctm+gg+mp) utk terapi 5hari. mohon penjelasnnya, terimakasih..

Jawab:
dear Kanaya,
durasi pemberian antibiotik sendiri sebenarnya tergantung kondisinya. Saya tidak tau persis kondisi anda, jadi tdk bisa mengatakan apakah itu benar atau tidak. Kalau hanya rhinitis alergi saja, tanpa komplikasi alergi, sebenanrnya tidak perlu antibiotik. Untuk Lapifed sendiri sudah tepat karena berisi antihistamin dan dekongestan yang diperlukan utk mengurangi gejala alerginya. Tapi untuk kapsulnya menurut saya tdk urgen, namun sekali lagi tergantung hasil pemeriksaan oleh dokter.

28 01 2014
andiaz nizhar zulmy

Assalamualaikum, selamat pagi ibu..terimakasih banyak atas deskripsi dari rhinitis yang ibu paparkan di blog ini. Kebetulan saya orang yang mengalami rhinitis sudah 15 tahun, dan dewasa ini saya harus bertempat tinggal di bandung yang cuacanya sangat dingin. Setiap paginya saya bersin bersin hebat bu. Bahkan tidak hanya pagi hari, sekarang kambuhnya pagi dan sore setiap pergantian matahari. Keadaan ini benar-benar mengganggu kualitas hidup saya bu. Apa bila kambuh di jam-jam kerja yang penting seperti sedang presentasi atau sedang berhadapan dengan client. Saya selalu meminum obat warung untuk flu seperti n**zep atau proc*ld. Sejauh ini selalu dapat meredam rhinitis yang kambuh, tetapi yang saya tahu apabila terlalu banyak mengkonsumsi obat2an serupa dapat mengganggu kinerja ginjal. Bagaimana menurut ibu? dan setelah saya baca beberapa artikel. ada yang menyatakan bahwa alergi rhinitis tidak dapat sembuh total. hanya dapat diredam secara temporer. Mohon petunjuknya bu. terimakasih.

jawab:
Betul, Andi, alergi rhinitis umumnya tidak bisa sembuh total tetapi bisa dikontrol. Yang pertama tentu harus hindarkan pemicu, tapi kadang ini sulit karena pemicunya mungkin bermacam-macam, dan tdk selalu mudah menghindarkannya. Jika rhinitis anda termasuk yang sangat mengganggu, dan anda kuatir dengan efek samping dari pemakaian obat2 jangka panjang, mungkin bisa dipakai obat semprot hidung berisi steroid. Tapi obat ini harus dengan resep dokter, jadi sebaiknya Anda periksakan ke dokter dan konsultasikan mengenai penggunaan obat semprot hidung. Efeknya lebih kuat dan lokal, sehingga diharapkan efek sampingnya lebih kecil.

4 01 2014
Egi LuphredJz Campred

assalamualaikum buk , saya sudah 3 tahun ini sesak nafas dn selalu memakai inhaler berotec tiap hari , biasanya sesak setelah saya flu . dan batuk ..
hidung saya juga sering tersumbat buk , tp kata dokter saya tidak polip , dan itu hanya concha ..
kira” obat nya apa ya buk ? makasih buk .

jawab:
Penyebab hidung tersumbatnya sebaiknya dipastikan dulu. Jika masalahnya karena alergi rhinitis, misalnya, bisa diatasi dengan penggunaan kombinasi obat anti histamin + dekongestan. Tapi kalau ada gangguan struktur anatomis pada concha, misalnya, memang agak sulit dan tidak bisa diobati. Obat sifatnya hanya menghilangkan gejala saja, tidak mengatasi penyebabnya. Sebaiknya dikonsultasikan lagi ke dokter ahli mengenai kepastian diagnosa dan pengatasannya.

16 09 2013
melan

saya sudah beberapa thun ini pilek saya tdk smbuh2 buk apalagi klo kena debu apa itu termasuk rhinitis alergi

Jawab:
mungkin saja itu rhinitis. Tapi apakah itu rhinitis alergi atau non-alergi, sebaiknya dipastikan dengan skin test atau test alergi. dengan begitu bisa dipastikan sehingga terapi bisa lebih tepat sasaran.

20 06 2013
itojochin

sya di jogja.mau tnya biaya d skin test d sarjito brpa ya? sdh 2 bln kulit sya bntol2 gatal kya biduran.sdh mnum ctm dxmtson cntrzin loratadin klo obatnya hbs gtalnya tumbuh lgi.knpa ya?

Jawab:
Skin test di Sardjito sekitar 250-300rb-an. Coba dipastikan lagi ke dokter spesialis kulit apakah memang benar hanya alergi atau ada gangguan kulit lain yang memerlukan pengobatan kebih intensif.

3 06 2013
iskak

buk saya domisili semarang…bisa jadi subyek penelitianya… saya amat sangat terganggu dengan penyakit ini.. sudah lebih dari 7 thn saya sering kambuhan…di perparah dengan riwayat asma saya…
apakah penyakit rhinitis berkepanjangan akan emimbulkan penyakit lain yang lebih berbahaya… atau cuman hidung meler dan pilek2 seperti ini saja

Terimaksih

Jawab:
Untuk penelitiannya, belum kami lanjutkan lagi, tapi nanti kalau akan dimulai, kami bisa hubungi anda. Penyakit ini memang menjengkelkan, tapi sebenarnya tidak terlalu membahayakan atau menimbulkan penyakit lain yg berbahaya.

18 05 2013
fenny

apa sudah jd obt herbalnya?? nmya apa?? sy pnderita rhinitis alergi terhadap suhu/cuaca tertentu……hingga berefek kepala pusing yg sgt berat

Jawab:
Maaf, obatnya belum diproduksi.

19 03 2013
hilman

Saya domisili d bandung,saya bisa dibilang alergi dingin ama debu..kalo udh bersin2 mungkin bisa berkali2..klo org cmn bersin 5-7x..saya kadang lebih..malah bikin cape sendiri,pernah ilang setelah menkonsumsi rhinos sr,tpi setelah brenti mengkonsumsi malah bersin2 lgi..terus ada temen yg bilang klo itu sinusitis..perbedaan rhinitis alergi ama sinusitis apa bu?

Jawab:
rhinitis alergi adalah radang pada selaput lendir hidung yang disebabkan oleh paparan alergen, seperti debu atau bulu binatang, dll. Gejalanya bersin-bersin, hidung meler, kadang tersumbat. Sedangkan sinusitis adalah radang pada sinus, yang biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Biasanya gejalanya bukan bersin-bersin, tapi lebih berupa pilek dan ada rasa sakit pada bagian sinus (di atas hidung). Untuk memastikan apakah alergi atau tidak, ada baiknya dilakukan test kulit (skin test)

16 02 2013
Key

assalamualaikum.
baru hari kamis kemarin Saya terkena gejala hidung berlendir seperti ini mbak saat sedang berbaring di atas kasur. setelah 3 hari lendir nya hilang berubah seperti air putih selalu saja netes mbak. tapi, yang sering terkena hanya lubang hidung sebelah kiri dari pada yang kanan. apakah saya juga terkena rhinitis alergi mbak?
terimakasih.

jawab:
Untuk menyatakan anda menderita rhinitis alergi perlu pemeriksaan2 lain seperti skin test, untuk memastikan apakah anda alergi atau tidak. Rhinitis alergi sifatnya kambuhan, mbak.. kalau cuma sekali dua mengalami ini, kemungkinan bukan rhinitis alergi, mungkin hanya pilek biasa karena virus.

8 02 2013
HAMDAN

ASS. bu, z ini alergi debu,udara dingin n sering bersin-bersin, obat apa ya bu supaya tidak kambuh lagi?

jawab:
sulit kalau berharap tdk kambuh lagi, karena penyakit ini sifatnya menetap..
yg penting hindarkan pemicu alerginya. Jika tdk bisa pake anti alergi spt anti histamin. Kalau pengen pengobatan yg sifatnya menghilangkan penyebab, bisa dilakukan imunoterapi.

26 01 2013
debi alfid

apa ada obat untuk menghilangkan bau dari efek rhinitis alergi buk?? Jika ada kirim saya infonya buk,,, terima kasih sebelumnya ya buk

Jawab:
agak susah utk obat yang hanya meghilangkan bau saja. Bau itu terjadi karena hidung selalu lembab karena berair. Cara terbaik tentunya ya mengurangi cairan hidung, misalnya dengan semprot hidung yg berisi ipratropium bromida. Coba tanyakan di apotek.

24 01 2013
iwing

apakah rinitis ini sring di kenal juga dengan sebutan Rhinopathies atau bukan ya mbak???

Jawab:
rhino = hidung, pathy = penyakit. Rhinopathies itu ya penyakit hidung, mungkin tidak cuma rhinitis saja.
rhinitis = peradangan di hidung

4 01 2013
unggul

assalamualaikum
ibu salam kenal dari jogja hehe
ada kebiasaan dari sebagian masyarakat gunung kidul yang terbiasa mengkonsumsi belalang goreng. Namun sebelum di konsumsi, mereka terlebih dulu memakan kencur agar tidak alergi. Dan hasilnya tidak terjadi alergi.
yg menjadi pertanyaaan apakah yg kurkumin pada kencur yang berperan utama sbg anti alergi atau ada kombinasi dari zat lain?..
mohon pencerahannya
matur nuwun

jawab:
curcumin memang punya efek antiradang dan antialergi… jadi masyarakat sana sudah punya kearifan lokal ya.. menggunakan kencur sebagai anti alergi.

1 01 2013
baitus luckman hakim

Saya penderita Rhintis Alergi akut bu,sayang sy tinggal di Buleleng Bali.Sy kerja di bank dan otomatis terpapar alergen dr debu tungau dsb.skin test menunjukkan sy alergi debu dan bulu binatang. Saya sdh sampai ke dokter THT dimana saja sd profesor. Sy sgt tersiksa sampai2 karena sy sering mengkonsumsi obat kortikosteroid maka metabolit sy terganggu khususnya liver saya. Liver sy mengalami perlemakan dan sy sdh konsul dgn spesialis penyakit dalam dan itu akibat obat kortikosteroid yg sy konsumsi dlm jangka panjang. Skrg sy ditangani oleh 2 dokter yaitu penyakit dalam dan THT. Sy skrg hanya konsumsi nasal spray fluticasone furoate Avamys dr glaxo dan habbatussauda hobbat.mhn info apakah obat avamys tsb kortikosteroid atau tdk.jika ibu bersedia maka sy siap diberi obat yg ibu kembangkan krn sy bermasalah di liver juga.biaya kirim sy yg tanggung bu..mhn bantuannya sekali krn ini sgt menyiksa.

29 12 2012
Juhai hardiansyah

saya menderita penyakit elergi
Yang mana setiap kali fisik saya sedang tidak bagus kemudian saya terkena udara dingin maka hidung saya akan terasa gatal lalu kemudian saya bersin-bersin 5-7 kali sekali reaksi, penyakit ini sangat mengganggu saya
Pertanyaan saya adalah
Apakah masih bisa saya untuk ikut berkontribusi dalam pengembangan obat herbal yang sedang sausari lakukan ???

jawab:
Anda berdomisili di mana? karena pasien nanti perlu menjalankan pemeriksaan di Jogja

14 12 2012
gunardi aswantoro

saya bersedia jadi subyeknya

13 12 2012
debi alfid

terima kasih keteranganya buk, law bisa buka jaringan di batam dong…

18 10 2012
putra

slmt mlm..maaf ijinkan sy brtanya:
Sy mendrita gatal bntol2..jk sy brkringat disertai udra dingin dtmpt sy tnggal mm udra dngin.sy sdh kdokter dan mnum obat ttp kambuh lg..jdnya skrang sy sllu minum ctm sy tkut bntol dimata dan bibir krna kmpesnya bs sampai 1stngah hr baru bnar2 kmpes.apakah aman ctm jangka panjang? Terima ksh.

Jawab:
Efek samping CTM lebih banyak menyebabkan kantuk dan mulut kering. Mungkin ada baiknya anda menggunakan yg lebih ringan efek sedatifnya, misaknya setirizin. Obat ini cukup aman dikonsumsi jangka panjang.

25 09 2012
jovi

dok knp menggunakan obat semprot dpt menurunkan kualitas hidup contohnya spt apa ?
karna bbrp kali saya ke dokter THT, dokter selalu memberikan saya obat semprot spt, NASONEX dan FLIXIONASE

Jawab:
saya kira kok tidak ada yg menyebutkan bahwa obat semprot dapat menurunkan kualitas hidup. Pada rhinitis alergi yang kronis/menetap dan cukup berat, pilihannya memang obat semprot hidung, dan itu tdk mempengaruhi kualitas hidup, bahkan membantu mengatasi gangguan rhinitisnya.

23 09 2012
Arum

oiya mau tanya lagi bu. teman2 saya kalo di kelas sering sekali bersiul dengan suara keras dan berbarengan. saat2 itu saya merasakan ntah gendang telinga bergetar atau mendengung. saya tanya ke teman cewek yg lain katanya dia tidak merasakan dengungan itu. itu kenapa ya?

Jawab:
wah, saya ngga tau… mungkin ada ggangguan pada gendang telinga anda. Periksakan saja ke THT.

20 09 2012
Arum

saya dulu pernah ke dokter THT, katanya cuma alergi biasa lalu dikasih obat semprot. kira2 apakah ada dampak jangka panjangnya yg merugikan dok rhinitis ini?

Jawab:
kalau membahayakan sih tidak, tapi memang mengganggu dan menurunkan kualitas hidup…
Jika bisa menghindari pencetusnya, kan lebih baik. Tapi juga sdh sangat mengganggu, memang perlu diatasi dengan obat.

20 09 2012
Arum

permisi, saya ingin bertanya sedikit. saya siswa kelas 3 SMA. waktu kelas 6, tidak tahu kenapa tiba2 di sekolah saya bersin2 terus sampai 6 kali. itu bertahan sampai sekrang. kalo kedinginan, kena debu, atau bau yg menyengat saya pasti bersin. sampai2 teman sekelas saya sudah biasa jika saya bersin2 terus. setiap hari pun saya tidak pernah lepas dari tisu walaupun tidak sedang terkena flu. apakah ini yg disebut rhinitis? terimakasih

Jawab:
ya, besar kemungkinan anda mengalami rhinitis, bisa karena alergi atau non-alergi. Ada baiknya anda pastikan diagnosanya ke dokter spesialis THT.

16 08 2012
nuno

selamat pagi, salam.. sy nuno (29) sgt bagus informasinya sy simak betul, sy sebenernya sedang mencari tahu apakah sy menderita rhinitis at alergi apa? gak tahu persisnya sejak kpn sy mulai menderita bersin2 dan hidung berair ini terjadi ketika malam/pagi saat cuaca dingin atau menghirup debu. awalnya saya pikir krn sy kurang istirahat tidur / jarang olahraga. pernah sy melakukan cara bgmn supaya tidak bersin saat2 tertentu yaitu dg olahraga / isthrt cukup. namun hal ini, tidak dpt bertahan lama sy kembali bersin dan hidung berair bahkan sampai skrg saat bangun tidur pagi pasti bersin2 beberapa kali sehingga sy mnjd risih. sy mengkonsumsi obat LIBROFED 1butir sblm tidur hasilnya cukup ampuh, namun bertahan sehari jd kl malam selanjutnya gak minum obat ini pasti pagi2 bersin dan hidung berair. bagaimana jika sy terus2an mengkonsumsi obat ini tiap hari agar sy sembuh dr bersin2 dan hidung berair. pdhl sebenarnya sy paling anti mkn/minum obat kimia sy gak suka konsumsi obat2an. sy ingin tanyakan obat herbal yg dpasaran apa nama dan merk nya? tmksh byk……

jawab:
Untuk memastikan apakah Anda mengalami rhinitis alergi atau tidak, coba pastikan dengan skin test (test kulit), untuk memastikan apakah Anda menderita alergi dan macam alergen apa yang menyebabkannya. Memang rhinitis alergi bersifat kambuhan jika terkena paparan alergen. Sehingga disarankan untuk menghindari alergen jika sudah diketahui. Obat herbal di pasaran untuk alergi setahu saya belum ada. Kami sedang mengembangkan tetapi masih dalam proses, dan masih butuh waktu untuk sampai ke pasaran.

10 08 2012
Syam

Saya penderita rhinitis alergi,itu sy ketahui sewaktu pindah dari pesisir pantai ke wilayah pegunungan padahal sewaktu tinggal d pinggir pantai saya tidak pernah bersin mungkin sering berenang di laut anti histamin yah!Hehehe

27 07 2012
randu

ass wr wb …mbak nama obat herbalnya pa ya,,,apakah udah ada di pasaran?

Jawab:
Maaf, belum… ditunggu saja.

22 07 2012
yusuf alam romadhon

Siip OK banget

14 07 2012
Abro

Bu, saya mengidap rhinitis, saya sudah dari dokter (THT) mulai umur 10 tahun, tapi tidak hanya rhinitis, saya juga mengidap asma. tiap 6 bulan sekali saya pergi ke dokter untuk disuntik [(saya tidak tau itu untuk kekebalan, menyembuhkan, atau mencegah)], waktu pertama malahan 1minggu 1x dan terus bertahap sampai sekarang 6 bulan sekali. umur saya sekarang 23 tahun.
saya mau bertanya, apakah saat ‘hidung meler’ (kambuh) akan menular seperti flu ?
bagaimana kemungkinan keturunan saya kelak apakah akan mengidap rhinitis dan asma ?
bagaimana pola hidup yang harus saya jalani (mulai bangun tidur sampai tidur{dalam 1 minggu}) ?
kalo mencari pasangan harus yang seperti apa supaya meminimalisir risiko keturunan mengidap hal yang sama dengan saya ?
apakah ada kemungkinan untuk sembuh total dari rhinitis dan asma ini Bu ?

Terima kasih

jawab:
Rhinitis dan asma memang seringkali terjadi bersamaan pada seseorang, karena memang penyebabnya adalah alergi. Saya tidak tau suntik apa yg Anda peroleh, sehingga tidak bisa berkomentar. Mungkin saja itu suntuk untuk desensitisasi, utk meningkatkan kekebalan Anda terhadap alergi. bagaimana hasilnya? apakah lebih baik keadaannya? “Hidung meler’ pada rhinitis alergi tidak menular, karena bukan disebabkan oleh virus, tapi lebih karena sifat alergi Anda. Sifat alergi ini memang bisa diturunkan pada anak cucu. Sehingga usahakan Anda mendapatkan pasangan hidup yang tidak memiliki riwayat alergi, sehingga mengurangi risiko penurunan sifat alergi, walaupun masih mungkin saja menurun. Pola hidup utama adalah hindarkan alergen. Utk itu, Anda sebaiknya mengenali macam alergen yng memicu reaksi alergi Anda, karena setiap orang bisa berbeda alergennya. Untuk itu perlu dilakukan skin test. Jika sudah tau persis macam alergennya, usahakan semaksimal mungkin untuk menghindarinya. Gitu aja pola hidupnya. Apakah bisa sembuh total, wallahua’alam… umumnya sifat alergi ini dibawa seumur hidup. Tetapi jika dilakukan terapi desensitisasi, mungkin saja bisa sembuh atau berkurang.

16 06 2012
putri nurjayana muin

assalamualaikum
ada tidak penxakit Rhinitis yang penxebabnx bukan alergi karena ibu saya mungki bukan karena alergi tapi mungkin karena peradangan di saluran pernafasan
dan yang saya ingin konsulkan, ada gak obat herbal selain ekstrak daun legundi dan ekstrak rimpang temulawak karena didaerah saya tidak ada sumber yang bisa menemukan daun tersebut

jawab:
penyakit rhinitis bisa juga disebabkan karena bukan alergi, tetapi karena kepekaan syaraf2 di sekitar hidung, yang disebut rhinitis vasomotor. Untuk obat herbalnya, saya kira ada yg lain yg dapat digunakan, silakan searching saja.

29 05 2012
neni

Bagaimana hasil penelitiannya mbak? Sudah dipublikasi dimana? Apakah bisa diakses? Terimakasih.

Neni – Semarang

28 05 2012
Fauzi Zee

Mbak saya mau tanya knpa saya selalu berdahak terus menerus dah hampir 2 thn dahak saya ga habis2.klw di buang ada lg…dan saya sdh ke dokter katanya seh sy terkena alergi rhinitis..dan mohon bantuanya mbak klw ada masukan..trims

Jawab:
ya mungkin Anda memang alergi rhinitis. Yang namanya alergi, selama masih terkena paparan alergen, maka akan terjadi reaksi alergi terus, dalah hal ini adalah berdahak atau hidung berair atau bersin-bersin. Tentunya anda harus menghindarkan diri dari paparan alergen dan menggunakan obat yang sesuai.

1 05 2012
Asty Cabies Mrs'fitriadi

mbak saya alergi debu n udara dingin..jadi sering bersin2,hidung sering gatel2 n meler mbak..sering bgdh bersin mbak,,
kadang2 dmna pun sy berada bersin trus mbak..
jadi risih mbak,,klo bole tau apa obatnya biar gak bersin2 lagi mbak..

25 04 2012
sri

Saya tertarik dengan obat herbal yang sedang saudara kembangkan. Saat ini saya menderita rhinitis faringitis, yang berulang, setiap musim pancaroba badan rasanya ngga enak. Bisakah saya mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk ini. Nama dagang dan dimana bisa diperoleh? Bila produk ini memang ampuh untuk mengobati alergi, alangkah baiknya mengingat obat obat alergi selain mahal juga efek sampingnya kurang baik.

19 04 2012
zaenur

namaku zaenur ,lahir maret 79.aku sempat bingung apakah aku rhinitis alergi ato sinusitis ya soalnya aku aku menderita sakit ini sejak tahun 2004 tak ada dokter yang memberikan penjelasan apapun ttg sakitku tlg telp aku ya di hp.085276557230

8 04 2012
malik

terima kaasih in fonya.
masalah nya hidung q sering banget meler dan buntet..dan kalo boleh tau sebaik nya saya minum obat apa ya mbak….

Jawab:
perlu dipastikan dulu, apakah alergi atau bukan. Untuk itu bisa diperiksakan ke dokter. Kalau alergi, maka obatnya golongan antihistamin/anti alergi plus dekongestan (pelega hidung tersumbat). Dicoba dulu deh…

1 04 2012
mukhlis

ok mksh infoy sy siap jd relawan krn sy jg menderita rynitis dan sy tgl di jetis yogya mbk ika ni no hp sy 088216245650

27 03 2012
ranum

aku juga dari SMP udah alergi kulit,,kalo gerah,,kedinginan suka bentol” dan itu sampe skrang tapi skrang nambah setahun yg lalu aku jadi bersin” tiap hawa dingin apalagi kalo hidung kena air pasti bersin” terus…

sekarang setiap pagi,,klo kena asap atau debu,,sama lagi ngerasa dingin pasti idung mampet terus bersin” kaka.. :(

8 03 2012
Hendrata

Halo saya tertarik melihat artikel ini. Kebetulan saya sudah pilek selama 23 th. Tiap hari selalu ada lendir di hidung saya. Rasanya saya mengidap alergi terhadap debu. Sejak kecil saya sering minum obat-obatan. Awalnya kelihatan sembuh namun, setelah selesai minum obat pileknya selalu kembali. Saya sempat putus asa dan sudah tidak minum obat lagi selama 8 tahun terakhir ini.
Sekitar 1 bln yang lalu karena saya risih juga pileknya meler terus menganggu saya bekerja dan rekan kerja saya kadang merasa “jijik” juga dengan pilek saya, saya coba ke dokter dan saya diberi 3 obat:
1. Rhinos SR (Batuk pilek)
2. Baquinor Forte 500 Mg (Antibiotik)
3. Hexilon 4mg (Anti alergi)
Saat saya minum ke 3 obat tersebut saya merasa hidung saya jadi kering. Waktu itu saya diberi resep untuk 5 hari. Itu merupakan 1 minggu yang menyenangkan karena saya sudah tidak pilek. Namun, setelah lewat 1 minggu pilek itu kembali lagi. Akhirnya saya mengkonsumsi obat-obat an tersebut sampai sekitar 3 minggu. Tepat kemarin saya hentikan minum obatnya karena takut ada apa” sama ginjal dan hati saya. Kira” ada cara bagaimana saya bisa sembuh sepenuhnya gak ya? dan apa aman kalau saya mengkonsumsi 3 jenis obat itu secara terus menerus?
Terima kasih atas jawabannya.

jawab:
Rhinitis alergi itu memang bisa dibilang penyakit kronis, bahkan seumur hidup, disebabkan karena tubuh terlalu sensitif terhadap paparan alergen tertentu. Sebaiknya Anda bisa menghindarkan alergennya, tapi memang sulit krn debu ada di mana-mana. Untuk sembuh sepenuhnya, mungkin Anda bisa lakukan semacam imunoterapi, atau terapi desensitisasi, supaya tubuh anda tidak sensitif lagi. Ini bisa dilakukan oleh dokter ahlinya, misalnya dokter THT atau yg ahli alergi. Untuk anti alergi saya kira memang Anda harus mengkonsumsi terus-menerus. Tapi untuk Hexilon mungkin perlu berhati-hati untuk menggunakan dlm jangka waktu lama krn memiliki bbrp efek samping. Saya sarankan menggunakan bentuk semprot hidung/nasal spray utk mengurangi efek samping obat steroid tersebut. Utk Baquinor, karena itu antibiotik yg tujuannya membunuh kuman, sebaiknya hanya dipakai jika ada indikasi infeksi, dan itu durasi pemakaiannya juga biasanya tdk terlalu lama. Paling 7-10 hari jika infeksinya agak berat. Untuk Rhinos saya kira cukup aman dan bisa digunakan jangka panjang. Memang kalau obat dihentikan, dan masih sering terkena paparan debu atau alergen lain, rhinitisnya umumnya akan kambuh lagi…

4 03 2012
reany

aq tertarik neh sama artikernya
aq mw tny ne
aq blakangan ini sering pilek,hdung mampet n btUk gk sembuh2 udah hmpR bBrapa bln diperikasaAn ro thorax bgus
skrg aQ dksh obt sempRoT aVamYs { fluticasone furoate} apakah obat ini jg mengandung pengawet?

Jawab:
Obat itu adalah obat anti radang dan alergi, karena mungkin dokter menduga ada mengalami rhinitis alergi. Obat itu termasuk golongan steroid. Saya kira tdak mengandung pengawet.

2 02 2012
zaenur rokhim

aku tertarik tuk jadi sukarelawan pasien rhinitis alergi,tp aku ragu apa aku mengidap rhinitis alergi ato sinusitis ya sebab dah mulai mei 2004 kini belum sembuh dan diaknosa dokter ada yg bilang rhinitis ada yg bilang sinusitis,no.hpku 085276557230

jawab:
mohon maaf, penelitiannya sudah selesai, jadi sudah tidak memerlukan sukarelawan lagi. terimakasih perhatiannya, ya

1 02 2012
luluk kholisoh

saya sudah lama mengidap alergi rinitis yang muncul manakala kondisi tidak fit, sedang haid atau terlalu banyak hal yang difikirkan. saat ini saya sedang tinggal di jogja, apakah saya masih bisa menjadi sukarelawan untuk dijadikan percontohan setelah membaca artikel saudara? terim kasih

jawab:
mohon maaf, penelitiannya sudah selesai. terimakasih atensinya, ya

29 12 2011
Farid Hamdja

assalamualaikum bu

salam kenal bu zulies,,
saya farid 23 tahun , saya membaca artikel tentang rinitis di blog ibu, sya merasa tertarik dan sangat berharap ibu bermurah hati untuk menolong sya,, krna belakang ini saya merasa sangat menderita karena penyakit,, dan sedikit merasa putus asa..
ijin kan saya bercerita bu,,
skitar sebulan lalu saya mondar mandir UGD ( 3 kali dlam seminggu ) karena sya sering merasakan “serangan” penyakit yang sya derita,
dengan gejala :
– sensasi sperti tercekik,
– sesak
– hrus slalu mencari posisi yang enak ( gelisah )
– pusing
dan terakhir yang terburuk ketika saya menghirup asap dari sampah yang dibakar dibelakang rumah,
akan tetapi dokter mengatakan sistem pernapasan sya baik,dn tdk ad msalah, mengapa saya katakan ” serangan” ?? karena dtang hanya dalam waktu trtntu, klo tidak terserang penyakit itu sya merasa sehat walafiat, namun karena seringnya sya terserang penykit tersebut sya mengalami pusing di belakang kepala dan tegang leher, serta tekanan darah tinggi ( mungkin karena stres tidak kunjung mengetahui ap sebenernya sakit yg saya idap )
singkat cerita…
sya berangkat ke jkarta untuk berobat krna kebetulan orang tua saya berdomisili di jkrta, stelah dilakukan endoskopi dokter mengatakan saya mengalami pembengkakan konka hidung yang menutup jalur pernapasan sya, dan dilakukan operasi pda tanggal 31 november 2011,akan tetapi stelah dioperasi sya masi sering terserang sesak sperti kemarin namun efeknya tidak sedahsyat dulu, entah pemicunya ap.
skrg kondisi hidung saya yg disebelah kanan terasa plong dan lancar, yang di sebelah kiri masi sperti tersumbat nyeri dan berbau,.brusan saya membersihkan perabotan dan terserang sesak pusing dan tegang dileher,dengan asumsi banyak menghirup debu pertanyaan sya :

-apakah saya menderita rinitis??karena saya sering merasa geli di hidung ketika terserang sesak.
-apakah rhinitis efeknya bsa seburuk itu??
-apakah benar pembengkakan konka hidung bisa memperburuk??
-apakah rhinitis hanya bsa dideteksi dengan skin test??
-sya di kasi obat
skian bu,, mohon maaf kalo kepanjangan, dan banyak nanya,,kami bersyukur masi ada org yang mw membgi ilmunya seperti ibu, mudah2an allah memberi balasan yang setimpal

wasalamualaikum

Jawab:
Untuk kepastian pnyakitnya, mestinya dokter yang lebih bisa mendiagnosanya. Jika perlu, bisa dimintakan second opinion pada dokter lainnya. Saya sarankan untuk melakukan skin test juga untuk memastikan apakah Anda alergi terhdap senyawa tertentu. Kemungkinan anda mengalami rhinitis, yang diperberat dengan pembengkakan pada konka hidung. Rhinitis bisa juga disebabkan oleh penyebab non-alergi, karena itu perlu dilakukan pemeriksaan yang teliti supaya nanti pengobatannya sesuai. (saya juga sudah menjawab melalui e-mail). Semoga bisa membantu.

24 12 2011
sri hartati

dulu saya tidak pernah bersin2.tapi setelah saya melahirkan anak kedua saya mulai bersin?dan sekarang suda hampir 3thn sy menderita bersin2 dan sekarang bukan hanya bersin saja tapi batuk? Dan sesak nafas.saya sudah sering berobat ke dokter THT.ya hasilnya begitulah setelah habis obat kambuh lagi.kira kira obt apa yg dapat saya pakai untuk penyakt.saya ini. Mohn balasan nya. terimakasih

Jawab:
apakah Anda punya riwayat alergi atau riwayat keluarga alergi? Saya sarankan sebaiknya dilakukan skin test untuk memastikan apakah Anda alergi atau tidak, dan alergi terhadap apa. Jika sudah diketahui, Anda bisa melakukan penghindaran terhadap penyebab alerginya tadi supaya tidak mudah kambuh lagi. Selama masih sering terkena paparan alergen ya akan kambuh berulang-ulang.

5 12 2011
dedi

terimakasih y bu zullies atas semua infonya…

29 11 2011
dedi

apakah obat semprot hidung ( saya diberi Avamys ) aman digunakan secara terus menerus?

Jawab;
Secara umum aman, karena efeknya hanya lokal. tetapi kadang ada respon individual yang berbeda, maka tetap perlu hati-hati menggunakannya.

21 11 2011
Maman Abdurahman

Saya sering mendadak bersin-bersin lebih dari 10 kali dalam satu waktu,sampai kini belum tahu penyebabnya….masalahnya sering diiringi gatal pada mata, lendir di hidung bahkan sering jadi sesak nafas…Gimana cara mengobatinya nih….?
Gejala ini udah lama (menahun)…

Jawab:
Kemungkinan itu karena rhinitis alergi, sebaiknya pakai antihistamin..

29 10 2011
jems

tks banyak atas infonya, mudah2an obat herbalnya cepet kelar, saya salah satu orang yang sangat menantikannya, sudah lumayan tersiksa dengan perubahan cuaca dan makanan tertentu, sampai saya di vonis rhinosinusitis kronik dan cephalgia kronik…. sepertinya pasangan sejati bagi hidup saya, jika alergi rhinitis kambuh makan cephalgia pun ikut2an nimbrung, tapi untuk menyembuhkan kedua penyakit itu selama ini cukup dengan obat anti alergi…..

13 10 2011
Sis

tank’s infonya mbak ,saya menderita rhinitis alergi sudah 12 th sudah banyak berobat ke dokter tht di semua rs di jakarta bahkan sudah berobat ke hembing rutin 8 bulan (Akupuntur & ramuan Herbal) juga suntik vit c semua bersifat sementara selama minum obat dokter atau herbal sembuh,kalau tidak minum kambuh lagi.saya seneng betul baca artikelnya.saya tunggu obatnya yach….mudah2 bisa sembuhin penyakit saya ini…

10 09 2011
Edison

Trims buat infonya mbak, saya sudah lama menderita alergi rhinitis, hampir setiap hari bersin bahkan meler, tenggorokan dan mata sering gatal. Setidaknya dua kali dalam setahun saya tidak bisa bekerja ketika efek alergi terlalu berat. Alergi yg satu cukup menyiksa, belanja di supermarket ngga jadi deh kalau petugas meminta jaket dilepas :(

Saya sangat gembira mengetahui ada pengobatan yang sedang dikembangkan, bagaimana perkembangannya mbak… apakah masih membutuhkan sukaraelawan untuk pengujian obatnya?

28 08 2011
iwan

mba, obatnya udah beredar belon ya? bosen bersin2 nih

jawab:
belum je…. masih dalam proses..

13 08 2011
ummu fadhilah

bu, suami saya dulu pernah jadi probandus di penelitian ibu. Alhamdulillah setelah menjalani skin test jadi ketahuan alerginya apa saja. Suami saya punya beberapa masalah. pertanyaan saya :

1. dari hasil test, suami saya ternyata alergi teh. pantesan hampir setiap habis minum teh, punggunya gatal dan sedikit bentol2. sebenarnya zat apakah yang terkandung dalam teh yang bisa bikin alergi?
2. Suami saya juga alergi dingin dan debu, jadi hampir setiap selesai wudhu untuk shalat shubuh atau bila membantu saya membersihkan rumah selalu meler, jadi dalam seminggu hampir selalu minum antihistamin n dekongestan, sebab kalau gak gitu, bisa2 gak berangkat kerja. apa efeknya bila mengkonsumsi obat2 tersebut dalam jangka waktu lama?
3 .berapa lama terapi desensitisasi dilakukan? apakah bisa sembuh total dari alergi?? yang melakukan dokter spesialis apa ya bu? n kira2 berapa biaya yang diperlukan untuk terapi tersebut?
4 .berapa % kemungkinan alergi diturunkan oleh ayah yang mengidap alergi, tapi ibunya tidak? apakah ada perbedaan persentase bila anaknya laki2 atau perempuan?
5. Suami saya juga alergi sea food dan olahannya, tapi bukan gatal2 seperti yang terjadi pada umumnya. namun mual n muntah. jadi meskipun dimulut terasa enak tapi bila sudah ditelan, gak sampai nunggu 5 menit akan keluar lagi. kalau alergi seperti itu, obatnya apa ya bu?

terima kasih atas jawaban ibu. Semoga Allah memberikan balasan dengan yang lebih baik. Amin.

Jawab:
Terimakasih atas atensinya, bu. terimakasih juga untuk suami yg sdh bersedia menjadi probandus.
Langsung saja saya coba jawab pertanyaan ibu ya..
1. Alergi teh :..hmm, terus terang saya belum tau persis bagian mana dari teh yg menimbulkan alergi pada suami Anda, bisa saja tanin-nya, atau bahan2 lain yg ditambahkan dalam proses pengolahannya.
2. Menggunakan obat dalam jangka waktu lama, terutama jika digunakan secara sistemik, memang bisa berefek samping, walaupun dalam kadar yg bervariasi. Saya sarankan coba dengan penggunaan obat semprot hidung yg efeknya lebih lokal utk rhinitis alerginya. Tapi kalau alergi yg lainnya memang kalau sifatnya sistemik (di seluruh tubuh) memerlukan pengobatan sistemik juga. Susahnya, kayaknya suami Anda alergennya rombongan yaa…. cukup banyak..
3. Saya kira terapi desensitisasi bisa dicoba. Berapa lamanya tergantung hasilnya, bisa sampai berbulan-bulan atau setahun. Ibu bisa mencoba di RS Sardjito menanyakan tentang terapi ini. Dokternya tergantung pada alerginya. Kalau rhinitis alergi, bisa ditanyakan ke dokter spesialis THT. Biayanya saya tidak tau persis.
4. Ya kemungkinannya bisa sampai 50%… kayaknya sih tidak ada perbedaan gender dalam penurunan sifat alergi..
5. Alergi apapun sebenernya obat utamanya sama, yaitu anti histamin. Hanya saja pada alergi di tempat tertentu bisa ditambah obat lain sesuai kebutuhan. Untuk alergi yg manifestasinya mual dan muntah, kadang ada yg menambahkan dengan antimual. Kalau memang suami Anda alergi thd seafood dan ingin sekali menikmatinya, mungkin bisa mencoba minum obat antihistamin dulu sebelum makan seafood. Tapi saya tdk bisa menjamin apakah bisa terhindar sama sekali atau tdk dari reaksi alerginya. Tapi boleh dicoba.
demikian, ibu, semoga bermanfaat.

21 06 2011
dedi

obat semprot yg mengandung kortikosteroid namanya apa aja bu?

jawab:
Ada Flixonase (isinya fluticason propionat), atau Avamys (fluticason furoat)

17 06 2011
dedi

nama obat semprot hidung yang mengandung kortikosteroid apa y bu? trus kalo dipake secara kontinyu baik apa gak?

jawab:
Ada bbrp merk, Mas…. ngga enak deh nyebut merk di sini. Saya kira masih cukup aman untuk dipakai kontinyu, sesuai dengan aturan pakainya. Utk rhinitis yang persisten, memang itu salah satu obat pilihannya.

15 06 2011
deedee

mba, saya terserang flu & diberi zentra oleh suster di klinik kantor. sebenarnya zentra itu obat untuk flu atau untuk alergi yah?

Jawab:
Zentra itu isinya triprolidin dan pseudoefedrin. Triprolidin adalah sejenis obat anti alergi, sedangkan pseudoefedrin adalah semacam pelega hidung tersumbat. Jadi bisa untuk flu (hidung tersumbat), apalagi jika itu disebabkan oleh alergi.

10 06 2011
pranajaya

Siang mbak,
Anak saya 4 tahun, mulai timbul gejalan rinitis alergi (hidung berlendir terus sudah 4 bulan), setrizin, ozen sudah dicoba, tapi tidak ada pengaruh,
obat herbalnya apa mbak? apakah sudah keluar merk paten-nya? apa namanya?
Matur suwun

jawab:
belum keluar merk patennya, je…. masih dalam penelitian..

6 06 2011
OnlYurin

Saya bingung alergi atau tdk ..
Soalx kalau saya hisap debu sy psti akan flu berat ..
Tpi, mnrt sy org dmn2 jg akan flu ataupun bersin klo terkena debu .. Jdi sebnrx klo flu krn menghirup debu i2 alergi atau bukan yaa ??

jawab:
Mungkin saja Anda memang ada alergi. Tidak semua orang jika terkena debu pasti menjadi flu atau bersin, kecuali yang sesnsitif. Flu sendiri bukan sekedar karena debu, tapi umumnya ada infeksi virus. Kalau mau lebih mantap utk memastikan alergi atau tidak, bisa dilakukan skin test saja…

24 04 2011
Rahman di kendari

Mba sy sering bersin klau bangun tidur trus bersin nya membuat sy sesak napas tlng cara mengobatinya ya trms….

Jawab:
mungkin Anda punya alergi tertentu ya… coba dengan obat antihistamin dulu, apakah bisa mengurangi bersinnya.

15 04 2011
anfa

mbak………mekanisme kerja antihistamin gimana ya…??bisa dijelaskan secara lengkap cz q tahunya cuma menghambat reseptor”nya.makasih

Jawab:
Obat antihistamin memang mekanismenya menghambat reseptor histamin. Dengan terhambatnya histamin berikatan dengan reseptornya, maka histamin tidak dapat melakukan aksinya. Aktivitas histamin antara lain adalah menyebabkan gatal, pelebaran pembuluh darah (vasodilatasi), menciutkan bronkus (saluran nafas), memicu sekresi asam lambung, dll. Gitu ajah.. semoga bisa menambah wawasan..

19 02 2011
SONY

Mba. maksudnya ditantang itu seperti gmana ya?? apa disuintikan dengan obat atau pa..?? soalnya saya phobia suntikan mba.. saya takut disuntik.. terakhir disuntik saya waktu TK mba.. itupun disuntik jari untuk tes gol darah hehehe…
oya aku dikasih obat zentra tapi obat itu bukanya nyembuhin malah membuat aku ngantuk ga ketulungan,, kalo ditidurin sih pasti sembuh mba.. aku pengenya obat yang ga ngeganggu aktivitas aku. sekarang kalo aku kambuh pagi2 udah sampe malam aku ga bisa ngapa2in mba huff cape mba ngatasinya.. hehehe

Jawab:
ditantang itu artinya dipaparkan dengan alergen, biasanya digoreskan saja (bukan disuntik, jangan kuatir), untuk memastikan macam alerginya dengan uji yang namanya skin test. Obat anti alergi memang biasanya bikin ngantuk… Anda bisa minta ke dokter atau apoteker di apotek obat anti alergi yg tidak bikin ngantuk, supaya tdk ganggu aktivitas.

18 02 2011
dian ina moee

mb saya yg kmrn jd probandus..
koq satelah b’henti mnum obat gejala alerginya malah tambah g karuan??
memang selama mnum obat gejala b’kurang tp hidung msh t’sumbat c..
ltrz kalo kakak saya jg kmungkinan rhinitis ap msh bs jd probandus??
trmakasih

Jawab:
Terimakasih atas partisipasinya, ya. Memang respon masing-masing orang berbeda terhadap suatu obat. Mungkin tubuh Anda sudah mulai beradaptasi dengan obat ini, sehingga ketika obat dihentikan gejala timbul lagi. Untuk kakak Anda, silakan menghubungi asisten peneliti saya yg kemarin menangani Anda.

31 01 2011
zufri apriandani

obatnya dah di produksi belum mba..

jawab:
Belum, mas, msh dalam proses penelitian. Doakan berhasil, sehingga akan diproduksi dalam skala besar. Sudah ada Industri farmasi yang akan memproduksinya.

28 01 2011
sony

Mba saya penderita alergi rhinitis,, baru aja saya periksa emang positif.. cuman hasil dari dokter masih kurang jelas tentang pengobatanya hanya disarankan untuk menghindari dari segala alergennya, saya pengen tanya apa alergi ini bisa sembuh total jadi saya tidak takut untuk menghadapi debu mba.. makasih.

Jawab:
Alergi memang sulit untuk sembuh total karena tubuh sensitif terhadap paparan zat tertentu dari luar. Cara yang terbaik adalah menghindari alergen. Ada satu cara untuk menyembuhkan, yaitu dengan terapi desensitisasi atau imunoterapi, yaitu tubuh “ditantang” dengan alergen sedikit demi sedikit (disuntikkan), sampai tubuh menjadi kebal atau toleran terhadap alergen tersebut.

8 01 2011
febria

thanks before.
saya py penyakit alergi debu, dingin serta terhadap makanan jenis tertentu. yang agak mengganggu adalah alergi debu, sering bersin-bersin. tanpa sadar sering menggosok2 hidung karena gatal. ketika dijogja sering mengkomsusi wedang jahe. alergi jarang muncul. pengin ikutan jadi probandus, gmn caranya?

jawab:
Anda berdomisili di mana, Mbak? silakan berikan nomer HP yang bisa dikontak, nanti kami hubungi untuk teknisnya.

5 01 2011
SISIL FIKARWIN

Ass. mb Zullies….salam kenal dari saya di medan.
Menarik bgt artikelnya memberikan byk info tentang alergi. Kebetulan sy dan 2 anak sy termsk penderita alergi. Makasih byk atas infonya……dan perbaharui terus ya mb info ttg alergi. Wslm

Jawab:
salam kenal kembali, Mbak. Semoga bermanfaat.

5 01 2011
virgonita

Mbak saya punya alergi.kalo kena debu, dingin, asap kendaraan dll selalu bersin-bersin.kadang2 malah sampai batuk.bisa g saya ikut pengobatan itu?aman tidak?trimakasih…

Jawab:
Untuk keamanannya, Insya Allah aman, karena sudah diujikan juga pada manusia. Tapi untuk keberhasilannya, inilah yang sedang diteliti. Jika benar tertarik, silakan kontak via japri dan memberikan nomor yg bisa dihubungi. Makasih

28 12 2010
NINGRUM

He he he tapi aku alergi bentol bentol di kulit dan gatal banget lokasi juga sekitar malang…….jauh banget ya

Jawab:
Wah, kalau jauh agak sulit teknisnya, mbak…

28 12 2010
NINGRUM

BU, SAYA BERSEDIA JADI SUBYEK PENELITIAN OBAT VERBAL

22 12 2010
yuedha

coba juga penelitian daun karuk , insya alloh di padukan sama legundi

5 12 2010
Dewi

Assallamualaikum wr wb

Mbk. saya sudah japri email mengenai Ibil anak saya. dia menderita sinusitis yang dipicu oleh alergi dingin , debu dll. sdh menggunakan obat semprot juga. sepertinya saluran pernafaysannya mulai penuh lendir dan polip lagi. saya tunggu jawaban dari mb. Ika.

Jawab:
oke, mbak. Nanti saya respon japri.

5 12 2010
aik

iyah buk.. nti kalo saya sakit rhinitis alergi saya lgs kontak ibu

4 12 2010
a

jazakakumullahu khairan bu. atas informasinya

4 12 2010
syamil seno

artikel yang bagus sekali bu.
Mohon ijin ngelink di artikel saya.

http://biofirioni.blogspot.com/2010/12/alergi-gejala-penyebab-dan.html

2 12 2010
bebekkuning

trima kasih info-nya ya mbak….saya ni sepertinya alergi debu…suka bersin2 dan kulit suka bentol2 & gatel kalo duduk di karpet :(

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 431 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: