Apa bedanya selesma (common cold) dan influenza?

22 08 2010

Dear kawan,

Sehat semuanya? Semoga ya, di sepuluh hari pertama Ramadhan ini kita diberi kesehatan dan kekuatan menjalankan ibadah puasa. Amien. Apa ada yang kena selesma? Atau influenza? …. hm… sama ngga sih antara selesma dan influenza? Kawan, selesma yang aku maksudkan di sini adalah terjemahan dari “common cold”. Common cold sering kita terjemahkan sebagai “flu”, sehingga agak rancu dengan “influenza”, padahal mereka serupa tapi tak sama.

Apa bedanya selesma dengan flu (influenza)?

Bedanya virus selesma (cold) dan virus flu (influenza)

Memang antara selesma dan flu itu mirip sekali, yaitu bahwa mereka mempengaruhi saluran pernafasan dan memiliki gejala yang mirip, yaitu tenggorokan sakit, hidung tersumbat atau pun meler, batuk, dll. Namun secara umum, gejala selesma jauh lebih ringan daripada gejala flu. Gejala flu (influenza) bisa meliputi demam tinggi, menggigil, badan pegal-pegal, dan kelelahan. Selesma dan flu disebabkan oleh virus yang berbeda. Jika selesma disebabkan oleh virus selesma (cold virus atau rhinovirus), influenza disebabkan oleh virus influenzae yang memiliki berbagai type, yaitu type A, B, dan C. Susahnya, virus ini gampang bermutasi, dan bisa menyebabkan aneka penyakit flu yang mematikan, termasuk flu burung, flu babi, flu Hongkong, flu Singapura, dll. Berbagai strain virus tersebut beredar di seluruh dunia sepanjang tahun dan menyebabkan wabah lokal. Di Kanada misalnya, musim influenza biasanya berlangsung dari November hingga April dan diperkirakan 10-25% orang Kanada mendapatkan influenza setiap tahun. Sebuah studi memperkirakan 6.700 orang Kanada pertahun meninggal akibat komplikasi influenza terkait dan sekitar 70.000 hingga 75.000 orang dirawat di rumah sakit.

Di bawah ini disajikan perbedaan antara selesma dan Influenza, yang diambil dari http://www.publichealthgreybruce.on.ca/Communicable/Influenza/FactSheets/Flu_vs_Colds.htm

GEJALA SELESMA INFLUENZA
Demam Jarang Tiba-tiba, seringkali demam tinggi, berakhir dalam 3-4 hari
Sakit kepala jarang Sering
Nyeri dan pegal Ringan Biasa terjadi, dan sering sangat sakit
Lemah jarang/lemah Sedang sampai berat, bisa sampai satu bulan
Terbaring di tempat tidur jarang Sering, bisa sampai 5-10 hari
Pilek sering kadang-kadang
bersin-bersin biasa kadang-kadang
Tenggorokan sakit biasa kadang-kadang
Batuk kadang-kadang, ringan-sedang Biasa, bisa menjadi parah
Komplikasi yang bisa terjadi Sinus atau infeksi telinga Pneumonia, gagal ginjal, gagal hati, dapat mengancam jiwa

Apa macam virus influenza?

Sedikit lebih jauh, mari kita coba mengenali virus influenza. Virus influenza terdiri dari 3 tipe, yaitu A, B, dan C. Virus Influenza Tipe A dapat menginfeksi manusia, kuda, babi, anjing laut, ikan paus dan binatang lainnya. Namun burung liar adalah tempat tinggal alamiah mereka.Virus tipe A ini dibagi dalam beberapa Sub-tipe berdasar dua (2) jenis protein pada permukaannya. Protein ini disebut sebagai Hemaglutinin (HA) dan Neuroaminidase (NA). Terdapat 15 jenis sub-tipe HA dan 9 sub-tipe NA, dan berbagai kombinasi dari kedua jenis protein ini dapat ditemukan. Hanya beberapa Virus Flu tipe A yang umumnya saat ini menyerang manusia, yaitu H1N1, H1N2, dan H3N2. Sedangkan beberapa sub-tipe umumnya terdapat pada hewan, misalnya H7N7 dan H3N8 yang menyebabkan penyakit flu pada kuda. Sub-tipe Virus Flu tipe A dinamakan berdasar jenis protein HA dan NA, misalnya H1N2 adalah Virus Influenza tipe A yang mempunyai jenis protein HA 1dan protein NA2. Sehingga Virus Avian H5N1 adalah Virus Influenza Tipe A yang mempunyai protein HA 5 dan NA 1. Virus Influenza Tipe B umumnya ditemukan di manusia. Namun tidak seperti Virus Tipe A, Virus ini tidak diklasifikasi berdasar sub-tipe. Walaupun Virus tipe B ini dapat menyebabkan epidemi, tetapi tidak dapat menyebabkan pandemi. Virus Influenza Tipe C menyebabkan sakit ringan pada manusia dan tidak menyebabkan epidemi atau pandemi. Virus ini juga tidak diklasifikasi berdasar sub-tipe.

Strain

Virus Influenza B dan beberapa Sub-tipe Virus A dibagi lagi kedalam Strain. Ada berbagai Strain pada Virus Tipe B dan Sub-tipe A. Strain baruVirus Flu akan menggantikan strain yang lama. Perubahan Strain ini terjadi secara “shift” atau “drift”. Ketika strain Virus baru ini muncul, maka sel pertahanan tubuh (antibody) yang terbentuk karena infeksi virus Flu strain yang lama, tidak dapat memberikan perlindungan lagi kepada infeksi strain baru.Jadi Vaksin Flu harus diperbarui setiap tahun untuk mengikuti perubahan strain dari Virus Flu. Akibatnya, orang yang ingin melakukan vaksinasi Flu harus mengulang vaksinasinya secara teratur setiap tahun, karena proses perubahan strain virus flu tadi.

Mengapa tidak ada vaksin selesma?

Virus penyebab selesma lebih banyak lagi, mencapai hampir 250 jenis virus yang berbeda. Sehingga sulit bagi para saintis untuk menyiapkan vaksin utk sekian jenis virus selesma. Selain itu, selesma cenderung ringan dan tidak menyebabkan komplikasi serius, sehingga kebutuhan vaksin dianggap tidak urgen.

Bagaimana mencegah penularan selesma maupun influenza?

Karena virus dapat menyebar dengan mudah melalui kontak fisik secara langsung ataupun melalui udara atau cairan tubuh, maka perlu dilakukan upaya pencegahan.

1. Harus rajin cuci tangan dengan sabun, apalagi jika baru menyentuh atau kontak dengan orang yang terkena influenza atau selesma

2. Makan-makanan yang bergizi untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus

3. Gunakan masker jika sedang ada wabah flu di lingkungan kita

4. Upayakan gaya hidup sehat, tidak merokok, minum alkohol, stress, istirahat cukup, dll.

Demikian sekilas info, semoga bermanfaat.

About these ads

Aksi

Information

19 responses

12 04 2013
Wien Sazwien

Salam,saya selalu kena serang selesma…saya da p klinik n di bg ubat,2 3 hari saya ok jg tp selesma dtg balik..begitu la seterusnya…xtau nak wat pa lg…

Jawab:
mungkin itu bukan really selesma, tetapi rhinitis alergi… yang bisa balik lagi jika terpapar alergen

22 01 2013
Siti Nurul Hidayah M.K.

Info yang bermanfaat

17 07 2012
Freynie

Hi, nak tanya ni, umur saya da 41, masalahnya setiap kali saya kena hujan, walaupun kena sikit ja, pasti saya kena flu, apakah sebabnya ini? Adakah kitaran hormon dlm bdan tak kuat or gejala lain. Thanks.

Jawab:
mungkin sistem imun/daya tahan Anda agak rendah, sehingga mudah terkena flu. Flu disebabkan oleh virus, jika daya tahan tubuh kuat, semestinya tidak mudah terserang flu, karena tubuh bisa membunuh virus tersebut dengan sistem imunnya. Saya kira bukan masalah hormonal.

18 09 2011
zulhida

key…tq bu…atas infonya bermanfaat sekali…

15 09 2011
zulhida

ya terimakasih banyak ats penjelasannya bu…bisa jd benar saya rhinitis alergi seperti penjelasan ibu…karna klo habis masak kadang saya bersin2 juga trus flu juga habis tu…klo boleh tau apa obatnya yg cocok buat saya ya bu…??? salam kenal dari saya bu..sungguh sangat bermanfaat infonya semoga barokah bu…amiiien… wassalam *-”

Jawab:
Obatnya biasanya antihistamin. Coba baca juga tulisan saya yg lain ttg rhinitis alergi di blog ini… silakan search aja…

14 09 2011
zulhida

bu…saya mo nanya…saya sudah lebih 3thn ni klo habis bangun tidur bersin2 trus..hbis tu saya flu..flunya itu bening berupa cair tdk hijau seperti kita lagi flu berat…saya flu seperti itu kurang lebih satu jam saja…seperti itu saya setiap harinya…selame 3thn ni…klo seperti itu apa penyebabnya ya..?? apa pengaruh dari kipas angin,krn saya klo tidur pake kipas angin apa efeknya klo saya seperti itu terus bu..terimakasih atas perhatianya….

Jawab:
Mungkin Anda menderita rhinitis (bukan flu) yaitu radang selaput mukosa hidung, yang bisa dipicu oleh berbagai sebab, bisa rhinitis alergi atau rhinitis vasomotor. Apakah anda punya riwayat alergi? kalau iya, mungkin rhinitis alergi. Jika tidak, mungkin semacam rhinitis vasomotor yg disebabkan karena sensitivitas thd perubahan suhu, kelembaban, dll. COba saja kalau tidur tanpa kipas angin, apakah tetap terjadi demikian. Jika iya, berarti ada penyebab lain, yang perlu anda identifikasi.

12 09 2011
fagesner

kak obat paling tepat dan cepat untuk selesma ap……..?

Jawab:
tergantung kecocokan.. yg penting tingkatkan daya tahan tubuh juga agar bisa cepat membasmi virus selesmanya.

15 01 2011
heri

pilek jadi adalah influenza, kalo influenza bkan cuma pilek

11 01 2011
dealer pulsa

iya nih aku dah langganan flu jika ganti musim

14 12 2010
winda

Thanks Bu,infonya sangat membantu sekali..

7 11 2010
Iman

Assalamualaikum,Ibu mau tanya jika sering terkena selesma maupun influenza bagaimana pengobatannya ? Apakah tidak perlu diobati? Terima kasih

Jawab:
Obat-obatnya lebih untuk mengatasi gejalanya saja, seperti obat utk hidung tersumbat, obat turun panas, dll. Sebaiknya tingkatkan daya tahan tubuh, misalnya obat-obat imunostimulan.

18 10 2010
Ervin Zuraida A

Bu masih bingung niy….sebenernya obat yg mengandung PPA tuh boleh ga sih bwt anak di bwh 6 th??
terutama buat sore throat..
Tlg bantu menjawab kebingungan saya, heheee :D

Jawab:
sebenernya belum ada uji klinisnya untuk anak-anak, sehingga kadang pemakaiannya lebih berunsur mencoba-coba. Selama dosisnya kecil, mungkin masih aman. Yang penting dilakukan pemantauan yang memadai.

27 08 2010
Yunizar Blogs

Kebetulan nih kena selesma, dgn gejala hidung tersumbat dan kepala sakit … terima kasih atas infonya .. sukses selalu untuk anda dan salam kenal

24 08 2010
priaparipurna

Sangat Menarik, Bermanfaat, dan Informatif!!!

Peter Paripurna
Twitter: @peterparipurna

PRIA PARIPURNA
– Mempercepat Evolusi Anda Menjadi PRIA Dambaan Semua Wanita –

http://www.priaparipurna.wordpress.com

Email: priaparipurna@yahoo.com

FACEBOOK GROUP: PRIA PARIPURNA
YM: priaparipurna@yahoo.com (FREE CONSULTATION)

24 08 2010
alfi

wah keren ya..
Jadi makin tahu tntg macam2nya flu, jga selesma..
^^

23 08 2010
ahmad A

Thanks Bu bagi2 infonya

23 08 2010
agunghendro

Terimakasih buat penjelasan dan telah berbagi
Sangat bermanfaat buk,
Salam sukses

23 08 2010
Gunawan

Diperlukan tenaga Apoteker untuk Kepala Produksi Produk Natural. Penempatan di Kuta Bali. Menyukai produck development produk alami. Diutamakan yang mempunyai pengalaman di pembuatan produk kosmetik. Kirim CV dan gaji yang diharapkan ke spa_soap@yahoo.co.id

23 08 2010
rehan

oh, gitu ya selesma. sedang butuh tahu setelah membaca sebuah novel. tokoh utamanya terserang selesma.

thanks. salam kenal, lagi blog walking nih. :)

jawab:
salam kenal kembali… makasih ya udah dikunjungi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 438 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: