Meningitis yang membuat miris….

2 05 2010

Dear kawan,

Baru saja kemarin aku mendengar berita sedih dari seorang kawan yang kerabatnya menderita meningitis. Katanya sekarang dalam keadaan kritis dan dirawat di ICU, dan pagi ini masih harus dengan alat bantu pernafasan, karena jika kekurangan oksigen, ia akan kejang-kejang. Turut prihatin, semoga diberi kesembuhan dan pengatasan terbaik, Amien. (updated news, tanggal 11 Mei 2010, Innalillahi wa innailaihi roji’uun, kerabat yang diceritakan tadi akhirnya berpulang ke hadiratNya. Turut berduka cita yang dalam. Semoga mendapat tempat terbaik di sisiNya, dan yang ditinggalkan tabah dan ikhlas. Allah sudah mengguratkan takdirNya. Amien.)  Seorang kawan juga pernah kehilangan istri tercintanya karena meningitis. Benar-benar miris. Tulisan ini mencoba mengupas tentang meningitis dan bagaimana terapi dan pencegahannya.

Apa itu meningitis?

Meningitis adalah radang pada selaput yang melingkupi otak (selaput otak = meninge) dan korda spinalis (bagian dari sistem saraf pusat). Umumnya disebabkan oleh virus atau bakteri. Mengetahui penyebabnya apakah virus atau bakteri sangat penting, karena keparahan penyakit dan pengobatannya akan berbeda tergantung penyebabnya. Meningitis akibat virus biasanya lebih ringan dan dapat hilang sendiri tanpa treatment spesifik. Tetapi meningitis akibat bakteri umumnya sangat parah dan dapat menyebabkan kerusakan otak, hilangnya pendengaran, dan gangguan belajar. Pada meningitis akibat bakteri, sangat penting pula mengetahui macam bakteri penyebabnya, sehingga dapat dipilihkan antibiotika yang sesuai.

Sebelum tahun 1990an,  Haemophilus influenzae type b (Hib) merupakan bakteri penyebab utama meningitis bakterial. Karena itu, pada anak-anak umumnya perlu diberikan vaksinasi Hib. Adanya vaksinasi Hib ini sekarang telah banyak menurunkan jumlah kasus infeksi Hib pada selaput otak. Dan sekarang, penyebab utama meningitis adalah  Streptococcus pneumoniae dan Neisseria meningitidis. Selain itu, ada pula  Listeria monocytogenes (listeria), yang dapat ditemukan di banyak tempat, misalnya dalam debu dan makanan yang terkontaminasi, seperti keju, hot dog dan daging sandwich yang mana bakteri ini berasal dari hewan lokal (peliharaan).

Apa tanda dan gejala meningitis?

Gejala meningitis awalnya agak sulit dibedakan dengan gejala flu, sehingga kadang orang sering salah mengenali. Gejala umum meningitis pada mereka yang berusia di atas 2 tahun adalah demam tinggi, sakit kepala, dan kekakuan leher. Gejala ini bisa berkembang dari beberapa jam, atau mungkin sampai 1-2 hari. Gejala lain bisa berupa mual, muntah, tidak tahan dengan cahaya terang, bingung, dan mengantuk. Pada bayi yang baru lahir atau anak-anak di bawah 2 tahun, gejala klasik seperti sakit kepala dan leher kaku seringkali agak sulit terdeteksi, karena mereka belum bisa menyampaikan keluhannya. Bayi dengan meningitis biasanya menunjukkan gejala lesu (kurang aktif), muntah, rewel, tidak mau makan, dan tidak mau bangun dari tempat tidur. Dengan berjalannya waktu dan penyakit, maka pada pasien meningitis ( di segala usia) akan timbul gejala berupa kejang-kejang.

Bagaimana diagnosa dan pengobatannya?

Diagnosis dan pengobatan secara dini sangat penting. Untuk mendiagnosis adanya bakteri penyebab meningitis, perlu dilakukan pengambilan sampel dari cairan spinal dengan cara tertentu (spinal tap). Jika bakteri penyebab telah diketahui, maka dokter akan memilihkan antibiotika yang paling sesuai untuk membunuh bakteri tersebut. Untuk pemeriksaan lebih lanjut dapat pula dengan MRI (magnetic resonance imaging) untuk melihat keadaan otak akibat infeksi tersebut, jika diperlukan.

Beberapa antibiotik yang sering diresepkan oleh dokter pada kasus meningitis yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae dan Neisseria meningitidis antara lain Cephalosporin (ceftriaxone atau cefotaxime). Sedangkan meningitis yang disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes akan diberikan Ampicillin, Vancomycin dan Carbapenem (meropenem), Chloramphenicol atau Ceftriaxone. Pengobatan lainnya adalah untuk mengatasi gejala yang timbul, misalnya sakit kepala dan demam dengan analgesik-antipiretik, kejangnya dengan diazepam atau fenitoin, dan lain sebagainya. Kadang-kadang dokter akan memberikan antibiotika walaupun belum dipastikan penyebab meningitisnya, apakah karena virus atau bakteri, karena hasil kultur cairan spinal mungkin tidak bisa diperoleh secara cepat, apalagi di RS yang fasilitasnya terbatas.

Apakah bakteri tersebut dapat menular?

Ya, beberapa jenis bakteri meningitis dapat menular. Bakteri dapat menyebar dari satu orang ke yang lain utamanya melalui kontak dengan cairan respirasi atau tenggorakan (ludah, ingus, dahak, dll), misalnya dengan batuk-batuk, bersin, atau berciuman. Untungnya, tidak ada bakteri meningitis yang dapat menular semudah penularan flu. Juga tidak mudah menular hanya dengan sekedar berdekatan dengan pasien meningitis. Namun demikian, orang yang merawat pasien meningitis dalam waktu lama dan sering ada kontak langsung dengan pasien, apalagi jika ada kontak langsung dengan cairan dari mulut pasien, maka ada resiko untuk terkena bakteri yang sama. Untuk itu, jika perlu bagi keluarganya diberikan vaksinasi.

The Advisory Committee on Immunization Practices (ACIP) merekomendasikan vaksinasi meningitis pada mereka berusia 11-18 tahun. Usia praremaja (11-12 th) merupakan usia terbaik sebelum dewasa untuk menerima vaksinasi meningitis. Karena kejadian meningitis dapat meningkat pada usia dewasa, mereka yang belum pernah divaksinasi meningitis disarankan mendapat vaksinasi seawal mungkin.

 Apa itu meningitis viral?

Meningitis viral adalah meningitis yang disebabkan oleh virus, dan ini merupakan jenis terbanyak dari meningitis. Meningitis viral disebut juga meningitis aseptik karena tidak ditemukan adanya bakteri dalam darah pasien. Meningitis jenis ini umumnya ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-10 hari, dengan memperkuat daya tahan tubuh. Namun karena gejalanya mirip dengan meningitis bakterial, maka jika ada gejala-gejala serupa seperti yang disebutkan di atas, segera saja dibawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Ada beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan meningitis viral, antara lain enterovirus (meliputi enteroviruses, coxsackieviruses, dan echoviruses), virus cacar, herpes virus (spt Epstein-Barr virus, herpes simplex viruses, dan varicella-zoster virus) virus campak, dan juga virus influenza. Namun untuk mengetahui apakah meningitis disebabkan oleh virus atau bakteri, tetap harus dilakukan uji kultur yang berasal dari cairan spinal pasien.

Pasien dengan meningitis viral umumnya tidak perlu pengobatan khusus, dan disarankan untuk istirahat total (bed rest), minum banyak cairan, dan pengobatan untuk mengatasi gejala saja, seperti analgesik antipiretik untuk mengilangkan rasa sakit (sakit kepala), dan menurunkan demam.

Apakah virus penyebab meningitis bisa menyebar?

Ya, virus-virus ini bisa menyebar dengan cara yang berbeda-beda. Enterovirus, yang merupakan virus penyebab meningitis terbanyak, paling sering tersebar melalui tinja penderita. Selain itu, virus ini dan virus lainnya seperti virus campak dan varicella-zoster juga dapat menyebar melalui kontak langsung maupun taklangsung dengan cairan pernafasan (air liur, ingus, dahak) dari pasien yang terinfeksi. Waktu yang dibutuhkan dari mulai terinfeksi virus sampai muncul gejala umumnya sekitar 3-7 hari.

Bagaimana caranya menghindari infeksi virus meningitis?

Beberapa cara di bawah ini dapat membantu menghindarkan dari infeksi virus:

1. Cuci tangan dengan baik dan sering, terutama mereka yang merawat atau berada berdekatan dengan pasien meningitis

2. Bersihkan permukaan-permukaan yang bisa terkontaminasi (misalnya handel pintu, remote TV, etc) dengan sabun dan air kemudian bilas dengan desinfektan atau cairan pemutih yang mengandung chlorine utk mencegah penyebaran virus

3. Tutupi mulut saat batuk, dengan tissue atau tangan. Jika menggunakan tissue, buang tisue ke tempat sampah, Jika menggunakan tangan, segera cuci tangan.

4. Hindarkan mencium pasien, atau berbagi gelas minuman, atau hal-hal yang mungkin menyebabkan penyebaran virus

5. Lakukan vaksinasi, ada beberapa vaksinasi yang tersedia yaitu: Haemophilus influenzae type b (Hib), – Pneumococcal conjugate vaccine (PCV7), – Pneumococcal polysaccharide vaccine (PPV), dan Meningococcal conjugate vaccine (MCV4)

 Demikian sekilas info tentang meningitis. Semoga bermanfaat.

About these ads

Aksi

Information

43 responses

12 08 2014
Nata

Slmt pagi, bu
saya mau tanya, apakah benar radiasi dari bermain kompute menyebabkan meningitis, dan seberapa parah penyakit teman saya.
Mata menjadi deleng, bicara sebisanya dan selalu menyebut allah, lupa ingatan hingga teman2nya saja lupa, badan kurus, hanya bisa terbaring dan terlentang dan emosinya tinggi.
Tapi masih bisa di ajak komunikasi walaupun sedikit sedikit, dan bisa tersenyum. Trimakasih bu :)

jawab:
dear Nata, setahu saya meningitis lebih disebabkan oleh infeksi, baik virus atau bakteri. Radiasi komputer mungkin ada efeknya, tapi setahu saya tidak sampai menyebabkan meningitis. Tentu saja saya tidak tahu seberapa parah kondisi teman and, tetapi sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk memastikan diagnosa penyakitnya agar bis amemperoleh terapi yang tepat.

17 07 2014
tomy

apa ciri” yang benar benar terkena penyakit ini? trimakasih

Jawab:
ada dalam artikel tulisan saya

1 07 2014
yudi suhartono

Asslm, bu, saya akan menunaikan ibadah haji bersama isteri tahun ini. Isteri saya saat ini sedang hamil 12 minggu. Amankan bila isteri saya di vaksin meningitis ? Rencananya isteri saya akan divaksin pada awal agustus 2014 setelah kandungan berusia 4 bulan. Mohon penjelasannya ya bu, terima kasih

jawab:
Pak Yudi, wanita hamil masih boleh menerima vaksin meningitis, dan sebaiknya disampaikan kepada dokter mengenai kehamilan istri bapak. Penelitian menunjukkan bahwa tidak ada efek samping pada penggunaan vaksin meningitis pada kehamilan. Usahakan dalam keadaan sehat pada saat vaksinasi. Selamat menempuh ibadah haji..

15 05 2014
vitha ayudya

Slmt pagi bu, sy ingin tnya.. Ponakan sy 3org blm prnh vaksin meningitis, usia yg tertua 9th.. Apakah msh bs anak2 itu di vaksin bu? Trmkasih sharingnya

8 11 2013
adom

asslm
awalnya anak saya sering panas tinggi,karena khawatir kami bawa ke klinic dan dirawat selama 1 minggu,setelah membaik dan atas izin dokter anak kami bisa dibawa pulang,4 hari kemudia anak saya kembali panas tinggi,kemudi muntah lalu kejang kejang.setelah ditangani dokter (dirawat di rumah sakit EKA HOSPITAL pekan baru)anak saya divonis meningitis.
singkatnya:3’5 tahun anak saya menderita meningitis sampai sekarang belum sembuh juga,badan kaku,susah buang air besar,susah tidur.dan lumpuh.apakah bisa disembuhkan?
apakah obat herbal bisa untuk pilihan?

Jawab:
Saya menduga meningitis putra Anda sudah cukup berat sehingga meninggalkan cedera di otak, yang dimaniefstasikan dengan belum hilangnya gejala-gejala yg ada. Saya tidak bisa memprediksi mengenai kesembuhannya. Apakah sampai sekarang mendapatkan terapi dengan obat? Saya tidak begitu yakin dengan obat herbal sebagai pengatasan meningitis. Mungkin bisa diberi terapi semacam fisioterapi untuk melatih fungsi-fungsi anggota badannya yang lumpuh. Coba anda pastikan lagi ke dokter, apakah diagnosanya masih meningitis (karena sudah 3,5 tahun), atau mungkin ada diagnosa lainnya, sehingga bisa diberikan terapi yang sesuai.

1 11 2013
ririn kartika

Bu zuli yang baik hati
saya mau tanya ,anak saya saat ini ada dirumah sakit diruangan ICU.dan umur anak saya pun baru 8hari
diagnosa dokter terkena penyakit Meningitis. Apakah penyakit Meningitis bisa disembuhkan ?
sebelumnya saya ucapkan terima kasih bu ?

jawab:
Dear Ibu Ririn, seperti yg saya tulis, meningitis adalah infeksi pada selaput otak yg bisa disebabkan karena virus atau bakteri. Jika virus dan bakterinya sudah dibasmi, Insya Allah penyakit akan sembuh. Jika belum sampai menimbulkan cedera di otak, Insya Allah bisa sembuh tak berbekas. Jika agak berat dan sempat menimbulkan cedera di otak, mungkin akan sedikit meninggalkan gejala sisa. Berdoa saja, Ibu, semoga putra ibu segera sembuh dan mendapatkan penanganan yg tepat.

29 10 2013
koko liebe

dear ibu,anak saya umur 8 bulan menderita meningitis.setelah 3 minggu dirawat,kami diperbolehkan pulang.belakangan ini setelah usianya 1 tahun sering muntah cairan bening dan tiba-tiba menjerit tinggi.apakah harus kembali ke rumahsakit?

jawab:
Ya, ada baiknya diperiksakan lagi, Mbak… apakah masih ada kaitannya dengan meningitisnya dulu atau ada hal lain yang menyebabkan. Tentunya dokter akan memberikan penanganan yang sesuai dengan penyebabnya

25 04 2013
Slamet mutopo

Pagi Bu,saya mau tanya.Anak saya umur 10 tahun,sekitar satu bulan yang lalu di diagnose menderita meningitis.Tidak ada gejala apa apa.pulang sekolah habis makan dia tidur didepan TV.Tiba tiba dia kejang dalam posisi tidur.(badan tidak panas dan tidak ada riwayat kejang).Orang serumah kalang kabut + khawatir,beberapa saat dia sadar (krg lebih 2 menit)kemudian dia muntah2.Akhirnya saya bawa ke RS,di scan dan dinyatakan meningitis.Opname 10 hari.Yang ingin saya tanyakan,apakah suatu saat akan kambuh lagi?apakah perlu diberikan imunisasi/apakah waktu perawatan sudah termasuk imunisasi?apakah bisa main sepak bola lagi,soalnya dia ikut SSB sedang kami khawatir. sudikah kira nya jawaban ibu di email ke saya .Atas jawabanya saya ucapkan banyak terimakasih.

jawab:
Meningitis adalah akibat adanya infeksi virus atau bakteri. Jika virus atau bakterinya sudah hilang, Insya Allah tidak kambuh lagi. Memang jika infeksi sudah cukup berat dan mencederai otak, mungkin akan meninggalkan bekas-bekas gejala, tetapi bisa juga lama-kelamaan membaik. Apakah ketika perawatan telah mendapat imunisasi, tentunya Anda perlu menanyakan kepada RS tempat ia dirawat. Jika belum, tidak ada salahnya diimunisasi, dan hal itu dilakukan jika kondisi anak sedang sehat. Jika sudah sehat, tentu boleh main sepak bola lagi.

7 04 2013
ahmad latif

maksih bu ats info nya , yang mau saya tanyakan anak saya terserang meningitis di usia 9 bln dan 2 bln di rmah sakit sepulang dari rmh sakit anak saya menderita kelumpuhan dan masih ska kejang.adakah bentuk pengobatan untuk menyembuhkan kelumpuhan dan kejang bagi anak saya,,yang usia sekarang sudah mencapai 10 th

Jawab:
Lumpuh dan kejang adalah akibat cedera otak akibat meningitis yang pernah dialami. Untuk kejangnya, sebenarnya ada obatnya, seperti obat untuk epilepsi. Tentunya harus dengan pemeriksaan dan resep dokter. Untuk lumpuh mungkin agak sulit ya, lebih disarankan untuk fisioterapi untuk mengoptimalkan fungsi sel-sel syaraf otak yang masih sehat.

16 03 2013
aghnes

meningitis apa mempengaruhi emosional???

Jawab:
Ya, bisa secara langsung dan tidak. Karena meningitis mempengaruhi otak, jika kebetulan terkena pada bagian otak yang mempengaruhi mood, bisa saja. Atau secara tidak langsung, jika seseorang didiagnosa meningitis, tentu bisa menjadi depresi dan emosi terpengaruhi.

23 02 2013
dwi

Selamat siang,
Kakak saya mengalami sakit radang selaput otak sudah di rawat di RS terus dua minggu sekali terapi sinar tetapi masih sering kambuh sering pusing hebat dan lemas, kebetulan tensinya 160-210 hipertensi. Apa ada hubungannya darah tinggi sama radangnya trs bagaimana pencegahannya agar tidak kambuh lagi dan penyakit ini bisa disembuhkan tidak.
Karena saya sangat khawatir karena merasa kasihan waktu rasa pusing itu datang.
saya izin share….
Terima kasih sebelumnya atas masuk2kannya

Jawab:
Saya tidak tahu mengapa radang selaput otak perlu diterapi sinar ya… Coba dipastikan lagi apakah memang diagnosanya radang selaput otak. Setahu saya, radang selaput otak adalah karena infeksi, baik itu virus atau bakteri. Jika bakteri atau virusnya sudah terbasmi, Insya Allah bisa sembuh. Memang kondisinya bisa bervariasi, jika infeksinya cukup parah dan sudah merusak sebagian otak, mungkin pemulihannya lebih lama. Hubungan langsung dengan hipertensi sebenarnya tidak ada, tetapi memang bisa memperberat gejala, karena hipertensi sendiri kan gejalanya juga pusing-pusing.

22 02 2013
Ratna

Saya menderita menginitis pada Agustus 2012. Gejala nya sakit kepala terus menerus, leher kaku dan tekanan darah sedikit diatas normal. Dokter syaraf langsung melakukan CT scan tapi tidak ditemukan apa2 jadi saya langsung opname untuk di observasi. Setelah 2 hari opname dan tidak ada gejala membaik dokter melakukan tes spinal (pengambilan cairan dari tulang belakang), hasil tes positif saya terkena virus menginitis. Pengobatan selama 10 hari dengan infus anti viral & antibiotik dilakukan bersamaan untuk melawan virus & mencegah kemungkinan infeksi bakteri. Selama sakit badan terasa lemas dan krn hrs istirahat total dokter juga memberikan obat tidur. Setelah dinyatakan sembuh saya memulai gaya hidup yg lbh sehat, tidur lebih awal & cukup, makan teratur, stress management (ini yg agak sulit) dan olah raga rutin. Alhamdulillah sampai skrg dan mudah2an tidak akan pernah sakit keras lagi. Amiin

Jawab:
Alhamdulillah, turut senang… semoga tetap sehat terus. Amien

19 02 2013
rima

asslmalaikum mba’..
klo bdan tidak trlalu panas, dan sakit kepala yang tidak terlalu tapi terus menerus, sedikit mual dan kadang muntah, apakh ini gjala meningitis? trims…

Jawab:
Untuk mendiagnosa meningitis itu tidak mudah, Mbak.. Tidak selalu sakit kepala itu mengarah pada meningitis. Sakit kepala sendiri jenisnya bermacam-macam. Biasanya sakit kepala pada meningitis rasanya cukup hebat. Jika ragu-ragu lebih baik diperiksakan saja ke dokter.

19 10 2012
verawati

ass,,ibu suami saya sdh 2th ini menderita skt kepala sampai akhinya telinga sebelah kirinya menjadi tuli,,kami sdh periksa dbanyak RS tapi hasilny nihil tdk diketahui apa penyakitny,,sampai sdh Scan kepala dRS s’pore ttp nihil,,,awalnya suami sy migren trz muntah2 dan telinga kiri tdk bs
mendengar sampai sekarang,,,apa suami sy menderita radang otak??sebab sampai sekarang dokter tdk bs menyimpulkan penyakit suami saya,,,
mohon informasinya y bu,,,,trims

Jawab:
saya turut prihatin dengan sakit suami ibu. Tapi maaf, ibu…. yg dokter ahli saja dan langsung melihat pasiennya tdk bisa mendiagnosa, apalagi saya yg bukan dokter. Tapi saya duga sih bukan radang otak, bu, mungkin satu jenis sakit kepala tertentu. Jangan bosan untuk mencari informasi diagnosa dari dokter ahli neurologi, bu. Semoga bisa sembuh. Amien.

20 09 2012
wina

Ass. Bu zuli, ayah saya 64thn awal nya seperti gejala flu pusing, sakit badan, dll spt kebanyakan orang terkena flu, selang 2 hari langsung drop kaku pada persendian tdk bisa jalan, kejang2 terus menerus sampai akhir nya di rawat di icu rs. Swasta, tidak bertahan sampai 3 hr beliau meninggal dunia ( innalilahi wainna illaihi rojiun) tapi dokter tidak bisa mendeteksi gejala tersebut serta pemberian obat nya pun tdk begitu jelas krn ayah saya sdh menderita diabetes selamat 20thn, yg saya tanyakan apa tanda2 yg ayah alami tersebut mrpkan neningitis akut? Trus aoa betul klo nenibgitis trombosit terus menurun? Terimakasih buat saya tunggu jawabannya

Jawab:
Saya turut belasungkawa atas kepergian ayahanda. Saya kira kemungkinan besar memang ayah Anda mengalami meningitis akut. Pada meningitis akibat bakteri tertentu memang kadang dijumpai tanda-tanda seperti ruam-ruam berupa bintik kecil merah atau keunguan yg disebut petekie, yg disebabkan karena turunnya jumlah trombosit. demikian, Mbak.

31 08 2012
Olive

Ass..Malam Bu Zuli…
Sy mempunyai mantan pacar tp kini ia sudah tiada,ia didiagnosa dokter mengidap meningitis setelah operasi 2x dan kurang lebih lamanya 2bulan di RS akhirnya meninggal…kami sudah setengah tahun berpacaran,apakah saya perlu melakukan vaksin?
Terimakasih..

Jawab:
untuk jaga-jaga, ada baiknya anda vaksinasi meningitis..

3 08 2012
Dodik Novianto

Ass.ibu..trimakasih informasi tentang maningitis.saya ingin bertanya apa ada pengaruhnya vaksin maningitis bagi ibu hamil.kebetulan istri saya sedang hamil 2 bulan,insyaallah mau berangkat haji tahun ini.terimakasih.

jawab:
Vaksin meningitis ini dapat diberikan pada ibu hamil yang akan bepergian ke daerah atau negara dimana infeksi ini menjadi epidemik. Penelitian yang dilakukan terhadap penggunaan vaksin ini tidak menunjukkan adanya efek samping pada ibu hamil. Karena itu, vaksin ini tetap dapat diberikan pada ibu hamil yang akan berangkat menunaikan ibadah haji. Walaupun demikian, Ibu tetap perlu memberitahukan atau menginformasikan kepada dokter haji mengenai kondisi kehamilan ibu. Dokter tersebut akan menjelaskan pertimbangan risiko – keuntungan pemberian vaksin.

15 06 2012
welly ^.^

Saya punya teman yg sudah meninggal pada tgl 7 juni 2012.. dia meninggal di usianya yang ke 20thn. dia meninggal karena menderita radang selaput otak ,, padahal sebelumnya teman saya itu adalah orang yg aktif .. beberapa bulan sebelum dia divonis meningitis, dia kerap mengonsumsi minuman keras, apakah itu mempengaruhi atau sebagian dari penyebab ia terserang penyakit tersebut ? sebelum meninggal dia sempat tak sadarkan diri selama kurang lebih 1 bulan , pada tgl 7 juni 2012 ia sempat sadarkan diri dan langsung meninggal ..padahal iaa adalah seorang perawat dan kedua orang tuanya adalah seorang dokter .
selamat jalan kawanku …

jawab;
ikut prihatin atas meninggalnya kawan Anda. Penyakit meningitis setahu saya adalah karena infeksi bakteri atau virus. Sedangkan konsumsi minuman keraa saya kira bukan penyebab langsung, tetapi bisa jadi turut mempengaruhi keparahan sakitnya.

10 06 2012
Irfan

Assalam wr wb.
Ibu Zullie, seminggu yang lalu saya baru kembali umroh (10 hari ) dan cuaca di sana sangat panas mencapai 50 derajat, sebelum berangkat saya lupa melakukan vaksin maningitis.
Sejak kepulangan saya dari Jeddah saya merasa sakit kepala, kadang terasa melayang seakan mau jatuh, demam yng hilang dengan sendirinya, sangat mengantuk. lemas dan emosi yang sering naik.
Mohon informasi apakah itu adalah juga gejala maningitis.

Terimakasih
Irfan

jawab:
Sebaiknya diperiksakan saja ke dokter, Pak. Sebagiannya seperti gejala meningitis, tapi sebagiannya bukan. saya bukan dokter, jadi tidak punya kompetensi utk mendiagnosa.

16 04 2012
Sintala Anjani

ass.wr.wb…papa saya sekarang di vonis oleh dokter terkena meningitis,,,awalnya di rawat di Rumah Sakit karena lemas tidak mau makan, makin hari kesadaran papa malah menurun dan kami membawa pulang,,setelah 3 hari di bawa papa pulang papa semakin tidak sadarkan diri,,,kami bawa kembali ke rumah sakit yang berbeda alhamdulilah papa mulai sadar dan berangsur sembuh akhirnya papa di perbolehkan pulang oleh dokter yg merawat dan berobat jalan,,karena takut terkena virus yg lainnya,,2 mnggu di rumah dgn seorang suster papa sudah mulai sehat hanya tubuh sebelah kirinya stroke ringan,tapi terkadang papa mengeluh sakit kepala hebat,,, disamping berobat jalan kami bawa papa terapi ozone selama 5x,,,tapi bukannya membaik sekarang papa malah tidur ,,sudah 4 hari papa tidak bangun2 dari tidurnya,,,tolong bantu saya apa yang hrs saya lakukan untuk papa sekarang. Terima kasih

24 02 2012
Nelvi

Bu, apakah suntik meningitis bisa dilakukan ke anak berumur 5 tahun dan nenek yang berumur 85 tahun.
Kami akan pergi umrah. Ini merupakan persyaratan wajib untuk dapat Visa. Apakah akan berpengaruh karena anak saya tersebut pernah step/kejang waktu umur 1 tahun..

jawab:
bisa saja, mbak, apalagi jika memang belum pernah vaksinasi meningitis. Tapi usahakan tubuh dalam keadaan sehat saat vaksinasi.

20 01 2012
Trie

Ass, usia sy 22th, sudh 5bln trakhir sering sakit kepala, sakitnya lebih sering di ubun-ubun, kalau sakit biasanya di istirahatkan n minum obat analgetik hilang, tp 1minggu ini minum obat ga ada pengaruhnya sama sekali, TD saya selalu dalam batasan normal, apa sakit kepala yg berlebihan seperti ini bisa menjurus ke arah meningitis

Jawab:
Saya kira bukan meningitis, tapi sebaiknya diperiksakan saja supaya mendapatkan diagnosa yang pasti. Kalau hanya info seperti ini tentu tidak bisa memastikan penyebabnya apa.

8 12 2011
bunda daffa

Assalammualaykum,,,jd sbnrny meningitis bs dsembuhkn ya,,,tp knp sya sering mndengar psien meningitis brakhir dgn kematian??itu yg bs smbuh klo blm nyerang batang otak ya??

Jawab:
Meningitis yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri pada dasarnya bisa disembuhkan, Bahkan utk yg krn inveksi virus bisa sembuh sendiri. Tapi semua ini dengan catatan infeksinya tidak berat, dan bakteri penyebab infeksinya masih sensitif terhadap antibiotika yang diberikan. Jika bakterinya cukup poten dan resisten, serta antibiotikanya tidak tepat sehingga tidak bisa mencapai dan membunuh bakterinya, memang akibatnya bisa fatal, karena yang diserang adalah otak. Jadi memang seringkali menyebabkan kematian.

17 10 2011
maria fransiska

Ass. Salam kenal Bu.
Kebetulan anak saya yang saat ini sudah berusia 1 TH waktu lahirnya divonis miningitis dan di rawat di RS selama 1 bulan. Setelah keluar dari RS saya merawat bayi saya seperti biasa layaknya seorang ibu. Tapi menginjak usia 7 bulan samapi sekarang usia 1 tahun anak saya sulit sekali diberi makan (belum bisa makan-makanan keras seperti bubur tim) dan belum bisa merayap, merangka serta duduk, sebagai orang tua saya merasa khawatir dan mengajak anak saya ke tempat urut anak tapi hasilnya tidak efektif. lalu saya konsultasi ke dokter anak spesialis tumbuh kembang dan hasilnya anak saya diberi vitamin untuk otak dan saya disarankan untuk mengajak anak saya terapi di RS. Yang mau saya tanyakan apakah penyakit miningitis tersebut dapat kambuh kembali sewaktu anak saya besar nanti. Alhamdulillah semenjak keluar dari RS sampai anak saya berusia 1 tahun anak saya tidak pernah mengalami kejang-kejang dan saya berharap jangan lagi terjadi.
terima kasih

jawab:
dear ibu Maria,
Meningitis itu disebabkan karena infeksi bakteri atau virus. Tergantung keparahannya, meningitis mungkin bisa mempengaruhi fungsi syaraf dan otak, sehingga itu barangkali yang menyebabkan putra ibu mengalami keterlambatan perkembangannya. Saya kira fisioterapi bisa membantu meningkatkan kemampuannya. Meningitis bukan penyakit kambuhan, artinya jika tidak ada paparan virus atau bakteri penyebab meningitis, maka tidak akan terjadi lagi. Mudah-mudahan fungsi otak dan syaraf putra ibu masih bisa dioptimalkan dengan latihan dan fisioterapi
.

27 09 2011
Elin Miaty

ass…
kalau gejala sakit kepala trus mimisan itu gejala meningitis bkan??
terima kasih

jAwab
kayaknya bukan deh…

11 09 2011
mita

Dear Bu Zuli,
Saya pnh terserang batuk kinghus dan radang otak ketika msh bayi,sekitar usia 3 bln..saya d rmh skt selama 7 bln..dan alhamdulillah saya sembuh,dan thn ini usia saya 25th..
Apakah ada resiko terserang kembali ?
Saya khawatir krn teman saya baru saja meninggal dunia krn meningitis..
Regards

Jawab:
Dear Mita,
Meningitis adalah penyakit infeksi yang disebabkan karena virus atau bakteri. Selama tidak ada paparan virus atau bakteri penyebab meningitis ya Insya Allah tidak kambuh lagi…. Jadi tidak perlu khawatir..

5 09 2011
dian altafun

assalamualaikum ..
ibu teman saia yng mengidap radang selaput otak di saran kan untuk melekukan cuci darah ,setahu saya cuci darah itu hanya untuk orang yang mengalami gagal ginjal , yang saya ingin tanyakan apakah ada komplikasi sehingga disarankan untuk cuci darah ?
efek samping dari penyakit ini apa bu ?
mohn jawabannya bu ..

Jawab:
Mbak Dian, memang benar cuci darah itu biasanya dilakukan untuk pasien yang sudah mengalami gagal ginjal. Kalau ada pasien meningitis yang disarankan cuci darah, mungkin secara kebetulan memang pasien sendiri kondisi ginjalnya sudah memerlukan perlakuan demikian. Tapi hubungan langsung antara meningitis dengan ginjal setahu saya tidak ada. Komplikasi meningitis utamanya lebih pada fungsi otak dan sistem syaraf.

31 08 2011
beny

salam sejahtera ibu..
Adik saya trkena miningitis dan sekarang masih dalam perawatan. Berhubung kami tidak mampu,kami memilih berobat jalan. Kondisi adik saya skarang sudah mulai membaik. Yang ingin saya tanyakan bagaimana cara mengatasi supaya adik saya bisa tdur nyenyak?soalnya slama ini adik saya susah sekali tidur.
Terimakasih sebelumnya.

Jawab:
Utk susah tidur sebaiknya dianalisis dulu penyebab susah tidurnya. Utk langkah awal bisa dilakukan misalnya minum susu sebelum tidur, suasana kamar dibuat yang kondusif utk tidur, dsb. Setelah itu mungkin bisa digunakan obat-obat alami dulu yg bisa dibeli bebas di apotek. Usahakan jgn sampai tergantung pada penggunaan obat tidur yg tergolong psikotropika.

24 08 2011
chintya

ibu zulli yg baik,assalam mualaikum
nama saya chintya umur 30thn,tahun kemarin saya terserang penyakit radang selaput otak skrg sudah sembuh total. yang mau saya tanyakan,mungkinkah penyakit itu bisa kambuh lagi? apa saja yang harus saya hindari supaya tdk terserang penyakit itu lagi? terima kasih

Jawab:
Dear Chintya,
penyakit itu adalah penyakit infeksi dan bukan penyakit yang bersifat kambuhan. Seseorang bisa terkena lagi radang selaput otak jika terinfeksi lagi oleh virus atau bakteri penyebab. Untuk menghindarinya ya harus menghindari penyebabnya, misalnya tdk berada dekat dengan penderita meningitis. Secara umum, jaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak mudah terinfeksi.

16 08 2011
febryanna

saya mulai sering mengalami sakit kepala sejak sma(5th yg lalu).beranjak kuliah,frekuensi sakitnya semakin sering.di dahi kepala belakang dan leher terasa kencang.saya juga merasa daya ingat berkurang dan motorik agak terganggu (otot tiba2 kaku gak bisa gerak).saat ini saya telah bekerja,dan hampir tiap hari dahi,kepala blkng dan leher saya terasa berat dan kencang.dan saya sering skali mengantuk,.stiap kepala sakit kalau tdk minum obat pasti badan menjadi panas.apakah ini gejala meningitis?terimakasih

Jawab:
Kalau meningitis umumnya sifatnya akut, yaitu gejalanya terjadi dalam waktu relatif cepat. Kalau Anda kan sudah lima tahunan, saya kira bukan meningitis. Baiknya diperiksakan ke dokter saja, untuk memastikan penyebabnya, karena sakit kepala Anda sifatnya kronis (sdh berlangsung lama).

15 08 2011
diah

anak saya 9 bulan skrg masih di rs selama 1 bulan lebih , diagnosa meningitis , sekarang Alhamdulilah sudah mulai ada respon , saya mau tanya adakah hormon yang bisa memulihkan sel otak kanan anak saya ? salam 6 hari ini anak saya dapat terapi hormon untuk otaknya via injeksi , mungkin ada yang tau info hormon untuk otak yg oral , terima kasih

Jawab:
Maaf, ibu, kalau boleh tau hormon yg selama ini diinjeksikan apa ya? Saya belum pernah tau untuk hormon utk otak per oral. Ada beberapa obat (bukan hormon) yang bisa diberikan per oral untuk meningkatkan metabolisme otak. Sebaiknya ibu konsultasikan ke dokter saja, obat-obat yang bisa diberikan per oral untuk memperbaiki regenerasi sel otak.

30 05 2011
gracelia pelupessy

ibu,,,,pacar saya terkena meningitis, sering sekali sakit kepala,,,,
baru 3 minggu belakangan ini,,,
apa dia bisa sembuh total….??????????????????????????

Jawab:
Insya Allah bisa, asal segera mendapatkan penanganan yang tepat.
Jika karena bakteri, mestinya segera mendapatkan antibiotika yg sesuai. Coba segera diperiksakan saja ke dokter utk memastikan diagnosanya, dan pengobatannya.

22 05 2011
endang suherlan

bu, calon istri saya sedang sakit meningitis, dia baru mulai mengalami kejang2 pada hari sabtu kemarin 21/5/11, sebelumnya hanya sakit kepalanya, apakah fase kejang2 ini sudah mulai menunjukkan bahaya??? apakah harus dirawat inap drmh sakit??? apakah penyakit ini bisa disembuhkan??? adakah pengobatan alternatif untuk penyembuhannya??? terimakasih bu atas jawabannya

Jawab:
Sebaiknya dibawa ke RS saja. Kejaang adalah salah satu gejalanya, dan sebaiknya segera diatasi. Penyakit ini bisa sembuh, jika disebabkan karena bakteri, dokter akan memberikan antibiotik yang sesuai. Semoga cepat sembuh…

22 05 2011
Mifatkhur Riskiyah

Salam kenal Bu,anak saya yg ke-2 usia 15 bulan sudah meninggal itu juga kata dokter penyebabnya karena terkena meningitis.La sebgai seorang ibu rasa khawatir tentu masih membekas hingga kini takut kalau2 terjadi hal yg serupa kepada putra/i kami kelak.yg ingin saya tanyakan:
1. Bagaimana cara mengatasi agar tidak terjadi meningitis kelak kpd anak2 kami
2. Seperti apa gejala awal yang timbulkan dari penyakit tersebut.
Terima kasih

Jawab:
Meningitis adalah penyakit menular, jadi cara menghindarinya adalah dengan menghindari orang2 yang yg sedang terkena atau yg memungkinkan penularannya. Selain itu, bisa dilakukan dengan imunisasi/vaksinasi meningitis.
Gejalanya bisa dibaca pada tulisan di blog ini. Semoga bisa membantu ya.

14 03 2011
dian altafun

assalamualaikum ..
bismillah ..
bu zulli artikel ibu sangat menarik ..
kebetulan teman saya ada yang mengidap penyakit yang ibu sebutkan yang ingin saya tanyakan
1. apakah penyakit tersebut bisa disembuhkan bila menginjak stadium 1 ,,
2. apakah ada pengobatan herbal untuk penyakit tersebut ..???
mohon jawabanya ..
terimaksih ,,

Jawab:
Maaf kalau jawaban saya tidak memuaskan….
1. Prognosis (kemungkinan sembuh) penyakit ini sangat bervariasi. Seorang kawan ada yg sembuh, tapi kawan yang lain ada pula yang menjadi kronis. Utk stadium 1 mungkin masih bisa sembuh, tapi tentu masih tergantung pada kondisi pasien (ada komplikasi atau tidak) dan pengobatannya
2. Saya belum pernah mendengar obat herbal utk ginjal, maaf.

12 02 2011
mamah rohimah

terimakasih.. atas tulisannya bu.. dua hr yang lalu suami menjalani ct-scan.. dan di duga suspect meningitis..
apakah berbeda bu antaran suspect dengan meningitis. dan nampak sinusitis dlm ct scannya. adapun gejala yang selalu dialami kaku di leher seperti ada yang menekan dan deman sekitar telinga. kepala juga seperti ada yang menyelimuti.
saya izin share tulisannya ya bu..
terimakasih sebelumnya

4 02 2011
dede

saya mepunyai saudara yg mengidap dengan gejala yg sama dgn d atas.saya mau menayakan bagaimana cara penangan kalau terjadi kejang& cara merawatnya

jawab:
meningitisnya harus diketahui dulu penyebabnya, apakah karena virus atau bakteri. tentu perawatannya menggunakan antibiotika yg sesuai. Sedangkan jika terjdi kejang, umumnya diberi obat anti kejang saja.

15 11 2010
Dhine-Lila

Assalamualaikum Wr Wb,

Bu Zuli, saya tertarik dengan artikel mengenai meningitis ini.
Seorang sahabat saya, anaknya dinyatakan terkena meningitis karena virus. 7 bulan yang lalu. Anaknya saat ini berusia 18 bulan.Saat ini sedang dalam perawatan dokter baik berupa obat dan juga terapi..

BAgi orang tuanya..selain memerlukan waktu dan perhatian penuh untuk kesembuhan ananda..Kadangkala juga bisa mempengaruhi kestabilan mental..Maksud saya mungkin ada saat2 di mana orang tua merasa frustasi dgn keadaan ini..
Yang ingin saya tanyakan..apakah ada kelompok2 orang tua penderita meningitis,sehingga bisa sharing pengalaman dan saling menguatkan?
Sahabat saya tinggal di Temanggung, namun anaknya mendapatkan perawatan di Jogja (RS Dr Sardjito).

Beberapa thn yang lalu, suami saya terkena stroke..adanya teman2 yang mengalami masalah sama dan bisa sharing pengalaman membuat saya merasa lebih “kuat” menghadapi semuanya..

Terima kasih atas masukan2 Ibu..

Wassalamualaikum wr wb

jawab:
maaf, Mbak, saya tidak mengetahui ttg kelompok2 orangtua yang putranya menderita meningitis… mungkin bisa cari info di RS atau sumber lain

2 11 2010
Selvie Mareyne Poluan

Bu,anak sy skrg usianya 4 bln..apa sdh bisa di vaksin meningitis?

jawab:
belum perlu mbak

25 08 2010
Subekti

Bu Zulli yang baik, Assalamualaikum.

Bu Zulli, anak saya juga dicurigai mengalami penyakit yang ibu sebutkan ini. Sampai saat ini, anak saya masih terbaring di ICU Rumah Sakit Margono. Ini adalah hari ke 11 baginya.
Sebagai bapak, apa yang bisa saya lakukan untuk kesembuhannya ya Bu, selain menyerahkan sepenuhnya kepada dokter di rumah sakit.
Terima kasih.

Jawab:
saya turut prihatin atas musibah sakit yang sedang putra Bapak alami. Saya kira tidak banyak yang bisa dilakukan kecuali mohon kepada Allah untuk diberi kesembuhan. Maaf, pak, kalau jawabannya klise sekali, tapi memang demikian, apalagi jika sudah ditangani dokter. Semoga lekas sembuh, Pak.

9 05 2010
Daril

Bismillah, dear ibu.. Topik yg menarik bu. Aplg kmrn dbrtakn bny jamaah haji yg tkena wabah meningitis. Yg sy ingn tanyakn bu,
1.ada yg mngtkan wabah yg tjd di saudi dtunjang dg adanya faktor suhu tgg,apa bnr bu?apa kmgknn adany kbingungan antra heat stroke dg meningts,mngngat sama2 ada kejangnya.
2.bu,apa bs/mgkn kduanya tjd bsama?bakterial&viral inf. Soalny,dl wkt di sby mrk tdk pnh/stau sy mkonfrmsi dg kultur CSF. Mauny lgs cefo aj bu ktk klinisny mengarah k mengts. Bgmn ya bu?

Jawab:
Halo mas daril,
1. Mungkin saja faktor suhu berpengaruh trhdap daya than tubuh, shingga lbh rentan thd serangan virus/bakteri, atau mungkin jenis virus/bakterinya sdkit beda utk daerah dg iklim yg demikian itu. Kebingungan memastikan heat stroke dan meningitis juga mungkin saja terjadi, walau mungkin ada beda dlm gejalanya.
2. Menurut teorinya sih memang hrs dipastikan, apakh disbbkan krn virus atau bakteri dengan melakukan uji kultur cairan spinalnya. Hanya saja, mungkin teknisnya tdk terlalu mudah, shngga dokter lbh suka “ngebom” dulu dengan cefo, ketimbang uji kultur. pdhl klo itu krn virus, cefo tdk memberi efek apa-apa, dan meningitis bisa smbuh sndiri.

8 05 2010
Haris Istanto

Postingnya yang sangat menarik, sukses untuk anda.
Kunjungi Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, baca posting baru yang berjudul : “Sepeda motor hybrid, kenapa tidak?”, dan artikel lain yang berguna dan mohon diberi komentar. Terima kasih.

2 05 2010
Wahyu Budi Utomo

Penyakit memang mengerikan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 431 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: