Maag (baca: mah), saat lambung berulah…

14 04 2010

Dear kawan,

Tulisan ini pesanan seorang sahabat pembaca setia blog ini (hehe…..) yang katanya pernah sakit maag, dan mengamati bahwa aku belum pernah menulis tentang penyakit itu di blog ini (makasih idenya,ya…. maaf agak lama nie nulisnya…. baru sempat).

Hm…… ada yang pernah merasakan perih di perut bagian kiri atas (daerah lambung)? Mual, rasa panas di dada? Mungkin itu adalah sakit maag. Apa itu sakit maag? Kalau kita mencoba searching pada literatur berbahasa Inggris, kita tidak akan menemukan “maag disease”. Kenapa? Yaa, karena istilah “maag” berasal dari bahasa Belanda, “de maag”, yang artinya lambung (maklum, kita banyak menyerap bahasa Belanda sebagai warisan penjajah dulu). Jadi, sakit maag itu artinya sakit lambung. Hanya saja, sakit lambung yang seperti apa?

Ternyata ada beberapa istilah untuk sakit lambung ini dalam bahasa medis. Setidaknya ada dua macam, yaitu gastritis dan tukak peptik (peptic ulcer, atau stomach ulcer). Sakitnya sama-sama di lambung, gejalanya hampir-hampir mirip, tetapi derajat keparahannya sedikit berbeda.

Apa itu gastritis?

 Gastritis adalah radang/inflamasi pada lambung. Radang artinya ada cedera pada lambung yang menyebabkan sel-sel darah putih bermigrasi ke dinding lambung. Dinding lambung juga mengalami pembengkakan. Tetapi gastritis belum tentu berarti ada luka di lambung (tukak peptik).

Apa penyebabnya?

Gastritis dapat disebabkan oleh adanya infeksi, iritasi, gangguan autoimun, atau aliran balik empedu ke lambung. Infeksinya bisa disebabkan oleh bakteri atau virus, sedangkan iritasi lambung bisa disebabkan karena makanan atau obat-obatan. Beberapa obat bisa menyebabkan iritasi lambung, seperti aspirin dan obat-obat anti inflamasi non-steroid (NSAID) seperti diklofenak, piroksikam, fenilbutazon, dll. Makanan yang terlalu asam dan terlalu pedas juga bisa menyebabkan iritasi lambung buat mereka yang peka. Beberapa iritan lambung yang lain antara lain adalah: alkohol, produksi asam lambung yang berlebihan, gangguan muntah kronis, dll. Gastritis bisa terjadi secara tiba-tiba (gastritis akut), atau secara bertahap (gastritis kronis).

Apa gejalanya?

Kadang-kadang tidak ada gejala sama sekali. Namun beberapa gejala yang sering terjadi adalah : cegukan, kurang nafsu makan, mual, muntah, kadang bisa muntah dengan sedkit darah atau cairan seperti kopi, dan bisa pula terjadi warna kehitaman pada feses (tinja). Bagaimana pengobatannya? Pengobatannya bervariasi tergantung penyebab spesifiknya. Jika disebabkan karena penggunaan aspirin atau obat lain, maka hentikan obatnya. Namun pada sebagian besar kasus gastritis, menetralkan asam lambung dengan antasid atau mengurangi produksi asam lambung dengan obat-obat penekan asam lambung biasanya sangat membantu mengatasi gejala. (obat-obatnya sama dengan yang digunakan pada tukak lambung seperti yang dibahas di bawah ini).

Apa itu tukak lambung (stomach ulcer) ?

Ini termasuk jenis sakit lambung yang lebih berat dari gastritis, di mana sudah terjadi tukak atau luka pada lambung. Ada semacam lubang (erosi) pada beberapa bagian dari saluran cerna. Jenis yang paling umum adalah tukak duodenum, yaitu yang terjadi pada usus duodenum (usus 12 jari), kira-kira sekitar 12 inci setelah lambung. Tukak yang terjadi pada lambung itu sendiri disebut tukak gastrik atau tukak peptik (gastric ulcer).

Apa penyebab tukak lambung?

Penyebab langsung tukak lambung adalah adanya kerusakan pada mukosa lambung atau usus halus akibat adanya asam lambung, yang normalnya ada di dalam lambung pada proporsi tertentu. Selain itu, infeksi bakteri Helicobacter pylori juga berperan penting menyebabkan tukak lambung maupun duodenum. Bakteri ini mungkin ditularkan dari orang lain melalui makanan atau air yang terkontaminasi. Pengobatan yang paling efektif adalah menggunakan antibiotika. Cedera pada permukaan mukosa lambung dan lemahnya pertahanan pada mukosa lambung juga berperan menyebabkan tukak lambung. Sekresi asam lambung yang berlebihan, faktor genetik, dan stress psikologis juga termasuk faktor yang menyebabkan terjadinya dan memberatnya tukak lambung. Sama seperti gastritis, penggunaan obat-obat seperti aspirin atau NSAID lainnya secara kronis juga menyebabkan tukak lambung.

Apa gejala-gejalanya?

Gejala utama tukak lambung adalah panas dan seperti digerogoti pada daerah lambung yang terjadi sekitar 30 min sampai 3 jam. Rasa nyerinya sering ditafsirkan spt rasa terbakar, salah cerna, atau lapar. Nyerinya umumnya terjadi di usus bagian atas, tetapi kadang dapat juga terjadi di bawah tulang dada. Pada beberapa individu, nyeri dapat terjadi segera setelah makan. Pada orang lain, nyeri mungkin tidak terjadi sampai beberapa jam setelah makan. Nyerinya kadang bisa membangunkan orang pada saat tidur malam. Gejala lainnya adalah kehilangan nafsu makan dan turun berat badan. Tapi penderita tukak duodenum mungkin malah akan naik berat badannya, karena ia akan lebih banyak makan untuk mengatasi gejala yang tidak enak di perut. Selain itu, penderita tukak peptik dapat pula mengalami muntah yang berulang, tinja berwarna kehitaman, atau darah pada tinja karena ada perdarahan di lambung, atau anemia karena kekurangan darah, dll.

Bagaimana pengobatannya?

Selain dengan obat, tentu perlu dilakukan upaya-upaya non obat seperti menjaga makanan dengan menghindari makanan yang terlalu asam atau pedas, jangan sampai perut kosong (makan dengan porsi sedikit-sedikit tetapi lebih kerap), dan jangan stress. Stress bukan merupakan kausa atau penyebab, tetapi bisa memperparah kejadian maag.

Tukak lambung yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori harus diobati dengan antibiotika yang harus diperoleh dengan resep dokter. Antibiotika yang sering dipakai adalah kombinasi klaritromisin dengan amoksisilin atau metronidazol, yang harus digunakan sekitar 2 minggu. Selain itu, juga dikombinasi dengan obat-obat lain yang bertujuan mengurangi produksi asam lambung, ataupun melindungi permukaan mukosa lambung dari serangan asam lambung. Beberapa obat yang digunakan untuk menetralkan asam lambung dan mengurangi produksi asam lambung antara lain adalah:

1. Antasid

Obat ini umumnya berisi Al hidroksida dan Mg hidroksida, ada juga yang berisi CaCO3 yang bersifat basa, dengan tujuan menetralkan keasaman lambung. Obatnya ada yang berupa suspensi (cairan) dan ada yang berupa tablet kunyah. Untuk obat bentuk suspensi, jangan lupa kocok dahulu sebelum diminum supaya homogen. Untuk tablet kunyah, kunyah hingga halus sebelum ditelan agar efeknya lebih cepat. Sebaiknya tidak dipakai lebih dari 2 minggu, jika nyeri masih berlanjut, periksakan ke dokter.

2. Antagonis histamin H2

Golongan berikutnya adalah yang bekerja memblok reseptor histamin. Histamin adalah senyawa dari dalam tubuh yang bisa memicu sekresi asam lambung. Jika reseptornya diblokade, maka histamin tidak bisa bekerja, dan produksi asam lambung berkurang. Contoh obatnya adalah : simetidin, ranitidin, famotidin, dan nizatidin.

3. Penghambat pompa proton

Obat ini bekerja pada pompa proton yang merupakan tempat keluarnya proton (ion H) yang akan membentuk asam lambung. Karena bekerja langsung di pompa proton, obat ini lebih poten daripada golongan antagonis H2, contohnya adalah: omeprazol, lansoprazol, dan pantoprazol. Obat-obat ini harus diperoleh dengan resep dokter.

4. Pelindung mukosa lambung dan duodenum

Ada obat yang bekerja melapisi permukaan mukosa lambung, sehingga melindunginya dari asam lambung. Contoh obatnya adalah sukralfat.

5. Analog prostaglandin

Obat ini merupakan analog prostaglandin, suatu senyawa yang dibutuhkan untuk perlindungan mukosa lambung. Obat ini menyerupai prostaglandin sehingga meningkatkan pertahanan mukosa lambung. Contohnya adalah : misoprostol.

Tukak lambung perlu mendapat penanganan yang tepat, jika tidak, dapat timbul komplikasi, seperti anemia (kurang darah) atau perforasi (lambung atau usus bocor/berlubang). Tentu akan cukup berbahaya.

Demikian, sekilas info tentang tukak lambung. Semoga bermanfaat.

About these ads

Aksi

Information

49 responses

27 06 2014
akbar

Sy akbar bu umur 29.. mau menanyakn masalah gastritis sebelumnya sy tdk prnh terkena penyakit ini tp memang sy suka sekali makanan pedas bahkan suka sering telat makan krna rutinitas pekerjaan sy dn akhirnya akhir februari 2014 sy msk UGD dn diagnosa awal terkena maag.. kemudian sy merasakan kecemasan yg berlebih yg membuat diri sy tdk tenang kecemasan yg sy rasakan blm mereda smpai akhirnya sy opname sy cek EKG dn ECO (USG) jantung juga cek darah komplit dgn hasil normal semua dn di diagnosa terkena gastritis sampai rasa nyeri di dada kiri.. setelah opname sy kontrol ke dktr pnykit dlm di beli obt lanzoprasol, sukralfate dn obt racikan alhamdulillah smpe juni ini sdh membaik cuma yg sy rasakan utk beraktifitas krja sdh tdk seperti dulu krna sy merasakan sering mudah lemas dn sedikit tegang apakah ini efek dr gastritis it sndiri atw memang proses pemulihan ??

Jawab:
Dear Akbar, semoga sekarang sudah sembuh ya… saya kira itu efek adanya gastritis dan fase pemulihan, sehingga anda tidak merasa fit benar

13 06 2014
Rahmah

Ibu maaf mau tanya apakah obat ketoprofen bisa mengiritasi lambung yang akhirnya bisa memicu terjadinya maag?

Jawab:
Iya, Mbak rahmah.. ketoprofen merupakan obat NSAID yang bisa menyebabkan iritasi lambung karena akan mengurangi kemampuan proteksi lambung, dan jika dipakai berlebih bisa memicu maag.

13 05 2014
angela

saya mau tanya apa maag dapat sampai menyebabkan ketakutan yang berlebihan dan gemetar yang hebat juga jantung yang berdetak sangat cepat. mohon penjelasannya. terima kasih

jawab:
menurut saya kok tidak ya… justru sebaliknya, kondisi cemas atau stress dapat memicu kekambuhan maag

3 04 2014
elo

MAkasih

26 02 2014
cara mengatasi asam lambung naik

sharing info ya bun… untuk menjinankkan maag dan asam lambung naik bisa mengkonsumsi enzymes sunhope

27 01 2014
endang

bu,ibu saya terkena penyakit asam lambung.setelah di obati udah ada penyembuhan nya,tp skrg yang terasa muncul rasa dingin tiba2,dingin nya terasa dari kaki trus naik ke dada.setelah dingin nya hilang kemudian muncul rasa panas yang berkeringat.apa kah penyakit nya itu bu?? pls di jwb

jawab:
Dear endang, untuk urusan mendiagnosa penyakit kebetulan saya tidak berkompeten,karena saya bukan dokter. Apalagi dengan hanya sedikit informasi saja. Sebaiknya diperiksakan saja ke dokter.

9 01 2014
ita

Dear IBu Zulies….apa kabar? saya Ita bu (dl mahasiswa ibu di farmasi UGM angkatan 2001). Skrg saya bekerja di perusahan farmasi lokal,divisi product management. Bu, ada tulisan khususa tentang sukralfate ga bu? Klo ada mohon di share dong bu…kebetulan dpt project untuk develop sukralfat. Thanks

Jawab:
Wah, belum sempat nulis ttg sukralfat, Mbak…

5 11 2013
ciqitop

saya sering mual ketika bangun tidur ,kepala puzing, bdan bergetar..lemaz.. apa itu udah trmazuk brbahaya…

Jawab:
ya itu tanda-tanda ada yg ngga beres dalam tubuh..

7 10 2013
desta

halo.,,saya jg merasakan persis dg kmentr yg diatas, smua,,saya jg pny pnykt mag.trkadg mual2.,pert panas.,,,yg saya serng raskn gelish.tkt, jantg berdbr kencng,, tp tdak merasakn skt pns dpert, tba2 jntg brdbr kncg, pdahal hasl tes EKG jgntg sya normal,,sya srg tkt untk perg kluar,,dktr blg jg bsa kelebhn kelnjar teroid

Jawab:
Jika tidak ada masalah fisik, mungkin ada masalah psikis seperti kecemasan, walaupun mungkin tidak anda sadari. Coba diperiksakan juga ke psikiater.

30 09 2013
Ibu raunna

Selamat sore ibu zulies.
Saya ibu rauna usia 70,saya mau tanya mengenai lambung saya,ketika aku melakukan opname USG dan SCANNER 3 kali pada lambung saya, hasil dari opname tidak ada hasil positif tapi knapa lambung saya terasa nyeri dan panas,maaf sebelumya dan juga kalau tidak bisa buang gas atau buang kotoran timbul kepala jadi sakit dan juga pegel pegel di bagian punggung tolong pada ibu zulies tentang pertanyaanku di tanggapi aku tunggu.

Jawab:
Ibu Rauna, mohon maaf sekali, Bu, saya bukan dokter dan tidak punya kemampuan mendiagnosa. Gangguan penyakit ibu harus dipastikan dulu penyebabnya oleh dokter. Jika sudah pasti diagnosanya, baru mungkin saya bisa membantu memberi informasi tentang obatnya.

25 09 2013
umar

Mau tanya bu
27-08-13 sy hbs di rawat didiagnosa typoid dan skg sy sdh makan nasi tp msh yg lembek,yg sy mau tanya setiap pagi sehabis bangun tidur msh mual-mual kemudian gelisah,berdebar,lemah letih lesu,kadang disertai sakit kepala..sy harus giman dan hrs minum obat apa? Terima ksh bu..

jawab:
Dear Umar, apakah kamu masih minum obat untuk typhoidnya? sayang informasinya kurang lengkap. Gejala-gejala yang dirasakan bisa jadi sisa gejala typhoidnya, atau mungkin efek samping obat yang kamu minum. Jika mual sangat mengganggu, bisa menggunakan obat anti mual. demikian juga dengan sakit kepalanya. Tapi selam amasih kuat ya tidak usah. Yang penting periksakan ke dokter, pastikan bahwa typhoidnya sdh sembuh.

24 09 2013
aulia

mau tanya bu
apakah fungsi obat tersebut dapat diganti dengan herbal, seperti kunyit dan temulawak? trima kasih

jawab:
Sejauh yang saya tahu belum ada herbal yg efeknya seperti antasid atau golongan H2 bloker..

4 08 2013
safira seto

Trimaksh info ‘α sangat bermanfaat

12 06 2013
dito - yogya

Prof Zullies yang baik, Tulisannya sangat mencerahkan dan sangat bermanfaat. Mohon berkenan menjawab. Apakah ada gabungan pemakaian ranitidin + braxidin untuk gangguan lambung sebelum makan 1 jam akan mengurangi kinerja gabungan obat pengencer darah (mis.vaclo) + simvastatin + bisoprolol dan kaptopril sebagai pengendali tekanan darahl. Saat ini saya terdiagnosis angina progresif dan tingkat fibrinogennya tinggi (504). usia : 53 th – lelaki Matur nuwun sanget
atas jawabannya. . yuwono

Jawab:
Bapak Yuwono, sejauh yang saya tahu, secara teoritik ranitidin + braxidin tidak mempengaruhi kinerja dari obat-obat yang Bapak sebut di atas. Tapi tentunya Bapak tetap harus kontrol untuk memastikan bahwa level kolesterol dan tekanan darah berada pada rentang normal. Bapak juga harus teratur menggunakan obat pengencer darahnya, serta mengecek juga tingkat fibrinogennya.

27 05 2013
sri mul

bu, apakah ada pengaruh penyakit asam lambung (bagi laki-laki) untuk memperoleh keturunan?
trims ..

Jawab:
Tidak ada hubungannya, Mbak, antara penyakit asam lambung dan kemampuan memperoleh keturunan.

29 04 2013
rahmat

Gastritis kronis dan pan gastritis di tandai oleh mual,perasaan penuh di perut,perih,vertigo,sering sendawa,lemas,mata terasa kabur,susah tidur,perasaan cemas yang tinggi,buang air besar cair terkadang keras,kaki terasa lemas,badan mudah pegal,jantung sering berdebar dan keluar keringat dingin,demam,.saudara se nasib yang sakit gaster saya sudah 3 tahun mengalami perasaan seperti di atas sampai sekarang belum sembuh sudah terapi obat kurang lebih 1 tahun seperti omeprazole 2×1 di pagi hari sebelum makan dan sukralfate sebelum tidur.saudara yang sudah sembuh tolong dong share ke no 081369567456.An ali rahmat

16 04 2013
wiwit herawati

Prof, saya ingin tanya bagaimana mekanisme alkohol bisa menyebabkan tukak lambung?

jawab:
alkohol bisa memicu sekresi asam lambung dan merusak mukosa lambung.

15 02 2013
isfat sandi

sekedar share dan juga buat teman-teman….!
saya juga penderita maag, perut terasa perih kadang2 memang tidak tidak enak, angin naik kedada selalu terasa panas bermacam obat sudah saya coba, dari obat dokter sampai ramuan, setelah saya baca keluhan diatas, sbg masukan buat teman2 yang skt maag/gastritis bahwa : kalau sdh kena maag susah diobati tapi ada caranya selain minum obat, jangan susah, jgn stress, jgn terbebani, jgn cemas, jgn tegang, gaya hidup hrs diubah hrs rilexs, olahraga teratur, perbanyak ibadah kepada Allah, shalat fardhu, sunat, hidup enjoy aja, jgn terlalu dipikirin kita serahkan semua karena Allah, krn maag sumber utamanya fktr psikis, kalau sudah tenang pikiran, InsyaAllah sembuh.

7 01 2013
liliek ani suryaningsih

Td siang sy lupa makan, sorex migrain sya kambuh, ulu hati perih, sy bawa makan mi kuah, pake sambal tp ga banyak, stlh bbrp waktu sy makan malah muntah, terus sy minum teh panas, dibw tidur, tengah malam sy bangun, dada terasa panas. Sy menghindari obat2an kimia, selama ini sy rutin minum kloropil.
Lalu sy browsing ketemu tulisan anda, bgmn analisa anda ttg yg sy alami, terima kasih sblmnya

Jawab:
Menurut saya Anda punya gangguan lambung karena produksi asam lambung berlebih dan mungkin juga ada aliran asam lambung yg naik, dan sebaiknya diatasi. Obat yang paling ringan adalah menggunakan semacam antasid yang berfungsi menetralkan asam lambung. Saya tidak begitu yakin apakah kloropil bisa berfungsi dalam hal ini. Saya sarankan sebaiknya diperiksakan ke dokter.

9 12 2012
erwan

saya kena maag sering saya kepala seperti masuk angin atau orang mau pingsan gimana ya solusinya biasanya mau kayak muntah gitu obat yg saya minum promag.thanks

Jwab:
saya bukan dokter dan tidak bisa mendiagnosa. Ada baiknya diperiksakan saja ke dokter utk mendapat kepastian penyakitnya dan obatnya

2 12 2012
via

untuk pengobatan swamedikasi pada pasien tukak peptik yang mempunyai riwayat asma apa saja ya bu?
terima kasih..

Jawab:
saya kira tidak ada hal khusus, masih bisa pakai antihistamin H2 (ranitidin, cimetidin) atau antasid.

3 11 2012
marnita

mohon secepatnya dijwb bu..sy uda cape nahan cegukannya.dada trasa sprti trangkat.sdh minum ranitidin,antasida danprimpran.

3 11 2012
marnita

obat yg paling ampuh untuk mnghilangkan cegukan apa ya..soalnya sy uda 3 hari ini cegukan terus.itu diakibatkan asam lmbung naik krn minum obat rematik(obat cina)tolong bantuannya.trims..

12 10 2012
irawan

Saya mau tanya,saya punya maag ,dulu sering seperti mual terus mau muntah,perih .setelah ke dokter di periksa lambungnya ga apa”katanya.diberi obat.tapi sampai sekarang kok belum sembuh”.sekarang lambung terasa seperti panas kalau tarik napas dan juga kalau berbicara sprti ada udara yg keluar dari lambung agak bau.jantung kok kadang agak gemetar apa pengaruh dari obat maag ya?makasih jwbnya

Jawab:
saya kira bukan karena pengaruh obat maag, tapi memang gangguan lambung Anda belum tertangani sempurna. bisa jadi Anda mengalami GERD (gastroesofagal reflux disease)…gangguan yg menyebabkan aliran isi lambung naik ke arah kerongkongan. Gangguan ini sifatnya kronis, perlu pengobatan yang agak lama. Coba konsultasikan dengan dokter dan cari second opinion untuk gangguan Anda, utk mendpat pengobatan yang tepat

20 08 2012
batam

trimaksiiioiiiiiiiiiiiii

7 07 2012
Mbah Djoyo

Sekedar Share, saat ini saya masih menderita asam lambung tinggi, keluhan, sudah jantung berdebar, semutan pada bagian jari kaki, lemas, nyeri di bagian perut bagian kiri, sakit kepala/vertigo. Saya sudah endoscopy kesimpulan Gastritis Erosif, berbagai obat sudah di minum, efek penyakit baik GERD/Asam lambung tinggi adalah psikosomatis, rasa cemat dan kekhawtiran / panik yg tinggi. Bagi teman yg mau share berbagi bs sms ke 0 8 5 6 7 6 1 7 6 1 7 untuk berbagi pengalaman dan rasa. Semoga sehat selalu

20 06 2012
moehantaresh

Sudah sebulan ini saya merasakan panas di daerah lambung. Sudah ke dokter katanya mungkin hanya stress saja. Di beri obat, membaik seminggu namun muncul lagi meski kadang suka hilang rasa panasnya. Saya ti
dak meraskan sakit atau apa, hanya panas yang bikin gak nyaman. Apakah ada tukak?utk mengetahui ada tidaknya tukak apakah harus endoskopi?? Terima kasih

Jawab:
Rasa panas mungkin disebabkan karena produksi asam lambung berlebih atau aliran asam lambung yang naik ke atas. Jika diberi obat untuk menghambat sekresi asam lambung biasanya reda. Kalau tukak biasanya sampai nyeri, karena tukak itu semacam luka karena iritasi lambung yang sudah berlebih. Memang untuk memastikan adanya tukak sebaiknya dilakukan endoskopi. Tapi kalau sekedar panas yg bikin ngga nyaman, saya duga belum sampai terjadi tukak, tapi gangguan aliran balik asam lambung (gastroesofagal reflux disease). untuk memastikan sebaiknya memang harus diperiksakan ke dokter.

3 05 2012
sofian

aslmlkm. Sy mw tny,apakh inpepsa,lansoprazole,braxidin,aman d gnkan dlm jngka wkt yg lma??smpai kpn?mksh

jawab:
Inpepsa dan Lansoprazole saya kira cukup aman dalam jangka waktu lama. Braxidin adalah obat penenang, mungkin dokter menduga bahwa gangguan lambung anda disebabkan karena stress atau gangguan kecemasan. Karena itu adalah obat penenang, jika dipakai jangka panjang dapat menyebabkan ketergantungan, jadi perlu hati-hati menggunakannya.

15 04 2012
Tony

Selamat mlm!slm kenal ya!sy mau tanya apakah metromidasol dan amoxicilin adalah kombinasi untk membunuh bkteri holicobacter pylori?sy merasakan panas diperut kiri lalu kedada panas dan punggung spt kesemutan dan tenggorokan sampai tengkuk leher belakang kaku!sy curiga krn bkteri hp!mhn tanggapannya ya!posisi sy dilp mbak!mksh!

jawab:
Dear Tony, bakteri helicobacter pylory adalah bakteri yg bisa menyebabkan tukak lambung/maag. Betul, bhw metronidazol dan amoxicilin merupakan salah satu antibiotik utk membunuh bakteri tersebut. Tapi saya kira, walaupun anda merasakan gejala2 spt yg disebutkan, perlu dipastikan dulu apakah benar ada bakteri tersebut. Karena gejala yg anda sampaikan tidak selalu disebabkan karena bakteri ini, apalagi sampai punggung kesemutan, tenggorokan sampe tengkuk leher belakang kaku, perlu dipastikan dulu penyakitnya. Tukak lambung pun TIDAK semua disebabkan oleh bakteri H.Pylory. Saya sarankan untuk ke dokter saja untuk pemeriksaan lebih teliti.

26 02 2012
tommyarifin

bu .mau naya sedikit.di saya punya mag ni.terus pas lagi kumta.dada terasa panas.dan kerongkongan saya juga terasa panas.dan mulut saya terasa pahit.itu kenapa ya bu.?

jawab
Mungkin Anda mengalami GERD, yaitu mengalirnya asam lambung ke atas sampai kerongkongan, hingga terasa panas dan pahit… sebaiknya dipriksakan ke dokter

25 06 2011
tri julianto

saya penderita sakit maag bu kadang saya sakit atau tidak saya merasakan rasa panas di perut saya yang mengalir kebawah.apa itu asam lambungnya atau itu cuman ototnya.terkadang jikalau saya tegang ototnya malah ga bisa tidur kadang saya coba minum vitamin B untuk mengurangi rasa tegang tapi saya juga alergi vitamin B kecuali B 12.sekarang gimana caranya menghilangkan rasa panas diperutnya dan saya harus minum apa buat meregangkan tegang diototnya trimakasih

jawab:
Wah, saya bukan dokter, jadi tidak berani memastikan gangguan apa yang Anda alami.. saya agak bingung juga kok ada tegang otot segala. Apa tidak sebaiknya diperiksakan ke dokter spy lebih pasti diagnosanya?

30 05 2011
efraim

akhir2 ini saya merasakan di kerongkongan seperti ada yang mengganjal (seperti makan makanan terus membetur dinding keronkongan), ga sakit tapi terasa menggangu. kadang terasa kadang ga. dan sudah semingguan. kira2 saya mengalami apa ya? kyaknya awalnya dimulai saat saya cegukan padahal saya ga makan apa2. apakah itu berkaitan karena maag? karena saya sering mengalami sakit maag. makasih

Jawab:
Wah, saya bukan dokter, jadi tidak kompeten untuk mendiagnosa. Kalau sampai saat ini masih terasa mengganggu, sebaiknya diperiksakan ke dokter saja

8 05 2011
Rudi

Tulisan ini memarik jelas, semua sudah dijelaskan, kata-katanya sederhana. Teroma kasoh

7 05 2011
Ivan

Ini pa tmn saya kand dri dlu terkena sakit maagh,,,!!
Mu tanya,,,apa obatt yg bisa menghilangkn’a,,,!?

jawab:
kan sudah ada dalam artikel tersebut…

15 03 2011
hrz

ass, saya hr, saya mmeriksa k dokter dgn hasil maag ( asam lambung naik ) gejala saya sama dengan cece rasa sakit nyebar di skitar jantung , berdebar2,lemas, dan gemetar.. Apa ada lg yang pernah merasakany?
Saya msh takut trkna jantung, hasil ekg normal..

jawab:
kayaknya jawaban saya masih sama…. mungkin itu adalah GERD. Memang rasanya seperti ke dada, ke jantung, tapi sebenernya tidak. DIperiksakan saja lebih intensif.

10 03 2011
M.Taufiq

bgini mbak…saya ada keluhan …dan ini sering terjadi tiap pagi,,,,biasanya klo abis sarapan,..atau makan kue,atau apapun biar,,,sedikit aja..beberapa menit kemdian lambung saya terasa panas(blum yakin apa memang dilambung) dan terasa sampai kedada…dan baru terasa enak bila cegukan dgn sengaja untuk mengeluarkan gasnya…ini gejala apa mbak? dan harus bagaimana ? mohon solusinya

Jawab:
mungkin itu termasuk penyakit GERD (gastroesophagal reflux disease), di mana terjadi aliran isi lambung kembali ke atas, kadang bisa sampai ke kerongkongan, akibat kurang berfungsinya otot spinkter di lambung. Jadi makanan bisa naik lagi bersama dengan asam lambung, sehingga terasa panas bahkan terasa di dada. Sebaiknya diperiksakan saja ke dokter, utk mendapatkan diagnosa lebih pasti. Untuk sementara, atur makan sedikit-sedikit saja, bisa digunakan juga obat-obat mag seperti ranitidin atau omeprazol, utk mengurangi asam lambung.

9 03 2011
kadek learstone

saya mau nanya ni,
kalo maag itu sakitnya pada perut bagian kiri!
tapi low sakit pada perut bagian kanan, sebelah puser itu sakit apa?
gejalanya susah tidur, kepala sedikit pusing, badan lemas, dan perut melilit..
terimakasih

Jawab:
saya bukan dokter. sebaiknya diperiksakan saja deh, karena utk memastikan diagnosa sebaiknya harus diperiksa secara langsung

19 02 2011
andi rustandi

mau nanya saya kadang2 suka merasa menggah kaya engap/susah napas kalo lagi terasa maag nya, itu tiba2 aja, gejalanya perih di lambung ga ada cuma suka merasa kaya yng kembung tp ga kmbung jd klo bernapas kya yng asma kira2 itu penyakit apa truz obatny apa trm.

Jawab:
wah, maaf, saya bukan dokter. Sebaiknya diperiksakan saja ke dokter, karena utk mendapat diagnosa yang tepat tentu harus dilakukan pemeriksaan langsung.

11 02 2011
taufik

di bawah dada kiri (diatas perut) terasa ngeganjal setiap duduk, terasa perih seperti ditusuk kalo tidur miring kekiri, kalo dulu sering muntah tapi sekarang tidak tapi seperti ini. apa ini sakit maag kronis/luka tukak atau penyakit lain, saya takut tumor seperti ayah saya. mohon dijawab terimakasih banyak

jawab:
diperiksakan ke dokter saja dengan pemeriksaan lengkap, misal dengan endoskopi… sulit untuk memastikan hanya dari informasi yang sangat sedikit… Semoga baik-baik saja

8 12 2010
nova

Salam kenal mbak….
saya penderita maag… beberapa bulan ini tubuh saya jadi lemah…
sempat di endoskopy ga ada luka / bakteri…

kenapa sudah di kasi obat saya tetap merasakan gejalanya..
setiap pagi saya pengen muntah.. dan tiap hari lambung terasa panas.. saya merasa lemas, sekarang saya menghentikan obat dokter..saya takut efek sampingnya..

Jawab:
Apa mungkin anda mengalami GERD (gastroesofagal refluks disease), Mbak?…. Saya kira perlu pemeriksaan lebih teliti utk memastikan penyebabnya. Kalau sudah dipastikan, obatnya bisa lebih pas. Kadang obatnya memang harus digunakan dalam jangka waktu lama, jadi ngga papa diteruskan, Mbak.

7 11 2010
nanthree

terimakasih ibu, artikelnya benar-benar membantu …

23 09 2010
Vegi p

Kata dokter, saya gastritis akut. Klo kambuh, perut saya seperti di plintir. Susah “kentut”, mual, pusing dan badan jd lemas. Pernah saya BAB, kotoranny brwarna hitam, spt endapan lumpur. Gastritis akut sama gak dgn maag?

jawab:
ya sama, mbak… gastritis itu radang lambung, bisa digolongkan penyakit lambung (maag).

11 09 2010
murniaty

Selamat pagi, saat nulis komen ini sy lagi di RS jagain nenek, sblm msk RS beliau keliatan sgt pucat, di UGD tensi 80/60, hb:9. analisa dokter pendarahan lambungx dikarenakan ES dr obat rematik yg ia konsumsi (piroxicam,fenilbutazon,prednison). Yg ingin saya tanyakan : berbahayakah pendarahan lambung itu ? Bgm cara mengobatinya (selama-setelah keluar RS), nenek juga mengeluh dinding perutnya terasa panas, dan tulang ekornya terasa sakit apa itu trmasuk akibat dr p’drahan lmbung ?. Trims

Jwb:
ketika saya nulis jawaban komen ini, saya lagi mudik, Mbak :) . jadi maap kalo komennya agak lama.
Ya, benar sekali bahwa penggunaan obat-obat rematik golongan NSAID yg nenek Anda konsumsi memang efek sampingnya ke lambung. Seberapa bahayanya tentu tergantung seberapa parah keadaan lambungnya. Obat-obatan tersebut harus dihentikan dulu, atau diganti dengan obat golongan lain yang lebih aman untuk lambung, seperti celecoxib. Biasanya perlu diberi obat-obatan lambung (tentu dokter akan meresepkan) dan selanjutnya harus menghindari obat-obat semacam itu. Dinding perut terasa panas mungkin masih ada hubungannya dengan gangguan lambung karena adanya asam lambung yang “mengiritasi”. Sedangkan tulang ekor yang sakit, saya kira kok ngga terlalu berhubungan dengan perdarahan lambung, tapi lebih pada rematiknya. demikian ya, semoga bermanfaat, dan nenek Anda segera sembuh.

3 09 2010
Burhan

Selamat pagi… Saya penderita maag yang bervirus sesuai hasil pemeriksaan lab … Apa obatnya mba yang paling baik untuk saya ….Dan kalau sayamau kedokter specials di Jakarta ,kemana saya harus pergi atau dirumah sakit apa dijakarta Ada ahli penyakit maag …. Tolong infonya …terimakasih …Dan sukses selalu
Salam
Burhan

jawab:
mungkin bukan virus, tapi bakteri, Mas.. biasanya adalah Helicobacter pylory. Obatnya dengan antibiotika, mestinya dokternya tau deh. Maaf, saya tidak tinggal di Jakarta, jadi tidak tau tentang ahli maag di sana. semoga cepat sembuh ya

3 08 2010
Yulis

Sy mau tanya. . Sya penderita grastts dan mengalami smua gejala yg disebut diatas. .dokter sudah memberi antasida tp tdk sembuh2. . . Sampai sekarang belum smbuh. . Setiap kali bangun tidur selalu lapar tapi mau muntah dan kadang-kadang demam,bahkan susah untuk makan pagi. Kira – kira saya harus memilih obat apa? Hal ini cukup mengganggu konsentrasi belajar saya sbagai mahasiswa. Terima kasih

Jawab:
Saya kira ngga cukup dengan antasid saja, perlu obat yg lebih kuat, seperti omeprazol. Apalagi jika penyebabnya adalah bakteri H. pylori, maka perlu juga antibiotik. Mungkin Anda perlu pemeriksaan yang lebih intensif mengenai penyebab dan keparahannya, sehingga bisa dipilihkan obat yng tepat.

12 07 2010
wiryo

saya menderita GERD sudah 2 tahun, untuk meredakan penyakit saya stiap hr saya konsumsi antasida…yg jadi pertanyaan: apakah berbahaya mengkonsumsi antasida tiap hari? terimakasih

Jawab:
Jika memang penggunaan antasid tidak bisa dielakkan, saya kira ngga papa. Antasid sendiri kerjanya bersifat lokal, tidak diserap oleh tubuh, hanya menetralkan asam lambung, jadi mungkin efek samping tidak terlalu besar.

10 07 2010
gafar

saya 3 bulan terakhir ini terkena maag yang lumayan parah karena membuat jantung bedebar dan panik, kira2 penanganannya bagaimana?

jawab:
diperiksakan dulu aja…. obat-obatnya ya pake obat-obat maag seperti dalam artikel ini..

7 06 2010
cece

Saya ada maag, tp maag yg saya derita ini anehnya kalo kumat, lgs menyerang ke jantung. Rasanya berdebar sgt kencang, sy sampe panik krn takut serangan jantung. Tulang belakang sampai tengkuk seperti ada rasa panas menjalar..jantung sdh di cek, katanya tdk ada masalah. Tp kata dokter2 itu dr maag nya. Sebenernya saya kena penyakit maag apa ya? Dan apa yg dimaksud dgn hernia lambung? Bagaimana menyembuhkan maag saya ini ya. Saya sgt takut sekali, krn larinya ke jantung. Kalo hanya ke nyeri perut aja gak masalah. Perut tdk terasa nyeri, tp tiba2 rasa panas dan jantung berdebar itu yg dtg tiba2.. Tolong kalo ada yg bs bantu, saya sgt berterima kasih sekali.

Jawab:
Mbak, kemungkinan besar itu adalah penyakit GERD (gastroesofagal refluks disease), yaitu mengalirnya kembali isi lambung ke kerongkongan. Rasanya memang panas di dada, karena isi lambung yang asam naik lagi ke atas. Sebenarnya bukan ke jantung, tapi karena dekat jantung sehingga sepertinya jantungnya ikut kena. Mungkin disebabkan karena adanya semacam “hernia lambung”, sehingga isi lambung cenderung mbalik ke atas. Biasanya diatasi dengan obat-obat maag biasa (ranitidin, omeprazol, dll) utk mengurangi produksi asam lambung. Diperiksakan saja ke dokter, mbak.

14 04 2010
Anggraini

Bu zullies boleh tanya tdk? Saya itu bingung, bgmana cara mengatur waktu minum obat jika dapat 2/lebih jenis obat maag yg salah 1nya antasida. Setau saya, kl begitu antasida 1 jam ac & ranitidin (misalnya) pc, tapi ada jarak waktu ttt antara ranitidin dg makan tdk bu?
Trimakasih..

Jawab:
ranitidin bisa diminum 30 menit setelah makan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 425 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: