Sekilas tentang Vertigo..

14 10 2009

Dear kawan,

vertigo

vertigo

Pernah merasa bumi terasa berputar gitu? Ngliyeng mau jatuh? Hm.. alhamdulillah, aku belum pernah. Tapi sering denger teman-teman ada yang menceritakan keluhannya. Mbak Nia temanku sedang menderita Vertigo, dan menginspirasi tulisan pendek ini. Semoga cepet sembuh, Jeng….

Apakah vertigo termasuk jenis sakit kepala seperti migrain? Ternyata bukan. Vertigo adalah salah satu jenis penyakit yang ditandai dengan gangguan ilusi gerakan. Jika yang terasa berputar adalah diri sendiri, disebut vertigo subyektif. Kalau yang berputar adalah lingkungan sekitarnya, disebut vertigo obyektif.

Apa penyebab vertigo?

Vertigo disebabkan karena gangguan keseimbangan di telinga bagian dalam (alat keseimbangan, atau bagian vestibular) atau mungkin di otak. Bentuk paling sering dari vertigo adalah  Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV), yaitu adanya ilusi gerakan yang disebabkan oleh gerakan kepala secara mendadak atau gerakan kepala ke arah tertentu. Jenis seperti ini umumnya tidak berat dan dapat diatasi.

Penyebab lain dari vertigo adalah peradangan pada telinga bagian dalam (labirinitis), yang ditandai dengan kejadian vertigo yang tiba-tiba dan kadang diikuti dengan kehilangan pendengaran. Penyebab paling sering adalah infeksi viral atau bakteri. Beberapa penyakit lain juga bisa menyebabkan vertigo, seperti Meniere disease, perdarahan di otak, multiple sclerosis, cedera kepala, dan migrain.

Apa gejalanya?

Pada umumnya penderita akan merasakan sensasi gerakan seperti berputar, baik dirinya sendiri atau lingkungan yang berputar. Selain itu, kadang ada juga yang disertai gejala mual atau muntah, berkeringat, dan gerakan mata yang abnormal. Gejala ini bisa terjadi dalam satuan menit atau jam, dapat bersifat konstan atau episodik (kadang-kadang). Ada pula yang merasakan telinga berdering, gangguan penglihatan, lemah, sulit bicara, atau kesulitan berjalan.

Kapan perlu mendapatkan penanganan medis dan apa obatnya?

Semua gejala dan tanda vertigo perlu dievaluasi oleh dokter. Sebagian besar penyebab vertigo tidak berbahaya, dan pada umumnya dapat diatasi dengan pengobatan. Pilihan obatnya tergantung dari diagnosisnya (jenis vetigo) dan penyebab vertigonya. Misalnya jika terjadi infeksi bakteri pada telinga dalam, tentu butuh antibiotika. Obat-obat yang umum dipakai untuk vertigo adalah: betahistin mesylat,  meclizine hydrochloride (Antivert), diphenhydramine (Benadryl), promethazine hydrochloride (Phenergan), dan diazepam (Valium)

Terapi alternatif?

Berbagai terapi non-obat dapat dicoba untuk mengatasi vertigo, mulai dari penggunaan obat herbal, akupuntur, meditasi, yoga, pengaturan diet, tai chi, sampai terapi spiritual. Setiap orang bisa memilih mana yang lebih cocok.

Namun sekali lagi, lepas dari semua usaha secara medis maupun nonmedis, jangan lupa memohon pada Pemberi Hidup dan Kesembuhan, karena Dialah yang akan memberi kesembuhan.

Demikian semoga bermanfaat.

Aksi

Information

38 responses

25 08 2014
iful cbr

kenapa gini loh masa sampe lama banget kalau buat memandang perasa’an semua ruang muter2 …

5 08 2014
andy

Bu prof yg terhormat,
Ibu saya terkena vertigo bu ,dan sudah 5 hari di rawat di RS tapi sampai sekarang blm ada perubahan sama sekali, kata saudara saya sih mungkin karna belum di tangani oleh dokter spesialis saraf,karna ibu saya dirawat habis lebaran,mungkin dokter2 spesialisnya mash pada libur,jadi smentara di tangani dokter umum,
Yg saya mau tanya, kira2 apa boleh kita memberinya obat paten? Smentara smpai saat ini msh dalam pengawasan dokter umum, dan kalau boleh obat apa yang harus di berikan ke ibu saya, saya tidak tega melihat ibu saya selalu mengeluhkan sakit kepalanya dan smpai saat ini msh d rawat dan blm ada perkembangan..
Trims sblm.

Jawab:
Coba diberikan dulu obat seperti Mertigo atau sejenisnya yang berisi betahistin mesylate. Tanyakan ke apotek

2 08 2014
Rado

Halo Ibu zullies,
Saya mau tanya, pengobatan untk vertigo itu brp lm ya semenjak terkena serangan tiba2 sensasi muter2 smpe mual?.
Diazepam itu kan obat penenang, knp pengobatannya hrs menggunakan diazepam, apa ga kena efek ktergantungan mengingat itu obat psikotik?.
Dokter sy memberikan betahistine, analsik (ada Diazepamnya), dan Otopain, itu fungsinya masing2 apa bu?.
Terima kasih banyak Bu

Jawab:
Dear Rado,
vertigo adalah penyakit kambuhan. Setiap saat kambuh, pengobatan dapat dilakukan sampai gejala hilang. Diazepam merupakan salah satu terapi vertigo, bukan untuk efek penenangnya, tetapi untuk menekan sistem syaraf pusat dan berfungsi juga sebagai anti mual. Selain itu biasa dikombinasi dengan betahistin (suatu antihstamin), karena pada vertigo ada peranan reseptor histamin. Otopain adalah obat antibiotik dan radang telinga, karena vertigo bisa juga terjadi akibat adanya gangguan di telinga yang menyebabkan gangguan pada vestibular apparatus di telinga.

17 07 2014
Manfaat Puasa

Wonderful article! That is the type of information that
are supposed to be shared around the web. Shame on the seek engines for now not positioning this publish upper!
Come on over and discuss with my web site . Thank you =)

15 06 2014
indarwati

ibu zullies, kalau betahistin itu sebenarnya masuk kedalam antagonis H1 atau H3 ya?
terima kasih.

Jawab:
Betahistin adalah agonis reseptor H1 dan sekaligus antagonis H3
“Betahistine primarily acts as a histamine H1-agonist with 0.07 times the activity of histamine. Stimulating the H1-receptors in the inner ear causes a vasodilatory effect and increased permeability in the blood vessels which results in reduced endolymphatic pressure. Betahistine is believed to act by reducing the asymmetrical functioning of sensory vestibular organs as well as by increasing vestibulocochlear blood flow. Doing so aids in decreasing symptoms of vertigo and balance disorders. Betahistine also acts as a histamine H3-receptor antagonist which causes an increased output of histamine from histaminergic nerve endings which can further increase the direct H1-agonist activity. Furthermore, H3-receptor antagonism increases the levels of neurotransmitters such as serotonin in the brainstem, which inhibits the activity of vestibular nuclei, helping to restore proper balance and decrease in vertigo symptoms.

sumber : http://www.drugbank.ca/drugs/DB06698

11 06 2014
Arie

Bu, mau nanya
kepala blakang sya bgian bwah trasa nyeri
klo dari tduran trus duduk/dri duduk trus berdri pandangan sya menjdi gelap dan trasa berputar putar
trus kepala blakang sya bgian bwah trasa nyeri tensi darah normal
kira” kena vertigo kah sya ato mgkin ibu pny pndangan lain ?
dlu jg skit sperti ini trus sya mnumin p*nadol xtra dan stlah beberpa hari smbuh tp skrg kmbuh lg …
mksh

Jawab:
mungkin saja anda kena vertigo

25 05 2014
indarwati

prof zullies, sya mau tanya perbedaan mekanisme betahistin mesylate dan betahistin Hcl apa ya??
terima kasih…

Jawab:
Yang bekerja pada tempat aksinya adalah sama yaitu senyawa betahistin. Mesylate dan HCl adalah bentuk garam yg membawanya, di mana bentuk mesylate memiliki solubilitas dan bioavailabilitas yang lebih baik daripada bentuk HCl, sehingga diperlukan dosis yang lebih kecil, dan dengan demikian efek sampingnya juga lebih kecil.

3 05 2014
lia

Assalamu’alaikum. Saya mau tanya. Kalau seremig 10 di minum 3xsehari apa itu sangat membahayakan???

Jawab:
saya kira kok tidak ya..

29 03 2014
sriastuti tridjoko

Ass. bu zulis. suami saya menderita vertigo dan berdasarkan hasil foto telinga kanan rusak tinggal berfungsi 30 %. sering kambuh akhir2 ini, sudah minum obat macem macem : merislon, fergo, tebokan ( resep dokter) tapi masih sering kambuh, mohon advis bu

28 03 2014
Amel

Saya jg terkena vertigo , tepatnya migrain vertigo, dan sudah lama sering kambuh terus, hampir setiap bulan kambuh. Saat ini saya sedang hamil 2 bln. Sebelumnya saya periksa ke dokter saraf dan dikasih obat unalium. Tp setelah tau saya hamil saya berhenti minum unalium. Apakah unalium aman di minum ketika hamil?

Jawab:
Bu Amel, Unalium berisi flunarizin yang memang ditujukan mencegah migrain dan vertigo. Jika gangguan migrain dan vertigonya sangat mengganggu, Unalium boleh digunakan saat hamil. Namun jika diminimalkan penggunaannya akan lebih baik.

16 12 2013
Eel

Ulasannya bgs skl.. st jd lebih mengerti ttg vertigo. Mgkn utk sharing aj.. 3 hr yg lalu sy terserang flu.. trus td pagi sy merasa kok sptnya muter2 gt.. Alhamdulillah. Skrg suka mulai berkurang. Mdh2n bsk udh smbuh. dokter beri obat yg mengandung betahistine mesilate. Thanks mba atas ulasannya.

3 12 2013
Tarawiyah

Assalamu’alaikum bu, ma’af mw tnya, ayah sy mendrita maag sdah menahun, baru2 ini beliau mengalami pusing yg luar biasa, kta dokter it pngaruh dri asam lmbung obt yg resepkan adl omeprazole dan cefotaxime tpi obt it tdk berpengruh baik trhdap pusingnya. Apkah ayah sya mngalami vertigo?

Jawab:
tentu dokter yang mestinya lebih tau mengenai penyakit ayah anda, karena beliau yang memeriksa. Jika kurang jelas, mungkin bisa dirujuk ke dokter yang lebih ahli yaitu spesialis saraf (ahli neurologis). apakah terasa muter gitu ? karena kalau vertigo salah satu gejalanya adalah kehilangan keseimbangan.

10 11 2013
hermy

Assalamu’alaikum bu zullies,,,maaf mau tanya nih bu, klo vertigo kan umum sekali digunakan obat merislon atau unalium, sebenaarnya mana yg lbh efektif ya bu? Trs, klo merislon digunakan dalam jangka pangjang apakah ada efek yg membahayakan? Atau apabila dikonsumsi tapi sebenernya lgi gak pusing efeknya apa ya bu?

Jawab:
Merislon berisi betahistin, sedangkan Unalium berisi flunarizin, yg mana keduanya tergolong antihistamin yang sering dipakai untuk vertigo. Mana yang lebih efektif sulit dijawab, karena respon seseorang dengan yang lain bisa berbeda dan bersifat individual. Secara teori sama saja potensinya. Efeknya ya ada, tetapi tidak terlalu membahayakan.

26 04 2013
samsul huda

skitar 2 minggu kemare saya merasaka serngan vertigo, tp alhamdulillah kamren saya konsumsi salah 1 obat diatas dan sdh mulai normal lagi, saya berfikir apa yg membuat saya kena serangan vertigo, dan saya ingat 2 hari sebelum saya pusing dan mual2, saya membersihkan telinga kanan saya yg sangat Gatal dengan menggunakan obat tetes telinga (Forumen) yang saya teteskan kedalam telinga dan saya diamkan selama -+5 menit

24 03 2013
rasya pratama

saya mau minta saran,kepala saya sering sakit dan suka mual dan muntah.itu penyakit apa dan obatnya apa.terima kasih.

Jawab:
sakit kepala yang disertai mual dan muntah itu mungkin adalah migrain. Obatnya ya obat sakit kepala biasa atau obat khusus untuk migrain. Tapi sebaiknya ada periksakan ke dokter untuk memastikan diagnosanya, karena sakit kepala itu bermacam-macam, dan juga bisa merupakan gejala dari adanya penyakit lain.

11 01 2013
Dedy

Bu Prof, Nanya dong
Kalau setiap hari, saya terkena vertigo kira kira 1 menit, tapi tiap hari minimal ada satu kejadian vertigo. itu kira kira jenis vertigo nya apa ya? punya saran gak , Bu Prof
makasih banget ya

JAwab:
Wah, klo urusan penyakit dan diagnosisnya, saya tdak kompeten. Baiknya diperiksakan ke dokter saja. Maaf, ya, tdk bisa banyak membantu.

27 11 2012
awan

sya rmja 18 tahun kdang habis duduk kepala kya ketarik ke kanan, dan sulit berjalan harus diam beberapa detik apa itu jga vertigo?
Makasih

jawab:
kayanya bukan… vertigo itu nggliyeng, pandangan berputar..

18 09 2012
eva

Anak sy 3th tiba2 mengalami vertigo. Knp dan bgm penangannya?
Sblmnya sejak umur 1th 3bln,dan 2th jg pnh vertigo,tp wkt itu dicurigai epilepsi krn dia blm bisa cerita hanya dilihat gejalanya yaitu menutup mata,terjatuh. rekam otak,ct-scan,mri sdh pernah dan hsl normal. Skrg dia bisa cerita kl kepalanya sakit. Dan wkt tjd serangan dia masi sadar,bisa diajak bicara. Jg disertai muntah jika dipaksa jalan.

jawab:
Wah, maaf saya tidak bisa memastikan penyebabnya. Apalagi saya bukan dokter dan hasil pemeriksaan semua normal. Apakah sampai sekarang masih sering terjadi begitu? Semoga sudah baikan ya.

26 07 2012
Efhie

Assalamua’alaikum….Bu Prof….Subhanallah Walhamdulillah..sy menemukan blog ini berawal dari rs ingin tw sy, ttg penyakit vertigo yg diderita ibu sy, hmm…bnr2 mantaaabb…..ulasannya, tp bu..ingin menanyakan ttg jenis obat kmrin ibu sy mnderita vertigo smpe muntah2 seharian; kmdian d rwt inap, dr dokter d beri obat, diazepam, , tp kq blum ada perubahan, muter2 kdg msh kambuh, trs ada temen sy bilang bagusan d kah merisol atw mertigo, yg sy tanyakan yg paling bagus dn aman kira yg mana y bu….sy bnr2 bth jwabannya bu…sebelumnya, maturnembahnuwun bu, Semoga Allah membalas kebaikan panjenengan::….Amiin ..Wassalmu’alaikum

Jawab:
Dear mbak Efhie,
Merislon dan Mertigo sama-sama obat yang berisi betahistin mesilat yang memang ditujukan untuk mengatasi vertigo. Bedanya adalah merknya, produsennya, dan harganya :). Jadi, dari segi keamanan dan potensinya saya kira setara, Mbak. Tinggal “cocok-cocokan” dan harganya…. silakan pilih saja… Semoga ibu Anda segera sembuh, ya.. Amien..

3 07 2012
mala

bu, apa kabar? mau tanya nih. sy remaja 18 tahun. sudah 3 minggu sy sakit kepala bagian depan hingga tengah. sebelumnya tidak pernah sakit kepala selama dan sesakit ini. setiap menggerakkan kepala & bangkit dari tidur, semuanya berasa berputar, terkadang sy hampir jatuh. kadang terasa mual juga. sudah berobat ke dokter, tapi malahan tambah terasa pusingnya. apa sy terkena vertigo? terima kasih..

25 02 2012
nama

Bu, saya mau tanya..saya juga menderita penyakit ini dan pernah dikasih obat sama dokter versilon 6 betahistine mesylate 6 mg klo pusing sama obat ranitidin klo mual (yang sering saya minum obat pusing karena klo vertigonya kambuh jarang mual), kalau pusing saya kambuh saya hanya minum 1 tablet obat versilon trus saya tidur biasanya habis tidur pusingnya hilang trus saya tidak minum obat lagi, apakah tidak apa-apa bu kalau saya hanya minum obat tsb sekali saja pada saat vertigonya kambuh padahal resep yang diberikan dokter diminum 3 kali sehari 1 tablet???
Saya tunggu bu jawabanya,, makasih…

Jawab:
tidak apa-apa, Mbak… cukup diminum jika kambuh saja

3 01 2012
syifa

aku dulunya sring sakit kepala gt. Dan akhir2 ini suka kambuh.
Prubahan posisi dari tidur ke duduk, atau dari duduk ke berdiri bikin kepala aku langsung pusing, smua kya muter2. Dan kadang kalo lagi sakit banget, aku suka khilangan kesimbangan tubuh dan jatuh (tp ga pingsan).
Akhir2 ini juga suka jd mual2 klo lg sakit kpala, juga ulu hati ikutan sakit. Dan kadang pelafalan kalimat aku jd kurang jelas deh.
Ini termasuk vertigo yg bahaya atau yg normal ya? Soalnya kadang kalo lg di dpan laptop, dan pusing mndadak, kadang kpala aku terantuk di laptop. Kya di dorong gt.
Tolong masukannya ya . Aku mau cek ke RS tp takutnya nanti malah terdeteksi pnyakit lain. Mkasih sbelumnya

Jawab:
Sebaiknya diperiksakan saja ke dokter untuk kepastian penyakitnya. Ga usah kuatir, justru lebih awal diketahui lebih baik, apapun penyakitnya.

31 05 2011
purwanto

saya mau tukar pengalaman sedikit tentang penyakit vertigo,saya kena vertigo kurang lebih 1 bln,dengan gejala pusing dan berputar utamanya waktu berbaring sangat terasa.kemudian sy terapi berbagai macam,al : pijat reflexi,akupuntur dan bekam dan Alhamdulillah sekarang sudah sembuh.mudah-mudahan info ini berguna bagi para pembaca.

24 05 2011
About Vertigo » Rusmin Nuryadin's Official Blog

[...] source May 24, 2011 Rusmin Nuryadin Posted in:Health [...]

27 10 2010
Marsahata Lingga

Saya beberapa kali mengalami penyakit ini dengan selang waktu yg berbeda dan belum tau untuk mengatasinya sampai sekarang dan terahir saya diberi dokter obat yg juga nama obatnya Mertigo, mohon keterangan /penjelasan Ibu n terimakasih

jawab:
Obat yang Anda gunakan yaitu Mertigo berisi : Betahistine mesilat, yang bekerja memperlebar spinchter prekapiler sehingga meningkatkan aliran darah pada telinga bagian dalam. Betahistine mengatur permeabilitas kapiler pada telinga bagian dalam dengan demikian menghilangkan endolymphatic hydrops. Betahistine juga memperbaiki sirkulasi serebral dan meningkatkan aliran darah arteri karotis interna.
Obat ini memang diindikasikan untuk mengurangi vertigo,dizzines yang berhubungan dengan gangguan keseimbangan yang terjadi pada gangguan sirkulasi darah atau sindram meniere, penyakit meniere
dan vertigo perifer.
jadi sudah betul… semoga cepat sembuh.. Namun penyakit ini memang kambuhan, jadi harus sabar.

2 08 2010
niea

maaf..saya mau tanya,2 bulan terakhir ini saya mengalami mual2..kemudian sy cek up k dktr,trus d diagnosa terkena vertigo…obat apa yg sebaikny saya konsumsi?paling tdk utk mengurangi rasa mual dan pusing..terus,apakah sy perlu melakukan c scan??terimakasih sebelumny

Jawab:
Seorang dokter teman saya mencobakan Antimo untuk vertigo untuk pasiennya, hasilnya lumayan bagus. Antimo (maaf menyebut merk) mengandung dimenhidrinat, suatu antihistamin, bisa mengurangi rasa mual. Untuk CT scan, konsultasikan saja ke dokter tempat ada periksa.

12 07 2010
ummu

ibu zullies bolehkan saya copy paste artikel ibu untuk dipublikasikan di face book??? pasti saya cantumkan sumbernya…..terimakasih ibu…jazakallahu khoiron…..

jawab:
silakan, mbak…

22 06 2010
tya oriza

maaf mbak…
jd itu vertigo mbak…
ap tu brbahaya jk kl sya biarkn bgtu sja….??

jawab:
jika mengganggu sebaiknya diobati

22 06 2010
tya oriza

maaf numpang tanya ni …
sya rmja usia 17..
sya sk mngalami migran….yg sya rskan skit kpla dsblah knan sja..
kl sya migran,tu kl sya brdri..sya sperti oyong n skilas pndgan sya mnjdi gamang…
sya g mual2 atwpn muntah….
emang sich sya sk mengalmi gngguan pd telinga..
trkdang kl telinga lg infeksi.telnga sya mnndi skit….
pnyakit sperti yg saya alami ap bisa dktakn vertigo? :)

jawab:
Iya, mungkin itu termasuk vertigo. tapi untuk kepastiannya, sebaiknya diperiksakan ke dokter.

27 04 2010
indra

salam ,
Mau numpang tanya nich,
Saya remaja umur 20 taun,
Tiap bgun pag rasanya dunia gelap,
Cring ngalamin pusing2,sampai berputar2,
Tapi saya ga muntah2,cuman sedikit mual dan mata kanan kadang sakit
Sehabis main laptop atau hanphone terlalu lama leher saya nyeri n susah bicara,
Kalau di keramaian rasanya mau jatuh n ketakutan
Saya juga cring hilang kesadaran yg membuat aktfitas terganggu,
Shingga saya berhenti kuliah, . . .
Kira2 itu termasuk vertigo ga?

Terima kasih

jawab:
kayaknya lebih dari vertigo deh, sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk kepastiannya

25 01 2010
eirene

selamat sore bu…
mkasii utk pemaparan ttg vertigonya. saya salah 1 penderita vertigo itu bu, pusing itu udah saya rasakan sejak masih smp & skarang saya kuliah sem 6, pusing berat itu masih ada, sakit & sangat mengganggu.
oia bu, di atas ibu menyebutkan 4 jenis obat utk vertigo, saya biasanya minum Merislon bu. apa merislon itu juga masuk dlm golongan obat yg ibu sebutkan ??
mohon keterangannya ya bu..
mkasii… :)

Jawab:
Dear Eirene,
Merislon berisi betahistine mesylate, yang memang diindikasikan untuk vertigo. Ia bekerja melebarkan pembuluh darah perifer, termasuk di kapiler perifer di telinga bagian dalam. Golongannya antivertigo (MIMS class). Begitu, ya, semoga bermanfaat.

23 11 2009
Yeris

Bu Zullies, saya berterima kasih ada ulasan tentang vertigo. Ada hal yang ingin saya tanyakan. Bolehkan Bu?
Begini, ibu mertua saya mengalami vertigo sudah hampir 8 bulan, pernah dirawat di RS dan di observasi semua bagus. Pernah sembuh 1 bulan beraktifitas normal tapi kemudian kena serangan lagi hingga sekarang dan belum bisa normal kembali. Tak bisa bangun dari tempat tidur, kalau mau menengokpun hati-hati sekali, karena jika mendadak menengok dia bisa teriak pusing karena ruangan berputar. O…iya sebelumnya, ada mungkin hampir 1 tahun, beliau suka mengkonsumsi obat Paramex hampir setiap hari.
Yang ingin saya tanyakan:
1. Apa penyebab vertigo yang dialami ibu saya? apakah ada hubungannya dengan obat sakit kepala itu?
2. Apa yang harus kita lakukan jika serangan vertigo itu muncul?
Terima kasih sebelumnya dan maaf jika uraiannya terlalu panjang.

Jawab:
Maaf, mbak, saya bukan dokter, jadi saya jawab sebisa saya saja….
1. Saya tidak bisa memperkirakan penyebab vertigo ibu mertua Anda. Mungkin saja bukan karena penggunaan obat sakit kepala yang sering. Penggunaan analgesik berlebihan memang bisa memicu sakit kepala yang disebut “rebound headache”, tapi bukan vertigo. Apalagi jika khasil pemeriksaan semuanya baik… wah, sulit utk memastikan penyebabnya
2. Jika kena serangan ya istirahat saja, jangan melakukan gerakan2 berlebihan, karena vertigo memang gangguan kesetimbangan. Gunakan saja obat-obat yang disarankan dokter.

Demikian saja, Mbak… maaf kalau tidak memuaskan jawabannya.

29 10 2009
niken

dear bu zullies, mau tanya tapi gak berhubungan dengan vertigo nih.
first choice nyeri dan demam kan parasetamol. yang paling aman juga parasetamol. tapi kenapa di obat demam untuk anak seperti bodrexin, contrexyn, inzana, isinya aspirin dan glisin semua? kalau apoteker ingin memilihkan obat demam untuk anak, pilih sirup yang isinya parasetamol atau obat2 tadi yang (diiklankan) memang untuk anak2? terima kasih, bu.
niken, mahasiswa ibu.

Jawab;
saya juga heran dengan hal itu. Apalagi kalau dibuat dalam bentuk semacam permen dengan rasa jeruk, bisa-bisa dikira permen dan jika tidak diawasi dengan benar, bisa dimakan berlebihan oleh anak karena dikira permen, dan itu artinya ada risiko over dosis. saya kira parasetamol tetap pilihan yang lebih aman.

20 10 2009
Yatno

Vertigo = migren ?

Jawab:
vertigo tidak sama dengan migrain. Vertigo lebih pada masalah alat keseimbangan dalam telinga, sedangkan migrain masalah pembuluh darah di kepala. Tapi migrain bisa menyebabkan vertigo juga

20 10 2009
sutrisno_585

ya orang orang yang kena vertigo rata rata merasa pusing yang luar biasa di sebelah kanan atau kiri saja yang sakit

19 10 2009
Zhai

Hemmp..
Informatif bgtz bunda..^^

Bleh tanya..!?
Apa bner klo konsumsi vit-c stlah mengkonsumsi udang bisa mematikan…

Thank’s bun’..

Jawab:
Gak ada hubungannya lah antara vit c sama udang…… tidak benar sama sekali!!

15 10 2009
M. Rondi

Maaf! Kalau boleh tanya, apakah bisa vertigo diakibatkan dari gejala mag yg disertai kcapean braktifitas? Trims

Jawab;
Mungkin agak mirip ya, ada mual muntah… tapi nampaknya sih tidak berhubungan langsung..

14 10 2009
Yatno

Bagus artikelnya …. singkat, padat dan gak muter2
Makasih Bu Prof …

jawab:
emang vertigo, muter-muter ? …. :)

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 431 pengikut lainnya.

