Menikmati shabu-shabu…

26 09 2009

Dear kawan,

metamfetamin HCl alias shabu-shabu

metamfetamin HCl alias shabu-shabu

Siapa yang belum pernah dengar istilah shabu-shabu ? Kata ini sangat terkenal dan dikaitkan dengan nama satu jenis drugs yang sering dipakai oleh pengguna narkoba atau NAPZA. Tentu kalian masih ingat dengan kasus yang cukup meramaikan dunia selebriti kita yaitu kasus Roy Marten, yang sampai harus dua kali mendekam di hotel prodeo. Dan di luar dunia selebriti, pasti kasus serupa mudah dijumpai setiap hari di media.

Hmm, kawan, ….

Ngomong tentang shabu-shabu, aku mengenal dekat seorang mantan pengguna shabu-shabu yang alhamdulillah kini sudah memilih jalan lurus dan hidup lebih sehat :) …   Katanya lebih baik jadi mantan “penjahat” daripada mantan penjahit ….eh salah… mantan orang  baik. Iyalah,…..  mudah-mudahan kita semua diberi hidup yang khusnul khotimah (akhir yang baik). Amien..hehe…..  Tulisan ini aku dedikasikan untuknya (thanks, for what we’ve shared), untuk mantan pengguna lainnya, untuk yang lagi berpikir untuk mencoba, dan yang tidak mau mencoba sama sekali. Aku ceritakan pula pengalamanku mengkonsumsi shabu-shabu….

Apa itu shabu-shabu?

Shabu adalah nama slank dari salah satu obat yang sering dipakai para druggist. Selain shabu, masih banyak jenis obat lain yang sering dipakai.  Nah, shabu-shabu ini termasuk stimulan sistem saraf, dengan nama kimia methamphetamine hidroklorida, yaitu turunan dari senyawa stimulan syaraf amfetamin. Selain shabu, turunan amfetamin yang sangat ngetop untuk dipakai adalah ecstassy atau metilen dioksi metamfetamin (MDMA).

Tau nggak riwayatnya? Pada jaman perang dunia kedua, tahun 1940an, Pemerintah Jepang membagikan amfetamin kepada pada tentara, pelaut, pilot, dan para pekerja pabrik untuk memperkuat stamina mereka menghadapi perang. Pilot-pilot pada saat itu secara rutin menggunakan obat ini untuk tetap waspada dan terjaga selama perjalanan panjang untuk misi pengeboman. Setelah tahun 1945, sejumlah besar obat ini yang semula hanya digunakan oleh militer membanjiri pasar.

Pada tahun 1950-1960, di Amerika Serikat,  tablet metamfetamin yang diproduksi secara legal banyak dipakai oleh mahasiswa, sopir truk, dan atlet, untuk tujuan meningkatkan stamina, yang umumnya tidak menjadikan ketergantungan yang berlebihan. Namun pola ini berubah drastis ketika tahun 1960an mulai tersedia metamfetamin injeksi. Dan sejak itu penggunaan amfetamin meningkat tajam untuk tujuan-tujuan “rekreasional”. Metamfetamin jalanan dikenal dengan nama : speed, meth, crank. Selanjutnya muncul metamfetamin hidroklorid yang berbentuk kristal, yang dapat dihirup, yang dikenal dengan nama “ice”, crystal, glass, atau shabu-shabu ini. Efek fisiologis dan psikologis shabu dan zat-zat stimulan syaraf lainnya mirip dengan kokain, yaitu mengurangi kelelahan, meningkatkan kewaspadaan, dan menekan nafsu makan.

Secara farmakologi, amfetamin dan turunannya bekerja dengan meningkatkan aktivitas neurotransmiter norepinefrin dan dopamin dengan cara memblokade re-uptake-nya di ujung saraf. Dua neurotransmiter ini bekerja pada sistem saraf simpatis meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan denyut jantung, meningkatkan pernafasan, dll. Metamfetamin yang dihirup atau disuntikkan memberikan sensasi yang digambarkan sebagai “extremely pleasurable”, yang disebabkan efek halusinogennya.

Berbentuk bubuk kristal, shabu digunakan dengan cara dibakar dan dihisap dengan alat khusus yang disebut bong. Menurut sebuah sumber, harga shabu-shabu 1 gr  saat ini sekitar Rp. 1,7 juta. Kristal ini paling banyak digemari karena relatif tidak ada sakauwnya (dibandingkan heroin/putaw, atau kokain). Kalau lagi nagih hanya gelisah, tidak bisa berpikir dan bekerja, merasa kelelahan, dll. Menurut narasumber yang pernah menggunakan, awalnya ia menggunakan shabu ini untuk meningkatkan stamina. Bisa kuat tidak tidur dan tidak makan berhari-hari, lebih bersemangat, aktivitas seksual meningkat, dll.

Apa bahayanya?

Bahaya shabu-shabu memang tidak sebesar kokain atau heroin. Menurut narasumberku yang pernah menggunakan, dia bahkan tidak pernah mendengar cerita ada orang yang meninggal karena shabu. Dan menurutnya tidak ada istilah OD (overdosis) dalam penggunaan shabu, banyak sedikit sama saja efeknya.  Efek negatif yang paling sering dirasakan adalah paranoid,… rasa ketakutan yang berlebihan, atau sebaliknya kesenangan yang berlebihan. Namun bagaimanapun secara farmakologi, intoksikasi shabu bisa berakibat fatal, yaitu kematian. Pemakai mungkin akan mengalami peningkatan denyut jantung yang cepat, peningkatan pernafasan, peningkatan tekanan darah, dan mungkin bisa mengalami perdarahan otak akibat tekanan darah yang tinggi. Juga bisa terjadi peningkatan suhu tubuh (hiperthermia) dan kejang-kejang yang bisa berakibat koma, dan kemudian titik, alias koit hehe….. (walaupun kejadian ini mungkin tdk terlalu banyak).

Lah… kalo cuma mau meningkatkan stamina kan banyak cara lain yg lebih sehat dan kurang beresiko kan?

Hm… tapi pasti tak ada yang mengira ya kalau aku juga pernah mengkonsumsi shabu-shabu?? Beneran tuh..???!!

Iya, bener… begini ceritanya……

Menikmati shabu-shabu di Jepang

Tahun 1998 – 2001, aku berkesempatan tinggal di Jepang untuk studi program doktor. Orang Jepang suka mengadakan party (pesta) untuk merayakan sesuatu. Yang selalu ada pada pesta orang Jepang adalah sake, beer, dan aneka alcoholic beverage lainnya. Tapi tentu saja tetap tersedia teh, jus buah, dan minuman lainnya, yang selalu aku pilih karena aku tidak minum alkohol. Nah, pada sebuah party di kota kecil dekat Matsuyama bersama profesor dan teman-teman lab, kami pernah pesta shabu-shabu.

Japanese shabu-shabu

Japanese shabu-shabu

Eit,…. jangan negative thinking dulu,….. shabu-shabu (atau syabu-syabu) yang kami nikmati adalah sejenis makanan Jepang yang dihidangkan dengan hot pot. Jenisnya mirip sukiyaki, di mana ada irisan daging tipis (bisa daging sapi, kambing,  ayam, atau bebek), yang disajikan dengan suatu dipping sauce (saus pencelup). Ia digolongkan makanan musim dingin, tapi nyatanya bisa dijumpai sewaktu-waktu sepanjang tahun. Shabu-shabu umumnya disajikan bersama tofu (tahu Jepang yang lembut), dan aneka sayuran seperti hakusai, nori (rumput laut), bawang bombay, wortel, jamur shitake dan enokitake.

Cara menikmati shabu-shabu

Kalau shabu-shabu yang di atas dipakai dengan cara dihirup, yang satu ini dengan cara dimasukkan mulut lalu dikunyah… Hmm..nyam-nyam..!! Makanan ini dinikmati dengan cara mencelupkan irisan daging yang sangat tipis dan sayuran pada sebuah mangkok/panci (pot) yang berisi air mendidih atau kaldu yang dibuat dari kombu, dan membolak-balik daging itu beberapa kali (menggunakan sumpit) sampai matang. Bunyi ketika irisan daging tipis dicelup bolak-balik itu terdengar seperti “ shabu-shabu”… hehe… (kalo bahasa kita mungkin kaya di “usap-usap”..), sehingga makanan ini diberi nama shabu-shabu. Daging yang sudah matang tersebut kemudian dicelup dulu ke dalam saus pencelup sebelum masuk mulut bersama nasi yang sudah disiapkan dalam mangkok-mangkok kecil. Setelah semua daging dan sayuran dimakan, maka sisa air mendidih itu menjadi seperti kaldu, dan biasanya dimakan belakangan.

Nama shabu-shabu itu sudah dipatenkan lho… oleh Suehiro, penemunya, pada tahun 1955. Waktu itu Suehiro untuk pertamakalinya memperkenalkan makanan shabu-shabu ini di restorannya di Osaka. Sebenernya makanan ini teinspirasi dari makanan China hot pot yang bernama “shuan yang rao”, sehingga memang lebih mirip makanan China tersebut, ketimbang makanan Jepang sejenis seperti sukiyaki.

Hm…. enak lho….. ! Yang jelas lebih sehat lah ketimbang shabu-shabu yang di atas tadi…. Dan bisa juga kok untuk nambah stamina hehe….. Jadi yang belum sempat mencoba shabu-shabu yang pertama, mendingan coba shabu-shabu yang barusan aku ceritakan ini…. Insya Allah bulan November besok aku ada undangan ke Jepang,.. ayo ikutan sambil menikmati shabu-shabu di sana……. !

About these ads

Aksi

Information

97 responses

3 12 2014
Yulham Dhani Panjaitan

jangan buat bangsa indonesia ini hancur gara-gara narkoba,lebih baik buat negara indonesia ini jauh pada narkoba,dan buat bangsa indonesia ini menjadi lebih maju dan jaya?

3 09 2014
yos

ingat kawan dan saudari saudaraku setanah air,jgn pernah mencoba ,sebab sekali mencoba akan mengulanginya lagi.dan itu akan berkelanjutan,jika tdk memiliki niat untuk berhenti maka dua langkah kedepan untuk seribuh langkah mundur ,benar adanya seperti komentar rekan rekan diatas.bagi yg sudah niat ambil dua langkah mundur kebelakang agar dapat mencapai seribuh langkah kedepan seperti kata saudara/i kita diatas.
bangsa yg kaya ini akan didikmati oleh bangsa lain karena kita hanya menghayal ….kata rekaqn kita diatas.ehmmmmm.semoga saja tdk.

1 09 2014
ana-kid

Sy user sampe skrg tapi bisa dibilang newbie lah karba baru 6 bulan pake dan 6 bulan itu ngga full .. pasangan sya user dan dealer juga dia jadi user dari tahun 1995 .

Sy dan psangan sya sudah mengetahui dosis masing” dan kelakuan saat terkena sabu , efek ketergantungan sudah mulai sy rasakan tapi belum mencapai ketergantungan penuh .. kalo ada pake kalo ngga ada it’s ok , selama memakai sabu saya belum pernah sekalipun membeli atau meminta (meminta langsung jadi tunggu dikasih aja) , sebenarnya sabu mempunyai dampak positif tapi karna rasa kerakusan jasmani ini hingga dapat mengakibat kan dampak negatif jika seorang penyabu ingin berhenti memang benar harus ada NIAT tapi NIAT bukan yang paling AMPUH yang paling ampuh adalah “ORANG YANG MENCINTAI DAN DICINTAI KITA” dengan support arahan yang menyenangkan dan tentunya KASIH SAYANG . So what are you waiting for? Jika orang yang kamu sayang memakai obat” terlarang jangan jauhi dia tapi tambah dekatkan lah jarak mu dengan nya coba pahami dia dan bersabar atas tingkah laku nya dan perlahan memberikan saran dengan cara yang menyenangkan …

Sy memberi saran ini tapi sya belum berhenti tapi jangan di anggap remeh saran ini karena bukan cuman 1 orang saja yang bisa sya jauhkan dari barang ini dan artinya itu memang membantu , sya belum berhenti karena 1 sayang belum ingin berhenti 2 sangat sedikit orang yang sangat menyayangi saya jadi tak ada dorongan besar untuk saya berhenti , guys apapun yang kalian coba selalu lah perbincangkan dengan TUHAN mint campur tanganNya … have a nice try and your normal life again :)

26 08 2014
Bonex suroboyo

y alloh… pengaruh pergaulan itu lbh kuat dan dominan dari pada pendidikan…

para pembaca.. mohon doa nya… aku yang sangat bodoh ini smoga d jauhkan dari pergaulan yg tidak baik.. amiiin…

24 08 2014
si koplak

Mati aja buat pengguna sabu2.Kalian seperti sampah

17 06 2014
Mr. Pirex

Bu..saya juga seorang penikmat..baru belajar berhenti 2 minggu e..e..make lagi, berhenti 2 hari..ee.. make lagi, remuk rasanya badan bu, ngantuk terus ga bisa kerja , otak ga jalan kalau ga make. susah menolak kalau sudah di panggil partner apalagi Si pohon temen deket, suka nyodor nyodorin tester, mana saya orangnya susah bilang tidak kalau sama temen akrab..pernah nyaris 2 minggu lebih ga pernah tidur sama sekali cuman kemasukan susu beruang mirip mayat hidup. di tambah lagi tiap drop didoping terus saking kebanyakanya sampai muntah muntah dan menggigil, tangan gemeteran, tensi darah naik turun, tapi detak nadi lemah susah didengar distetoskop tapi konsentrasi masih fokus koq bu…hehehehehe.
…bu, niatku tobat sambel terus, kalau sudah ada barang didepan mata, walaupun hati sudah bilang tidak, tapi jasmani ini reflek sendiri langsung main bakar, tapi saya pengen sekali berhenti bu, habis daging dibadan juga habis uang di dompet, bulan mei lalu belanjaku lebih dari 10 jt buat beli bahan, kadang nyesel juga sih kalau inget…heheheh.
bu… adakah suplemen suplemen unutk sedikit menekan sugesti biar tidak kepikiran terus…soalnya biar seminggu ga make dilidah sama di penciuman ini suka muncul aroma aroma dan rasa nikmatnya si ice… tolong saya bu…

7 05 2014
sandywijaya

kalau sabu itu ilegal…apakah ada zat yg memiliki sifat sama….memberi reaksi sama tapi yg legal….karena para pengguna bukan ingin melanggar hukum….mereka hanya ingin mendapatkan efek menyegarkan seperti doping….apakah ada yg legal… mohon infonya ibu?

Jawab:
minum kopi saja… sifatnya juga stimulan syaraf, bersifat doping juga… dan pastinya legal

6 05 2014
Lang Napasha

pengen stop broo, aku menyesal udah mengosumsi shabu-shabu, shabu udah menyiksa diriku. . .

17 04 2014
Tubagus Angling (@iinkblakblakan)

bu..saya user sdh 6 bulan…saya make seminggu 2 kali,,,ap semua bs bikin ketagihan,,ap sih yg dirasain klo qt putus zat,,,apkh prilaku qt bs berubah setelah putus zat,,,ap dampak kerusakan tubuh bs kita obati dg sendirix??? tolong jwban pencerahan ibu sangat dibutuhkn,,,

16 04 2014
xxx

saya ingin berhenti….

25 12 2013
fadlielmi

klo di tempat saya, yang pakai sabu sabu, saya kubur ditanah pinggir jalan sambil ditulis akibat pemakai sabu sabu, cuma kepala nya aja yang nongol, selama 2 minggu, supaya orang yang liat atau yg pemakai gak berani pake sabu – sabu, selama ada saya dikampung, teman2, keluarga dan masyarakat gak berani pakai sabu sabu, kalo yang berani pakai apalagi nantang, langsung saya kubur, tapi masih diberi mkn kok, supaya sadar, gimana susah nya dan sakit nya jadi pemakai.

29 11 2013
victor

Bu boleh nanya ga saya user dengan efek ga make hipertensi sama uring2an juga lemes ngantuk,,,,,,klo secara apoteker multivitamin apa yg bisa sy komsumsi bu…….please the answer bu

Jawab:
tidak ada vitamin khusus ya, gunakan aja multivitamin yang tersedia di pasaran. Pilih yang cukup lengkap isinya

17 11 2013
Alex febriano

Saya sudah 3 bulan ini berhenti nyabu,alhamdulillah ga pake rehab,buat tmn2 yg penasaran dengan shabu,mending ga usah coba2 yg namanya shaybu,saya aktif menggunakan shabu saat di batam di sana saya menggunakan brng haram tersebut dengan tmn 1 kamar yg menjadi re-seller (dia beli ke bandar trus dia edarin lagi ke tmn2 nya) di sini harga shabu relatif murah + aman , tmn saya membeli 1g itu ada yg 600k ada yg 900k , yg 1g itu di bagi lagi jadi 6 bks plastik kecil di jual seharga 200k perkantong,setiap kali make saya pasti b2 ama dia ,seringnya sih gratis tapi kadang2 iyuran 100k,efek nya memang enak,pikiran jadi terbuka kalo ada unek2 nih di kepala bakal ketemu ndiri solusi nya , apa lagi kalo di bawa ngobrol,ga bakal jadi orang yg ngebetein lagi,trus pas kerja jadi semangat dan kuat , fokus bertambah , ngantuk ga ada,tpi kalo ane sih ttp brasa laper walo ga laper bgt,tapiiii,pas efek bius nya habis tulang rasa nya ngilu semua kepala pusing apa lagi kalo make shabu nya dari tengah malam (bayangin aja gak tidur 24 + kerja fisik gmn rasanya tuh badan) mknya kalo efek nya habis bawaan pengen make lagi biar badan seger. Buat tmn2 yg masih ragu2 buat brenti,ga usah ragu gan saya udah 3 bulan ni brebti alhamdulillah ga ada sakaw nya :D

22 10 2013
adit sastiawan

asalam mualaikum k sadayana wilujeng sumping..! hhmmm.. sabu,,!!
gw pernah jadi kurir gan. dan gw make juga.
akhr nya kesengsaraan mulai timbul, stelah gw di cantumin di papan pengumuman,,& gwdi TO. skrg gw cuma bisa menyesal, dan bagi para kurirkrss..
STOP.! karna hanya bikin sengsara.
ingat kita punya kluarga, yg membuthkn kita. jika sampai terjerat hukum. teriakan hati mereka jeritan hati sorang ibu akan meng iris hati kita. mari kita kerjakan yg positip, halal,tenang, hidup pun sehat amin.

19 10 2013
a123456

saya juga pemakai sabu , buat tmen2 yang blum prnah coba klw bsa jangan lah di coba , karna percobaan se x akn berujung penasaran dan akhir nya ketagiha
# omak maaf kan anak mu ini

1 09 2013
lubis aja deh

Kenapa sabu itu di adain dan di biarin berkeliaran ya gan!! ane udah baca knapa orang smua pake barang kaya gitu! Tip dari ane gan kalo kesel lari ya ke empang jadi mancing mania,kalo cape pegal2 badan lesu mending lari ke tukang urut di kampung ane masi banyak gan tukang-tukang urut tradisional,jangan pake kaya gituan dan kalo kita lesu lemes minum jamu aja gan sama telor bebek/entog kacian gan ma badan kite,kalo pake kaya barang2 haram tu, percaya deh ma yg kuasa kita bisa ga pake barang kaya gitu kalo kita bisa ngendaliin nya! Karna tubuh kita sangat lah berharga!!!
OK GAN!!!!!!

8 08 2013
Aziz samudera

mau berhenti memakai narkoba… Hubungi saya di facebook saya alamatnya Alkalayani Jagaunya Kelayan, kirim aja ke kotak masuk beserta nomor telpon. Nanti saya bantu. GRATISS.

30 07 2013
soni irawan

obatnya pertama niat terus biasanya kan kalau berenti nyabu tangan gemetar nah ngilangin gemetarnya minum trihexyphenidyl kalau sdh sebulan gemetarnya ilang sendiri kl sdh ilang ngilangin suggestnya minum clozaril 25mg usahakan bertahan jgn menggunakan sabu sampai setahun biasanya kalau sdh lewat setahun suggestnya mulai ilang perlahan banyakin juga minum minyak ikan buat baikin saraf2 yg sdh gak beres

17 07 2013
esa

Saya berbicara sebagai mantan pemakai.
semua para pemakai pasti berpendapat sm seperti saya. Awalnya pasti karena coba coba, tertarik karena ada teman yg mengenalkan. (dan itu akan berlanjut, anda akan mengenalkannya juga kpada teman anda yg belum tahu)
Efek pertama orang pemakai shabu adalah mereka kaget barang senikmat ini dikategorikan dalam narkoba, arti kata “nikmat” disini adalah:
Merasakan badan segar, kuat, dan pandangan menjadi cerah (bisa dibilang 20x dari normal)
Percaya diri sangat tinggi, daya ingat jadi kuat, gesit melakukan pekerjaan apapun (bahkan banyak yg menghasilkan uang)
Merasa sangat santun, sopan, berkata-kata tidak pernah salah (bahkan banyak orang yg mau mendengarkan)
Mempunyai akal, ide, yang tidak ada habisnya.
Merasa paling dewasa, dan menjadi motivator setiap orang.

Tapi sayangnya itu hanya yg kita rasakan kawan, itu yang kita lihat awan..
Berbeda dengan kenyataan yang orang lain lihat, bahkan 180 derajat perbedaannya..

Kawan semua pasti selalu membangkang,saat orang tua mulai membenci kita, terus menyalahkan kita, memahari kita, tapi ingat “penyesalan” itu akan datang saat kita benar benar kehilangan mereka..
Oke kembali ke topik lagi, Teman anda bahkan sahabat terdekat anda yang tidak mau mengikuti jejak anda satu persatu akan menjauh…
Mereka menjauh bukan karena anda pemakai narkoba kawan, tapi mereka menjauh karena sifat anda yang sangat tidak menyenangkan (tanpa anda saadari)
Jangan kan untuk mendengarkan nasehat orang lain, untuk sekedar memperhatikan saja anda sudah muak, dengan berfikir masih banyak urusan yang anda kerjaan.

Kekuatan Shabu memang sangat jahat, amat jahat, bahkan saya sendiri tidak bisa mendifinisikannya..
Banyak moment indah yang kita lewatkan karna zat tersebut, bahkan saat sedih pun kita tidak bisa merasa sedih.
Walaupun banyak yg bilang Shabu itu membuat hati menjadi sensitif, BULLSHIT!!!
iya, memang sensitif, tapi sensitif terhadap perlakuan orang terhadap kita! bukan kita terhadap orang lain!

maaf, emosi saya tidak terkendali, dengan mengingatnya saja sudah sangat pahit, pengalaman yang sangat pahit..

Banyak orang bertanya bagaimana keluar darisana??
Bagaimana caranya menahan tubuh dan pikiran kita???
Bagaimana keluar dari lingkaran “setan” itu????

Caranya hanya dengat “niat” , iya hanya niat, tapi ini “niat” yg jelas sungguh berbeda.. niat yang kuat bukan dari ucapan kita, tidak cukup dengan selalu mengatakannya.
Niat yang kuat ini harus didasari dari hati dan pikiran kita, jangan pernah benci tubuh kita yang sudah hancur ini, tapi cintai tubuh anda dan ajak berkejasama dengan anda untuk menyudahi semua kekacauan yg telah anda perbuat..
Berani mencoba, berani anda juga harus berani untuk mengakhirinya kawan..

Pikirkanlah orang tua yang sudah membesarkan kita sampai sekarang, tapi telah kita lupakan mereka beberapa tahun terakhir ini.
Saya berhenti salah satu karna orang tua dan keluarga saya..
saya rasa sudah cukup hidup menjadi seorang bajingan, yang selalu
hidup dengan mimpi, dengan harapan, dengan kepalsuan.
Saatnya kita menjadi manusia lagi, tidak ada kata terlambat kawan!
Ambil 2 langkah mundur, untuk lari 1000 langkah kedepan..
Selamat bekerjasama dengan tubuh dan pikiran yg pastinya selalu diiringi Do’a..
Terimakasih

17 07 2013
agung dwiyanto

kalo pengen berhenti NIAT saja lah….
gak usah pake acara menggigilah,ngantuk lah,lemes lah,capek lah,NIAT saja yg kenceng pasti bisa.buktinya saya.kl yg pake banyak alasan buat nuju ninggalin sabu itu cm bahasa HIPERBOLA mrk dan CAPER.

4 04 2013
hendar

-bu, mau tanya apakah metadone bisa dibeli di apotik?
-trus pertanyaan bagi ex pemake. pada saat kita ga make badan terasa lemas, ga bertenaga,pegal, pusing, serta ngantuk. jadi apakah ada cara supaya kita bisa tetap bekerja dengan kondisi badan seperti itu?
mohon penerangan dari saudara2 yg pernah mengalami masalah sepeti aku
thx

jawab:
Metadon tidak bisa dibeli bebas di apotek, dan harus menggunakan resep dokter. Juga tidak semua apotek menyediakan, umumnya ada di RS yang menangani masalah ketergantungan obat.
Saya tdk bisa membayangkan kondisi spt apa ketika sedang ga make, tapi pelan-pelan dengan niat, makanan2 yg sehat, multivitamin yang cukup, mungkin bisa membantu menjaga kondisi badan lebih segar dan kuat untuk bekerja. memang tdk akan bersifat instan, tapi Insya Allah lebih konstan.. Mungkin ada yg bisa shairing pengalaman, monggoo….

2 04 2013
anonimous

sy ex user n ex dealer (lebih dari 2 x berurusan dgn hukum).
tapi sdh 1 tahun lebih sy tdk melihat n menyentuh barang ini.
kalo boleh sy berbagi pengalaman sy, untuk berhenti yg paling penting itu adalah niat… dan usahakan menjauhi komunitas lama kita.
dan banyak org yg mencoba tuk berhenti dgn menggunakan drugs lain sbg pengalihan. kalo menurut sy itu sama juga boong…
intinya… pecandu shabu bisa kok stop total… saya buktinya.

thanks… n keep clean.. :)

30 03 2013
happy6789

salam kenal,, bu zullies. Saya pemakai,, tetapi saya bisa mengontrol pemakaian sabu. Cara saya yaitu,setelah makek,diusahakan untuk sebuah kesibukan agar dzat sabu yang telah kita pakai bermanfaat,dan kita bawa diri dengan pikiran dan perasaan happy,usahakan jangan berpikir tentang masalah/problem kehidupan. Karena pikiran yang sudah dipengaruhin sabu akan sangat sensitif. Jadi kita sibukkan diri kita sampai benar-benar terasa efek sabu mulai habis,atau bhsa gaulnya mpe NGedrop… Jadi jgan mpe kita yang dikendalikan oleh sabu itu. Sewaktu ngedrop kita juga harus bisa menikmatinya, kebanyakan orang merasa takut untuk merasa sakit dari ngedrop itu,mkanya kbanyakan dri mereka akhirnya mengkonsumsi kmbali. Padahal rasa sakit/capek dari ngedrop pertama akan terus menumpuk dan tambah terus berlipat2 seiring dengan tidak dihilangkan rasa sakit ngedrop yang pertama. Jadi saya sampai sekarang masih sehat,walaupun kadang 1 minggu atau 10 hari istirahat. Dan kembali makek sabu lagi, untuk kembali menikmatinya. Itu yang saya rasakan,saya sudah pengguna dari kelas 2 smu.Sampai skrang sudah 13 thun. Tetapi mungkin pengalaman teman2 beda,, karena saya juga belum menikah. Sekian dari saya,kalau ada kata2 yang salah,saya minta maaf. SALAM SEHAT kepada anda semua… Thx.

27 02 2013
Broken Angel

Jadi kondisi fisik yang saya maksud itu saat saya tidak nyabu saya benar2 tidak berdaya melakukan apapun, tidur bisa sampai 2 hari tidak bangun..
Badan sangat lemas dan terasa ngilu semua bu…
Mohon penjelasannya…terima kasih..

24 02 2013
Broken Angel

ibu yang terhormat…saya minta info obat apa saja yang bisa mengatasi ketergantungan sabu2…saya sangat niat ingin berhenti..tapi kondisi fisik saya tidak mendukung…mohon dibalas…terima kasih…

jAwab:
Obatnya tergantung pada bentuk ketergantungannya seperti apa. Maaf, saya tidak tau kondisi fisik seperti apa yang Anda maksudkan tidak mendukung, apa bisa dijelaskan? sehingga saya bisa mengarahkan obat apa yang mungkin diperlukan.

14 02 2013
alam

pagi pagi sabu tiap hari nyabu sabuuuuuuuuuuuuuuuu enak rasa nyaa

6 02 2013
faisal

sabu= enak sebentar ,sakit ujung nya…jgan pernah nyoba kawan…jiwa dan raga bisa hancur seketika…by mantan pemakek..

30 01 2013
Yanuar Sudahtobat Tuenan

aku pgn bikin komunitas / forum mantan pemake/ “pelaku” untuk bareng2 brantas/ ungkap jaringan peredaran narkoba. siapa yg mau ikut????

btw, berhati2lah kau para pengedar, krn skrg aku jd musuhmu.
aku tau segala trik2mu / cara kerja kalian!!!!!!!

30 01 2013
yanuar sudahtobat tenann

pada dasarnya gk ada yg sulit untuk lepas dr shabu. krn emang benar spt apa yg terurai di artikel tsb diatas. semua tergantung pd diri kita sendiri dan jg pd siapa orang2 yg dekat dgn kita. saya ini udah dr awal milenium 2000 smpe lebaran thn 2012 sgt amat aktif make shabu, inex,cimeng. tp favorit saya hanya shabu. tiada hari tanpa shabu. dan bahkan di thn 2010 saya bkn hanya pemake tp sbg pelaku bisnis haram tsb. panjang klo tk ceritakan disini semua. intinya. unt lepas dr barang jahanam, bangsat, bajingan, terkutuk ( pdhl dulu saya sembah,sanjung2,.. hehehehe..).
#1. niatkan diri tekad bulat tinggalkan shabu ( niat ingsun matek aji).
#2. takutkan diri pd jeruji besi bui yg sdh mengurung tmn2mu disana.
#3. ingatkan diri bahwa uang yg kt keluarkan sdh terlalu banyak, yg mgkin klo dikumpulkan udah bs bt beli rmh dan mobil.
#4. jauhkan diri dr komunitas , dgn cara buang nomer hp mereka, ganti nomermu. shg kita tdk punya niatan pgn menghub’i komunitas dan merekapun tdk bs menghub’i kita. atau klo memgkinkan pindah domisili yg tdk diketahui komunitas. (spt yg saya lakukan 1 thn yg lalu.).
#5. sibukkan diri dgn segala aktifitas yg positif.
#6. dekatkan diri dgn TUHAN, KELUARGA, ORANG2 yg menyayangi kita.
#7. delegasikan orang2 yg disekitar yg menyayangi kita ( orangtua/ istri/anak/saudara) untuk memperingatkan, menegor, memarahi, menampar kita bilamana rasa ingin berhub’an dgn tmn2 komunitas, atau bahkan ingin memake lagi.
semoga rekan2 bs mengikuti apa yg telah sy lakukan selama -+ 1 thn terakhir ini, dan semoga rekan2 jg mau mendoakan / mendukung saya dlm rangka proses pengendalian diri. krn emang musuh yg paling susah dikalahkan hanyalah diri sendiri.

Jawab:
BRAVOO….!! saya senang sekali mendengarnya…. Semoga tetap bertahan dan yg lain bisa mengikuti…

26 12 2012
bean kobain

kalang kabut,galau macam nak mampus detik ku rasakan..
gara2 kemarin empat hari nonstop gak konsumsi n gak tidur,otak gw terasa beku sama gak bisa berpikir,rasa gak enak banget….ampun serius tobaaattt
rasanya pengen mengakhiri hidup ini

25 12 2012
Kira

dr pd sabu mending minum sajalah….

20 12 2012
goyang

.Sabu sabu emang buat orang jdi stres

11 11 2012
taufik

jangan pernah nyoba

25 10 2012
Hendar

minta bantuan dari mantan pengguna. saya benar2 capek dengan kehidupan saya saat ini. ketergantungan saya semakin hari semakin parah, semakin dilawan semakin banyak dosis saya. sampai tabungan saya selama beberapa tahun habis lenyap karena sabu2. Sekarang mulai merasakan hubungan antara saya dengan istri semakin jauh. beberapa kali pingin lepas. tapi gimana caranya? hanya berapa jam tidak pake aj dah lemas dan ngantuk. klo ga pake kerjaan terhambat. Orang memakai sabu untuk kesenangan. tapi saya memake sabu sambil meneteskan air mata. Tolonglah saya, saya benar2 takut kalo keluarga saya hancur karena ini. tolonglah saya supaya saya bisa lepas dari ketergantungan thdp sabu dan bisa hidup bahagia lagi dengan keluarga saya.
-ada yang kasih tau klo “metadon” bisa membantu dalam masa2 pengobatan. apakah benar?
apakah metadon itu legal dibeli di apotik?
-atau ada yang bisa beri saran apakah ada cara lain yang bisa membantu selain rehab?

thx

22 09 2012
rama

semua nya tergantung orng nya…
pasti para penikmat sabu t ,,,ada titik sadar ny ..
dan akan berhenti mengkomsumsi brank t…
jdi g usah sok2 muna para penkmat brank t..
pahammmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm

19 09 2012
Q Tjc Sejaty

gue adlah pmkai shabu2 n q gk bsa hdup tnpa obat2tan trlarang rsa.a klo udh gk mke tu dngin n mnggigil g mna sih cra.a biar gue bsa brhnti mke brang hram itu…………..?????????

8 08 2012
edy

jauhi narkoba, kalo ketangkep hukuman penjara minim 4 tahun, kecuali loe punya dana ratusan juta, bisa buat nyuap hukuman 1 tahun rehabilitasi

8 08 2012
edy

tips berhenti make sabu : kalo pingin pake sabu mesti ingat dulu :
1. kalo barang gituan harganya mahal, mending buat traktir makan temen-temen
2. kalo barang gituan dampaknya bahaya buat kesehatan dan kalo ketangkep polisi kena hukuman minim 4 tahun penjara, kecuali kamu punya uang minim 200 juta buat nyuap agar kamu bisa dihukum 1 tahun rehabilitasi
Bgm masih mau make narkoba ? mending nongkrong di warkop. minum kopi anget sambil makan pisang anget dan rokok sampoerna mild

24 07 2012
haspury radiany

ba…aku mohon penjelasan..aku ne ya trmasuk org polos ga tau mslh hal gtu.tp org yg di dekat aku pemake,tp dia sering bohongi aku.klo boleh tau barang apa ya yg di pakein alat sedotan minuman yg sebagian di runcingin & sebagian di tutup pke bakaran api.mohon jawabanx ba ya.soalx aku ingin tau apa yg di pake & apa solusix biar dapat berenti

13 05 2012
DAVE

Yang sgt tragis dan membuat gw trauma berat ampe detik ini adlh,,,,resikonya tak sebanding dengan nikmatnya yang sesaat…Sekarang gw mengalaminya,,gw di ( ,,,) gara2 pengen dopping buat kerjaan .ngehidupin anak-istri ..dan mencapai target omset usaha…akhirnya…istri minta cerai..stlh gw jlni 1thn dgn sisa 2thn…yach demi anak2 katanya…gw sbnrnya kgk ikhlas tp apa mau dikata…tdk ada klgr,kwn yg peduli ..skrh dah 2thn,gw bnr2 tobat dan kapok.gw byk belajar firmanNYA trimks …GBU.

13 05 2012
DAVE

Benar sekali itu,kawan,,,,akibat yang di akibatkan oleh narkoba yang dinamakan sabu2 ini benar2 sangat besar dan sangat merugikan baik di materi sampai raga ini,Semuanya berantakan,bisnis,keluarga sampai rohani jadi amburadul hancurnya,,,Terus_terang .gw jg seorg pemakai sabu2,tapi saya bisa kontrol…Kapan say perlu tugas malam dan kerja lembur saya meng konsumsi itu…memang pertamanya ..yg kudapatkan adlh kenikmatan dan power( konsenterasi) yg sgt luar biasa…Berawal di thn 2010 januari

27 04 2012
regabae

sabu , nikmat sesaat , tapi bikin ketagihan.aq suka sabu emang sabu itu mahal tpi aq berusaha untuk beli sabu , jgn berani mncoba sabu kalau gx bisa beli. ok

12 04 2012
mori

Shabu shabu boleeeh….
yg gk boleh tu sabu sabu

6 04 2012
Neiver Iengiendt Diesaianc

….. enaknya itu mmg istimewa ,, tapi resikonya itu bkin JADI GILA ……

28 03 2012
Budi

dua pesan yang ingin saya sampaikan.JANGAN PERNAH MENCOBA,MELIHAT, BAHKAN MENDENGAR KATA NARKOBA DIDALAM HIDUPMU.karena..SEKALI SAJA ENGKAU MENCOBA,MAUT SUDAH DEKAT DENGANMU.

17 03 2012
Adhyll Ghozt

:)нáàª:$;)нàâª:&=Dнà᪪>:O=Dнàâ….:) Z mw konsumsi shabu ƔªϞƍ di makan! Tapi kalo ƔªϞƍ NOooooOoooO NooooOooooOoooOoooo………..!!!!!!!

7 03 2012
DaLiAN

Bg yg g prnh make shabu ,,

bruan coba deh ..
D jmin g nysl ..
Tp , jgn ajk gw ea .,,
s@l nya gw dah tobat ..

1 03 2012
irvan

sabu sabu??
pngen coba tpi cara makainya aja gk twu..
g mna si cra makai sabu sabu?

3 02 2012
romli

Bagaimana cara untuk menghilangkan efek sabu pada saat dia over dosis. Adakah makanan yg bisa menetralkan efek sabu tersebut. Thx

31 01 2012
admin

jgn sampai kna shabu mengingat efek negatifnya

29 01 2012
vivi

”Shabu shabu”..!!

Ktika sy mndngar kta tsb. pkirn sy tntank brang itu adalh ”keren”..
sy beranggapan bhwa stiap insan yg Mngkonsumsi brang tsb. adlh mrk yg mmilki kepribdian dn kberanian yg tinggi. dn bgi sy, sy patut acungkan jmpol bwt mrk.
awal,ny mmang ia, shabu_ dpt mmbrikn apa yg d’anggp pra konsumsi trsendri adlh ksenangan. dmna pd awal’x akan mrsa lbih shat,kuat,dn hdup lbih indah.
Nmun, prcya’lh kwan,,

Ahir kellak pnyesalan atz brang tsb. akn muncul..
krn shabu2 tkan lpas dri efek buruk..!!

28 01 2012
danul

saya suka mkai sabu…. saya takbsa hdup tampa sabu…. adakah yg bsa buatsaya berhenti buat makai barang itu

25 01 2012
John Amuk

Dulu saya pemakai sabu dan ganja tp skrng udah total berhenti. Kalo dulu saya bokul/belanja sabu itu di daerah daan mogot tepatnya Pedongkelan raya atau yg biasa di kenal orang sebagai Kamp.Ambon. Efek dr pemakaian sabu itu bikin kita cepat lupa intinya barang itu buruk efeknya. Enakan syabu-syabu makanan Jepang kita sehat dan jadi gemuk.

13 01 2012
mr.bd sabuu

sabu adalah kenangan indah sayang untuk tidak di coba…

10 01 2012
No-Kie

Cara Paling Ampuh sekarang untuk berhenti memakai shabu adalah, ketika anda suges berat cobalahuntuk berendam dengan es batu sampai anda benar” lemas dan langsung tertidur … ulangi cara seperti itu sampai suges anda sampai benar benar hilang …..

5 01 2012
etoy

smp dan sma saya gak karuan gara2 shabu,
masih sekolah tapi utang di mana2.
mau pacaran tapi udah gak kepikir lagi,
walaupun gak makek 2 hari pun tidur masih susah.
liat polisi aja selalu cemas padahal lagi gak pegang tu barang.
keluarga benci pacar pun udah ninggalin.
tolong dong solusi nya…

3 01 2012
cuenk

bagaimna caranya membuat sabu y mbak,coz klo beli mahal.sedang sy krj dr pagi smpe mlam 12jam full.thx

1 01 2012
Anjang

Assalamualaikum Ibunda..
Saya ingin brcerita sedikit tentang pola hidup seorang pemakai narkoba yg sy sendiri pernah mngalami nya…3 tahun sy mmkai narkoba jenis shabu dan ganja.. Selama waktu itu sy merasa telah jauh kepada Allah swt.. Waktu beribadah tidak ada karena mncari dan menikmati barang haram tsb..Kenapa ya bu Malas yg sy rasakn ketika waktu sholat telah masuk ?? Yg sy rasakn karena sy merasa tidak sah untuk sholat gara2 sy sering di luar alam kesadaran.. Tak jarang sy merasa tidak berguna ddlm hidup ini karena waktu habis secara percuma tanpa menghasilkan kebaikan ddlm hidup ini… Bantu ananda dgn motivasi untuk tidak memakai barang tsb bu..
Terimasih bu,,ditunggu komentar dari ibu ya..

jawab:
Apa ada diantara pembaca yang bisa sharing pengalamannya lepas dari barang haram ini? Mungkin akan lebih mengena sarannya….

31 12 2011
winda

ksh pndpt dong gmn crnya biar brhnti make sabu2

28 12 2011
doel

ass…
alhamdulillah sy pernah dikasi kesempatan utk mencoba ganja,sabu bahkan kokain…
(13thn lalu) semua berlangsung selama 4thn-an dan alhamdulillah nya sy bs berhenti menggunakannya tanpa hrs kesulitan… intinya cm kemauan keras utk b’henti (hindari lingkungan yg berbau bau brg2 tsb),, p’bnyk zikir aj gan (renungan suci)… insyaallah bs koq berhenti… berani memulai hrs beranii jg berhenti boss….(do your best)

26 12 2011
Ivan bektie

Wadouw………………ne gambar bikin sugest ja ne…………
qu mulai nyoba dari tahun 1996 swaktu tu harga dimedan msh 175/gram. yg qu dpt cuma PARANOID nya ja ne…qu mulai berhenti akhir tahun 2010..(total),,,,,wda cukup banyak habis baik itu uang ortu qu mau pun uang qu, dari TV,PLAYSTATION,CINCIN,KALUNG baaek tu pnya ortu qu mau pun pnya qu sendiri,MOBIL,SEPEDA MOTOR,USAHA,TABUNGAN sampe2 RUMAH TANGGA ku terancam pisah, habis smw……….
yg pnting jgn nyoba lah, gk ad gunanya…………alhamdulilah qu wda gk make lge n qu wda mulai bekerja di PERTAMINA saat ne.
SAY NO TO DRUGS…………….!!!!

23 12 2011
achep

bagaimana cara untuk berhenti scara alami tuk tak menggunakan barang itu…
saya cape sbenernya tp sy tak bsa mnahan nafsu tung mnghisapnya…

21 12 2011
keke

sdh smnggu sy cba untk brhenti,alhmdulillah setiap rasa ingin ngsep sabu it dpat sy alhkan dg ksbukan2 yg laen.. smga sja sy bs brhenti mnggunakan brang it,dn kmbli hdup nrmal.. mhon do’a nya cmua!!

5 12 2011
fadil

saya juga seorang pemakai sabu, saya susah sekali untuk berhenti menggunakan sabu setiap mikirin sabu pasti kepingin beli,dan ngisep barang itu, rasanya enak banget, teman-teman, paman juga menggunakan sabu,kita sering ngisep bareng2, kadang-kadang saya menyesal juga kenapa dulu saya mau nyobain barang busuk ini,memang penyesalan datangnya terakhiran,lingkungan saya pemakai semua, susah sekali rasanya untuk berhenti, utang bececeran dimana2.malangnya nasibku sampai bisa terjerumus ke neraka jahanam ini. allah berikanlah hidayahmu untuk hambamu ini saya sangat berharap ya allah,,,,,amiiiinnnn.

29 11 2011
anita sofiyanti

Sy tdk th hrs bertnya dgn siapa,brp kira” hkuman utk pengguna narkoba?

16 11 2011
Evol

Satu tahun extasi,cimeng,kokain n sabu, nyaris bkin pengen bnuh dri saking parnonya dgn sgla hal, sabu bru skali make uda lgsung brubh 180drjt..nyaris jd gila. Menyesal sih,pernah kenal brg yg sama skali g brmanfaat.. Tp smua sdh trlanjur.. Brntung ad stu org yg slalu setia mensuppor utk brjuang mlawan smua itu, dialah pendamping hdup sy . . Skrg bru gnap satu bulan ptus dr smua itu, sangat berat,nyaris depresi, sakit skali kpala ini tiap kali menahan rasa malas,dan takut.agr bs menunjukkan ke org kalo suda kmbli normal. Bth usaha extra untuk kluar kamar dn brsosialisasi walau msi sering parno.. Dan yg paling menakutkan,pernah brhalusinasi kiamat, shingga jd bingung,sangat takut,beruntung saat itu Allah swt masi memberikan kasih syg, ktika dlm kebingungan yg amat sangat,sy pergi k salah satu bookstore d surbaya, sy membeli AlQuran lengkap dgn tafsirnya. Dan itulah syg saat ini slalu menenangkan saya stiap kali parno.dan gelisah datang kmbali,
Thx bu blog nya nambh smangat buat trus brjuang mlawan efek bnda jahat ini. Mhon bntuan doa juga bu, utk sy dan smua mantan pengguna yg ingin kmbli hdup yg normal… Sukron….

25 10 2011
Toyib..

Salam bwat smua,
sya mau tanya,
#.apakah sabu sabu tersebut dapat merusak urat syaraf.Klu ya,Apa kah bisa sembuh bila tidak mengkonsumsi nya lagi?
#.Apakah langsung kecanduan bila telah mengkonsumsi 3 kali.
Mohon dijawab.
#.Setelah make.Apakah dpt membuat kepala sakit & nyut nyutan?Dan mual2/muntah2?.

Tpi Sumpah,saya nyerah.Ampun dah.Bisa hancur nanti keluargaku,

jawab:
Syukurlah kalau sudah berniat tidak menggunakannya lagi. Kalau secara langsung merusak syaraf mungkin tidak, ya, tapi pemakaian yang lama mungkin bisa menyebabkan syaraf menjadi terkondisi dengan adanya obat tersebut, dan jika dihentikan akan “nagih”. Kalau baru dipakai 3 kali mungkin belum akan menyebabkan adiksi, tetapi pengalaman orang bisa berbeda-beda. ketagihan itu kan bisa bersifat psikologis atau fisik. Pada fase awal, mungkin ketagihan secara psikologis, tapi kalau sudah lama bisa ketagihan secara fisik. Sabu-sabu bila dikonsumsi bisa menimbulkan berbagai efek, yang mungkin berbeda-beda setiap orang. Tapi pada umumnya menyebabkan semacam euforia, bersemangat. Sedangkan kepala nyut2an, dll, bisa terjadi juga sebagai efek tambahan/samping, yg mungkin dialami oleh sebagian pemakai,

4 10 2011
putro sholtan

terlaluuu

18 09 2011
Suheri Ahmad Hsb

SAYA DAN TEMAN SAYA ADALA ORANG YG TLAH MEMAAKAI SHABU..!
KAMI MAU NANYA SAMBIL MEMBERI TAU…!
KM MEMAKAI SHABU ITU UNTUK KERJA
SEKALI2 JIGA DI PAKAI SAAT LG HEPPY HEHEH..!
APAKAH ITU BAGUS ATAU TIDAKK..!
SAYA BERTANYA SEPERTI INI KARNA SAYA MEMBACA RIWAYAT SABU, BAHWA YG NAMANYA SHABU TU DULUNYA YG MAKAI ADALH PARA TENTARA, PILOT, DLL (SEMUA YG TERKAI DENGAN PER PERANGAN)

Jawab:
memang dulunya shabu itu (obat golongan amfetamin) digunakan sebagai semacam doping, untuk menambah stamina, pada keadaan perang. Nah, masalahnya berkembang ketika kemudian disalahgunakan untuk bersenang-senang tanpa tujuan yg penting. Bagus tidaknya dirasakan sendiri… bagus mana kita kuat/berstamina secara alami atau didoping pakai shabu yg ada efek sampingnya. Hidup itu pilihan…silakan pilih mana yg Anda anggap baik. yg penting jangan ngajak-ngajak orang lain utk sama dengan pilihan anda..

MOHON DI JAWAB YA MBAK.! FLISSSS

14 09 2011
Renata

ORANG BISA BERHENTI DARI KECANDUAN ITU ADA BEBERAPA FAKTOR :
1. Dorongan dari diri Sendiri Untuk Berhenti, Mengendalikan.. *Paling Penting
2. Dengan Rehabilitasi Obat
3. Dengan Rehabilitasi Rawat Inap
4. Dengan Therapy Hipnotis
Semoga bemanfaat…. Menurut saya no 1 lah yang paling manjur… Orang-orang yang kecanduan itu akibat dari penggunaan yang over, dengan sengaja mengikuti arus efek yang ditimbulkan (lebay / dinikmatin bgt seakan akan tuh shabu yang ngontrol dia), memiliki penyakit psikis bawaan(*beda urusan kalo ama yg ini)…
“INGAT : SEGALA SESUATU YANG BERLEBIHAN ITU TIDAK BAIK”

12 09 2011
reina

Denger namanya aja gw udah merinding, ga lagi2…. Jangan pernah mencoba, barang itu jahat sekali….. Sekali lagi jahat sekali, uang harta teman bahkan keluarga akan menjadi korbannya…….

12 09 2011
ione rasta

brapa tahun ini aku trjrumus dalam sabu2..seperti nya aku gk bisa untk bhenti…

8 09 2011
eko

mulut komat kemot mata nya melotot…. strong abisss.. ampe duit gw juga abis… badan juga ikut abis… tinggal utang aja yg ga, abis. abis…
kalo mau strong abis.. ya udah isep tuh banyak2.. shabu….

3 09 2011
wiky

d kMPuNg sAya sGat bRdAr bgEt yANx nMa nAA sHaBu_2
mLah yanx make twu
gax knal gee anax n adix
jadi
gee mN cra mMbRhNtIin nAa

24 05 2011
brent asahi

ngeri jg ya bun,, key ma ksi catatanya bun.

24 05 2011
brent asahi

ngeri lho bu,,, ma ksi catatanya,,, lm knl bun.

22 03 2011
edhedho

TunjukaN bahaya sahbu-sahbu

7 03 2011
nuri

assalamualaikum……..
saya ingin menanyakan tentang cara menghentikan suami saya dari shabu2… karena beliau ingin dan meniatkan untuk berhenti , tapi suasana d rumah beliau belum sanggup untuk meninggalkannya karena dia belum kuat untuk tidak di pengaruhioleh orang lain….
dan beliau sering bermimpi sedang memakai shabu jadi efek setelah bangun tidur beliau menjadi gemetar dan ingin memakainya..
tolong beri tahu saya apa yang saya harus lakukan untuk suami saya agar beliu bisa menjadi suami sholeh pada umumnya..
terima kasih banyak . jawaban saya mohon di kirim ke email saya yaa ….
terimakasih

Jawab:
wah, ibu, mohon maaf saya tidak kompeten dan tidak punya pengalaman dalam hal ini… mungkin bisa ditanyakan pada yang lebih tau..

27 02 2011
Apek hon

Saya dlu adlh pgguna shabu, tp skrg gk lg, krna sy sudah tau bahaya nya, sy dlu klo mky dgn tman dan dmlam hari , jd mata saya tidak tidur smalaman smpai pagi… Sy menybut brg ini budak putih, budk pteh ne mmang degial.. Sya dbuatya trlena shgga sy trtagih.. Wlwpn tdk sakaw tp inggn mky nya lg… Tp sya udh brhnti 5thn yg lalu… Alhmdllah sy bs mghdpinya. SEKIAN.

17 02 2011
yulia hanggara

shabu shabu mmg nikmat….
tapi efeknya MEMATIKAN……alias DEAD…….. :)

11 11 2010
kartini

ass wr wb ibu,trimakasih balasannya bu, spt di jelaskan ibu tentang isi dr serequil, memang d berikan krn paranoid suami tinggi sekali bu,terutama terhadap sy sbg istrinya,ibu paham ya bu…ok bu,dg membua blog ibu ini menambah lg pelajaran sy.. smga sy terus n terus bisa kuat n berlalu dr semua ini , sy yakin semua ini adalah ujian ya bu.. bnyk pelajaran yg sy ambil dlm mengikuti terapi ini,berat sekali tp dg kesabaran n kebesaran ALLAH sy yakin mampu menghadapinya, mohon doa ya bu….wass

jawab:
Insya Allah, ibu…… Allah tak akan membebani hambaNya sesuatu di luar kemampuan hambaNya. Jadi Insya Allah ibu akan bisa menjalaninya bersama suami, dan semoga dicatat menjadi amal ibadah ibu. Amien.

10 11 2010
kartini

selamat malam ibu, terimakasih atas empatinya pd sy, maaf sy pikir ibu dokter.. tentang obat yg rutin 6 bulan ini d minum adalah serequil 100mg, pd saat br keluar dr bnn, banyak bu obatnya dg harga yg sangat mahal sekali, tetapi hanya 3 bln saja, krn stlah 2 bln periksa kencing oleh psikiater yg memang terapi kelanjutan dr bnn,dan pd saat itu positif shabu n ganja lg, mk suami tdk mau kontrol lg,mgkn takut d angkat k bnn lagi. mk setelah itu terapi minum serequil terus tanpa konsul dokter lagi, demikian bu, trimakasih

Jawab:
Ibu, obat Serequil itu isinya quetiapin, yang biasanya digunakan sebagai obat penenang dan mengatasi gangguan kejiwaan. Kalau melihat obatnya sih tidak ada efek samping ke arah sesak nafas dan hipertensi. Jadi mungkin yg suami ibu alami merupakan efek-efek akibat penggunaan shabu/ganja dalam jangka panjang. Saya sarankan utk tetap periksa ke dokter. Memang tidak mudah menghentikan ketergantungan obat, dibutuhkan motivasi yang tinggi dan dukungan orang2 terdekat. Dan tentu didoakan selalu semoga dikuatkan..

8 11 2010
kartini

ibu dokter yth, pagi ini sy tergerak buka web ini lg, stlh lama jg sy tdk search tentang narkoba, suami sy pecandu narkoba selama 26 th ganja n shabu 13 th, sy kawin br 4 th dr awal stlh sy tau dia narkoba berbagai cr sy lakukan,smp akhirnya sy angkut k bnn pd feb 2010,krn usia sdh 40 th mk d sana hny bs detox selama 2 bln sj, trpksa plg, 1 bln normal spt manusia umumnya, tp stlh itu kmbali lg wlw tdk sparah dulu, smp 6 bln tetap terapi obat dr dokter wlw tdk mau konsul lg, skrg byk yg dia rasakan tiap mlm sll sesak nafas, tensi darah selalu tinggi tp tdk mau sy ajak k dokter….kdg sy hopeless dg semua ini..sy tau hrs berbuat apa tp sy tdk bs melakukan, sementara sy terus bekerja sj dan terus berdoa tiada henti…smga cobaan ini cpt berlalu dr k hdpan sy.. sy ingin tny,apakah gejala yg suami sy rasakan adlh efek dr pemakaian shabu n ganja yg berkepanjangan ini?

Jawab:
Ibu, saya turut prihatin dengan apa yang ibu alami. Oya saya koreksi sedikit, saya bukan dokter, tapi apoteker. Terkait dengan pertanyaan ibu, ya mungkin saja itu adalah termasuk efek jangka panjang dari pemakaian shabu dan ganja. Ibu tadi sampaikan bahwa suami ibu mendapat terapi obat dari dokter. Apakah sekarang masih? dan obatnya apa ya? bisa jadi juga itu merupakan efek dari obat tersebut, tapi saya tidak bisa memastikan karena tidak tau macam obatnya. Upayakan untuk tidak lagi menggunakan shabu dan semacamnya, bu, kalau ada gejala putus obat memang berat. Selama bisa ditahan ya tahan saja, tapi kalau tidak memang perlu menggunakan pengobatan utk mengatasi gejala putus obatnya.

14 08 2010
pilo

beli narkoba sama saja dgn membeli tiket ke neraka

3 06 2010
N N

sabu………….
sahabat bubar

6 02 2010
orin

gw benci shabu krna tu barang org yg gw sayangi brbuat jahat ma gw,,
kk gw jg kena korban,,

3 12 2009
edo lacak

shabu2 emang enak tapi resiko nya bahaya bagi kita………..
jd yang memakai shabu pikirlah dulu baru menggunakanya klw tidak akan mati atau pindah rumah atau pilih yrga atau neraka………-_+

27 10 2009
Gofur

Saya juga pernah nyabu tapi skrg udh brhenti takut hukum.
Di medaeng itu gak enak walau 6bulan

10 10 2009
edy sarwono

sip lis..jadi kepingin nyabu, he, he,he,,,,,,,

7 10 2009
Areep

Lah buk. kalo kelasnya anak kost SABU itu Sarapan di BUrjo hehee

30 09 2009
Witri Susila Astuti

Thank a lot bu Zullies mudah2an saya ada kesempatan tuk kuliah lg.

29 09 2009
Witri Susila Astuti

Kalau kuliah S2 Farmasi Klinik di UGM,adakah yang jadwalnya jumat-sabtu aja?

Jawab:
jadwalnya memang Jumat-sabtu, mbak

28 09 2009
Gareng

Ass.wr.wb.
Terkejut…
Nyong kaget banget, baik mengenai pribadi penulis apa lagi tulisannya..
Sukses and thank’s a lot. Salam buat keluarga.

Someone in somewhere in the hand of god now ( I hope)

28 09 2009
Sewa Projector Murah

saya sering nyabu(sarapan bubur) setiap pagi hari,kenyang lagi daripada nyabu obat cuma bikin rusak diri

28 09 2009
Witri Susila Astuti

salam kenal bu Zullies, saya adik kelas penjenengan angk 96, mgk lum pnh ktm krn pas kuliah S2 di Jepang ya. saya skr aktivitas di RSUD bantul. ma nanya nih, kl mau menerapkan Farmasi Klinik di RS, khususnya ronde/visite pasien, apakah kompetensi saya yg cuma S1 dah cukup atau perlu kuliah S2Farmasi Klinik?

jawab:
sebenernya tidk harus demikian, tapi utk angkatan 96 memang bekalnya belum cukup banyak, jadi baiknya memang kuliah dulu S2 farmasi klinik untuk menambah bekal kemampuan dan kepercayaan diri.

27 09 2009
dian vita

waaa….pengen makan shabu2 juga…
di jogja ada yang jual shabu2 yang enak g ya bu…
hehehehehehe…

nb:shabu2 yang makanan jepang loh bu…

27 09 2009
BaNi MusTajaB

Wah jadi kepengen nyoba shabu shabunya orang Jepang, Bu.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 492 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: