Asam retinoat dalam kosmetika: apa bahayanya?

14 06 2009

Dear kawan,

kosmetikBelum lama ini terdengar berita lumayan mengejutkan bahwa beberapa produk kosmetika, beberapa diantaranya cukup terkenal, ditarik dari peredaran oleh Badan POM. Sebuah tindakan yang penuh kehati-hatian terhadap adanya senyawa-senyawa pada kosmetika tersebut yang dikuatirkan dapat menyebabkan risiko kesehatan pada konsumen. Berdasarkan PUBLIC WARNING / PERINGATAN dari Badan POM Nomor : KH.00.01.43.2503 tanggal : 11 JUNI 2009, beberapa senyawa berbahaya yang dijumpai dalam kosmetika antara lain adalah :

Merkuri (Hg) / Air Raksa termasuk logam berat berbahaya, yang dalam konsentrasi kecilpun dapat bersifat racun. Pemakaian Merkuri (Hg) dapat menimbulkan berbagai hal, mulai dari perubahan warna kulit, yang akhirnya dapat menyebabkan bintik-bintik hitam pada kulit, alergi, iritasi kulit, kerusakan permanen pada susunan syaraf, otak, ginjal dan gangguan perkembangan janin bahkan paparan jangka pendek dalam dosis tinggi dapat menyebabkan muntah-muntah, diare dan kerusakan ginjal serta merupakan zat karsinogenik (menyebabkan kanker) pada manusia.

• Hidrokinon termasuk golongan obat keras yang hanya dapat digunakan berdasarkan resep dokter. Bahaya pemakaian obat keras ini tanpa pengawasan dokter dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit menjadi merah dan rasa terbakar, bercak-bercak hitam.

Asam Retinoat / Tretinoin / Retinoic Acid dapat menyebabkan kulit kering, rasa terbakar, teratogenik (cacat pada janin).

• Bahan pewarna Merah K.3 (CI 15585), Merah K.10 (Rhodamin B) dan Jingga K.1 (CI 12075) merupakan zat warna sintetis yang umumnya digunakan sebagai zat warna kertas, tekstil atau tinta. Zat warna ini merupakan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker). Rhodamin B dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati.

Salah satu bahan berbahaya yang akan dikaji dalam posting ini adalah tentang asam retinoat. Menarik bahwa asam retinoat banyak dijumpai pada produk-produk pemutih kulit, salah satunya adalah produk yang cukup ngetop di Yogya, yaitu produk dari Natasha Medicated Skin Care Yogyakarta. Aduh, moga-moga aku nggak “di-Prita-kan”  nih karena menyebut nama…. Karena aku kan hanya mengutip dari edaran Badan POM. Oya, merk terkenal OLAY dan PONDS juga ada yang ditarik karena mengandung merkuri. Yang ditarik adalah OLAY Total White produk Malaysia dan PONDS Age Miracle produk Thailand/Singapore.

Hm… kembali ke asam retinoat ya, ……

Apakah asam retinoat itu?

Asam retinoat adalah bentuk asam dan bentuk aktif dari vitamin A (retinol). Disebut juga tretinoin. Asam retinoat ini sering dipakai sebagai bentuk sediaan vitamin A topikal, yang dapat diperoleh secara bebas maupun dengan resep dokter. Bahan ini sering dipakai pada preparat untuk kulit terutama untuk pengobatan jerawat, dan sekarang banyak dipakai untuk mengatasi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari (sundamage) dan untuk pemutih.

Bagaimana Asam retinoat bekerja?

Kulit memiliki reseptor untuk asam retinoat yang disebut retinoic acid receptor (RAR) yang berlokasi di dalam sel (intraseluler). Jika asam retinoat mengikat reseptornya, maka akan mengaktifkan transkripsi gen yang akan menstimulasi replikasi dan diferensiasi sel, terutama adalah sel-sel keratin (sel sel tanduk) penyusun kulit paling luar (epidermis). Hal ini akan menyebabkan efek berkurangnya keriput dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, misalnya karena paparan sinar matahari.

Mekanismenya sebagai obat jerawat belum banyak diketahui sepenuhnya, tetapi Diane Thiboutot dkk dari Pennsylvania State University College of Medicine, dalam penelitiannya mengungkapkan bahwa asam retinoat ini meng-up regulasi gen untuk pembentukan protein NGAL, yang berperan dalam proses kematian (apoptosis) kelenjar sebasea, yaitu kelenjar penghasil minyak di kulit, yang umumnya terlibat pada terjadinya jerawat. Dengan kematian sel kelenjar sebasea ini, maka produksi minyak kulit berkurang dan akan mengurangi jerawat.

Asam retinoat juga sering dimasukkan dalam komposisi krim pemutih karena dipercaya memiliki efek pemutih. Efek asam retinoat ini tidak langsung melalui penghambatan pigmen melanin seperti beberapa senyawa pemutih lainnya, tetapi menurut Yoshimura cs, diduga karena terjadinya peningkatan proliferasi sel-sel keratin dan percepatan turnover epidermis (lapisan kulit paling luar), sehingga memberikan efek mencerahkan kulit.

Apa efek berbahayanya?

Hm… kayaknya baik-baik saja, ya. Bahayanya apa? Pada penggunaan topikal, asam retinoat dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit seperti terbakar, terutama buat yang berkulit sensitif. Sedangkan pada penggunaan sistemik (misalnya peroral) asam retinoat memiliki efek teratogenik, yaitu menyebabkan abnormalitas perkembangan janin dalam kandungan. Paparan yang paling kritis adalah selama 3-5 minggu kehamilan, bahkan sebelum sang ibu ketahuan hamil. Penggunaan asam retinoat ini dapat menyebabkan berbagai bentuk malformasi/kecacatan pada janin. Fakta ini diperoleh beberapa saat setelah Accutane, suatu obat jerawat berbentuk kapsul berisi isotretinoin (13-cis-retinoic acid), diperkenalkan pada bulan September tahun 1982. Diperkirakan 160 ribu wanita hamil pada saat itu menggunakannya. Antara tahun 1982-1987, kurang lebih dijumpai 900-1300 bayi yang lahir cacat, 700-1000 terjadi aborsi spontan, dan 5000-7000 janin digugurkan secara medis karena paparan Accutane. Anak-anak yang sempat dilahirkan memiliki gangguan hidrosephalus (pembesaran kepala berisi cairan), kecacatan telinga, gangguan jantung, dan penurunan intelegensia. Sejak itu Accutane digolongkan sebagai obat dengan kategori X untuk kehamilan, yaitu tidak boleh sama sekali dipakai pada wanita hamil atau yang merencanakan hamil.

Walaupun efek yang paling nyata adalah pada penggunaan sistemik, tetapi pada penggunaan topikal (dioleskan di kulit) jika dilakukan dalam jangka waktu lama juga dikuatirkan akan menyebabkan terserapnya asam retinoat ke dalam tubuh dan akan mempengaruhi janin pada pengguna yang sedang hamil.

Kalau menurut aku sendiri sih, kalau mau maksa memakai sediaan yang mengandung asam retinoat… sebenarnya boleh saja, selama tidak iritasi, tidak ada alergi, tidak sedang hamil atau merencanakan hamil, apalagi jika hanya dipakai secara topikal dalam jangka waktu pendek, dan semestinya dengan pangawasan dokter.  Lhah… kalau jerawat berderet sebesar-besar jagung, mau gimana……. ? Memang ada sih pilihan yang lain,… tapi Accutane sendiri di US masih beredar dan merupakan obat dengan resep dokter. Namun untuk kehati-hatian bagi semua, memang sudah bijaksana jika Badan POM proaktif melaksanakan tugas pengawasannya.

Demikian, semoga bermanfaat.

Aksi

Information

49 responses

10 04 2014
putri

mbak mau tanya saya uda trlanjur pakek cream yg mengandung merkuri awalnya sih aku gatau kalo cream itu mengandung merkuri, dan saat aku pakek creamnya aku gatau kalo waktu itu aku sedang hamil 4w, saya takut mbak :( apakah berbahaya bagi janin saya, dan apa yg harus saya lakukan saat ini , uk saat ini 12w , mohon solusinya mbak ??

Jawab:
ngga usah terlalu kuatir.. yang penting sudah dihentikan, dan jaga dedeknya di perut dengan makanan sehat dan bergizi. Pemakaian krem saja relatif tidak berbahaya utk janin.

25 03 2014
yuyun

mb saya hamil 9minggu n pakai krim natasa-kata dokter natasa aman buat ibu hamil kebetulan saya minta dosis yang paling rendah -apakah aman hamil pake krim perawatan mb?mohon infonya

jawab:
Jika tdk mengandung bahan teratogenik spt asam retinoat ya ngga papa, Mbak.. cukup aman. karena krim natasha kan macem-macem jenisnya.

8 12 2013
ijah

waduh, baru tahu nih saya,
ternyata bahayanya banyak juga ya? semoga badan POM selalu mengawasi an menyampaikan edukasi ke masyarakat tentang efek dan bahaya dr penggunaan bahan-bahan yang dilarang.
SIP

9 11 2013
sulis guesta

mb.aku bru make crem vitacid yg 0,25% dah seminggu tapi trus aq hentikan karna aq dah hamil 8minggu ,bahayakah untuk janin

Jawab:
kalau baru sebentar ngga papa, Mbak, apalagi kan pakainya krim, bukan obat minum, jadi tidak ada efek ke janin.

28 09 2013
Kiki

Mba saya minum obat isotretinoin berdasarkan resep dokter, awal juni 2013 saya diberikan 20 capsul(5x1minggu), kemudian di kasih lg 12 capsul(3x1minggu). Saya rencana menikah tahun ini. Apakah benar (saya baca dibuku farmasi) kalau makan tretinoin tdk boleh hamil selama 5thn?
Mohon penjelasannya, thanks.

Jawabnya:
Isotretinoin memiliki efek teratogenik pada janin, bisa menimbulkan kecacatan janin, sehigga tidak boleh digunakan oleh wanita hamil. Jika merencanakan hamil sebaiknya tidak menggunakan isotretinoin. Untuk berapa lamanya, mungkin tdk harusampai 5 th, tapi pada prinsipnya setelah semua sisa obat yang ada dalam tubuh tereliminasi. Obat ini relatif larut dalam lemak, jadi tinggal dlm tubuh lebih lama. Mungkin bisa sekitar 2-3 tahun untuk amannya, harus stop obat sebelum hamil.

8 07 2013
aprilana

Mbak,bbrp tahun yg lalu sy sempat memakai cream (yg katanya racikan dokter) cm ya itu awal pemakaian kulit wajah sy mengelupas perih dan kemerahan slama 1-2mggu stlh itu kulit sy jd sangat bagus, dan sy memakai nya selama setahun lebih dan skrg sy sdh berhenti selama hampir 2tahun dan sejak berhenti wajah sy jd gelap dan kusam,apakah kosmetik yg sy pakai itu mengandung zat berbahaya?? Dan bagaimana jika sy ingin punya anak lg, apakah berrisiko tdh kehamilan dan janin?apakah sy hrs memberi jeda waktu lbh lama utk mhindari risiko? Klo iya, brp lama sy hrs menunda kehamilan? Mohon penjelasannya, trims

Jawab:
Mbak, saya tidak tau persis apa isi cream yang Anda pakai, jadi saya juga tdk bisa menjawab apakah cream tsb mengandung bahan berbahaya, apalagi utk kehamilan. Bahan yang berbahaya utk kehamilan adalah asam retinoat atau isotretinoin yang sering dipakai sebagai obat jerawat. Jadi, maaf saya tdk bisa memberi jawaban yg pasti.

27 04 2013
nita

Mbak,saya telah mengkonsumsi isotretinoin pada awal januari 2013 10 pil (1x1hr) stelah itu jerawat saya kumat dan di beri lagi pada awal april 10pil (1x1hr) stelah habis,jerawat saya msh ada dan besar2 kemudian 5 hr stelah konsumsi terakhir saya di beri 10 kapsul lg (1×1 hr) tp br 3 pil saya minum,sya baru tau efek samping nya,sehingga saya memberhentikan mengkonsumsi.yang saya tanyakan,saya ada rencana merid bulan 8 thn 2013 dan niat nya ingin langsung memiliki momongan.apakah obat tersebut masih mempengaruhi janin pada saat2 itu?kemudian,apa yg harus saya lakukan untuk menghilangkan efek samping obat yang telah saya konsumsi?terimakasih

Jawab:
Saya kira jika sudah berhenti mengkonsumsi dan meridnya masih bulan 8, efek obatnya sudah tidak ada lagi ke janin, mbak. Tidak ada yang bisa dilakukan kecuali membiarkan sisa-sisa obat dalam tubuh akan tereliminasi sendiri.

23 04 2013
Dessi

Mbak, mau tanya dunk..11 hr yll saya ke natasha skin care utk perawatan meliputi chemical peeling ma laser utk penghilang jerawat, utk krim krn tdk ingin ketergantungan, sy pake dikit bgt itupun krim pagi doank, tp sy dikasih obat minum & udh hbs 9 butir..
dan ternyata..skrg sy hamil 5 mgg..itu gmn y mbak? kira2 msh bs ditoleransi or seberapa bahaya efek laser, obat, krim yg terlanjur sy pake?
terima ksh..

Jawab:
Obat minumnya biasanya adalah antibiotik untuk mencegah kemungkinan infeksi akibat perlakuan lasernya, dan Insya Allah ngga masalah dengan kehamilan. Untuk krimnya saya ngga tau isinya, tapi kalau utk jerawat ada kemungkinnya berisi asam retinoat. Mungkin baiknya dihentikan saja dulu. Efek laser bersifat lokal, jadi tidak sampai ke janin. Saya kira tidak perlu terlalu kuatir.

21 04 2013
nina

mbk,,, sy nina, 20 tahun, dan punya keluhan dengan jerawat plus bekas2nya… ada teman yg menyarankan menggunakan vitacid cream dengan kandungan 0,025% retinoic acid,,,
apa tidak bahaya mbk kalau di gunakan di wajah saya yang cenderung sensitif?
tolong penjelasan dan sarannya… trimakasih… :)

Jawab:
Maaf, saya tdak bisa memaprediksi bagaimana efeknya vitacid krim pada kulit anda yang cenderung sensitif. Mungkin anda bisa mencoba dengan olesan yang tipis2 dulu untuk melihat reaksinya. Jika ada kemerahan atau gatal atau reaksi yang tdk diinginkan, berarti Anda tidak cocok menggunakan krim tersebut.

11 02 2013
dindi

mbak, sya nerima resep dri dokter bt obat jerawat namax doxicor tapi pas dcari k apotik g da trus mlah d kasih siclidon…
gpp t mbak??? mang sama fungsi kduax t??

Jawab:
Doxicor dan Siclidon isinya sama.. yaotu antibiotik doksisiklin. jadi fungsinya sama. Cuma beda merk saja. Jangan kuatir

3 01 2013
tia

Maaf mba , sy pengguna ntasha . Bisa kasih saya data yg lengkap ato link yg membenarkan bahwa Natasha mengandung merkuri ??
Thx

jawab:
Setahu saya produk Natasha tdk mengandung mercury, tapi saya juga tdk tau pasti. jadi tdk bisa memberikan data yg lengkap.

9 12 2012
Jimmi Di Putra

ass.wr.wb sedangkan begini bu..yang saya tau..semua obat (racun) itu memiliki efek samping, semua tergantung dosis yg diberikan, dan jangka panjang waktu yg diberikan..biasanya hasil penelitian memiliki interval waktu pemberian obat ke pasien dibandingkan dengan plasebo atau obat lain yg dikehendaki perbandingannya, sedangkan penggunaan bahan kimia utk pengobatan atau pun cream kita juga menilai dari segi besar manfaatnya apa lebih besar efek sampingnya..jika lebih besar manfaatnya kan mengapa tidak..sedangkan dari sistem farmakologi dan dokter berbeda..krn apa..?, bny perbedaan mendasar tentang dosis obat yg diberikan terhadap derajat suatu penyakit dan efek samping dari suatu obat (tidak disepadankan). Nah menurut ibu spt apa..krn saya baru liat dari biodata ibu, ibu lulusan farmakologi. Contoh pengobatan penggunaan kortikosteroid terhadap penyakit apapun dosis yg diberikan besar krn manfaatnya lebih besar walaupun kemungkinan efek sampingnya tambah besar, nah bagaimana jika spt ini kasusnya ibu, terimakasih. wass.

Jawab:
Dear Jimmi, saya bukan dokter tapi apoteker. Betul bahwa semua obat memiliki efek farmakologi (efek terapi) dan efek samping. Ada yang sifatnya tergantung dosis, ada yang tidak. Dosis obat tertentu untuk penyakit tertentu memang berbeda-beda, yang tentunya juga disesuaikan dengan keparahan penyakitnya. Kadang kita (atau dokter atau siapapun yang sakit) harus memilih, mau pakai obat atau tidak. Jika tidak pakai obat, penyakitnya bisa tambah berat, tapi kalau pakai obat ada efek sampingnya. Kalau kondisi seperti ini memang harus ditimbang-timbang, lebih besar mana manfaat dan risikonya. Efek samping yang besar juga adalah risiko. Jika obatnya memang harus dipakai, maka bisa dilakukan upaya-upaya untuk bisa mengurangi efek samping. Misalnya pasien wanita yang menderita penyakit autoimun seperti Lupus atau rhematoid artritis dan mereka harus menggunakan steroid dalam jangka panjang, maka untuk mencegah risiko osteoporosis perlu diberi suplemen Calcium atau vit D. Atau jika seseorang harus menerima kemoterapi untuk kanker, maka efek samping mual-muntahnya bisa dicegah atau diatasi dengan peberian obat anti muntah.
jadi, bukan berarti kajian farmakologi dan pendapat dokter berbeda. Farmakologi adalah mendasarkan sifat-sifat obatnya, sedangkan dokter mempertimbangkan kondisi klinis pasien. Dan ini harus dikompromikan. Dokter tentunya harus memilihkan obat yang paling aman dan efektif buat pasien, wwalau itu tidak selalu mudah. Begitulah pendapat saya..

15 10 2012
12 09 2012
12 09 2012
tretiluver's

oh’laa i just found this.. so i guess tretinoin is safe sista ^^
kan ada beda2 yah, tretinoin, retinoic acid i guess it safe
disitu tertulis ” penelitian selama 10thn, asam retinoat yg terserap sangat lah sedikit, dan telah terbukti tidak menyebabkan gangguan apapun pada janin ”

http://www.wijayaskincare.com/artikel.html?id=28

12 09 2012
rashya

sis gimana ya tanggapan sis ttg blog ini?..

http://mizhasbeautydiary.blogspot.com/2012/01/semua-tentang-tretinoin.html

dan sy juga setuju sama mas @ Aji Nugroho , coz emang belum ada penelitian x yah? ^^ tp aq jg setuju lebih baik pemakaian dihentikan dahulu kalau sedang berencana hamil ataupun sdg hamil, jaga2 aja ^^

8 08 2012
Theresa

Thanks for another informative web site. Where else could I get
that kind of info written in such an ideal way? I have a project that I am just now working on, and
I have been on the look out for such info.

7 08 2012
visit their site

Very efficiently written information. It will be beneficial to anyone who
employess it, including me. Keep doing what you are doing – i will definitely read more posts.

1 07 2012
Berpikir kritis

Oh, jd ini fungsi asam retinoid. pantesan kulit langsung mulus gak ada jerawat. kemarin konsultasi ke dokter kulit gara” jerawat gak hilang” dikasih obat namanya siclidon.Tp berbahayanya cm buat cewek aja kan ?

5 06 2012
charista

mb, saya pake krim dengan 0,05% kandungan retinoid acid, di petunjukya sih bilangnya harus dengan resep dokter, tapi aku belinya di apotik tnpa resep dokter He5x., berniat menghilangkan bekas jerawat yg item2, lumayan sih, 1 minggu dioles udah kering, trus ngelupas, lah pas ngelupas itu ternyata memang agak perih, awalnya aku olesin semuka, tapi stlah 1 minggu aku olesin yang berjerawat aja, karena aku ngerasa efeknya yang membuat kulit agak kering, padahal muka aku berminyak. baru tahu juga ternyata asam vitamin A ini tergolong agak keras setelah baca blog ini, trims Mb, cuma share pengalaman aj.

25 03 2012
Bunda Hafidh

Thanks untuk artikelnya…
terus terang saya miris setelah membaca…karena saya pribadi menggunakan krim dari Natasha karena saya jerawatan. saya ke natasha awal maret(saat itu saya belum tau kalo saya hamil), dan ternyata saya hamil sudah 6minggu. saat ini sudah saya hentikan, saya khawatir berefek terhadap janin saya, produk apa yang harus saya gunakan saat hamil?

Jawab:
Bunda, saya tidak bermaksud mendiskreditkan krim Natasha, karena memang itu dulu disebut termasuk yg mengandung asam retinoat. Tapi mungkin saja skrng tidak lagi. Tapi sebaiknya utk kehati-hatian, untuk sementara dihentikan dulu saja, walaupun efek samping obat krim mungkin tidak seberat obat minum. Anda bisa mnggunakan produk2 lain yg tidak mengandung asam retinoat. Maaf, saya tidak bisa menyebut merk.

25 11 2011
widi

Dear Ibu Zulis,
2 minggu yang lalu saya mengkonsumsi obat isotretinoin cap 20 mg selama 7 hari berturut-turut.
Efek positifnya jerawat yg segede jagung langsung hilang, kulit mulus. Hanya bekasnya saja yang masih. Kulit yang tadinya sangat berminyak, menjadi berkurang jauh, bahkan nyaris tidak berminyak. Sampai berapa lama efek positif ini bertahan ya Bu ?
Tapi efek negatifnya setelah hari terakhir minum, bibir saya jontor, luar biasa kering, mengelupas dan agak perih. Saya coba netralisir dengan neurobion dan ester C dan banyak makan buah. Bibir dioles vaseline, lip balm dan madu , setelah satu minggu bibir baru sembuh.
Efek negatif lain yang saya rasakan adalah vagina menjadi kering. Apakah obat ini bisa berefek dengan fertilitas juga ?
Yang ingin saya tanyakan adalah sampai berapa lama kita boleh mengkonsumsi obat isotretinoin ini. Karena pada saat diberi resep ini oleh dokter, beliau menyarankan bahwa saya harus mengkonsumsi selama 6 bulan. Tapi saya hanya mau coba selama 7 hari saja, saat mendengar efek negatif yang dokter tsb jelaskan. Meskipun saya tidak berniat untuk hamil. Menurut penjelasan dokter, jika kita mengkonsumsi obat ini, baru boleh hamil setelah selang 1 th kemudian.
Seandainya jerawat muncul lagi, saya tergoda untuk mengkonsumsi obat ini lagi, mungkin dengan dosis seminggu 2 kali, sebaiknya ditambah vitamin apa yang tepat untuk menetralisir bibir kering tersebut.

jwab:
Dear Widi,
yang dipaparkan tadi memang merupakan macam2 efek samping isotretinoin. Saya kira upaya utk mengatasi bibir kering tadi sudah benar. Vitamin E pernah disebut2 bisa mengurangi efek samping isotretinoin, tapi uji kliniknya menyatakan tidak terbukti. tapi kalau memang mau dicoba silakan saja, walaupun tidak bisa menjamin keberhasilannya. Siapa tau pas cocok. Regimen dosis yg disarankan memang sampai 15-20 minggu untuk mencapai efek yang diinginkan. Obat ini tidak mempengaruhi fertilitas, tapi memang menyebabkan keringnya selaput lendir, termasuk pada vagina.

13 10 2011
fina

Salam bu. Saya berusia 44 tahun dan sudah menggunakan kosmetik yang mengandung asam retinoat ini selama 3 bulan. Hasilnya kulit saya sekarang menjadi putih cerah dan halus. Apakah efek berbahaya terhadap diri- sendiri untuk pemakaian topikal kosmetik yang mengandung asam retinoat ini bila digunakan secara terus-menerus dan dalam jangka waktu yang panjang ? Maksud saya selain efek terhadap janin (saya tidak kuatir hal tsb. karena sudah tidak berencana hamil lagi :))

Jawab:
untuk penggunaan secara topikal, efek samping asam retinoat antara lain meningkatkan sensitivitas kulit terhadap paparan sinar matahari.

28 09 2011
Aji Nugroho

dimana ya saya bisa mendapatkan penelitian yang menyebutkan bahwa asam retinoid menyebabkan kecacatan pada janin??
Barusan saya ikut seminar belom ada tuh penelitiannya….
jangan nulis sembarangan dong ah…

jawab:
kalau komentar jangan tendensius gitu ah….. saya juga tidak berani menulis sembarangan, karena ada tanggung-jawabnya dengan apapun yg saya tulis. Anda bisa searching dengan key word :retinoic acid, teratogenicity, atau seputar itu. pasti akan dapat banyak informasi. salah satunya bisa diklik misalnya di sini: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/3162101?dopt=Abstract. atau di sini: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/6233342. Dan bnyak related articles juga. Saya tidak punya kepentingan apa-apa terkait dengan tulisan saya, kecuali utk berbagi informasi saja.

16 08 2011
yeni

Artikelnya bagus Banget mbak…btw teman saya kulit mukanya bagus bgt,dia pakai mrc krim muka,saya juga pengen ikutan pke krim tsb,
Tp ternyata mrc tsb termasuk k Dalam daftar yg dtarik bpom krn mengandung retinoid acid,pertanyaannya klo saya Cobain pake boleh GA mba,trus klo kpan2 says merencanakan kehamilan baru saya lepas, klo pemakaiannya sperti itu bgm mba? thanks mbak :)

Jawab:
selama ngga hamil dan ngga merencanakan kehamilan, mungkin masih aman saja. Apalagi pemakaiannya kan cuma topikal (dioleskan)…

6 07 2011
Riqa Mahera Riqa

mbak tolongin saya dong….krim muka apa yang bisa menghilangkan flek hitam secara permanen.krn sy sudah pakai macam2 produk kosmetik dan juga sudah pakai beberapa krim dokter.

Jawab:
wah, kalau berbagai produk kosmetik dan krim dokter saja tidak berefek, mungkin memang agak sulit menghilangkannya. Bagaimana kalau coba pakai metode laser atau apa gitu, silakan hunting di pusat2 pelayanan perawatan kecantikan kulit..

25 06 2011
yuniska

mau tanyak bak..
kalo pond’s white beauty sama pond’s flawless white tuh berbahaya & di tarik jg gak sih??
truss biasanya krim pemutih apa sih yg cocok buat kulit berminyak??

Jawab:
Ngga ditarik kok… Wah, saya ngga tau persis. Tapi kecocokan krim utk jenis kulit tertentu lebih ditentukan oleh formulasi bahan pembawanya, bukan jenis za pemutih kulitnya.

17 04 2011
Lisa

Saya baru 1blan menggunakan produk pemutih yang bermerek sp,jika menghentikan pemakaian?bisak gak meyebabkan epek samping?mh0n saranya mbak,mkasih

Jawab:
mungkin gak papa, ya, dicoba aja. Efek samping itu kan muncul jika obat dipakai, kalau dihentikan mestinya tidak ada.

2 03 2011
Inchy'e

Mkasih infonya mbak,
sya salah seorang pengguna Natasha Skin care selama setahun untuk pengobatan jerawat n flek pada wajah, tpi sekarang sya lg hamil 5 bulan n baru tau info ini. Bahaya gak buat janin sya??soalnya abis baca artikel mbak sya jd khawati n shock banget nih mak..
mohon infonya mbak..

Jawab:
mestinya sudah ditarik dari peredaran, Mbak. Jika penggunaannya lewat kulit, sebenernya efek ke janin mungkin tidak terlalu signifikan. Ngga usah kuatir. Yang penting selalu diperiksakan kehamilannya ke dokter, Mbak. Semoga lancar dan selamat ya.

2 11 2010
rido

salam..

bu saya maasih mahasiswa… kebetu;lan lagi skripsi..
diatas sudah ada yang ulas n tanya dimana dapetin asam retinoat murni..
kebetulan saya berncana ambil asam retinoat sebagai bahan skripsi saya bu..

trims bimbingannya..

wasalam

jawab:
wah, saya tidak tahu.. coba tanyakan saja pada distributor bahan-bahan kimia/obat yang biasa menyediakan aneka reagen utk penelitian

27 10 2010
rangga

Bu, artikelx Bisa d copy ngga’?
sy Mau nambah dengan hasil penelitian lain tp ttp dlm bntk tulisan ilmiah populer…
Ma kasih.

jawab:
silakan, asal disebutkan saja dalam sitasinya

28 08 2010
chitt

mbak saya mke krim dr.x ..setelah sya hentikan pipi saya jadi kemerah merahan dan timbul jerawat,bagaimana mengatasinya mbak?

Jawab:
wah, mngkin anda sudah “ketergantungan” dengan krim dr.x tsb. Jika memang sudah baik hasilnya, kenapa di hentikan? saya kira klo mau mnghentikan sebaiknya pelan2 supaya kulit bisa beradaptasi.

28 06 2010
susi herlina

bu, udah 1bln saya memakai Retin-A untuk mengobati jerawat, apakah perlu saya hentikan? berapa lama retin A itu bertahan dalam tubuh setelah dihentikan pemakaiannya?

Jawab:
saya tidak tau persisnya berapa lama asam retinoat bertahan dalam tubuh. Jika tidak sedang hamil atau ada rencana hamil, saya kira masih boleh dilanjutkan. Tetapi lebih aman memang diganti yang lain saja.

26 06 2010
Ivan

Dear Bu Ika,

Dengan Hormat bu, mengenai artikel yang ibu bahas yakni asam retinoat. saya ingin tahu bu, untuk asam retinoat-nya sendiri apakah dilarang beredar di Indonesia?!
Karena saya ingin mencari tahu dimanakah saya bisa mendapatkan asam retinoat ini..?!!
mohon infonya jika Ibu Ika tahu dimana saya bisa mendapatkannya..
Terimakasih Bu atas bantuannya..

jawab:
Yang dilarang beredar oleh badan POM adalah sediaan kosmetika yang mengandung asam retinoat. Saya kira asam retinoatnya sendiri mungkin tidak dilarang, tapu maaf, saya tidak tau dimana mendapatkannya.

25 06 2010
maya

saya mau tanya bu, obat apa yg cocok untuk menghilangkan jerawat, krn saya msh menyusui
terimakasih

Jawab:
saya tidak tau persis seberapa keparahan jerawat Anda, tapi saya kira bisa dipakai obat jerawat yang ada di pasaran, asal tidak mengandung asam retinoat. Sebaiknya hindari dulu penggunaan asam retinoat.

11 04 2010
dila

bu mau tnya saya 3 hari ini memakai super formura extra pearl cream top-gel mca,berapa hari make oke jerawat sya mulai hilang,apakah produk tersebut termasuk produk yg bermasalah bu,mohon penjelasannya,karena pas saya searching digoogle ketemu bahwa produk dgn nama yg sama termasuk 70 kosmetik terlarang,pas saya tanyaain sama pembelinya(lewat internet) katanya memang dulu tahun 2004 sempet ditarik oleh bpom tp sekarang sudah produksi lagi yang baru bener2 aman tdk mngandung zat2 berbahaya sama sekali..katanya isinya cuma ini :lanolin,mineral oil,chamomile,squalene,wheal germ oil,permufe….trus kalo kita mau tes sendiri krim tersebut apakah ke laboratorium kesehatan ….ataukah ke BPOM…mohon bantuannya bu

Jawab:
kalau memang ragu dan ingin mengujikan, ya silakan ke BPOM, atau di Fakultas Farmasi yang ada lab analisisnya. Terutama diujikan terhadap bahan yang diduga berbahaya dan menyebabkan ditarik dari peredaran, spt Mercury, hidroquinon, atau asam retinoat.

6 04 2010
Pritha Vidya

Bu, saya tertarik baca artikel ibu. Kebetulan saya baru ke dokter kulit baru (tidak bisa saya sebutkan namanya) karena kulit saya sedang berjerawat. Saya diberikan obat yang saya tidak tahu namanya, kemudian efek dari obat itu adalah muka saya parah dulu baru sekarang sudah membaik tinggal bekas2nya. Saya penasaran saya browsing mengenai obat tersebut dan namanya adalah accutane. Saya ingin tau dok, kebetulan saya masih single tetapi tentunya berkeinginan punya anak. Apa obat itu sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kecacatan pada janin? dan apa obat itu dijual di Indonesia dan di approve oleh BAPOM? Karena saya mulai takut menggunakan obat tersebut.

Terimakasih ya bu.

jawab:
Dear Vidya,
Accutane adalah obat yang mengandung asam retinoat, yang pernah dilaporkan menyebabkan kecacatan pada janin. Jadi saran saya, jika nanti Anda hamil, sebaiknya menghentikan Accutane. Saya kurang pasti apakah ada di Indonesia, tetapi jika yang bentuk krim/salep saja ditarik dari peredaran oleh BPOM, mestinya yang bentuk peroral juga sama.

8 03 2010
Nina

bu’, saya masih mahasiswi baru . . .
saya mau tanya, apakah pemakaian produk natasha sejak dini akan menimbuLkan efek untuk beberapa tahun ke depan???
jujur, saya seLaLu ganti2 aLas bedak, dan pada akhirnya saat baru memasuki mahasiswa, pada waktu buLan ramadhan saya hampir sebuLan setiap sahur, saya mengkonsumsi mie instan. sehingga saya tidak menyadari kaLau efeknya wajah saya banyak jerawatnya, saya bingung cara menghiLangkan jerawat-jerawat itu, karena sudah banyak yang mengomentari dari keLuarga sampai teman2 saya. akhirnya saya muLai perawatan di natasha, saya takut jdi ketergantungan, apakah benar??
mohon penjeLasan yang detaiL . . .
terima kasih . . .

Jawab:
saya tidak bisa memastikan efek samping penggunaan kosmetika utk jangka panjang (apalagi menyebut merk, tentu tidak etis saya jawab). Mestinya sih aman. Tentang jerawat, saya juga tdk yakin bahwa itu adalah karena makan mie instan. Saya kira faktor hormonal lebih berperan, termasuk juga faktor produksi minyak di kulit. Tentang ketergantungan, saya juga tidak bisa menjawab. Kalaupun terjadi, saya kira bisa terjadi pada kosmetika merk apapun.

16 08 2009
Rhea

Saya tdk berjerawat tapi cuma pengen memghaluskan kulit,kalo pake Tracne yg 0,05% bisa ga’,,trus berpengaruh banget sama masa depan ga kalo ga hamil,jd takut neh,thx..

Jawab:
jangan terlalu kuatir, Mbak… Jika digunakan secara topikal di kulit relatif tidak berpengaruh thd kehamilan.

14 08 2009
superkecil

waduh, maaf Bu..
komen saia malah seperti postingan..
:green:

14 08 2009
superkecil

terimakasih atas infonya Bu..
saia termasuk konsumen setia unilever..
sempat khawatir juga salah satu kosmetik saia disebut ditarik oleh BPOM
Alhamdulillah jenis kosmetik yg saia pakai tidak mengandung ‘bahan terlarang’..

saia ingin menanyakan Bu..
berkaca dari kasus ini, berarti dalam satu perusahaan bahan yang di-isikan ke dalam kosmetik yang di-produksi tidak selalu sama ya Bu???
jujur si Bu, saia sebagai orang awam agak was-was juga..
jangan-jangan yang saia pakai tanpa disadari mengandung asam retinoat juga..
atau belum ketauan BPOM??
tapi, krn kulit muka saia ini tidak bandel, jadi hanya beberapa jenis kosmetik saja yang bisa secara kompatibel menempel di wajah saia..
semoga, kosmetik2 yang saia pakai tidak mengandung bahan2 terlarang..
kalau ada info kosmetik yang ‘ter-‘ lainnya diulas lagi ya Bu..
wanita agak sulit menjauh dari kosmetik..
hehehehe…

4 08 2009
Shinta

Waduuuh..sy ampe shock bc artikelnya..soalnya aq pemakai ponds age miracel ama fawless white..trus bln juli trnyt aq hamil..mdh2n janinku sehat2 saja normal n gada mslh ya..amien..jd tkt juga.dr kmrn emg udh dipikirin ga mo make lg seh…

Jawab:
Ya, mudah-mudahan sehat dan lancar ya kelahiran bayinya..

20 07 2009
Rita

Terima kasih Bu, artikelnya berguna buat saya.
Saya mau bertanya, kalau misalkan saya sudah terlanjur memakai kosmetik (cream) yang mengandung asam retinoat dan saya sudah menghentikannya, apa efeknya buat saya ke depan?
Apakah masih berpengaruh pada janin nantinya?
Terima kasih bu sebelumnya.

Jawab:
Dear mbak Rita,
Jika Mbak sudah menghentikan penggunaan cream yang mengandung asam retinoat, saya rasa tidak perlu terlalu kuatir pengaruhnya terhadap janin.

10 07 2009
rafila

ngemeng-ngemeng…ibu sendiri pake produk apa kok bisa cantik?

30 06 2009
Ully

Terima kasih atas artikelnya, sangat berguna. Saya menggunakan krim Natasha yg anti acne dan sun block (tirai) selama hampir 3 tahun. Sebelumnya saya bermasalah dengan jerawat kecil2 di wajah dan sejak pakai Natasha jadi hilang. Saya khawatir dengan informasi yg mengatakan bahwa krim Natasha bikin ketergantungan, jadi pelan2 berusaha mengganti dengan produk kosmetik lain seperti Body Shop atau Clinique. Hasilnya, jerawat mulai muncul lagi. Pertanyaan: amankah penggunaaan krim Natasha dalam jangka waktu yg lama?

Jawab:
Dear Mbak Ully,
yang membuat “ketergantungan” mungkin adalah kandungan asam retinoatnya, yang memang dibutuhkan untuk jerawat Mbak yang bandel. Jika mbak menggunakan kosmetika merk lain yang juga mengandung asam retinoat mungkin jerawat tidak muncul lagi, karena yang Mbak butuhkan adalah senyawa anti jerawatnya. Jadi bukan masalah Natasha-nya, Mbak… tapi isinya. begitu pendapat saya

18 06 2009
Yus

Wah Bu Dosen ini bisa bisanya bercanda, moso saya mau merencanakan hamil, he he he. Kalau begitu misalnya asam retinoat sampai terserap tubuh yang tidak hamil kira kira efeknya apa ya . . . . apa membuat badan jadi loyo atau gampang kena penyakit.

Jawab:
kayaknya sih tidak ada efek yang serius

17 06 2009
Yus

Sebagai mantan orang yang berjerawat (sekarang kadang kadang juga masih nongol) dan sudah berbagai obat khususnya jenis salep baik dari dokter maupun coba coba memang yang saya rasakan kulit seperti mengelupas/ berganti dan menjadi kering. Saya tidak tahu apakah ini termasuk kategori iritasi atau memang tujuan obat itu untuk mengganti kulit luar sehingga bisa jadi halus. Soalnya saat ini ada perawatan muka yang memang untuk jangka waktu tertentu (misal seminggu) kulit akan memerah dan tidak boleh terkena sinar matahari. Alhamdulillah efek obat jerawat tidak saya rasakan dan hanya meninggalkan bekas jerawat aja, he he he. Apa karena saya cowok ya jadi tidak terlalu peduli kulit mau mengelupas apa tidak. Jadi intinya tidak ada masalah asal digunakan sesuai aturan ya bu . . . , terima kasih infonya.

Jawab:
Yups…. betul sekali. Lagi pula Mas Yus tidak akan hamil kan?

16 06 2009
Hartati Nurwijaya

Prof. sangat berguna sekali keterangan tentang asam retinoat.
Saya akan baca kemasan kosmetik disini sebelum membelinya.

Jawab:
Dont call me prof, Mbak…. Well, selamat membeli kosmetik biar tambah cantik

16 06 2009
muraigondrong

Mohon bantuannya untuk diulas tentang obat2 untuk keperluan diet .., spt yg sering saya lihat di layar kaca, seorang artis beberapa bulan yg lalu masih kelihatan “berisi”.. eh tahu2 beberapa bulan kedepannya terlihat sdh kelihatan ramping, walau ” sedikit” kelihatan pucat …
suwun …

Salam

Mau diet ya, mas ? hehe…. kayaknya memang perlu diet tuh…. Oke, Insya Allah…

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 447 pengikut lainnya.

