Ingin cantik, putih, menawan, dan aman?

2 05 2009

Dear kawan,
Ini tulisan selingan di antara catatan perjalananku ke Kelantan. Soalnya posting ini sudah aku tulis beberapa waktu lalu, tapi belum sempat menyelesaikan. Sekarang mumpung ada waktu sedikit, aku coba poles dan postingkan.
Di even conference ini aku banyak menemui orang dari berbagai ras dan etnis. Wanitanya ada yang hitam manis, putih menawan, kuning bersih, coklat sawo matang, dll. Ada yang bermata lebar, bermata sipit, hidung mancung, bertubuh langsing, bertubuh lebar, dll. Cantikkah mereka ?

Hm….. wanita mana yang tak mau dibilang cantik? Rasanya begitu menyentuh hati kalau ada yang bilang kita cantik hehe…. apalagi kalau sudah berkepala empat begini. Tapi, apa sih kriteria cantik ? Hm… kalau pertanyaan ini dilontarkan kepada banyak orang, tentu pendapatnya bermacam-macam. Rambut sama hitam, selera bisa berbeda. Ada yang bilang tinggi, langsing, putih adalah cantik. Mungkin yang lain punya kriteria molek, padat berisi, hitam manis, itu berarti cantik, dll.

Tapi kayaknya sih “berkulit putih” masih menjadi kriteria kecantikan yang dipilih banyak orang. Dan ini menjadi bidikan berbagai produsen produk kecantikan, yang berlomba-lomba menawarkan produk yang bisa membuat kulit menjadi putih dalam sekian minggu. Bahkan di Jepang pun, yang orang-orangnya notabene sudah berkulit putih, produk-produk pemutih kulit masih banyak ditawarkan, dan laris pula. Heran deh…. mau seputih apa lagi sih……? Dan benarkah produk-produk itu bisa memutihkan ? Hmm… wallahua’alam…. Aku sendiri memakai satu produk yang ditawarkan di TV karena katanya bisa menipiskan spot-spot hitam di kulit, maklum kulit makin menua…. Tapi yah….. belum banyak perubahan. Untungnya suami tidak memasalahkan, dan masih menganggapku cantik.. hehe.. Itu yang terpenting.

Nah, beberapa waktu yang lalu, aku mendapat pertanyaan mengenai penggunaan injeksi Vitamin C (Laroscorbine) dicampur Tationil untuk mencerahkan kulit. Aku cuplikkan pertanyaannya:

ass…saya berumur 26 th.sebelum saya memakai vit c inj.(laroscorbine) hsl lab uric acid 3,2,stlh saya memakai vit.c inj seminggu 2x selama 2 bulan hasil lab uric acid di batas ambang normal 6,9..berbahaya ga vit c inj klo di mix dengan tationil? 3 bln ke depan saya stop,dan hsl lab turun?kira2 asam urat itu di sebabkan konsumsi vit c inj?fungsi tationil itu sebenarnya apa?kok hampir dokter kecantikan menyuntikan tationil+laroscorbine untuk mencerahkan or memutihkan kulit?aman ga?thx..wass..

Vit C untuk kecantikan
Vitamin C sering diklaim memiliki efek kecantikan. Penanya di atas memakai injeksi Laroscorbin, yaitu vitamin C dengan dosis 1 g/5 ml larutan injeksi. Apa efek Vitamin C untuk kecantikan ? Vitamin C memang merupakan vitamin yang penting dalam proses pembentukan kolagen, yaitu satu jenis protein penyusun jaringan ikat pada kulit, sendi, pembuluh darah, mata, hati, dan berbagai organ tubuh lain. Bagi kulit, pembentukan kolagen ini menyebabkan kulit tidak mudah keriput dan tetap elastis. Jadi memang cukup beralasan penggunaan vitamin C untuk kecantikan, utamanya mencegah kerut-kerut ketuaan. Hanya saja tentu tidak harus dalam bentuk sediaan injeksi. Vitamin C dalam bentuk tablet/tablet hisap maupun krim juga bisa digunakan. Bahkan vitam C yang berasal dari sumber alam seperti jeruk, jambu biji, dll.
Vitamin C juga memiliki efek untuk mencegah pigmentasi atau pewarnaan kulit. Hal ini karena vitamin C merupakan suatu antioksidan yang kuat yang dapat menangkal proses oksidasi yang diperlukan dalam pembentukan melanin, pigmen yang menyebabkan warna gelap pada kulit yang terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama. Selain itu, Vitamin C juga berefek sebagai penghambat enzim tirosinase, yang berperan juga dalam pembentukan melanin. Jadi vitamin C juga bisa dibilang memiliki efek mencerahkan kulit.

Apakah vitamin C meningkatkan kadar asam urat, seperti ditanyakan di atas ? Kalau menurut beberapa literatur yang pernah dibaca dan saya tulis dalam posting sebelum ini, vitamin C justru mengurangi kadar asam urat karena bersifat urikosurik. Untuk kasus ini aku belum bisa menjawab mengapa terjadi kenaikan asam urat selama injeksi dengan vitamin C. Ada yang bisa membantu?

Tationil
Tationil adalah nama patent untuk sediaan glutathion dengan kadar 600 mg/4 ml larutan injeksi. Glutathion sendiri adalah suatu molekul asam amino yang penting dalam tubuh, yang beraksi sebagai antioksidan, peningkat sistem imun dan detoksifier (pengeluaran racun/toksin dari dalam tubuh). Ia tersusun dari 3 asam amino non-esensial yaitu sisteine, glycine, dan glutamic acid. Glutathione terdapat pada semua sel untuk menjaga dan mempertahankan sel dari kerusakan, terutama oleh serangan radikal bebas. Jadi fungsi glutathione sebenarnya tidak khusus untuk kecantikan. Bahkan ia juga bisa mencegah kanker, penyakit jantung, penuaan dini, dan penyakit kronis lainnya. Namun jika dikombinasi dengan vitamin C, memang dikatakan akan meningkatkan ketahanan tubuh, mengurangi kelelahan, menjaga kulit untuk tetap sehat dan awet muda. Glutathion sebenarnya banyak dijumpai pada makanan, seperti asparagus, brokoli, apokat, telut, bawang, daging merah, dan bayam.

Amankah ?
Yah… selama di bawah pengawasan dokter, tentunya dokter sudah memperkirakan dosis yang sesuai dengan kebutuhan pasien/klien. Namun bagaimanapun obat adalah senyawa asing dalam tubuh, yang jika berada dalam kadar berlebihan tentu akan berefek merugikan. Jadi perlu waspada dalam penggunaannya.

Tidak ada yang salah untuk ingin tampil cantik… Tapi jangan sampai keinginan untuk menjadi cantik membuat kita melupakan risiko kesehatan. Dan lebih penting adalah cantik lahir dan batinnya……. Banyak tips cantik yang aman di berbagai majalah/tabloid wanita… silakan diikuti.
Dan yang membuat diri selalu terasa cantik adalah rasa syukur atas semua yang diberikan Allah kepada kita… Jika kita tidak memiliki apa yang kita sukai (kulit putih, hidung mancung, tubuh tinggi langsing, dll), sukailah apa yang kita miliki, maka Insya Allah kita akan menjadi orang yang paling cantik dan beruntung…..

Aksi

Information

23 responses

13 10 2014
Yuli

mf sblume lox mau bli laroscorbin di apotik pa hruz pkek resep dokter?

jawab:
iya

10 12 2013
Dhesy Khaisyah

mba ,saya masih berusia 18 tahun aman ,,saya mau suntik vitamin c tapi masih ragu efek setelah tidak memakai lagi tuh apa ??

26 09 2013
winda ry

Mba saya usia22 thn saya rencana mw pake Tationil teofarma600 mg + Laroscorbine Nano yg komposisinya 1000 mg Vitamin C + 500 mg Collagen. Mnrt mba gmn ?
Tyus gmn cara qt mngetahui barang yg qt beli dr online itu asli atau palsu ?
Dan 1 lagi saya mw tnya tentang tation melsmon tablet jepang?
Apa tablet tation itu jg bs mencerahkan kulit ?
Trimakasih .mohon masukannya .

25 09 2013
chacha (@chachayounger)

menarik

27 03 2013
Aline

Bagus banget blog nya. Dan saya adalah pengguna tationil + laros. Sdh 1 tahun. Dan alhamdulillah aman. Malah terasa bermanfaat ditubuh saya, saya menjadi jarang sakit (alhamdulillah), krn daya tahan tubuh lbh terjaga. Asal jgn berlebihan ya.. ^^

4 12 2012
dyan

bu..mohon infonya..saya membeli tationil roche Italy…tapi ukurannya 600mg/5ml. Apakah produk yg saya beli asli..? tutup botolnya gold..smntara yg saya liat 600mg/4ml u/ keluaran Italy, sdgkan yg 5ml keluaran vietnam dan tutup botol silver. Sampai saat ini sy masih ragu memakainya, apa jenis yg saya beli memang ada alias asli?..trm kasih sebelumnya.. :)

jawab:
wah, saya malah tidak pernah melihat barangnya, Mbak.. jadi saya tidak tahu keasliannya. Maaf ya, tidak bisa membantu

2 09 2012
Putri Filain (@PutriFilain)

saya pakai tationil injecktion,, tp knp jk saya berhenti 1blan aj kulit saya berasa lebih hitam dan kering dari sebelum memakai tationill sama sekali,, apa memang efek kedepannya seperti itu? thx

24 08 2012
Sukma

Assalamualaikum,..
sya brumur 22 thn, sya di kasik tau teman ttng vit c laroscorbin.. sya mau coba vit ini tp masih ragu takut ada efek sampingnya.
yg saya tanyakan kalau pemakaiannya 1 bln sekali tanpa di berhentikan, ada efek samping gk? dan kalau gak d berhentikan, bakalan kembali ke kulit semula? terimakasih atas jawabannya , ,

24 08 2012
santi

setauku dosis untuk pemakaian laroscorbin + tationil :
5x pertama 1 minggu 1x
5x berikutnya 2minggu sekali
total pemakaian 10ampul (hasilnya sudah terlihat)
lalu hentikan pemakaian selama 3bulan.. setelah 3bln berlalu, untuk mintenence lakukan 1bln sekali saja. jangan melebihi dosis tersebut. karna dosis ini sudah aman. dan untuk memepertahankan usahakan suntik jangan lebih dari 1bulan… selamat mencoba….

13 02 2012
alunk

itu komen diatas ga salah ???”dikasih vitamin C dosis 500 mg sehari 2 kali selama 1 bulan.??

16 11 2011
Arini

Alhamdullilah puji syukur Allah swt telah memberi kita anggota tubuh yg lengkap dan kita wajib menjaga dan memeliharanya.

19 07 2011
vhero

Saya pernah beberapa kali inject whitening samapai sekitar dua pulh kali inject tapi belum ada hasil, itu juga sudah saya berengi konsumsi vit c 500 mg dan vit e namun juga tidak ada hasil yang memuaskan, bahkan pada merek terkenal sekalipun kira kira ada gak solusi buat saya ?

Jawab:
Wah, kalau sudah begitu, saya juga tidak bisa memberikan saran solusi apa-apa. Saya kira lebih baik bisa menerima warna kulit kita apa adanya saja, yang penting sehat dan bersih.

15 04 2011
lakhmy

mw tny, aku udh pke inj. vit c, pngen tmbh pke tationil jg soalnya pgen putih. tp stlh liat posting yg ini, jd penasaran kl aku cm pke vit c aja tp rutin bs mutihin kulitkuw g? tanpa hrz nambah pke tationil.. soalnya tationil kan mahal… hehehe..
tlg d bls y.. trima kasih

Jawab:
saya ngga bisa jamin untuk efeknya. Mungkin dicoba saja pak evit C sampai jangka waktu tertentu. jika tdk memuaskan baru ditambah tationil. Tapi tentu perlu konsultasi dulu ke ahlinya, misalnya dokter kulit atau ahli kecantikan.

18 02 2011
K.Soedjono

Prof,
Secara tdk sengaja terbawa kedalam blog ini dan mendapati tulisan2nya sangat bermanfaat. Terimakasih sdh meluangkan waktu utk memperkaya wawasan masyarakat Indonesia.
Apakah sdh pernah mengulas ttg kojic acid? saya ingin tau lebih banyak mengenai kojic acid. Sdh mencoba googling, tapi tdk ada penjelasan yg disampaikan dng bhs yg mudah dicerna. Terimakasih Prof. Saya tunggu.

jawab:
terimakasih atensinya. Saya belum pernah mengulas tentang kojic acid. Insya Allah kapan-kapan saya tuliskan.

31 01 2011
sie paretta

mba saya pengen nyoba beli sendiri usia saya 22 tahun,,cz kalau periksa kedokterkan mahal ya,,,pengen na beli obat na terus suruh nyuntikin aja,,,tp aku bingung kira2 dosis yang harus saya pakai itu berapa ya….

Jawab:
sebaiknya jangan coba sendiri deh…. pemberian obat lewat suntikan itu harus dilakukan oleh ahlinya…

30 10 2010
intan

Apakah SuntikanTationil dan Laroscorbin halal dlm islam ??? btk

jawab:
setahu saya tidak apa-apa, tidak ada unsur yg diharamkan. tapi mohon maaf kalau salah.

28 07 2010
tasha

efek samping suntik vit c / larascorbin apa ? saya penderita sakit maag. sejauh ini saya suka suntik vit c. tp kl lg sakit saya ga berani. trimkc

jawab:
efek samping laroscorbin akan muncul jika dipakai dalam dosis besar misalnya sampai 20 g/sehari, berupa diare dan gangguan lambung. Sebaiknya memang jika sedang kambuh maag-nya, jangan menggunakan laroscorbin dulu.

11 10 2009
abdul rouf angk88

MBAK ….. DIKALANGAN ORANG MUSLIM ….. BIAR WAJAH TAMPAK BERSIH DAN CERAH …. BIASANYA MENGGUNAKAN MINYAK ZAETUN/CREAM ZAETUN ….. MBAK BISA DIJELASKAN KANDUNGAN2NYA …… REFERENSIKU SANGAT TERBATAS …. MAKLUM SDH LAMA NGGAK PEGANG BUKU …..

10 10 2009
jingga

mw tanya kl utk pemakaian ttionil 600 dikombinasikhn dgn vit c 5ml aman g?
satu ampul ttionil gt?

jawab:
sebaiknya di bwh pengawasan dokter, karena kondisi orang kan beda-beda, harus dilihat dulu kebutuhannya.

18 08 2009
nisha.

saya mau tanya.saya sekarang lagi menjalanin penyuntikan tatianil dan laroscobin.karna kulit saya sangat kering jadi dokter menawarkan saya untuk ditambah plasenta.
yang saya tanyakan.apa itu aman?
trus berpengaruh apa ga buat nafsu makan.?terus terang saya gadis berumur 24 thn.saya ada masalah dengan nafsu makan.jd saya sangat terlihat kurus.kata dokter penyuntikan ini bisa membuat nafsu makan bertambah…?apa benar demikian?

Jawab:
Maaf, Mbak… yang dimaksudkan penyuntikan yang bisa meningkatkan nafsu makan yang mana ya? Saya belum pernah mendengar bahwa obat-obat tsb di atas dapat meningkatkan nafsu makan.

8 06 2009
qq asep

Saya mau nanya apakah tationil dan laroscorbine apakah sudah masuk daftar BPPOM?Dimanakah bisa mendapatkannya?Bisakah dibeli di apotek-apotek?

Jawab:
saya kira sudah,… tapi mungkin tidak banyak apotek yang menyediakan. Setahu saya, penawaran lewat online malah banyak…

14 05 2009
akhmad nizomy

Berapa dosis yang aman untuk pemberian injeksi laroscorbin,dan sampai berapa kali pemberian baru terlihat hasilnya,btk

Jawab;
Dosis yang disarankan adalah satu ampul seminggu sekali selama dua bulan. Setelah itu bisa dikurangi menjadi satu ampul dua minggu sekali. Sampai berapa kali pemberian untuk mencapai hasil? ini tidak bisa disamaratakan. Yang penting justru jika ada efek samping yang dirasakan, perlu diturunkan dosisnya atau bahkan dihentikan.

4 05 2009
Yus

Jadi ingat 20 tahun yang lalu. Kebetulan wajah saya berjerawat oleh dokter dikasih vitamin C dosis 500 mg sehari 2 kali selama 1 bulan. Padahal setahu saya vitamin C untuk menjaga kesehatan jadi saat itu agak ragu ragu ditambah takut efek samping vitamin C dosis tinggi. Ternyata ada hubungannya dengan kulit juga ya. Sayang infonya sudah terlambat, coba dulu vitaminnya diterusin kali wajah saya mirip artis, he he he.

Jawab:
belum terlambat kok, mas Yus….. biar nggak kelihatan cepat tua hehe….

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 480 pengikut lainnya.

