Melawan keloid dengan steroid

12 02 2009

Dear temans,

Ada yang pernah atau masih punya keloid ? itu lho…. Kulit yang menebal, biasanya terjadi pada bekas luka gores atau luka bakar. Posting kali ini mencoba membahas keloid dan pengobatannya. Tulisan ini terinspirasi dari pertanyaan teman kampung halamanku, mas Yuswantoro. Thanks for the idea.

 

Apa sih keloid itu?

Keloid atau jaringan parut terjadi karena tidak seimbangnya produksi protein kolagen pada proses penyembuhan luka. Pertumbuhannya melebihi yang dibutuhkan untuk menutup luka. Keloid ini bisa tumbuh terus tak terbatas, kadang ada yang gatal atau nyeri. Keloid dapat dihasilkan dari berbagai jenis luka, termasuk luka garukan, injeksi, gigitan serangga, tatoo, dll. Setiap orang dapat mengalami keloid dan keloid itu juga bisa terjadi di berbagai tempat dalam tubuh. Namun biasanya, orang yang muda dan mereka yang berkulit lebih gelap lebih mudah kena keloid, dan keloid itu lebih sering dijumpai pada bagian tertentu tubuh, seperti : mata, dada, bahu, dan punggung. Seorang yang punya keloid lebih mudah mengalami hal serupa di masa datang, karenanya ia perlu berhati-hati.

Ada jenis lain dari keloid yang disebut Hypertrophic scars. Keloid yang ini biasanya berwarna kemerahan dan lebih tebal, yang kadang terasa gatal atau nyeri. Umumnya juga terjadi pada orang muda dan berkulit lebih gelap.

 

Bagaimana pengobatannya?

Pengatasan keloid dapat dilakukan dengan menggunakan kortikosteroid injeksi untuk melunakkan dan menipiskan jaringan parut ini. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan gel silikon, untuk mengurangi ukuran dan menghambat pertumbuhan keloid.

Salah satu jenis obat steroid yang sering dipakai untuk pengatasan keloid adalah injeksi triamsinolon asetonid (paten: Kenacort). Seperti yang pernah ditulis di posting lain dalam blog ini, kortikosteroid adalah suatu hormon yang dihasilkan oleh kelenjar adrenal,yang memiliki banyak fungsi penting bagi tubuh. Triamsinolon adalah bentuk sintetik dari steroid. Dalam pengatasan keloid, efeknya bisa berlangsung beberapa minggu atau bulan.

 

Bagaimana cara pemberiannya ?

Obat ini diinjeksikan dengan alat suntik yang sesuai langsung ke dalam keloid, dan sangat sedikit yang diabsorbsi ke dalam darah. Injeksi steroid ini mungkin terasa sakit, untuk itu bisa dikurangi sakitnya dengan menempelkan es batu 10 menit sebelum injeksi dilakukan. Dosis yang direkomendasikan adalah berkisar 10-40 mg/ml.

 

Sampai kapan pengobatan diperlukan?

Injeksi dapat dilakukan berulang dengan interval 4-6 minggu sampai 6-10 bulan. Tentunya dokter akan menentukan dari hasil pengobatannya sampai kapan pengobatan harus dilakukan.

 

Apakah ada efek samping?

Efek sampingnya relatif kecil, walaupun komplikasi mungkin terjadi pada 1-5 kasus pada sekitar lokasi injeksi, meliputi : penipisan kulit, hipopigmentasi (kulit jadi memutih), dan timbul bercak merah pada kulit (telangiectasia). Jika terjadi gejala-gejala di atas, segera kontak saja dokternya untuk diberi pengatasan selanjutnya.

Namun demikian, perlu diwaspadai juga adanya efek samping sistemik yang mungkin bisa terjadi, jika obatnya terserap masuk ke dalam darah. Beberapa efek sistemik yang dapat terjadi akibat penggunaan steroid antara lain: moon face (wajah membulat seperti bulan), kadar gula meningkat, hipertensi, osteoporosis, dll. Tapi ini umumnya hanya terjadi jika steroid digunakan dalam jangka waktu lama dengan dosis cukup besar dan digunakan secara sistemik (artinya masuk ke pembuluh darah dan beredar ke seluruh tubuh). Jika hanya digunakan secara local, seperti pada keloid atau pada obat hirup seperti pada obat asma, efek samping ini dapat diminimalkan.

 

Apa alternatif lain pengobatan keloid ?

Beberapa alternatif lainnya adalah dengan kamuflase kosmetik, pembedahan, radioterapi, cryotherapy, dan laser therapy. Tentunya perlu dikonsultasikan dengan dokter bedah plastik Anda.

Nah, begitu saja sekilas info hari ini. Semoga bermanfaat.

Aksi

Information

74 responses

15 07 2014
rohmat

Ass ibu zullis
sy rohmat,dlu th 2011 sy melakukan operasi kelenjar keloid di leher sebelah kanan.tp stlh beberapa bulan muncul parut d sekitaran paha kanan kiri,trus smpai ke ketiak.dan sekarang leher sya sebelah knan kalau buat nelen susah,kyak tersumbat dan sering bgt bersendawa.dan terasa sakit dan.sy tkutnya kalau dioperasi lagi suara sya hilang.dan kalo dbwa ke dokter,dktr spesialis apa?mohon jawabannya.
Terima kasih

Jawab:
Mas Rohmat, kalau untuk urusan nelan sakit dan spt tersumbat, mungkin bisa diperiksakan ke dokter spesialis THT ya.. (Telinga Hidung tenggorokan). Tapi kalau nanti urusannya sama bedah-membedah, itu mestinya dikonsultasikan ke dokter spesialis bedah. Mungkin ke dokter THT dulu saja utk memastikan diagnosanya.

13 07 2014
yannie

ass ibu zullies..
aku yani, dulu waktu kecil kelas 3sd ada daging tumbuh di pinggang kananku.. wktu itu daging tumbuhny msh kecil dan aku biarkan sja. smpai sma daging tumbuh itu menjadi 3 bagian dan membesar sebesar jempol tgn. saat itu aku ke dokter (dijawa) dan dokter menyarankan untuk di laser. dan lgsg dilaser. 4thn stlh dilaser(sekarang) luka bekas laser itu tumbuh lagi.. kata dokter(dibekasi) itu namanya keloid. yang mau aku tanyakan ada keloid yg tumbuh di bagian kulit yg bukan bekas luka. apa bnar itu keloid? apakah keloid bisa menyebar ke kulit yang tadinya sehat(bukan bekas luka)? mohon jwbnny ya bu… terimakasih

Jawab:
Setahu saya yg namanya keloid itu adalah pertumbuhan jaringan parut yg berlebihan pada bekas luka. Kalaupun menyebar/membesar, tentunya tidak jauh-jauh dari bekas luka. Jika pada bagian yg sehat, kemungkinan ya ada daging tumbuh yg abnormal. Sebaiknya dikonsultasikan ke dokter saja

22 04 2014
Lalu Panji

Ass.wr.w, perkenalkan nama Saya panji, saya mengalami keloid sejak Smp kelas 1, karena bekas operasi patah tulang…, setelah operasi lalu setelah beberapa lama kmudian jaitanya mengering dan tiba2 keluar sebuah keloid.. tapi agak menipis dan bentuknya tetap… , apakah dengan operasi plastik pada tangan ada gak buk…, untuk menghilangkan keloid?

17 01 2014
dinda

Permisi saya mau tanya nih, apakah luka bekas alergi jga termasuk luka parut ? Lukanya menghitam tapi tidak menebal hanya saja mengganggu penampilan,
Dan luka bekas alergi itu apa bisa disamarkan pakai dermatix ?
Terimakasih :)

Jawab:
Jika tidak ada penebalan jaringan ya bukan luka parut. Silakan saja jika mau mencoba Dermatix, mungkin bisa membantu.

12 12 2013
Adien

Assalamualaikum… 7bulan yang lalu saya terjatuh dari motor dan terluka dibagian kaki… setelah itu saya kasih betadine china… memang pengeringannya sangat cepat..tapi dikaki saya tumbuh daging yang terus membesar … apakah namanya itu…
Makasihh..

Jawab:
Waduh, saya ngga pernah dengar Betadine china. Daging yang tumbuh di bekas luka mungkin saja adalah keloid. Tapi tentu saja saya tdk bisa memastikan dari jauh. Sebaiknya diperiksakan ke dokter jika Anda mulai merasa terganggu.

13 11 2013
Ria

hallo saya mau tanya.
dulu saya pernah operasi lipetan mata, dan di bekas operasi itu muncul seperti keloid. dan ketika pergi ke dokter, dokter menganjurkan saya untuk di suntik untuk menghilangkan keloid itu sendiri. dan yang mau saya tanyakan apakah berbahaya menyuntikan jika dilakukan , karena mempertimbangkan letak dari keloid itu sendiri adalah di kelopak mata. thanks

jawab:
Tentu dokter yang ahli akan dapat melakukannya..

1 10 2013
Zullies ikawati

wah, kurang tau ya…. biasanya keloid itu adalah jaringan parut yang terbentuk dari luka.
Apakah terus membesar atau tidak? coba dipastikan lagi pada dokter ahlinya

30 09 2013
putra

Ass Ibu. saya punya adik umur 16 tahun, adik saya didiagnosa mengidap keloid tapi keloid ini tubuh sendiri tanpa melalui proses luka, apakah itu termasuk kelid? mohon penjelasannya, terima kasih

17 09 2013
muslihun

ass…
bu , saya punya ade usia nya 9 tahun dia mempunyai keloid di wajah nya apa kah tidak berbahaya di lakukan suntik keloid ?

Jawab:
Suntik keloid akan dilakukan oleh dokter, dan dokter dapat mempertimbangkan bahaya tidaknya dilakukan suntik jika sudah melihat kondisinya. Secara umum kalau dilakukan dengan tepat oleh ahlinya, tidak berbahaya.

1 09 2013
tina

Bu, anak saya umur (4 tahun) baru saja jatuh.. Kemudian meninggalkan bekas warna pink and putih gitu.. Gimna caranya untuk menghilangkan bekas lukanya.. Waktu lukanya belum kering, saya konsul ke dokter kulit.. Dikasih salep mederma.. Dia bilang salepnya dipakai setelah lukanya kering.. Yang ingin saya tanyakan apakah mederma aman untuk anak dibawah 5 tahun? Mohon sarannya.. Thanks

jawab:
Ndak apa, Bu, relatif aman, apalagi sifatnya hanya lokal saja.

7 08 2013
Ria

ibu saya mau tanya, bisa tidak saya kalau suntik keloid sendri ? bahaya tidak ? soalnya saya baru suntgik sekali ke dokter, mahiillll bgt :(

Jawab:
saya tidak sarankan untuk suntik sendiri, risikonya jauh lebih besar dari harganya jika dilakukan oleh orang yang tidak profesional…

3 06 2013
Nawawi

Selamat pagi ibu. Jari tangan saya tidak sembuh2 gatalnya dan berkerak sudah belasan tahun, Bulan desember tahun lalu berobat ke dr SpKK dikasih flamicort 40mg/ml dan lidocain 2%/2ml. 2 bulan setelah itu sembuh total. tidak gatal lagi. Tapi sudah 1 bulan ini jari tangan saya itu mulai gatal lagi & membengkak serta susah ditekuk (sakit jika dipaksakan)
Saya yakin ini ada efek dari suntikan tersebut. Bagaimana Ibu, mohon pencerahan. Terima kasih

jawab:
Dugaan saya, gatal lagi dan membengkak itu memang karena perkembangan penyakit Anda, bukan karena obatnya. Apalagi Anda bilang bahwa setelah disuntik itu, anda sembuh total. Jika itu karena obatnya, mestinya kejadiannya adalah tak lama setelah disuntik. Justru mungkin karena efek obat suntikan tersbeut sudah habis, maka anda mulai merasa gatal-gatal lagi. Dan mungkin kebetulan berkembang jadi ada bengkak dan sakit.

17 05 2013
Eva Rizqiawati

assalamu’alaikum bu..
mau nanya ,, saya berumur 19th,, bulan maret tadi sya kecelakaan, tngan sya ktindih ban mobil dan langsung berdarah bnyk bgt,, stlh luka ny kering dan sdh terkelupas dgn sendiriny ternyta muncul keloid..
keloid ny sangat mengganggu, so’alny lmyan lebar, jd pasti terlihat dan mengerikan,, seperty moster saja tangan saia hehe

kalau keloid ny tdk beraturan apa harus d suntik satu2 (keloid ny memanjang dan hmpir ptus2)
kalau pakai salepny saja ap bsa berkurang keloidny??
so’alny saya tkut d suntik d tangan :)

kalau di biarkan keloid ini bisa membesar y bu??

d mohon respon ny :)
mksh bu

Jawab:
Kalau keloid cukup besar mungkin tdk cukup kalau hanya dengan salep. Coba dikonsultasikan saja ke dokter spesialis kulit, Mbak.. sekalian bisa dilihat kondisinya seperti apa dan kemungkinan pengatasannya. Disuntik ya ngga papa to kalau itu bisa menjadikan lebih baik..

14 02 2013
Andar

I like it,aku penderita keloid…dg suntikan takut efek sampingnya….

31 12 2012
ami

ass
saya mempunyai keloit setebal setengah sentimeter dan lebar sebesar ibu jari tangan, ini karena saya menggorek luka bekas cacar air ketika saya berusia 20 tahun. dan ada banyak keloid lain di tubuh saya. Pertanyaannya berapa lama keloid saya sembuh dengan suntuk streoid? berapa bagetnya untuk suntuk steroid dan dimana tempat injeksi steroid yang bagus di surabaya?

13 09 2012
betrik

Saya punya keloid akibat kecelakaan motor 14 tahun lalu, 2x suntik keloid kempes & keriput warnanyapun jd putih, serta area sekelilingnya menghitam. Trs saya mencoba ke klinik kecantikan di mangga besar komplek lokasari disana katanya di scar solution dgn cara dilaser dan dikorek2 dgn alesan biar jaringan lemak yg ad di keloidnya hilang dan gak tumbuh lg, tp apa nyatanya malah menjadi koreng baru dan tumbuh keloid lg.

5 06 2012
lisma

ass,,
saya punya bekas luka yg sekarang jadi keloid
sy sudah suntik 4 kali,, emang sih keloidnya agak mengecil tapi kulit sekitar keloid saya berubah jadi putih akhirnya kulit sya jadi belang2,,,
saya mau tanya apa bisa belang putih itu dihilangkan kembali kewarna kulit aslinya??????????

24 05 2012
sugeng

bu tlg jelaskan tentang obat Trilac yg di suntikan,ap efek sampingnya setelah menggunakannya dengan suntikan ap bisa untuk mengobati kista?

jawab:
Trilac bisa disuntikkan pada keloid, untuk menipiskan keloid. Kalau disuntikan secara lokal begitu, efek sampingnya relatif kecil, apalagi dibandingkan manfaatnya. Obat golongan steroid biasanya digunakan sebagai anti radang, atau menekan sistem imun. Kista? maksudnya kista yg di mana ya? setahu saya sih tidak banyak digunakan untuk kista.

16 05 2012
restoe

obat trilak itu untuk apa ya? efek sampingnya apa jika digunakan suntik?tks

Jawab:
Mungkin maksudnya Trilac, ya? obat itu isinya triamsinolon, salah satu jenis obat golongan steroid. Efek sampingnya tergantung berapa lama dipakai dan dosisnya.

28 01 2012
Santosa

assalamualaikum,
sedikit bercerita asalmuasal saya terkena keloid pada tahun 2000 dan sudah 11 tahun, saya mendapatkan luka akibat luka tusukkan di lengan kanan saya pada saat itu saya kira hanya luka tusuk biasa tidak tahunya luka akibat benda yang berkarat tersebut dapat menimbulkan “keloid” setelah beberapa bulan terlihat tonjolan dan membesar.
saya melakukan operasi hasilnya justru menambah lebar keloid tersebut,

setelah operasi sya dianjurkan suntik di daerah keloid tersebut, tetapi hasilnya tdk ada, dan keloid tetep membesar.
setelah beberapa tahun saya jatuh saat berkendaraan motor dan mendapat luka “kecil” di siku kanan dan muncul keloid jg.

saya mau tanya apa ada recomendasi dokter yang khusus menangani keliod dan obat apa yg bagus agar keloid tidak muncul lagi.

Terima kasih . . .

10 01 2012
anton fathin

Dear, zulli
Orang tuaku beberapa bln ini di jari tanganya mengalami gatal n terasa Kaku,beberapa kali sdh k dokter tapi tak knjung sembuh.apakah ada solusi lain untuk gatal2 ini,dan apakah bioplacenton dapat d gunakan sebagai obat gatal semacam ini,terima kasih

Jawab:
Gatal itu bisa disebabkan karena bbrp hal, misalnya infeksi jamur atau alergi. Saya kira perlu dipastikan dulu penyebab gatalnya, dan ini mestinya dilakukan oleh dokter. Bioplacenton bukan obat gatal, dia lebih sesuai digunakan untuk perawatan luka.

12 12 2011
Lindan

Ass… Sedikit berbagi pengalaman saya pernah mengalami keloid ditelinga kiri akibat tergunting pada saat sedang cukur sudah beberapa kali melakukan operasi namun tetap saja keloid tersebut tumbuh kembali bahkan semakin memebesar, alhasil suatu ketika saya konsultasi ke sebuah klinik dan disarankan oleh sang dokter untuk melakukan operasi terlebih dahulu. Setelah melakukan operasi & sukses lalu jahitan dibuka barulah sang dokter memberikan obat suntik ditelinga kiri saya kira2 sebanyak 3 tempat yang disuntik pada saat itu karena memang pertumbuhan keloid sangatlah cepat apalagi pada saat usia subur. Dan Alhamdulillah setelah ± 5 kali saya kedokter melakukan penyuntikan s/d sekarang keloid saya tidak tumbuh kembali. Kalau saran saya konsultasikan segala sesuatunya kepada ahlinya terlebih dahulu ok…. Wassalam….

Jawab:
Setuju, mbak….. Lebih baik langsung konsultasikan ke dokter ahlinya

7 10 2011
neznez

bu…saya punya keloid dan saya pernah konsul keokter lalu saya diberi resep obat dan sampai sekarang saya masih mengkonsumsinya..
yg mau saya tanya apakah bagus mengkonsumsi obat tersebut terlalu lama.
nama obat tersebut: lameson, cetirizine dihcl 10g
salap nya madecasol

Jawab:
untuk obat steroid oral (Lameson) sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu lama, karena efek sampingnya lumayan banyak. Namun tentunya perlu dikonsultasikan ke dokternya, karena dokter tentu memiliki pertimbangan manfaat dan risikonya. Untuk cetirizin, saya kira masih relatif aman. Sebaiknya digunakan steroid yang topikal saja (dipakai pada keloid, baik suntikan atau salep).

25 08 2011
Axel

Ass…
Bu….?sya mau tnya,tlong ksih sarn’y!
Sya pnya kloid d wjah kra2 sbesar bji asem,skitar 1 thn yg lalu,lalu sya konsultsi ma dktr dan d ksih salep oleh dkter tp kloid tdk mengecil mlahan smkin besar….!sya mau coba sntik steroid.
Apakah sntik steroid aman dan kloid sya akan mengecil?

Jawab:
suntik steroid jika dilakukan oleh dokter yang kompeten saya kira aman, dan termasuk salah satu pengobatan keloid yang bisa dicoba. Silakan saja.

13 07 2011
ludwi yusuf

ASS.bu di jari tangan saya ada keloid nya,sudah 4 kali d jeksi kira kira berapa kali lagi ya sampai bisa mengecil.?dan kalo sudah mengecil apakah akan tumbuh lagi?apkah ada makanan yang harus d pantrang?tolong di balas

jawab:
sulit memastikan apakah bisa tumbuh lagi atau tidak. mudah-mudahan tidak. Saya kira tidak ada pantangan makanan khusus.

28 06 2011
guru emi

apotik sudah hampir nggak ada di daerahku

27 06 2011
guru emi

di mana saya harus cari obat Kenacort? dan harganya berapa?
kalau ada saya pesan 10 botol ukuruan 5 ml
tolong balas bu?
mksh sebelumnya

jawab:
Coba cari aja di apotek. Maaf, saya tidak menyediakan produk apapun.

15 04 2011
azzam

bu badan saya penuh dengan benjolan koloid, jumlahnya kurang lebih hampir 26 benjolan, dan semuanya besar-besar, ada cara lagi engank untuk menyembuhkanya

Jawab:
waduh, banyak ya… lebih baik konsultasikan ke dokter saja… maaf kalau jawaban ini tidak memuaskan.

11 04 2011
ahaah

saya berobat ke dokter untuk menghilangkan luka
lalu dokter tersebut ngasih obat untuk mengelupas kulit tapi lama kelamaan kulit saya itu mala jadi seperti keloid warnanya merah tua tapi kok tidak ada benjolanya malah seperti tdk ada daging di dlm keloit itu apakah itu benar keloid. lalu bagaimana cara menyembuhkanya

Jawab:
luka memang kadang meninggalkan bekas semacam itu, dan belum tentu itu adalah keloid. Kalau tidak terlalu mengganggu ya biarkan saja. Kayaknya sih agak sulit untuk menghilangkannya.

5 03 2011
julio Surya Handika

assalamualaikum
buk saya mau nanya ….
kemaren saya kecelakaan trus dokter menjahid dagu saya…
yang mau saya tanyakan gmna caranya menghilangkan bekas jahitan pada dagu saya ??

Jawab:
Wah, saya tidak berkompeten menjwbnya… lebih baik ditanyakan ke dokternya saja.

16 02 2011
ninik

assalamualaikum,
ibu, saya punya keloid di kaki. besarnya memang tdk seberapa, tapi sangat meangganggu. sudah 1 bulan saya memakai obat keloid injeksi, dengan jangka waktu 2-3 hari sekali dan setiap kali suntik biasanya 5 kali. sekarang timbul bercak merah di wajah, mens tidak teratur dan badan cepat pegal dan lemas. apakah itu efek samping obatnya bu? apakah ada cara untuk mengatasi efek samping tersebut?

Jawab:
Bisa jadi keluhan yg anda alami adalah efek samping dari obat tersebut. Walaupun injeksinya lokal, mungkin saja ada yang terbawa masuk ke seluruh tubuh sehingga memberikan efek sistemik. Sebaiknya Anda hentikan dulu penyuntikannya, dan amati apakah gejala tersebut masih ada atau hilang dengan penghentian tersebut. Jika gejala masih menetap cukup lama setelah suntikan dihentikan, mungkin gejala itu disebabkan oleh hal yang lain. Jika gejala hilang setelah suntikan dihentikan, maka mungkin itu memang efek samping obatnya. Cara terbaik mengatasi efek samping adalah menghentikan obat yg menyebabkan efek samping.

16 01 2011
Joe

Terima kasih Bu atas jawabannya…..
oh iya Bu saya lupa, apakah ini dapat dihilangkan dengan gel silikon?? dan apakah gel silikon ini dijual apotik2 atau harus memakai surat dokter?

Jawab:
wah, maaf, saya malah tidak tau je tentang gel silikon. Mungkin bisa dikonsult-kan saja ke dokter kulit.

16 01 2011
Joe

Maaf, saya mau tanya 1 tahun yang lalu saya menindik telinga saya, tetapi setelah saya tidak mengenakan anting2 lagi, kok muncul tonjolan yg menyerupai jerawat. dan kadang gatal… apakah itu juga semacam keloid Hypertrophic scars??

jawab:
ya, mungkin sejenis keloid juga tapi kecil.. kalau tdk terlalu mengganggu ga papa

31 12 2010
silvia

permisi aku mau tanya,,,
pap ku beberapa bulan lalu melakukan operasi di bagian dada kanannya,,, diakibatkan ada cairan dalam paru-parunya,,, luka operasi itupun di jahit,,, dan sebulan setelah itu jaritan di lepas,,,,
beberapa bulan kemudian di bekas luka operasi itu seperti membengkak, dan sekarang timbul daging yg tumbuh diluarnya,,, menyerupai bisul,,,, apa itu jg dinamakan keloid???
trim’s

jawab:
ya, mungkin itu memang keloid…

27 12 2010
diana

Saya punya luka dikaki kanan…akibat kecelakaan…sekarang mulai menonjol….trus mau operasi kata dokternya percuma nanti akan tumbuh lagi….pernah diinjeksi sekali pake formicort…tapi pas mau injeksi kedua dokternya bilang semua obat injeksi mengandung resiko,silahkan tanda tangan persetujuan suami jikalo terjadi sesuatu dengan anda sudah siap dengan resiko yg muncul nanti…..huaaa…kan jadi takut,,,,gimana ya mbak????

jawab:
ditanyakan saja risikonya apa…. tapi memang begitu, setiap obat ada risikonya. Saya juga tidak berani menyarankan sesuatu deh..

10 12 2010
DIKA

Assalamu;alaikum..
ibu..mohon penjelasannya.
di dada saya mempunyai keloid dari umur 6 tahun dan sekarang umur saya sudah 19 tahun. tadinya keciil sekali, tapi sekaran kira” sudah mencapai panjangnya 2,5 cm..apa lagi sekaran gsudah tumbuh lagi di punggung dan di paha saya.
kadang terasa gatal, dan pingin sekali di garuk..tapi seringnya kl terasa gatal saya oleskan balsem/minyak angin untuk ngilangin rasa gatel itu..
yang mau saya tanyakan apa ada effek samping kl saya terlalu sering memakai balsem untuk ngilangin rasa gatal?? obat apa yang paling banyak orang gunakan dalam proses pengobatan keloid..selain dengan metode operasi/bedah.. salep merk apa yang paling bagus, MAHAL juga tidak jadi masalah.
trimakasih atas penjelasannya.

Jawab:
coba salep yang berisi steroid triamcinolon acetonid. Atau bisa juga dicoba salep yg berisi obat herbal yg berisi ekstrak Centella asiatica. Coba tanya aja ke apotek..

20 11 2010
ulfa

aslm bu…. cuma mau berbagi ni…. saya pernah kecelakaan dan di jahit di bag dagu… mmg setelah jahitannya sembuh,bekasnya sperti keloid rasanya agak tebal dan kadang2 terasa gatal….. tapi alhamdulillah stlh saya coba pake madecassol salep dan tablet keloidnya bisa smkin menipis dan sekarang sdh nyaris kembali normal….. kira-kira 3 atau 4 bln stlh dijahit. yg mau saya tanyakan…sebenarnya bagaimana y mekanisme kerja dari madecassol tsb? trimakasih atas jwbannya bu

jawab:
dear Ulfa,
madecassol salep berisi ekstrak dari tanaman centella asiatica. Ia mengandung asam asiatik, asam madekasik, dan asiatikosid yang memang memiliki efek terhadap keloid. Ia bekerja meningkatkan produksi collagen type I yang menghasilkan efek penurunan reaksi inflamasi dan pembentukan myiofibroblast, sehingga bisa mengurangi scar atau keloid.

8 11 2010
enita

slamat mlam buk..
saya enita, saya mau bertanya tentang bekas luka yang saya alami.
3tahun lalu sya kecelakaan dan ada bekas luka di wajah saya , bekas lukanya bukan karena bekas jahitan.
keloidnya tidak terlalu besar hanya saja tempatnya berada di wajah dan cukup menggangu dan bentuknya yang kurang teratur.
saya pernah berkonsultasi di rumah sakit swasta di bali pada dokter bedah plastik, dan katanya tonjolan keloid akan dibuang dan kulit disekitar wajah diputar untuk menutupi bekas keloid tsb lalu di jahit mengikuti garis muka,
dr. bilang bkas jhtannya akan tipis dan saru terlihat dlm bbrapa bulan.
apa benar seprti itu hasilnya bila melakukan bedah plastik buk ??
dan harga oprasi itu lumayan mahal untuk ukuran luka saya yang relatif kecil.
apa oprasi plastik memang mahal ?

terima kasi sebelumnya bu.

Jawab:
wah, saya ngga bisa meramalkan hasilnya, Mbak… trgantung ada bakat keloid atau tidak. yang jelas operasi plastik ya cukup mahal… coba cari second opinion ke dokter lain

29 09 2010
tyas

Ibu, anak saya usia 6 tahun. Sekarang dalam masa penyembuhan dari luka bakar. Saat ini sudah dua bulan jika dihitung dari hari pertama terjadinya kecelekaan.Yang ingin saya tanyakan, biasanya keloid itu tumbuh setelah luka mengering semua atau sebagian luka yg mengering langsung tumbuh keloid? Bekas luka di kulit anak saya rasanya ada yg tidak rata/bergelombang.warnanya pink muda.Apaka itu merupakan gejala akan tumbuhnya keloid.Kalau secara genetical, saya dan suami tidak berbakan keloid.Terimakasih.

jawab:
keloid biasanya tumbuh setelah luka mengering. Betapapun kecilnya, biasanya bekas luka meninggalkan jaringan parut. ada yang tetap kecil saja tidak bertambah dan tidak menjadi keloid, ada yang bisa berkembang jadi keloid. Ditunggu saja perkembangannya, mudah2an tidak jadi keloid.

19 08 2010
Salam

saya mau tanya pengobatan tercepat untuk keloid tu berapa lama ?
dan soal makanan yang dapat menunjang percepatan proses penyembuhan tu yang bagaimana ?
terimakasih .

Jawab:
Wah, maaf, saya tidak bisa menjawab dengan tepat, karena tergantung seberapa besar/tebal keloidnya. Dan tidak gampang menyembuhkan keloid, karena bisa tumbuh lagi pada waktu-waktu selanjutnya. Untuk makanan, juga tidak ada makanan yang spesifik untuk menunjang percepatan proses penyembuhan.

14 08 2010
ben maia gaffar

bu…aq mau nanya…aq punya 3 keloid d wajah…dah sering di suntik tapi g ada hasilnya bahkan dokter nyaranin di laser aja dan itu pun dah ku lakukan tapi semenjak rutin di laser kok keloidx makin parah…ada saran ga bu buat aq….!! terimah sebelumnya

Jawab:
Wah, maaf… saya ngga bisa sarankan apa-apa, karena dokter tentunya lebih tau keadaannya. Kalau laser dan suntik saja belum berhasil, saya tidak tau harus sarankan apa.. maaf ya..

4 08 2010
calista

ibu mohon bantuannya, saya punya keloid di lutut. tidak gatal dan warnanya pun sama dengan kulit saya. saya juga punya keloid di alis mata saya, lumayan besar sehingga rambut alis saya tidak tumbuh. apakah ada solusi menghilangkan keloid tersebut? minimal rambut alis bisa tumbuh lagi. skrg umur saya 18th dan keloid ini sudah saya derita sejak TK. terimakasih solusinya bu

Jawab
Wah, saya tidak yakin apa bisa dihilangkan keloidnya, apalagi sudah cukup lama sejak TK. Coba dikonsultasikan ke dokter saja, Mbak. Kalaupun diobati, obatnya juga harus dengan resep dokter.

2 08 2010
Josua

Siang bu
saya mau tanya nih.di dada saya ada 1 keloid yang lumayan lebar sktar 1 inci lebarnya & 1/2 Cm tebalnya.dan ada beberapa yg kcil2..awalnya dari bkas jerawat..
Ada ga bu obat yg manjur yg bisa obtin ne dlm wktu 2 bulan…OBAT YANG Mahalpun tak apa lah..ada ga bu?

Jawab:
setahu saya obat yang paling banyak dipakai ya suntikan steroid misalnya Kenacort. Tapi kalau dipaksakan harus sembuh dalam waktu dua bulan, saya ngga bisa menjamin… tergantung respon masing2 individu terhadap obat.

31 07 2010
ila

ass saya illa dari bogor.saya mau minta solusi.saya habis operasi luka bakar di pipi kiri.sudah setahun setengah blm sembuh..setelah saya melaksanakan operasi, kulit bekas operasi tidak sesuai dengan kulit wajah lainnya dan agak tebal, warna kulit tidak merata…saya harus bagaimana? tolong minta solusinya sekaligus alternatif obat untuk saya ? terima kasih saya tunggu jawabannya.

Jawab:
mungkin itu termasuk keloid. Saya kira dapat diatasi dengan salep steroid atau suntikan. Sebaiknya diperiksakan ke dokter saja untuk pengatasannya.

27 07 2010
desi

buk saya sudah putus asa dengan keloid saya ini, td siang saya sudah berkonsultasi dgn dokter bedah, dan kata beliau kalau d oprasi kemungkinan akan timbul lagi bahkan lebih besar, saya jadi takut dan putus asa, dan saya bertanya dgn sang dokter klu d injeksi kta-a hanya menyamarkan warna keloid dgn warna kulit saya, buk tolong beri saya informasi tentang cara pengobatan keloid ini, dan tolong d jelaskan ya buk , , , ,

jawab:
wah, maaf, mbak… dokter bedah saja yang langsung melihat keadaan Mbak menyatakan demikian, apalagi saya yang tidak melihat dan sekedar tau sedikit saja. Lebih baik Mbak bisa menerima keadaan ini dengan legawa (maaf ya, mbak), jadi tidak perlu putus asa dan takut, tapi tetap berupaya mencari solusinya. Maaf ya, saya tidak bsa membantu banyak.

22 07 2010
desi

hay mbak . . waktu sd saya pernah terkena cacar air dan bekasnya berupa benjolan berwarna merah, terasa gatal dan kadangpun terasa nyeri, sekarang umur saya sudah 18 tahun, baru kemarin saya pergi k dokter dan kata sang dokter kalau itu keloid, kalaupun d oprasi takut akan timbul kembali, jadi saya d sarani pergi kedokter kulit atau memakai salep, yang ingin saya tanyakan salep jenis apa ya yg khusus untuk keloid???
terimakasih :)

jawab:
seperti yang ditulis di artikel, Mbak…. salep golongan obat steroid

17 07 2010
iskandar

Bu, saya tanya soalnya awam banget tentang keloid. Anak perempuan saya pada waktu lahir di tubuhnya banyak noda-noda kalau di Jawa namanya ‘tembongen’. Namun steleah besar usia 16 tahun menjadi benjolan kecoklatan . seperi daging yang tumbuh, tapi tak sakit. Telah priksa dokter katanya akibat genya bapak dan ibunya tidak cocok satu sama lain dan tidak bisa sembuh, saya sedih karena dia anak perempuan jadi rada minder dengan penampilannya itu sampai dokter dengan seloroh bilang ‘kalau punya pacar jangan pilih-pilih langsung kawin aja’ bikin ibunya prihatin masa cari pendamping hidup ko tak boleh milih. Pertanyaan saya apakah ini keloid atau yang lain, tapi saya coba kepengobatan alternatif dari ibu yang tahu tentang herbal diberikan daun suruh dengan juga dibacakan doa-doa besoknya ternyata ada perubahan , hasilnya kulit menjadi makin bersih, benjolan mulai merata, apakah pemakaian daun suruh secara rutin bisa diteruskan atau tidak , adakah effek samping untuk jangka waktu lama? Terima kasih sebelumnya atas perhartian Ibu .

Jawab:
Saya kira itu bukan termasuk keloid. Jika dengan daun suruh rutin bisa makin baik, saya kira diteruskan saja, Insya Allah efek sampingnya tidak ada. dan yang lebih penting lagi, doa-doa kepada Allah dengan cara yang dituntunkan.

13 07 2010
durotun nisa

sy mau menayakan, sy pnya keloid di lengan padahal sy sudah pakai salep dan obat kenacort, tp untuk kempesya lama sekali padahal kalau di suntik sakitnya minta ampun.skr keloid di lengan sy semakin membesar, sy kosultasi ke dokter kulit kataya tidak apa2 katanaya hanaya risih saja,bagaimana caranya menghilangkannya?

jawab:
mungkin bisa dikonsultasikan dokter cara lain yang lebih cepat, jika dengan obat saja tidak cukup…

12 07 2010
ruth

met malam bu.. mohon penjelasannya, saya punya bakat keloid. luka kecilpun bisa menimbulkan keloid.. baru2 ini saya mengalami kecelakaan kecil dirumah yang mengakibatkan pelipis saya harus dijahit.. pertanyaannya .. kalo masi berupa luka(sudah sekitar 2 minggu pengobatan) bole nggak diolesin kenacort cream sebagai pencegahan sebelum terjadi keloid?
terima kasih banyak untuk penjelasaannya…
GBU!

Jawab:
wah, saya tidak tau persis apakah bisa mencegah. tapi dicoba saja, mungkin saja bisa.

17 06 2010
hary

maap, iki mbak zulis ugm club kah? tmnnya wisnu bppt dll

jawab:
betul sekali, Mas… ndisik masih suka milisan di UGM club, skarang dah lama off…

22 05 2010
Acep herman

Asm. Wr. Wb.
Bu, apakah suntikan kortikosteroid dapat memicu asam urat? klo yang saya baca dr tread ibu hanya memicu kadar gula meningkat dan hipertensi. coz ayah saya sedang pengobatan penipisan koloid dengan metode suntikan kortikosteroid dan salep, namun setelah 2x penyuntikan terserang asam urat. menurut ibu apakah ada keterkaitannya?
terima kasih atas tanggapannya.

jawab:
Setahu saya tidak ada efek samping langsung ke asam urat, dik, apalagi penyuntikan untuk keloid umumnya sifatnya lokal, tidak sistemik, jadi efek sampingnya juga lebih sedikit. Jadi mungkin kebetulan saja pas ada kenaikan asam urat.

20 05 2010
rully

ibu,,saya dulu pernah kecelakaan dan sekarang bekas lukanya (dikaki) jadi semacam keloid gitu,,tapi yang saya heran knp tiap kali saya kecapean keloid itu jadi kaya kesemutan ya rasanya..ada cara tidak,,krn saya takut itu ada masalah sm syarafnya,,,lukanya tepat di bawah jempl kaki dan pas banget dengan tulang

jawab:
ya mungkin karena dekat dengan saraf, jadinya agak sensitif. Aku rasa ngga papa

16 04 2010
putri

sekarang kulit keloidnya jadi kaya pengen ngelupas gitu.. tu emang gitu ya ?

jawab:
iya kali, Mbak… ditunggu aja

14 04 2010
putri

ibu..
keloid saya bulat seperti tahi lalat tapi ini tebal kira-kira ketebalannya 0.3 cm. kalau saya pake cara suntik dan menggunakan salep akan memekan waktu berapa lama untuk penyembuhannya ?

Jawab:
Wah, saya nggak bisa memprediksi, Mbak

14 04 2010
Anton

Buk saya ada luka bakar, karena baru terbakar saya rasa panas… Kebetulan ada kit m0t0r langsung saya sempr0t ke luka… Tp udah 3 hari bekas luka belum tertutup gimana mengatasinya?

Jawab:
kit motor itu apa? sebaiknya pake salep antiseptik aja yg khusus utk luka bakar untuk mencegah infeksi

29 03 2010
lita

pagi ibu..
langsung saja ya bu. nama saya lita,usia 19 thn. saya punya keloid di tangan kiri, tepat di persendian pergelangan tangan akibat luka bukan bekas jahitan dari kecelakaan november 2008 lalu. tahun 2009 kemarin saya melakukan pengobatan suntik agar bisa kempes,disarankan dokter pakai cairan ”KENACORT-A”. pengobatan berlangsung 2,5bln, itu 8x suntik & sekali suntik bisa 4-5x suntik dlm 1 tempat bu. tapi sekarang keloid di tangan saya sudah kempes,tinggal bekas merah pink gitu & urat kecil2 terlihat. saya malu bu dengan warna seperti ini. yang mau saya tanyakan:
1. apa pengobatan dengan suntik ”KENACORT-A” kalau sudah kempes bisa tumbuh lagi bu keloidnya,saya takut sekali ??
2. obat apa yang bagus bu, yang mahal juga ga apa2, biar warna merah pink dengan urat kecil2 & kulit mengkilat ini terlihat bisa hilang meskipun hasilnya putih belang ga apa2 ?? saya malu & merasa terganggu sekali bu dengan warna seperti ini.
mohon ibu jawab ya..

sekian & terima kasih banyak ibu atas jawaban ibu..

jawab:
Saya tidak bisa memastikan apakah keloid itu bisa tumbuh lagi atau tidak, tapi memang ada kemungkinan untuk tumbuh lagi
Untuk obat kulitnya saya tidak tau persis karena juga tidak melihat persisnya seperti apa bekas lukanya. Tapi coba dulu dengan Bioplacenton atau Nutrimoist dari CNI. Semoga bermanfaat.

15 02 2010
purnama

dibadan saya jg ada keloit apa yah obatnya saya kepen sekali seperti wanita lainnya saya sangat sedih ada yg menghina saya dibilang manusia bakso daging saya sangat sedih sekali

jawab:
diperiksakan saja ke dokter, Mbak, nanti kan dikasih obat sesuai dengan kondisi keloidnya

10 02 2010
santy

sy sudah lama menderita keloid, disuntik jg sudah pernah. tp sekarang keloid sy semakin banyak. sy disarankan dr kulit untuk konsumsi obat herbal pegagan dosis tinggi. karena menurut dokter, obatobatab keloid semacam lanakeloid , salep mederma isinya adalah pegagan. setelah saya mengkonsumsi pegagan, ada perbaikan pd keloid . Apakah ada efek samping dari komsumsi pegagan terus menerus dengan dosis tinggi?

jawab:
jarang dijumpai efek samping pegagan, jadi tidak perlu terlalu kuatir

7 02 2010
Wayan

Bli,obat kenacort dmana? Ktanya dh gk produksi lge T_T

Jawab;
Kenacort itu nama satu jenis merk dagang. Merk lain yang isinya sama bisa juga dipakai, yang penting isinya adalah triamsinolon asetonid. tanyakan aja ke apoteker di apotek atau petugasnya, obat yang isinya itu. tapi untuk bentuk injeksi mesti pakai resep dokter.

3 02 2010
febby

salam sejahtera..

ibu saya mau menanyakan sesuatu…begini, saya pernah dioperasi dibagian perut..kebetulan terkena kista,pd thn 2002..dan dibekas operasi saya sdh tumbuh keloid yg terkadang gatal,dan sdh mengeras..pertanyaannya apa keloidnya bisa menyebar lg..trus klo disuntik bs sampe brp kali??sakit gak yah??klo yg kecil2 jg ada,diwajah jg ada apa bs disuntik jg ya?apa tdk akan meninggalkan bekas suntikan,diwajah nantinya ya bu??sekian dan trimakasih….

Jawab:
keloid biasanya ada di bekas luka, tidak mudah menyebar. Berapa kali disuntik tergantung tebal tipisnya keloid. Sakit? ya mungkin iya sih…. bekas suntikan? wah, tergantung keadaan kulit masing2..

29 01 2010
rina

ibu saya mau bertanya saya pernah operasi caesar sekitar 3 tahun yang lalu, dari pasca operasi luka saya menjadi keloid trus sudah melebar dan mengeras. tadinya saya cuekin aja karena tidak menganggu tetapi saat ini saya suka merasa nyeri seperti ada yang menusuk di sekitar luka saya takut ada apa2 di dalam. kalo menurut ibu apakah wajar kasus saya seperti ini. terimakasih atas jawabannya.

Jawab:
kalau sudah ada rasa nyeri yang cukup mengganggu, pasti sudah ada sesuatu yang kurang wajar, sebaiknya diperiksakan ke dokter saja.

29 01 2010
teddy

maaf Ibu sy mo tanya…
harga Kenacort Injection berapa yah ?
trus bagaimana sy mendapatkannya ?
terima kasih Bu…

Jawab:
Saya tidak hafal harganya, karena kebetulan saya juga tidak praktek di apotek.
Aturannya, Kenacort injeksi termasuk obat hanya bisa diperoleh dengan resep dokter.

12 01 2010
Abdul Muis

Mohon alamat praktek Ibu Ikawati di Jakarta? Tq

Jawab:
Mohon maaf, saya bukan dokter, dan tidak membuka praktek apapun. Saya hanya dosen Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

5 01 2010
alwi

mau tanya

anak saya usia balita setelah ditindik untuk pakai anting ternyata sekarang disebelas lubang anting timbul keloid, apakah ada obatnya

terimakasih

Jawab:
coba dulu dengan salep steroid bu, seperti Kenacort atau yang lain.

7 12 2009
agus sudibyo

saya sekarang sedang menjalani pengobatan suntik kenacort-A udah hbs 3 botol.. perkembangannya lumayan pesat..dulu kira2 setebal lidah skrng udh kempes sekuping…

7 12 2009
Yus

Beberapa hari yang lalu saya menebus obat Kenacort, namun di beberapa apotik sudah tidak ada persediaan. Akhirnya di salah satu apotik diganti dengan merk Trilac. Kata apotekernya obat itu biasa dipakai oleh dokter yang praktek di apotik tsb. Saya bawa obat itu ke dokter dan setelah dilihat sepertinya dokter tidak keberatan, akhirnya ya saya gunakan. Apakah kandungan obat tsb sama dengan Kenacort ya? Kalau begitu berapa banyak merk obat injeksi keloid yang ibu tahu beredar di Indonesia. Karena tahunya saya dari dulu namanya obat keloid ya identik dengan Kenacort. Matur nuwun informasinya.

Jawab:
Halo, Mas Yus… obat yang anda tanyakan itu isinya adalah triamcinolon acetonid, sejenis obat kortikosteroid. Ia terdapat dalam berbagai bentuk sediaan, ada yang krim, injeksi, maupun inhalasi/ Nah, untuk kelod, biasanya dipakai krim atau injeksi. Brand-namenya cukup banyak, antara lain: Kenacort, Aristospan Injection, Clinacort, Clinalog, Ken-Jec 40, Kenalog-10, Kenalog-40, TAC 3, Triamonide 40, U-Tri-Lone, Aristocort, Aristocort For Injection, Aristopak, Azmacort, Aristocort Forte, Triam-Forte, Tristoject, Triam-A, Kenaject-40, Cort-K, Tramacort-D, Triamcot, Trilog, Trilone, Acetocot.rIni saya sebutkan cukup banyak, dan mungkin ada yang tersedia di Indonnesia. Eh, siapa tau mas Yus pas berada di luar negeri :). Dan mungkin masih ada lagi merk yang lain, yang masing2 ada perbedaan dalam kekuatannya seperti tertulis pada kemasannya.

10 07 2009
rafila

obat keloid transdermal sudah ada lho… namanya hansaplast scar reducer..saya pernah lihat iklannya di majalah. jadi penggunaannya mirip plester penutup luka…

4 07 2009
cici

Saya melakukan operasi tahi lalat pada bulan Maret 2008 di dekat hidung,punggung, perut, dan lengan. Dan hasil dipunggung dan lengan seperti ada benjolan merah yg dan gatal membesar mungkin sudah menjadi keloid…dan saya sudah ke dokter terakhir 1thn yg lalu, berhubung keuangan tidak mendukung saya tidak lanjutkan. Tapi luka operasi menjadi membesar dan tidak membuat nyaman pada diri saya…sehingga saya tidak PD untuk memakai baju lengan pendek…bila sesudah 1tahun luka dibiarkan apakah masih bisa ditangani?? atau setidaknya gelembung luka bisa diratakan????? thanks

Jawab:
Wah, maaf Mbak Cici, saya bukan dokter, dan apalagi tidak melihat langsung bekas luka mbak. Tapi saya rasa masih ada kemungkinan keloid diratakan/ditipiskan dengan suntikan steroid. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter ahlinya. Maaf, tidak bisa membantu banyak.

25 06 2009
Yus

Barusan saya ke RS untuk suntik keloid karena sudah lebih 1 bulan. Saat dilihat, kata dokter sudah agak melunak dan disarankan pakai salep saja. Padahal dulu saya pernah pakai salep (lupa namanya) dan tidak ada hasilnya. Tapi dokter bersikeras supaya pakai salep, apalagi obat suntik saya (pakai Flamicort) sudah lebih dari 2 bulan sehingga sudah tidak efektif, padahal saya simpan di kulkas. Saat saya bilang akan beli obat suntik baru dokter tetap tidak merekomendasikan. Alhasil akhirnya saya tebus aja obat salepnya. Namanya salepnya Lanakeloid-E Cream, yang komposisinya tiap 10 gram mengandung Centella asiatica phytosome 100 mg dan Vitamin E 20 gram. Dalam brosur kandungannya a.l asiatic acid, madecasic acid, asiaticoside dan madecassoside yg bekerja menghambat biosintesa collagen dan asam mucopolysacharida. Sebetulnya saya kurang sreg (yakin) dengan obat salep tapi sementara saya coba dulu 1 bulan, kalau tidak ada perubahan atau malahan mengeras lagi apa boleh buat kembali ke obat suntik lagi. Menurut bu Zullies gimana dengan salep tersebut. Kalau Kenacort dan Flamicort apa kandungannya sama, soalnya harga berbeda banget. Thanks.

Jawab:
Halo, Mas Yus. saya tidak tau mengapa dokter insist supaya Mas Yus pake salep tersebut. Salep tersebut berbahan dasar tanaman obat dan vitamin E. Saya belum menemukan evidence-based nya mengenai efek Centela asiatica pada keloid. Tapi ya dicoba saja. Tapi menurut feeling saya efeknya tidak lebih poten dari steroid. Kenacort dan Flamicort isinya sama, yaitu triamsinolon acetonid. Kalau harga beda, itu urusan perut produsen masing-masing…..

18 06 2009
Yus

Sedikit berbagi mengenai keloid. Bakat keloid sepertinya memang warisan dari keluarga/ ortu (warisan kok penyakit ya, he he he). Saya punya bakat keloid ternyata kakak dan adik sayapun punya bakat tsb. Waktu SD saya punya luka di belakang dengkul, setelah sembuh lama lama di bekas luka tsb tumbuh daging persis kaya ulat menempel. Oleh dokter di Pwt daging tsb dioperasi, namun beberapa bulan kemudian tumbuh lagi di bekas jahitan tsb. Kemudian oleh dokter diberi suntikan obat kenacort lebih dari 10 kali dan alhamdulillah bisa mengecil dan tidak tumbuh lagi. Saat SMA bakat itu muncul lagi, malahan lebih parah hanya gara gara bekas jerawat yang tumbuh dada kepencet dan pecah lama lama tumbuhlah daging yang mula mula sebesar biji kacang hijau, lalu sebesar biji asem lama lama jadi seperti ulat yang nempel di dada. Itu tidak cuma satu pokoknya kalau ada jerawat siap siap jadi keloid, apalagi yang pas di tengah tengah lebih cepat tumbuhnya karena kulit tsb sering bergerak. Solusinya sejak tahun 1987 sampai sekarang saya rutin mengujungi dokter spesialis bedah plastik untuk mengurangi pertumbuhan keloid yang bandel dan menembak keloid keloid kecil yang mau muncul. Hanya itu satu satunya cara sampai sampai saya sudah berganti dokter mulai dari RSCM, dokter Ujung Pandang, RS Fatmawati dan sekarang di RS Syaiful Anwar Malang. Kalau dihitung lebih dari 100 kali disuntik wong kadang kadang kalau keras bisa 2 minggu sekali ke dokter dan sekali datang yang disuntik bisa 10 lokasi. Kalau saat ini (setelah dokter di Malang bilang ada efek sampingnya) paling cepat 1 bulan sekali. Itu upaya yang bisa saya lakukan, semoga tidak ada efek negatif nantinya. Sebetulnya itu hanya masalah estetika saja tidak terlalu mengkhawatirkan (paling paling pas keras gatal rasanya dan kalau renang tidak enak aja dilihat orang, he he he, sapa mau liat). Cuma dulu ada dokter yang mencandai kalau biasanya cowok suka memamerkan dadanya yang bidang atau berbulu, kalau saya mah banyak biji biji keloid, kasihan deh, hihihi. Sekali lagi doa’in semoga tidak ada efek samping yang serius atas pemakaian obat keloid ini. Makasih . . . .

Jawab;
Trims ceritanya, mas Yus…. lumayan serem juga. Semoga tidak diwariskan ke anak cucu…

16 06 2009
ririn

kata dokter saya bakat keloid,sya pernah mo operasi tapi ma dokkternya tidak boleh katanya bekasnya akan lebih besar dibanding sebelumnya. saya juga punya tahi lalat di muka lumayan banyak dan hampir semua tumbuh, tapi ma dokternya juga tidak boleh di operasi … ada solusi buat sya?… coz tahi lalatnya sudah mulai mengganggu…

Jawab:
Wah, Mbak… turut kata dokter saja, beliau kan sudah melihat sendiri keadaan Mbak. Untuk saat ini saya tidak punya solusi untuk ini, maaf ya.

20 04 2009
prasetyo

salam jumpa ibu…
istri saya saat ini sangat menderita karena adanya keloid di kaki kirinya akibat tersiram air mendidih. Akibat adanya keloid tersebut lututnya tidak bisa dilipat seperti kondisi normal. Kami sudah kedokter spesialis kulit, dan disarankan untuk fisiotherapi. Menurut ibu yang terbaik tindakan apa yang harus kami lakukan? terimakasih banyak untuk tanggapannya. Salam.

Jawab:
salam jumpa juga, pak..
Saya rasa tindakan Bapak sudah tepat untuk membawanya ke dokter spesialis kulit. Tentunya dokter telah melihat langsung keloid pada istri bapak dan memberikan saran yang terbaik. Menurut saya, diikuti saja saran tersebut, untuk melatih lutut agar bisa melipat dengan normal. Kalau pun ada obat-obat, tentunya harus dalam pengawasan dokter.

15 02 2009
bunga

selamat pagi bu

saya ingin bertanya,,
salah seorang saudara saya sudah pernah melakukan injeksi triamsinolon asetonid tapi keloid itu tetap saja muncul.
Sampai operasi untuk menghilangkan keloid pun pernah dilakukan tapi tidak ada hasilnya.
yang ingin saya tanyakan ada kah obat (transdermal) untuk mengurangi ukuran keloid itu??
trima kasih atas jawabannya.

14 02 2009
umun

assalamualaikum,
ibu..mohon penjelasannya
saya punya bekas luka seperti yg ibu maksud,,tetapi tidak gatal ataupun nyeri dan tidak pula tumbuh terus menerus..hanya saja agak sedikit menebal..
yang mau saya tanyakan..apakah bekas luka ini jg bisa menggunakan pengobatan yang telah ibu sampaikan..luka saya ada di bagian lipatan jari telunjuk pada tangan kiri saya..dan luka ini akibat luka goresan pisau hampir 4tahun yang lalu
terimakasih atas penjelasannya..

Jawab:
Bekas luka yang menebal seperti yang Anda alami termasuk keloid juga. Keloid tidak selalu terasa nyeri atau gatal, juga tidak selalu tumbuh. Jika tidak tumbuh, atau terasa gatal/nyeri, mungkin tidak terlalu mengganggu, kecuali mungkin mengganggu penampilan fisik. Untuk itu, terserah Anda, apakah akan dihioangkan atau tidak. Sebaiknya konsultasikan ke dokter, karena injeksi steroid hanya bisa diberikan oleh dokter.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 440 pengikut lainnya.

