Merotasi merk susu formula bayi…..

15 01 2009

susuDear temans,

Uff… sudah lama ngga ngeblog nih…, pekerjaan lagi bertubi-tubi dan butuh konsentrasi, sehingga mood atau inspirasi menulis juga sedikit ngadat… (apakah sudah ada yang menanti tulisanku ? hehe… ge-er). Untungnya aku tidak menggantungkan hidupku dari menulis ya hehe… kalau lagi gak ada ide dan inspirasi, bisa-bisa nggak makan ….. Mm… kali ini aku mau share pengalaman mengenai pemilihan susu formula untuk bayi. Kemaren aku sempet belanja ke supermarket dan cari susu untuk anak, jadilah terinspirasi untuk menulis tentang ini.

Kalau kita masuk ke supermarket bagian penjualan susu formula bayi, pasti sering ditawarin mbak-mbak SPG-nya begini,”.. biasanya adik pake susu apa, bu?”.. sudah pernah mencoba ini belum, bu? ini sudah mengandung AA dan DHA, lho…. yang sangat penting untuk perkembangan anak…” bla..bla…

Kalau aku ditanya begitu, biasanya aku bilang,” susunya ganti-ganti, Mbak….” Dan nyatanya memang begitu, aku tidak fanatik terhadap satu merk susu formula untuk bayi. Memilih susu formula yang baik untuk anak memang perlu pertimbangan yang baik pula. Hal ini berangkat dari sangat bervariasinya harga susu, dari yang sekitar Rp 25.000an/kaleng 400 g sampai yang Rb 75.000an/kaleng 400 g. Satu merk pun bisa punya dua versi, versi “standard” yang lebih murah, dan versi “A plus” atau “gold” atau “platinum” atau apalah… yang harganya bisa dua kali lipat. Dengan kondisi financial yang tidak berlebihan, tentu perlu mempertimbangkan mencari susu yang “cost-effective” hehe….. Maksudnya, perlukah kita beli susu yang harganya sampai Rp 75.000an/kaleng jika efeknya tidak berbeda signifikan dengan susu yang seharga Rp 40.000an/kaleng ? Nyatanya waktu aku bayi, tidak pernah minum produk susu-susu mahal, tapi ya masih bisa survive dan ngeblog seperti sekarang ini hehe…..

Sampai-sampai aku melakukan survai kecil-kecilan. Untungnya Dhika, anak kami, tidak masalah dengan rasa susu dan ia toleran terhadap semua merk susu, kecuali ada satu merk yang kayaknya dia nggak suka dan bikin mencret. Aku sudah mencobakan semua merk susu bayi, dan mencatat semua informasi tentang komposisinya, dan tentu juga harganya. Penasaran aja, apa sih yang menyebabkan satu merk itu mahal dan merk lain murah. Apa pula bedanya komposisi satu merk susu yang versi ”standard” dan yang versi ”gold” ?

Aku jumpai bahwa komposisi bahan yang ditambahkan pada berbagai merk susu memang bervariasi. Ada yang menambahkan asam sialat (Enfamil, Enfapro, susu Bendera), yang lain menambahkan omega 9 (Vitalac 1 dan Enfamil), ada yang menambahkan fosfolipid dan spingomielin (Morinaga Platinum), FOS (Bebelac, Vitalac, Nutrilon Royal), GOS, ARA, dll., yang masing-masing dengan kadar bervariasi. Ada kandungan yang dijumpai pada setiap merk susu, yaitu asam lemak omega 3 dan omega 6. Dan walaupun hampir semua merk susu sudah menambahkan omega 3 dan omega 6 yang merupakan penyusun AA dan DHA, tetapi ada pula yang masih menambahkan AA dan DHA.

Tulisan tentang peranan AA dan DHA serta komponen lain yang ditambahkan dalam susu formula akan aku postingkan kemudian. Kali ini aku cuma mau sharing pengalaman saja…. bahwa setelah melihat berbagai merk susu yang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing dengan bervariasinya komponen penyusun, aku memutuskan merotasi merk susu untuk anakku agar ia mendapatkan berbagai komponen itu, yang mungkin tidak diperoleh jika hanya menggunakan satu merk susu saja…… Aku juga merotasi merk susu dari harganya hehe…… setelah merk yang murah, ganti yang mahal dan seterusnya…

Tapi ini tergantung keadaan juga sih, karena kadang ada bayi yang ”fanatik” terhadap rasa merk susu tertentu, sehingga ketika susunya diganti ia ”merasa” dan tidak mau minum. Jadi ya terserah saja, apa mau mencoba merotasi seperti ini apa tidak….. Terus terang, aku juga belum bisa menjamin apakah merotasi merk susu ini akan lebih baik daripada menggunakan satu merk susu saja terus menerus… karena aku tidak meneliti secara ilmiah tentang hal ini. Tapi paling tidak itu akan memenuhi kebutuhan logikaku, bahwa anak akan mendapatkan lebih banyak paparan zat yang mungkin diperlukan, dan supaya ia juga bisa menerima berbagai rasa….   Juga untuk menyiasati  isi kantong yang tidak selalu penuh…..

Any idea?

Aksi

Information

22 responses

11 01 2014
dyah

anak saya dr bayi gak ASI. sufor dr sgm1 smp sgm 2. waktu sgm 2 sering kembung smp diare. tak bawa ke bidan suruh ganti sgm soya, bab nya susah smp nangis. akhir nya dgn inisiatif sendiri ganti lactogen. jadi dr situ aku gk berani merotasi merk susu. krn pencernaan anak ku yg sensitiv.

22 10 2013
mega

Selamat siang prof :) klo boleh tau, susu apa aja yg pnh prof zullies pke utk rotasi sufor? Salam sejawat ya prof :) terimakasih prof :)

jawab:
Hampir semua merk susu sudah pernah saya coba, Mbak Mega..dari yang mahal sampe yg murah. Memang ada satu susu yang anak saya ngga suka atau ngga cocok, waktu dikasih minum itu diare dan dia ngga mau minum lagi, mungkin rasanya menurutnya ngga enak. Tapi susu lain oke saja. Anak saya yg bungsu sekarang juga saya rotasi, mulai dari Nutrilon, Bebelac, Sustagen, Dancow, Susu bendera, SGM, Enfapro, Morinaga Chilkid, dll. Kebetulan kalau yang ini dia oke dengan semua susu.

21 10 2013
mama khanza

Masi bingung masalah sufor bayi.
Bayi saya skarang umur 1,5 bulan. dlu waktu lahir, dari bidan dapet susu lactona, setelah 2 minggu, saya ganti SGM, soalnya si debay sering batuk n bau kentut n BABnya gak sedap. lalu sekarang saya kasi BMT biasa.
kalo debay batuk, gumoh, n bau BABnya gak sedap, apa itu karena ketidakcocokan susu, ato gimana ya mbk?
kata ortu,klo gumoh brarti anak itu mau besar. kalo batuk n BAB gak sedap, itu bisa karena makanan yg dmakan ibunya n dah biasa.Gimana sih?: jadi bingung deh. tolong infonya ya..

Jawab:
baru 1,5 bulan kok dikasih susu formula, Mbak? ASInya kemana? Tentu yang paling utama ASI dulu. Mana ada bau kentut dan BAB yg sedap, mbak?.. ok, tapi memang bisa juga bayi punya ketidak cocokan dengan susu tertentu. Gumoh itu karena sistem pencernaan bayi memang belum sempurna. Ngga usah gumoh juga nanti besar. Lebih baik jika habis disusui, bayi ditegakkan sampai bersendawa, itu akan menghindarkan gumoh. Gumoh tidak berbahaya sih, tapi kan merepotkan juga kalau berbasah-basah.

2 09 2013
ajenk

klo sy setelah konsul dgn berbagai dr spesialis anak pindah2 merk susu itu ga bagus. ga bagus bagi yg babynya memiliki pencernaan yg sensitif.. mudah mencret or sembelit.. dan tnyt susu dg kadar kalsium tinggi rentan bikin baby susah BAB. babyku tmasuk yg sensitif kdg mencret kdg normal baru2 ini sembelit ampe bdarah. jd ak tetap pakai ! produk sj. ganti merk lain bsk aja nggu agak besar 3 tahunan mgkn. :)

Jawab:
Memang ini berlaku untuk yang baby-nya tidak sensitif pencernaannya. Anak-anak saya kebetulan ndak ada masalah kalau saya ganti-ganti merk susunya.

15 01 2013
henni

Saya jg sama spt bunda, gonta ganti sufor buat anak tercinta ^^} dari mulai sgm, bendera, bebelac sampai procal gold. trgantung situasi dompet jg sey :)

4 12 2012
leony

Kalo minum segaligus 2 merk susu gimana bund, misal morinaga dan sgm?

jawab:
ngga papa lah, silakan aja

20 05 2012
herlina

anak saya dari umur 3bln menggunakan morinaga nah sekarang umur 1thn rencananya saya ganti dancow kira2 dampak buat ank saya appa yaaaaa trus crnya gmn agar anak saya suka sufor yg baru..?

Jawab:
wah, ngga bisa diprediksi, Mbak… karena setiap anak bawaannya beda-beda… silakan dicoba saya menurut saya..

16 02 2012
sriyanto

Hallo dok,saya mau tanya .anak saya sudah 3 hari ini sering muntah dan bab nya juga mencret,trus anak saya kalo minum susu selalu keluar keringat banyak.anak saya unur 5 bulan,kira-kira susunya cocok ga ya dok,dari lahir anak saya langsung pakai susu formula nutrilon royal 1.
Mohon solusinya dok?
Makasih.

Jawab:
Maaf, saya bukan dokter, lho… saya apoteker. Saya kira tentang susu, masing2 anak punya kecocokan sendiri. Dan tentu harus dicoba, dan tidak bisa diperkirakan dari jauh. Kok dari lahir pake susu formula? bagaimana dengan ASInya? sebaiknya sampai 6 bulan full ASI. Menurut saya, coba saja dengan susu merk lain.. siapa tau ada yg lebih sesuai.

30 12 2011
olan (mama abigail altagracia)

Waaah sama ya jeng, saya jga suka gonta ganti sufor anak semenjak baby 1bln. Banyak yg marahin sih tp sy ttp jln terus, slama anak gpp. Hampir smua susu sya dah cobakan ke anak dan syukurnya cocok smua, ngga ada mslah. Sya stju dgn rotasi sufor, krn mmg bnr spt mbk bilg klo msng2 susu ada kelebihan n kekurangan msng2, toh smua susu itu nutrisi ngga akan bikn mencret (ini keyakinan sya pribadi ttg bayi sya) kcuali penyajiannya ngga higienis. Kbetulan asi sya ngga lancar, utk menyiasati kurngnya kekebalan anak, sya ksi vitamin yg isi colostrum bovine, mnurut smber yg sya baca, kolostrum sapi 4x lbh bnyak mengandung zat2 tuk imunitas, pertumbuhan n kecerdasan :) tp anak sy mmg jarang sakit sblm sy ksi vit itu.

23 12 2011
Nenk Echa ShyeGeulizz Wawadulan

Ass mbak..,
anak saya bru usia 3 bulan,,krena ssu asi sya kluar’y sdikit,,lalu sya ksi sufor juga,,,yang sya pke skg susu notrilon royal 1,,,awal’y si kecil suka,,minum’y jga lahap..,tpi akhir” ini klo d bua’n pke dot si kecil g mw minum lagi..,tpi wktu q coba bkin d gelas,,truz q suapin pke sendok,,si kecil mau aja,,,gmna ych mbak,,mhon shere’y…,mksih,,

Jawab:
Urusan anak-anak memang sangat bervariasi, mbak. Anak saya 4, dan masing2 punya sifat sendiri-sendiri terkait dengan sufor. Anak kedua gitu, mbak, ngga suka minum sufor pake dot, maunya disendokin. Tapi untungnya masih mau minum ASI. Jadi ya diikutin saja maunya si kecil. Atau dicoba dengan merk lain atau dot yang lain. Ya begitulah dinamikanya….

19 12 2011
bunda kanaya

anak saya skrg umur 6,5 bln…waktu bayi saya kasih dia susu BMT biasa…trus saya coba bebelac…..n kira2 umur 3 blnan smpt saya kasih Nutrilon Royal n beralih ke BMT Platinum n sampai skrg Chilmill platinum jg…..rencana saya mau berganti lg ke bebelac 2…kira2 aman gak ya mba??

Jawab:
Selama dia ga papa dan suka rasanya, ya aman-aman saja…

17 12 2011
firlya

aq jg ganti ganti susu anakku (usia 3,5 bl)
awalnya si cm pengen tw cocok pake yg mana dr bmt biasa (dpt rumah sakit)
trus kasi yg platinum, skarang ganti nutrilon royal 1
skarang aq ksi ke tiga tiganya gantian
pengen ganti yg di bawahnya lg tp kok g tega (perasaan bersalah g ksi asi eksklusif)
heeee
emang bener bener g papa y menurut dsa ganti ganti susu gt
agak was was jg si..

22 05 2011
Lusi

Menurut saya, selain kandungan yg ada didalam susu formula, yg menyebabkan harga susu berbeda-beda adalah merk lokal dan impor. Beberapa susu berharga mahal kebanyakan karena di produksi dan impor dari luar, padahal komposisi penyusunnya gak jauh beda. Anak saya juga gak monoton saya kasih 1 merk saja. Ibarat kita, pasti bosan juga kalo makan dgn lauk itu2 terus. Saya setuju dgn mom Zullies Ikawati, menganti-ganti merk susu sah2 aja asal gak berefek samping negative. Dan blm tentu yg berharga mahal lbh baik dr yg murah.

23 02 2011
anggie

bayiku masih 1,5 bulan,,aku ngasih ASI ‘langsung’ selama cuti kerja ini..buat tambah nutrisinya, aku ngasih tambahan susu formula. dari RS dikasih susu bendera tahap1,,n alhamdulillah dia cocok. kemarin waktu temen2 kerja datang kerumah, mereka kasih bingkisan susu BMT, alhasil sekarang susu benderanya aku campur ma BMT. untunglah bayiku fine2 aja tapi kuusahakan aku tetep kasih ASI,,susu formula buat sambungan saat aku kerja aja :).

21 09 2010
amelia

Mba..
Aq baru melahirkan, bayi aq sdh 6 hari, apakah lebih baik dikasih ASI atau susu formula..terus apa ya yng harus saya konsumsi biar ASI aq bagus n sehat untuk Bayi aku..

Jawab:
Tentu yang paling baik ASI saja, mbak, sampai 6 bulan pertama, sebagai ASI eksklusif. Makanan untuk ASI yang bagus sebenanrnya ya sama saja dengan makanan biasa, intinya 4 sehat 5 sempurna, mungkin perlu ditambah multivitamin khusus untuk ibu menyusui dan perbanyak minum susu agar produksinya banyak.

5 02 2010
rya

aslkm mba,
salam kenal
anaknya dulu ga dikasih ASI ya mba?sebenernya saya mau kasih ASI eksklusif untuk anak saya tapi karena jumlah ASI sedikit, sekarang terpaksa pakai susu formula.anak saya umur 2 bulan, tiap bulan naik 1,5 kg.BABnya 2kali 1 hari,cuma saya takut efeknya nanti dari antibodinya yang ga diperoleh dari ASI.share pengalaman mba soal ini dong….anak2nya sehat2 aja kan mba?
thanx b4

4 12 2009
ria

asslmkm….
salam kenal….
baby ku umur 3bln udah beberapa kali ganti susu..dari nutrilon,s26,similac,bmt…..tapi gak ad yang cocok,ada yg berefek bab nya keras,ada yang efeknya prut kembung,sampai buang angin terus…..pd akhirnya dokter si baby saranin pake enfamil platinum….akhirnya udah gak ada masalah lg…..repot emang pnya anak perutnya sensitiv,mungkin karna faktor keturunan jg sih,mudah sakit perut….jd babynya ketularan.

Jawab:
Ya, memang tergantung kondisi bayi, Mbak…. tidak semua bayi bisa dirotasi susunya. salam kenal kembali
Jawab

20 07 2009
emma

askum mbakk,
salam kenal yaa. . .
mo curcol jg niiyy. . .jd tertarik sm posting anda soal susu formula.
anakku br umur 24 hari, tp berhubung ASIku agak g seger istilah ‘jawa’nya,jd dia agak susah minum ASI.tp aku tetep usaha ngasih ASI setiap hari pokoknya entah berapa kali pokoknya dia minum meskipun buntutnya dia nangis soalnya udah g seger kayak pertama minum,jd klo udah mulai rewel aku kasih susu formula.
awalnya dr dokter RS dikasih vitalac1.
jd dirumah jg aku terusin pake vitalac1 krn msh takut nyoba yg lain.
lha aku dirumah punya toko mbak yg jg jualan susu,jd aku cb liat2 n bandingkan,mulai dr lactogen,bendera tahap1 smp bebelac.
pas aku coba lactogen,alhamdulillah cocok dan g ada tanda2 mencret dll,trs aku cb jg bndera tahap1 alhamdulillah jg gpp,n akirnya cb bebelac jg gpp,jd aku putusin ganti2 biar anaknya g bosan.
trus pas aku liat kandungannya aku bandingkan ada yg AA DHA,omega3 &6 nya lbh sedikit ada yg banyakan dll.
jd skr aku cb pastiin lg k mbk,gpp kan mbk aku gnti2 susu gt?
thx replynya~ :D
slm utk kluarga yaa. . .

bunda emma

Jawab:
Halo, salam kembali, Mbak…
pada dasarnya tidak apa-apa jika kita ganti-ganti susu bayi, selama bayinya tdk ada masalah. Biar ia juga kenal berbagai rasa, serta mendapat asupan aneka zat yang diperlukan untuk pertumbuhannya.
Salam untuk si kecil

20 05 2009
lisna

Anak saya juga susunya dioplos, yaitu Morinaga chil mil platinum dengan morinaga biasa tapi alhamdulillah tidak terjadi apa-apa, tapi saya kewalahan juga, walau dioplos dengan yang biasa tetap aja bikin kantong bolong, sekarang dah mau satu tahun rencananya pengen ganti susu yang harganya agak miring.

21 02 2009
annete maritza

saya bukan cm merotasi tp saya mengoplos susu anak saya dengan merk yang berbeda, soalnya slama ini saya kasih susu formula produk morinaga platinum BABnya keras bgt, trs skrg saya coba oplos dengan produk nutricia eeee….BABnya kok baik to, tp aku takut apa nti ada efek jangka panjangnya ga ya….??

Jawab:
Asal anaknya sehat, berat badannya tambah, saya rasa nggak masalah mengoplos susu. Efek jangka panjangnya ya kantong bisa kempes kalo belinya susu yang mahal-mahal terus hehe…

6 02 2009
dani

iya jg bu, kadang rotasi ktnya melengkapi komposisi nutrisi mikro lainnya cmiiw
yg repot kl pencernaan si kecil sensitif dgn pergantian susu dgn takaran yg kurang pas ya :)

ternyata banyak jg sejawat ibu, apoteker, yg ngeblog

Jawab:
yah..namanya juga usaha :)

16 01 2009
Yus

Wah. . . wah coba setiap produsen susu memberi sample untuk diuji oleh Ibu, lumayan juga he he he. Tapi saya setuju independe tanpa embel apa apa. Terima kasih infonya, anak saya umur 10,5 tahun berat badanya 23 kg (kurus yaa). Dua tahun yang lalu pernah saya bawa ke dokter ahli gizi di RS. Pondok Indah Jkt. Setelah dites urine dan faces, diketahui bahwa pencernaan anak tidak bisa mencerna protein (klo ngga salah). Dikasih obat puyer yang tiap hari harus diminum ditambah susu yang harganya Rp. 135 ribuan per 400 gram. (Saya lupa namanya tapi kayanya Pectamen apa ya, ntar saya tanya lagi ke istri). Kontrol tiap 2-4 minggu. Memang ada penambahan berat badan dalam waktu 2 minggu dan seterusnya. Cuma masalahnya saya hanya kuat untuk 3 bulan saja. Kuat apanya. . . . ya pasti duitnya. Bayangkan susu seharga itu tidak sampai 1 minggu (minumnya 3 kali sehari). Saya tidak tahu persis ini gara gara susu atau obat yang dokter berikan yaa (soalnya jadi agak laparan). Dari pengalaman itu saya sempat punya kesimpulan memang uang bisa memberikan apa yang kita inginkan. Namun saya percaya uang bukan segalanya, masih bayak faktor lain yang berpengaruh.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 441 pengikut lainnya.

