Somadril, “obat kuat” untuk wanita ??

27 11 2008

Dear kawan,

 

Lower back pain, salah satu indikasi pemakaian Somadril

Lower back pain, salah satu indikasi pemakaian Somadrii

Pagi ini ada mahasiswa menghadap untuk konsultasi rencana thesisnya. Salah satu ide yang muncul adalah mengevaluasi penggunaan Somadril di kalangan wanita PSK (Pekerja Seks Komersial) . What?! Iya, cukup menarik juga karena aku malah baru pernah dengar bahwa di Bali (kebetulan dia seorang apoteker di sebuah apotek di Denpasar), dokter sering meresepkan Somadril untuk pasien. Apoteknya yang kecil kelarisan dengan Somadryl. Uniknya, yang sering menebus resep tersebut biasanya adalah germo, yang katanya digunakan untuk PSKnya sebagai “obat kuat” wanita. Walah, walah…. kalau pria menggunakan Viagra cs, wanita menggunakan Somadril.

Apa sebenarnya obat Somadril itu? (aku pun jadi penasaran… bukan pingin pake lho hehe….. tapi pingin tahu, benarkah efeknya demikian atau hanya sugesti belaka).

Obat bernama paten Somadril ini nama generiknya adalah carisoprodol. Obat ini digolongkan sebagai obat pelemas otot yang bekerja secara sentral dan digunakan untuk mengatasi nyeri otot, msalnya pada nyeri punggung bawah (low back pain). Carisoprodol tidak direkomendasikan untuk penggunaan jangka panjang (paling lama 2-3 minggu), karena belum ada bukti kuat mengenai efektivitasnya jangka panjang.Selain Somadryl, nama paten lain yang berisi carisiprodol adalah Carnophen.

Efek samping obat ini meliputi beberapa bagian tubuh, antara lain sistem saraf pusat, saluran cerna, dan kardiovaskuler, meliputi : tremor, nervous, pusing, mengantuk, kegelisahan, depresi, mual, muntah, dan jantung berdebar (takikardi). Mekanisme aksi obat ini tidak begitu jelas, tetapi nampaknya mempengaruhi aktivitas saraf di medula spinalis. Metabolitnya yaitu meprobamat memilki efek penenang dan penghilang kecemasan. Melihat semua informasi tentang obat ini (silakan check lagi di http://www.rxlist.com/soma-drug.htm), aku jadi agak bingung juga efek mana yang dimanfaatkan para wanita PSK itu dalam melakukan pekerjaannya…… Mungkin efek penenang dari metabolitnya itu yang diharapkan….. Meprobamat termasuk obat penenang yang berpotensi untuk disalahgunakan… 

Yang jelas itu adalah contoh dari penyalahgunaan obat, di mana obat tidak digunakan sesuai dengan indikasinya.Memangnya PSK itu setiap hari selalu mengalami nyeri otot ya?…. Kasihan….! Kalaupun digunakan untuk efek penenangnya, itu pun tidak terlalu tinggi efeknya dibandingkan obat penenang lain yang memang diindikasikan untuk itu. Di satu sisi, aku merasa prihatin, karena aku yakin bahwa para PSK itu melakukan pekerjaannya tentu dengan batin tertekan. Aktivitas seksual yang tidak dari hati itu mungkin yang membuat mereka jadi merasa nyeri, atau otot-otot kewanitaannya tidak bisa relaks, sehingga mereka membutuhkan obat pelemas otot…. Mungkinkah demikian?

Atau jangan-jangan hanya sugesti saja, bahwa dengan Somadril ini akan membuat mereka lebih “tahan atau kuat” untuk melayani konsumen yang mungkin bisa lebih dari 4 sehari ? Dan mereka menggunakan obat ini dalam jangka waktu lama selama mereka menjadi PSK. Banyak pula yang kemudian menjadi kecanduan Somadril. Apakah mereka tidak memikirkan efek samping apa yang mungkin dapat dialami dengan penggunaan obat sembarangan ini dalam jangka panjang? Germonya tentu ngga bakalan mikir, yang penting dapat setoran banyak….

Astaghfirullahal’adziim… berilah mereka jalan keluar yang terbaik untuk hidupnya. Selain PSK, Somadril dan Carnophen juga sering disalahguakan oleh kalangan pecandu obat lainnya. Kareana itu perlu kehati-hatian dan kewaspadaan kita untuk bisa mencegah penyalah gunaannya.


Aksi

Information

18 responses

14 07 2014
yuni

Sangat suka sekali dengan tulisan2nya bu zulies… Insha alloh sangat bermanfaat

5 07 2013
dewi lestari

Sebenarnya saya krg bgt tau fungsi dr somadril,cm saya iseng minum gara2 di paksa temen2 minum,krn reaksinya mengurangi kecemasan,bgt bereaksi,apa yg saya rasakan mmg ngefly tp tdk bgt lama cm 1 jam an,pd saat seperti itu temen saya langsung memasangkan hand free ke telinga dg house music.kalau utk obat kuat mlh saya krg tau.2 kali saya minum hanya utk mengalihkan dr kegelisahan..tp bgt saya fikir,,,saya nggak ingin mengulangi lg…sebab sy sadar tuhan memberi anugrah tubuh dan ginjal yg sehat ,rasanya sy kufur sekali jk hrs meracuni tbh dg obat2 yg mengandung bahan kimia..kyk nya lbh baik refressing saja.benar…obat itu berdampak buruk utk lambung dan ginjal jk di konsumsi dlm jangka panjang.sayangi nyawa anda.

1 05 2013
Jay

Apakah tramadol mengakibatkan efek negatif pada kulit hingga terjadinya panu , hapur dan keriput .
Terima kasih .

jawab:
Setahu saya tidak ada pengaruh ke kulit

11 02 2013
obat kuat sex

salam kenal bu, makasih artikelnya

20 11 2012
Muhammad

bu….sy mau nanya apasih kegunaan obat MESOL 8,THANKS ya bu….

Jawab:
MESOL berisi metilprednisolon, yang merupakan obat anti radang dan anti alergi. Bisa juga digunakan untuk menekan sistem imun pada penyakit2 gangguan imunitas berlebihan.

16 09 2012
Ariell

Bu sya kcnduan somadril udh 1 thun lbih dlm stu hri sya bsa mmnumx 20 bji,,,g mna crax bu biar sya bsa brhenti

12 08 2012
troy ashura

bu..apakah somadril bisa d berikan kepada penderita asam urat

jawab:
nampaknya sih ngga papa, tidak ada informasi bahwa diindikasikan utk penderita asam urat..

24 12 2011
alind

kl di kota saya yg dipake psk adalah tramadol + alprazolam. g tau knapa…aneh mmg..

3 11 2010
Culun

weleh, ada yg mau beli Somadryl ga, gw ada stock 1000 box neh digudang :)

7 04 2010
andi

bu… temen saya sering minum somadryl.. apa efek penggunaan jangka panjangnya?
trus dia sekali makan bisa sepuluh butir… bener2 kaget saya…
waktu itu aja di depan saya dia bisa make ampe 8 buitr…

jawab:
Yang namanya obat itu pasti ada efeknya pada tubuh, karena ia kan zat asing. Apalagi jika dipakai dalam dosis besar dan terus-menerus. Teman anda itu menggunakannya untuk tujuan apa?

17 11 2009
lukman

ini memang diluar kontek
Sebenarnya kasihan si PSK hanya karena tekanan ekonomi jual diri. Andaikata semua umat moslem tahu dan melaksanakan ZAKAT dan zakat tersalurkan dengan baik InsyaAllah PSK bisa diminimalkan karena dengan Zakat InsyaAllah ekonomi mereka terbantu

31 08 2009
freddo

ow… bagus neh open minded dech jadi nya….

14 07 2009
dokter

apoteker dan dokter itu merupakan sebuah tim .. saling bekerjasama ..
namun walaupun demikian dokter lah yang lebih kompeten dalam memberikan pilihan obat, alasannya selain karena dokter melakukan pemeriksaan langsung (inspeksi, auskultasi, perkusi) dokter juga secara khusus mempelajari patofisiologis terjadinya suatu penyakit, patofisiologi ini lah kunci dari suatu kesuksesan dalam memberikan pilihan pengobatan … namun walaupun demikian apoteker juga bisa saling mengingatkan apabila terjadi pemberian resep yang teramat sangat janggal sekali, mungkin saja itu resep palsu.
intinya … menjalin hubungan yang baik adalah prioritas utama!

Jawab:
setuju sekali, dokter. Itu makanya apoteker sekarang juga mempelajari patofisiologi penyakit, agar bisa memberikan saran pilihan pengobatan dan regimennya, walaupun decision maker tetap pada dokter. Semoga bisa terjalin hubungan yang saling mempercayai antara dokter dan apoteker.

20 02 2009
ika

bu……..saya mau tanya. apa benar nifedipin digunakan scr sub lingual? setahu saya,obat yg digunakan scr sub lingual itu isdn.terima kasih.

Jawab:
Nifedipin umumnya diberikan per-oral, yang biasanya diberikan secara sublingual adalah ISDN dan nitrogliserin. Namun demikian, adapula sediaan ISDN dan nitrogliserin dalam bentuk sediaan lain (oral, injeksi, disc).

5 01 2009
Portal Apoteker

Diskusi ini sangat bermanfaat bagi banyak pihak, tidak hanya bagi kita para apoteker. Karena pembaca blog ini luas, saya usul kepada sejawat Zullies agar memperbanyak tulisan bertema seperti ini sehingga bisa menjadi ajang KIE. Jaga stamina agar tetap produktif menulis.. (tapi tidak perlu asupan vitamin kan ?)

4 01 2009
Eskhol Ferdinand Psrb

Mungkin yang dipakai bukan indikasi dari somadryl, malah Efek samping dari somadryl yang dipakai oleh germo. Mereka khan gak ngerti obat, dari tulisan diatas, efek samping obat ini takikardia, biasanya perasaan pemakainya jadi ganas atau gelisah, menurut saya orang gelisah (depresi) mempunyai energi tinggi untuk melampiaskan sesuatu, mungkin efek itu yang dipergunakan oleh para germo tersebut, atau bisa juga efek dari metabolitnya meprobamat yang penenang atau anti ansietas (jadi relax gitu bu). PADAHAL KALAU TERUS MENERUS, EFEK SAMPING INI BISA MENYEBABKAN KEMATIAN. Banyak obat-obatan yang dipakai malah efek samping dari obatnya. Saya sering menemukan resep dokter anak berisi siproheptadine (heptasan) untuk meningkatkan nafsu makan anak, padahal indikasi utama dari obat tersebut adalah untuk anti alergi, demikian juga obat-obatan lain (Gyneacocid, dll)

Jawab:
nampaknya memang demikian… banyak obat dipakai tidak sesuai indikasi tetapi memanfaatkan efek sampingnya. Saya rasa ini tidak tepat… bahkan berbahaya.

31 12 2008
Ridho

bu zullies, penggunaan obat tetapi bukan indikasi utamanya yang dipake itu sebenarnya boleh ga?? apa aja yang kudu jadi pertimbangannya?

dokter seringnya kasih resep yang penggunaannnya off-label, ada teman kemarin yang nanya profilas itu buat apa?? dia dapet resep dari dokter, setelah aku jawab obat asma, dia malah komplain, coz dia ternyata sakit ekseem! setelah aku buka-buka buku, kok ya ndak ada indikasi profilas (ketotifen untuk sakit ekseem), trus piye jal bu?? KIE apoteker ke pasien jadinya gmn kalo ga ada standar baku yang sama-sama dipake dokter dan apoteker???

Jawab:
Memang sering dijumpai penggunaan obat tidak sesuai indikasi. Tapi kita sebagai apoteker juga harus open-mind… terbuka, karena memang kadang ada indikasi-indikasi yang masih investigasional atau off label. Kita perlu kejar info-info terbaru. Profilas misalnya, pada prinsipnya adalah anti histamin, jadi memang tidak khusus untuk asma saja, walaupun indikasi yang tertulis demikian. Eksem adalah salah satu bentuk alergi, yang bisa diterapi dengan antihistamin. Jadi masih masuk logika sih…. Yang lebih melenceng adalah penggunaan Profilas untuk meningkatkan nafsu makan anak…. ini benar-benar terjadi, padahal itu adalah efek samping dari Profilas. Kalau ini kurang tepat jadinya.

6 12 2008
theRons

kayaknya apoteker itu lebih pinter mengobati daripada dokter deh, setuju g bu?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 419 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: