Mengenal zat aktif dalam komposisi obat selesma/flu

23 10 2008

Obat-obat flu yang beredar di pasaran sangat banyak ragam dan kombinasinya. Selama ini orang memilih obat flu lebih karena pengaruh iklan yang gencar di berbagai media, terutama televisi. Padahal, masing-masing komposisi tentunya punya tujuan pengobatan sendiri. Berikut ini adalah nama-nama zat yang sering terdapat pada obat flu dan khasiatnya. Jika Anda akan memilih obat flu, coba lihat komposisinya, panduan di bawah ini akan membantu anda dalam memilih obat sesuai kebutuhan.

 

  1. Acetaminophenum atau asetaminofen atau parasetamol
    Berkhasiat analgetika-antipiretika, maksudnya berkhasiat menghilangkan rasa nyeri atau sakit dan menurunkan panas. Senyawa obat ini juga banyak dipakai pada obat-obat turun panas untuk anak-anak. Obat flu yang mengandung asetaminofen atau parasetamol cocok digunakan untuk flu yang disertai sakit kepala atau demam
  2. Asetosal atau asam asetil-salisilat
    Khasiatnya sama dengan parasetamol, yaitu sebagai analgetika-antipiretika. Namun karena sifatnya yang sedikit asam dan efek sampingnya dapat mengiritasi lambung, tidak cocok digunakan oleh pasien yang menderita maag atau gangguan lambung. Asetosal juga memiliki efek mengencerkan darah, sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi pada pasien dengan gangguan perdarahan, karena akan meningkatkan resiko perdarahan. Selain itu, asetosal juga dapat menyebabkan alergi pada pasien tertentu yang sensitif, sehingga sebaiknya tidak digunakan oleh penderita asma karena dapat memicu serangan asmanya.
  3. Salisilamida
    Merupakan turunan salisilat, berkhasiat analgetik juga tapi lebih lemah khasiatnya dibanding asetosal. Efek sampingnya mirip dengan asetosal, tapi lebih sering menganggu pencernaan.
  4. Fenilefrin
    Khasiatnya adalah sebagai dekongestan (menciutkan selaput lendir hidung). Senyawa obat ini digunakan untuk menghentikan pilek, karena itu cocok untuk flu yang disertai pilek. Namun, obat ini berefek menaikkan tekanan darah, karena itu harus digunakan secara hati-hati oleh penderita hipertensi.
  5. Levo-N-etilefedrin HCl atau Efedrin
    Khasiatnya adalah dekongestan dan juga dapat melonggarkan saluran nafas (bronkodilator). Perlu dipakai hati-hati pada penderita hipertensi.
  6. Phenylpropanolamin HCl atau fenilpropanolamin
    Adalah turunan efedrin, berkhasiat dekongestan juga. Obat-obat golongan ini sebaiknya digunakan dengan hati-hati pada penderita hipertensi, karena dapat meningkatkan tekanan darah.
  7. Chlorpheniramin maleas atau klorfeniramin maleat atau CTM
    Obat ini berkhasiat anti histamin atau anti alergi. Zat ini hampir selalu ada di setiap komposisi obat flu untuk mengatasi kemungkinan kejadian flu karena alergi. Efek sampingnya adalah mengantuk. Jadi jangan gunakan obat ini jika sedang dalam kondisi harus berkonsentrasi tinggi (menyopir, menjalankan mesin, dll).
  8. Difenhidramin
    Obat ini juga anti alergi dan memiliki efek samping mengantuk yang kuat. Selain itu, obat ini juga berefek anti mual.
  9. Kofein
    Khasiatnya sebagai penyegar atau stimulan susunan syaraf. Beberapa obat flu menyertakan zat ini dengan tujuan supaya pasien tetap merasa segar dan tidak mengantuk..
  10. Dekstrometorfan
    Berkhasiat sebagai obat batuk untuk jenis batuk kering (antitusif). Beberapa produk obat flu menyertakan zat ini untuk flu yang disertai batuk. Obat flu yang mengandung senyawa ini cocok digunakan pada flu yang disertai batuk.
  11. Gliserilguaiakolat
    Berkhasiat sebagai obat batuk juga, tetapi untuk jenis batuk berdahak. Jika flu Anda disertai batuk berdahak, komposisi obat flu yang mengandung senaywa ini cukup tepat.

 Setelah mengetahui khasiat dari senyawa-senyawa yang terdapat pada obat flu, semoga Anda bisa memilih obat flu yang sesuai dengan kondisi Anda dengan lebih tepat.

About these ads

Aksi

Information

10 responses

18 11 2013
idbloggerbuzz

wah..lupa..ijin reblogged ya :)

18 11 2013
idbloggerbuzz

wah ini info yang bagus..
jadi tau arti bahasa obat deh..
terima kasih sudah berbgai

18 08 2013
nurdin6710

Reblogged this on nurdin6710.

28 02 2013
Ardiansyah Putra

selain ada efeknya,, obat juga tidak akan bekerja maksimum karena kelebihan dosis….

3 10 2012
Chusnul

Mohon info lbh lengkap mengenai efedrin bu,, krn saat ini sering kali penyalah gunaaan efedrin di lakukan oleh masyarakat,, trus penggunaan puyer batuk utk anak2 yg komposisinya mgd efedrin, meskipun sebenarnya indikasi batuknya tdk disertai pilek bagaimana bu,, ditunggu infonya, trims

jawab:
sudah saya ulas di posting terbaru, mbak..

21 06 2012
dewi hartanti

mau tanya donk, mbak. anak sy (15 thn) punya asma. dan (sepertinya) ada beberapa obat yg dia gak cocok. pernah anak sy panas (waktu umur 13 thn), sy bw ke dokter. trus abis minum obat resep dr dokter dia tidur. bangun tidur, kehebohan terjadi! lihat sy baca koran, dia bilang,”Korannya kok gede bener?”. stelah itu dia lari ke dpan rmh. lari lg ke kmr mandi. trus dia bilang, “takut, Ma, di kmr mandi kok banyak ijo2?! aduh, dada aku gak enak, b’debar2?!”
aku dan bapaknya mengistilahkan itu error. kadang2 errornya hanya b’debar2. pernah jg pusing & sakit tengkuk. ada beberapa kali stiap minum obat dr dokter dia error bgitu. tp sy gak tau obat apa yg bikin dia error bgitu. jd aku sm bpknya trauma minumin dia obat dokter.
kira2 obat apa yg bs membuat orang jd error bgitu ya? 1 hal lg, klo minum decolgen dia suka error jg, tp klo minum neozep enggak error. anak sy sering flu, mbak.
tolong di jawab ya. trima kasih.

jawab:
Mungkin putra Anda memang sensitif terhadap beberapa jenis obat, yang mengakibatkan efek samping seperti halusinasi atau bagaimana. Saya kira Anda sebaiknya mengidentifikasi obat-obat apa saja yg menyebabkan putra Anda mengalami demikian. Sayangnya saya tidak tau obat-obat apa saja yg digunakan, sehingga tidak bisa memperkirakan obat mana yg menyebabkan efek tersebut.

23 02 2011
Malik

bu kl Pseudoephedrine itu bagaimana pengaruh positif n negatif nya ?

Jawab:
jika digunakan dalam dosis terapinya, pseudoefedrin relatif aman. Kalau overdosis tentu ada efek negatifnya.

29 07 2010
Sheila

Trimksh untk info`y!

Tp klw bleh tw,,kandungan ap yg t`dapat dalam obat khususnya obat flu yg mmpunyai efek samping kantuk.
Dan apa kah jenis obat yg mempunyai efek samping kantuk it baik untuk di konsumsi dan pengobatan?

jawab:
yang memiliki efek kantuk biasanya golongan anti histamin seperti CTM. Kadang efek kantuk itu juga bermanfaat untuk bisa istirahat, jadi boleh saja digunakan. Tetapi efek kantuk juga harus diwaspadai jika harus melakukan kegiatan yg memerlukan kewaspadaam seperti menyetir atau menjalankan mesin. jadi tergantung situasinya.

18 04 2009
agus

makasih infonya bu…

27 11 2008
Dedek

Klu dokter menganjur kan kita minum 1 pil tidur tp kita minum 2-3 apa kira2 efek nya?
Klu sekali2 blh gak ya minum di luar dosis,apa pengaruh nya waktu jangka pendek dan jangka panjang.
Terima kasih byk atas jawaban nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 418 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: